Koran Jakarta | July 19 2019
No Comments

AS, Jepang, Korsel, dan Australia, Gelar Latihan Perang Maritim

AS, Jepang, Korsel, dan Australia, Gelar Latihan Perang Maritim

Foto : AFP/ Noel CELIS
Kapal Komando l Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Blue Ridge, saat hendak merapat di Teluk Manila, Filipina, pada pertengahan Maret lalu. Kapal komando Armada AL ke-7 AS ini akan memimpin dimulainya latihan perang maritim “Pacific Vanguard” di Guam yang juga diikuti oleh AL Jepang, Korsel, dan Australia, pada Kamis (23/5).
A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), Jepang, Korea Selatan (Korsel), dan Australia, telah memulai latih­an perang maritim di perairan dekat Guam. Informasi ini di­sampaikan Angkatan Laut AS pada Kamis (23/5), ditengah semakin meningkatnya keetegangan dengan Tiongkok dan Korea Utara (Korut).

“Latihan perang maritim ‘Pacific Vanguard’ ini akan me­libatkan lebih dari 3.000 pasukan AL dari 4 negara dengan misi menmgasah kecakapan dan memperkuat praktik ker­ja sama maritim,” demikian pernyataan Armada AL ke-7 AS. “Pacific Vanguard akan fokus pada latihan menembak, ope­rasi pertahanan anti-serangan udara, operasi anti-kapal se­lam, dan pengisian perbekalan di lautan,” imbuh mereka.

Dalam latihan perang maritim ini Australia mengirim­kan dua kapal fregat, Jepang dan Korsel mengirimkan ma­sing-masing dua dan satu kapal perusak, sementara AS a­kan mengirimkan kapal komando Armada AL ke-7, USS Blue Ridge.

Dipilihnya Guam sebagai lokasi latihan perang maritim, karena wilayah AS di Pasifik ini sebelumnya jadi pusat an­caman serangan nuklir Korut serta lokasinya yang dekat de­ngan perairan sengketa Laut Tiongkok Selatan.  AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment