Asesmen Kompetensi Membuat Siswa Lebih Tertantang | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 20 2020
1 Comment
Kebijakan Pendidikan I Belajar Bukan sekadar Hafalan

Asesmen Kompetensi Membuat Siswa Lebih Tertantang

Asesmen Kompetensi Membuat Siswa Lebih Tertantang

Foto : ANTARA/DHEMAS REVIYANTO
A   A   A   Pengaturan Font
Pendidik punya waktu untuk memperbaiki kualitas siswa sebelum lulus dalam suatu jenjang.

 

JAKARTA – Menteri Pendi­dikan dan Kebudayaan, Na­diem Makarim, akan menerapkan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter sebagai pengganti ujian nasional (UN) pada 2021. Ujian itu akan digelar bukan di ujung jenjang sekolah seperti UN se­lama ini, melainkan di tengah jenjang.

“Yang tadinya di akhir jen­jang, kita akan ubah itu di ten­gah jenjang. Asesmen kom­petensi minimum dan survei karakter itu lebih membuat siswa dan sekolah tertantang,” kata Nadiem, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12).

Ujian itu akan dilakukan di tengah jenjang, misalnya saat kelas 4 SD dan bukan kelas 6 SD, kelas 8 SMP dan bukan kelas 9 SMP, juga kelas 11 SMA bukan kelas 12 SMA.

Alasannya, pertama, ujian di tengah jenjang memung­kinkan pendidik punya waktu untuk memperbaiki kualitas siswa sebelum lulus, entah itu lulus SD, lulus SMP, atau lulus SMA. Perbaikan berdasarkan hasil asesmen dan survei tak akan bisa dilakukan bila hasil­nya baru diketahui di akhir jen­jang pendidikan.

Hasil dari ujian itu bakal menunjukkan kepada guru-guru, siswa mana saja yang membutuhkan bantuan ekstra supaya kualitasnya bisa sesuai target.

Alasan kedua, asesmen di tengah jenjang diterapkan agar tak ada lagi ujian akhir yang menjadi beban siswa dan orang tua.

“Karena dilakukan di tengah jenjang, ini tidak bisa digunakan untuk sebagai alat seleksi untuk siswa-siswi kita, dan tidak lagi menimbulkan stres di orang tua dan anak-anak. Karena ini adalah for­matif, artinya, berguna bagi sekolah, berguna bagi guru untuk kemudian memperbaiki dirinya,” kata Nadiem.

Nadiem menyebut, setelah sistem ujian baru ini diterap­kan, pihak sekolah harus mu­lai menerapkan pembelajaran yang sesungguhnya, atau bukan sekadar penghafalan semata.

Asesmen kompetensi dan survei karakter tidak berdasar­kan mata pelajaran. Tes terse­but hanya berdasarkan pada literasi (bahasa), numerasi (matematika), dan karakter.

“Asesmen kompetensi eng­gak berdasarkan mata pela­jaran. Berdasarkan numerasi literasi dan juga survei kara­kter,” ujar dia.

Merdeka Belajar

Nadimen menjelaskan penghapusan UN itu meru­pakan satu dari empat inisiatif “Merdeka Belajar” yang akan dilakukan. Perubahan ini bakal menemui tantangan namun harus tetap dijalankan.

“Ini adalah ronde pertama merdeka belajar. Tidak ada perubahan yang nyaman-nya­man saja, semua perubahan itu pasti ada tantangannya,” kata Nadiem.

Selain menghapus UN pada 2021, pemerintah juga meniadakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) selama ini menentukan kelu­lusan siswa sekolah. Nadiem akan mengganti USBN itu dan membebaskan tiap-tiap seko­lah membikin ujian secara oto­nom. Namun ini belum bersi­fat wajib bagi sekolah.

“Jadinya ini kita memberi­kan kemerdekaan bagi guru-guru penggerak di seluruh Indonesia untuk menciptakan konsep-konsep penilaian yang lebih holistik, yang benar-benar menguji kompetensi dasar kurikulum kita. Bukan hanya pengetahuan atau hafa­lan saja,” kata Nadiem.

Selain itu, Nadiem akan mel­onggarkan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dia menaikkan kuota penerimaan siswa berprestasi dua kali lipat ketimbang kuota sebelumnya, dari yang tadinya 15 persen menjadi 30 persen. Persentase kuota untuk siswa dalam zona sekolah diturunk­an dari yang tadinya 80 persen menjadi 50 persen.

Kemendikbud juga akan menyederhanakan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pem­belajaran (RPP). Selama ini, RPP harus memuat 11 kompo­nen. “Kita akan mengubahnya menjadi format yang jauh lebih sederhana, cukup satu hala­man saja untuk RPP,” kata Na­diem. ruf/P-4

Klik untuk print artikel

View Comments

jessi
Kamis 12/12/2019 | 07:53
Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys...

Submit a Comment