Koran Jakarta | July 18 2019
No Comments

Awal Bagus “Selecao”

Awal Bagus “Selecao”

Foto : AFP/PEDRO UGARTE
A   A   A   Pengaturan Font

SAO PAULO – Dua gol yang dicetak Philippe Coutinho mem­beri tuan rumah Brasil kemenan­gan awal di Copa America, Sabtu (16/6) WIB. Tim berjuluk “Selecao” itu menang 3-0 atas Bolivia meski tanpa diperkuat pemain bintang mereka, Neymar.

Pemain Barcelona Coutinho mencetak gol dari titik penalti di awal babak kedua dan menambah­kan yang kedua lewat sundulan ja­rak dekat tiga menit kemudian.

Pemain pengganti Brasil, Ever­ton mencetak gol ketiga lima menit jelang laga usai untuk memastikan kemenangan pertama di Grup A untuk tim asuhan pelatih Tite di Sao Paulo.

Tekanan pada tuan tuan rumah meningkat setelah berita seputar Neymar yang dituduh melakukan pemerkosaan oleh seorang model Brasil. Pemain PSG itu kemudian mengalami cedera ligamen perge­langan kaki dalam pertandingan persahabatan pekan lalu, memak­sanya absen dari Copa.

Jika melihat kinerja Brasil pada babak pertama, kehadiran Neymar memang sangat dibutuhkan. Tapi dua gol Coutinho setidaknya mem­bungkam cemoohan pendukung yang ditujukan pada “Selecao”.

“Sorakan adalah bagian dari permainan, para penggemar ingin kami menang dan bermain den­gan baik, jadi itu sebabnya mereka mengejek,” ujar Coutinho.

“Kami selalu menginginkan dukungan mereka tetapi kami fokus pada tujuan, memenangkan pertandingan,” sambungnya kepa­da SportTV Brasil.

“Ejekan atau sorak-sorai tak kami hiraukan, yang penting ada­lah tetap fokus dan mendapatkan kemenangan,” tandasnya.

46.342 penggemar yang men­yaksikan pertandingan di stadion Morumbi Sao Paulo tidak terkesan dengan penampilan timnas Brasil. Pelatih Tite mengakui para pemain mendengar ejekan itu dan men­gatakan itu tidak realistis untuk mengharapkan suporter meng­hibur tim yang tidak bermain baik.

“Kami merasakannya. Para pe­main dan pelatih merasakannya. Di tim besar, ketika kami tidak mencetak gol, maka jangan ber­harap para penggemar menger­ti. Mereka akan mengejek. Keti­ka mengoper bola di belakang, dari bek ke bek dan ke penjaga gawang, hal pertama yang kami dengan di sini adalah suara BOOOOOOO,” ujar Tite.

“Kami harus mengerti, Jika kami maju dan menciptakan peluang maka mereka akan bertepuk tan­gan,” sambungnya.

Kapten Selecao, Daniel Alves berharap para penggemar tuan rumah akan mendapatkan lebih banyak dukungan ketika mereka menghadapi Venezuela di Bahia, Selasa. “Ini normal di Sao Paulo, ada banyak penggemar klub seh­ingga selalu rumit bermain di sini, tapi kami menunjukkan kepribadi­an kami,” ujar Alves.

“Bahkan ada saat ketika Tite ber­teriak dan Anda bisa mendengarn­ya. Itu Berbeda di Bahia. Orang-orang merindukan tim Brasil, dan energi yang kami bawa. Yang pasti, semuanya akan lebih baik diband­ing di sini,” sambungnya.

Di sisi lain, Bolivia mengakui keunggulan tuan rumah. “Kami ha­rus jujur, Brasil mengalahkan kami dan mengalahkan kami dengan baik,” ujar pelatih Bolivia Eduardo Villegas. “Jika kami ingin lolos kami harus menyerang lawan,” sambun­gnya. ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment