Koran Jakarta | April 19 2019
1 Comment
Pinjaman

Aplikasi Pinjaman Online Akses Data Pribadi Nasabah, Untuk Apa?

Aplikasi Pinjaman Online Akses Data Pribadi Nasabah, Untuk Apa?
A   A   A   Pengaturan Font

Teknologi yang serba canggih membuat segalanya semakin mudah, termasuk dalam pinjam meminjam uang. Kebutuhan akan dana tunai kini bisa dipenuhi dengan mudah oleh penyedia pinjaman online. Bermodalkan gadget dan koneksi internet, dana yang dibutuhkan bisa masuk ke rekening bahkan dalam hitungan menit. Sangat menggiurkan bukan?

Meskipun terdengar mudah, kamu yang berencana untuk mengajukan pinjaman online sebaiknya memahami persyaratan yang mereka tentukan. Salah satupersyaratan yang paling umum adalah seputar akses data pribadi calon nasabah, baik itu kontak, log panggilan keluar dan masuk, hingga SMS. Banyak nasabah kredit online yang mengeluhkan hal tersebut, karena akses data kontak pribadi sering dimanfaatkan penyedia kredit online untuk penagihan yang menggunakan ancaman.

Apa sebenarnya alasan perusahaan pinjaman online melakukan strategi tersebut?

Saat hendak mendaftar aplikasi kredit online, aplikasi tersebut akan meminta izin untuk mengakses data pribadi calon nasabah. Hal ini tidak semata-mata dilakukan untuk mengancam nasabah saat proses penagihan, melainkan sebagai salah satu proses analisis kelayakan kredit calon nasabah. Kenapa aplikasi mengakses data kontak?

Karena mereka mau mengkonfirmasi bahwa nomor emergency yang dicantumkan oleh calon nasabah bukanlah nomor fiktif. Akses histori panggilan masuk dan keluar juga untuk memastikan seberapa dekat calon peminjam dengan emergency kontak yang dicantumkan di formulir. Layaknya bank konvensional yang melakukan survei langsung atau melalui telepon ke anggota keluarga dan kerabat untuk menganalisis kelayakan kredit nasabah, proses akses data pribadi pada aplikasi kredit online berguna untuk hal yang sama.

Apakah pemberian izin akses kepada aplikasi pinjaman online akan membahayakan nasabah?

Untuk melanjutkan proses pendaftaran, calon nasabah harus memberikan izin akses data terlebih dahulu. Sebagian dari kamu mungkin takut data pribadi tersebut disalahgunakan, tapi sebenarnya kamu tak perlu takut. Sebab, terdapat peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi, yang di dalamnya menyebutkan bahwa penyelenggara wajib menjaga kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan data pribadi, data transaksi dan data keuangan yang dikelolanya sejak data diperoleh hingga data dimusnahkan.

Selain itu penyelenggara juga wajib menyediakan sistem pengamanan yang mencakup prosedur, sistem pencegahan dan penanggulangan terhadap ancaman dan serangan yang menimbulkan gangguan, kegagalan dan kerugian. OJK juga menetapkan sanksi jika terjadi pelanggaran kewajiban dan larangan dalam aturan OJK ini. OJK berwenang mengenakan sanksi administratif terhadap penyelenggara berupa peringatan tertulis, denda, pembatasan kegiatan usaha dan pencabutan izin.

Calon nasabah harus pintar memilih penyedia kredit online yang terpecaya

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa proses akses data pribadi ini tak membahayakan nasabah. Kasus-kasus yang terjadi di luar sana perihal penyalahgunaan data pribadi nasabah biasanya datang dari aplikasi kredit online abal-abal yang tidak memiliki izin dari OJK. Untuk itulah, penting bagi calon nasabah memilih aplikasi kredit online yang aman dan terpecaya. Salah satu yang bisa kamu pilih adalah Kredivo.

Kredivo merupakan layanan pinjaman online yang memberikan limit kredit mencapai Rp30.000.000, yang bisa digunakan untuk belanja di 200+ e-commerce rekanan Kredivo, dan dicairkan dalam bentuk dana tunai. Transaksi di Kredivo terjamin keamanannya, karena Kredivo telah terdaftar di OJK dan menggunakan sistem enkripsi yang melindungi seluruh data nasabah.

View Comments

RAHEL COHRAN
Sabtu 23/2/2019 | 07:19
Halo.
Saya Tn. Rahel Cohran, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup kepada individu, perusahaan, asuransi, dll. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk berinvestasi atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda, cari lagi karena kami di sini untuk menjadikan semua masalah keuangan Anda sebagai masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam denominasi mata uang apa pun dengan kurs 2%. Saya ingin menggunakan media hebat ini untuk memberitahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. kembali sekarang melalui Email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, ANDA SANGAT MENYAMBUT.

Submit a Comment