Koran Jakarta | May 21 2019
No Comments

Adu Teknologi Mobil Listrik dan Otonom

Adu Teknologi Mobil Listrik dan Otonom

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Teknologi mobil listrik dan otonom menjadi salah yang akan dihadirkan di CES 2019. Produsen bahkan telah menyiapkan teknologi pascaotonom, sehingga saat semua perangkat keras dan lunak sudah siap, teknologinya tinggal diterapkan secara global.

Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang digelar antara 8 – 19 Januari di Las Vegas, Amerika Serikat, yang diselenggarakan oleh Consumer Technology Association bukan hanya menjadi menjadi ajang pameran teknologi elektronik, namun juga menjadi ajang pameran teknologi otomotif.

Nissan Motor akan menggunakan momen tahunan ini dengan menampilkan mobil listrik terbarunya. Mobil generasi terbaru dari Nissan Leaf yang ramah lingkungan, disebut akan memiliki jangkauan lebih jauh dari generasi sebelumnya.

Jangkauan daya jelajah mobil Nissan tebaru diperkirakan sanggup menempuk jarak 362 km, berkat rangkaian baterai lebih besar berdaya 60 kWh. Dengan baterai 30 kWh Leaf hanya bisa mencapai jarak 172 km, sedangkan dengan baterai 24 kWh, dapat menjangkau hanya sejauh 135 km saja.

Selain Leaf baru, Nissan pada kesempatan tersebut disebutkan akan menampilkan versi mobil balap Leaf Nismo RC di CES 2019. Selain itu, ada juga IMx KURO Concept yang menunjukkan berbagai teknologi terobosan Nissan terbaru.

Perusahaan Hyundai Mobis Co, yang merupakan produsen suku cadang terbesar di Korea Selatan akan memperkenalkan teknologi layar kaca depan untuk kendaraan otonomnya pada ajang CES 2019.

Menurut Hyundai Motor seperti ditulis oleh Yonhap vbaru- baru ini, teknologi layar tersebut memungkinkan pengguna memutar film pada layar kaca depan dengan kendali gerakan tangan. Dirancang khusus pada mobil otonom teknologi layar bisa melacak gerakan mata pengemudi dan gerakan jari, untuk memanipulasi layar mobil.

Sebuah konten hiburan berupa film dapat ditampilkan pada sampul kaca depan yang meliputi bagian kursi depan, serta navigasi dan sistem audio yang juga dapat dioperasikan dengan gerakan jari dalam mode otonom. Dengan demikian sambil menuju ke tempat tujuan penumpang dapat menikmati hiburan.

Kia akan memperkenalkan teknologi yang pasca mobil otonom pada CES. Merek Korea ini akan menenalkan teknologi interaktif yang disebut dengan ‘Space of Emotive Driving.’ Teknologi ini akan menjadi teknologi ketika mobil otonom telah menjadi norma dan prioritas.

‘Space of Emotive Driving,’ dikembangkan sebagai untuk meningkatkan pengalaman pengguna. dengan sistem Real-time Emotion Adaptive Driving (R.E.D.) dikembangkan berdasarkan kolaborasi penelitian bersama dengan kelompok Komputasi Afektif Media Institute Massachusetts (MIT) Media Lab’s Affective Computing.

Sistem R.E.A.D dapat mengoptimalkan dan mempersonalisasikan ruang kabin kendaraan dengan menganalisis keadaan emosi pengemudi secara real-time melalui teknologi pengenalan biosinyal berbasis kecerdasan buatan.

Teknologi ini memantau keadaan emosi pengemudi dan menyesuaikan lingkungan interior sesuai dengan penilaiannya berpotensi mengubah kondisi yang berkaitan dengan indera manusia di dalam kabin, menciptakan pengalaman mobilitas yang lebih menyenangkan.

Menurut Presiden dan Kepala Divisi Penelitian & Pengembangan Kia Motors, Tn. Albert mengatakan, “Kami telah mengembangkan R.E.A.D. Sistem untuk menciptakan ruang mobilitas masa depan interaktif di dalam kabin dengan memadukan teknologi kontrol kendaraan canggih dan kecerdasan emosional berbasis AI,” ujar dia seperti dikutip oleh This Day Live.

R.E.A.D. Sistem akan memungkinkan komunikasi berkelanjutan antara pengemudi dan kendaraan melalui bahasa ‘perasaan emosional’ yang tak terucapkan, sehingga memberikan ruang berorientasi indra manusia yang dioptimalkan untuk pengemudi secara real-time.

Untuk memberikan pengalaman pengunjung yang lebih baik, Kia akan mengoperasikan ‘Docent Tours’ selama 15 menit secara berkala di stan selama durasi CES 2019. Tur akan memberikan kepada peserta pemahaman yang lebih mendalam tentang teknologi barunya.  hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment