Koran Jakarta | December 17 2017
No Comments

Antisipasi Kesalahan dalam Pekerjaan

Antisipasi Kesalahan dalam Pekerjaan

Foto : KORAN JAKARTA
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, akhir-akhir ini saya sering ditegur atasan saya karena berbuat kesalahan. Saya ingin memperbaiki diri. Mohon advisnya Bu. Didit, Jakarta

Jawaban :

Setiap manusia memang tidak luput dari kesalahan, no body’s perfect. Toh memang tak ada manusia sempurna di dunia ini. Karena itu bisa dipastikan siapapun pernah melakukan kesalahan di kantor. Jika kesalahan itu terjadi sesekali memang masih bisa dimaklumi. Karena siapapun tahu, kemampuan manusia itu ada batasnya.

Pada dasarnya kesalahan-kesalahan yang terjadi di kantor bukan karena kemampuan anda yang buruk. Tapi umumnya lebih dikarenakan kecerobohan. Kesalahan seperti lupa meletakkan dokumen penting, menghilangkan file di komputer, salah menghubungi klien, salah kirim email, merupakan beberapa kesalahan yang terjadi akibat kecerobohan.

Selebihnya kesalahan-kesalahan yang kerap terjadi di kantor disebabkan karena sistem kerja anda tidak sempurna dan kurangnya koordinasi. Tidak atau belum menguasa pekerjaan dengan baik juga bisa menjadi pemicu terjadinya berbagai kesalahan di kantor. Selain itu konsentrasi yang terpecah-pecah juga bisa menimbulkan kesalahan.

Tentu saja, berbagai kesalahan tersebut bisa dihindari. Pada prinsipnya kesalahan bukan berarti kegagalan tetapi merupakan kesempatan berharga untuk meningkatkan kualitas diri anda, dengan catatan asal tidak terjadi berulang kali. Pengalaman dalam membuat kesalahan juga bisa membuat anda bersikap lebih antisipatif dan taktis. Nah, kesalahan-kesalahan di kantor bisa anda hindari dengan cara:

Sistem kerja

Sistem kerja yang lebih teratur akan menghindari anda dari kesalahan-kesalahan bodoh. Jadi, perbaiki sistem kerja anda. Buatlah urutan kerja yang jelas, saat anda baru tiba di kantor sampai anda beranjak pulang. Hal ini akan meminimalkan kesalahan yang akan terjadi.

Lakukan koordinasi

Koordinasikan pekerjaan anda dengan atasan dan rekan. Apalagi jika anda berada dalam satu tim, koordinasi ini mutlak anda lakukan. Sehingga semua mengetahui dan memahami tugas masing-masing dan tidak terjadi kesalahpahaman.

Mengasah ketrampilan dan kemampuan kerja

Dengan kemampuan dan ketrampilan yang maksimal, anda akan lebih menguasai pekerjaan. Sehingga berbagai kesalahan yang mungkin terjadi dapat diantisipasi.

Tingkatkan konsentrasi

Konsentrasi yang terpecah belah bisa dipastikan sangat mengganggu kinerja anda. Tanpa konsentrasi anda akan lebih mudah melakukan kesalahan. Maka saat jam kerja, fokuskan pikiran anda hanya pada kerjaan. Sebisa mungkin enyahkan pikiran-pikiran lain yang mengganggu.

Hindari stres

Bekerja dalam keadaan stres merupakan penyebab utama terjadinya kesalahan. Maka jika anda stres karena dililit berbagai masalah, selesaikan dulu masalah anda. Hati dan pikiran yang tenang akan memudahkan anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Dengan mengantisipasi penyebab terjadinya kesalahan, anda bisa bekerja lebih teratur dan terarah. Sehingga, kesalahan sekecil apapun di kantor bisa anda antisipasi. Nah, dengan demikian anda pun siap menyambut datangnya sukses!

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment