Koran Jakarta | August 18 2018
No Comments
Pilkada Lampung - Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Arinal-Chusnunia Luncurkan Kartu Petani Berjaya

Arinal-Chusnunia Luncurkan Kartu Petani Berjaya

Foto : istimewa
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung nomor urut 3, Arinal Djunaidi (kiri) dan Chusnunia ( tengah) mencicipi buah durian hasil panen petani saat kampanye terbuka terbatas, di Desa Rama Puja, Raman Jaya, Lampung Timur, Jumat (16/3). Pasangan Arinal-Nunik mengunjungi petani untuk sosialisai sekaligus peluncuran “ Kartu Petani Berjaya” di Provinsi Lampung.
A   A   A   Pengaturan Font

Komitmen dan kesungguhan pasangan Arinal-Chusnunia untuk meningkatkan kesejahteraan petani akan diwujudkan dalam pemerintahan Lampung ke depan.

Lampung Timur – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi- Chusnunia (Nunik) atau Arinal-Nunik, meluncurkan dan menyosialisasikan Kartu Petani Berjaya saat kampanye terbuka terbatas di Desa Rama Puja, Kecamatan Raman Jaya, Kabupaten Lampung Timur, Jumat (16/3).

Dalam kampanye tersebut, pasangan nomor urut 3 itu langsung mengunjungi para petani di Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur. Kampanye dihadiri sekitar dua ribu orang yang terdiri dari para pengurus kelompok tani yang mewakili 13 kabupaten di Lampung.

Arinal menjelaskan, latar belakang dari gagasan diluncurkannya Kartu Petani Berjaya didasari oleh visi dan misi pasangan calon tersebut, yakni ingin meningkatkan kesejahteraan para petani mengingat sebagian besar atau 70 persen warga Lampung hidup atau berprofesi sebagai petani.

Menurut dia, lahan sawah irigasi yang tersebar di Provinsi Lampung seluas kurang lebih 457 hektare (di Lampung Tengah, Timur dan Selatan) berpotensi besar dan nyata untuk menjadikan Lampung sebagai lumbung pangan nasional.

Ia mencontohnya, 40 persen kebutuhan pangan di Ibukota disuplai dari Provinsi Lampung. Selain itu, Lampung juga istimewa » Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung nomor urut 3, Arinal Djunaidi (kiri) dan Chusnunia ( tengah) mencicipi buah durian hasil panen petani saat kampanye terbuka terbatas, di Desa Rama Puja, Raman Jaya, Lampung Timur, Jumat (16/3). Pasangan Arinal-Nunik mengunjungi petani untuk sosialisai sekaligus peluncuran “ Kartu Petani Berjaya” di Provinsi Lampung. berada di peringkat ke-7 surplus tingkat nasional terhadap produksi padi.

“Dalam diri saya mengalir darah keluarga petani. Jadi jika saya bisa berdiri sampai saat ini karena jasa orang tua saya yang berprofesi sebagai petani. Kami berharap Kartu Petani Berjaya ini dapat membantu para petani dalam mengatasi ketersediaan sarana produksi dalam penyediaan benih dan pupuk untuk petani tanaman semusim dan petani tanaman keras,” kata Arinal.

“Kami juga ingin memberikan bantuan permodalan berupa kredit usaha tani dan beasiswa bagi anak-anak petani yang berprestasi. Arinal-N unik, sangat tahu berbagai permasalahan pertanian di provinsi yang sangat kita cintai dan juga kami banggakan ini,” katanya di hadapan para petani yang hadir.

Dengan latar belakang tersebut, pasangan Arinal-Nunik sangat mengerti permasalahan yang terjadi seputar keresahan petani, seperti petani kerap menempati posisi marjinal dibanding pedagang perantara dan pedagang besar.

Belum lagi biaya produksi yang tinggi namun ketika panen tiba harga beras anjlok. Karena itu, mereka ingin memberikan perhatian lebih mengenai tata kelola sektor pertanian agar produksinya tidak hanya dihasilkan sebagai bahan baku, tapi juga ditingkatkan sebagai olahan setengah jadi.

Sejalan dengan Pemerintah

Adanya program Kartu Petani Berjaya juga selaras dengan kebijakan program pemerintah Jokowi dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani. Kartu Petani Berjaya dapat melengkapi program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah pusat dalam memberikan perlindungan bagi para petani melalui Asuransi Usaha Tani Padi.

Namun pasangan Arinal- Nunik juga mengharapkan kerja sama dua pihak antara petani dan Pemerintah Lampung apabila kelak keduanya dipercaya untuk menjalankan amanah sebagai pemimpin Lampung.

Kartu Petani Berjaya memberikan jaminan kepada para petani untuk mendapatkan bibit, pupuk, pestisida, dan insektisida secara tepat waktu sesuai kebutuhan petani. Selain itu, kepastian pasar produk pertanian dan kredit usaha tani.

sur/Ant/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment