Koran Jakarta | November 17 2018
No Comments

Asian Games yang Membanggakan

Asian Games yang Membanggakan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Perhelatan akbar Asian Games telah berlangsung dengan sukses. Indonesia mencapai dwisukses: sukses sebagai penyelenggara dan berhasil besar dalam prestasi. Pelaksanaan olahraga terbesar Asia tersebut membesarkan dan mengharumkan nama Indonesia. Presiden Komite Olimpiade Asia, Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, terkagum-kagum akan kehebatan Indonesia mengemban tugas sebagai penyelenggara Asian Games. Tak henti-hentinya dia mengucapkan terima kasih kepada bangsa Indonesia dalam pidato penutupan Asian Games.

Presiden Joko Widodo juga memuji panitia penyelenggara dan para atlet. “Tidak hanya rakyat, dunia juga terkejut dengan sejarah yang saudara-saudara torehkan,” ucap Presiden Joko Widodo di depan para atlet peraih medali, di Istana. Ini jelas ungkapan kepuasan Presiden Joko Widodo atas prestasi para atlet Indonesia.

Kekaguman juga diungkapkan Presiden Komite Olimpiade Internasional, Thomas Bach. Menurut dia, pembukaan Asian Games telah memukau dunia. Cara hadir Presiden Joko Widodo ke GBK naik motor besar juga menjadi pembicaraan internasional. Tidak hanya menjadi trending di Tanah Air, aksi-aksinya juga menjadi sorotan di luar negeri sebagai aksi luar biasa.

Menurut Thomas Bach, orang-orang Indonesia sangat ramah. Inilah yang membedakan Asian Games 2018 dengan Asian Games lain. Partisipasi masyarakatnya begitu hebat dan banyak sekali jumlahnya. Atas kesuksesan Asian Games ini, Presiden Joko Widodo begitu antusias menatap Olimpiade. Menurutnya, pengalaman Asian Games 2018 ini akan meyakinkan dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Kesan puas dari Thomas Bach rasanya membuat optimistis Presiden Joko Widodo. Memang ada kemungkinan Thomas Bach tidak lagi menjabat Presiden Olimpiade Internasional pada 2032. Namun, kesan Thomas Bach terhadap kesuksesan Indonesia sebagai penyelenggara Asian Games 2018 akan terus dicatat dalam “buku” Komite Olimpiade Internasional.

Sebenarnya, Indonesia tidak hanya mencapai dwisukses, tetapi trisukses. Indonesia sukses sebagai penyelenggara, sukses meraih prestasi, dan sukses mempersatukan bangsa. Tak bisa disangkal, Asian Games telah menyatukan rakyat Indonesia. Hiruk-pikuk politik yang dimainkan elite, sehingga hampir memecah-belah bangsa, dimentahkan Asian Games. Upaya tak bermoral elite yang ingin memecah bangsa, disatukan kembali Asian Games.

Masyarakat berbondong-bondong ke setiap venue untuk mendukung perjuangan atlet-atlet Indonesia. Mereka membaur menjadi satu bergembira-ria. Tak ada intimidasi, tak ada perpecahan, dan tak ada gontok-gontokan. Mereka berteriak, “Siapa kita?” Hanya ada satu jawaban atas pertanyaan itu, “Indonesia!” Seluruh rakyat bangga menjadi Indonesia yang larut dalam pelaksanaan Asian Games.

Kini saatnya para atlet menatap Olimpiade Tokyo. Semoga saja Sea Games 2019 Filipina dapat dijadikan ajang antara sebelum menuju Tokyo 2020. Dapatkah para atlet memompa diri lebih tajam lagi agar segala pencapaian di Asian Games Jakarta Palembang ini diperbaiki di Filipina? Inilah pertanyaan yang harus dijawab para pelatih. Mereka harus mengasah lagi ketajaman para atlet. Jangan di tingkat Sea Games malah melempen, setelah sukses di Asian Games. Pesta olehraga tingkat Asia Tenggara harus dijadikan target juara umum agar lebih “pede” menatap Olimpiade Tokyo 2020.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment