Koran Jakarta | April 21 2019
No Comments

Bank Sumsel Babel Bidik “Final Four”

Bank Sumsel Babel Bidik “Final Four”

Foto : ANTARA /M AGUNG RAJASA
A   A   A   Pengaturan Font

Tuan rumah Bank Sumsel Babel berambisi menyapu bersih kemenangan atas Surabaya Bhayangkara Samator dan Sidoarjo Aneka Gas demi mengamankan tiket ke final four.

PALEMBANG -Tim bola voli putra Bank Sumsel Babel (BSB) berambisi untuk men­embus empat besar di Pro­liga 2019. Untuk mencapai itu, Bank Sumsel Babel harus meraih kemenangan pada seri pertama putaran kedua di Palembang yang akan digelar di Palembang Sport and Con­vention Centre (PSCC) pada 11 hingga 13 Januari ini.

Pelatih BSB, Pascal Wilmar sangat optimistis Bagus Wa­hyu dan kawan-kawan bisa menembus empat besar. Se­telah lepas dari putaran kedua di Palembang, pihaknya akan kembali melakukan evalu­asi untuk mewujudkan target juara proliga 2019. Saat ini, kata Wilmar, timnya sudah memasuki fase aman. Tuan rumah akan menghadapi dua laga berat yaitu bertemu juara bertahan Surabaya Bhay­angkara Samator pada Jumat (11/1) dan pertandingan kedua pada Minggu (13/1) menghadapi Sidoarjo Aneka Gas Industri.

“Lawan terkuat Surabaya Samator dan Pertamina,” katanya di Palembang, Kamis (10/1).

Dua laga di kan­dang sendiri itu, bagi pelatih Pascal Wil­mar, merupakan par­tai hidup mati karena jika pada dua laga itu meraih kemenangan, maka peluang lolos ke final four relatif le­bih ringan. Saat ini, tim Wong Kito itu sudah meraih tiga ke­menangan dari lima laga dan merenggut poin delapan.

“Kalau dua pertandingan di Palembang kita menang dengan skor 3-0 atau 3-1 posi­si kita ke babak final four lebih aman,” tutur pemain nasional era 1990-an itu.

Juara Proliga 2011 dan 2013 ini bertekad untuk mengem­balikan kejayaannya pada musim terbaru 7 Desember 2018 hingga 24 Februari 2019.

Beberapa hari jelang laga di Palembang, BSB telah memulangkan satu pemain asingnya asal Russia, Ilya Ni­kitin. Nikitin dan digantikan Danijiel Galic dari Kroasia. Pelatih BSB, Pascal Wilmar, mengatakan, pergantian tersebut sudah menjadi kepu­tusan setelah melihat kiprah Nikitin sejak Proliga 2019 res­mi bergulir bulan lalu.

“Kami sudah laku­kan evaluasi selama putaran pertama,” kata Pascal.

Sementara itu, bagi Bhayangkara Samator yang akan dihadapi tuan rumah menyatakan optimisme­nya dengan telah melaku­kan pembenahan di dalam tim, terutama dalam soal mental. Apalagi sebelumnya mengalami dua kekalahan yaitu melawan Sidoarjo An­eka Gas Industri dengan skor 1-3 dan kedua kalah dari Ja­karta Pertamina Energi 0-3.

“Tidak ada jalan lain bagi kami di Palembang kita harus ambil dua laga, demi untuk mengamankan posisi ke final four,” kata Asisten Manejer Surabaya Bhayangkara Sama­tor, Hadi Sampurno.

Menurut dia, saat mela­wan Pertamina di seri Ban­dung, tim asuhan Ibarsjah Djanu Tjahjono ini banyak bobol di jump serve lawan dan sebelum ke Palembang semua celah yang ada telah diperbaiki.

Rombak Pemain

Kompetisi bola voli ter­tinggi di Indonesia, Proliga 2019 putaran kedua yang akan bergulir di GOR PSCC Palembang, Sumatera Selatan, 11-13 Januari ini merupakan batas terakhir bagi tim untuk perombakan pemain.

“Ini kesempatan terakhir untuk menambah atau meng­ganti pemain bagi semua peserta Proliga 2019. Sete­lah Palembang tidak ada lagi penggantian atau penam­bahan,” kata Direktur Proliga Hanny S. Surkatty dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Kamis. Ant/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment