Adu Tangguh Segmen “Low” SUV | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
1 Comment
XPander Cross vs Rush

Adu Tangguh Segmen “Low” SUV

Adu Tangguh Segmen “Low” SUV

Foto : Koran Jakarta/ M Yasin
Mitsubishi XPander Cross
A   A   A   Pengaturan Font

Segmen low SUV (sport utility vehicle) tetap menjadi salah satu kendaraan favorit konsumen selain MPV (multipurpose vehicle).

Hadirnya XPander Cross membuat penghuni segmen low SUV bertambah. bukan hanya diisi oleh Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, serta DFSK Glory 580 saja. XPander setidaknya bisa mengancam dominasi Rush.

“Kami memperkenalkan produk baru untuk Indonesia. Pada model baru ini lebih banyak rasa SUV dan petualangan yang disuntikkan ke XPander. Model baru ini dinamakan XPander Cross,” ujar CEO Mitsubishi Motors Corporation Takai Kato.

Salah satu perbedaan XPander Cross dengan XPander adalah pada jarak sasis dengan tanah (ground clearance) yang mencapai 225 mm. Sementara XPander versi low MPV memiliki ground clearance setinggi 205 mm.

Secara dimensi XPander Cross juga lebih tinggi dari sauradanya XPander. Mobil ini memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.750 mm. Sedangkan Xpander memiliki panjang 4475 mm, lebar 1750 mm dan tinggi 1700.

Selain ground clarance yang membuatnya gagah, XPander Cross ditempeli overfender berwarna hitam yang menyambung ke ornamen hitam di area bawah bodi pada bemper depan dan belakang. Terdapat juga roof rail untuk memasang bagasi barang jika diperlukan.

SUV XPander Cross dibebekali dengan pelek pelek 17 inci naik satu inci dari pelek Xpander 16 inci. Kelebihan lainnya adalah mobil ini telah menggunakan lampu LED, dan suspensi baru, headunit 7 inci baru, pelapis jok dual tone, dan kabin diklaim lebih senyap menjadi pembeda XPander Cross dengan XPander.

Mesin SUV dengan tiga baris kursi ini berupa 1.5 liter i MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) DOHC 16 valve. Teknologi ini memudahkan pengoperasian dari rpm rendah ke tinggi secara mudah. Mesin 4A91 pada XPander Cross merupakan peningkatan dari seri 4A9 yang ada pada XPander sebelumnya. Mein ini menghadirkan peningkatan efisiensi bahan bakar dan kehalusan suara mesin.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 110 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Untuk sistem keselamatan, XPander Cross memiliki ABS + EBD, Brake Assist, Dual SRS Airbags, Hill Assistan System, Keyless Operation System, Parking Sensor + Rear View Kamera dan Active Stability dan Traction Control. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyediakan Xpander Cross dalam 5 warna pilihan warna yaitu Quarts White Pearl (Putih), Jet Black Mica (Hitam), Sterling Silver Metallic (Silver), Graphite Gray Metallic (abuabu), dab Sunrise Orange Metallic (Oranye).

Sementara MMKSI menawarkan tiga tipe XPander Cross, yaitu manual dengan harga 267,7 juta rupiah, otomatik dengan harga 277,7 juta rupiah, dan otomatik paket pelapis jok ‘kulit’ dengan harga 286,7 juta rupiah.

“Selain gratis jasa spare parts hingga 4 tahun atau 50 ribu km kami menawarkan gratis pergantian ban selama 1 tahun serta asuransi kecelakaan selama satu 1 tahun,” kata Direktur Marketing PT MMKSI, Irwan Kuncoro.

Bersaing Ketat

Dari sisi harga, XPander Cross bersaing dengan Toyota Rush. Harga Rush dibanderol antara 240,05 juta - 261,45 juta rupiah, dengan pilihan tipe 1.5 G transmisi manual, 1.5 G transmisi automatik, 1.5 S TRD transmisi manual dan 1.5 S TRD transmisi automatik.

Soal mesin, Toyota Rush mengandalkan 2NR-VE, 4 silindersejajar, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 1.496cc. Mesin ini memiliki konfigurasi diameter X langkah 72.5 x 90.6 yang mampu menghasilkan daya maksimum 104 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 13.9 Kgm pada putaran 4.200 rpm.

Untuk menunjang kenyamanan, All New Rush 2018 dilengkapi dengan AC double blower sehingga ruang kabin sejuk hingga ke kursi baris ketiga. Pada kabinnya dilengkapi dengan 13 cup holder yang dapat digunakan untuk menyimban botol minuman.

Khusus untuk tipe TRD Sportivo, bagian panel depan dilapisi dengan material yang lembut agar terlihat semakin inklusif. Interior dilengkapi dengan desain dashboard yang memancarkan nuansa ketangguhan sebagai kendaraan petualang.

Demi memudahkan dalam menikmati hiburan dan berkomunikasi, Toyota menyematkan pengaturan audio dan ponsel melalui setir. Audionya menggunakan surround audio system dengan 8 speaker untuk tipe TRD Sportivo dan 6 speaker (tipe G).

Khusus tipe TRD Sportivo, sudah dilengkapi dengan DVD AVX 7 inci dengan internet, USB, Bluetooth, iPod/iPhone Conncet, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App.

Di sektor keamanan, Toyota Rush cukup mumpuni. Semua tipe model ini dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) untuk mengurangi risiko tabrakan, Hill Start Assist Congtrol (HAS) agar lebih percaya diri saat melewati jalan mendaki, Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga kestabilan saat menikung serta dilengkapi 6 airbag.

All New Rush hadir dalam dalam 6 warna yaitu white, silver mica metallic, black mica, red mica metallic, bronze mica metallic, dan bordeaux mica, sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Warna-warna ini memang telah melalui serangkaian riset terhadap konsumen. hay/E-6

Klik untuk print artikel

View Comments

marcella
Sabtu 30/11/2019 | 07:43
mau main game yg menghasilkan duit ?? ayo kunjungi qqharian.info ada bonus cashback 100% ada extra bonus 200% dan ada bonus tambahan 5% yg bisa di claim setiap kali deposit ayo tunggu apa lagi kunjungi qqharian.info anda menang kami bayar , anda kalah kami ganti code referal 2419ed2e

Submit a Comment