Bank Mandiri Kembali Gelar Wirausaha Muda Mandiri | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 19 2020
No Comments

Bank Mandiri Kembali Gelar Wirausaha Muda Mandiri

Bank Mandiri Kembali Gelar Wirausaha Muda Mandiri

Foto : Istimewa
Wirausaha Muda Mandiri Bank Mandiri
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk kembali menggelar ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) pada 2020. Bank milik negara tersebut menargetkan  3.500 peserta dari jenjang  usia 18 hingga 35 tahun.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan menegaskan kompetisi wirausaha itu penting demi membantu memulihkan ekonomi nasional akibat pandemi covid-19.

“Kendatipun dikakukan secara virtual tapi WMM harus tetap jalan. Ini membantu generasi muda untuk terlibat pulihkan ekonomi bangsa,”ungkapnya dalam konferensi virtual di Jakarta, Rabu (12/8).

Rully menyampaikan bahwa kompetisi WMM ini telah digelar selama 13 tahun. Ajang itu dimulai sejak tahun 2007  dan menjadi salah satu program pembibitan wirausaha muda yang diminati.

Tercatat sudah lebih dari 36 ribu wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia menjadi bagian dari komunitas ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta.

Menurut Rully, ajang WMM menjadi wujud konsistensi Bank Mandiri dalam menebar inspirasi berwirausaha kepada generasi muda. Dia pun berharap generasi muda dapat melihat WMM sebagai sebuah media aktualisasi sekaligus promosi atas inovasi dan kreasi sekaligus mendorong kebangkitan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian global akibat pandemi

Tahun ini, WMM mengambil tema "Berani Muda, Berani Berkarya", yang akan mengadu inovasi wirausaha muda di lima kategori, yakni industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi. Adapun, total hadiah bagi pemenang pada tahun ini mencapai 2 miliar rupiah rupiah.

Adapun rangkaian dan teknis kegiatan WMM 2020 akan berbeda dengan penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya menyusul adanya kenormalan baru akibat pandemi.

Seluruh rangkaian kegiatan mulai pendaftaran, penjurian, dan kegiatan pendukung lainnya akan dilakukan secara virtual.

Proses seleksi akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal administrasi pada tanggal 26 September mendatang.

Selanjutnya, akan dilakukan tahap verifikasi pada 11 Oktober . Peserta juga akan melalui penjurian zona pada 21 Oktober. Selanjutnya penjurian nasional pada 26 - 28 Oktober  Puncaknya ialah  penganugerahan WMM Award akan diselenggarakan pada 30 Oktober nanti di Jakarta.

Panitia telah memilih juri, di antaranya  President Director Bank Mandiri Royke Tumilaar, Najwa Shihab, serta Adrian Gunadi

Bank Mandiri juga berupaya mendorong para pemenang dan finalis untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnis yang digeluti sehingga dapat digunakan secara optimal sebagai aset produktif.

Paling Siap

Najwa Sihab salah seorang Juri ajang WMM mengatakan kondisi usaha industri kreatif di masa pandemi tentu terdampak karena saat ini tidak bisa kumpulkan orang, tapi industri kreatif merupakan sektor yang paling siap go digital.

“Jadi tergantung cara pandangnya, di setiapa keterbatasan pasti ada peluang,” kata Najwa.

Najwa memaparkan, beberapa kegiatan online yang telah digelar, pameran virtual, konser virtual. Memang penonton rasakan berbeda, tetapi jika ditambah bumbu-bumbu maka akan semakin baik, penonton akan punya pengalaman berbeda, punya sensasi berbeda.

“Kita bisa meng-create unsur-unsur kreatif untuk mengganti yang hilang karena pandemi,”pungkasnya. ers/E-9

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment