Koran Jakarta | October 16 2018
No Comments
Teknologi Layar

Adu Canggih Monitor “E-Sport”

Adu Canggih Monitor “E-Sport”

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Permainan game e-sport bukan saja ditentukan oleh keahlian pemain namun juga oleh monitor. Monitor berkinerja tinggi membantu pemain mengenali lawan untuk mendukung kemenangan.

Pada Asian Games 2018, e-sport telah menjadi pertandingan resmi, meski baru sebagai pertandingan demonstrasi. Panitia mempertandingkan game seperti Arena of Valor, Pro Evolution Soccer, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft 2. E-sport pada iven olah raga tentu saja menjadi angin segar bagi produsen peralatan game.

Bahkan kini Benq memposisikan sub-brand Zowie sebagai merek khusus untuk e-sport sejak diakuisisi oleh Benq pada 2015. Zowie terdiri dari monitor, tetikus, papan ketik, audio system dan lainnya. “Zowie merupakan sebuah merek yang di dedikasikan bagi pengembangan gaming gears terbaik yang kompetitif untuk melengkapi kinerja pertarungan para atlet e-sports,” ujar Managing Director BenQ Teknologi Indonesia, Andryanto C. Wijaya, di Jakarta.

Jika game dilakukan untuk mengisi waktu luang, maka e-sport dilakukan dengan penuh motivasi untuk memenangkan pertandingan dan juga untuk merebut hadiah. Oleh karenanya butuh perangkat yang memiliki kinerja grafis tinggi yang mendukung kompetisi. Adriyanto mengatakan monitor Zowie dengan kualifikasi untuk pertandingan esport menjadi andalan dalam setiap iven.

Menurut hasil penelitian Prosetting.net yang dirilis 14 Juni 2018 pada iven CS Go 79 persen menggunakan Zowie, sedangkan pada iven PUPG, pengguna Zowie mencapai 44 persen. Zowie memiliki bermacam seri monitor untuk mendukung pertanding e-sport, seperti XL2546, XL2540, XL2536, XL2430, dan XL2411P.

Seri tertinggi Zowie XL2546 misalnya merupakan monitor untuk e-Sports, yang untuk memberikan jaminan pengalaman yang responsif dan tampilan gambar paling jelas. Dengan fitur “Dynamic Accuracy”, memberikan kejelasan bagi pemain, yang memungkinkan menaklukkan musuh secara cepat. Dengan refresh rate 240 Hz seri ini memiliki tayangan pergerakan cepat yang konsisten setiap saat

. Dengan sudut Shield yang bisa disesuaikan dan bisa dibongkar-pasang, Zowie XL2546 cocok untuk digunakan dalam berbagai situasi, seperti turnamen, bootcamp dan sebagainya, sehingga pemain hanya perlu fokus ke pertandingan.

Dengan fitur Black eQualizer pengguna terhindari dari musk yang bersembunyi di sudut gelap, karena fitu ini meningkatkan visibilitas area gelap, tanpa overexposing area terang. Color Vibrance dengan 20 tingkat pengaturan, memberikan fleksibilitas untuk menampilkan warna sesuai keinginan pengguna.

Height Adjustable Stand dapat dioperasikan dengan menggerakkan sebuah jari, untuk mengatur ketinggian monitor sesuai sudut pandang pengguna. Zowie XL2546 dilengkapi dengan Remote S-Switch didesain untuk memberikan pengguna kemudahan mengakses pengaturan, berpindah dari satu mode ke mode lain, dan mengakses input yang berbeda-beda.

Bentuk Lengkung Pada ajang IFA 2018 di Berlin yang berlangsug dari 18 Agustus-5 September 2018, LG memamerkan monitor lengkung 34 inci yaitu LG 34GK950G. Monitor ini bakal menyandang nama UltraGear yang merujuk pada seri khusus lini monitor gaming terbaru LG.

“Mengumumkan kehadiran monitor UltraGear kami di acara industri terbesar di Eropa adalah demonstrasi kepercayaan diri dan kegembiraan LG tentang merek baru ini,” ujar Kepala Divisi Bisnis IT LG Chang Ik-hwan dalam siaran pers pekan lalu.

Seri LG UltraGear 34GK950G dengan layar lebar didesain untuk memberikan keterlibatan lebih dan memberikan pengalaman bagi pengguna. Monitor ini memiliki kualitas spektrum warna mencapai 98 persen DCI-P3, dengan tingkat akurasi warna hingga lebih dari 135 persen ruang warna sRGB. Lebih lanjut, LG Ultra- Gear 34GK950G juga dibekali teknologi pemrosesan grafis NVIDIA G-SyncTM yang tertanam di dalamnya. Hal ini memberikan manfaat pada penciptaan gerak gambar yang halus tanpa distorsi gambar pecah maupun tersendat.

Dengan refresh rate setinggi 120Hz (overclocked) LG UltraGear 34GK950G , menawarkan tingkat kecepatan penyegaran gambar ini memberi pengalaman detail pergerakan gambar yang mengalir halus. Resolusi Ultra- Wide QHD(3,440 x 1,440) dan ratio 21:9 memberikan sentuhan sinematik yang membuka perspektif baru pengguna pada game favoritnya.

“Sepanjang perjalanannya, monitor LG tercatat telah menetapkan standar di industri. Kehadiran monitor LG UltraGear ini tidak akan menjadi pengecualian,” imbuh Chang Ik-hwan. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment