Koran Jakarta | June 18 2019
No Comments

AS Uji Terbang Pesawat Terbesar di Dunia

AS Uji Terbang Pesawat Terbesar di Dunia

Foto : AFP/Stratolaunch Systems Corp
Lepas Landas l Pesawat Stratolaunch berhasil melakukan lepas landas dalam uji terbang di gurun Mojave, california, AS, pada Sabtu (13/4). Stratolaunch saat ini merupakan pesawat terbesar yang pernah dibuat di dunia.
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC – Sebuah perusahaan dirgantara Amerika Serikat (AS), Scaled Composites, dilaporkan telah menguji terbang pesawat jet terbesar di dunia yang diberi nama Stratolaunch di gurun Mojave, California, pada Sabtu (13/4). Pesawat dengan dua rangka badan dan 6 unit mesin jet Boeing 747 itu dirancang untuk membawa roket berisi satelit di luar angkasa.

“Pesawat Stratolaunch berhasil terbang selama dua setengah jam,” demikian pernyataan Scaled Composites.

Perusahaan dirgantara AS itu pun mengklaim bahwa metode membawa roket berisi satelit berukuran sedang melalui pesawat Stratolaunch akan lebih fleksibel dibandingkan dengan meluncurkan roket pembawa satelit secara vertikal, karena yang dibutuhkan adalah landasan yang amat panjang untuk pesawat bisa tinggal landas.

Pesawat Stratolaunch ini memiliki dimensi amat besar dan bentang sayap yang lebih panjang dari pada lapangan sepak bola atau sepanjang 117 meter. Saat terbang, pesawat besar ini memiliki kecepatan penuh 304 kilometer per jam dan bisa mencapai ketinggian 5.182 meter.  AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment