Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | August 13 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Serbuan Impor Kembali Tekan Industri Tekstil

Kamis 13/8/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Harga barang importasi bisa selisih 50 persen dengan lokal karena tidak bayar bea masuk. » Pemerintah terutama kementerian teknis seharusnya memiliki iktikad...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Serbuan Impor Kembali Tekan Industri Tekstil

Kamis 13/8/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

» Harga barang importasi bisa selisih 50 persen dengan lokal karena tidak bayar bea masuk.

» Pemerintah terutama kementerian teknis seharusnya memiliki iktikad untuk kurangi impor

JAKARTA – Di tengah ajakan Presiden Joko Widodo untuk menggunakan produk dan jasa lokal, baik itu produk petani, nelayan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), ketimbang produk impor, justru yang terjadi industri tekstil nasional makin tertekan di masa pandemi Covid-19. Hal itu disebabkan oleh melemahnya daya beli masyarakat dan makin banjirnya produk impor di pasar dalam negeri.

Ketua Umum Ikatan Ahli Tekstil Indonesia (IKATSI), Suharno Rusdi, mengatakan, ancam­an barang impor itu ternyata bukan saat pan­demi Covid-19 saja tetapi juga sebelum adanya pandemi.

Menurutnya, importasi menyebabkan pasar domestik banjir barang murah sehingga mene­kan kinerja industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) dalam negeri, bahkan tidak sedikit per­usahaan yang gulung tikar dan merasionalisasi karyawannya dalam lima tahun terakhir.

“Perbedaan harganya bisa sampai 50 persen, karena importasi yang dilakukan mafia ini tidak membayar bea masuk (BM) dan pajak dengan benar, padahal harga asal negaranya saja sudah dumping,” kata Rusdi, di Jakarta, Rabu (12/8).

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Mei 2020, nilai impor kain tenunan khu­sus mencapai 12,797 juta dollar AS yang terdiri dari kain tekstil berjumbai, renda, permadani dinding, hiasan, sulaman. Kemudian, impor untuk jenis barang tekstil yang cocok untuk ke­perluan industri mencapai 38,798 juta dollar AS yang terdiri dari kain tekstil diresapi, dilapi­si, ditutupi atau dilaminasi.

Perlu Dirangsang

Dalam kesempatan terpisah, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengungkapkan kalau saat ini banyak industri tekstil yang setop beroperasi di tengah pandemi. Sebab itu, dia berharap pe­laku usaha perlu dirangsang melalui pemberian anggaran ke industri.

“Ada ide supaya manufaktur kita ini hidup mungkin pemerintah juga belanja di produk mereka yang tidak bisa ekspor. Contohnya ada yang mengusulkan belanja seragam saja, me­mang terpakai dan bisa menghidupkan tekstil-tekstil yang mati, atau belanja motor-motor produksi dari manufaktur, kita kirim ke desa-desa barangnya terpakai, belanjanya terjadi, manufakturnya hidup di semester ini,” kata Ridwan Kamil.

Ia mengatakan skema belanja seperti itu akan konkret menjawab permasalahan ekonomi yang minus belakangan ini. Ini karena anggaran lang­sung masuk kantong pelaku usaha.

Ekonom dari Universitas Diponegoro Sema­rang, Esther Sri Astuti, mengatakan pemerintah terutama jajaran kementerian harus memiliki iktikad untuk mengurangi impor dan mem­prioritaskan produk lokal seperti ajakan Presi­den Joko Widodo. “Kalau masih banyak produk impor yang membanjiri pasar dalam negeri, itu artinya belum ada iktikad mengurangi impor,” kata Esther.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Produsen Serat dan Filament Indonesia, Redma Gita Wirawasta, mengatakan industri tekstil saat ini tertekan aki­bat permintaan lesu dan serbuan produk impor.

“Kemarin sempat buat produksi, tapi tiba-tiba barang impor di pasar masuk banyak banget. Jadi begitu mau bikin order lagi, dia setop lagi. Seka­rang utilisasi masih sekitar 40 persen, naik se­dikit dibanding saat pandemi sekitar 30 persen. Padahal harusnya bisa 60 persen, yang kemarin tutup masih tutup, ada produksi dua line tambah satu line. Tapi jadi nahan, nggak maksimal,” kata Redma kepada CNBC, di Jakarta, Rabu (12/8).

Menurut dia, pengusaha tekstil dan produk tekstil lokal berteriak melihat importasi tekstil dari Tiongkok kembali menyerang pasar da­lam negeri. Diduga masuknya barang-barang tersebut secara ilegal tanpa proses prosedural, karena saat ini sudah ada kebijakan proteksi impor melalui safeguard.

Kondisi tersebut, jelasnya, sangat menyulit­kan bagi para produsen lokal, apalagi ketika melihat pasar dalam negeri mulai bangkit. Sayangnya, ketika momen kebangkitan itu datang, malah tekstil impor dari Tiongkok ma­suk menggerogoti pasar lokal.

“Sampai akhir bulan kemarin masih banyak yang masuk, Juni info masuk ke Jawa Barat ham­pir 100 kontainer cotton rayon, mayoritas polyes­ter. Bulan kemarin, Juli itu, rayon kain masuk ke Jawa Tengah karena demand tinggi masuk 200 kontainer. Agustus awal, denim masuk banyak. Lokal kan mulai gerak, tapi disikat barang-ba­rang impor,” papar Redma. n ers/E-9

Tampilkan Semua

Anggaran Subsidi Bunga UMKM Dialihkan ke Program Bantuan Produktif

Kamis 13/8/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (PEN) akan mengalihkan anggaran subsidi bunga kredit bagi Usaha Mi­kro Kecil dan Menengah (UMKM) ke program baru yang dikenal dengan...
Selengkapnya

Perokok Lima Kali Berisiko Terpapar Korona

Kamis 13/8/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Kebiasaan seorang perokok memegang rokok secara berulang-ulang berpotensi sebagai transmisi penularan Covid-19.   JAKARTA – Perokok lebih berisiko terjangkit virus Co­vid-19 dua hingga lima kali lebih besar dari orang yang...
Selengkapnya

NTP BELUM IDEAL

Kamis 13/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
NTP BELUM IDEAL I Petani memasang tiang pancang pada lahan tanaman tumpang sari di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (12/8). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Nilai Tukar Petani (NTP) pada Juli 2020 sebesar 100,09, atau mengalami...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Kamala Harris Merasa Terhormat Dipilih Dampingi Joe Biden

Kamis 13/8/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC – Sena­tor negara bagian California, Kamala Harris, mengaku diri­nya merasa terhormat dipilih Joe Biden sebagai pasangan­nya dalam pemilihan presiden November 2020. Mantan jaksa agung negara bagian Califor­nia ini menegaskan dia akan melakukan apa saja yang di­perlukan untuk menjadikan Joe Biden sebagai Panglima Tertinggi Amerika Serikat.

@JoeBiden dapat menyatu­kan orang Amerika karena dia menghabiskan hidupnya ber­juang untuk kita. Dan sebagai presiden, dia akan memba­ngun Amerika sesuai cita-cita kita,” cuit Kamala Harris me­nanggapi Biden yang telah me­milihnya sebagai calon wakil presiden dalam pemilihan pre­siden November mendatang, Rabu (12/8).

Biden membuat sejarah de­ngan pertama kali memilih perempuan keturunan Afrika- India sebagai cawapres AS. Jika terpilih, politisi berusia 55 ta­hun itu akan mencetak sejarah lain, yaitu sebagai politisi wani­ta pertama yang terpilih sebagai wakil presiden.

Selain itu, Harris juga men­jadi wanita ketiga yang menjadi cawapres dalam sejarah Pilpres AS, menyusul langkah anggota DPR dari New York, Geraldine Ferraro, pada Pilpres 1984 dan mantan Gubernur Alaska Sar­ah Palin pada Pilpres 2008.

Berlatar Belakang Hukum

Harris memulai kariernya pada 1990 sebagai jaksa di dae­rah Alameda, California. Dia kemudian terpilih sebagai jaksa distrik San Francisco pada 2002. Kariernya terus menanjak dan namanya mulai diperhitung­kan sebagai rising star Partai Demokrat setelah meraih ke­menangan tipis pada pemilihan Jaksa Agung negara bagian Cali­fornia pada pemilihan tahun 2010.

Menjabat dua periode, Har­ris melesat ke kancah politik na­sional dengan terpilih sebagai senator, jabatan yang diemban­nya sejak Januari 2017. Sempat diperhitungkan sebagai capres unggulan untuk menantang Trump, Harris mundur dari pe­milihan pendahuluan (prima­ry) Partai Demokrat pada De­sember tahun lalu setelah hasil survei yang mengecewakan.

Nama Harris sempat men­jadi perbincangan publik AS saat dia tampil mengesankan menginterogasi sejumlah saksi kunci ketika sidang pemakzu­lan Trump di Senat AS.

Tidak mengejutkan bila Biden memilihnya sebagai ca­wapres. Tetapi sempat juga muncul keraguan apakah mantan Wapres Barack Oba­ma itu akan memilih Harris setelah muncul komentar dari salah satu tim seleksi bahwa Kamala adalah sosok yang sa­ngat ambisius dan berpotensi menganggu keharmonisan pe­merintahan jika Biden terpilih.

Bukanlah rahasia bahwa Harris akan menjadi unggulan utama Demokrat untuk pil­pres berikutnya pada 2024 jika Biden memilih hanya menja­bat satu periode.

Di tengah krisis rasial yang melanda AS, terutama setelah tewasnya George Floyd, Biden dilobi banyak pihak untuk me­milih cawapres wanita berkulit hitam. Apalagi, suara pemilih kulit hitam di Carolina Selatan adalah kunci kesuksesan kam­panyenya yang terpuruk di ne­gara bagian awal Iowa dan New Hampshire. n AFP/SB/P-4

Tampilkan Semua

WHO Belum Yakin Kemanjuran Vaksin Sputnik V Produksi Russia

Kamis 13/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JENEWA – Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organiza­tion (WHO) belum bisa memberi jaminan kemanjuran vaksin virus Covid-19, Sputnik V, yang diproduk­si Russia. Menurut WHO, vaksin Sputnik V itu masih harus...
Selengkapnya

Mahathir Namai Partainya “Partai Pejuang”

Rabu 12/8/2020 | 21:57
A   A   A   Pengaturan Font
KUALA LUMPUR - Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menamakan partai yang dibentuknya Partai Pejuang yang diumumkan melalui sebuah puisi dalam blog pribadinya yang dipublikasi, Rabu (12/8). Pendiri Partai Pribumi Bersatu...
Selengkapnya

Pimpin Sidang di Markas PBB, RI Dorong Stabilisasi Guinea-Bissau

Rabu 12/8/2020 | 16:46
A   A   A   Pengaturan Font
NEW YORK – Indonesia dorong stabilisasi Guinea-Bissau saat memimpin pertemuan DK PBB mengenai Guinea-Bissau, yang diselenggarakan di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat pada Senin (10/8). Pertemuan tersebut menghadirkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Facebook Blokir Pendukung Presiden Jair Bolsonaro secara Global

Minggu 2/8/2020 | 17:33
A   A   A   Pengaturan Font

 

Brasilia - Facebook menyatakan pada Sabtu (1/8) bahwa pihaknya melakukan pemblokiran secara global terhadap akun-akun tertentu yang dikelola oleh pendukung Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang terlibat dalam penyelidikan berita bohong.

Keputusan itu diambil sehari setelah Facebook dijatuhi denda karena tidak mematuhi putusan hakim Mahkamah Agung yang memerintahkan demikian.

Juru bicara perusahaan media sosial itu mengatakan perintah tersebut amat ekstrem serta mengancam kebebasan berekspresi di lingkup luar kewenangan hukum Brazil, namun pihak perusahaan telah menyetujuinya.

"Dengan adanya kemungkinan ancaman kriminal terhadap seorang pegawai lokal, pada titik ini kami tidak menemukan jalan selain mematuhi keputusan untuk memblokir akun-akun terkait secara global, sementara kami melakukan banding kepada Mahkamah Agung," ujar juru bicara Facebook.



Pada Kamis (30/7), Hakim Alexandre de Moraes menyatakan bahwa Facebook dan Twitter telah gagal mematuhi perintah pemblokiran terhadap akun-akun tersebut karena kedua perusahaan hanya memblokir di dalam negeri, padahal akun masih dapat diakses dengan menggunakan alamat IP asing.

Satu hari kemudian, Jumat (31/7), hakim yang sama memutuskan bahwa Facebook harus membayar denda sebesar 1,92 juta  real Brazil (setara Rp5,4 miliar) atas kegagalan mematuhi perintah, serta akan didenda tambahan 100.000 real Brazil (setara Rp281 juta) per hari jika tidak segera melakukan pemblokiran global.

Sebelum hukuman denda diumumkan, Facebook menyebut akan mengajukan banding atas keputusan tersebut. Perusahaan menyatakan pihaknya menghormati hukum di negara tempat mereka beroperasi, namun juga Brazil harus memahami batas yurisdiksi negara.

Sejauh ini denda tersebut hanya menyasar ketidakpatuhan hukum yang dilakukan Facebook, dan belum jelas apakah Twitter juga akan dijatuhi hukuman serupa.

Awalnya, hakim memutuskan pada Mei lalu untuk memblokir 16 akun Twitter dan 12 akun Facebook pendukung Bolsonaro yang terkait dengan penyelidikan atas penyebaran berita palsu selama periode pemilu Brazil 2018.

Akun-akun tersebut diblokir atas dugaan bahwa mereka melanggar regulasi mengenai ujaran kebencian.Ant/P-4

Tampilkan Semua

Penyaluran Gas

Selasa 28/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Transaksi Perbankan Rawan “Malware”

Kamis 23/7/2020 | 18:47
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat transaksi perbankan secara daring meningkat. Namun demikian, peningkatan memunculkan ancaman kejahatan siber, seperti yang pernah terjadi pada insiden Cyberheist pada 2016 dengan kerugian sebesar 81...
Selengkapnya

Menteri PUPR Tegaskan Penentuan Tarif Tol Dibicarakan dengan BUJT

Rabu 24/6/2020 | 16:00
A   A   A   Pengaturan Font
  Jakarta,- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa penetapan tarif tol bukan keputusan sepihak pemerintah dan harus dibicarakan dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) karena...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

BNI Terus Salurkan Bantuan untuk Perangi Covid-19

Rabu 12/8/2020 | 22:02
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia telah berdampak pada berbagai sendi kehidupan masyarakat. Sejak awal virus tersebut melanda, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk telah menyalurkan bantuan ke seluruh pelosok tanah air guna meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19. Rangkaian kegiatan BNI tersebut dilaksanakan sebagia bagian dari semangat #BUMNPerangiCovid.

Corporate Secretary BNI Meiliana menyebutkan, hingga Agustus 2020, BNI telah merealisasikan bantuan khusus Covid-19 melalui Program BNI Berbagi. “Kami menyalurkan bantuan kebutuhan bagi tenaga medis serta masyarakat umum dalam mencegah penyebaran virus ini,” kata Meiliana di Jakarta, Rabu (12/8).

Meiliana merinci, bantuan tersebut berupa 74.768 alat pelindung diri (APD), 465.918 masker, empat unit alat deteksi PCR, tiga unit mobil ambulance, 3 unit ventilator dan 1 unit freezer storage, 12.317 sarung tangan, thermo gun, dan vitamin. Selain itu, terdapat juga bantuan kebutuhan untuk cuci tangan sebanyak 4.637 unit yang mencakup 279 unit wastafel dan 4.358 pcs hand sanitizer berbagai ukuran serta dua unit extracter RNA serta 7.500 rapid test.

Dalam upaya membantu pendekteksian dini Covid-19, BNI Berbagi juga telah melakukan kegiatan deteksi Covid-19 dengan melaksanakan 18.500 PCR test di berbagai kota di seluruh Indonesia, antara lain  Jakarta, Padang, Palembang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Jawa Timur, Banjarmasin, Bali, dan masih akan berlanjut di kota-kota lain hingga mencapai 30.000 PCR test.

“Kita juga memberikan bantuan langsung berupa paket pangan kepada masyakarat yang terdampak Covid-19. Hingga saat ini BNI telah membagikan 135.806 paket pangan,” ungkap Meiliana.bud/E-9

Tampilkan Semua

Garuda Menilai Holding Penerbangan dan Pariwisata Bangkitkan Pariwisata Lokal

Rabu 12/8/2020 | 18:28
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menilai rencana holding perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara sektor penerbangan dan pariwisata mampu membangkitkan pariwisata lokal. “Koordinasinya lebih mudah...
Selengkapnya

Ekspor Sawit Semester I-2020 masih Positif

Rabu 12/8/2020 | 18:08
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mencatat ekspor produk minyak sawit Indonesia masih positif sepanjang semester I-2020 di tengah situasi perekonomian domestik dan global yang mengalami kontraksi akibat pandemi...
Selengkapnya

Bank Mandiri Kembali Gelar Wirausaha Muda Mandiri

Rabu 12/8/2020 | 17:47
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk kembali menggelar ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) pada 2020. Bank milik negara tersebut menargetkan  3.500 peserta dari jenjang  usia 18 hingga 35 tahun. Corporate Secretary Bank...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Tiongkok Dominasi Investasi di Sulawesi Tengah

Selasa 11/8/2020 | 18:18
A   A   A   Pengaturan Font

PALU- Tiongkok tercatat sebagai negara yang mendominasi investasi pada berbagai sektor di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulteng, capaian realisasi investasi triwulan II 2020 negara Tirai Bambu itu di Sulteng mencapai 3,96 triliun rupiah atau menurun dibanding triwulan II 2019 senilai 4,53 triliun rupiah.

“Jumlah tersebut 61,48 persen dari total capaian realisasi investasi triwulan II 2020 di Sulteng. Berikutnya Singapura 1,53 triliun rupiah atau 23,69 persen, Hongkong 894,57 miliar rupiah,” kata Kepala DPMPTSP Sulteng Christina Shandra Tobondo dalam Web- Seminar (Webinar) bertajuk “Menatap Pelemahan Ekonomi Dampak Covid-19 di Sulteng” yang diadakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulteng di Palu, Selasa (11/8).

Berikutnya Inggris dengan nilai investasi di Sulteng pada triwulan II 2020 sebesar 30,76 miliar rupiah atau 0,48 persen, India 17,51 miliar rupiah atau 0,27 persen dan Jepang 10,59 miliar rupiah atau 0,16 persen.

“Berdasarkan sektor usahanya, capaian realisasi investasi di Sulteng paling banyak pada sektor industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya senilai 5,24 triliun rupiah atau 59,9 persen,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Kemudian, lanjut Shandra, sektor listrik, gas dan air 1,80 triliun rupiah atau 20,6 persen. Adapun capaian investasi pada sektor tanaman pangan, perkebunan dan peternakan senilai 743,75 miliar rupiah atau 8,5 persen.

“Transportasi, gudang dan telekomunikasi 407,71 miliar rupiah atau 4,7 persen, perumahan, kawasan industri dan perkantoran 217,09 miliar rupiah atau 2,5 persen, industri makanan 147,96 miliar rupiah atau 1,7 persen, pertambangan 121,59 miliar  rupiah atau 1,4 persen dan sektor lainnya 72,01 miliar  rupiah atau 0,8 persen,” kata Shandra.

Ia menyebut Pemerintah Provinsi Sulteng menargetkan realisasi investasi Sulteng pada tahun 2020 senilai 24,20 triliun rupiah.

Dari target tersebut, hingga periode Januari-Juni capaian realisasi investasi dari hasil penambahan nilai Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) senilai 14,88 triliun rupiah.bud/E-9

Tampilkan Semua

Gubernur Sulsel Ajak PT IKI Sejahterakan Nelayan

Senin 10/8/2020 | 23:03
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah mengajak Direktur Utama PT Industri Perkapalan Indonesia (PT IKI Persero) Diana Rosa untuk bersama-sama mensejahterakan nelayan di pulau-pulau melalui penyediaan 20 unit kapal fiber...
Selengkapnya

PLTB Sidrap Tahap II Segera Dibangun

Senin 10/8/2020 | 22:44
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap Tahap II dipastikan segera mulai dibangun, setelah pengembang PT UPC Renewables Indonesia melengkapi persyaratan perizinan ekspansinya. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan...
Selengkapnya

Labuan Bajo Terus Berbenah Menyambut KTT G-20

Senin 10/8/2020 | 22:36
A   A   A   Pengaturan Font
MANGGARAI BARAT-  Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur terus berbenah meningkatkan kualitas layanan menuju kesiapan diri sebagai tuan rumah ASEAN Summit dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 yang akan digelar pada 2023. Direktur...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Ducati dan MT Distribution Hadirkan Lini Baru Sepeda Lipat Elektrik

Minggu 9/8/2020 | 14:59
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Setelah merilis skuter listrik, perusahaan otomotif Ducati bersama MT Distribution, menghadirkan tiga model baru untuk lini sepeda lipat elektrik (folding e-bikes) dengan pedal assistance.

Dikutip dari laman resmi Ducati, Minggu (9/8), e-bike lipat dirancang untuk mereka yang ingin berkeliling kota tanpa mengurangi gaya dan kenyamanan. Lini ini terdiri dari tiga model, yaitu Ducati Urban-E, serta Ducati Scrambler SCR -E dan SCR-E Sport.

Seperti produknya di lini skuter listrik, perhatian yang cukup besar pun diberikan pada desain dalam pengembangan e-bikes, yang menjadi tanggung jawab Centro Stile Ducati.

Untuk model Urban-E, desainer Ducati berkolaborasi dengan Italdesign, untuk mengusulkan model unik dari jenisnya, dengan komponen khusus yang dicirikan oleh gaya original nan khas.

Ducati Urban-E tersedia dalam warna hitam dan abu-abu. Sepeda dibangun di sekitar bingkai aluminium khusus dengan sistem penguncian lipat yang mudah.

Setang memiliki LCD display terintegrasi penuh di stem yang memungkinkan pengendara untuk mengontrol semua fungsi bantuan, untuk memeriksa sisa daya baterai dan untuk menyalakan dan mematikan lampu LED yang terintegrasi dalam rangka.

Desainer dan pengembang telah bekerja sama untuk membuat e-bike dengan gaya yang bersih dan linier. Baterai 378 Wh terintegrasi ke dalam rangka dan menjadi elemen gaya itu sendiri, mengingatkan pada tangki bahan bakar motor dengan warna merah khas Ducati dan bentuk melengkung.

Lebih lanjut, varian SCR-E adalah satu dari dua model sepeda berbantuan pedal (pedal assistance) yang dibuat dengan merek Ducati Scrambler. Roda 20''x4'' memungkinkan pengendara melakukan perjalanan dengan cengkeraman penuh bahkan di bagian yang kasar atau off-road.

Baterai 374,4 Wh terintegrasi penuh ke dalam rangka dan jika terisi penuh, memungkinkan pengguna untuk menempuh jarak hingga 70 km.

Rangkanya terbuat dari aluminium dan dilengkapi dengan pegangan mewah dengan teknologi lipat yang mudah untuk dilipat sedemikian rupa dengan sederhana dan cepat.

Lampu belakang diintegrasikan ke tiang jok untuk menjaga garis estetika yang bersih dan menarik. Sepeda ini memiliki LCD display untuk generasi terbarunya, dan dilengkapi sensor senja untuk menyalakan lampu secara otomatis dan mendeteksi suhu eksternal.

Sementara, varian SCR-E SPORT adalah versi yang lebih sporty dari model SCR-E. Model suspensi penuh dilengkapi dengan peredam kejut ganda (double shock absorber).

Velg dinding tunggal dan ban road tyres memberikan model tampilan yang halus dan sporty. Baterai 468 Wh yang ditingkatkan terintegrasi sepenuhnya ke dalam sasis dan dapat menempuh jarak hingga 80 km.

“Ducati Scrambler SCR -E dan SCR-E Sport sudah tersedia di pasar sejak Juli, sedangkan e-bike Ducati Urban-E akan tersedia untuk dibeli mulai Oktober,” demikian rilis dari Ducati. Ant/I-1

Tampilkan Semua

Honda Diperkirakan Bakal Hidupkan Kembali Konsep MotoCompo

Senin 3/8/2020 | 21:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - MotoCompo yang sempat diluncurkan pada 1981 hingga 1983, tampaknya akan kembali hadir dengan serangkaian pembaharuan yang mengusung konsep kendaraan bertenaga listrik yang nantinya akan diberi julukan Motocompacto. Nantinya,...
Selengkapnya

Motor Listrik Gesits Hadir di Tokopedia

Sabtu 1/8/2020 | 22:34
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Gesits membuka official store di Tokopedia guna memperluas akses penjualan motor listrik Gesits, sekaligus sebagai solusi agar konsumen tidak perlu ke diler selama pandemi Covid-19. "Alhamdulillah, sekarang memasuki fase new...
Selengkapnya

Berkendara Aman dengan Teknik Pengereman yang Benar

Kamis 30/7/2020 | 14:39
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Tidak hanya bisa menggunakan sepeda motor, pengendara juga dituntut untuk memiliki kemampuan yang mumpuni agar tidak membahayakan dirinya dan juga pengguna jalan lain. Saat ini, sepeda motor tak kalah canggih dengan mobil yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Produksi iPhone 12 Segera Dimulai  

Selasa 11/8/2020 | 15:58
A   A   A   Pengaturan Font

 

JAKARTA - Apple dikabarkan akan segera mulai produksi iPhone 12 yang akan dirilis menjelang akhir tahun ini.

Laman Apple Insider, dikutip Selasa (11/8), melaporkan Foxconn, salah satu manufaktur besar iPhone, sudah mulai merekrut pekerja untuk pabrik di Zhengzhou, China.

Pabrik Foxconn di Zhangzhou disebut membuka lowongan kerja hampir untuk satu juta pekerja, jauh lebih banyak dibandingkan pekerja mereka saat bukan musim produksi (off-season) yang berjumlah puluhan ribu.

Laman tersebut menulis Foxconn setiap tahun memang membuka lowongan kerja ketika akan memproduksi iPhone, namun, perekrutan pekerja tahun ini terlambat dibandingkan 2019 lalu.

Tahun lalu, Foxconn membuka lowongan kerja pada Juli, sebulan kemudian, iPhone diluncurkan. Keterlambatan pembukaan lowongan kerja di Foxconn senada dengan pernyataan CFO Apple, Luca Maestri, akhir Juli lalu kepada investor, bahwa peluncuran iPhone akan tertunda.

"Tahun lalu, kami mulai menjual iPhone pada akhir September. Tahun ini, kami perkirakan pasokan tersedia beberapa minggu kemudian," kata Maestri, dikutip dari The Verge, Jumat (31/7).

Klaim yang beredar menyebutkan Apple memesan Foxconn untuk memproduksi sekitar 80 juta unit iPhone 12, namun, karena situasi, manufaktur harus mengubah regulasi, yang bisa menyebabkan jumlah pesanan berkurang secara signifikan. Ant/I-1

Tampilkan Semua

Huawei Akan Hentikan Produksi Chipset Kirin karena Tekanan AS

Minggu 9/8/2020 | 18:31
A   A   A   Pengaturan Font
 Huawei akan berhenti memproduksi chipset Kirin andalannya bulan depan, karena meningkatnya dampak tekanan Amerika Serikat terhadap raksasa teknologi asal China tersebut. Tekanan AS terhadap Huawei telah membuat...
Selengkapnya

Apple Konfirmasi Penundaan Peluncuran iPhone 12

Sabtu 1/8/2020 | 06:32
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Apple dalam pertemuan dengan para investor mengonfirmasi akan menunda peluncuran iPhone 12 yang biasanya dilakukan setiap September. "Tahun lalu, kami mulai menjual iPhone pada akhir September. Tahun ini, kami perkirakan...
Selengkapnya

Hadapi New Normal, BAKTI Siapkan 2.000 Titik Akses Internet

Kamis 4/6/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan 2.000 titik akses internet di lokasi baru sebagai respons New Normal, dimana hal itu kegiatan bekerja dari rumah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut ruang di dalam rumah sebagai ruang kerja. Pindahnya ruang kerja dari kantor ke rumah tidak dipungkiri membawa sejumlah konsekuensi. Para pekerja perlu beradaptasi “di tempat baru” untuk menyelesaikan pekerjaannya yang biasa dilakoni kurang lebih selama delapan jam per hari.

Alhasil, mereka pun membutuhkan ruang kerja yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dilansir dari laman Dezeen, ruang kerja di dalam rumah dapat memanfaatkan bagian rumah yang menghadap ke jendela, sehingga saat bekerja, para pekerja dapat memandang lingkungan di luar ruangan. Konsep ruang kerja semacam ini membuat kerja tidak membosankan, menumbuhkan ide baru serta menciptakan suasana yang tidak terpisah dengan lingkungan sekitar.

Dalam konsep tersebut, penghuni dapat meletakkan tempat tidur di belakang meja kerja yang digunakan untuk melepas lelah saat jeda kerja. Di tempat tersebut juga dapat digunakan untuk membaca buku secara lebih santai. Perlu Sentuhan YLAB Arquitectos, studio arsitek di Bercelona, Spanyol, merekomendasikan ruang kerja dapat dibuat dengan meja yang menempel pada lemari dinding. Meja kerja tersebut terlihat disembunyikan di lemari dinding. Saat akan digunakan, meja yang bergabung dengan lemari dibuka serta dilenngkapi dengan kursi kerja.

Sementara itu, IDIN Architects, studio arsitek di Bangkok, ailand, menggunakan meja kerja yang terdapat dalam tempat tinggal sebagai ruang kerja.

Selain leluasa, meja kerja yang terhubung dengan dapur mampu memberikan kedekatan di antara anggota keluarga. Lantaran ruangan yang ditujukan untuk pasangan muda ini dengan bebas dapat melongok aktivitas pasangannya untuk mempererat hubungan pribadi.Widger Architecture, studio desain interior di London, Inggris, menggunakan bagian loteng at untuk ruang kerja.

Ruang tersebut ditutup dengan kayu lapis warna cerah untuk bagian langit-langit dan dinding. Material serupa digunakan untuk membuat meja build in.

Sebagai padanannya, material dekorasi (seperti lampu, bingkai kursi, dan jendela) menggunakan warna hitam. Padanan warna tersebut menjadikan ruang kerja yang terletak di loteng tidak terasa pengap serta menjadikan ruang terasa lebih hidup. Jendela yang menempel pada dinding loteng memberikan salah satu keuntungan.

Karena loteng yang identik sebagai ruang bukan digunakan untuk beraktivitas mampu memberikan kehidupan untuk penghuninya. Alhasil, dengan sedikit sentuhan desain serta memahami makna ruangan, tempat tinggal pun dapat menjadi ruang kerja yang nyaman terutama selama WFH. din/S-2

Tampilkan Semua

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Desain Pasar Mikro untuk Minimalisir Penyebaran Korona

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pasar saat ini menjadi lokasi yang patut dihindari seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19.  Mengingat pasar merupakan lokasi yang tidak dapat dihindari oleh masyarakat di tengah wabah virus, dipandang perlu...
Selengkapnya

Bangunan untuk “Rumah Sakit Darurat”

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19, banyak bangunan yang berubah fungsi menjadi “rumah sakit dadakan”. Perubahan fungsi ini tentu harus memenuhi standar rumah sakit agar modifikasi yang dilakukan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Real Betis Bakal Rekrut Claudio Bravo

Rabu 12/8/2020 | 14:46
A   A   A   Pengaturan Font

MANCHESTER - Penjaga gawang Manchester City Claudio Bravo akan menandatangani kontrak dengan klub Spanyol Real Betis saat kariernya selama empat tahun di Liga Premier akan berakhir.

Kiper asal Chile tersebut tertarik untuk bergabung dengan Real Betis dan bahkan siap menerima gaji yang lebih kecil dibandingkan di City.

Pelatih baru Betis Manuel Pellegrini secara tegas meminta klub untuk mendatangkan kiper berusia 37 tahun itu, setelah melihat tim barunya memiliki catatan kebobolan gol terbanyak kedua di La Liga yaitu 60 gol musim lalu.

Bravo kemungkinan akan mendapatkan jersey nomor 1 di Stadion Benito Villamarin segera setelah ia dipastikan kembali ke Spanyol, setelah menghabiskan tiga tahun terakhir kariernya sebagai penjaga gawang cadangan di Manchester.

Ketika Pep Guardiola tiba di Etihad Stadium pada musim panas 2016, salah satu tindakan pertamanya adalah mendatangkan Bravo dari Barcelona.

Bravo mengalami musim perdana yang sulit di Liga Premier Inggris, dengan penampilannya yang sering dikritik karena City gagal mengimbangi Chelsea di puncak klasemen.

City kemudian mendatangkan Ederson dari Benfica di akhir musim itu dan kiper asal Brazil itu menggeser tempatnya sebagai penjaga gawang pertama klub sejak itu. (ion/AFP/S-2)

Tampilkan Semua

Roberto Donadoni Dipecat Shenzhen FC

Rabu 12/8/2020 | 14:39
A   A   A   Pengaturan Font
SHENZHEN - Mantan pelatih tim nasional Italia, Roberto Donadoni, secara mengejutkan dipecat oleh klub China, Shenzhen FC, setelah menuai rentetan hasil buruk dalam musim baru Liga Super China (CSL). Laman resmi klub pada Selasa...
Selengkapnya

Marquinhos : Skuad PSG Harus “All Out” saat Lawan Atalanta

Rabu 12/8/2020 | 14:32
A   A   A   Pengaturan Font
LISBON - Bek Paris Saint-Germain (PSG), Marquinhos meminta rekan-rekannya untuk mengerahkan seluruh kemampuan dan bermain all out untuk meraih satu tempat di babak semi final Liga Champions. PSG akan menghadapi Atalanta di Stadion da...
Selengkapnya

Mbappe Kemungkinan Bakal Perkuat PSG Lawan Atalanta

Rabu 12/8/2020 | 14:19
A   A   A   Pengaturan Font
LISBON - Pelatih Paris Saint Germain (PSG), Thomas Tuchel Mbappe mengisyaratkan bakal memasukkan Kylian Mbappe dalam skuadnya saat menghadapi Atalanta di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Kamis (13/8) WIB). Sebelumnya, Mbappe mengalami...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Cinta Buatan Indonesia Jangan Terpaksa

Rabu 12/8/2020 | 13:35
A   A   A   Pengaturan Font
"Cinta Buatan Indonesia” jangan hanya menjadi slogan, jangan hangat-hangat tai ayam.

Entah sudah berapa kali pencanangan cinta buatan Indonesia dilakukan. Rasanya hampir semua Kepala Negara di masa pemerintahannya selalu mencanangkan gerakan cinta buatan Indonesia. Buat generasi 1980-an, tentu tidak asing dengan lirik lagu Aku Cinta Buatan Indonesia yang dinyanyikan grup musik asal Bandung, Bimbo. “Aku cinta, Anda cinta, semua cinta, buatan Indonesia” selalu kita dengar tiap hari di TVRI, satu-satunya stasiun televisi nasional saat itu.

Di masa Orde Baru, Presiden Soeharto sampai perlu memasukkan Menteri Muda Urusan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Kabinet Pembangunan IV, 1983–1988 yang dijabat Ginanjar Kartasasmita guna menggugah kesadaran semua warga Indonesia untuk lebih mencintai produk-rpoduk dalam negeri.

Sebelumnya, di Era Orde Lama, grup musik papan atas, Koes Bersaudara, pernah dipenjara karena musiknya dinilai kebarat-baratan. Musik ngak ngik ngok, istilah saat itu, dinilai tidak mencerminkan Bangsa Indonesia.

Yang terbaru, Presiden Joko Widodo akhir pekan lalu mengajak semua masyarakat untuk membeli produk pertanian, perikanan, dan produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam negeri. Ajakan tersebut untuk meningkatkan pendapatan para petani, nelayan, dan para pelaku usaha kecil.

Ajakan Presiden Jokowi itu bertujuan bukan hanya akan menguatkan daya beli petani, nelayan, dan UMKM, tapi juga akan menjadi mesin penggerak bagi pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III 2020. Presiden meminta kerja sama untuk membangkitkan pelaku usaha kecil yang sangat terdampak oleh kontraksi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Dengan membeli produk pertanian, nelayan, dan UMKM buatan anak bangsa, Presiden Jokowi berharap roda perekonomian bisa digerakkan lagi.

Permintaan Presiden Jokowi ini cukup wajar mengingat negara lain juga melakukan kampanye besar-besaran agar untuk bangga menggunakan produk dalam negerinya. Dan itu tidak tanggung-tanggung dilakukan, mereka serius dengan mengenakan bea masuk yang tinggi terhadap barang impor. Dengan demikian, produk dalam negeri merajai pasar lokal mereka. Dan yang terpenting, devisa negara tidak dihambur-hamburkan untuk membeli barang-barang atau produk makanan.

Sepanjang 2019 saja, total impor Indonesia sebesar 171,3 miliar dollar AS atau setara 2.500 triliun rupiah. Dari jumlah tersebut, 15 miliar dollar AS atau sekitar 210 triliun rupiah di antaranya hanya untuk impor komoditas yang bisa dimakan seperti gandum-ganduman, makanan olahan, buah-buahan, sayuran, daging binatang hidup, gula dan kembang gula, biji/buah berminyak, susu, telur, dan mentega. Tidak termasuk beras.

Ajakan Jokowi agar kita semua membeli produk pertanian, perikanan, peternakan, dan UMKM dalam negeri tentu patut kita acungi jempol. Agar ajakan tersebut tidak hanya menjadi slogan, seperti ajakan-ajakan atau pencanangan yang sudah-sudah, pemerintah bisa memberi contoh dengan menjadi pembeli utama semua produk dalam negeri. Pemerintah juga bisa manfaatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai garda terdepan untuk menjadi pelindung produk dalam negeri. Tidak hanya itu, swasta juga bisa turut berperan, misalnya hotel-hotel dan rumah makan harus menyajikan buah dan produk makanan lainnya dari dalam negeri, kecuali untuk item-item tertentu.

Kita harus bisa menjadikan produk nasional terutama produk pertanian, perikanan, dan UMKM seperti batik. Batik tidak hanya sudah menjadi tuan rumah di negara sendiri, tetapi banyak warga asing yang bangga mengenakan batik khas Indonesia yang sudah resmi dinobatkan UNESCO sebagai warisan dunia untuk kategori Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Jangan malu menggunakan produk buatan dalam negeri. Produk Indonesia tidak kalah mutunya dengan produk asing. Jangan sampai terjadi seperti cerita banyak orang yang malu membeli buatan Indonesia. Makanya saat ke luar negeri, apa pun dia beli. Setelah dibeli, ternyata di barang tersebut terdapat tulisan Made in Indonesia.

Mari kita jadikan peringatan 75 Tahun kemerdekaan Indonesia sebagai tonggak untuk bangga dengan buatan Indoensia. “Cinta Buatan Indonesia” jangan hanya menjadi slogan, jangan hangat-hangat tai ayam, jangan terpaksa karena ekonomi terpuruk akibat covid-19. Indoensia Maju. Bangga Buatan Indonesia.

Tampilkan Semua

Protokol Kesehatan Penumpang Pesawat

Senin 10/8/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dunia penerbangan mulai beranjak ramai. Setelah selama tiga bulan lebih mati suri karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kini beberapa bandara mulai sibuk. Masyarakat sudah berani bepergian, baik untuk urusan bisnis, urusan...
Selengkapnya

Iklim Investasi

Sabtu 8/8/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Negara lain lebih cepat memperbaiki diri. Ini yang membuat meski skor Indonesia naik, tetapi peringkatnya stagnan bahkan cenderung turun. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perekonomian negara-negara di dunia ambruk dan terpuruk, termasuk...
Selengkapnya

Penggelontoran Bantuan Sosial

Jumat 7/8/2020 | 13:33
A   A   A   Pengaturan Font
Dari berbagai bantuan sosial tersebut, kalau diterima dan diberikan secara tepat sasaran serta tepat waktu, mestinya cukup dapat menambah setidaknya “napas” dapur rakyat. Memang tidak mudah menghadapi situasi belakangan ini baik...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

"Tenet" Belum Pasti Tayang di Bioskop Indonesia

Rabu 12/8/2020 | 23:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta, - Film terbaru Christopher Nolan, "Tenet", siap dirilis dan tayang perdana di bioskop-bioskop luar Amerika Serikat mulai 26 Agustus.

Variety melalui laporannya, dikutip Rabu, menyebutkan bahwa sejumlah negara seperti Inggris, Prancis, Belgia, Mesir, dan dua negara Asia yaitu Korea Selatan dan Indonesia, akan dapat menyaksikan "Tenet" di bioskop pada tanggal 26 bulan ini.

ANTARA mencoba menghubungi Warner Bros Pictures Indonesia selaku distributor film "Tenet", namun belum mendapatkan jawaban apakah mereka akan segera menayangkan film itu di bioskop dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Warner Bros Pictures Indonesia sempat me-repost poster "Tenet" dari Instagram IMAX, dengan keterangan, "Diambil dengan kamera IMAX, film yang paling dinanti dari Christopher Nolan @Tenetfilm akan datang di bioskop IMAX seluruh dunia mulai 26 Agustus."Ant/P-4

 

Tampilkan Semua

Desain Baru Sedan Sport Fastback

Rabu 12/8/2020 | 19:55
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kia Motors Corporation merilis gambar pertama dari sedan sport Kia Stinger. Foto terbaru mobil sport ini  memperlihatkan desain yang segar untuk sedan sport fastback berperforma tinggi. Kia Stinger yang akan bersaing...
Selengkapnya

Alat Deteksi Api Pintar Cegah Kebakaran

Rabu 12/8/2020 | 19:49
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Untuk menjawab keselamatan pekerja dan keamanan perusahaan dari bahaya kebakaran, diluncurkan Bosch meluncurkan teknologi pendeteksi api pintar bernama Bosch Aviotec. Alat berupa kemera ini secara otomatis mendeteksi...
Selengkapnya

Harry dan Meghan Markle Pindah ke Santa Barbara

Rabu 12/8/2020 | 16:21
A   A   A   Pengaturan Font
Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle membeli sebuah rumah di pinggir pantai Santa Barbara, AS, sekitar 160 km ke arah utara Los Angeles.  "Duke dan Duchess of Sussex telah pindah ke rumah mereka pada bulan Juli lalu," ujar...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

BUMN Beri Bantuan Dua Kelompok Urban Farming di Bogor

Rabu 12/8/2020 | 23:32
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Surveyor Indonesia memberikan bantuan kepada dua kelompok urban farming di Kota Bogor dari program "corporate social responsibility" (CSR) serta alat pelindung diri (APD) untuk pencegahan dari kemungkinan penularan Covid-19.

Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli menyerahkan bantuan berupa masker, hand sanitizer, dan wastafel untuk cuci tangan kepada dua kelompok farming di Kota Bogor, Rabu.

Kedua kelompok urban farming tersebut berada di Jalan Warung Bandrek RW 05 Kelurahan Bondongan Kecamatan Bogor Selatan dan di Kampung Jawer Kotok Gang Tirta Kelurahan Kebon Kalapa Kecamatan Bogor Tengah.

Bantuan diserahkan oleh Rosmanidar yang diterima oleh Ketua RW 05 Kelurahan Bondongan serta oleh Kepala Kampung Jawer Kotok Kelurahan Kebon Kapala, secara terpisah di lokasi masing-masing.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.

Rosmanidar dalam sambutannya di RW 05 Kelurahan Bodongan mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun ke-29 PT Surveyor Indonesia yang juga bagian dari porgram CSR dari BUMN tersebut.

"Kami sebagai salah satu BUMN turut merasakan dampak yang dihadapi masyarakat pada pandemi COVID-19, di mana sejumlah sektor usaha ditutup sementara. Sebagian masyarakat harus berada di rumah dan tidak bisa bekerja, yang berdampak menurunnya penghasilan," katanya.

Menurut dia, BUMN juga turut merasakan dampak ini. "Dengan adanya bantuan ini, kita harapkan dapat dimanfaatkan oleh warga serta dapat berkelanjutan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Rosmanidar juga melihat urban farming warga RW 05 Kelurahan Bondongan berupa tanaman sayur organik yang ditanam di dinding tembok rumah.

Sementara itu, di Kampung Jawer Kotok, Gang Tirta Kelurahan Kebon Kelapa, Rosmanidar mengunjungi urban farming berupa bunga Jawer Kotok yang ditanam di rumah warga maupun di sepanjang Gang Tirta.

Rosmanidar dalam sambutannya mengatakan, PT Surveyor Indonesia memberikan bantuan untuk turut berkontribusi memulihkan ekonomi rakyat yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Dia berharap, masyarakat dapat melakukan terobosan usaha untuk penguatan ekonomi rakyat dan PT Surveyor Indonesia akan turut berkontribusi memberikan bantuan.

"BUMN memiliki program CSR dan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) yakni untuk membantu memberdayakan masyarakat di bidang sosial dan ekonomi," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Surveyor Indonesia yang telah berkontribusi langsung membantu masyarakat Kota Bogor melalui program CSR.
 ant
"Bantuan dari lembaga, termasuk BUMN, dan perorangan dapat memberikan harapan baru terhadap ekonomi rakyat," katanya. ant/P-5

Tampilkan Semua

Petugas Kumpulkan 380 Karung Limbah Minyak di Pulau Pari

Rabu 12/8/2020 | 23:21
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA  - Petugas gabungan bersama masyarakat Pulau Pari berhasil mengumpulkan sebanyak 380 karung limbah tumpahan minyak mentah atau tarbal hingga Rabu petang.  "Limbah itu dimasukkan ke dalam kantong plastik dengan berat berkisar...
Selengkapnya

Empat Pedagang Covid-19, Pujasera Blok S Ditutup

Rabu 12/8/2020 | 23:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pusat jajanan serba ada (Pujasera) Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ditutup sementara setelah penemuan sejumlah pedagang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil uji usap pada akhir Juli 2020 lalu. Camat Kebayoran Baru...
Selengkapnya

Walhi Desak Pemegang Kebijakan Tangani Tumpahan Minyak di Pulau Pari

Rabu 12/8/2020 | 22:39
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) DKI Jakarta mendesak pengambil kebijakan untuk segera menangani pencemaran limbah minyak mentah atau tarbal di Pulau Pari, Kepulauan Seribu."Kejadian ini sudah berkali-kali, pemerintah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Semua Orang Bisa Punya Telepon Satelit

Rabu 12/8/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dimasa pelonggaran pembatasan sosial saat pandemic virus corona merebak, segera banyak orang melakukan kegiatan keluar rumah. Menjelajah alam jadi pilihan, sekalipun lokasi terpencil tetap bisa terkoneksi dengan dunia luar.

 

Mendaki gunung, menginap di resor terpencil, atau bermalam di di tengah hutan, jadi pilihan para pecinta kegiatan penjelajahan setelah berbulan-bulan menahan diri di rumah. Yang membedakan kegiatan penjelajahan ke daerah-daerah terpencil ini adalah tetap terkoneksi dengan kerabat dimanapun dia berada.

Mengunggah video atau foto-foto dahsyat dari lokasi terpencil ke media sosial merupakan kebanggaan tersendiri. Ini semua bisa terlaksana l;ancar dengan dukungan teknologi kekinian dari telepon satelit. Banyak alat diciptakan, bahkan versi terbaru dari alat komunikasi off-grid bekerja dengan dihubungkan dengan smartphone, dan akan berfungsi mengubahnya menjadi telepon satelit dalam sekejap. Ini dapat digunakan untuk melacak, dan berbagi lokasi, mengakses peta, mengirim pesan teks, berbagi posting media sosial, dan lainnya tanpa harus khawatir tentang jangkauan jaringan.

Ada kalanya orang harus berada di lokasi yang terpencil saat bekerja atau melakukan penjelajahan. Terutama jika wilayah yang didatangi sulit dijangkau seperti puncak gunung, lembah, lepas pntai, pulau terpencil dan banyak lagi. Lokasi yang terpencil ini jelas tidak memiliki jangkauan sinyal telepon yang baik. Padahal, harus tetap berkomunikasi dengan rekan kerja atau keluarga yang berada di kota lain.

Solusinya menggunakan telepon satelit. Tidak seperti telepon konvensional, yang terhubung dengan tower penerima sinyal (Base Transceiver Station), telepon satelit terhubung langsung dengan satelit, yang berada di luar angkasa. Dengan demikian, jangkauan dari telepon satelit jelas lebih luas daripada telepon biasa, telepon jenis ini, bahkan dapat menjangkau seluruh penjuru dunia.

Karena letak sumber sinyal yang jauh dari permukaan bumi, untuk dapat menggunakan telepon satelit dengan lancar, dibutuhkan trik khusus. Sebisa mungkin, pengguna harus berada di lokasi yang tidak terhalang apapun, seperti tanah lapang. Menggunakan telepon satelit di dalam ruang, atau pada lokasi yang terhalang pohon, akan menghambat penerimaan sinyal.

Beberapa Fitur

Seperti halnya telepon seluler pada umumnya, telepon satelit genggam juga menggunakan kartu SIM. Tampilan layar hp satelit juga akan menampilkan indikator baterai, kekuatan sinyal, daftar panggilan, hingga layanan pesan teks, suara dan foto.

Telepon satelit genggam dapat digunakan untuk menelepon selama empat jam, dan memiliki ketahanan baterai selama 36-40 jam. Untuk pengisian daya, biasanya pengguna dapat menggunakan listrik atau dengan panel surya yang tersedia pada bagian punggung telepon. Ini memang disiapkan karena penggunaan telepon yang biasanya jauh dari sumber listrik.

Jika pengguna tidak lagi berada di lokasi yang terpencil, telepon genggam satelit juga dapat dipasangi kartu GSM biasa. Telepon ini memang dirancang untuk penggunaan di medan yang berat, sehingga tampilannya kokoh dan kuat.

Cara Kerja Telepon Satelit

Telepon satelit dapat bekerja dengan mengirimkan sinyal radio kepada satelit, yang kemudian mengirimkan kembali sinyal ke bumi. Sinyal ini kemudian diterima oleh Public Switched Telephone Network (PSTN), yang lantas akan menyambungkan telepon pengguna kepada pihak yang bersangkutan. PSTN juga bertugas untuk mengubah sinyal yang berasal dari satelit luar angkasa, supaya bisa dibaca oleh telepon yang ada di bumi.

Tanpa adanya proses ini, telepon satelit tidak akan dapat menerima dan menyampaikan pesan dengan jelas. Ada kalanya, telepon ini juga digunakan untuk berkomunikasi antar satelit, di luar angkasa. Hal ini dapat dilakukan, apabila satelit tersebut memiliki stasiun penghubung yang ada di bumi. Stasiun ini lantas akan menerima, dan kemudian mengembalikan sinyal dari kedua satelit tersebut.

Kalau melihat dari desain telepon satelit genggam tersebut, sudah jelas bahwa telepon genggam satelit ditujukan untuk mereka yang memiliki kegiatan tertentu. Terutama mereka yang kerap kali berada di lokasi yang terpencil. Beberapa pekerjaan juga menuntut pekerjanya untuk menggunakan telepon genggam satelit ini, mulai dari mereka yang ada di bidang aviasi, unit darurat pemerintah, militer, hingga untuk pekerjaan di medan yang sulit.

Meski demikian ada kemungkinan masyarakat biasa, atau warga sipil untuk menggunakan telepon satelit. Biasanya, mereka akan menggunakan telepon satelit untuk tujuan penjelajahan atau pendakian gunung. Penjelajahan yang dilakukan di kawasan terpencil jelas akan tetap membutuhkan komunikasi ke luar. Padahal, jaringan sinyal yang mampu diterima di kawasan seperti itu, biasanya rendah, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Telepon satelit mampu menangkap sinyal dengan menggunakan satelit, sehingga dapat membantu kegiatan yang diperlukan pengguna. Bahkan mengirim foto sebuah lokasi terpencil, segera bisa dibagikan di medsos grup.

Menggunakan telepon genggam satelit ada biaya yang harus dibayarkan. Pada umumnya, untuk satu kali panggilan dengan telepon satelit, pengguna akan dikenakan biaya mulai dari 0,15 dolar AS hingga 2 dolar AS tiap menit, dengan tarif umum yang berkisar antara 0,80 dolar AS hingga 1,50 dolar AS per menitnya.

Secara umum, biaya panggilan dengan telepon satelit lebih mahal jika dibandingkan dengan telepon seluler. Tetapi, saat ini beberapa telepon satelit memiliki layanan prabayar, dengan harga berkisar antara 100 dolar AS hingga 5,000 dolar AS.

Telepon satelit memang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh telepon biasa. Bisa menjangkau di berbagai daerah yang tidak dapat di-cover oleh telepon konvensional, telepon satelit menawarkan berbagai fitur menarik. Mulai dari dilengkapi ketahanan pada cuaca ekstrem, hingga daya tahan baterai hingga ratusan jam.

Berikut beberapa telepon satelit yang banyak digunakan oleh perorangan dan perusahaan diantaranya Thuraya XT Lite. Telepon satelit ini memiliki keunggulan konektivitas tak terbatas. Selain panggilan telepon, Thuraya XT lite  juga dapat digunakan untuk SMS. Pengoperasiannya mudah, dan dapat digunakan di berbagai kondisi yang ekstrem. Bahkan seperti di gurun pasir, saat mendaki gunung, atau ketika berlayar di tengah lautan. Kejernihan kualitas suara, dan uninterupted connection, juga merupakan salah satu kelebihan telepon satelit ini, sehingga pengguna tak perlu bingung masalah komunikasi.

DeLorme inReach SE Satellite Tracker. Telepon satelit DeLorme ini mengutamakan pelacakan posisi, untuk keselamatan selama berpetualang. Hp satelit ini dapat memicu fitur SOS, dan berinteraksi bolak-balik dengan GEOS, pusat pemantauan pencarian, dan tim penyelamatan 24/7 mereka. Fitur keselamatan pendukung lainnya yaitu pesan teks untuk 160 karakter, dan koordinat GPS yang dapat pengguna kirim melalui email, atau nomor hp di mana saja di dunia.

Fitur interval pelacakan yang dapat disesuaikan, dari 10 menit hingga 4 jam, akan membantu pengguna untuk melacak perjalanan pengguna,   dan membagikan lokasi pengguna, termasuk koordinat GPS, ketinggian dan kecepatan perjalanan. Telepon satelit ini memiliki cakupan global 100 persen, melalui jaringan satelit Iridium.

Telepon satelit lainnya adalah Iridium Extreme. Menggunakan jaringan Iridum, telepon satelit ini bisa digunakan hingga empat jam durasi telepon, dan tiga puluh jam pemakaian dalam mode standby. Telepon satelit dengan berat 247 gram ini, juga dilengkapi GPS dan retractable omnidirectional antena. Display-nya monokrom, dan bisa digunakan untuk SMS. Tersedia juga fitur emergency SOS, konektivitas data via USB, dan akses poin. Sedangkan, data speed-nya mencapai 2.4 Kbps dengan jaringan 66 low earth orbit satelite.

Berikutnya Inmarsat IsatPhone 2. Telepon satelit ini dapat menjangkau secara global, juga dilengkapi fitur emergency SOS dan location tracking. Inmarsat IsatPhone 2 memiliki baterai yang tahan lama, yakni delapan jam durasi telepon, dan 160 jam dalam mode stand by. Telepon yang bisa digunakan untuk SMS ini, mampu tahan dengan berbagai kondisi cuaca. Bahkan dalam kondisi lingkungan yang ekstrem, seperti di kutub dengan suhu minus 20 derajat Celcius dan juga tahan dengan 95 persen kelembaban. Selain itu, telepon ini juga dibekali dengan dust resistant, shock resistant, dan splash resistant dengan toleransi temperatur maksimal 55 derajat Celcius.

Globalstar GSP – 1700, merupakan telepon satelit yang menjanjikan kejernihan kualitas suara yang optimal saat digunakan. Dengan data speed 9,6 Kbps, telepon dengan berat 7.05 ons ini memiliki baterai yang tahan digunakan hingga empat jam durasi telepon, dan 36 jam dalam mode stand by. Globalstar GSP – 1700 juga dilengkapi dengan backlit color display, sehingga optimal bila digunakan dalam kondisi outdoor. Telepon dengan dimensi 5.3×2.2×1.5 inci ini memiliki lighted keypad, dan location tracking yang bisa menjangkau latitude, dan longitude.

Telepon satelit berikutnya Iridium 9555. Desain yang ringan dan kompak, adalah salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh telepon satelit ini. Telepon satelit yang bisa digunakan hingga empat jam durasi telepon, dan tiga puluh jam dalam mode stand by ini, tahan digunakan dalam berbagai kondisi, dengan range suhu minus 10 hingga 55 derajat Celcius. Iridium 9555 juga dilengkapi dengan fitur water resistant, shock resistant dan dust resistant. Hal tersebut memungkinkannya untuk penggunaan darat, laut dan udara. Bahkan telepon ini juga dapat digunakan untuk mengirimkan email pendek.

Berikutnya ada Thuraya SF2500. Menggunakan jaringan Thuraya, telepon satelit ini adalah solusi komunikasi terbaik untuk pengguna yang bekerja di bidang maritim. Telepon ini merupakan kombinasi dari kualitas suara yang optimal, GPS tracking, geofencing, dan layanan SMS dalam satu produk. Dilengkapi dengan backlit keypad, produk dari MSS ini memiliki terminal storage hingga 3000 kontak. Pengguna jadi bisa lebih leluasa menyimpan kontak dari banyak kenalan.

Laman Trendhunter.com menampilkan sebuah alat yang bisa mengubah telepon genggam biasa menjadi telepon satelit. Adalah New Bivy Stick yang mempersiapkan petualang untuk perjalanan di alam terbuka. Perjalanan di alam terbuka telah meningkat secara drastis, dan popularitasnya melesat di kalangan konsumen yang mencari cara untuk kembali ke alam, setelah sekian bulan menahan diri di rumah karena serangan Covid-19.

Komunikasi adalah salah satu bagian dari perjalanan ke pedalaman, karena kemampuan untuk memberi tahu keluarga, dan teman tentang kemajuan seseorang, meminta bantuan, atau membuat tanda SOS selama keadaan darurat, semua membantu memberi orang kepercayaan diri untuk melakukan perjalanan lebih jauh.

 

Hal tersebut membuat perusahaan merespons kebutuhan konsumen dengan produk-produk seperti Bivy Stick baru. Versi terbaru dari alat komunikasi off-grid ini, bekerja dengan dihubungkan dengan smartphone, dan akan berfungsi mengubahnya menjadi telepon satelit dalam sekejap. Ini dapat digunakan untuk melacak, dan berbagi lokasi, mengakses peta, mengirim pesan teks, berbagi posting media sosial, dan lainnya, tanpa harus khawatir tentang jangkauan jaringan.


Bivy Stick adalah perangkat komunikasi satelit terkecil, paling sederhana di dunia. Mudah dibawa kemana pun pengguna pergi, dan bahkan lebih mudah digunakan. Dengan paket data yang terjangkau dan fleksibel, pengguna menyimpan anggaran petualangannya untuk petualangan sesungguhnya.  Bawa kemana-mana. Berkomunikasi dari mana saja. New Bivy Stick adalah cara paling ringan dan paling efisien, untuk berkomunikasi dari pedalaman. Dengan desain sederhana, dan fungsi sistem pengguna baru di aplikasi. Tidak pernah semudah ini untuk membagikan lokasi pengguna, mendapatkan laporan cuaca, mengirim pesan, atau memulai tanda SOS. New Bivy Stick dilengkapi dengan tombol SOS khusus, untuk memungkinkan pengguna segera meminta bantuan jika terjadi keadaan darurat. Perangkat tidak memerlukan biaya aktivasi, dan tidak datang dengan kontrak tahunan yang mahal.

 

Berikut adalah pembaruan penting dengan New Bivi Stick, ukurannya setengah dari berat dan berat unit sebelumnya yang 95 gram. Semua fungsi komunikasi utama dapat dilakukan tanpa ponsel, termasuk SOS dan checkin. Pengisian sekarang USB-C. Lampu indikator mengomunikasikan status unit dengan jelas. Peringkat IP67 (1 meter hingga 30 menit). Jaringan Iridium memastikan layanan global penuh, termasuk daerah kutub. Mudah dijepitkan ke jaket motor, tas, atau bahkan jadi gantungan kunci.


Sistem menggunakan kredit pesan, ini membuat biaya penggunaan masuk akal, penagihan serendah 17 dolar AS per bulan. ars

Tampilkan Semua

Kasing Smartphone Berbentuk Walkie Talkie

Rabu 12/8/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dalam perjalanan di alam terbuka kecepatan berkomunikasi tanpa halangan sering dibutuhkan. Salah satunya dengan menggunakan walkie talkie The Bakeey A10 iPhone Case Enhances Smartphone Connectivity Sekarang umum digunakan HP untuk...
Selengkapnya

Wisata di Jakarta Saat Pandemi

Selasa 11/8/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta mengeluarkan Surat Keputusan (SK) No. 131 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid-19 di Sektor Usaha Pariwisata pada Masa Transisi. Ini berarti beberapa tempat...
Selengkapnya

Taman Mini Indonesia Indah

Selasa 11/8/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dibuka kembali pada 20 Juni 2020. Secara resmi TMII sudah mengeluarkan surat edaran perihal operasional tersebut. Meskipun wabah pandemi sedang melanda, Badan Pengelola dan Pengembangan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Sistem Pendidikan Harus Terus Tanamkan Norma Sosial dalam Bertingkah Laku

Rabu 12/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 telah mengubah gaya hidup warga dunia, termasuk Indonesia. Peringatan WHO yang mengatakan ahwa virus itu bisa menyebar lewat udara, mengharuskan kita beraktivitas dengan kebiasaan baru.

 

Pertemuan tatap muka di­kurangi, diganti pertemuan virtual dengan bantuan teknologi. Tapi belum se­lesai menghadapi pandemi ini, kita juga dihadapkan dengan masalah baru yakni kejahatan siber.

Untuk mengupas masalah ini, Koran Jakarta telah merangkum jawaban dari Guru Besar Krimi­nologi ,FISIP, Universitas Indonesia, Mustofa. Pernyataan Mustofa itu dis­ampaikan dalam webinar bertema Kejahatan Siber di Masa Covid-19 dan Penanganannya yang digelar Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia, Senin (10/8).

Bagaimana Anda melihat keja­hatan siber yang terjadi pada saat pandemi Covid-19?

Saya akan menjelaskan ini secara makro sosiologis. Pertama kali, yang perlu kita pahami adalah ini men­gacu kepada banyak sosiologi posi­tivisme, yang mengatakan bahwa perubahan sosial yang cepat akan berdampak pada banyaknya ang­gota masyarakat yang kebingungan dalam memilih di dalam mencari acuan norma bertingkah laku. Dan dia (Durkheim-Sosiologis) menye­butnya sebagai keadaan anomie.

Tema ini (Kejahatan Siber dan Covid-19) adalah dua hal yang berhubungan dengan perubahan sosial. Pertama, perkembangan teknologi siber telah berdampak dalam perubahan sosial yang besar, khususnya dalam cara orang ber­interaksi sosial.

Dan pandemi Covid-19, juga ber­dampak berdampak pada peruba­han sosial yang besar dan dalam cara orang berinteraksi sosial. Dua keadaan yang sedang kita hadapi sekarang ini, saya sebut sebagai anomie berganda. Jadi tingkat keseriusannya berlipat ganda.

Bantuan teknologi juga dapat menjadi permasalah di dalam masa pandemik Covid-19?

Perkembangan teknologi siber, kalau kita lihat terlebih dahulu, telah menyebabkan manusia bisa bekerja secara efisien, tanpa dihalan­gi oleh waktu dan tempat.

Namun, seiring dengan penerapan teknologi siber dalam setiap dimensi kehidupan manu­sia, ternyata diikuti juga dengan penyalahgunaan teknologi siber untuk tujuan kejahatan, dan ini adalah musibah. Pandemi Covid-19 lebih besar musibahnya, ada juga berkahnya, tapi sedikit. Dan bila cyber crime terjadi bersa­maan dengan pan­demi Covid-19, ini adalah musibah ber­ganda.

Bagaima­na jalan keluarnya?

Cara mengatasi masalah cyber crime dalam era pandemi Covid-19 harus disesuai­kan dengan akar masalahnya. Pertama, tidak kalah pentingnya dan harus diingat, menjadi kegiatan yang rutin bukan proyek, melaku­kan literasi nilai norma sosial secara komperhensif, baik yang bersifat luring maupun daring.

Karena perubahan sosial yang tidak berhubungan dengan cyber crime, itu menyebabkan anomie ketika orang kemudian membuat orang kehilangan norma bertingkah laku. Ini harus disadari, masyarakat akan selalu berubah, sistem pendidikan harus secara sadar menanamkan nilai norma sosial dalam bertingkah laku.

Agen-agen pengendalian sosial yang penting, yang pertama adalah orang tua. Tapi banyak orang yang tidak punya kapasitas untuk men­jadi agen pengendalian sosial. Ke­mudian sekolah, guru juga banyak yang tidak mempunyai kapasitas dan kompetensi.

Sehingga, negara harus secara aktif proaktif memberdayakan, me­nyosialisasikan literasi norma sosial baik dilakukan secara di luar jar­ingan maupun di dalam jaringan, melalui berbagai macam. Program di tv daripada menonton sinetron rebutan waris, pembunuhan, pertempuran, lebih baik membuat sinetron bagaimana berinteraksi sosial seusai dengan norma sosial ketika secara luring maupun daring. Dan ini harus dilakukan.

Kedua, literasi manfaat dan bahaya teknologi siber secara komperhensif dan terus menerus. Ketiga, melakukan fasilitasi kepada warga masyarakat untuk dapat mengakses teknologinya siber dalam masa pandemi Covid-19. Keempat, perlu mengintensifkan cyber patrol. Kelima, hanya kalau terpaksa saja, baru dilakukan penegakan hukum dalam rangka penghukuman. n yolanda permata putri syahtanjung/P-4

Tampilkan Semua

Sinergi dan Kolaborasi “Triple Helix” Kunci Kesuksesan Inovasi

Selasa 11/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kita tidak boleh bergantung pada sumber daya alam sebagai basis ekonomi. Dengan target empat besar negara dengan ekonomi tertinggi pada 2045, Indonesia mesti berbenah.   Pola ekonomi yang semula berbasis sumber daya alam atau...
Selengkapnya

“Kita Berharap Korporasi Jauh dari Budaya Kriminal”

Jumat 7/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Penetapan tersangka tindak pidana korupsi hingga tindak pidana pencucian uang (TPPU) sering kali hanya dibebankan kepada orang-perorangan.   Padahal, kasus aliran uang panas itu, terjadi memba­wa nama perusahaan yang tentunya...
Selengkapnya

Masalah Utamanya Arogansi Birokrasi dan Tumpang Tindih Aturan di Daerah

Rabu 5/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah terus mendorong masuknya investasi baru. Dengan adanya investasi baru diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru.   Pasalnya, saat ini ada sekitar tujuh juta orang (eksisting) yang tengah mencari kerja. Badan Koordinasi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Budi Gunadi Sadikin, Ketua Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Jaga Pertumbuhan Ekonomi dengan Dorong UMKM

Sabtu 8/8/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tugas berat kini dipikul oleh Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin. Mantan Direktur PT. Inalum itu diberi mandat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Tim Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) yang ditugaskan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Lantas langkah-langkah dan program apa saja yang akan dilakukan Budi Gunadi Sadikin terkait dengan pemulihan ekonomi Indonesia saat ini, menjaga agar pertumbuhan ekonomi kuartal III tidak negatif, dan tersedianya lapangan kerja di tengah pandemi korona. Berikut kutipan wawancara wartawan Koran Jakarta, Fredrikus W Sabini, dengan Budi Gunadi Sadikin, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baru-baru ini Kementerian BUMN menjalin kerja sama dengan organisasi internasional yang juga menjadi anggota World Bank Group, International Finance Corporation (IFC). Apa tujuannya?

Itu demi meningkatkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) dalam peranan Direksi dan Dewan Komisaris BUMN. Kerja sama ini ditandai dengan prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada 13 Juli lalu. Diharapkan mampu memperbaiki kualitas penerapan GCG pada BUMN, utamanya terkait peningkatan peran dan profesionalitas Direksi dan Dewan Komisaris BUMN.

Dengan semakin membaiknya GCG tersebut, kami yakin ke depan akan berpengaruh positif bagi BUMN dalam hal mendorong efisiensi dan efektivitas operasional serta transparansi dan akuntabilitas pengelolaan BUMN, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja dan daya saing BUMN itu sendiri.

Anda ditunjuk menjadi Ketua Satgas PEN. Apa tugas khusus yang dimandatkan Presiden untuk Anda?

Pesan khusus dari Presiden supaya Satgas ini bisa menjaga pertumbuhan ekonomi, terutama kuartal III sampai akhir bulan September 2020. Tentu instruksi itu penting dijaga demi pertumbuhan tidak negatif.

Presiden juga memberikan pesan agar kita bisa menjaga lapangan kerja bagi rakyat Indonesia dan juga menjaga agar level income-nya bisa dipertahankan di level yang cukup untuk kehidupan sehari-hari.

Kita akan menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi ini dengan kita menjaga tingkat ketersediaan lapangan kerja, kita juga menjaga kemampuan belanja dari seluruh rakyat.

Perlu diketahui bahwa krisis ekonomi yang terjadi saat ini berbeda dengan sebelumnya tahun 1998, 2008, dan 2013. Penyebabnya ialah krisis-krisis ekonomi tersebut disebabkan oleh krisis keuangan, sedangkan kali ini krisis ekonominya disebabkan krisis kesehatan, sehingga semua program-program ekonomi kami harus mendukung dan men-support kegiatan atau program-program kesehatan.

Program kesehatan diperlukan supaya masyarakat itu kembali menjadi memiliki rasa aman. Dengan masyarakat memiliki rasa aman maka akan kembali ke luar, kontak fisik akan terjadi, dan aktivitas ekonomi akan berputar kembali. Hanya masalah saat ini ialah masyarakat tidak berani keluar karena ada krisis kesehatan, kontak fisik tidak terjadi sehingga kegiatan ekonomi juga berkurang drastis.

Kontak-kontak fisik yang diganti dengan kontak digital atau kontak virtual, belum bisa sama level aktivitas ekonominya seperti kontak fisik biasa.

Dampaknya, semakin lama rasa aman ini terbangun kembali, akan kian banyak ruang fiskal yang harus dipakai untuk menjembatani karena aktivitas ekonomi belum kembali.

Kalau kita bisa lebih cepat membangun rasa aman di masyarakat, kita bisa lebih cepat mengajari masyarakat dengan perubahan perilaku yang baik, dengan protokol kesehatan yang lebih disiplin, rasa aman ini akan kembali, orang akan berani keluar melakukan kontak fisik dan kegiatan ekonomi berputar sehingga ruang fiskal pemerintah akan kembali ke level normal.

Satgas ekonomi dinamakan satgas pemulihan dan transformasi ekonomi maksudnya fokus ke bidang pemulihan ekonomi yang sifatnya cepat dan jangka pendek, dan juga harus fokus ke program transformasi ekonomi yang sifatnya fundamental dan jangka panjang.

Dalam masa pemulihan rasa aman, insentif ekonomi atau stimulus fiskal diperlukan agar rakyat tetap merasakan pertumbuhan walaupun berkurang aktivitas kerjanya tetap mendapatkan income-nya cukup.

Ada banyak program yang sudah dibuat dan melihat bahwa kuartal III penting, sehingga akan fokus ke beberapa program secara spesifik tugasnya adalah mencoba menahan menjaga pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di rakyat.

Dua program utama yang akan kami konsentrasikan dalam dua sampai empat minggu ke depan adalah program bantuan UMKM produktif. Bantuan ini dalam bentuk grant dalam bentuk bantuan, bukan dalam bentuk pinjaman.

Rencananya, akan diberikan sebesar 2,4 juta rupiah per orang dan diharapkan bisa digunakan bukan hanya untuk kehidupan sehari-hari, tapi juga digunakan oleh para UMKM untuk mulai berusaha.

Arahan Presiden diusahakan, cepat mulai, dan secara bertahap bisa dinaikkan 10 hingga 12 juta UMKM yang bisa mendapatkan bantuan usaha ini. Ini akan langsung kita berikan secara bertahap ke mulainya dari satu juta yang sudah kita identifikasi, nanti akan naik secara bertahap ke 12 juta UMKM.

Apa program berikutnya?

Program kedua ialah menyalurkan kredit usaha berbunga rendah ke UMKM. Ini grant sifatnya, tapi kredit pinjaman menggunakan mekanisme yang sudah ada dan ditargetkan ke pengusaha-pengusaha yang diutamakan adalah terkena PHK dan memiliki usaha rumah tangga.

Rencana kami adalah program kredit berbunga rendah UMKM ini akan kami integrasikan dengan program bantuan UMKM yang tadi, sehingga kita akan berikan dulu program UMKM-nya untuk mereka yang baru di-PHK atau memang baru memulai usaha.

Kalau memang usahanya sudah mulai jalan, akan ditambahkan dengan fasilitas kredit berbunga rendah UMKM agar mereka mulai bisa menggulirkan usahanya. Kredit ini diharapkan besarnya adalah dua juta rupiah untuk masing-masing keluarga dan bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhannya modal kerja.

Kita harapkan dua program yang fokus ke UMKM ini baik dalam bentuk bantuan maupun dalam bentuk kredit berbunga rendah, ini bisa mencapai dua perintah Bapak Presiden tadi.

Jadi, bantuan ini bisa menjaga pendapatan masyarakat baik yang kehilangan pekerjaan atau tinggal di rumah tangga. Bantuan ini bisa digunakan untuk awal modal kerja berusaha yang produktif dan nanti akan ditambah dengan kredit berbunga rendah untuk yang mulai berusaha.

Dua program itu yang akan kami dorong. Kami pun akan monitor ketat pelaksanaannya dalam dua sampai empat minggu ke depan dan mudah-mudahan angkanya bisa segera kita lihat.

Saya diberi tugas untuk mengidentifikasi sektor mana yang paling terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini. Tim yang saya pimpin nantinya akan berdiskusi dengan instansi dan pengusaha untuk mencari jalan keluar dari permasalahan ini. Kemudian, kita akan susun program-program prioritas dengan tajam untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Program yang selama ini berjalan, seperti bantuan sosial untuk warga yang terdampak, masih akan berlanjut. Kita akan terus menggali ide

bagaimana kita bisa meningkatkan pendapatan negara supaya kita bisa mendukung pembiayaan masif yang kita lakukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia yang merupakan arahan presiden.

Apa ada hal lainnya?

Selain fokus pada pemulihan ekonomi jangka pendek, dalam menghadapi pandemi Covid-19, pihaknya juga fokus pada program transformasi ekonomi yang sifatnya fundamental dan jangka panjang.

Kami juga diingatkan oleh Pak Airlangga (Ketua Komite Kebijakan) dan Pak Erick Thohir (Ketua Pelaksana Komite) agar memastikan program-program kita di mana kita akan spending ratusan triliun di sini selain dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk transformasi ekonomi yang sifatnya fundamental untuk masa yang akan datang.

Bagaimana tanggapan Anda dengan Satgas PEN terkait diperpanjangnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Apa ini tak berdampak ke fiskal?

Ruang fiskal negara saat ini berpotensi tidak mampu lagi menopang perekonomian apabila kegiatan ekonomi masyarakat tidak segera dibuka.

Untuk itu, pembukaan kegiatan ekonomi harus dilakukan secara bertahap dan menggunakan prinsip “gas dan rem” sesuai dengan kondisi penyebaran virus korona atau Covid-19 di setiap wilayah. Kalau terus-menerus lockdown, enggak akan tahan ruang fiskal kita. Perlu kita sama-sama membangkitkan rasa aman dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

Apabila rasa aman semakin lama terbangun, maka akan semakin banyak ruang fiskal yang harus dipakai untuk menjembatani aktivitas ekonomi yang belum kembali.

Sebaliknya, jika bisa lebih cepat membangun rasa aman di masyarakat dengan mengajari masyarakat akan perubahan perilaku yang baik, dengan protokol kesehatannya lebih disiplin, maka rasa aman akan cepat kembali, dan orang akan berani keluar melakukan kontak fisik dan kegiatan ekonomi berputar, sehingga ruang fiskal pemerintah akan kembali ke level normal. Itu sebabnya memang kami harus benar-benar bekerja bersama-sama dengan sektor kesehatan, dengan Pak Doni (Ketua Satgas Penanganan Covid-19).

Pemerintah menganggarkan 695,2 triliun rupiah untuk menangani masalah kesehatan sekaligus memulihkan ekonomi hingga akhir tahun ini. Saat ini, ruang fiskal masih sangat lebar.

Kami juga minta pelaku usaha segera memanfaatkan berbagai insentif fiskal seperti PPh Pasal 21 ditanggung pemerintah (DTP), PPh final UMKM DTP, pembebasan PPh Pasal 22 impor, diskon angsuran PPh Pasal 25, dan restitusi pajak PPN dipercepat.

Kami masih punya room yang cukup banyak untuk bisa memberikan stimulus fiskal, untuk mengganjal perlambatan ekonomi. Arah kebijakan fiskal 2021 tetap akan memuat agenda pemulihan perekonomian dari tekanan pandemi.

Pemerintah juga masih berupaya mencari vaksin virus korona. Diharapkan vaksin bisa ditemukan tahun ini sehingga program vaksinasi bisa langsung terlaksana tahun depan, dan ekonomi bisa pulih sepenuhnya. Kami sudah mempersiapkan, sudah mengajukan, dan kami sudah anggarkan ruang fiskal yang cukup untuk bisa mengganjal aktivitas ekonomi di tahun depan.

Bagaimana dengan bantuan sektor UMKM?

Tentunya dalam mengeluarkan stimulus ekomomi selama pandemi ini, pemerintah memprioritaskan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, bukan berarti tidak memperhatikan pengusaha besar.

Tabungan pengusaha UMKM tidak sebanyak pengusaha besar. Selain itu, jumlah UMKM di Indonesia sangat banyak meski skala usahanya tidak besar, sehingga secara agregat kontribusi ke ekonomi juga besar.

Presiden mengarahkan Satgas PEN untuk memprioritaskan UMKM. Apalagi, UMKM menyerap tenaga kerja yang sangat banyak, sehingga itu juga menjadi prioritas kita. Kita berikan perhatian ke pengusaha Indonesia tapi fokus ke UMKM.

Pemerintah bakal menerapkan dua program bantuan bagi UMKM agar bisa bertahan di tengah pandemi covid-19. Bantuan pertama yaitu uang tunai sebesar 2,4 juta rupiah per orang dan bukan bersifat pinjaman. Program selanjutnya yaitu menyalurkan kredit usaha berbunga rendah bagi UMKM. Bantuan ini bersifat pinjaman.

Bagaiamana Anda melihat ekonomi ke depannya?

Perekonomian nasional masih berpotensi tumbuh positif pada periode Juli hingga September 2020. Pertumbuhan ekonomi kita tahu pertumbuhan ini di seluruh negara susah. Tapi, chance untuk memperoleh pertumbuhan yang tidak negatif di kuartal III masih ada.

Diharapkan dapat merealisasikan pertumbuhan yang positif, perlu adanya upaya bersama untuk memunculkan kepercayaan dari pelaku aktivitas ekonomi, di tengah bayang-bayang pandemi Covid-19. Hal tersebut dapat dilakukan dengan terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam operasional berbagai aktivitas ekonomi. Itu akan dibantu oleh kami, percepatan disbursement anggaran fiskal yang sudah diberikan dan cukup besar.

Melalui operasional aktivitas ekonomi dengan protokol kesehatan yang ketat dan percepatan realisasi stimulus oleh pemerintah, diharapkan pertumbuhan ekonomi kuartal III tahun ini tidak berada di level negatif. Harapan kesempatan chance mendapat pertumbuhan yang flat atau nol itu masih ada.

S-1

Tampilkan Semua

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Muhammad Yusuf Ateh, Ak, MBA, CSFA: ”Saya Ingatkan, PEN Banyak Lubang”

Sabtu 1/8/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia membuat pemerintah mengucurkan dana 695 triliun rupiah guna mencegah terus meluasnya penyebaran. Di sisi lain, kementerian keuangan juga mengatakan, belanja pemerintah pada semester II-2020...
Selengkapnya

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof Drh Wiku Bakti Bawono Adisasmito, MSc, PhD : Tenaga Kesehatan Harus Kita Lindungi

Sabtu 25/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Penanganan wabah Covid-19 di Indonesia memasuki babak baru. Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan...
Selengkapnya

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M : Menegakkan Kedaulatan NKRI di Laut

Sabtu 18/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Adanya pelanggaran hukum yang terjadi di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia oleh negara lain dan krisis di laut Natuna Utara yang semakin mengarah pada konflik terbuka antara Tiongkok dan Amerika Serikat mengharuskan untuk meningkatkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta