Koran Jakarta | July 18 2019
No Comments

AS Kirim Pasukan Tambahan ke Timur Tengah

AS Kirim Pasukan Tambahan ke Timur Tengah

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTONDC- Pentagon mengumumkan pada Se­nin (17/6) bahwa Amerika Serikat (AS) akan mengirim 1.000 pasukan tambahan dan lebih banyak sumber daya militer ke Timur Tengah di tengah ketegangan dengan Iran.

“Saya telah memberi otorisasi sekitar 1.000 pasukan tam­bahan untuk tujuan pertahanan untuk mengatasi udara, an­caman angkatan laut, dan darat di Timur Tengah, “ ujar Plt. Menteri Pertahanan, Patrick Shanahan.

Menurutnya, serangan-serangan Iran baru-baru ini membenarkan informasi intelijen AS bahwa permusuhan oleh pasukan Iran dan kelompok-kelompok proksi mereka akan mengancam personel dan kepentingan Amerika Seri­kat di kawasan Timur Tengah.

Sesaat sebelum pengumuman itu, Pentagon merilis sa­tu set foto terperinci yang memperlihatkan kapal-kapal Iran mengeluarkan satu ranjau dari salah satu dari dua kapal tanker yang diserang di Teluk Oman pada 13 Juni lalu. AS menghubungkan serangan itu dengan Iran. Namun Tehe­ran dengan keras membantah tuduhan itu.

Pergerakan kembali terjadi ketika Iran menetapkan hi­tungan mundur 10 hari bagi negara-negara dunia untuk memenuhi komitmen mereka di bawah kesepakatan nuk­lir yang ditinggalkan Amerika Serikat, dengan mengatakan negara itu akan melampaui batas persediaan uranium yang diamanatkan oleh perjanjian tersebut.

Ketegangan antara Teheran dan Washington mening­kat sejak AS keluar dari kesepakatan, dengan Washington memperkuat kehadiran militernya di kawasan itu dan me­masukkan daftar hitam Pengawal Revolusi Elite Iran seba­gai organisasi teroris.  AFP/ang/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment