Koran Jakarta | April 22 2018
5 Comments

Anak Muda Peduli Lingkungan

Anak Muda Peduli Lingkungan

Foto : istimewa
Komunitas Pensil Bambu didirikan oleh siswa SMKN I Depok. Dalam perkembangannya, komunitas ini beranggota siswa SMP, SMA, dan SMK di depok.
A   A   A   Pengaturan Font

Komunitas Pensil Bambu menggalang para pelajar untuk kembali peduli pada masalah sosial, lingkungan, pendidikan, dan masyarakat. Komunitas yang digawangi pada pelajar di Kota Depok ini membantu pemerintah mewujudkan kota yang nyaman.

Peduli menjadi katakata yang kian marak didengungkan. Baik di kalangan pemerintah atau masyarakat. Lalu, apakah peduli hanya sekadar slogan? Atau memang wujud nyata publik akan kebaikan?

Yang jelas, meski ada sebagian masyarakat yang benarbenar peduli, namun di tengah kehidupan yang kian komersil, rasa kepedulian terhadap sesama dinilai makin terkikis ditelan kebutuhan pribadi maupun kelompok yang terus mendesak. Nah, dalam suasana seperti itu, Komunitas Pensil Bambu justru menggaungkan kembali dengan aktifitas-aktifitas sosial maupun lingkungan.

Komunitas ini ingin menjadikan Kota Depok yang sesak sebagai kawasan pemukiman menjadi tempat yang nyaman. Aktifitas lingkungan menjadi debut pertama komunitas yang berdiri pada 4 Oktober 2015. Aktifitas dilakukan bersamaan dengan iven-iven lingkungan. Hari Peduli Sampah Nasional merupakan salah satunya. Pada kesempatan tersebut, mereka memunguti sampah yang ada di tengah masyarakat sambil memberikan edukasi. “Kalau sama anak muda malah lebih kena,” ujar Afgan Hanif Adiyat, Ketua Pensil Bambu yang ditemui di Taman Merdeka, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Kamis (8/3).

Yang dijumpai, ternyata, masyakarat bukannya tidak mau peduli namun mereka membutuhkan penggerak untuk memulai membersihkan lingkungan sekitar. Karena setiap kegiatan dilakukan dengan semangat mereka turut membantu mengumpulkan sampah-sampah walaupun masih di sekitar lingkungan tempat tingganya.

Hingga saat ini, Komunitas Pensil Bambu telah melakukan kegiatan lingkungan di Hari Peduli Sampah Nasional yang ketiga kalinya, yaitu di sekitar Balaikota Depok, Kelurahan Tapos dan Kecamatan Sukmajaya. Kagiatan lainnya berupa kegiatan di bidang pendidikan, masyarakat, dan sosial.

Ketiga kegiatan tersebut muncul karena kegiatan lingkungan dapat diturunkan ke tiga kegiatan tersebut. Masing-masing kegiatan dibagi menjadi departemen yang berbeda satu dengan yang lainnya supaya lebih fokus dalam melakukan kegiatan.

Seperti penddidikan yang melakukan Seperti dalam waktu dekat ini, Komunitas Pensil Bambu akan mengadakan kegiatan Pensil Bambu Goes To School bekerja sama dengan Dinas Lingkungan dan Kebersihan Kota Depok. Afghan mengatakan tidak mengalami kesulitan untuk bekerja sama dengan pemerintah kota. Malah mereka mendapatkan dukungan karena kegiatan yang dilakukan membantu kerja pemerintah.

Dalam sebuah kegiatan lingkungan, mereka pernah diberikan dana kegiatan senilai1,2 juta rupiah. Asalkan kegiatan sesuai dengan program kerja pemerintah, hubungan kerja sama tersebut menjadi lebih gampang terjalin.

Setiap sebelum melakukan kegiatan, para anggota komunitas selalu dibekali sejumlah pengetahuan sebelum terjun ke masyarakat, salah satunya seperti berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. Perbekalan pengetahuan tersebut dilakukan Yayasan Rumah Bangsa yang menaungi Komunitas Pensil Bambu. Para anggota Yayasan Rumah Bangsa merupakan anggota senior Komunitas Pensil Bambu yang sudah duduk di bangku kuliah.

Komunitas Pensil Bambu didirikan oleh siswa SMKN I Depok. Lambat laut, komunitas yang memasuki usia tiga tahun ini, beranggota siswa SMP, SMA dan SMK di depok. “Maksimal, anggota Pensil Bambu kelas 12. Karena kalau anak kuliah pemikirannya sudah lain dengan pelajar,” ujar dia tentang anggota saat ini yang berjumlah 80 orang.

Tahun sebelumnya, anggotanya mencapai 200 orang jumlah tersebut menyusut karena sebagian besar anggota sudah lulus tingkat sekolah menengah atas. Pensil Bambu merupakan kepanjangan dari pelajar, inovatif, aktif, kreatif dan memiliki daya juang. Dengan jiwa muda, mereka menyadarkan untuk peduli terhadap lingkungan dan masyarakat. din/E-6

Ruang Publik Kotor, Bukti Tak Peduli Kebersihan

Kesadaran bebas sampah membuat sejumlah anak muda di Kota Depok bergabung dengan Pensil Bambu. Mereka merasa memiliki teman satu pemikiran untuk menanggulangi sampah di lingkungan tempat tinggal mereka. Muhammad Rizki Zidan, 15, mengaku terganggu dengan sampah yang ada di sekitar rumahnya. “Risih banget kalau melihat sampah, lingkungan tidak sehat,” ujar pelajar kelas 10 SMKN I Depok ini.

Maka, pemuda yang bergabung dengan Pensil Bambu sejak November 2017 ini cukup beruntung. Pasalnya, dia memiliki teman sepemikiran yang sadar tentang sampah. Laki-laki yang biasa dipanggil Zidan ini mengatakan bahwa kesadaran masyarakat membuat sampah masih memprihatinkan.

Sebagai contoh, mereka enggan membuang bungkus bekas makanan ke tempat sampah yang jaraknya hanya beberapa langkah. Mereka memilih membuang bungkus makan di kolong tempat duduk. Ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kebersihan masih rendah. Zidan mengatakan sampahsampah di Kota Depok paling banyak terdapat di pasarpasar maupun ruang publik. Seperti di Taman Medeka, pada akhir pekan taman ini digunakan sebagai tempat berkumpul warga.

Banyak pedagang yang menawarkan jajanannya di tempat ini, namun mereka kurang memperhatikan kebersihan lingkungan. Sampah bekas sisa bungkus makanan dibuang sembarangan yang akhirnya menumpuk di setiap sudut. Dalam aksi bersama Pensil Bambu, Zidan tidak segansegan mengambil sampah menggunakan tangannya demi menjaga kebersihan lingkungannya.

Setelahnya, ia akan mencuci tangan dengan sabun untuk mengihilangkan kuman penyakit. Laki-laki bertubuh kurus ini mengaku sudah terbiasa ikut dalam kegiatan bersih-bersih sampah. Di kampungnya, ia kerap ikut dalam kegiatan kerja bakti. Lain lagi dengan Rian Bayu Ananda, 16. Rian ikut tergabung dalam Pensil Bambu karena anggota komunitas ini sebaya dengan dirinya.

“Jadi, saya merasa lebih nyaman dan gampang gabung dengan teman-teman,” ujar dia. Bagi Rian turut serta dalam kegiatan lingkungan merupakan pengalaman menarik. Ia dapat bersentuhan langsung dengan masalahmasalah maupun kegiatan sosial di masyarakat. Terlebih dalam berkomunitas, ia menemukan teman-teman baru dan tidak bermaksud mencari pacar dalam komunitas ini. din/E-6

Tangani Sampah dengan Kolaborasi

Sampah selalu menjadi persoalan yang tiada habisnya. Kolaborasi pemerintah, organisasi sosial, dan masyarakat menjadi cara efektif untuk mengurangi sampah di masyarakat. Afghan Hanif Adiyat, 16, Ketua Pensil Bambu mengatakan bahwa masalah sampah perlu dilakukan kerja sama dengan semua pihak.

“Kalau mau bersihin sampah di Kota Depok yang pasti harus bekerja sama dengan pemerintah atasnya,” ujar dia. Sebagai contoh, ajakan untuk membersihkan sampah belum tentu akan diikuti oleh karang taruna sekitar.

Namun jika pihak pemerintah yang mengajak karang taruna mengajak membersihkan lingkungan bersama, mereka akan ikut tergerak dalam kegiatan. Dengan oragnisasi, Pensil Bambu telah berkolaborasi dengan BEM Universitas Indonesia. Saat ada kegiatan, kolaborasi antara organisasi akan mudah dilakukan. Saat ini, komunitas masih fokus menangani sampah yang ada di Depok Timur sebelum membersihkan sampah di seluruh Kota Depok. Ke depannya, kegiatan akan meluas di daerah Cilodong dan Cipayung.

Dari sekian sampah yang terkumpul, kebanyakan jenisjenis sampah merupakan sampah anorganik. Sampahsampah tersebut berasal dari berbagai bungkus makanan, seperti saat mereka melakukan bersih-bersih di daerah Taman Merdeka, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

Taman yang kerap digunakan warga untuk menghabiskan akhir pekan kerap terdapat sampah sampah berserahan sisa bungkus makanan. Dalam Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional, Afghan dan teman-temannya sempai mengumpulkan sampah sebanyak 10 kantong plastik besar.

Afghan mengatakan untuk mengurangi sampah perlu adanya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang. Selain itu tidak ada salahnya untuk memiliki bekal pengetahuan untuk mengelola sampah atau mendaur ulang.

Sehingga, sisa-sisa bungkus makanan tidak menjadikan tumpukan sampah. Selama ini sampah-sampah yang dikumpulkan dalam sebuah kegiatan sosial dikumpulkan di bank sampah. Di tempat tersebut, sampah organik diolah menjadi pupuk sedangkan sampah anorganik akan diproses dengan belatung-belatung untuk memusnahkan sampah. Untuk rumah tangga, cara serupa dapat dilakukan sedangkan sampah anorganik dapat dikelola menjadi bahan kerajinan. din/E-6

View Comments

am
Minggu 22/4/2018 | 02:38
BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).
Mrs Gloria S
Selasa 17/4/2018 | 10:40
Halo, saya Ny. GLORIA Peminjam Pinjaman Swasta. Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan 2% lebih rendah. Apakah Anda perlu pinjaman segera untuk membayar utang, ATAU Anda memerlukan pinjaman usaha untuk meningkatkan bisnis Anda, membayar tagihan Anda dan meningkatkan kesuburan perusahaan Anda? apakah Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya? kami memberikan layanan yang baik kepada individu, perusahaan, pria dan wanita bisnis dan kami bersedia membantu orang yang bersedia menulis kepada perusahaan kami dan mendaftar dengan kami dan kami akan membantu banyak orang yang secara finansial turun. Namun, Opportunity Finance ada di Door Step Anda, jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (gloriasloancompany@gmail.com) Atau WhatsApp Number +1 (330) 577-2856 dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.
Mrs. Gloria S MD / CEO
PERSYARATAN KREDIT INFORMASI YANG DIPERLUKAN:
1) Nama lengkap: ............
2) Jenis Kelamin: ............ .....
3) Umur: ........................
4) Negara: .................
5) Nomor Telepon: ........
6) Pekerjaan: ..............
7) Penghasilan: ......
8) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: ....
9) Jangka waktu pinjaman: ...............
10) Alasan pinjaman: ...........
11) Sudahkah Anda mengajukan permohonan dan ditolak? Kemudian ........
12) Apakah kamu berbicara bahasa Inggris .......
Salam
oktamira2030@gmail.com
Jumat 13/4/2018 | 10:46
"Alhamdulillah"

  Saya, Okta Mira adalah blogger terkenal yang memiliki gairah untuk blogging dan juga untuk terus berinvestasi dalam bisnis online karena jumlah uang yang sangat besar yang terlibat di dalamnya pada saat saya merasa sangat nyaman dengan pendapatan konstan yang saya dapatkan setiap minggu tapi pada waktu saya mengalami kekurangan karena beberapa transaksi tertentu jadi saya merasa bangkrut sehingga saya memutuskan untuk mencari pinjaman karena saya sangat yakin bahwa seiring berjalannya waktu saya akan kembali lagi ke standar keuangan saya sebelumnya, jadi saya melewati berbagai kreditur Iklan yang saya lihat di blog saya tapi yang terlintas dalam pikiran saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM walaupun saya takut sebenarnya karena berita yang saya dengar dari orang-orang tentang pemberi pinjaman online tapi saya harus mengambil keputusan sendiri tanpa mendengarkan orang lain jadi saya menghubungi ibu melalui email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) maka saya dibawa melalui proses yang sah dan saya harus mengumpulkan keberanian untuk menyelesaikan prosesnya dan akhirnya pencairan pinjaman saya disetujui dalam waktu kurang. Itu tiga hari kerja dan pinjaman saya dicairkan dengan sukses
  Saya tidak bisa menyembunyikan kegembiraan yang harus saya hubungi sebagian besar teman saya yang adalah debitur dan juga yang mengalami kesulitan keuangan untuk menjadi ibu yang kontroversial dan semua mereka lakukan sekarang, saya senang memberi tahu Anda semua bahwa mereka semua merayakan seperti saya jadi jika Anda Mau kontak langsung dengan Ibu Iskandar silahkan hubungi dia melalui alamat lengkap di bawah ini
Email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
Website:(iskandarlestari.wordpress.com)
Calls Only ::{+16264653418}
WhatsApp Only::{+33753893351}
Facebook::(www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
BBM INVITES:{D8980E0B}{4424A)
    Ibu Iskandar selalu online 24 jam sehari dan tentu saja 7 hari seminggu jadi tolong jangan takut dia dan anggota staf sangat ramah, jujur, jujur ​​dan berkomitmen untuk mengurangi layanan mereka kepada pelanggan mereka jika Anda ingin menghubungi saya untuk pertanyaan apapun mengenai pinjaman silahkan hubungi saya melalui email: (oktamira2030@gmail.com)
wilson merry
Senin 26/3/2018 | 12:46
Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman jenis ini? Atau apakah Anda khawatir secara finansial? Apakah Anda memiliki hutang untuk dilunasi? Kami memberikan pinjaman ke bagian manapun di dunia, suku bunga pinjaman kami adalah 2% per tahun, durasi yang dinegosiasikan, terlepas dari lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini hubungi kami melalui alamat email perusahaan di: wilsonmerryloancompany@gmail.com

CATATAN: Kami memberikan permintaan kredit ETC maksimum sebesar (USD100,000.00 $ / €) harus dinyatakan dalam DOLAR AS ATAU EURO, RUPIAH, RM dan UANG lainnya yang digunakan.

pencari pinjaman yang tertarik mengisi formulir aplikasi pinjaman sesuai perjanjian ..

(INFORMASI PEMENANG)

Nama lengkap:......................
USIA.............................
STATUS PERNIKAHAN ..................
Kontak Alamat: ...........................
Negara...................................
Telepon:.....................................
E-mail:.....................................
Pendudukan:................................
Pendapatan bulanan: ............................
Agama:..................................
Jumlah yang Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
Durasi Pinjaman: .............................
Tujuan Pinjaman: ................................
Garansi: ................................
Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya?
Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

Terima kasih, kami menunggu tanggapan Anda, kami siap melayani Anda.
Wilson merry Loan Company Limited
JOHN KERRY JEMMY
Kamis 22/3/2018 | 07:10
Halo semuanya,
Saya Mr JOHN KERRY JEMMY pemberi pinjaman swasta yang memberikan kesempatan seumur hidup untuk semua jenis pinjaman. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membayar kembali utang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan konsolidasi atau pinjaman hipotek? Kami meminjam uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit macet atau yang membutuhkan uang untuk membayar tagihan dan berinvestasi dalam bisnis dengan suku bunga rendah 2% dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. 100% Dijamin.

Kirimi kami email ke: (creditcashexpress8@gmail.com) untuk mendaftar

Submit a Comment