Koran Jakarta | January 22 2019
No Comments
“Pameran Otomotif”

Ajang Pamer Mobil Unggulan

Ajang Pamer Mobil Unggulan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sebagai salah satu barometer industri otomotif dunia, North American International Auto Show (NAIAS) 2019 akan menampilkan beberapa mobil baru baik dengan tenaga listrik ataupuan mesin konvensional. Pada pemeran yang dikenal dengan Detroit Motor Show ini setidaknya 30 mobil akan melakukan debut. Acara yang berlangsung anatara 14-27 Januari 2019 ini akan menampilkan mobil baru, diantaranya Ifiniti QX, Ford Shelby GT 500, Toyota Supra, Fiat Chrysler Ram Heavy Duty, Volkswagen Passat, Cadillac XT6 dan lainnya.

Sayangnya merek Jerman, seperti Audi, BMW dan Mercedes- Benz disebutkan memutuskan untuk tidak membawa kendaraan baru di sini. Kali ini Ford mengandalkan Mustang Shelby GT500 untuk menjadi penarik pengunjung pada boothnya. Mobil ini menggunakan mein 5,2 liter supercharged V-8 yang menghasilkan lebih dari 700 tenaga kuda, sebuah mobil sport yang cukup bertenaga. Shelby GT500 akan menjadi pesaing kuat bari Chevrolet Camaro ZL1 1LE dan Dodge Challenger SRT Hellcat Redeye.

Para pesaingnya masing- masing menghasilkan 650 dan 797 daya kudap. Shelby diharapkan dapat menggoda mereka yang tertarik pada Mercedes-AMG GT dan Porsche 911, untuk beralih. Selain Ford Infiniti yang baru saja meninggalkan pasar Indonesia akan menampilkan mobil listrik terbarunya. Merek premium dari Nissan ini akan mengenalkan SUV atau crossover kompak dengan mesin listrik yang disebut dengan Infiniti QX.

“Mobil konsep yang akan kami tunjukkan di Detroit adalah awal dari era baru untuk Infiniti dan ilustrasi ke mana kami akan pergi dengan merek,” kata pemimpin desain Infiniti Karim Habib. Dari teaser QX, mobil listrik Ifiniti mirip dengan BMW X1, di mana Habib memang dulu sebagai perancang X1 .

Bahkan, mobil yang belum diumumkan namanya ini disebut akan menunjukkan bahasa desain baru untuk teknologi listrik dengan DNA Jepang. Konsep Infiniti QX kali ini lebih realistis untuk dibawa ke jalur produksi masal ketimbang pendahulunya 2018 Q Inspiration dan Prototype 10. “Elektrifikasi dan teknologi baru lainnya telah memberi kami kesempatan untuk mengembangkan filosofi desain kami,” lanjut Habib. Habib menambahkan, mobil listrik tersebut dikembangkan dengan platform yang benar-benar baru.

Selain itu, Infiniti juga mengklaim dengan proporsi eksterior barunya, elektrifikasi menyediakan ruang interior lebih lega, juga memungkinkan hadirnya banyak fitur pendukung. Dengan kenhadiran mobil konsep ini menjadi modal kuat Infiniti dalam berkompetisi dengan produsen mobil listrik lain. Infiniti berencana mulai menerapkan teknologi elektrifikasi pada mobil produksinya mulai tahun 2021, baik itu menggunakan format e-power (serial hybrid) maupun full electric.

Sementara Toyota akan menampilakn New Toyota Supra 2020 yang sudah dinantikan sejak lama oleh penggemarnya. Sejak foto Supara bocor duluan oleh website Toyota yang berbasis di Jerman, secara tidak sengaja, membuat mobil ini semakin ditunggu oleh pengemarnya. Pada Juli 2018, Supra baru membuat debut internasionalnya dalam bentuk prototipe di Goodwood Festival of Speed di Inggris. Pada Oktober, Supra juga mengambil bagian dalam Kejuaraan Ketahanan VLN Nürburgring, Race 9 dan menyelesaikan lomba, sebagai bagian dari kegiatan pengembangan kendaraan.

Supra akan dipasarkan di dunia pada 2019. “Kami mengharapkan Supra baru untuk menjangkau pasar dunia selama paruh pertama 2019,” demikian siaran pers Toyota Motors beberapa waktu lalu. Sementara aliansi FiatChrysler diperkirakan akan memamerkan pickup Ram Heavy Duty. Mobil ini akan menantang Chevrolet Silverado yang berada pada posisi 2 dibawah Ford F-Series yang berada di puncak. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment