Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | September 24 2017
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

RI Jangan Hanya Jadi Negara Konsumen, Harus Produsen Dunia

Sabtu 23/9/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Kebijakan HET mematikan petani, kemiskinan di perdesaan kian meningkat. Negara maju lindungi petani, menyadari arti penting petani bagi satu negara. Kebijakan HET mematikan petani, kemiskinan di perdesaan kian meningkat. Negara maju lindungi petani, menyadari arti penting petani bagi satu negara.   JAKARTA - Sejumlah...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Anak Mesti Diberi Perlindungan Terbaik

Sabtu 23/9/2017 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, menegaskan tentang pentingnya memberikan perlindungan terbaik bagi anak-anak Indonesia. Saat ini sekitar 34 persen atau 87 juta penduduk Indonesia adalah anak-anak.


“Anak-anak Indonesia tersebut, pada tahun 2045 akan menjadi mayoritas angkatan kerja produktif di Tanah Air,” kata Puan Maharani dalam keterangan tertulisnya seusai Pertemuan Tingkat Tinggi di Sidang Majelis Umum PBB ke-72, di New York, Amerika Serikat, Kamis ( 21/9) waktu setempat.


Pertemuan Tingkat Tinggi tersebut mengambil tema “Peluncuran Peta Jalan untuk Masyarakat Damai, Adil, dan Inklusif”. Menko PMK menyebutkan, dalam rangka memberikan perlindungan terbaik tersebut, Indonesia mengambil peran sebagai Pathfinder dalam upaya global untuk melindungi anak-anak dari kekerasan dan eksploitasi.


Puan menambahkan, melalui forum itu, Indonesia menyampaikan pandangannya terkait usaha dan capaian yang sudah diraih di bidang perlindungan anak.


Dalam pidatonya, Puan menjelaskan dua kemajuan yang telah dicapai oleh pemerintah Indonesia di bidang perlindungan anak. Pertama, peluncuran strategi nasional untuk menghapuskan kekerasan terhadap anak di tahun 2016.


“Fokus dari strategi nasional tersebut antara lain adalah mengubah norma sosial dan praktik budaya yang menerima, membenarkan, atau mengabaikan kekerasan. Kemudian, memberikan perawatan anak yang menjamin keamanan dan kasih sayang dengan pengasuh; dan meningkatkan kualitas data pendukung dan bukti kekerasan terhadap anak,” paparnya.


Adapun kemajuan kedua yang telah diraih Indonesia dalam bidang perlindungan anak adalah menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak untuk tumbuh. “Capaian ini termasuk melalui pendirian sekolah ramah anak, taman, dan kawasan bermain; penunjuk jalur yang aman ke sekolah; dan menyediakan akses ramah anak terhadap informasi dan teknologi,” jelas Puan.


Selain itu, di tingkat daerah, pemerintah pusat juga melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah dan tokoh masyarakat sipil.


Menko PMK yang mewakili Indonesia, turut menyampaikan bahwa usaha dalam melindungi anak-anak dari kekerasan perlu melibatkan unit masyarakat yang sangat mendasar, yaitu keluarga. “Oleh karena itu, pemerintah-pemerintah di dunia perlu menerapkan kebijakan-kebijakan yang berorientasi kebaikan bagi keluarga,” pungkasnya. ril/E-3

Tampilkan Semua

Status Gunung Agung Dinaikkan Menjadi Awas

Sabtu 23/9/2017 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, dinaikkan dari siaga (level 3) menjadi awas (level 4) oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi. Penaikan status itu seiring aktivitas vulkanik...
Selengkapnya

Bahan PCC dari Tiongkok dan India

Sabtu 23/9/2017 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font
Hasil penyidikan polisi, terungkap bahwa tersangka pembuat pil PCC mendatangkan bahan-bahannya dari Tiongkok dan India.   JAKARTA - Bahan pembuatan paracetamol caffeine carisoprodol (PCC), didatangkan tersangka BP (46 tahun) dari...
Selengkapnya

Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE BSDTangerang Banten

Sabtu 23/9/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Smart Indonesia Initiatives Conference dimulai pada Senin (18/9)September 2017. Menghadirkan Keynote Speaker antara lain Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Republik Indonesia, Prof. Dr. Bambang P.S....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

DPD Minta Sistem Keuangan Desa Segera Dioptimalkan

Jumat 22/9/2017 | 08:35
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Komite I DPD RI meminta implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) harus dioptimalkan ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk desa yang belum terkoneksi dengan jaringan internet. Siskeudes ini harus mempunyai sistem yang mudah dipahami oleh aparatur desa. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat Komite I tentang pengawasan Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, di Ruang GBHN Komplek Parlemen Senayan, Rabu( 20/9).

Ketua Komite I DPD RI, Akhmad Muqowam melihat banyaknya kasus penyalahgunaaan dana desa dan ditangkapnya sejumlah kepala desa sebagai kurangnya sistem pengawasan terhadap suatu kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. “Oleh karena itu Komite I DPD RI meminta kepada pemerintah untuk mengalokasikan anggaran khusus yang digunakan untuk pembinaan dan pengawasan pelaksanaan UU Desa yang melekat pada aparat internal pemerintah yaitu inspektorat di pemerintah pusat, Provinsi, Kabupaten/ Kota dan Kecamatan beserta anggarannya yang bersumber dari APBN dan APBD,” jelas Senator Jawa Tengah itu.

Selain itu, Komite I mendesak pemerintah untuk memformulasikan kembali Dana Desa yang bersumber dari APBN sesuai dengan amanat pada penjelasan pasal 72 ayat 2 UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa yang menyatakan bahwa anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dihitung berdasarkan jumlah desa dan dialokasikan dengan memperhatikan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis. sur/AR-3

Tampilkan Semua

Kikuknya Satu Mobil dengan Menteri Tjahjo Kumolo

Jumat 22/9/2017 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
Selasa malam (19/9), menjelang dini hari, Koran Jakarta tiba-tiba dihubungi Kabag Humas Kementerian Dalam Negeri. Ia minta, untuk stay di Yogyakarta dan lanjut ke Solo. Padahal, Rabu pagi, sudah harus kembali terbang ke Jakarta....
Selengkapnya

Khofifah Umumkan Pencalonan Pilgub pada Saat yang Tepat

Jumat 22/9/2017 | 08:20
A   A   A   Pengaturan Font
SURABAYA – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan akan mengumumkan keikutsertaannya dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 pada saat yang tepat. Hal itu disampaikan kepada wartawan usai melepas Kapal Kemanusiaan untuk...
Selengkapnya

Badan Pengawas Pemilu Antisipasi Kecurangan

Jumat 22/9/2017 | 08:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Program Bawaslu Mengawasi diluncurkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk mengawasi tahapan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Peluncuran Program Bawaslu Mengawasi juga dimaksudkan sebagai tanda mulainya tugas...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Indonesia Tingkatkan Diplomasi Secara Global

Sabtu 23/9/2017 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang rutin setiap tahun digelar merupakan kesempatan bagi pe­merintah Indonesia untuk unjuk gigi atas peran yang telah dilaku­kan di kawasan dan menyalur­kan aspirasi. Pada Sidang Umum PBB 2017, pemerintah Indonesia punya target yakni ingin meng­galang dukungan pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB peri­ode 2019-2020.

Menurut juru bicara Kemen­terian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, Sidang Umum PBB adalah tempat yang paling pas untuk mengampanyekan diri menjadi anggota tidak tetap Dewan Ke­amanan PBB, mengingat ada se­kitar 70 pertemuan bilateral yang akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

Bagi Indonesia, menjadi anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB sangat berarti. Melalui posisi ini, Indonesia me­miliki peluang lebih besar untuk memberikan kontribusi nyata bagi perdamaian dunia. Apa­lagi Indonesia memiliki banyak keunggulan dibanding negara lain di dunia, terutama dalam kiprahnya menjaga perdamaian dunia.

Sampai sekarang, pemerin­tah Indonesia tidak pernah surut mempromosikan kemerdekaan mutlak Palestina. Indonesia juga tercatat paling banyak mengirim­kan pasukan perdamaian dunia, secara aktif mediasi konflik di kawasan dan global, serta me­nyumbang aspirasi dan suaranya di Gerakan Non Blok, Organisasi Kerja Sama Islam, ASEAN dan lembaga internasional lainnya.

“Keberhasilan terpilih atau tidaknya suatu negara menjadi anggota tidak tetap Dewan Ke­amanan PBB dipandang sebagai pengakuan terhadap kontribusi negara tersebut atas perdamaian dunia. Tidak mungkin kan ne­gara-negara yang suka berperang dipilih jadi 10 anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB,” kata Ar­rmanatha.

Indonesia, sambung Arrmana­tha, sudah memenuhi syarat untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Indonesia memiliki rapor yang bersih, bahkan masuk 10 besar negara yang paling berkontribusi dalam mengirimkan kontingen perdamaian kita ke daerah konflik di bawah bendera PBB.

Reformasi PBB

Sementara itu dalam pe­laksanaan sidang umum PBB 2017, yang berlangsung sejak 19 September lalu, pemerintah Indonesia dan 13 negara lainnya telah menjadi sponsor utama diselenggarakannya pertemuan yang membahas secara men­dalam reformasi di tubuh PBB. Reformasi disuarakan sejak hari pertama berlangsungnya sidang umum PBB.

“Fokus utamanya adalah membuat PBB lebih efisien dan tidak terlalu birokratis,” kata Men­teri Luar Negeri Retno Marsudi.

Menlu retno pun mengata­kan Indonesia dan beberapa negara lain telah menyampaikan pandangan adanya kebutuh­an untuk melakukan reformasi di tubuh PBB sejak Sekretaris Jenderal PBB yang baru, Antonio Guterres, dilantik. Tidak sedikit pula negara yang meneriakkan efisiensi sebagai prioritas refor­masi PBB. Sebab sekarang ini ada beberapa anggota yang menilai PBB lamban dan kurang responsi dalam mengahadapi perubahan-perubahan global.

“Melalui efisiensi, PBB diha­rapkan bisa secara cepat mer­espond dinamika situasi global,” imbuh Menlu Retno.

Merespons suara agar merefor­masi diri, Sekjen Guterres pada Se­nin (18/9) lalu sudah berjanji akan mendukung reformasi yang telah mendapat dukungan 128 anggota PBB. Dia sangat yakin, reformasi ini ditujukan agar PBB menjadi badan dunia yang jauh lebih kuat dan tanggap dalam melayani ma­syarakat global.  uci/I-1

Tampilkan Semua

Beijing Bersiap Terima Kunjungan Donald Trump

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BEIJING – Sejumlah per­siapan harus dibuat oleh peme­rintah Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) untuk memastikan kunjungan Presiden AS, Don­ald Trump, ke Tiongkok pada penghujung tahun ini berjalan sukses. Demikian...
Selengkapnya

Korea Utara Kembali Akan Uji Coba Bom Hidrogen

Sabtu 23/9/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL – Pemerintah Korea Utara (Korut) berencana kembali melakukan uji coba sebuah bom hidrogen di Samudera Pasifik. Korut bahkan tidak peduli dengan ancaman Amerika Serikat (AS) serta sanksi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa...
Selengkapnya

Industri Jasa Akan Jadi Mesin Pencipta Lapangan Kerja Terbesar

Sabtu 23/9/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
NEW YORK — Pemilik Alibaba Group Holding Ltd, Jack Ma, yang membujuk Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, pada awal tahun ini dengan janji siap membantu menciptakan satu juta lapangan pekerjaan baru di AS pada 2021,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

2018, Bunga KUR Dipangkas Jadi 7 Persen

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah be­rencana memangkas kembali tingkat suku bunga Kredit Usa­ha Rakyat (KUR) tahun depan. Penurunan ini dimaksudkan untuk mencapai target dan memperluas penyaluran KUR serta mengakomodir permin­taan pelaku usaha.

Deputi Bidang Pembiaya­an Kementerian Koperasi dan UKM, Yuana Sutyowati Barnas mengatakan pemerintah me­lalui Komite Kebijakan Sek­tor Keuangan (KKSK) sedang menyusun konsep perubahan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tentang Pedoman Pelaksanaan KUR.

“Dalam revisi itu antara lain memuat penurunan suku bu­nga KUR dari 9 persen menjadi 7 persen efektif per tahun. Se­lain itu, memungkinkan ca­lon debitur pengusaha pemula untuk mem­peroleh KUR dengan bergabung dalam kelompok usaha dengan mekanis­me pembayaran kredit/pembiaya­an berdasarkan sistem tanggung renteng,” je­las Yuana di Ja­karta, Jumat (22/9).

Terkait pencapaian KUR, Yuana mengungkapkan, hing­ga Agustus lalu, penyalurannya mencapai 61,14 triliun rupiah kepada 2.734.490 debitur. Jumlah ter­sebut sekitar 55,6 persen dari total target penyalur­an pada 2017.

Realisasi ber­dasarkan regio­nal/ pulau, jumlah penyaluran KUR masih relatif cukup merata di se­luruh pulau besar, de­ngan pe­nyaluran tertinggi di Pulau Jawa selan­jutnya Sumatera.

Yuana menambahkan, guna mencapai target penyaluran KUR sebesar 110 triliun rupiah hingga akhir 2017, sejumlah langkah diambil. Di antaranya penambahan bank penyalur KUR, mengikutsertakan Lem­baga Keuangan Bukan Bank sebagai penyalur KUR, mengi­kutsertakan Koperasi sebagai penyalur dan menyelenggara­kan sosialisasi dan pendam­pingan KUR.

Tingkatkan Akses

Dalam kesempatan ter­sebut, Yuana juga mengatakan, peningkatan akses pembiaya­an melalui SHAT (Sertifikasi Hak Atas Tanah) bagi Usaha Mikro Kecil (UMK), juga terus dilakukan. Menurut Yuana, pengentasan kemiskinan harus ditindaklanjuti dengan pem­berdayaan dan penguatan ka­pasitas masyarakat UMK. Pro­gram SHAT bagi UMK untuk akses permodalan agar masya­rakat UMK lebih produktif.

UMK yang tersebar di ma­syarakat ternyata sangat mem­pengaruhi perkembangan eko­nomi. “Lahan atau tanah yang digunakan oleh UMK untuk tempat/lahan/area berproduk­si, berada dalam kondisi kepe­milikan yang beragam,” jelas­nya.  sdk/E-10

Tampilkan Semua

GMF Gandeng 4 Perusahaan MRO Bentuk ISH

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF) menandatangani per­janjian kerja sama strategis untuk membangun Indonesia Service Hub (ISH) di bidang pengembangan Bisnis Main­tenance, Repair & Overhaul (MRO)...
Selengkapnya

Membuat Mimpi Jadi Kenyataan

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kesalahan terbesar yang dilakukan orang dalam bisnis ketika segala sesuatu berjalan dengan baik adalah lupa bahwa semua itu dapat kembali menjadi buruk. Jagat olahraga bola basket Amerika Serikat (AS) pada awal bulan ini semringah....
Selengkapnya

Menanti Hasil Rapat FOMC

Jumat 22/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, hari ini (22/9), akan dipengaruhi hasil rapat dewan kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat (The Fed) atau Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang menggelar pertemuan selama...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pemkab Trenggalek Terus Berdayakan UMKM

Senin 18/9/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu unit usaha yang memiliki peran penting sebagai pendongkrak peningkatan perekonomian negara. Saat krisis ekonomi menyebabkan usaha-usaha besar terpuruk dan tragedi PHK massal terjadi, UMKM terbukti mampu bertahan, serta menjadi tiang penyangga ekonomi negara.

Trenggalek, satu kabupa­ten di Jawa Timur (Jatim) yang sebelumnya dikenal miskin, kering, dan minim jalur akses, tengah berjuang untuk bangkit meraih kemakmuran. Komo­ditas olahan unggulan, seperti batik, bambu, keripik, cokelat, dan kopi, hanya menyumbang 14 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) daerah yang terletak di pesisir selatan itu.

Untuk mengetahui apa saja yang telah dan akan dilaku­kan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek mening­katkan ekonomi masyarakat, wartawan Koran Jakarta, Selocahyo, berkesempatan mewawancarai Bupati Treng­galek, Emil Elestianto Dardak, di Trenggalek, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Bisa dijelaskan potensi Trenggalek?

Trenggalek hanya punya 130 ribu hektare lahan yang jika dibagi dengan jumlah pendu­duknya maka hanya ada 0,16 hektare per jiwa. Tidak semua lahan subur. Kekeringan ka­rena medan Trenggalek terdiri dua pertiga pegunungan karst, airnya masuk sungai bawah tanah. Dengan topografi se­perti itu kalau mengandalkan pertanian primer, akan sulit bersaing dengan daerah lain.

Bagaimana dengan sektor UMKM?

Realitanya secara global se­mua produk retail dikuasai be­berapa brand besar. Namun, di Jatim menjadi anomali karena didominasi oleh UMKM. Maka kami berpikir dengan yang ada ini harus dibawa ke sektor hilir. Pisang harus menjadi keripik. Ikan, kakao, dan kopi semua­nya harus diolah. Untuk bisa bersaing di rak toko, investasi brand-nya tidak murah.

Langkah yang dilaku­kan?

Bagaimana usaha kecil dengan kapital terbatas bisa branding dan survive. Maka PR kami adalah pemasaran, kedua modal, lalu harus dipikirkan daya saingnya. Apakah bisa bersaing se­cara harga, sementara akses pasar banyak yang diblokir oleh pemain besar.

Kami membuat communal brand­ing (merek bersama) karena pelaku UMKM tidak akan mampu membuat citra brand sendiri karena terlalu mahal. Contoh batik khas Trenggalek, bercorak turonggo yakso de­ngan teknik pewarnaannya yang khas. Kami datang ke Sarinah Department Store, di Jakarta, dan membuat corner untuk batik Trenggalek, “Te­rang Galih”, dari nama Treng­galek yang artinya terang di hati.

Brand Terang Galih ini me­nampung semua produk para perajin binaan Dekranasda Kabupaten Trenggalek. Kami mewadahi produk mereka da­lam brand utama, yang nanti ada sub-brand sesuai ciri khas masing-masing perajin.

Hasilnya luar biasa, kami mendapat prestasi, Batik Trenggalek membuat Jatim juara di tingkat dekranas nasioal. Bah­kan, Duta Besar Kolombia me­milih Terang Galih untuk diperagakan Miss Colom­bia dalam forum negara-negara sahabatnya.

Bagaimana soal kualitas?

Semua upaya kami lakukan untuk mendukung Terang Ga­lih. Tidak semua perajin boleh menggunakan brand ini di Sar­inah karena khawatir standar kualitasnya tidak sama. Dari Pemkab ada kurator yang akan menilai. Selama produknya memenuhi syarat maka berhak menggunakan brand ini. Inilah bentuk kehadiran negara un­tuk membantu UMKM.

Bagaimana strategi untuk komoditas lain?

Memang kami bagi untuk kerajinan dan agro. Kerajinan sementara ini kami fokus pada batik dan kerajinan bambu. Sementara agro pada susu, kopi, dan cokelat. Ada kopi dan kakao yang kami coba menggunakan market­ing gimmick dengan brand bersama. Kebun kakao rakyat Trenggalek cukup luas, 4.300 hektare, tetapi orang tahunya di Trenggalek hanya ga­plek. Sayangnya gaplek tidak menjual karena diasumsikan makanan orang miskin.

Sudah ada yang diekspor produk cokelat?

Sekarang bagaimana kami mendorong Trenggalek punya nilai jual yang tinggi. Kami melihat kakao dan kopi cukup punya potensi. Sekarang ada Rumah Cokelat (kakao), kami produksi cokelat yang kandungannya lebih mur­ni, fermentasi kakaonya ber­beda. Memang tidak senikmat cokelat biasanya, tapi punya peluang pasar bagi penggemar cokelat. Sekarang sudah me­nembus ekspor ke Jepang.

Begitu juga dengan kopi. Kebun kopi di Trenggalek ada sejak zaman Belanda dengan mesin penggilingan kopi se­besar rumah, bertenaga air. Kami buatkan brand Kopi Van Dilem. Untuk memenuhi membeludaknya pesanan, kebun kopi diperluas dengan target 1000 hektare pada ta­hun depan agar Gunung Wilis bisa menjadi sabuk kopi, dan memberi multiple effects bagi daerah sekitarnya.

Kami berniat memperluas strategi communal brand. Tahun ini, kami test case dulu, apakah konsep ini bisa berjalan lancar. Tahun depan akan diperluas cakupannya tiga kali lipat, dengan bera­gam item yang akan didorong. Contohnya kerja sama me­ngembangkan produk camilan tempe keripik khas Trenggalek. Ternyata sekarang mulai tidak konsisten kualitasnya, mengu­rangi bumbunya, kedelainya atau penggunaan minyak gorengnya yang lebih berulang-ulang. Ini berbahaya bisa me­rusak citra produk Trenggalek.

Program communal brand ini sesungguhnya menginduk pada program besar Trenggalek Gemilang, yakni gerakan mutu industri cemerlang. n N-3

Tampilkan Semua

Kuningan Bertekad Menjadi Kabupaten Konservasi

Senin 11/9/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan bertekad menjadikan wilayahnya sebagai kabupaten konservasi di Indonesia. Un­tuk itu, dalam setiap program pembangunan yang dilaksana­kan di Kuningan akan selalu memperhatikan daya dukung...
Selengkapnya

Gerakkan Ekonomi Warga Kota Malang lewat Pariwisata

Senin 4/9/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bertekad men­jadikan Kota Malang se­bagai kota bermartabat. Peduli wong cilik menjadi semangat dari semua jajaran di Peme­rintah Kota Malang periode 2013–2018. Sebagai semangat,...
Selengkapnya

Jabar Berusaha Dapat Parasamya Purnakarya Nugraha

Senin 21/8/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Jawa Barat (Jabar) jatuh pada 19 Agustus 2017. Apel besar seluruh aparatur sipil negara berlangsung Sabtu (19/8), di Lapangan Gasibu Kota Bandung. Setiap kabupaten dan kota di Jabar mengirimkan perwakilan 100...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Konsep Asimetrik Desain Interior

Jumat 22/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Beberapa desain interior berpendapat bahwa desain tidak selalu”patuh” pada aturan-aturan baku desain. Keberanian mencapurkan materian dan tata lay out asimetrik justru membuat desain tampilan desain lebih menarik dan memiliki kekuatan pembeda.

Elizabeth Vallino dari Elizabeth Valino Interior mengandaikan bahwa dirinya sedang membuat seni ketika melihat sebuah tata ruang interior. Sehingga, dia perlu menempatkan furnitur dalam posisi yang tepat. Maka, ia tidak segan-segan menempatkan benda dalam ruang dalam posisi asimetrik. “Saya berpikir simetrik dapat melelahkan dan kaku,” ujar dia seperti dikutip dari situs deringhall.com. Seperti ketika ia meletakkan lukisan besar di ruang keluarga, lukisan besar diletakkan di pojok kiri di belakang sofa. Lukisan tersebut menjadi fokus dari keseluruhan ruang tersebut.

Edyta Czajkowska mengatakan lebih menyukai adanya kesatuan dalam satu ruang. Ia mencintai ruangan yang bersih dengan rasa yang disesuaikan. Untuk itu, ia memadukan unsur furnitur yang moderen dan tradisional. Walaupun berbeda unsur, kedua memiliki nafas yang sama dengan palet warna dan kombinasinya. “Ruang menjadi sangat menarik dan personal,” ujar dia tentang desain sebuah ruang kantor.

Lain lagi dengan Krista Everage dari Everage Design, Inc yang memilih bermain dengan skala dan proporsi imaginas dalam sebuah furnitur. Ia meletakkan lampu yang menempel pada dinding dengan memberikan pendaran cahaya ke arah bawah. Pendaran cahaya lampu akan memberikan skala terhadap objek yang berada di bawahnya. Everage mencampurkan objek yang terdiri dari cermin antik, bangku bernuansa Afrika, meja altar khas China maupun tempat lilin dari abad 19. Everage mengatakan bahwa itulah gayanya. “Jangan mengubah warna, hanya mengubah tekstur,” ujar dia memberikan tipsnya.

Wendy Berry dari W Design menyepakati bahwa desain dapat mematahkan aturan baku. “Tim kami sangat mencintai tabrak aturan,” ujar dia. Sebagai contoh dalam sebuah desain living room bergaya Inggris, ia dan tim mengkombinasikan warna hitam dan cerah dalam satu ruang. Kita menambahkan meja bertumbuk denga dua tone warna untuk mendapatkan kesan visual yang dalam. Mereka juga tidak ragu-ragu mencampurkan furniture antik, berbahan metal, besi maupun tembaga dalam satu ruang.  din/E-6

Tampilkan Semua

Kawasan Industri Jantung Ekonomi di Banten

Jumat 22/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebagai daerah dengan segudang potensi, Kabupaten Serang tak lepas dari dukungan beberapa kawasan sekitarnya. Termasuk, keberadaan kawasan industri yang cukup berperan besar bagi pertumbuhan Kabupaten Serang khususnya dan Provinsi Banten...
Selengkapnya

Atap Antara Aksesori dan Fungsi

Jumat 22/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Atap bangunan didesain untuk mengakomodasi fungsi maupun estetika bangunan. Alhasil, bentuknya akan menyelaskan kondisi lingkungan sekitar maupun keseluruhan bentuk bangunan. Atap menjadi bagian bangunan yang dapat dinikmati setiap...
Selengkapnya

Perusahaan Hong Kong Garap Apartemen di Alam Sutera

Senin 18/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Alam Sutera yang terletak di Tangerang Selatan dilirik pengembang properti asal HongKong, PT Datzo Investama Group. Perusahaan ini akan melakukan pembangunan apartemen mereka bernama The Noble yang berada di Boulevard Alam Sutera,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

BTN Siap Luncurkan Sistem Pembayaran QR Pay

Selasa 19/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Perbankan yang fokus pada pembiayaan perumahan, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) siap meluncurkan sistem pembayaran baru Quick Respon (QR) Pay pada kuartal IV 2017. Sistem ini diklaim bisa menggantikan mesin EDC yang saat ini digunakan sebagai sarana alat pembayaran.

“Kami sedang mengajukan lisensinya ke Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kami harapkan bisa segara diperkenalkan pada kuartal IV tahun ini,” ujar Direktur Utama BTN Maryono, dalam siaran persnya usai mendampingi Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) BTN di Desa Karanganyar, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (16/9).

Maryono mengatakan, QR Pay merupakan sistem pembayaran yang dilakukan melalui ponsel pintar dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi mobile banking BTN. Pengembangan sistem QR Pay ini akan membuat akses BTN terhadap dana retail semakin meningkat. Pasalnya, untuk bisa menggunakan QR Pay pengguna harus menjadi nasabah BTN terlebih dahulu.

Menurut dia, aplikasi ini memudahkan merchant dan nasabah untuk melakukan pembayaran saat bertransaksi langsung. Adapun estimasi target transaksi QR Pay adalah 170.000 transaksi dengan nominal 85 miliar rupiah untuk satu tahun pertama. “Selain menjadi pendapatan non bunga, QR Pay bisa menurunkan biaya pengadaan alat gesek kartu atau electronic data capture,” kata Maryono.

Direktur Jaringan & Distribusi BTN Budi Satria mengaku saat ini pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan berbagai merchant untuk menyukseskan peluncuran QR Pay. Selain itu, BTN juga terus mengedukasi nasabahnya agar memanfaatkan layanan mobile banking perseroan.

Mengenai pemanfaatan Balkondes, Budi mengungkapkan, BTN ingin dengan kehadiran Balkondes bisa meningkatkan potensi ekonomi yang ada di wilayah Magelang. Untuk itu perseroan membantu para petani gerabah melakukan desain dan packaging yang sesuai dengan kebutuhaj pasar. “Bahkan kami juga membantu memasarkan melalui Belanja. com,” tegas Budi.  hay/E-6

Tampilkan Semua

iPhone X yang Paling Dinanti

Selasa 19/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Apple telah mengumumkan tiga produk terbarunya yatu iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X pada 12 September 2017. iPhone 8 dan 8 Plus akan meluncur ke pasar global pada 22 September 2017, sementara khusus iPhone X akan lebih dari sebulan...
Selengkapnya

Melek Internet dengan “Smartphone” Terjangkau

Selasa 19/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemakai smartphone masih belum merata. Karena itu, vendor menawarkan smartphone Murah berteknologi 4G agar masyarakat lebih melek internet. Komersialisasi jaringan berteknologi 4G telah dimulai pada 2015. Sayangnya, saat ini pengguna...
Selengkapnya

Adopsi Layar OLED Meningkat

Kamis 14/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi layar terus berkembang, mulai dari layar CRT, dilanjutkan dengan LCD, dan LED. Kini teknologi layar terus bergerak maju dengan hadirnya teknologi Organic Light-Emitting Diode (OLED) yang mempu menghasilkan warna indah dan lebih...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Honda Usung Urban Konsep dan Prototipe Diesel

Rabu 20/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kiprah Honda pada ajarng Frankfurt Motor Show 2017 atau Internationale Automobil-Ausstellung adalah dengan menampilkan pertama kalinya di dunia Honda Urban EV Concept, sebuah mobil kota dengan tenaga baterai.

Mobil dengan garis desain yang modern serta bercitarasa sporty tersebut terpasang emblem pada mobil konsep ini pada layar lampu berwarna biru. Pada bagian depan emblem dan lampu depannya dibuat futuristik.

Pada bagian grill depan menampilkan nama model, pesan dan juga status pada saat pengecasan. Sementara untuk desain interiornya terkesan ramping dan juga futuristik dengan bentuk desain kokpit dan juga layar utama nya yang menampilkan layar lebar.

Mobil ini dapat menampung empat orang. Untuk door trim nya menggunakan bahan material kayu sementara joknya menggunakan bahan fabric berwarna abu-abu. “Pengemudi dapat mengatur perpindahan berbagai macam informasi kendaraan dengan cara men swipe,” demikian siaran pers Honda Rabu (13/9).

Selain itu, masa depan mesin diesel ternyata masih cerah. Buktinya pada ajang IAA, Honda memperkenalkan model lainnya yaitu All New Honda CR-V Diesel Prototype yang tampil dengan teknologi mesin 2.0 liter i-VTEC 4 silinder Atkinson Cycle dipadu dengan sistem dua motor i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive).

All New Honda CR-V Diesel Prototype menampilkan tiga mode pengendaraan yaitu Engine Drive, Hybrid Drive dan EV Drive. All New Honda CR-V Diesel Prototype ditawarkan dalam dua pilihan transmisi yaitu 6 percepatan manual serta CVT.

 Selain All New Honda CR-V Diesel Prototype, Honda juga memperkenalkan New Honda Jazz yang kini tampil lebih agresif dan sporty. New Honda Jazz versi Eropa kini tersedia dalam pilihan mesin baru Honda i-VTEC 1.5 liter yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 130 PS (96 kW).

Mesin baru ini sudah memenuhi regulasi EURO 6. New Honda Jazz dilengkapi dengan fitur baru seperti 7-inch Honda Connect Infotainment System, Rear-View Parking Camera, dan fitur keselamatan terdepan seperti Forward Collision Warning, Lane Departure Warning serta Traffic Sign Recognition.

Untuk model Honda Civic Hatchback versi Eropa, Honda memperkenalkan varian mesin diesel Honda i-DTEC 1.6 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 120 PS. Varian mesin diesel tersebut melengkapi varian mesin bensin untuk model Honda Civic Hatchback yang sudah mulai dijual di kawasan Eropa sejak awal tahun 2017 ini.  hay/E-6

 

Tampilkan Semua

Tenaga Garang di Mesin Mini

Rabu 20/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) atau Frankfurt Motor Show 2017 menjadi ajang untuk mengetahui tren yang bakal terjadi pada industri otomotif dunia. Salah satu tren tren yang muncul adalah hadirnya mesin kecil namun dengan...
Selengkapnya

Adu Canggih Mobil Listrik

Rabu 13/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Negara-negara di seluruh dunia telah mencangkan program penghematan energi, terutama untuk bahan-bahan yang bersifat habis, salah satunya bahan bakar minyak. Untuk itu pabrikan otomotif mobil listrik baru. Pabrikan dunia telah...
Selengkapnya

Tangguh, Daya Jelajah Hybrid Clarity

Rabu 13/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mobil hybrid Honda Clarity Plug-In berhasil meraih nilai tertinggi untuk jarak jelajah mesin listrik (all-electric range) terjauh di kelas mid-size plug-in berdasarkan penilaian yang dilakukan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Sutan Bawa “Garuda Asia” ke Piala AFC U-16

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Tim nasional sepakbola U-16 memastikan lolos ke ajang Piala AFC U-16 2018 yang akan digelar di Malaysia setelah menjadi juara dalam babak kualifikasi Grup G dengan nilai sempurna. Pasukan berjuluk “Garuda Asia” menyapu bersih kemenangan dari empat laga yang dipertandingkan untuk memuncak klasemen dengan nilai 12.

Penyerang tajam Indonesia, Sutan Zico kembali menjadi aktor kemenangan Indonesia dengan mencetak dua gol di pertandingan terakhir saat mengalahkan Laos 3-0, yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Jumat (22/9). Satu gol Indonesia lainnya diciptakan Rendy Juliansyah dari titik penalti.

Ini menjadi kemenangan keempat pasukan Fakhri Husaini setelah sebelumnya mengalahkan Kepulauan Mariana Utara dengan skor 18-0, Timor Leste (3-1) serta tuan rumah Thailand (1-0). Sedangkan bagi Suta, tambahan dua gol yang diciptakannya membuat dia telah mengemas 10 gol dari empat kali penampilan bersama “Garuda Asia”.

Tampil mendominasi sejak awal, Fakhri yang melakukan beberapa rotasi menerapkan strategi menyerang. Indonesia akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-25 ketika sepakan jarak dekat Sutan Zico yang memanfaatkan bola rebound setelah kiper Laos Phonesavanh Keomanyvong gagal menangkap bola dengan baik. Meski beberapa kali peluang tercipta, namun keungulan Indonesia belum bertambah hingga jeda.

Memasuki babak kedua Sutan kembali menggetarkan jala gawang Laos di menit ke-60 setelah menya,bar umpan dari sisi kanan. Jelang laga usai hadiah pinalti di injury time berhasil dimasksimalkan Rendy untuk merubah skor menjadi 3-0.

Fakhri mengatakan dirinya melakukan rotasi pemain karena padatnya jadwal pertandingan, sehingga beberapa pemain mengalami keletihan. "Masalah bukan di taktik sekarang, keletihan pemain lah yang menjadi masalah sekarang. Banyak pemain kami kelelahan karena padatnya jadwal pertandingan," kata Fakhri sebelumnya.

Secara keseluruhan babak kualifikasi diikuti 44 tim anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang dibagi menjadi 10 grup. Setiap juara grup dan lima runner up terbaik langsung lolos ke putaran final yang dilaksanakan di Malaysia pada 20 September hingga 7 Oktober tahun depan. Sebagai tuan rumah, Malaysia dipastikan langsung masuk putaran final.  S-1

 

 

 

Tampilkan Semua

Zidane: Tak Perlu Panik!

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Legenda Madrid asal Brasil, Ronaldo yang dikenal sebagai “sang fenomena”, siap tu­run gunung membantu mantan klubnya. MADRID – Awal bu­ruk Real Madrid dalam lima pertandingan awal musim ini menempatkan mereka...
Selengkapnya

Inter Tetap Fokus

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MILAN – Inter Milan menjalani awal yang bagus musim ini di ajang Serie A. Rekor tak terkalahkan dari lima pertandingan awal musim ini dengan empat kemenangan dan satu kali imbang, telah membawa “nerazzurri” ke posisi...
Selengkapnya

Rossi Lolos Tes Medis untuk GP Aragon

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
ALCANIZ –Tim Movistar Yamaha menyatakan pembalapnya, Valentino Rossi, berada dalam kondisi yang fit untuk tampil di seri balapan ke-14 MotoGP Aragon yang akan berlangsung di Sirkuit Motorland Aragon, Minggu (24/9). Pihaknya juga...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Ancol Memang Pernah Jadi Impian

Sabtu 23/9/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Ancol, daerah di pesisir Jakarta Utara yang berpantai, lebih dikenal dengan Taman Impian Jaya Ancol, agak tiba-tiba mengusik perhatian. Adalah Gubernur Djarot Saiful Hidayat, yang Oktober nanti menyerahkan jabatan ke penggantinya, mewacanakan masuk pantai Ancol akan gratis.

Artinya masuk ke pantai, ke wilayah itu, sementara parkir dan masuk wahana masih harus bayar. Perbedaan pendapat apakah masuk ke pantai harus bayar atau gratis sudah lama diperdebatkan, dan alot, dan seperti diduga, akan susah melawan korportasi.

Ancol sekarang ini, atau sudah sejak lama, dalam soal “melihat pantai” tidak memihak kepentingan masyarakat banyak. Lebih memihak masyarakat kelas menengah dan atas—dalam pengertian jumlah pengeluarannya.


Ancol punya riwayat panjang, baik oleh kenyataan, impian, maupun tambahan. Daerah itu pernah didirikan rumah peristirahatan gubernur Belanda, di abad 17. Pernah menjadi sarang nyamuk dan dianggap sumber malaria.

Pernah menjadi daerah pelesiran, dengan kisah melegenda “Si Manis Jembatan Ancol”, hantu cantik yang konon menolak diperkosa dan menemukan kematian. Kisah tragis, tapi juga mengisyaratkan adanya harga diri. Daerah rawa-rawa dan semak yang direncanakan sebagai daerah industri, sebelum menjadi daerah hiburan.


Baru kemudian di tahun 1966, ketika Bang Ali, gubernur Ali Sadikin, bersama pengusaha Ciputra, Ancol menjadi taman sekaligus impian. Proses pembangunan wahana sangat cepat, masyarakat terpikat, bahkan seolah menjawab apa yang dibutuhkan.

Masyarakat haus hiburan, dan bermanfaat. Masyarakat butuh kegiatan kesenian yang sumpek dan buntu di gedung-gedung kesenian karena syaratnya terlalu berat. Ancol memberi kesempatan, memberi panggung untuk itu.

Memberi peluang dan menampung. Bukan wahana seperti Dufan, atau Sea Word, atau sejenis wahana edukasi, melainkan juga yang kemudian dikenal sebagai Pasar Seni.

Untuk pertama kalinya di Indonesia, ada “pasar” dan sekaligus ada “seni”. Ada karya-karya lukis—juga keramik, juga patung, juga barang kerajinan—yang selama ini angker karena harga tak terjangkau, sekarang bisa dijual-belikan dengan harga “pasar”.


Mereka adalah pelukis-pelukis dengan nama besar, pematung terkenal, dan sekaligus juga bakat-bakat baru yang mempesona—yang kemudian akan dikenal luas. Pasar Seni merupakan jawaban, merupakan oase dari kesumpekan Ibu Kota Jakarta dengan cara terhormat.

Dari Pasar Seni pula lahir berbagai jenis karya pentas dan diskusi-diskusi yang lebih “berani”, lebih lugas dari yang ada di gedung kesenian. Keterbukaan ruang seakan menandai keleluasaan untuk terjadinya komunikasi. Termasuk adanya Festival Reog dan diskusinya, model lawakan “stand up comedy”, dan jenis-jenis karya yang memprotes keadaan.


Bahwa di tempat itu juga menjadi tempat pacaran—atau lebih dari itu di tenda-tenda, atau dalam mobil, di tempat terbuka atau tertutup—tak menyurutkan tetap menjadi tujuan untuk keluarga. Ancol saat itu bukan hanya pantai, bukan hanya wahana-wahana, melainkan juga ruang kebebasan, ruang kreatif, benar-benar pasar dan benar-benar seni dalam dialog.


Maka ketika wacana menengok kembali Ancol, agaknya hal-hal semacam ini yang terlupakan. Yang kini dibahas adalah yang berat “apakah hak publik melihat pantai” ataukah “ada pelanggaran”.

Yang melalui sidang pengadilan yang panjang, dan berhenti di pembahasan. Ada yang hilang dari pembahasan yaitu bahwa Ancol pernah menawarkan ruang, pernah mewadahi impian, dan memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat. Dalam hal ini, peran Ancol belum akan tergantikan berdirinya mal, water park, atau tempat-tempat hiburan lainnya.

Tampilkan Semua

Petani Indonesia Terancam “Punah”

Sabtu 23/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Punah di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai dua makna, yaitu habis semua hingga tidak ada sisanya atau benar-benar binasa, dan hilang lenyap atau musnah. Nah, dalam konteks judul Petani Indonesia Terancam Punah berarti...
Selengkapnya

Jauhkan Anak dari Bahaya VGK

Sabtu 23/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Zaman sekarang, menjadi orang tua tampaknya semakin berat dan harus benar-benar terlibat dalam kehidupan anak setiap detik. Orang tua harus mengetauhi ke mana saja anak pergi dan siapa saja teman-mannya. Hal ini penting untuk memantau...
Selengkapnya

Menceritakan Kisah Gerilyawan Aceh secara Fiktif

Jumat 22/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Seumpama Matahari Penulis : Arafat Nur Penerbit : Diva Press Cetakan : Pertama, Mei 2017 Tebal : 144 halaman ISBN : 978-602-391-415-9 Seorang seniman yang mempelajari pergolakan rakyat Aceh, Muhammad Tewe, menyatakan hidup...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Women's Leadership Summit Ungkap Semangat Positif Kepemimpinan Feminin

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Program pengembangan kepemimpinan perem­puan bertajuk "Wom­en's Leadership Summit: Suc­cess, Sisterhood, Satisfaction", tahun ini digelar dalam kurun waktu September-Oktober 2017. Puncak acara akan dilaksanakan 28-30 Septem­ber mendatang, di Bali, dan dipandu oleh master coaches kelas dunia. DayaLima selaku penyelenggara menyadari, kegiatan Women's Leader­ship Summit ini merupakan salah satu jawaban atas per­masalahan sosial di dunia dan juga Indonesia, yang tengah diwarnai oleh sikap intoler­ansi dan juga radikalisme.

"Yang berkembang be­lakangan ini adalah sikap intoleran dan radikalisme. Ke­pemimpinan tentunya sangat penting untuk melawan sikap negatif itu. Gejalannya kan tidak hanya di Indonesia saja. Dan menurut penilaian kita, ternyata kepemimpinannyang femimin, yang punya kepedu­lian, yang peka, rendah hati, bisa mengatasi berbagai permasalahan yang negatif di masyarakat. Jadi kebalikan­nya dari kepemimpinan yang maskulin," ujar Vina Pendit, pendiri DayaLima, dalam jumpa persnya, di bilangan Mega Kuningan, Jakarta Sela­tan, baru-baru ini.

Kepemimpinan Feminin inilah yang berusaha dijelas­kan oleh DayaLima melalui program Women's Leader­ship Summit kepada banyak pihak, terutama kepada para perempuan. Kepemimpin­an feminin sendiri tidaklah berkaitan dengan gender, me­lainkan manifestasi atas nilai-nilai feminin yakni empati, kerendahan hati (humility), inklusivitas (inclusiveness), keseimbangan (balance), kepedulian (care), kolaborasi (collaboration), dan keterbu­kaan (openness).

Secara alami, perempuan memiliki kapasitas sebagai pemimpin dengan nilai-nilai feminin ini. Kepemimpinan feminin dalam praktiknya akan melengkapi kepemim­pinan maskulin, yang ujung­nya akan memberikan hasil dan kemajuan yang lebih baik untuk organisasi. Ber­bagai riset dari Development Dimensions International (2014) dan McKinsey (2008) menunjukkan perusahaan yang memiliki sedikitnya 30% pemimpin perempuan di level strategis terbukti me­miliki kinerja yang lebih baik dibanding kompetitor, dalam segi organisasional maupun finansial.

Di Indonesia sendiri, data hasil assessment center yang dijalankan oleh PT Daya Dimensi Indonesia memper­lihatkan bahwa pemimpin-pemimpin perempuan me­miliki keunggulan unik yang melengkapi kompetensi yang dibutuhkan secara tim di level strategis. Selain Vina Pendit, momen jumpa pers Women's Leadership Summit juga menghadirkan Dini Makmun, former dari Saatchi Saatchi Indonesia, dan Maria Harf­anti, Miss Indonesia 2015 dan Nutrition JAPFA. Kedua tokoh inpirasional ini mendukung penuh pergerakan kepemim­pinan perempuan dan akan berbagi tentang pengalaman menyalurkan energi feminin dalam bidangnya masing-ma­sing.  yzd/S-1

Tampilkan Semua

Maria Harfanti Ingin Pasangan yang Lebih Pintar

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Usia 25 tahun bagi wanita memang sudah masuk usia yang matang untuk menikah. Begitu juga yang disadari oleh Maria Harfanti. Di usianya kini yang sudah 25 tahun, Miss Indonesia 2015 ini mengakui tak sedikit kalangan teman-teman...
Selengkapnya

Pemicu Saraf Terjepit yang Nyaris tanpa Gejala

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tulang belakang (spine) pada manusia tersusun dari 32 ruas tulang, dan dibagi menjadi 5 segmen utama meliputi susunan tulang cervical/ leher, thorakal, lumbar/ tulang punggung bawah, sakral dan coccyx/ tulang ekor. Ruas-ruas tulang...
Selengkapnya

Teknologi Endoskopi Perlu Kemampuan Mumpuni bagi Dokter Indonesia

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Penyakit saluran cerna kini menjadi salah satu penyakit yang diderita banyak orang. Mereka umumnya menderita penyakit maag, batu kandung empedu, penyakit pankreas dan saluran empedu, penyakit saluran cerna, penyakit usus halus, dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Ancol Kaji Gratiskan Tiket Masuk

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, akan mem­pelajari usulan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, untuk menggratiskan tiket masuk orang.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, C Paul Tehusijarana mengatakan, pengkajian juga akan menghi­tung kemungkinan penerapan tarif parkir khusus sebagai pemasukan pengganti penggratisan tiket orang.

“Kami diminta pelajari, kaji dan laporkan ke Pak Guber­nur mengenai alternatif masuk gratis, pengelolaannya seperti apa. Kami masih pelajari,” ujar Paul, Jumat (22/9).

Menurutnya, penggratisan tiket masuk pasti akan ber­dampak pada pendapatan. Namun, alternatif penerapan tarif parkir khusus tidak dipungkirinya berpotensi mening­katkan penghasilan dan bisa menutup penggratisan tiket masuk orang.

Sementara Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, selain dari kenaikan pendapatan parkir, pihak Ancol juga berpotensi mendapat tambahan masukan bila Pasar Seni ramai dikunjungi. Diyakininya, pengratisan tiket masuk orang akan mendongkrak jumlah pengunjung datang ke Pasar Seni.

“Kita harapkan Pasar Seni akan hidup, beberapa wisata kuliner yang sepi juga bisa hidup. Saya harap kajiannya rampung dalam dua pekan,” ucapnya.

Ditambahkan Djarot, PT Pembangunan Jaya Ancol bisa melakukan uji coba skema penggratisan masuk orang dan penerapan parkir khusus selama enam bulan. Bila ternyata bisa menutup biaya operasional,maka kebijakan tersebut dapat dipermanenkan. emh/P-5

Tampilkan Semua

Jeep Wrangler Milik DJoko Susilo Terjual Rp460 Juta

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Puluhan barang sitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) milik beberapa terpidana kasus korupsi akhirnya dilelang di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat (22/9). Jenis barang yang dilelang mulai dari telepon genggam,...
Selengkapnya

Napi Kendalikan Sabu dari Penjara

Jumat 22/9/2017 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Dalam beberapa kasus penyelundupan narkoba partai besar, ditemukan keterlibatan narapidana kasus narkoba, sebagai otak penyelundupan. Mereka mengendalikan penjualan dan pembelian narkoba, serta lalu lintas kurirnya, dari...
Selengkapnya

APBD-P 2017 DKI Naik 2,43 Persen

Jumat 22/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyerahkan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2017 kepada DPRD DKI Jakarta, sebesar 71,89 triliun...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

“Segera Lakukan Perekaman E-KTP ”

Jumat 22/9/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Masalah e-KTP, masih ramai diberitakan. Selalu saja muncul keluhan warga tentang pelayanan dalam pembuatan e-KTP. Masalah tersebut mulai dari masih adanya pungutan, sampai lamanya menerima fisik e-KTP pasca-perekaman.

 

Untuk mengupas itu, Koran Jakarta, berkesempatan mewawancarai Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh, di Jakarta. Berikut petikan wawancaranya.


Masalah e-KTP masih ramai diberitakan. Tanggapan Anda?


Pertama, isu yang paling seksi selalu e-KTP. Perlu saya sampaikan, e-KTP hanya satu dari beberapa dokumen yang diterbitkan Dinas Dukcapil.

Dukcapil itu terbitkan 22 dokumen yang mana di seluruh Indonesia sama. Sekarang 150 daerah sudah tambah satu dokumen lagi bernama KIA (Kartu Identitas Anak). Target kami, sampai 2019 semua daerah sudah menerapkan KIA, kalau e-KTP dari 2011 sudah berjalan.


Progres perekaman dan pencetakan e-KTP sendiri sudah sejauh mana?


Untuk e-KTP, cakupan kita sudah 94 persen, kurang 5,02 persen penduduk belum merekam. Cakupannya yang sudah melakukan perekaman sebanyak 175,9 juta, yang belum 9,3 juta.

Di titik ini, saya harap warga yang belum merekam untuk segera melakukan perekaman karena kalau tidak melakukan perekaman, saya khawatir masyarakat sulit mendapat pelayanan di sektor BPJS, imigrasi,

perbankan, asuransi, penegakan hukum membuat SKCK, karena lembaga-lembaga ini sudah kerja sama dengan Dukcapil untuk mendapatkan data tunggal penduduk. Kalau sudah merekam dapat dipastikan data tunggal dan tidak ganda lagi.


Tapi, masih banyak keluhan dari warga, tanggapan Anda?


Kalau ada keluhan penduduk sudah merekam lama dan belum jadi, di data center ditemukan ada 1,9 juta penduduk merekam lebih dari sekali.

Artinya, biometric-nya ada lebih dari satu. Penduduk ini KTP enggak akan jadi sebelum yang bersangkutan melaporkan ke Dukcapil untuk memilih tinggal di alamat mana. Kami tak bisa menghapus tanpa permohonan penduduk tersebut.


Mengenai blanko e-KTP bagaimana?


Kalau ditanya, kenapa di Dinas Dukcapil enggak dikasih printer agar bisa cetak di kecamatan? Kalau diberi semua jumlahnya enam ribu, investasi sangat besar. Kita optimalkan pencetakan di kabupaten atau kota, tapi kalau daerah mau membeli printernya sendiri dibolehkan.


Lelang pertama di bulan Maret itu cetak sekitar tujuh juta, sekarang tersedia lagi 7,4 juta. Sehingga hingga 2018 diperkirakan cukup dengan catatan blanko tidak untuk mencetak e-KTP yang daerah wilayah administrasinya berubah.

Contoh, Kabupaten Pangandaran kita tak akan cetak untuk perubahan dari Ciamis ke Pangandaran, dari Kaltim ke Kaltara, begitu juga kalau ada kabupaten atau kota yang memekarkan wilayahnya.


Kenapa selalu muncul pertanyaan kok e-KTP lama?


Pertama, e-KTP ada yang lama dan cepat. Yang cepat kalau merekamnya di dinas, yang sering lama bila merekamnya di kecamatan, mencetaknya di dinas. Tapi, juga ada beberapa penyebab lain, misal di kecamatan itu alatnya rusak karena kita tahu alat ini pengadaan dari anggaran 2010/2011.


Keseluruhan 6,546 yang rusak 1,248 alat perekaman atau sekitar 19 persen. Sekarang lagi diperbaiki dengan dana APBN.


E-KTP untuk pendaftaran CPNS?


Mengenai pemanfaatan data, terkait seleksi CPNS, kita sudah dua kali di 2017 seleksi CPNS menggunakan basis nomor induk kependudukan. Pertama, saat CPNS Kemenkumham dan MA. Yang sekarang untuk 60 kementerian dan lembaga dan satu provinsi semua pintu masuk seleksi dengan menggunakan NIK. agus supriyatna/AR-3

Tampilkan Semua

“Ada Kandungan Kimia Plus dalam PCC”

Rabu 20/9/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam siaran persnya akhir pekan lalu menyebutkan bahwa hasil uji laboratorium terhadap tablet PCC (Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol) menunjukkan positif mengandung Carisoprodol.   Kandungan...
Selengkapnya

“OTT Ini Jadi Momok bagi Mereka yang Ingin Coba Korupsi”

Selasa 19/9/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Sudah puluhan pimpinan daerah, mulai dari wali kota, bupati, hingga gubernur yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tetapi hal tersebut seperti tidak membuat jera. Padahal untuk mengatasi hal ini,...
Selengkapnya

“Saya Sudah Ingatkan Kepala Daerah”

Senin 18/9/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Banyaknya kepala daerah atau pejabat publik di daerah yang kena jerat atau bahkan terjaring operasi tangkap tangan, jadi sorotan publik.   Untuk mengetahui sikap Kementerian Dalam Negeri, Koran Jakarta mewawancarai Menteri Dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Ancol Memang Pernah Jadi Impian

Sabtu 23/9/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Ancol, daerah di pesisir Jakarta Utara yang berpantai, lebih dikenal dengan Taman Impian Jaya Ancol, agak tiba-tiba mengusik perhatian. Adalah Gubernur Djarot Saiful Hidayat, yang Oktober nanti menyerahkan jabatan ke penggantinya, mewacanakan masuk pantai Ancol akan gratis.

Artinya masuk ke pantai, ke wilayah itu, sementara parkir dan masuk wahana masih harus bayar. Perbedaan pendapat apakah masuk ke pantai harus bayar atau gratis sudah lama diperdebatkan, dan alot, dan seperti diduga, akan susah melawan korportasi.

Ancol sekarang ini, atau sudah sejak lama, dalam soal “melihat pantai” tidak memihak kepentingan masyarakat banyak. Lebih memihak masyarakat kelas menengah dan atas—dalam pengertian jumlah pengeluarannya.


Ancol punya riwayat panjang, baik oleh kenyataan, impian, maupun tambahan. Daerah itu pernah didirikan rumah peristirahatan gubernur Belanda, di abad 17. Pernah menjadi sarang nyamuk dan dianggap sumber malaria.

Pernah menjadi daerah pelesiran, dengan kisah melegenda “Si Manis Jembatan Ancol”, hantu cantik yang konon menolak diperkosa dan menemukan kematian. Kisah tragis, tapi juga mengisyaratkan adanya harga diri. Daerah rawa-rawa dan semak yang direncanakan sebagai daerah industri, sebelum menjadi daerah hiburan.


Baru kemudian di tahun 1966, ketika Bang Ali, gubernur Ali Sadikin, bersama pengusaha Ciputra, Ancol menjadi taman sekaligus impian. Proses pembangunan wahana sangat cepat, masyarakat terpikat, bahkan seolah menjawab apa yang dibutuhkan.

Masyarakat haus hiburan, dan bermanfaat. Masyarakat butuh kegiatan kesenian yang sumpek dan buntu di gedung-gedung kesenian karena syaratnya terlalu berat. Ancol memberi kesempatan, memberi panggung untuk itu.

Memberi peluang dan menampung. Bukan wahana seperti Dufan, atau Sea Word, atau sejenis wahana edukasi, melainkan juga yang kemudian dikenal sebagai Pasar Seni.

Untuk pertama kalinya di Indonesia, ada “pasar” dan sekaligus ada “seni”. Ada karya-karya lukis—juga keramik, juga patung, juga barang kerajinan—yang selama ini angker karena harga tak terjangkau, sekarang bisa dijual-belikan dengan harga “pasar”.


Mereka adalah pelukis-pelukis dengan nama besar, pematung terkenal, dan sekaligus juga bakat-bakat baru yang mempesona—yang kemudian akan dikenal luas. Pasar Seni merupakan jawaban, merupakan oase dari kesumpekan Ibu Kota Jakarta dengan cara terhormat.

Dari Pasar Seni pula lahir berbagai jenis karya pentas dan diskusi-diskusi yang lebih “berani”, lebih lugas dari yang ada di gedung kesenian. Keterbukaan ruang seakan menandai keleluasaan untuk terjadinya komunikasi. Termasuk adanya Festival Reog dan diskusinya, model lawakan “stand up comedy”, dan jenis-jenis karya yang memprotes keadaan.


Bahwa di tempat itu juga menjadi tempat pacaran—atau lebih dari itu di tenda-tenda, atau dalam mobil, di tempat terbuka atau tertutup—tak menyurutkan tetap menjadi tujuan untuk keluarga. Ancol saat itu bukan hanya pantai, bukan hanya wahana-wahana, melainkan juga ruang kebebasan, ruang kreatif, benar-benar pasar dan benar-benar seni dalam dialog.


Maka ketika wacana menengok kembali Ancol, agaknya hal-hal semacam ini yang terlupakan. Yang kini dibahas adalah yang berat “apakah hak publik melihat pantai” ataukah “ada pelanggaran”.

Yang melalui sidang pengadilan yang panjang, dan berhenti di pembahasan. Ada yang hilang dari pembahasan yaitu bahwa Ancol pernah menawarkan ruang, pernah mewadahi impian, dan memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat. Dalam hal ini, peran Ancol belum akan tergantikan berdirinya mal, water park, atau tempat-tempat hiburan lainnya.

Tampilkan Semua

Tri Hanggono Achmad

Sabtu 23/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang berdiri pada 11 September 1957 ini diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. Tahun ini, Unpad memperingati ulang tahunnya atau dies natalis ke-60. Sejumlah acara sudah...
Selengkapnya

Mendesak, Riset Sumber Energi Terbarukan

Sabtu 23/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jika riset di Swiss mengembangkan teknologi sel surya untuk perangkat implan elektronik, sebuah terobosan lain yang di lakukan di University of Warwick yang mengembangkan teknologi tenaga surya yang lebih murah dan lebih komersial dari...
Selengkapnya

Manfaat Sel Surya untuk Teknologi Medis

Sabtu 23/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di masa mendatang, pengembangan perangkat sel surya dapat memperkuat fungsi peralatan medis. Misalnya, dikembangkan untuk implan elektronik. Bagaimana teknik pengembangannya? Kemampuan sel surya untuk memanen energi dari matahari, bahkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta