Koran Jakarta | December 15 2017
No Comments
Pascapilkada

Ahok Siap Bantu Anies

Ahok Siap Bantu Anies

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, akan membantu calon gubernur Anies Baswedan dan calon wakil gubernur Sandiaga Uno dalam mempersiapkan pemerintahan di masa mendatang. Ahok mengatakan pendukungnya tidak akan mengganggu pemerintahan Anies dan Sandi.

“Saya jamin, pendukung saya enggak bakal ribut lah, saya jamin. Kita percaya kok semua Tuhan yang atur. Takdir kan Tuhan yang menentukan. Hidup itu ya begitu,” ujar Ahok seusai melakukan pertemuan dengan Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (20/4). Anies dan Sandi tidak akan kesulitan mendapatkan data untuk menggodok program-program mereka, apalagi Ahok telah menerapkan sistem open data.

Ahok mengatakan tidak perlu ada tim transisi selama pergantian kepemimpinan. Sebab, gubernur terpilih tidak bisa langsung mengganti pegawai negeri sipil (PNS).

“Ini juga bukan transisi kayak presiden kan. Kan bukan ganti menteri, ini kan PNSnya masih sama. Beliau ada aturan minimal enam bulan sampai delapan bulan baru boleh ganti,” ujar Ahok seusai melakukan pertemuan dengan Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

Dalam pertemuan tertutup itu, Ahok menceritakan banyaknya pekerjaan yang harus dia lakukan pada enam bulan terakhir masa jabatannya, di antaranya adalah perekrutan pasukan merah untuk memperbaiki rumah warga yang sudah tidak layak huni.

Ahok juga mengatakan pihaknya harus mengejar proses serah terima semua halte kepada PT Transjakarta. “Dengan syarat, Transjakarta ke depan harus bisa mendapatkan dua triliun rupiah penghasilan. Jadi, subsidi untuk Transjakarta berkurang nanti,” ujar Ahok.

Selain itu, Ahok juga harus menentukan pemberian penyertaan modal pemerintah (PMP) pada APBD Perubahan DKI 2018. Ada juga urusan kerja sama dengan PT Wijaya Karya untuk membangun apartemen di atas depo light rail transit (LRT ) dan mass rapid transit ( MRT).

Ahok juga sempat menyinggung program Kartu Jakarta Lansia (KJL) saat bertemu Anies. Ahok mengatakan program tersebut seharusnya didukung karena Anies juga memiliki program untuk para lansia. “Kalau itu ya saya sampaikan, karena kita sama-sama punya program lansia. Kalau mau, nanti minta partai pendukungnya harus dukung kalau mau cepat jalan,” ujar Ahok. Kata Ahok, Anies bilang akan mempelajari program itu terlebih dahulu.

Sudah Selesai

Sementara itu, Anies Baswedan, yang unggul dalam Pilkada 2017 itu berjanji akan melakukan rekonsiliasi antara pendukungnya dengan pendukung Ahok. Anies menjelaskan rekonsiliasi dilakukan guna mempersatukan kembali masyarakat yang sempat terpecah karena berbeda pilihan dukungan saat Pilkada DKI Jakarta berlangsung.

“Kami sama-sama akan rekonsiliasi antarpendukung dan menjaga persatuan, memperjuangkan persatuan,” ujar Anies. Soal bentuk rekonsiliasi yang dilakukan, Anies belum mau berbicara banyak.

Namun, Anies berjanji akan kembali mempersatukan warga Jakarta. “Semua adalah warga Jakarta, yang kemarin sudah selesai. Kami mulai babak baru,” ujar Anies. pin/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment