Koran Jakarta | April 19 2019
No Comments

Belajar Bisnis Menyongsong Revolusi Industri 4.0

Belajar Bisnis Menyongsong Revolusi Industri 4.0
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Jack Ma Sang Miliuner Dunia

Penulis : Eko Siswanto

Penerbit : Laksana

Cetakan : 2019

Tebal : 216 hlm

Dalam revolusi industri 4.0, dunia internet dan usaha akan terintegrasi. Dengan kata lain, revolusi industri 4.0 akan membawa banyak perubahan dengan segala konsekuensinya. Industri akan semakin kompak dan efisien. Namun, ada pula risiko yang mungkin muncul seperti berkurangnya sumber daya manusia (SDM) karena digantikan mesin atau robot.

Manusia dan kecerdasan buatan akan bersaing dalam menjalankan revolusi industri 4.0. Tidak bisa dipungkiri, manusia tetap kuncinya. Tetapi, manusia seperti apa yang dapat bersaing di revolusi industri ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yang paling mudah melihat tindakan Jack Ma yang menjalankan bisnis dengan bantuan kecerdasan buatan.

Jack Ma adalah pengusaha yang memadukan dunia industri dan kecerdasan buatan dalam perusahaan Alibaba Groupnya yang dirikan 1999. Alibaba adalah situs yang mempertemukan penjual yang kebanyakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan pembeli. Alibaba bisa dilihat salah satu perusahaan e-commerce berbasis marketplace.

Tidak mudah membangun Alibaba. Bahkan, Jack Ma sendiri mengalami banyak tantangan. Namun karena semangat dan kegigihannya, Jack Ma terus bekerja keras hingga sekarang menjelma menjadi salah satu orang terkaya dunia. Jack Ma mempunyai filosofi dan komitmen dalam mengejar kesuksesan tersebut yang diulas buku ini.

Jack Ma dalam menjalankan bisnis jangan menyerah. Dia harus siap bangkit dari kegagalan demi kegagalan. Kemudian memperbaiki setiap kekurangan yang membuat gagal. Dia gagal melamar pekerjaan, lalu mengasah diri. Orang harus belajara dari kegagalan. Berbisnis seperti memasuki medan perang. Yang kuat akan bertahan. Jadi, apa pun media untuk meraih kesuksesan, bertahanlah. Berhenti adalah kegagalan total. Sebaliknya, bangkit dari kegagalan kunci meraih kesuksesan.

Untuk bangkit dalam setiap kegagalan, harus percaya diri dan optimistis. Jack tak pernah menyerah walau banyak pemodal menolak pendirian Alibaba. Dia yakin Alibaba akan berguna untuk diri sendiri dan orang lain di masa mendatang. Tidak hanya pemodal, rekan-rekan bisnisnya juga tidak percaya dengan gagasan-gagasan bisnis mengenai Alibaba. Apalagi saat itu Jack Ma juga tidak terlalu paham internet.

Terakhir, Jack Ma mengajarkan keberhasilan yang dicapai tidak membuat seseorang bangga dan sombong. Ia mengajarkan kesederhanaan dalam kesehariannya meskipun sudah menjadi salah satu orang terkaya Asia. Keberhasilannya diiringi dengan rasa tidak puas setiap capaian. Dengan cara ini, Jack Ma dapat berinovasi dan menciptakan inovasi yang tidak terpikirkan orang lain.

Dari buku ini, pembaca akan dapat belajar cara membangun bisnis dalam situasi perkembangan teknologi. Dengan prinsip-prinsip dalam buku, setiap pembaca akan mendapat energi baru dalam menjalankan bisnis. Ini bisa memberi motivasi dan semangat tak terbatas sehingga tak akan menyerah menghadapi berbagai rintangan. Jack Ma telah membuktikan untuk membungkam kata-kata orang lain dan tidak harus dibalas dengan kata-kata. Dia menunjukkan dengan hasil kerja keras, sehingga mereka mengakui hasil kerjanya. 

Diresensi Ngarjito Ardi Setyanto, seorang pustakawan

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment