Akhir Sempurna Italia | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments

Akhir Sempurna Italia

Akhir Sempurna Italia

Foto : AFP/Andreas SOLARO
A   A   A   Pengaturan Font

Italia menunjukkan telah kembali ke jalur usai gagal lolos ke putaran final Piala Dunia tahun lalu untuk pertama kalinya sejak 1958.

PALERMO – Ciro Immobile dan Nicolo Zaniolo masing-masing mencetak dua gol saat Italia mengakhiri kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan sempurna. “Gli Azzurri” menang telak 9-1 atas Armenia di Palermo, Selasa (19/11) dini hari WIB.

Italia yang sudah lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 mencatat kemenangan beruntun ke-11 di bawah asuhan Roberto Mancini. Tim peraih juara dunia empat kali itu menunjukkan bahwa mereka telah kembali ke jalur usai gagal lolos ke putaran final Piala Dunia tahun lalu untuk pertama kalinya sejak 1958.

Tim asuhan Mancini telah memenangkan keseluruhan 10 pertandingan Grup J. Hasil itu membuat Italia dipastikan menjadi unggulan dalam undian grup Piala Eropa 2020 pada 30 November mendatang di Bucharest.

“Mari nikmati 10 pertandingan yang dimenangkan ini, itu belum pernah terjadi dan itu adalah hal yang luar biasa,” ujar Mancini yang kini berusia 54 tahun.

“Kami memiliki pendekatan yang tepat untuk pertandingan yang kami lakoni dan kami tidak mencetak sembilan gol secara kebetulan,” sambungnya.

“Kami memiliki enam bulan untuk mempersiapkan diri menghadapi Piala Eropa, kami perlu meningkatkan diri dalam beberapa hal. Hal yang menyulitkan adalah meninggalkan beberapa pemain karena mereka semua pantas berada di sana.”

“Mereka semua adalah pemain muda yang meningkatkan pada pertandingan demi pertandingan, itu hanya butuh waktu. Setiap pemain memberikan semua yang mereka miliki, saya memiliki jawaban yang saya inginkan dari mereka,” tandasnya.

Immobile, 29, memulai pesta gol pada menit ke delapan di Sisilia, dia menambahkan gol keduanya di menit ke-33. Gelandang Roma Zaniolo, 20, mencetak gol pertamanya untuk tim nasional pada menit kesembilan dan gol keduanya tercipta pada menit ke-64.

Nicolo Barella, 22, juga mencetak gol pada babak pertama di depan kerumunan hampir 28.000 penonton di Mediterania.

Alessio Romagnoli, penalti Jorginho pada menit ke-75, dan gol-gol dari Riccardo Orsolini dan Federico Chiesa melengkapi kemenangan Italia. Edgar Babayan membalaskan satu gol untuk Armenia 10 menit jelang laga usai.

“Kami telah mengalahkan beberapa rekor tetapi kami tahu bahwa Juni tahun depan adalah satu-satunya hal yang diperhitungkan,” ujar kapten timnas Italia Leonardo Bonucci.

“Jujur, saya tidak pernah bersantai dan bersenang-senang dengan tim nasional. Kami menyadari kekuatan kami, kami memiliki mentalitas yang tepat dan tim yang sangat bagus, kompak,” ujar Immobile.

“Kami melakukannya dengan baik, tetapi kamu harus menjaga kaki tetap kuat di tanah dan terus bekerja keras,” sambungnya.

Zaniolo menambahkan: “Saya telah mewujudkan mimpi lain menjadi kenyataan malam ini, tetapi saya menyadari itu pasti hanya permulaan. Panggilan untuk Piala Eropa 2020 adalah mimpi lain dan saya berharap untuk mewujudkannya juga.”

Kemenangan Besar

Hasil kali ini bukan skor internasional terbesar Italia atau margin kemenangan terbesar mereka. “Gli Azzurri” mengalahkan Mesir 11-3 dalam pertandingan perebutan medali perunggu pada Olimpiade 1928 di Amsterdam. Italia mengalahkan Amerika Serikat 9-0 di Brentford pada putaran pertama di Olimpiade 1948. Pada 1920, mereka mengalahkan Prancis 9-4 dalam pertandingan persahabatan.

Presiden federasi sepakbola Italia Gabriele Gravina memuji Mancini karena upayanya membangkitkan kembali antusiasme di tim “Azzurri” setelah bencana pada kualifikasi Piala Dunia.

Italia akan menargetkan gelar Eropa kedua mereka setelah 1968 saat berkompetisi tahun depan. Laga pembuka Piala Eropa 2020 akan berlangsung di Roma.

“Kami mengakhiri perjalanan yang luar biasa malam ini,” ujar Gravina. “Ini adalah hal yang spesial untuk mengakhiri 2019. Ini adalah tim yang telah menunjukkan nilai sebenarnya, memunculkan banyak pemain muda. Mancini telah mengembalikan Italia ke jalur kesuksesan,” sambungnya. ben/AFP/S-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment