Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments
Pertemuan Tahunan

Bank Dunia Tawarkan Bantuan Rehabilitasi Daerah Bencana

Bank Dunia Tawarkan Bantuan Rehabilitasi Daerah Bencana

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BADUNG- CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva bertemu dengan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Nusa Dua Bali, Rabu (10/10). Dalam pertemuan tersebut, Bank Dunia menyatakan dukungan yang kuat ke Indonesia membantu merehabilitasi dan rekonstruksi daerah-daerah yang terkena bencana di Sulawesi dan Lombok.


“Saya senang telah bertemu dengan Wakil Presiden Kalla hari ini, dan berterima kasih kepadanya atas keramahan pemerintah dan warga negara Indonesia dan atas sambutan hangat dan ramah mereka dalam menyelenggarakan Pertemuan Tahunan Bank Dunia,” kata Georgieva.


Bank Dunia juga mengapresiasi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Kalla yang tanghap mengambil berbagai langkah akibat gempa bumi dan tsunami yang mempengaruhi Sulawesi, dan serangkaian gempa bumi yang melanda Lombok mulai Juli tahun ini.


“Atas nama Kelompok Bank Dunia, saya ingin menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada semua korban Anda dan atas kerugian besar yang diderita setelah peristiwa yang menghancurkan di Lombok dan Sulawesi,” katanya.


Bank dunia dan bersama dengan seluruh komunitas multilateral dan internasional mengapresiasi Indonesia ebagai negara yang kuat menghadapi tragedi ini. Indonesia juga dinilai berpengalaman dan ahli mengelola kesiapsiagaan, pembiayaan, dan respons bencana alam.


“Kami siap untuk memperluas dukungan dengan segera meningkatkan pekerjaan membangun ketahanan dan memastikan Indonesia mempertahankan ekonominya yang tumbuh positif,” katanya.


Pengentasan Kemiskinan


Sebagai negara terpadat keempat di dunia dan sekarang berpenghasilan menengah, Indonesia telah menikmati pertumbuhan ekonomi yang kuat dan membuat kemajuan yang signifikan dengan upaya pengentasan kemiskinan.


“Kami mengucapkan selamat kepada Pemerintah atas pencapaiannya dalam pertumbuhan dan pengembangannya serta berkomitmen untuk memastikan bahwa ekonomi Indonesia semakin tumbuh,” katanya.


Dukungan yang diusulkan lembaga donor tersebut antara lain perluasan segera program perlindungan sosial yang ada untuk membantu mereka yang paling terkena dampak langsung di Sulawesi. bud/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment