Koran Jakarta | March 30 2017
No Comments
Tata Birokrasi

Ahok Dipastikan Kembali Jadi Gubernur

Ahok Dipastikan Kembali Jadi Gubernur

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA-Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri), Sumarsono, menegaskan calon Gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dipastikan kembali menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hal itu terjadi setelah masa cuti Ahok habis per tanggal 11 Februari 2017.

“Tapi intinya, Pak Ahok kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta, nanti tanggal 12 Februari. Sebab, tanggal 11 Februari sore, dia akan melakukan serah terima jabatan dengan saya,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/2).

Menurutnya, sanksi atas status terdakwa yang sedang diemban Ahok saat ini, masih digodok oleh Biro Hukum Kementerian Dalam Negeri. Dia belum bisa memastikan, apakah nantinya Ahok akan dibebastugaskan dari jabatan gubernur selama masa persidangannya tersebut. 

Nggak ada, memang jadwalnya belum diberhentikan. Mereka masih sah dan resmi sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI,” ucapnya. 

Saat ini, pihaknya sedang menyiapkan dokumen serah terima jabatan yang akan dilakukan tanggal 11 Februari 2017 nanti. Sebab, tambahan tugas Dirjen Otda Kemendagri untuk menjadi Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta akan habis pada 11 Februari kelak. 

Terkait rencana perombakan jabatan setelah Ahok kembali ke Balai Kota, pria yang akrab disapa Soni ini mengaku akan mengapresiasinya. Bahkan, dia menyarankan agar Ahok memilih kembali pejabat yang baru dilantiknya tanggal 3 Januari. 

Soni menegaskan penempatan kembali pejabat eselon di DKI Jakarta dan wilayah lainnya harus meminta persetujuan Kemendagri. Khusus untuk eselon II, katanya, harus meminta persetujuan Menteri. Namun, untuk eselon III dan IV akan dilimpahkan persetujuannya kepada dirinya, sebagai Dirjen Otda. 

Namun, untuk usulan kenaikan biaya operasional RT/RW yang sempat dipermasalahkan Ahok, Soni menyerahkan sepenuhnya kepada Gubernur DKI Jakarta definitif. 

Meski usulan kenaikan biaya operasional RT/RW itu keluar darinya, Soni yakin Ahok pun akan menyetujuinya. Terlebih, DPRD DKI Jakarta dipastikan akan menyetujui usulan tersebut. pin/P-5

Tags
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment