Koran Jakarta | March 25 2017
No Comments

Abe dan Merkel Bahas Perdagangan Bebas

Abe dan Merkel Bahas Perdagangan Bebas

Foto : REUTERS/Fabian Bimmer
PM Jepang, Shinzo Abe, bersama Kanselir Jerman, Angela Merkel, memegang drone buatan Intel saat meninjau pembukaan pameran teknologi komputer dan perangkat lunak, CeBit, di Hanover, Jerman, Minggu (19/3). Kedua pemimpin negara itu membahas pentingnya untuk segera mewujudkan perdagangan bebas bilateral serta Jepang-UE.
A   A   A   Pengaturan Font

HANOVER – Kenselir Jerman, Angela Merkel, dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyerukan agar kesepakatan perdagangan bebas antara Jepang dan Uni Eropa (UE) agar bisa segera diwujudkan. Pernyataan kedua pemimpin negara itu untuk mengkritik sikap proteksionisme Amerika Serikat serta mengomentari kegagalan atas upaya untuk mempertahankan komitmen perdagangan bebas dalam forum pertemuan tingkat menteri G20 di Baden-Baden, Jerman, pada akhir pekan lalu.

“Ada kalanya kita mempermasalahkan soal perdagangan bebas, pembukaan perbatasan negara dan nilai-nilai demokrasi. Untungnya antara Jepang dan Jerman isu itu sudah bukan permasalahan dan sudah saatnya kita menentukan masa depan demi kesejahteraan rakyat,” kata Merkel saat membuka pameran teknologi CeBIT di Hanover, Jerman, Minggu (19/3).

Atas ajakan dari Jerman, PM Abe menyatakan bahwa Jepang siap menyokong perdagangan bebas terutama dengan Jerman dan secara lebih luas dengan UE.

Menurut Presiden Komisi UE, Jean-Claude Juncker, dirinya akan bertemu dengan PM Abe pada Selasa (21/3) untuk menyelesaikan proses perdagangan bebas UE-Jepang yang agendanya bakal rampung tahun ini. Rtr/I-1 

Tags
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment