BBPT Sediakan Laboratorium Uji Limbah B3 | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 10 2019
No Comments

BBPT Sediakan Laboratorium Uji Limbah B3

BBPT Sediakan Laboratorium Uji Limbah B3

Foto : ANTARA/Muhammad Iqbal
Penelitian Limbah | Peneliti memeriksa tabung berisi Mikro Alga Naviculla atau tumbuhan yang berasal dari dasar laut di Laboratorium milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPPPT) di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (10/1).
A   A   A   Pengaturan Font

TANGSEL - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPPPT) menyediakan laboratorium uji limbah polychlorinated biphenyls (PCBs) sebagai antisipasi penanganan terhadap limbah yang masuk dalam kategori B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).

“PCBs merupakan salah satu dari ragam polutan berbahaya yang dikenal sebagai polutan organik persisten (POPPOP ). Bagi manusia dampaknya dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kanker,” kata Deputi Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam BPPPPT, Hammam Riza, di Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (10/1).

Hammam mengatakan bekerja sama dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membangun laboratorium uji PCBs agar Indonesia terbebas dari limbah B3 ini. “Sama halnya dengan merkuri dan timbal, zat ini sangat berbahaya. Bahkan ini sifatnya organik,” ujar Hammam.

Menurut dia, selain bersifat Karsinogenik, PCBs ini juga dapat menyebabkan IQ rendah. Makhluk hidup yang terpapar dampak polutan tersebut, akan sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

“Seperti ayam, ikan, juga sayuran yang ditanam atau diternak pada lingkungan yang tercemar zat tersebut, baik di air maupun tanah yang terkontaminasi, maka akan berbahaya bila dikonsumsi oleh kita,” katanya menjelaskan.  Ant/P-5

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment