Koran Jakarta | January 19 2019
No Comments

Ban dengan Grip Kuat di Segala Kondisi

Ban dengan Grip Kuat di Segala Kondisi

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Perusahaan ban asal Korea Selatan Hankook akan membawa salah satu ban premium di pasar Indonesia. Seri Ventus Prime 3. Ser ini menjadi pembaruan dari Ventus2, yang unggul pada kemampuan mencengkram permukaan jalan yang disebut dengan “grip extreme.”

Supervisor Marketing Strategy Team Asia Pasific Hankook Tire, Theonanta Pardede, mengatakan Ventus Prime 3 dirancang dalam memberikan grip yang baik dalam kondisi jalan yang basah ataupun kering.

“Ban Ventus Prime3 menjadi penyempurna dari Ventus Prime2 yang terkenal dengan grip extreme. Ban ini dirancang untuk sport atau pengemudi yang senang berkendara dengan kecepatan tinggi,” terang Theo di Jakarta. Kemampuan daya cengkram yang kuat pada Ventus Prime 3 tidak lepas dari penggunaan high grip silica compound. Bahan ini mampu meningkatkan perfoma pada permukaan basah dan daya tahan ban serta menurunkan resistan gulir.

Selain itu, ban yang tersedia pada ukuran ring 16 hingga ring 20, memiliki empat alur utama dengan Chamfer sehingga dapat mempercepat pembuangan air. Dengan ini maka perfoma ban di permukaan basah akan lebih baik dan memperlebar area kontak ketika pengereman.

Desain tapak ban juga sudah semakin canggih karena rasio rasio kontak antara ban dan pengereman jalan melebar. Dengan demikian perfoma kendali dan pengereman di permukaan kering juga akan lebih baik. “Dengan area kontak yang lebih luas maka jarak pengereman akan berkurang hingga 8 persen dibandingkan generasi sebelumnya,” ujar dia.

Suara yang dihasilkan Ventus Prime 3 juga sudah diminimalkan, dengan adanya Noise Care Pitch, yaitu beberapa alur yang dibuat pada telapak ban. Selain meredam bising Noise Care Pitch berperan dalam meningkatkan kenyamanan berkendara. Di Indonesia Ventus Prime 3 akan diparasan pada awal tahun 2019.

Di pasar Eropa sendiri Ventus Prime3 telah mendapat sambutan hangat dan berhasil mencatat dua penghargaan dalam tes produk independen yaitu General Automobile Club terkemuka ADAC (Allgemeiner Deutscher Automobil-Club) dengan kategori “Good.” Ban Ventus Prime 3 yang dipasarkan di Indonesia diproduksi di Cikarang. Sama dengan produk yang dijual di Eropa ban ini memiliki performa yangs sama. “Kami pemproduksi Ventus Prime 3 di Indonesia dengan kualitas sama dengan produk global,” ujar dia.

Dalam paparannya oleh Adrianto Sugianto Wiryono sebagai Senior Instructor & Researcher of Indonesia Defensive Driving Center, diperlukan konsep Safety Driving dan Defensive Driving bagi pengemudi. Menurutnya perbendaan yang utama antara kedua konsep tersebut adalah faktor Social Responsibility.

Menurut Rian, konsep Safety Driving lebih mengutamakan bagaimana kemananan berkendaraan bagi penggunanya, sementara konsep Defensive Driving, selain faktor tersebut ditambah dengan tanggung jawab pengendara untuk ikut juga memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi pengendara yang lainnya. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment