Koran Jakarta | April 21 2019
No Comments
Pemilu 2019

Bawaslu Minta KPU Bikin Lampiran Berita Acara DPT

Bawaslu Minta KPU Bikin Lampiran Berita Acara DPT

Foto : ANTARA/Rivan Awal Lingga
RAPAT PLENO - Ketua KPU RI Arief Budiman (kedua kanan) bersama dengan Anggota KPU Hasyim Asy’ari, Evi Novida Ginting Manik\, dan Viryan saat rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke- 2 di Jakarta, Sabtu (15/12).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Sekalipun menerima rekapitulasi Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) dengan jumlah 192.828.520 pemilih, namun Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memberikan catatan untuk ditindaklanjuti Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Bawaslu merekomendasikan KPU memberikan Lampiran Berita Acara Hasil Penyempurnaan DPTHP-2 by name by address kepada Bawaslu dan partai politik,” kata Ketua Bawaslu, Abhan, di Jakarta, Sabtu (15/12). Hal itu menurutnya, untuk memastikan akurasi dan kesesuaian data pemilih dengan Berita Acara beserta lampirannya berdasarkan data mutakhir dari sistem informasi data pemilih (Sidalih).

Bawaslu juga merekomendasikan KPU menjamin dan melindungi hak pilih bagi pemilih di lembaga pemasyarakatan (lapas) atau rumah tahanan (rutan), rumah sakit, dan panti. Selain itu, Bawaslu merekomendasikan KPU melakukan koordinasi bersama Bawaslu dan Dukcapil dalam mempercepat pemenuhan dokumen kependudukan untuk menjamin hak pilih pemilih yang tidak terdaftar dalam DPTHP-2 pada pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum 2019.

KPU juga diharapkan mengantisipasi terhadap kebutuhan waktu pemungutan dan penghitungan suara terutama terhadap daerah dengan TPS berjumlah pemilih lebih dari 240 pemilih. KPU perlu mempertimbangkan potensi penambahan pemilih dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

KPU merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemlih (PPDP) sebagai petugas Kelompok Pemungutan dan Penghitungan Suara (KPPS). Sebelumnya, Ketua KPU mengungkapkan bersedia memberikan data tersebut sepanjang informasinya bukan atau tidak dalam kategori yang dikecualikan.

KPU telah menetapkan DPT sebanyak 192.828.520 jiwa. DPT itu terdiri dari 514 kabupaten/kota, 7.201 kecamatan, dan 83.405 kelurahan di Indonesia. Dengan rincian laki-laki 96.271.476 dan perempuan 96.557.044.

Adapun pemilih luar negeri berjumlah 2.058.191 jiwa, dengan rincian 1.155.464 perempuan dan 902.727 laki-laki. Jumlah ini didapat dari 130 perwakilan resmi Indonesia di luar negeri. 

 

rag/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment