Koran Jakarta | June 20 2019
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Jokowi: Belum Ada Kebijakan Konkret Genjot Investasi

Kamis 20/6/2019 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
Masalah utang luar negeri Indonesia yang dinilai sudah cukup tinggi juga ikut mempengaruhi kepercayaan investor dan minat investasi. Masalah utang luar negeri Indonesia yang dinilai sudah cukup tinggi juga ikut mempengaruhi kepercayaan investor dan minat investasi.   JAKARTA - Presiden Joko Widodo...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Jokowi: Belum Ada Kebijakan Konkret Genjot Investasi

Kamis 20/6/2019 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
Masalah utang luar negeri Indonesia yang dinilai sudah cukup tinggi juga ikut mempengaruhi kepercayaan investor dan minat investasi.

 

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan kepada sejumlah men­teri Kabinet Kerja agar segera menemukan tero­bosan baru untuk menggenjot investasi dan eks­por, demi mengatasi defisit transaksi berjalan.

Presiden pun mengungkapkan kekece­waannya karena hingga kini dinilai belum ada kebijakan konkret untuk mengatasi masalah tersebut. Padahal, rapat terbatas (ratas) yang membahas ekspor, investasi, dan perdagangan sudah kerap dilakukan.

“Investasi, ekspor, dan perpajakan sore hari ini kita rapatkan. Ini ratas keenam. Tolong diga­risbawahi,” ujar Presiden Jokowi saat membuka ratas dengan topik pembahasan lanjutan tero­bosan kebijakan investasi, ekspor, dan perpajak­an di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/6).

“Sesuai keinginan saya sejak awal untuk te­robosan di bidang investasi, ekspor, dan per­dagangan. Saya sudah berkali-kali sampaikan ekspor, investasi, kunci utama,” tegas Jokowi.

Menurut Kepala Negara, ekspor dan inves­tasi menjadi kunci utama memperbaiki defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi ber­jalan yang sudah menjadi penyakit akut eko­nomi nasional. “Terakhir, saya minta kebijakan yang berkaitan investasi, ekspor ini betul-betul konkret dieksekusi. Kita mendengar kesulitan apa yang dialami pelaku,” tegas Jokowi.

Terkait investasi, sebelumnya, Kementeri­an Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan kebutuhan investasi 2020 berkisar 5.806,6 trili­un-5.823,2 triliun rupiah. Asumsinya, investasi akan tumbuh maksimal 10,35 persen diban­dingkan target tahun ini yang sebesar 5.276,6 triliun rupiah.

Investasi sebesar itu diperlukan untuk men­capai target ekonomi tahun depan antara 5,3– 5,6 persen, dengan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) harus tumbuh di kisaran 7–7,4 persen.

Pekan lalu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan swasta berperan paling dominan dalam menopang investasi. Porsinya mencapai 72,6-73,76 persen menjadi 4.221,3 triliun–4.295,5 triliun rupiah.

Dia menambahkan pemerintah akan ber­upaya menciptakan kebijakan investasi yang kondusif mulai dari infrastruktur, tenaga kerja, hingga penyederhanaan regulasi. Sementara itu, kebutuhan investasi tahun depan akan ber­asal dari perusahaan pelat merah sebesar 471,7 triliun–473,4 triliun rupiah.

Tidak Efektif

Menanggapi kekecewaan Presiden soal mi­nimnya kinerja investasi dan ekspor, pengamat ekonomi dari Universitas Airlangga Surabaya, M Nafik, mengatakan beberapa penyebab te­robosan pemerintah soal investasi dan per­izinan tidak efektif adalah faktor politik, perang dagang, inkonsistensi pemerintah, dan beban utang luar negeri yang tinggi.

“Kondisi politik dalam negeri mempenga­ruhi kinerja bisnis. Apalagi, ekonomi global juga sedang guncang karena eskalasi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok,” jelas Nafik, Rabu.

Menurut dia, masalah utang luar negeri yang dinilai sudah cukup tinggi, juga ikut memengaruhi kepercayaan investor. Sebab, beban pembayaran utang yang begitu tinggi membuat nilai tambah ekonomi nasional yang seharusnya untuk membiayai pembangunan, harus digunakan untuk membayar bunga.

Sebagaimana dikabarkan, sejumlah ka­langan mengingatkan pemerintah agar me­waspadai tren pertumbuhan utang luar negeri (ULN) swasta yang cukup pesat, dan jumlahnya kini melampaui ULN pemerintah. Kondisi se­perti itu apabila tidak dikelola dan diantisipasi secara cermat dikhawatirkan berpotensi me­micu krisis ekonomi seperti yang terjadi pada krisis keuangan 1998.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), ULN Indonesia naik 8,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) per akhir April 2019 men­jadi 389,3 miliar dollar AS atau setara 5.533 tri­liun rupiah dengan menggunakan kurs tengah pada 30 April yakni 14.215 rupiah per dollar AS.

ULN itu terdiri atas utang pemerintah dan bank sentral sebesar 189,7 miliar dollar AS, serta utang swasta termasuk BUMN sebesar 199,6 miliar dollar AS. YK/SB/fdl/ers/WP

Tampilkan Semua

Keterangan Saksi Pemohon Banyak yang Tidak Relevan

Kamis 20/6/2019 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Sebagian besar keterangan saksi yang dihadir­kan tim kuasa hukum Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pada Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa pemilihan presiden (Pilpres) 2019 banyak yang...
Selengkapnya

Indonesia Angkat Isu Sampah Laut di KTT Asean

Kamis 20/6/2019 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Selain disampaikan dalam bentuk pidato oleh Jokowi, isu sampah plastik ini juga nantinya akan disampaikan dalam bentuk dokumen resmi.   JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan mengangkat isu sampah laut termasuk sampah plastik...
Selengkapnya

Polisi Profesional dalam Penyidikan Kasus Kivlan Zein

Kamis 20/6/2019 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo, menegaskan polisi telah melakukan penyidikan secara profesional terkait kasus yang menyandung Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zen. Dedi menanggapi pernyataan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Forum Legislasi

Rabu 19/6/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Anggaran Pilkada 2020 Harus Disiapkan

Rabu 19/6/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memin­ta seluruh pemerintah daerah yang daerahnya nanti pada 2020 menggelar pemilihan ke­pala daerah, agar mempersiap­kan anggarannya. Sehingga pesta demokrasi memilih kepa­la...
Selengkapnya

Bawaslu Tak Temukan Pelanggaran ASN-Polri

Rabu 19/6/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sidang gugatan perselisihan hasil Pilpres memberikan kesempatan pihak termohon untuk membacakan jawabannya.    Jakarta - Ketua Bawaslu, Abhan, mengatakan, pihaknya telah melakukan pengawasan di segala tahapan Pemilu 2019....
Selengkapnya

Halal Bihalal PKB

Selasa 18/6/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Presiden Xi Jinping Bersedia Bertemu Trump di Osaka

Kamis 20/6/2019 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font

BEJING – Presiden Tiongkok, Xi Jinping, berharap dapat mengatasi masalah mendasar antara Tiongkok- Amerika Serikat (AS) dalam pertemu­an dengan Presiden Donald Trump di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Jepang, pekan depan.

Menurut laporan media pemerin­tah Tiongkok dalam pembicaraan tele­pon antara kedua pemimpin, Xi me­nyatakan kesediaann untuk bertemu Trump. Sementara Trump juga mem­benarkan hal itu lewat Twitter.

“Saya bersedia bertemu dengan presiden selama KTT G20 di Osaka un­tuk bertukar pendapat tentang masa­lah mendasar pengembangan hubung­an AS-Tiongkok,” kata Xi, Rabu (19/6).

Keduanya akan bertemu pada per­temuan puncak G20 pada 28 dan 29 Juni di Osaka, Jepang. Pembicaraan mereka akan menjadi perkembangan positif pertama dalam hubungan per­dagangan Tiongkok-AS sejak buntu pada awal Mei lalu.

Seperti diketahui, hubungan Tiongkok-AS telah memburuk dengan cepat di bidang politik, ekonomi, dan militer. AS menyebut Tiongkok seba­gai pesaing strategis dan menuduh Beijing melakukan kegiatan spionase dan membahayakan keamanan na­sional. Keretakan semakin lebar sela­ma perang dagang yang telag dimulai sejak tahun lalu ketika Trump berjanji untuk mengakhiri ketidakseimbang­an perdagangan dengan Tiongkok.

Kabar soal pertemuan telah men­dongkrak saham global, di antaranya Wall Street menguat pada Selasa dan pasar saham Asia melonjak pada Rabu. Gedung Putih menyebutkan, kedua pemimpin ingin meningkatkan peme­rataan lapangan kerja bagi para petani, buruh, dan swasta melalui hubungan ekonomi yang adil dan timbal balik.

Harus Dijaga

Mantan juru runding perdagangan AS, Wendy Cutler, mengatakan, ha­rapan tentang kemajuan yang dapat dicapai dalam pertemuan kedua pe­mimpin itu harus dijaga.

“Mengambil satu halaman dari buku pedoman pertemuan terakhir mereka di Argentina, hasil yang opti­mal akan menjadi kesepakatan untuk melanjutkan pembicaraan, dengan panduan tingkat tinggi tentang bagai­mana mendekati isu-isu yang masih tersisa, ditambah dengan gencatan senjata sementara pada tarif, serta tindakan eskalasi lebih lanjut terkait perdagangan,” kata Cutler, yang juga menjadi Wakil Presiden di Institut Kebijakan Masyarakat Asia.

“Tapi, ini sama sekali tidak men­jamin hasil. Satu kartu liar adalah seberapa kuat Beijing akan menekan beberapa tindakan yang diambil ter­hadap Huawei sebagai harga untuk kesepakatan dagang, dan bagaimana Trump akan merespons. Dengan kekecewaan komunitas keamanan nasional, Presiden AS mengatakan bahwa dia mungkin siap untuk me­lakukan itu,” tambahnya.

Pakar dari Universitas Bisnis Inter­nasional dan Ekonomi di Beijing, Cui Fan, mengatakan ada ruang Tiongkok ingin bekerja sama dengan AS. “Ketika industri Tiongkok ditingkatkan, per­saingan antara Tiongkok dan AS akan menjadi biasa dalam jangka panjang,” tukasnya. SCMP/SB/AR-2

Tampilkan Semua

Menyelamatkan Diri

Rabu 19/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

KBRI Wina Promosikan Musik Keroncong Orkestra di Austria

Rabu 19/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Wina- Musik adalah bahasa univesal lintas suku, ras, agama, bangsa dan negara. Karena itu ia bisa menjadi jem­batan komunikasi yg mengeratkan persahabatan antar bangsa dan negara. Dalam semangat persahabatan seper­ti itu, pada...
Selengkapnya

AS Kirim Pasukan Tambahan ke Timur Tengah

Rabu 19/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTONDC- Pentagon mengumumkan pada Se­nin (17/6) bahwa Amerika Serikat (AS) akan mengirim 1.000 pasukan tambahan dan lebih banyak sumber daya militer ke Timur Tengah di tengah ketegangan dengan Iran. “Saya telah memberi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Dharma Bhakti Astra

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Satgas “Illegal Fishing” Tangkap Kembali Kapal Ikan Asing

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA –Satgas illegal fishing kembali menangkap satu kapal ikan asing berbendera Malaysia di perairan Selat Mala­ka pada Selasa (18/6). Pengkapan terjadi setelah beberapa hari sebelumnya juga menangkap kapal ikan asing (KIA)...
Selengkapnya

Jembatan Mesuji Way Diperbaiki

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan perbaikan jembatan Mesuji Way yang ambrol pada pekan lalu. Jembatan Mesuji Way merupa­kan prasarana penting karena merupakan bagian jalur peng­hubung jalan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pemkab Terus Atasi Kawasan Kumuh di Ponorogo

Senin 17/6/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2015, hampir separuh penduduk Indonesia tinggal di kawasan perkotaan. Pada 2035, jumlah tersebut diper­kirakan akan naik menjadi 67 persen. Salah satu persoalan umum pada daerah perkotaan terkait kenaikan jumlah pen­duduk adalah urbanisasi yang memicu tumbuhnya kawasan kumuh.

Kawasan kumuh ini mudah ditemukan di wilayah dengan tingkat kepadatan populasi tinggi di sebuah kota yang umumnya dihuni masyarakat miskin. Bagi pemerintah dae­rah, diperlukan kemampuan manajemen perkotaan yang memadai guna mengatasi ber­bagai persoalan yang muncul dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada warga.

Kini, masalah kawasan kumuh sudah bukan monopoli dari kota metropolitan. Sejum­lah kabupaten di Jawa Timur juga mengalami problem serupa, salah satunya adalah Ponorogo. Berangkat dari data Dinas Perumahan dan Ka­wasan Permukiman Ponorgo 2014, tercatat, sedikitnya 30 hektare lahan di Ponorogo ma­suk kategori kumuh.

Untuk itu, sejak 2107, Pe­merintah Kabupaten Ponorogo menggelar inovasi program nasional kota tanpa kumuh (Kotaku). Kini, program Ko­taku telah berhasil mengubah kawasan kumuh di Ponorogo menjadi kawasan bersih dan tertata.

Untuk mengetahui apa saja yang telah dan akan dilaku­kan jajaran Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk mengikis keberadaan kawasan kumuh tersebut, wartawan Koran Jakarta, Selocahyo, berkesempatan mewawan­carai Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, di Ponorogo, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Apa latar belakang adanya program Kotaku di Pono­rogo?

Seiring meningkatnya urbanisasi, diperlukan pe­ngembangan kawasan yang memadai, mulai dari aspek infrastruktur, layanan dasar, kecukupan air, ruang terbuka hijau, dan lainnya. Kalau itu tidak dipenuhi, urbanisasi justru menimbulkan masyara­kat miskin baru di perkotaan, yang mendorong persoalan sosial seperti tumbuhnya ka­wasan kumuh baru, degradasi lingkungan, meningkatnya kesenjangan sosial, hingga kriminalitas.

Bisa dijelaskan soal program Ko­taku?

Program Kotaku yang dicanang­kan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut untuk mengatasi tingkat ke­kumuhan di wilayah kota dalam rangka menyukses­kan tercapainya percepatan Universal Akses 100.0.100. Universal Akses 100.0.100 adalah keadaan di mana akses air minum terpenuhi untuk masyarakat hingga 100 persen. Bagaimana kawasan kumuh itu hilang hingga target 0 per­sen serta bagaimana sanitasi lingkungan terpenuhi dengan baik 100 persen.

Dananya dari mana un­tuk melaksanakan program tersebut?

Kotaku disokong bantuan dana investasi dari APBN se­besar empat miliar rupiah. Di Ponorogo, program ini berada di bawah komando Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Kabupaten Ponorogo. Dengan program itu, Ponorogo berhasil meng­ubah citra ka­wasan kumuh menjadi kota yang bersih. Targetnya, dengan berbagai kegiatan, pemba­ngunan infrastruktur dan peralatan dalam program ini akan men­dor­ong kawasan di Ponorogo bebas dari kondisi kumuh di tahun 2020 nanti.

Realisasi program sudah terwujud?

Tahun lalu, enam ke­lurahan, yakni Jingglong, Nologaten, Paju, Pinggirsari, Tamanarum, dan Brotonega­ran mendapatkan alokasi dana sebesar empat miliar rupiah dari Kementerian PUPR. Dana tersebut digunakan untuk ber­bagai kegiatan dan infrastruk­tur. Mulai dari pengerasan jalan, pembuatan selokan, dan pengadaan motor gerobak sampah.

Hasilnya sampai sekarang seperti apa?

Terbukti, dalam dua tahun terakhir wilayah kumuh di Ponorogo, berkurang signi­fikan. Dulu, kami punya 30 hektare lahan kumuh di enam kelurahan tersebut. Saat ini angka itu sudah turun drastis hingga 0 persen.

Rencana selanjutnya bagaimana?

Pemkab Ponorogo masih punya pekerjaan rumah, 10,83 hektare lahan kumuh yang ter­sebar di 20 kelurahan lainnya. Rencananya, pada tahun 2019 ini Pemkab akan menangani wilayah kumuh itu. Kami dapat tiga miliar rupiah un­tuk anggarannya, yang akan digunakan untuk mengerjakan infrastruktur, drainase, dan persampahan.

Selain itu, dana tersebut juga diusulkan untuk me­ningkatkan sanitasi masyara­kat. Di enam kelurahan ini kan belum semua wilayahnya kena program Kotaku. Contohnya di Jingglong hanya di dekat sungai saja yang kena. Maka di 2019 ini, daerah dalam enam kelurahan yang belum terkena program Kotaku akan kami beri.

Bagaimana dengan pen­anganan masalah kesehatan?

Dinas Kesehatan Kabu­paten Ponorogo terus meng­galakkan fogging, terutama pada wilayah endemik demam berdarah. Fokus kegiatan fog­ging memang pada wilayah endemik, tapi pada kawasan-kawasan lain pada gilirannya juga akan dilakukan.

Upaya apa saja yang di­lakukan untuk menciptakan Ponorogo sebagai kabupaten layak anak?

Memang targetnya, di ta­hun 2019 ini, Ponorogo akan menjadi kabupaten layak anak. Kami lakukan mulai dari koordinasi sampai sinergisitas berbagai program pendukung. Pertama, koordinasi dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar dalam membuat berbagai program yang selalu mengarah pada penciptaan kabupaten layak anak.

Pemkab akan memben­tuk gugus tugas kabupaten layak anak, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa. Di samping itu, kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti orga­nisasi masyarakat dan dunia usaha untuk bisa menyin­ergikan beberapa kegiatan di masing-masing instansi meng­arah pada kabupaten layak anak.

N-3

Tampilkan Semua

Wujudkan Sumsel sebagai Provinsi Pembawa Berkah

Senin 13/5/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus berbe­nah. Berbagai program pembangunan terus digenjot agar Sumsel benar-benar men­jadi provinsi yang membawa berkah bagi semuanya. Gu­bernur Sumsel, Herman Daru, bertekad mewujudkan...
Selengkapnya

Banyuwangi Terus Berbenah Jadi Kabupaten Inovatif

Senin 6/5/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
   Pada 25 April 2019, di­gelar peringatan hari otonomi daerah yang ke-23. Kali ini acara perin­gatan hari otonomi daerah tingkat nasional dipusatkan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim). Banyuwangi dalam...
Selengkapnya

Jatim Pacu Pemasukan dari Sektor Perikanan

Senin 29/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jawa Timur (Jatim), nilai produksi ikan wilayah tersebut menurut kabupaten/kota dan subsektor perikanan pada 2015 mencapai 12,430 triliun ru­piah. Setelah itu meningkat menjadi 13,272 triliun...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Prosesi “Groundbreaking”

Senin 17/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Konsep Modern Minimalis untuk Dapur

Senin 17/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah ruang memasak minimimalis sekarang ini menjadi salah satu desain favorit bagi keluarga kecil yang sangat menyukai sesuatu yang sederhana. Bagaiamana mendesain dapur berkonsep minimalis? Ruang memasak minimalis sangat cocok untuk...
Selengkapnya

Teknik Memperkuat Struktur Bangunan

Senin 17/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Diperlukan teknik renovasi bangunan yang lebih detil untuk memperkuat lagi struktur bangunan. Ada beberapa teknik untuk mengatasi indikasi konstruksi bangunan yang rusak atau rapuh. Antara lain solusinya adalah dengan memperkuat...
Selengkapnya

Tren Global: Menerapkan Desain Kota Sehat

Jumat 14/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kota yang sehat menjadi dambaan setiap warganya. Hal ini lantaran, kehidupan kota menggunakan energi yang lebih banyak dibandingkan wilayah lainnya memicu pemanasan global. Dengan sebuah desain, emisi karbon sebagai salah satu penyebab...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Indonesia Most Creative Companies 2019

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Mewaspadai Penyebab Bobolnya Data

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Negara Asia Pasifik menjadi motor pertumbuhan ekonomi digital di dunia. Indonesia misalnya memiliki tingkat penetrasi e-dagang tertinggi di dunia, sementara Thailand memimpin dalam penetrasi mobile banking, dan Singapura teratas dalam...
Selengkapnya

Inovasi Sempurna Ponsel Tiongkok

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Merek ponsel asal Tiongkok Oppo menghadirkan seri baru yaitu Reno, singkatan dari “creative and innovation.” Seri ini hadir untuk menggantikan seri F dan R, yang telah berakhir. Kali ini merek Tiongkok ini menghadirkan dua...
Selengkapnya

Adu Canggih Monitor “Gaming”

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perusahaan teknologi menghadirkan teknologi terbaru untuk monitor ‘game’. Mereka berlomba dalam dalam menghadirkan kinerja yang mumpuni namun ramah di mata. Penyedia perangkat monitor LG hadir dengan menonjolkan monitor game...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Skutik Terbaru yang Gaya dan Irit

Rabu 19/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Honda menghadirkan penyegaran terbaru untuk motor papan bawah New Honda BeAT Street eSP. penyegaran dilakukan dengan menawarkan grafis desain strip baru yang membuat karakter fun dan ekspresif menjadi semakin kuat.

Dengan grafis dan strip bary membuat tampilan BeAT menjadi semakin kuat dan mempertegas karakter gaya jalanan ala anak muda semakin kuat. “Desain stripe yang baru tetap mempertahankan konsep Urban Street Style yang lekat dengan aktivitas anak muda,” ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya.

Thomas menjelaskan, penyegaran desain New Honda BeAT Street eSP pada warna Matte Street Black dilakukan sebagai upaya AHM menghadirkan skutik sesuai gaya khas anak muda yang atraktif, menyenangkan dan sporti, dan diyakini akan menjadi pilihan anak muda.

Dari sisi konsumsi BBM, BeAT Street eSP diklaim paling yang irit di kelasnya. Hal ini berkat mesin 110cc dengan fitur eSP (Enchanced Smart Power), sehingga mampu memaksimalkan pembakaran secara efisien, mengurangi gesekan untuk meminimalkan terbuangnya emisi secara percuma.

Skutik ini telah dibekali fitur ECO Indicator yang menampilkan tanda berkendara secara irit. Saat berkendara dengan irit, ECO Indicator berwana hijau ini akan menyala di panel meter dengan 3 pola untuk memberikan informasi berkendara yang irit termasuk saat lampu dalam kondisi off.

Dengan teknologi ACG Starter, BeAT, terbaru memiliki suara yang halus saat dilakukan start. Keunggulan lain adalah kapasitas fuel tank besar hingga 4 liter dengan kemampuan jelajah lebih jauh hingga 236 km setelah dilakukan pengisian bahan bakar secara penuh.

BeAT dilengkapi dengan stang yang lebih lebar dengan posisi yang lebih tinggi untuk mendukung street style dan kesan gagah serta rasa berkendara yang lebih nyaman. Jarak terendah motor ke tanah (ground clearance) diklaim terbaik di kelasnya dan penggunaan ban tubeless sehingga lebih tahan kebocoran dan lebih nyaman dikendarai.

Untuk keselematan Honda menyematkan rem Combi Brake System (CBS) dalam membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal. Terdapat standar samping otomatis (Side Stand Switch), serta Parking Brake Lock yang untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan.

New Honda BeAT Street eSP tersedia dalam dua tipe yaitu CBS Street Matte Black dan Street Silver. Keduanya dipasarkan dengan harga 16,693 juta rupiah untuk wilayah DKI Jakarta. hay/E-6

Tampilkan Semua

Edisi Khusus Kendaraan Ikonis

Rabu 19/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tidak banyak mobil yang memiliki karakter  kuat dan menjadi ikon sebuah mobil sebagai  kendaraan fashion. Mini menawarkan desain yang ikonik dan bergaya. “Dengan hadirnya Mini di IIMS 2019, kami harap dapat menunjukkan...
Selengkapnya

Tampilan Baru Motor Sport Yamaha

Rabu 12/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Yamaha menawarkan tambahan pilihan warna dan stripping baru pada All New R15. Dengan tambahan warna ini diharapkan memberikan banyak pilihan konsumen motor yang pernah meraih Best of Sport Fairing 150 pada ajang Otomotif Award 2019. R15...
Selengkapnya

“Power Full” si SUV Kompak

Rabu 12/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di pasar Indonesia, Jeep menghadirkan mobil terbaru pada segmen SUV kompak. Mobil ini punya kelebihan pada desain, tenaga, fitur yang kaya, dan kemampuan di medan off road ringan. Meski telah dipasarkan di AS sejak 2008, Jeep Compass...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Platini Bantah Bersalah Terkait Piala Dunia 2022

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NANTERRE- Mantan ketua UEFA yang telah dijatuhi sanksi, Michel Platini dibebas­kan dari tahanan pada Rabu (19/6) setelah berjam-jam diperiksa terkait penyelidikan dugaan korupsi atas pemberian tuan rumah Piala Dunia 2022 kepada Qatar.

Legenda sepak bola Prancis yang memi­mpin federasi sepak bola Eropa dari 2007 hingga 2015 diperiksa pada Selasa oleh polisi anti-korupsi Prancis. Pemeriksaan itu terkait dugaan korupsi dalam pemungutan suara yang berlangsung pada 2010 untuk menun­juk Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Dia membantah melakukan kesalahan dan pernyataan dari perwakilannya menga­takan Platini tidak mengetahui fakta-fakta dari kasus tersebut. Pengacara Platini Wil­liam Bourdon mengatakan dia telah dibebas­kan tanpa tuduhan apapun.

Platini yang kini berusia 63 tahun mening­galkan kantor polisi anti-korupsi di Nanterre, pinggiran barat Paris. “Pemeriksaan berjalan panjang karena harus menjawab sejumlah pertanyaan, itu panjang, karena saya ditanya tentang Piala Eropa 2016, Piala Dunia di Ru­sia, Piala Dunia di Qatar dan FIFA,” ujarnya.

Keputusan untuk menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 memicu tudu­han korupsi yang akhirnya memicu skandal terburuk FIFA.

Kantor Penuntut Kejahatan Keuangan Prancis (PNF) membuka penyelidikan awal pada 2016 terhadap dugaan korupsi dan konspirasi. ben/AFP/S-2

Tampilkan Semua

Bale Enggan Dipinjamkan

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MADRID - Agen Gareth Bale menolak saran agar penyerang asal Wales yang menjadi klienn­ya itu dapat meninggalkan Real Madrid dengan status pinjaman. Agen tersebut mengatakan akan dibutuhkan sesuatu yang luar bia­sa bagi pemainnya...
Selengkapnya

Nigeria Waspadai Tim Debutan

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JOHANNESBURG - Pelatih Nigeria, Gernot Rohr mewaspa­dai tim debutan Piala Afrika 2019. Hal itu diungkap Rohr meskipun sebagian pendatang baru sering tersingkir di putaran awal. Nigeria akan bersaing den­gan tim debutan Burundi...
Selengkapnya

Favre Berlanjut di Dortmund

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BERLIN - Pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre, telah memperpanjang kontraknya dengan klub Bundesliga un­tuk satu tahun kedepan hingga 2021. Demikian diumumkan klub runner-up liga Jerman itu, Selasa (18/6). Pelatih asal Swiss...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

“Sejuta” Manfaat Tanaman Kelor bagi Kesehatan

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Tanaman Kelor: Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha

Penulis : FG Winarno

Penerbit : Gramedia

Cetakan : Agustus 2018

Tebal : 114 halaman

ISBN : 978-602-06-1164-8

Tanaman ini sudah lama dikenal masyarakat. Pohon kelor bisa tumbuh di berbagai tempat daerah khatulistiwa dan berusia sam­pai 20 tahun. Cara mengolah sebagai kuliner juga mudah. Dalam catatan sejarah, tanaman kelor sudah dike­nal dunia ribuan tahun lalu. Begitu pula khasiatnya. Masyarakat purba menyebutnya three of life atau pohon kehidupan.

Buku ini menghadirkan beragam manfaat kelor bagi kesehatan yang belum banyak diketahui. Kelor kaya sumber nutrien atau zat gizi yang me­ngandung mineral, antioksidan, asam lemak, dan asam amino esensial. Kelor juga multiguna karena hampir seluruh bagian tanaman tersebut dari akar, daun, polong, hingga kulit batang dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit (hlm 19).

Besarnya kandungan nutrien dalam kelor berpotensi mengentaskan masa­lah kekurangan gizi, sehingga sangat baik untuk dipromosikan, direko­mendasikan, dan dikembangkan di kawasan penduduk miskin. Menjadi­kan kelor sebagai menu sehari-hari dapat mempengaruhi positif dalam hitungan hari sampai satu pekan.

Daun kelor bisa dikonsumsi dalam bentuk segar, dimasak, dan dalam bentuk hidangan tradisional. Dia juga bisa dikeringkan, lalu digiling atau ditumbuk menjadi bubuk. Hebatnya lagi, daun kelor bubuk dapat disim­pan dalam waktu lama tanpa penu­runan mutu baik dari segi gizi maupun terapeutik.

Daun kelor tidak berefek samping apa pun. Ia juga bisa dikonsumsi segala usia, termasuk ibu yang sedang mengandung atau menyusui, serta manula. Bahkan, bayi berusia enam bulan ke atas juga bisa mengonsum­sinya. Daun kelor sangat baik dimasak menjadi bubur sebagai makanan pen­damping ASI (hlm 35).

Ia juga berperan sebagai penyang­ga sistem imunitas alami yang sangat efektif sehingga membantu penyem­buhan berbagai penyakit secara cepat. Unsur antioksidan yang sangat kuat di dalam kelor mampu memberikan suplemen dan menjaga fungsi imuni­tas tubuh secara alami. Ia terkadang dimanfaatkan juga untuk menurunkan maupun meningkatkan berat badan. Karena kelor mengandung makro dan mikro nutrien yang sangat unik. Me­ngonsumsi daun kelor sama artinya makan sebagian besar senyawa gizi yang diperlukan tubuh.

Dalam kehidupan suami-istri, daun kelor dimanfaatkan untuk meningkat­kan libido seksual. Selama berabad-abad, dia terbukti efektif menyem­buhkan para penderita impotensi. Biasanya untuk tujuan ini yang digunakan adalah cabang kelor yang sangat muda, luna, dan berwarna hijau. Caranya, kulit cabang kelor dikupas langsung dikunyah.

Penderita insomnia dianjurkan mengonsumsi daun kelor. Begitu pula mereka yang daya pengelihatannya berkurang atau buruk. Para pakar dan peneliti di seluruh dunia sepakat, berdasarkan hasil penelitian mere­ka, kelor mengandung senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Rahasianya, terletak pada fakta bahwa kelor sangat kaya akan unsur catachin polephenol, terutama senyawa epigallocatechin gallate, senyawa antioksidan. Ini secara medis mampu menghambat pertumbuhan dan mem­bunuh sel kanker, tanpa harus meng­ganggu sel tubuh yang sehat (hlm 51).

Di berbagai negara Afrika dan Asia, telah banyak bermunculan produk berbahan dasar kelor baik skala kecil, menengah, maupun besar. Produk berbahan kelor di antaranya berben­tuk bubuk, teh atau hasil fermentasi teh. Masyarakat India dan Indonesia juga sudah banyak memanfaatkan khasiat daun kelor bagi kesehatan. Diresensi Misnawi, Dosen IAIN Madura

Tampilkan Semua

Kecelakaan Kapal

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pada bulan Juni ini, peristiwa demi peristiwa kecelakaan pelayaran terjadi di Tanah Air. Mulai KMP Mutiara Per­sada II yang berlayar dari Pelabuhan Merak, Banten, menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, kandas di perairan Pulau...
Selengkapnya

Pendidikan Antiradikalisme

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
oleh amnia salma Kenyataan bahwa radikal­isme telah menjangkiti remaja, pelajar, dan anak-anak usia sekolah tidak dapat dipungkiri. Beberapa waktu lalu, seorang remaja, RA (23) meledakkan diri di pos Polisi Kartasura, Sukoharjo,...
Selengkapnya

Melindungi Remaja dari Penyalahgunaan Narkoba

Rabu 19/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Drugs Aren’t Cool, They Make You Act Like a Fool! Penulis : CSP Wekadigunawan, Ph.D Penerbit : Grasindo Cetakan : 2019 Tebal : 128 Halaman ISBN : 9786020516097 Saat ini, narkoba sudah jadi ma­salah global yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Penyakit Langka yang Perlu Diwaspadai

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

OMNI Hospitals Alam Sutera dan Sequis mengedukasi masyarakat Indonesia agar semakin peduli pada risiko kanker karena kanker merupakan penyakit ganas. Sel kanker dapat memakan sel sehat dan memperbanyak dirinya kemudian menyebar ke organ tubuh hingga menyebabkan kematian.

Salah satu jenis kanker yang cepat menyebar adalah kanker tulang. Kanker ini muncul pada sel tulang yang tumbuh tidak normal. Kasus kanker ini tidak banyak tetapi ter­masuk sulit disembuhkan.

Kanker tulang termasuk kanker yang tergolong langka dan sulit disembuhkan serta dapat menye­babkan kematian. Kanker tulang terjadi akibat adanya sel tulang yang bertumbuh tidak normal. Penyakit ini dapat dialami sejak usia anak hingga dewasa terutama pada perempuan usia produktif, yaitu usia 21-35 tahun.

Sedangkan untuk anak-anak yang memiliki riwayat kanker pada retina atau selaput jala mata (retinoblastoma) dan melakukan terapi kanker sejak kecil mempu­nyai risiko terkena kanker tulang.Penyebab kanker tulang sampai saat ini masih belum diketahui.

“Kanker tulang biasanya terkait faktor genetik, misalnya jika keluarga memiliki sindrom Li-Fraumen, disebabkan kesalahan gen yang diwarisi dari orang tua, penyakit Paget atau tulang rapuh akibat jaringan tulang baru secara perlahan menempati jaringan tu­lang lama (Paget’s disease), riwayat kanker mata (retinoblastoma), dan ada riwayat penyakit lainnya yang berkaitan dengan paparan sinar radiasi tinggi, maka risiko terkena kanker tulang akan lebih besar,” ungkap Fridolin Seto Pandu, Man­ager Medical Underwriter Sequis.

Ada beberapa kanker tulang yang dikenal, yaitu kanker tulang primer yang terbentuk dari sel-sel tulang dan pertama kali muncul di jaringan tulang, misalnya Osteo­sarcoma (osteogenic sarcoma) yang berasal dari sel tulang.

“Kanker tulang ini paling agresif dan paling banyak ditemukan. Ter­utama pada pria usia 10-30 tahun. Ada juga jenis lainnya yang dise­bur Chondrosarcoma, berasal dari tulang rawan. Jenis ini lebih sering ditemukan pada perempuan usia di atas 40 tahun,” jelasnya.

Selanjutnya, kanker Sarcoma Ewing, berkembang di tulang dan dapat juga berawal dari jaringan atau organ lain. Jenis ini banyak ditemukan pada usia anak hingga dewasa muda. Kanker tulang juga bisa merupakan kanker sekunder atau metastasis yang awalnya kanker terjadi di sel atau jaringan lain di tubuh kemudian menyebar ke tulang misal kanker prostat, pa­yudara, usus, dan paru kemudian menyebar ke tulang.

“Kanker tulang termasuk sulit dideteksi dini, tetapi jika ada ke­luhan nyeri pada tulang tertentu yang tidak kunjung sembuh dan semakin nyeri ketika beraktivitas, seperti tulang lengan atas dekat bahu, tungkai bawah (dekat lutut), tungkai atas, panggul, terjadi penu­runan berat badan secara drastis, atau badan terasa makin lemah maka sebaiknya segera periksa ke dokter,” tukasnya.

Ciri lain yang harus diwaspadai, seperti tangan atau kaki sering ter­asa dingin dan kesemutan hingga mati rasa. Jika sakit pada tulang tersebut memang ternyata terkena kanker dan dibiarkan dapat terjadi pembengkakan di area persendian sehingga akan sulit untuk digerak­kan dan nantinya akan semakin melemah, rapuh, dan berisiko pada terjadinya patah tulang.

“Ada juga yang mengira jika keseleo atau terkilir dapat menjadi pencetus kanker tulang. Kita tidak bisa mengabaikan hal ini tetapi sebaiknya ketika terjadi risiko sakit pada tulang jangan diabaikan. Biasanya dokter akan melakukan anamnesis dan pemeriksaan lanju­tan terutama jika terjadi kelemah­an dan mudah patah pada anggota badan yang keselo atau terkilir tersebut, “ imbuhnya. pur/R-1

Tergantung Tingkat Stadium

Moch. Nagieb, dokter spesialis bedah tulang, konsultan panggul & lutut OMNI Hospital Alam Sutera, mengatakan, dugaan kanker tulang pada pasien akan dilakukan dokter jika terdapat sejumlah gejala yang disebutkan sebelumnya. Namun, untuk memastikannya, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan.

“Biasanya, pada diagnosa medis, dokter akan melakukan anamnesis (menganalisa infor­masi riwayat kesehatan pasien), melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti x-rays untuk melihat lokasi, ukuran serta bentuk dari kanker. Bisa juga menggunakan bone scan, ct scan, ataupun magnetic resonance im­aging (MRI) untuk melihat ukuran kanker dan sejauh mana penyeba­rannya di dalam atau area sekitar tulang,“ ujarnya.

Selain itu, kata Nagieb, untuk menegakkan diagnosis kanker tulang, dokter bisa melakukan biopsi. “Biopsi dilakukan untuk menentukan jenis kanker tulang dan stadiumnya dengan cara mengambil sedikit jaringan tulang yang terkena kanker untuk diteliti lebih lanjut dengan menggunakan mikroskop,” imbuhnya.

Selain biopsi, ada juga pemer­iksaan lain yang akan dilakukan, seperti pemeriksaan darah untuk melihat ada atau tidaknya pening­katan enzim alkaline phosphatase (enzim yang diproduksi oleh hati dan sebagian oleh tulang) dan laktat dehidrogenase (enzim yang ada di jaringan tubuh untuk mem­bantu memproduksi energi).

Setelah dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui jenis kanker tulang, dokter akan melakukan tindakan lanjutan sesuai dengan jenis dan stadium kanker tulang tersebut. Adapun kanker tulang memiliki 4 tahapan stadium, yaitu stadium 1, pada tahap ini kanker masih di satu area tulang atau belum menyebar dan tidak agresif selanjutnya, stadium 2, sama seperti stadium 1 namun kanker lebih agresif dan mulai membesar kemudian berkembang ke stadium 3, pada tahap ini kanker sudah menyebar ke lebih dari satu area, minimal berada di 2 lokasi pada satu tulang di tulang yang sama, dan kemudian pada tahap tertinggi adalah stadium 4, saat kanker sudah menyebar ke organ lain, seperti hati, paru, atau otak.

“Kemungkinan bertahan hidup pada pasien dengan kanker tulang tergantung pada jenis dan sejauh mana penyebaran kanker. Tingkat kelangsungan hidup diperkirakan dapat bertahan selama 5 tahun ke depan untuk keseluruhan kanker tulang pada dewasa dan untuk anak-anak sekitar 70 persen. Kank­er tulang dapat saja disembuhkan. Namun, tergantung dari stadium, tingkat penyebaran kanker serta respon terhadap pengobatan yang sudah dijalani,” ujarnya.

Beberapa terapi yang bisa dilakukan pasien, seperti pembe­dahan untuk mengambil jaringan kanker, pada beberapa kasus bahkan dilakukan rekonstruksi tu­lang atau penggantian tulang yang telah diambil. Pada kasus lainnya bisa juga dilakukan amputasi, kemoterapi dengan menggunakan obat anti kanker, atau radioterapi dengan menggunakan sinar x-ray berenergi tinggi.

Penderita kanker tulang dapat menambahkan perawatan paliatif selama menjalani terapi kankernya, meliputi teknik relaksa­si, emosional support, pengaturan makanan dan nutrisi. pur/R-1

Tampilkan Semua

RUU Permusikan Ditarik dari Prolegnas

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jadi Momentum Perbaikan DPR dan pemerintah secara resmi menarik Rancang­an Undang Undang (RUU) Permusikan dari daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas 2019, yang disambut gembira para pelaku musik. Meski demikian,...
Selengkapnya

Pidi Baiq Garap Film dari Pengalaman Kuliah

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebagai salah satu pendiri The Panas­dalam, Pidi Baiq ungkapkan dirinya sangat dekat dengan koboy kam­pus. Sebab, istilah koboy kampus di lingkungan Ins­titut Teknologi Bandung di era tahun 90-an, tak lepas dari lagu yang...
Selengkapnya

Afgan Libatkan 41 Musisi di Konser Dekade

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Memandai 10 tahun berkarier di musik, Afgansyah Reza mempersiapkan konser satu dekadenya di Indonesia. Menyusul sukses konsernya yang bertajuk sama di Malaysia, Afgan memastikan konser Dekade di Indonesia menghadirkan sesuatu yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Lebihi Kapasitas

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Pakta Integritas

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Lampu Penerangan Hias

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Revitalisasi Trotoar

Kamis 20/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Sebagian RUU yang Belum Selesai Akan Dilanjutkan Tahun Depan

Rabu 19/6/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Menjelang akhir masa jabatan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebanyak 55 RUU yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2019 belum selesai. DPR dan Pemerintah sepakat mengejar sisa waktu sekitar tiga bulan untuk merampungkannya.

 

Untuk mengupas hal tersebut lebih lanjut, Koran Jakarta mewawancarai Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, di ruang kerjanya, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/6). Berikut petikan wawancaranya.

Bagaimana komitmen DPR soal rencana percepatan Prolegnas 2019?

Ya, kita sudah lakukan koordinasi untuk berbagai percepatan penyelesaian RUU yang menjadi pekerjaan rumah bagi DPR. Mudah-mudahan dalam sebelum kita reses pada 25 Juli 2019, ada beberapa undangundang yang kita sahkan.

RUU apa saja rencananya?

Ada beberapa, saya sudah sepakat dengan Ketua Baleg, Pak Supratman Andi Atgas, bahwa sebelum tanggal 25 Juli ada yang sudah diselesaikan. Di Komisi III, paling tidak ada tiga RUU yang akan dikebut, RUU Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), RUU Permasyarakatan, RUU tentang Jabatan Hakim. Kalau di Baleg ada RUU Perancangan Peraturan Perundang-undangan.

Lalu ada RUU BSSN dan RUU Keamanan Data Pribadi. Keduanya masih dilihat apakah akan ditangani Baleg atau Komisi I, soalnya di Komisi I ada RUU Penyiaran. Yang lain tinggal menunggu, karena sedang disisir oleh Baleg RUU mana saja yang akan difokuskan.

Kalau RUU PKS (Penghapusan Kekerasan Seksual) yang dijanjikan selesai pada masa sidang ini?

Iya, itu tinggal menunggu harmonisasi di Komisi VIII, sudah diujung. Mudah-mudahan bersama beberapa RUU dapat selesai sebelum reses tanggal 25 Juli 2019.

Optimistis target dapat terpenuhi?

Insya Allah, target 50 persen dari 55 RUU Prolegnas 2019 dapat terlampaui pada akhir jabatan kami.

Anda bilang 50 persen, lalu bagaimana dengan RUU yang “ditarik” dari Prolegnas?

Itu RUU yang tidak terlalu urgent untuk dibahas. Jumlah persisnya saya kurang tahu. Tetapi, saya sudah minta ke Baleg dan komisi-komisi yang ada agar me-review lagi RUU mana yang tidak urgent, nanti kita serahkan pada periode berikutnya.

Berarti, menunggu RUU Perancangan Peraturan Perundang- undangan selesai?

Nah, RUU Perancangan Peraturan Perundang-undangan itu diatur supaya RUU bisa carry over pada periode berikutnya agar kebijakan yang ada sekarang tidak dimulai dari nol lagi pada periode berikutnya. Buang-buang biaya negara saja.

Oleh karena itu, RUU tersebut juga termasuk yang dipercepat?

Iya, dipercepat, sehingga kalau tidak selesai tahun ini, bisa dilanjutkan tahun depan tanpa dari nol lagi. trisno juliantoro/AR-3

Tampilkan Semua

Potensi Gejolak Sosial Kecil selama dan sesudah Sidang MK

Selasa 18/6/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Proses penyelenggaraan Pemilu 2019 saat ini tengah dalam tahap persidangan gugatan sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Kendati demikian, polarisasi yang terjadi di masyarakat akibat dari Pilpres 2019 belum mereda. ...
Selengkapnya

Sistem Zonasi Bukan untuk Mempersulit Peserta Didik

Senin 17/6/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi dalam pelaksanaannya. Hal tersebut kerap menimbulkan keresahan karena dianggap membatasi anak didik dalam memilih sekolah.   Di tingkat daerah, baik provinsi...
Selengkapnya

Keputusan Jatah Menteri Itu Hak Prerogratif Presiden Joko Widodo

Sabtu 15/6/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Isu kabinet rekonsiliasi terus berhembus pascakemenangan Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019. Walaupun hasil pemilu masih disengketakan di Mahkamah Konstitusi (MK) oleh pihak Prabowo-Sandi, namun ada sinyal dari dua partai koalisi 02, PAN...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Budi Setiyadi

Sabtu 15/6/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019/1440 H resmi ditutup pada Jumat (14/6). Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan kegiatan angkutan Lebaran diselenggarakan secara baik sehingga angka kecelakaan menurun secara siginifikan dibandingkan tahun 2018.

Atas capaian yang baik pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun ini, Kemenhub mengapresiasi pihak-pihak terkait penyelenggaraan angkutan Lebaran 2019. Mereka, antara lain TNI, Polri, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Basarnas, BMKG atas koordinasi yang berjalan baik sehingga angkutan Lebaran 2019 berjalan dengan kondusif.

Untuk mengetahui evaluasi mudik Lebaran 2019, wartawan Koran Jakarta, Mohammad Zaki Alatas berkesempatan mewawancarai Koordinator Nasional Angkutan Lebaran 2019, Budi Setiyadi, di Jakarta, Jumat (14/6). Budi ini juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub. Berikut petikan selengkapnya.

Dari hasil evaluasi mudik apa yang paling menonjol?

Satu hal yang paling penting bagi Kemenhub adalah analisis terhadap safety. Sudah ditunjukkan dengan ada suatu penurunan yang signifikan berkaitan dengan kecelakaan. Angkanya turun lebih dari 70%. Tapi kami ingin lebih dari ini ke depannya. Ini suatu hasil yang baik dari imbauan-imbauan yang sudah kami lakukan.

Ada datanya?

Tercatat dari data yang disampaikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub per Jumat (14/6), angka kecelakaan yang terjadi di tahun 2019 turun sebesar 75%. Dari sebelumnya terjadi 2.234 kejadian kecelakaan menjadi 563 kejadian pada tahun ini.

Kalau untuk sepeda motor bagaimana?

Iya kami bersyukur telah terjadi penurunan tingkat penggunaan kendaraan sepeda motor dalam masa angkutan Lebaran 2019 yaitu 1.378.574 sepeda motor atau turun sebesar 12,75 persen dibandingkan tahun lalu berjumlah 1.580.016 sepeda motor.

Apa yang akan dilakukan dari hasil evaluasi ini?

Kami mengevaluasi pelaksanaan angkutan Lebaran untuk bahan perbaikan pada angkutan Lebaran tahun selanjutnya. Beberapa hal yang akan diusulkan, antara lain lebih mengintensifkan angkutan massal baik moda darat, laut, udara, dan kereta api untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Kemudian pengaturan waktu cuti yang sama panjang pada saat arus mudik dan arus balik, serta pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) lebih awal.

Langkah konkretnya?

Intinya ke depan ada kecenderungan penggunaan angkutan individu yang lebih masif. Oleh karenanya, menjadi relevan bila kami mengintensifkan angkutan massal baik itu angkutan darat, laut, udara, dan kereta api.

Bagaimana dengan jumlah pemudik?

Dari data sementara dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub per Jumat (14/6) sampai pukul 07.00 WIB, secara garis besar realisasi total penumpang yang melakukan perjalanan mudik angkutan Lebaran 2019 pada periode H-7 (29 Mei 2019) sampai dengan H+7 (13 Juni 2019) adalah 18.343.021 penumpang.

Bisa dirinci?

Pada moda angkutan jalan, jumlah penumpang naik sebesar 11,19% dari sebelumnya 3.741.741 menjadi 4.160.622 penumpang. Jumlah penumpang dengan moda kereta api juga naik 6,62 %, dari jumlah 4.771.324 pada 2018 menjadi 5.087.342 di tahun ini.

Bagaimana untuk laut?

Peningkatan juga terlihat pada moda angkutan laut. Dengan dukungan dari perusahaan-perusahaan swasta serta BUMN yang melakukan program mudik gratis menyumbangkan peningkatan 8,77% pada moda angkutan laut, dari jumlah 1.366.254 pada tahun lalu menjadi 1.486.065 penumpang di tahun ini.

Lalu bagaimana untuk udara?

Penurunan jumlah pemudik hanya terjadi pada moda angkutan udara yaitu sebesar 27,37 % dengan total jumlah pemudik 3.522.585 sedangkan total jumlah pemudik angkutan udara tahun 2018 sebanyak 4.850.028.

Arus balik kemarin strategi apa yang diterapkan?

Iya kemarin kami memutuskan untuk menggelar rapat rencana penanganan arus balik Angkutan Lebaran 2019 bersama Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Refdi Andri dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani dengan stakeholder terkait. Dalam rapat tersebut menghasilkan beberapa poin strategis untuk arus balik.

Apa saja itu?

Yang terpenting adalah rambu-rambu di akses masuk rest area harus sudah terpasang sebelum pelaksanaan one way arus balik yakni sebelum arus balik berlangsung. Begitu juga dengan penambahan mobile toilet termasuk kanopi pelindung untuk antrean toilet harus dipenuhi.

Selain itu?

Untuk mengantisipasi mobil mogok di jalan tol, diminta kepada BUJT untuk menambah mobil layanan jalan tol (mobil patroli) dan menempatkan mobil derek serta menempatkan bengkel Agen Pemegang Merk (APM) di rest area tipe A. Menempatkan informasi call center bantuan emergency yang dapat dihubungi setiap saat, yang ditempatkan di bawah rambu dan tempat strategis.

Bagaimana dengan aktivitas di jalan tol?

Gerbang Tol Palimanan merupakan gerbang tol pembayaran kluster 2 dan tapping kluster 1 sehingga perlu adanya penambahan mobile reader dari 28 unit menjadi 38 unit dan EDC dari dua menjadi 12 di GT Palimanan.

Bagaimana untuk aturan one way?

Waktu pelaksanaan one way tanggal 7 Juni sampai 10 Juni dimulai pukul 12.00 WIB - 24.00 WIB dari KM 414 Kalikangkung sampai KM 70 Cikampek Utama. Selanjutnya diberlakukan contraflow dari KM 70 sampai KM 65 atau sesuai dinamika di lapangan dengan pertimbangan dari Kepolisian.

Adakah imbauan khusus bagi pemudik untuk arus balik?

Kami mengimbau agar para pemudik mengatur waktu kepulangan mereka. Misalnya pulanglah lebih awal, tidak berbarengan dengan puncak balik. Lalu untuk jamnya juga harus diatur sehingga kalau perjalanan pagi hari maka tidak ada terlalu mengantuk.

Terkait sistem one way informasi yang disampaikan apakah cukup membuahkan hasil?

Iya kami bersyukur kalau rekayasa yang kami lakukan tersebut cukup tepat sasaran. Skema one way dinilai cukup efektif mengurai kepadatan di jalan Tol Trans Jawa pada arus mudik tahun ini.

Untuk keputusan pemberlakuan one way siapa yang memutuskan?

Semua kebijakan terkait rekayasa lalu lintas diserahkan kepada Kakorlantas Polri sebagai komandan di lapangan.

Bagaimana dengan arus mudik melalui penyeberangan?

Trafik penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni yang akan menyeberang ke Merak, sudah kembali normal dan lancar. Arus balik diperkirakan akan mengalir dan terdistribusi hingga akhir pekan kemarin.

Untuk puncak arus balik?

Jika melihat data, puncak arus balik dari Bakauheni menuju Merak terjadi pada Minggu (9/6) atau H+3, di mana penumpang pejalan kaki mencapai 25.968 orang, roda dua mencapai 21.231 unit dan khusus mobil pribadi mencapai 19.077 unit.

Kalau dibandingkan arus mudik?

Tren puncak arus balik di Bakauheni tahun ini cukup tinggi. Bahkan mengalahkan jumlah trafik penumpang dan kendaraan saat puncak arus mudik dari Merak pekan lalu di mana trafik penumpang pejalan kaki di Merak sebanyak 20.344 orang, diikuti roda dua 14.973 unit dan mobil pribadi sebanyak 17.679 unit.

Kami coba beralih ke ojek online. Ini terkait perang tarif. Bagaimana Anda melihatnya?

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) per 1 Mei yang lalu telah menerapkan biaya jasa yang sesuai dengan Permenhub No 12 tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat.

Dari hasil evaluasi ditemukan aplikator sering memberikan promo berupa diskon tarif yang cenderung jual rugi kepada para pengguna agar tetap diminati masyarakat. Berdasarkan hasil evaluasi penerapan Keputusan Menteri No 348 tahun 2019, Ditjen Hubdat menemukan adanya penerapan diskon ataupun promosi terhadap tarif ojek online (ojol) di luar batas wajar atau jual rugi yang melewati tarif batas bawah.

Sebenarnya boleh tidak memberikan diskon?

Sebenarnya kami tidak melarang sistem diskon bagi tarif ojek online. Kami menyarankan promosi yang berkelanjutan, tidak bakar duit. Karena ini tidak baik bagi keberlangsungan usaha, tidak hanya pada bisnis ojek online, tapi juga penyedia jasa transportasi konvensional yang juga melayani konsumen yang sama.

Lalu sudah ada komunikasi dengan pihak terkait?

Sudah, sebelumnya kami sudah konsultasi dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bank Indonesia menyangkut masalah alat pembayaran dari aplikator. Tentang diskon ini saya rasa harus dipatuhi aplikator. Diskon tidak boleh terus menerus dan berlebihan apalagi jika melanggar tarif batas atas dan bawah, sehingga tidak berpotensi sebagai predatory pricing yaitu diskon besar-besaran sehingga malah saling mematikan (bisnis antar aplikator) satu sama lain.

Tapi untuk diskon ini apakah akan diatur khusus?

Kami mengerti kalau diskon ini dilakukan oleh entitas tersendiri bukan oleh manajemen yang sama, mungkin nanti aturan kami hanya menyangkut aturan transportasinya maka jika pihak ketiga melakukan diskon pembayarannya maka saya kira tetap koridornya menyangkut masalah transportasi dan tarif. Jadi diskon boleh atau dengan loyalty program yang sustainable sehingga tidak merusak tarif batas atas dan batas bawah.

Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi?

Setelah konsultasi dengan beberapa pihak, kami menegaskan jika sampai terjadi monopoli akibat predatory pricing ini maka sanksi bukanlah diterapkan dari pihaknya, melainkan dari KPPU. Promo atau diskon yang dirasa tidak sesuai tersebut adalah cara jual rugi atau menetapkan harga yang sangat rendah di bawah biaya produksi yang wajar. Harga yang sangat rendah ini bukan berasal dari efisiensi namun dari kekuatan modal.

Sebenarnya apa yang dikhawatirkan?

Dengan adanya praktik jual rugi ini dikhawatirkan akan mematikan pelaku usaha lain atau saling mematikan usaha. 

N-3

Tampilkan Semua

Teknologi Modern Memurnikan Air dari Limbah Medis

Sabtu 15/6/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebelum kembali ke alam, kontaminan seperti residu medis dan pestisida menjalani proses pemurnian air limbah terlebih dahulu. Sementara itu, perhatian terhadap kandungan mereka dalam limbah dan air minum sendiri terus berkembang secara...
Selengkapnya

Biomimetik Baru untuk Menjernihkan Air

Sabtu 15/6/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tim peneliti global telah merancang dan membuat sistem pemurnian dan pengolahan air biomimetik baru yang sangat efisien. Teknologi untuk memurnikan air dari kandungan garam saat ini dinilai masih terlalu mahal. Sehingga ke depan, untuk...
Selengkapnya

Membagi Kasih Sayang Melalui Sanggar

Sabtu 15/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Melalui sanggar belajar, masyarakat pra sejahtera seolah memiliki media untuk menjangkau kehidupan di luar lingkungannya. Kehidupan yang sebenarnya telah melekat pada diri manusia, seperti kasih sayang maupun berpendapat. Namun,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta