Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments

Argentina Protes Latihan Militer Inggris di Falkland

Argentina Protes Latihan Militer Inggris di Falkland

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BUENOS AIRES – Pemerintahan Argentina diwartakan telah melayangkan nota protes resmi ke kantor Kedutaan Besar Inggris di Buenos Aires yang isinya menolak latihan militer Inggris di Kepulauan Falkland yang akan digelar pada 15 hingga 19 Oktober mendatang. Informasi ini disampaikan Kementerian Luar Negeri Argentina pada Selasa (9/10).

“Buenos Aires memprotes semua bentuk latihan militer termasuk peluncuran misil di wilayah Argentina yang diduduki secara ilegal oleh Inggris,” demikian pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Argentina.

Argentina dan Inggris berperang untuk memperebutkan Falkland alias Malvinas yang berada di Atlantik selatan ini pada 1982 yang diakhiri oleh kemenangan di pihak Inggris. Dua tahun lalu, nota protes pun pernah dilayangkan Argentina pada Inggris yang isinya juga menolak latihan militer di Falkland. Namun dalam nota protes terbaru, Kementerian Luar Negeri Argentina menambahkan seruan pada PBB dan lembaga internasional lain untuk mendesak dua negara melanjutkan negosiasi bagi perdamaian dan diakhirinya sengketa kedaulatan. 

 

AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment