AS Kembalikan Uang 1MDB ke Malaysia | Koran Jakarta
Koran Jakarta | May 31 2020
No Comments

AS Kembalikan Uang 1MDB ke Malaysia

AS Kembalikan Uang 1MDB ke Malaysia

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC - Kementerian Kehakiman Amerika Serikat (AS) pada Selasa (14/4) telah mengembalikan lagi dana sebesar 300 juta dollar AS hasil skandal korupsi di lembaga keuangan BUMN, 1Malaysia Development Berhad (1MDB), ke pemerintah Malaysia. Uang itu berada di AS untuk dicuci melalui sistem keuangan global.

“Pengembalian dana yang dicuri ke warga Malaysia adalah hasil jerih payah penuntut dan agen federal yang berhasil mencegah pihak-pihak asing dan kaki tangannya mencuci uang di AS,” kata Jaksa AS, Nick Hanna. “Uang yang dicuri dari warga Malaysia amat besar dan kami telah mengembalikan aset itu demi kepentingan mereka,” imbuh dia.

Jika digabungkan dengan uang yang telah dikembalikan setahun lalu, Kementerian Kehakiman AS menyatakan mereka telah memulangkan lebih dari 1 miliar dollar AS dalam bentuk dana dan aset.

Penyelidik dari AS menyatakan uang yang dikembalikan itu adalah sebagian kecil dari dana bernilai lebih dari 4,5 miliar dollar AS yang dicuri dari 1MDB yang melibatkan mantan PM Malaysia, Najib Razak, dan para kroninya. SB/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment