Koran Jakarta | July 17 2019
No Comments
Desain Futuristik Hunian

Adopsi Tipikal Masyarakat Kota

Adopsi Tipikal Masyarakat Kota

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Rumah-rumah blok tidak hanya solusi mengatasi kepadatan penduduk kota. Dalam dimensi lain, rumah adalah hasil karya arsitektur yang memiliki semangat menunjang kehidupan warganya.

Konsep tersebut antara lain telah diadopsi Manuelle Gautrand, arsitek Perancis, dalam beberapa desainnya. Bahkan, dia telah merancang 400 unit blok rumah campuran untuk kawassan Taman Hyde yang futuristik di Amsterdam, Belanda. Seperti dilansir dari laman archdaily, rumahrumah berdasarkan gagasan dari desa menjadi proyek dengan tujuan menjadi lingkungan ambisius.

Yakni ide untuk menyatukan warga dan memikirkan kembali kehidupan perkotaan. Dalam rancangannya, Gautrand membagi rumah dalam sembilan bangunan yang berbentuk “tematik” yang berdiri pada pulau yang indah. Setiap rumah yang terkesan unik memiliki volume yang berbagai macam, mulai dari bahan, warna maupun ketinggian.

Setiap rumah dalam pengembangan blok baru adalah objek dari karya arsitektur yang berbeda dengan mengintegrasikan berbagai kegunaan baru. Sementara, seluruh proyek dijadwalkan akan diselesaikan pada 2022. Beberapa desain yang ditampilkan seperti, rumah pertama merupakan rumah yang memiliki volume utama batu bata putih.

Batu bata mengkilap membentuk ruang sirkulasi. Pergantian warna putih dan efek warna warni dari batu kaca memungkinkan untuk menyoroti dan menilai komposisi apartemen termasuk perumahan duplek. Lalu adalagi rumah ketiga, dimana fasadnya ditutupi dengan panel kaca besar, seperti jendela raksasa. Pekerja menyelesaikan kayu besar yang diatur di sekitar bangunan.

Dengan konsep seperti itu, bangunan tampak sebagai ruang luas yang memberikan kesan istimewa untuk penghuninya. Sedangkan, rumah sembilan merupakan rumah yang membentuk suatu perkembangan di jantung pulau. Bangunan memberikan keterpaduan dengan pembukaan jalan-jalan yang menghubungkan.

Desain bangunan yang membentuk lempengan beton membentuk teras yang hijau. Alhasil, bangunan membentuk ruangan besar yang menghadap ke halaman dalam. Sedangkan, volume utama menggunakan panel logam hijau yang menggemakan fengshui. Dengan filosofinya, rancangan yang terdiri dari bangunan beton terlihat tidak terpisah dari kehidupan manusia. din/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment