Koran Jakarta | October 19 2017
No Comments

Belly Dance Bikin Tubuh Seksi nan Menggairahkan

Belly Dance Bikin Tubuh Seksi nan Menggairahkan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Tak hanya membuat sehat serta ampuh menjaga kebugaran tubuh, beberapa jenis olah raga ternyata juga sanggup membentuk lekuk tubuh yang seksi, terutama bagi kaum perempuan. Itulah Belly Dance.

Belly dance merupakan tarian dari Timur Tengah, yang saat ini tengah mendunia. Banyak perempuan menjadikannya sebagai olah raga atau fitness.

“Belly dance merupakan salah satu cara terbaik bagi kaum hawa untuk membuat tubuh segar, seksi, dan bahkan lebih berbentuk,” ungkap Tina Rulianti, instruktur Tina Art Sport Dance, di Jakarta.

Olah raga belly dance ini akan membuat perempuan merasa benar-benar seksi dan menggairahkan. Pa­salnya, dari ujung kepala hingga ujung kaki tubuh diajak untuk bergerak.

Pergerakan dalam belly dance di­lakukan dengan liukan atau ayunan pada bagian dada dan pinggang, yang bisa dikombinasikan dengan permain­an selendang dan tongkat. Sementara untuk penghancuran lemak, penyuka belly dance dapat menggunakan getaran pada pundak perut atas bawah dan pinggul.

Untuk mendapatkan hasil yang maksi­mal, terang Tina, belly dance se­baiknya dilaku­kan seminggu tiga kali. Satu jam sebe­lum me­lakukan belly dance dan satu jam setelahnya, sebaiknya tidak mengonsumsi apapun, kecuali minum air putih.

Jika olah raga belly dance di­lakukan secara rutin, kemudi­an diimbangi dengan pola makan dan banyak minum air putih, maka be­rat ba­dan bisa turun 5-7 kg dalam waktu tiga bulan.

Sementara pola makan yang dianjurkan adalah pola makan sehat, yakni banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Se­lain tubuh akan lebih fresh, seksi, dan berbentuk, dan menggairahkan, me­lakukan olah raga ini juga bisa mem­buat wanita tampak awet muda.

Ingin tahu bagaimana penyanyi Shakira mendapatkan perutnya yang seksi? Jawabannya adalah belly dance. Tarian feminin yang menggoda ini memang memfokuskan gerakan pada area perut, pinggul dan pinggang sehingga menghasilkan bentuk perut yang indah dan rata.

Menariknya, tarian ini da­pat dilakukan hampir semua wanita. Baik remaja dan dewasa, ber­tubuh kurus, berisi maupun gemuk. Seba­gai pelengkap rutinitas olah fisik, belly dance juga merupakan salah satu jenis kegiatan aerobik yang sangat baik karena meng­gerakkan semua anggota badan serta meningkatkan detak jantung. Rtr/pur/R-1

Manfaat Fisik dan Psikis

Terinspirasi dari negeri asalnya, Timur Tengah, para penari dan trainer di negara barat kemudian memetik Belly dance sebagai tarian yang memusatkan pada kelenturan torso, serta pinggul untuk meng­olah tubuh.

Belly dance bukan olah raga keras, tapi cenderung lembut. Bo­leh dilakukan oleh semua usia de­ngan mengikuti gerakan-gerakan lincahnya.

Awal mula Belly dance dikenal dunia adalah saat Veena dan Neena, Rania Bossonis serta Dolphina membuat video fitness pada 1990-an. Video tersebut menjadi terkenal dan banyak kelas gymnastic yang membuka kesempatan untuk mengenal dan belajar.

Bahkan, Belly dance ini me­narik perhatian banyak selebriti. Artis sekelas Shakira saja me­nyempatkan waktu untuk me­ngenal dan belajar Belly dance. Menerapkan di beberapa video klipnya, dan memetik manfaat­nya untuk kesehatan dan kecan­tikan tubuhnya.

Ada sejumlah manfaat dari senam yang seksi dan menggoda ini. Berikut beberapa diantaranya.

Manfaat fisik

  1. Kulit yang lebih putih dan bersih

Para penari Belly dance cen­derung punya kulit yang cantik dan peredaran darah yang lancar. Karena gerakan senamnya membuat seluruh tubuh ber­gerak secara berkesinambungan mengikuti irama, maka tak hanya kalori saja yang terbakar. Oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh dan di bawah kulit lebih lancar dan tidak tersumbat. Alhasil, sel-sel kulit mati akan lebih mudah dibuang dan kulit beregenerasi kem­bali.

  1. Tidur lebih nyenyak

Apabila Anda kesulitan tidur, maka Belly dance adalah jawaban dari masalah ter­sebut. Belly dance membuat tidur jadi lebih nyenyak, dan Anda akan merasakan perbedaan­nya ketika bangun pagi. Tubuh yang kelelahan langsung terasa segar karena proses regenerasi energi yang maksimal.

Manfaat psikis

Selain meningkatkan keper­cayaan diri, senam ini mem­berikan suntikan energi positif serta tubuh yang indah. Wanita modern memang sudah seharus­nya bisa mengatur waktu untuk memetik semua manfaat dari Belly dance ini.

  1. Meningkatkan ingatan dan konsentrasi

Semakin bertam­bah usia, ingatan dan konsen­trasi cenderung menurun. Ter­bukti ketika Anda berkenalan dengan beberapa orang di tempat baru, umumnya beberapa menit kemudian sudah lupa siapa nama orang yang baru diajak kenalan.

Hal-hal seperti ini bisa dicegah kalau Anda rajin mengikuti Belly dance. Gerakannya meningkat­kan oksigen pada otak sehingga Anda akan lebih mengingat dan konsentrasi tanpa harus berusaha keras mengingat-ingat sesuatu.

  1. Memudahkan membuat keputusan

Tekanan dan stres cende­rung membuat seseorang sulit berpikir jernih. Akibat ditekan akhirnya jadi salah ambil ke­putusan. Dengan berlatih belly dance ini, Anda bisa mengatasi problem ini. Berpikir lebih cepat dan tenang sehingga tak salah ambil keputusan.

  1. Pencernaan yang lebih sehat

Berhubungan langsung de­ngan otot-otot di perut, saat Anda berlatih Belly dance, berarti Anda juga sedang memberi­kan pijatan pada setiap organ-organ internal. Pijatan ini akan membuat semua organ internal di dalam perut bekerja lebih baik, serta membuat proses mencerna lebih lancar. Akibatnya, Anda tidak akan mengalami sembelit atau susah buang air besar.

  1. Meringankan kram akibat menstruasi

Menstruasi menyebabkan ny­eri pada perut bagian bawah yang bikin tubuh jadi lemas. Bahkan, tak jarang saking sakitnya bisa menyebabkan pingsan.

Latihan Belly dance secara teratur akan melatih perut di area rahim dan perut bagian bawah. Sehingga saat haid datang, nyeri ini akan jauh lebih ringan dan tidak membuat kesakitan.

  1. Mengurangi nyeri punggung

Wanita pekerja kantor betah duduk lebih dari 3 jam saat bekerja di kantor. Alhasil, sakit punggung menjadi keluhan yang tidak asing lagi. Sayangnya nyeri punggung dan bahu ini tidak mudah dihi­langkan. Malah menjadi salah satu keluhan yang semakin banyak datangnya. Mengatasi keluhan ini dapat dilakukan secara alami de­ngan rajin berlatih Belly dance.

Latihan Belly dance akan membuat otot-otot di area tulang punggung jadi lebih fleksibel dan lentur. Selain itu, ia juga dapat memperbaiki postur tubuh se­hingga tetap tegap dan terlihat bersemangat.  Rtr/pur/R-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment