Koran Jakarta | August 16 2017
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Sektor Pertanian, Kunci Merdeka dari Ketimpangan

Rabu 16/8/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Banyak kebijakan pemerintah yang tidak mendukung pertumbuhan sektor pertanian. Penurunan produktivitas dan luas lahan pertanian harus menjadi kerisauan Indonesia. Banyak kebijakan pemerintah yang tidak mendukung pertumbuhan sektor pertanian. Penurunan produktivitas dan luas lahan pertanian harus menjadi kerisauan Indonesia. ...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Garuda Pancasila Warisan Gen Terbaik di Dunia

Rabu 16/8/2017 | 09:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hari-hari ini semua orang bicara Pancasila. Semua fokus kepada Bhinneka Tunggal Ika, sebuah konsep bahwa sejatinya bangsa ini tersusun dari banyak perbedaan maka usaha apa pun untuk menolak keberbedaan adalah upaya menghilangkan akar.

Indonesia sebagai sebuah negara bangsa merdeka pada 17 Agustus 1945. Sebentar lagi perayaan akan digelar, upacara bendera menjadi agenda rutin tahunan, film perjuangan dan cerita di seputar Proklamasi kemerdekaan hilir mudik di koran, media sosial, bahkan di ruang gelap bioskop. Tapi tak ada cerita tentang Garuda di sana.

“Padahal, Garuda adalah lambang negara, semesta simbolik yang menyatakan seluruh unsur yang membentuk bangsa. Lambang negara kita menyimpan akar dan tujuan bangsa ini didirikan, tapi entah kenapa cerita tentang sejarah terbentuknya lambang negara kita itu sangat minim, baik di traktat resmi sejarah negara maupun buku sekolah,” kata dosen Jurusan Televisi Fakultas Media Rekam, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Nanang Rachmat Hidayat, saat dijumpai Koran Jakarta, di kediamannya yang ia jadikan sebagai Museum Garuda, di Bantul, Senin (14/8).

Sejak 2003, Nanang bertanyatanya bagaimana bisa cerita tentang lambang negara bisa begitu minim. Setelah puluhan tahun pencarian panjang ke seluruh pelosok perpustakaan dan pakar sejarah, baru-baru ini dia baru menemukan sebuah buku resmi terbitan negara tahun 1982 yang bercerita lengkap sejarah lambang Garuda sekaligus diceritakan sesuai kelas sekolah. Tahun 2006, Nanang mengambil master di ISI. Tesisnya bertajuk Mencari Telur Garuda.

Kecintaannya kepada Garuda makin menjadijadi. Ratusan, kemudian ribuan pernak-pernik Garuda Pancasila berupa relief, cetak, aluminium, jam tangan, bahkan Spinner Garuda ia miliki. Tepat 17 Agustus 2011, dia ubah rumahnya menjadi Museum Garuda. Sejak itu dia dikenal sebagai Nanang Garuda.

Gerbang Paling Kuat

Bagi Nanang, Garuda Pancasila adalah gerbang paling kuat yang bisa membawa siapa pun untuk memasuki alam pikir dan warisan gen manusia Indonesia. Nanang ngeri membayangkan rakyat Indonesia yang tak punya tautan dengan cerita di seputar Garuda. Itu artinya, hidup tak punya akar, tak memiliki masa lalu, apa pun itu.

Negara bangsa hanya konsep-konsep di atas kertas KTP, Nomor Pajak, kertas ujian, dan sesekali mengharu biru dalam pertandingan badminton dan sepak bola untuk kembali dicaci maki jika yang hadir hanyalah kekalahan demi kekalahan. Menurut Nanang, Garuda menyimpan cerita mitologi agama Hindu di mana Garuda sebagai raja para burung dikenal oleh hampir semua kebudayaan modern hari ini.

Thailand menjadikannya sebagai lambang negara seperti Indonesia. Bangsa Jepang mengenalnya sebagai karura. Dan elang digunakan oleh banyak negara sebagai lambang negara termasuk Sang Adidaya penguasa dunia hari ini Amerika Serikat. “Sebagai binatang mitologis, Garuda menjadi pralambang dari kekuatan, kesetiaan, kemerdekaan dari belenggu, kebebasan untuk terbang ke seluruh jagat raya.

Dongeng Garuda jarang dikenal oleh rakyat apalagi generasi muda hari ini,” kata Nanang. Sebagai kronik sejarah perancangan lambang negara, Garuda Pancasila akan membawa pada perjalanan M Yamin dan Ki Hadjar Dewantara membuka teks-teks kuno dan menyusuri candi-candi di Indonesia melacak relief-relief Garuda.

Candi Sukuh di Karanganyar, Jawa Tengah, candi yang banyak dilupakan dan tak tercatat sebagai destinasi wisata populer, ternyata justru menyimpan relief Garuda terbanyak, yang disusul oleh Candi Kidal di Malang. Perjalanan merancang lambang, bagi Nanang, menjadi gerbang memasuki alam pikir para pendiri bangsa dalam merumuskan diri mereka, bangsa Indonesia.

Atas perintah Soekarno pada Januari 1950, Sultan Hamid II, M Yamin, Ki Hadjar Dewantara, Basoeki Resobowo, MA Pellaupessy, dan RM Ngabehi Poerbatjaraka berjalan merumuskan lambang negara. “Yang paling menarik adalah fakta yang disembunyikan bahwa Dirk Ruhl, warga negara Jerman, adalah perancang terakhir Garuda Pancasila yang kemudian ditetapkan sebagai rancangan final oleh Presiden Soekarno,” kata Nanang.

Tak lama setelah penetapan lambang negara, Sultang Hamid II justru ditangkap atas tuduhan keterlibatannya dalam pemberontakan Westerling. Basoeki Resobowo terlibat dalam Lekra. Nanang ingin menyatakan kronik perancangan Garuda Pancasila sebagai lambang negara sebenarnya justru akan membawa kepada seluruh kekayaan masa lalu yang menjadikan kita hari ini ada.

Naskah-naskah kuno, candi, dan segala pencapaian dan kegagalan para pendiri bangsa, bahkan keterbukaan para pendiri bangsa untuk memesan sesuatu kepada orang asing. Garuda, menurut Nanang, adalah masa lalu gemilang ribuan tahun yang telah berhasil membangun Candi Borobudur yang megah dan kosmologis, Candi Sukuh yang penuh teka-teki, dan cerita perjalanan orang-orang Nusantara yang sudah keliling langit sebagaimana terekam dalam sebuah kitab kuno.

Garuda yang pernah terbang keliling angkasa pada suatu periode kebangkitan pengetahuan di barat meski takluk dalam sangkar, anakanak terbaiknya terus mengenangnya dan menjadikannya sebagai kawan dialog, sebagaimana para pendiri bangsa. Sayang, cucu-cucunya, cicit-cicitnya, terus melupakan bahkan tidak lagi percaya bahwa dalam darahnya tersimpan gen terbaik, manusia utama dengan hati dan otak yang telah berhasil menjawab jutaan pertanyaan, marabahaya, perang, dan wabah penyakit.

“Kita adalah anak turun para pengembara semesta, manusia yang penuh percaya diri menghadapi segala hal dan memburu jawaban hingga ke bulan bahkan matahari. Sayang, kita dipaksa lupa,” kata Nanang. Nanang percaya, belum telat untuk kembali sebab Garuda Pancasila selalu ada di dekat kita, di dinding ruang tengah kita, tinggal kita mau kembali menyapanya atau tidak. Eko Sugiarto Putro/N-3

Tampilkan Semua

Museum Proklamasi Kini Dilengkapi Teknologi Canggih

Rabu 16/8/2017 | 09:00
A   A   A   Pengaturan Font
Terletak di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat, Museum Perumusan Naskah Proklamasi didirikan oleh arsitek Belanda, J.F.L Blankenberk sekitar tahun 1920 dengan arsitektur Eropa (Art Deco). Pada masa Pendudukan Jepang, gedung yang...
Selengkapnya

“Indonesia Office”, Cikal Bakal Perwakilan Resmi RI di Luar Negeri

Rabu 16/8/2017 | 09:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perjuangan kemerdekaan Indonesia tak lepas dari andil para diplomat Indonesia di era awal kemerdekaan yang secara gigih berupaya memperoleh pengakuan dunia internasional atas eksistensi Republik Indonesia. Untuk memperoleh pengakuan...
Selengkapnya

Publikasi Hasil Riset Jadikan Masyarakat Rasional

Rabu 16/8/2017 | 08:20
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Publikasi hasil riset yang dikenal masyarakat akan membentuk masyarakat menjadi rasional. Selama ini, masyarakat cenderung emosional dan mempercayai hal-hal yang berkaitan dengan mistis. Begitu juga dengan berbagai informasi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Generasi Muda Harus Peduli Pada Bangsa

Rabu 16/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Ketua DPD RI, Oesman Sapta, mendorong seluruh generasi muda untuk mulai peduli dan berjuang untuk masa depan bangsa Indonesia. Setiap generasi muda dituntut untuk memiliki komitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kebinnekaan serta NKRI dalam membangun bangsa Indonesia.

Saat menerima audiensi dari Kelompok Cipayung Plus di ruang delegasi Ketua DPD RI hari Selasa (15/8), Oesman Sapta menyampaikan kelompok generasi muda yang memiliki inisiatif dalam membangun nilai-nilai bangsa harus sepenuhnya didukung. Adanya kelompok generasi muda yang peduli dengan bangsa dapat berperan dalam menjaga persatuan dan keutuhan bangsa dan negara.

Oleh karena itu, Oesman Sapta mengapresiasi visi Kelompok Cipayung Plus yang terdiri dari beberapa organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan karena dianggap peduli terhadap pembangunan dan persatuan bangsa. “Saya senang karena spontanitas dari mereka untuk mempersatukan anak-anak bangsa dengan menganut paham Pancasila, UUD45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.” ujar Oesman sambil menyambut baik, karena kelompok ini telah menggerakkan organisasinya untuk melihat situasi yang berkembang.

Sumpah Pemuda 28 Oktober itu merupakan statement yang harus terus menerus disosialisasikan,” ujarnya. Senator dari Kalimantan Barat ini merasa Kelompok Cipayung Plus mampu merepresentasikan konsep ideal dari generasi muda yang peduli terhadap bangsa dan negara. Oleh karena itu, setiap generasi muda harus mampu terlibat dalam mewujudkan ketahanan nasional dan semangat kebangsaan.

Dan karena peran dari kelompok tersebut, Oesman Sapta akan mengundang Kelompok Cipayung Plus dalam Sidang Bersama DPR RI – DPD RI. “Kita harus terus mendukung Kelompok Cipayung ini, karena mereka generasi yang terbuka untuk menjaga keutuhan negara. Mereka peka terhadap situasi ini dan harus didukung oleh semua pihak.

Dan mereka akan diundang DPD untuk hadir besok,” ungkapnya. Menurut Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PBHMI) yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus, Mulyadi Tamsir, kehadiran mereka ke DPD RI bertujuan untuk melakukan konsultasi kepada Ketua DPD RI.

Oesman Sapta diangap sebagai sosok yang mampu memberikan pandangan serta saran terkait kepemudaan. Selain itu kata Mulyadi, Oesman Sapta diminta untuk menjadi pembicara dalam Jambore Pemuda dan Wirausaha yang akan diselenggarakan tanggal 13-17 September 2017 di Cibodas yang dihadiri sekitar 16 organisasi mahasiswa dan pemuda.

Rencananya acara tersebut turut mengundang Presiden RI, Joko Widodo. “Kami datang kesini untuk konsultasi dan mengundang Ketua DPD untuk bisa memberikan semangat dan menyampaikan gagasan kepada seluruh pemuda dalam jambore. Kita meminta para petinggi negara menyampaikan pemikiran sehingga generasi muda mendapat pencerahan dan membangun kebersamaan generasi muda, serta membangun semangat patriotisme pemuda,” ucapnya. sur/AR-3

Tampilkan Semua

Delapan Tokoh Dapat Tanda Kehormatan

Rabu 16/8/2017 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanda kehormatan kepada delapan tokoh yang dinilai sudah banyak berjasa kepada bangsa dan negara. Pemberian tanda kehormatan tersebut dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Tanda...
Selengkapnya

3 Mantan Presiden Bicara Kebangsaan

Rabu 16/8/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sukses menggelar dialog tentang kebangsaan, sebab tiga mantan presiden yang diundang, hadir menyampaikan pemikirannya. Jakarta – Tiga mantan presiden yakni Megawati Soekarnoputeri, Bacharuddin...
Selengkapnya

TNI Gelar Doa Bersama 171717

Selasa 15/8/2017 | 07:40
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersamasama masyarakat seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke akan menggelar ‘Doa Bersama Tanggal 17 Agustus, Pukul 17.00 WIB, tahun 2017 (17 17 17) dengan tema...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Saudi-Irak Buka Perbatasan Setelah 27 Tahun Ditutup

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

RIYADH – Pemerintah Arab Saudi dan Irak diwartakan pada Selasa (15/8) sepakat membuka kembali perbatasan di Arar setelah ditutup selama 27 tahun. Penutupan perbatasan di Arar terjadi setelah kedua negara memutuskan hubungan diplomatik saat invasi Irak ke Kuwait pada 1990.

“(Pembukaan kembali perbatasan) ini merupakan permulaan yang baik bagi kerja sama Irak-Arab Saudi di masa mendatang,” kata Gubernur Anbar di Irak, Sohaib al-Rawi.

Sementara media di Mekkah melaporkan bahwa pembukaan perbatasan amat menguntungkan kedua negara karena telah memungkinkan para jemaah haji asal Irak untuk menunaikan ibadah dengan menempuh jalan darat.

Keputusan pembukaan perbatasan ini terjadi setelah kabinet Arab Saudi pada Senin (14/8) memutuskan untuk membentuk komisi bersama perdagangan dengan Irak, menyusul pertemuan pemuka agama berpengaruh Irak, Moqtada al-Sadr, dengan putera mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, beberapa pekan lalu. Upaya untuk memperbaiki hubungan bilateral sebenarnya telah dimulai sejak 2015 lalu saat Arab Saudi membuka kembali kantor kedutaan besar di Baghdad setelah ditutup selama 25 tahun. Rtr/I-1

Tampilkan Semua

Banjir di Asia Selatan Tewaskan Lebih Dari 160 Warga

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
KATHMANDU - Musim hujan di Nepal, Bangladesh dan India, menewaskan lebih dari 160 orang pada pekan lalu, kata pejabat Nepal, Selasa (15/8), seraya mengatakan akan berupaya secepatnya mencari korban hilang dan menyelamatkan yang terjebak...
Selengkapnya

Venezuela Gelar Latihan Militer untuk Antisipasi Invasi AS

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
CARACAS – Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, pada Senin (14/8) menyerukan pada para pendukungnya agar negaranya segera melakukan latihan militer setelah Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengancam akan melakukan invasi...
Selengkapnya

Beijing Janji Tak Duduki Spratly

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tiongkok berjanji pada Filipina untuk tidak melanjutkan menduduki teritorial baru di Laut Tiongkok Selatan setelah kedua negara sepakat membuat aturan status quo yang baru. MANILA – Pemerintah Tiongkok telah memastikan kepada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Mandiri-Kimia Farma Layani Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Rabu 16/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Bank Mandiri bersinergi dengan PT Kimia Farma Apotek untuk menyediakan alternatif modern channel pembayaran iuran BPJS. Langkah tersebut sebagai bagian dari upaya memperluas akses pembayaran iuran BPJS Kesehatan agar semakin banyak warga masyarakat yang terlindungi.

Kerja sama tersebut diresmikan melalui uji coba pembayaran langsung iuran BPJS Kesehatan oleh Direktur Utama Kimia Farma Apotek Imam Fathorrahman dan SVP Corporate Banking 1 Group Bank Mandiri Yusak L S Silalahi di Apotek Kimia Farma Garuda, Jakarta, Selasa (15/8). Melalui kerja sama ini, masyarakat akan dapat memanfaatkan Apotek Kimia Farma yang mencapai 939 jaringan di seluruh Indonesia untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Untuk tahap awal, layanan ini diujicobakan di 158 apotek Kimia Farma di Jabodetabek. Yusak mengatakan, kerja sama perluasan akses ini merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta implementasi dari semangat Bank Mandiri untuk memakmurkan negeri.

“Kami berharap, perluasan akses ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Dengan demikian, kami dapat turut berkontribusi pada upaya pembangunan sistem jaminan sosial yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” papar Yusak dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, kemarin.

Kerja sama dengan Kimia Farma merupakan bagian program dukungan Mandiri untuk pembayaran iuran BPJS melalui jaringan Modern Channel atau loket pembayaran yang dikelola mitra bisnis Bank Mandiri. Saat ini, Bank Mandiri telah menyiapkan lebih dari 16.000 gerai pembayaran, yang terdiri atas gerai retailers, warung atau toko milik masyarakat serta koperasi di seluruh Indonesia. 

 

mad/E-10

Tampilkan Semua

Utang Pemerintah Rp3.779,98 Triliun

Rabu 16/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sepanjang Januari–Juli 2017, penambahan utang pemerintah mencapai 264,52 triliun rupiah dari kenaikan SBN 264,39 triliun rupiah dan pinjaman 130 miliar rupiah. Jakarta – Posisi utang pemerintah pusat kembali membengkak menjadi...
Selengkapnya

Lonjakan Impor Bahan Baku Picu Defisit USD270 Juta

Rabu 16/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan neraca perdagangan pada Juli 2017 mengalami defisit 270 juta dollar AS. Kondisi tersebut dipicu oleh sektor migas yang mencatat defisit sebesar 600 juta dollar AS. Defisit sektor...
Selengkapnya

Pembayaran Tol dengan Uang Elektronik Didiskon 50 Persen

Rabu 16/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Bank Indonesia (BI) menyatakan uang elektronik perdana untuk pembayaran jalan tol akan didiskon hingga 50 persen selama 17 Agustus hingga 30 September 2017. Pemberian potongan harga itu dimaksudkan untuk menarik minat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Bantu Petani dan Nelayan untuk Kikis Kemiskinan di Gorontalo

Senin 14/8/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pembangunan infrastruktur seperti bendungan hingga jalan penghubung terus dilakukan di Provinsi Gorontalo. Pembangunan tersebut dilakukan agar roda perekonomian di provinsi ini berjalan baik. Pemerintah Provinsi Gorontalo juga fokus pembangunan di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan agar dapat mengentaskan kemiskinan yang saat ini masih mencapai kurang lebih 17 persen.

Gorontalo terbagi menjadi lima kabupaten dan satu kota. Tiap-tiap wilayah administrasi tersebut terbagi lagi menjadi beberapa wilayah administrasi di bawahnya, yaitu kecamatan dan desa/kelurahan. Pada tahun 2011, Provinsi Gorontalo terdiri dari 70 kecamatan dan 723 desa/kelurahan.
Untuk memajukan wilayah ini telah ditetapkan visinya, yaitu terwujudnya percepatan pembangunan berbagai bidang serta peningkatan ekonomi masyarakat yang berkeadilan di Provinsi Gorontalo. Untuk mewujudkannya, dibentuklah misinya. Untuk pencapaian visi pembangunan tersebut ditetapkan lima misi pembangunan Gorontalo 2012–2016.

Pertama, memfokuskan peningkatan ekonomi atas dasar optimalisasi potensi kewilayahan, mendorong laju investasi, percepatan pembangunan infrastruktur pedesaan, sekaligus mengembangkan potensi unggulan dengan mengakselerasi secara cerdas terhadap pencapaian kesejahteraan rakyat. Kedua, meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendekatan kesesuaian keahlian serta pemenuhan mutu kualitas penyelenggaraan pendidikan dan kesehatan.

Ketiga, mengembangkan manajemen pengelolaan potensi sumber daya kelautan, pertanian, peternakan, kehutanan, Danau Limboto, dan potensi lingkungan lainnya yang lebih baik, saling terintegrasi serta lestari demi kepentingan kemakmuran masyarakat. Keempat, mengembangkan nilai-nilai religi, dalam kehidupan beragama yang rukun penuh kesejukan sekaligus memelihara keragaman budaya serta memperkuat peran pemberdayaan perempuan, perlindungan terhadap anak, termasuk isu kesetaraan gender dalam pembangunan.

Kelima, menciptakan sinergitas di antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota di Gorontalo dalam kaidah otonomi daerah sekaligus untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik, menurunkan angka kemiskinan, serta menjalankan sistem tata pemerintahan yang baik dalam rangka reformasi birokrasi.

Untuk mengetahui apa saja langkah ke depan secara nyata yang akan dilakukan Provinsi Gorontalo, wartawan Koran Jakarta, Muhammad Umar Fadloli, berhasil mewawancarai Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, seusai mengikuti rapat terbatas evaluasi pelaksanaan program strategis nasional dan program prioritas Provinsi Gorontalo, di Kantor Presiden, Jakarta, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Apa saja yang sudah Anda kerjakan dalam memimpin Gorontalo?

Ada pembangunan Bendungan Bone Hulu, Bolang Hulu, dan jalan penghubung Gorontalo–Manado.

Progresnya seperti apa?

Alhamdulillah, tiga-tiganya tidak ada masalah. Namun, satu sempat tertunda yaitu pekerjaan Bendungan Bone Hulu. Tertunda karena ada miskomunikasi antara masyarakat dan pemerintah sana tentang lokasi karena di situ ada taman nasional. Mereka berkeinginam agar pembangunan tidak merusak lingkungan, terutama ada hewan dan burung maleo di sana agar jangan terganggu.

Maka itu, kami melakukan sosialisasi dan kami jelaskan kepada masyarakat bahwa pembangunan Bendungan Bone Hulu tidak akan mengganggu taman nasional dan menjaga kelestariannya. Alhamdulillah, mereka setuju membuat surat pernyataan dan pemerintah juga.

Lalu, yang pembangunan Bendungan Bolang Hulu?

Bolang Hulu itu ground breaking tahun 2018, serta pengerjaan jalan penghubung Gorontalo–Manado dilakukan tahun anggaran 2017 dan tahun 2018 kurang lebih 60 miliar rupiah untuk pengerjaan jalan 10 kilometer untuk pelebaran jalan.

Ada kendala terkait pembebasan lahannya?

Selama itu ganti untung bukan ganti rugi, masyarakat Gorontalo sangat mendukung. Insya Allah untuk pembangunan di sana persoalan lahan tidak ada masalah. Pada tahun 2018, kami mengusulkan pembangunan Bandara Pohuwato, Pelabuhan Anggrek, dan penghijauan Polonia.

Presiden Joko Widodo mengingatkan agar dapat nengentaskan kemiskinan, tanggapan Anda?

Iya, kami memang terkait kemiskinan masih tinggi, tercatat ada sebesar 17,16 persen. Setelah kami lihat bahwa dalam memberikan bantuan kurang pas sasarannya. Nah, itu nanti yang kami ubah.

Bantuan apa saja?

Bantuan perikanan ada perahu nelayan, lalu petanian, dan peternakan. Ada sapi, kambing, itik, serta pemberian kredit usaha rakyat (KUR). Ini ke depan yang harus tepat sasaran.

Apa yang akan ditonjolkan di Gorontalo?

Masyarakat kami kulturnya itu 65 persen ada di desa yang fokus sebagai petani makanya pertanian, peternakan, dan perikanan akan kami kembangkan. Untuk pertanian, ada jagung sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Kami berharap para pengumpul jagung tidak hanya melakukan aktivitas pembelian, akan tetapi turut serta membina dan memfasilitasi petani dalam mengusahakan pengembangan tanamannya di daerah itu. N-3

Tampilkan Semua

Musi Banyuasin Masuki Era Pendidikan Modern

Senin 7/8/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) 2017. Penghargaan diberikan kepada daerah yang memenuhi capaian di 31 indikator yang dirangkum dalam lima klaster pemenuhan...
Selengkapnya

Membangun dengan Keberagaman di Kabupaten Alor

Senin 31/7/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, mendapat anugerah Harmony Award Tingkat Nasional dari pemerintah pusat pada Februari 2017 lalu. Alor menjadi contoh bagaimana hidup beragama yang berbeda-beda justru menjadi kekuatan dari sebuah...
Selengkapnya

Berpihak pada Rakyat Kunci Hadapi Persaingan

Senin 24/7/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kulon Progo selalu menjadi berita istimewa dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam lima tahun terakhir seiring dengan rencana dan proses pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta pengganti Bandara Adisutjipto. Entah kebetulan atau...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Rumah di Bogor Andalkan Nuansa Asri

Senin 14/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bogor menjadi salah satu kota favorit ‎untuk pengembangan hunian dengan beragan segmen, vertikal maupun landed house. Kawasan Bogor yang sejuk membuat masyarakat menjatuhkan pilihan pada Bogor sebagai tempat tinggal. 

Kota megapollitan Jakarta, saat ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa. Jumlah penduduk yang cukup padat dibandingkan dengan luas kota Jakarta seluas 661,5 km2. Kondisi kepadatan ini telah membawa kota Jakarta menjadi salah satu kota terpadat di dunia. 

World Bank memprediksi jumlah penduduk ibu kota pada 2020 mendatang mencapai 16 juta jiwa. Prediksi ini berdasarkan tingkat pertumbuhan di Jakarta sebanyak 3,7 persen per tahun Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk Jakarta, Kawasan penyangga ibu kota semakin digandrungi masyarakat. 

Tingginya harga rumah di pusat kota membuat daerah penyangga kerap dijadikan alternatif tempat tinggal. Berdasarkan survei Rumah123.com, Bogor unggul dengan persentase 37 persen, disusul Tangerang 30 persen, Bekasi 17 persen, dan Depok 16 persen.  

 Bogor selain sebagai kota hujan, kota kuliner, maupun kota wisata, telah menjadi kota yang menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal. Memiliki keunggulan akan udara yang sejuk dan nyaman serta letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta menjadi faktor penting Bogor untuk selalu diminati oleh masyarakat. 

Melihat potensi Bogor sebagai kawasan yang nyaman untuk dihuni,  PT Adhi Persada Properti yang merupakan anak perusahaan BUMN dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk, menghadirkan sebuah perumahan esklusif berlokasi tepat dekat kaki Gunung Salak, Bogor. 

Taman Dhika Batu Tulis hadir sebagai sebuah pilihan hunian di lokasi yang sangat strategis dengan view pegunungan yang hijau. Taman Dhika Batu Tulis cocok bagi keluarga yang menginginkan hadirnya suasana segar hawa pegunungan di dalam hunian.

 Sukarjono, Project Manager Property Taman Dhika Batu Tulis mengatakan, Taman Dhika Batu Tulis memiliki lokasi yang strategis karena posisi perumahan hanya berjarak 6 kilometer dari pintu tol Bogor-Jagorawi, 3 km dari Bogor Inner Ring Road (BIRR) dan 2 km dari tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) yang akan beroperasi di 2017.

” Taman Dhika Batu Tulis dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 10 hektare dengan total unit kurang lebih 400 unit," terangnya. 

 Adapun perumahan tersebut dibagi menjadi tiga tipe unit, yaitu tipe 36/72, 45/112, 54/112, dan semua hadir dalam bentuk perumahan kluster. 

 Sebagai kelengkapan fasilitas di kawasan ini, PT Adhi Persada Property juga membangun sports club, kolam renang, playground, komersial area (ruko), mushola dan Taman Rusa. 

Hunian yang mulai dipasarkan sejak Agustus 2016 ini memiliki kisaran harga  450 juta rupiah, kemudian telah mengalami kenaikan 485 juta rupiah  atau hampir 10 persen. 

 Silvia Rahmi, Marketing Manger Taman Dhika Batu Tulis menambahkan, pada 2017 ini, harga unit rumah di Taman Dhika Batu Tulis dimulai dengan kisaran harga 600 jutaan rupiah. 

Untuk pembangunannya sendiri, pada Juli – Agustus 2017 ini total progres pembangunannya kini sudah hampir mencapai 75 persen.” 

Secara umum, investasi disektor properti khususnya segmen hunian di kawasan Bogor sangat potensial. Hingga saat ini pertumbuhan properti di kawasan Bogor memang tak sepadat wilayah penyangga lainnya, seperti Serpong maupun Bekasi.

 Hal tersebut disebabkan akses transportasi dan infrastrukturnya yang masih harus diperbaiki. Namun, kawasan Bogor masih memiliki daya saing cukup besar dengan rencana jaringan jalan Bogor Inner Ring Road (BIRR), Bogor Outer Ring Road (BORR), jalan Poros Tengah Timur (jalur Puncak Dua), dan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). 

 Dari agenda tiga seksi fase pembangunan BORR, dua diantaranya sudah selesai. Begitu pula pada pembangunan infrastruktur kereta ringan (light rail transit/LRT) yang akan hingga ke Bogor. ‎yun/E-6

Tampilkan Semua

Integrasi TOD, Peradaban Baru Kawasan Hunian

Senin 14/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pembangunan sistem transportasi massal diharapkan akan mampu mengubah kehidupan masyarakat Jakarta, dimana yang selama ini menggunakan sarana transportasi pribadi, berubah menggunakan sarana transportasi umum. Layaknya sebuah kota...
Selengkapnya

IPEX 2017, Komitmen untuk Sejuta Rumah

Senin 14/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
IPEX 2017 digelar sebagai salah satu langkah Bank BTN untuk memudahkan masyarakat memiliki rumah dalam rangka Program Satu Juta Rumah, peningkatan pangsa pasar KPR, sekaligus untuk memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI   Jakarta, 11...
Selengkapnya

Atur Interior di Ruang Minim

Jumat 11/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Samakin hari, manusia “diajak” untuk beradaptasi tinggal di ruangan dengan ukuran minim. Meski begitu, penghuni harusnya tidak kehilangan sisi kenyamanannya. Rochadi, Sekretaris Jendral Himpunan Desainer Interior Indonesia...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Akses Global Aman via Komputasi Awan

Kamis 10/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tingginya adopsi komputasi awan (cloud) secara masif baik oleh perusahaan perusahaan besar ataupun sekala UKM tidak lain karena kepercayaan pada keamanan dan juga kemampuan menghadirkan efisiensi biaya.

Berdasarkan penelitian Frost & Sullivan, Indonesia diperkirakan akan mengalami Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan (Compound Annual Growth Rate /CAGR) sebesar 38,6 persen dari pertumbuhan pembelanjaan layanan cloud dari tahun 2016 hingga 2022. 

Beberapa layanan cloud yang menawarkan keamanan kelas tinggi adalah private cloud dan hybrid cloud.  “Cloud ini memungkinkan perusahaan melalui interkoneksi private untuk mengontrol infrastruktur, sambil memanfaatkan kemudahan dan fleksibilitas dari layanan cloud,’ ujar  CEO DCI Indonesia Toto Sugiri, dalam peluncuran kerjasama Equinix dengan DCI di Jakarta Senin (7/8).

Pelanggan cloud lokal kini dapat terhubung dengan cloud global melalui jaringan private. Melalui hasil kerjasama dengan DCI dan Equinix, pelanggan mendapatkan akses ke cloud global melalui sistem pertukaran (cloud exchange) yang aman dan handal secara cepat dan efisien. 

Cloud and Enterprise Business Group Lead for Microsoft Indonesia Yos Vincenzo, mengatakan, “Kerja sama Equinix dengan PT DCI Indonesia memberikan akses ke layanan cloud kami secara aman dan langsung, memungkinkan pelanggan enterprise kami untuk meraih manfaat dari layanan cloud, namun tetap menjaga data mereka tetap berada di Indonesia dan aman,” ujar dia.

Layanan DCI CloudConnect sendiri memiliki tiga tipe berbeda yakni CloudConnect Platinum, Gold dan Silver. Layanan ini dirancang untuk menyasar segmen pasar perusahaan kelas menengah  ke bawah, seperti para start up dan sejenisnya.  hay/E-6

Tampilkan Semua

Nonton Video Nyaman dengan Layar 6 Inci

Kamis 10/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Nonton video berisi film, musik, dan konten lainnya kini telah menjadi kebiasaan pengguna perangkat mobile. Apalagi saat ini operator menyediakan bonus kuota untuk menonton konten aplikasi. Indosat misalnya menyediakan bonus data untuk...
Selengkapnya

Integrasi Digital untuk Layanan Logistik

Kamis 10/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sektor logistik saat ini tumbuh sangat pesat. Daya beli yang meningkat dan maraknya belanja online, menjadi faktor pendorong utama meningkatkan sektor logistik. Di tengah meningkatnya arus logistik, kompetisi antar penyedia layanan juga...
Selengkapnya

Mesin Pintar untuk Pencari Kerja

Selasa 8/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dengan aplikasi berbasis algoritma, pelamar kerja tidak perlu aktif mencari informasi lowongan pekerjaan secara manual. Sebaliknya, pencari tenaga kerja kini juga bisa menemukan kandidat terbaik sesuai dengan kualifikasi. Dengan jumlah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Kembalinya “Si Anak Hilang”

Selasa 15/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Merek Volvo pernah begitu terlihat di jalanan negeri ini. Apalagi pada masa kekuasanaan “Orde Baru,” kendaraan para menteri jaman itu  dikenal karena seri Volvo 264 GL. Namun Volvo nyaris tidak pernah terdengar beberapa tahun ini.

Merek dengan symbol kimia untuk besi ini kini hadir kembali melalui APM, PT Garansindo Distributor Indonesia (GDI). Perusahaan ini berjanji membangkitkan merek asal Swedia yang lama tenggelam.

Chief Executive Officer Volvo Cars Indonesia Satya Saptaputra mengatakan, untuk kehadiran kembali di pasar tanah air Volvo menghadirkan model premium.

“Volvo sebagai ikon kendaraan premium di Indonesia masih melekat kuat dalam benak berbagai lapisan konsumen kendaraan nasional,” ujar dia pada cara Gaikindo International Motor Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Menurut Satya, meski sudah lama absen dari hingar binger industri otomotif nasional, namun Volvo masih meninggalkan goresan tinta emas sebagai merek kendaraan premium di Indonesia. “Garansindo menyambung sejarah itu," kata dia.

Pada GIIAS 2017 Volvo Cars mengusung rancang bangun dan teknologi kendaraan terkini, dengan menghadirkan empat model , yaitu New XC90, New S90,  New S60, dan New V40 Cross Country. Empat model ini diharapkan dapat mengusir kerinduan para pecinta mobil premium di Tanah Air terhadap kendaraan berkeselamatan tinggi ini.

Beberapa tahun terakhir Volvo Cars Group telah melakukan transformasi global. “Prestasi itu kini tak lagi sekadar jadi tontonan bagi konsumen Indonesia namun juga harus merasakan hasil tranformasi yang dilakukan,” ujar Wakil Presiden Volvo Car Group wilayah Asia Pasifik Jari Kohonen.

Menurut Khonen, model Volvo Cars yang dihadirkan merupakan definisi baru dalam kelas kemewahan serta kecantikan sempurna dalam tata desain mobil premium. Sebuah konsep baru berbagi platform yang disebut sebagai Scalable Product Architecture (SPA) juga telah dikembangkan dalam rangkaian produknya, di mana salah satu contohnya dapat dilihat pada penampilan S90 dan XC90 yang tampak bersaudara. 

Karena itu, baik S90 maupun XC90 terbaru muncul bagaikan sebuah maha karya pahatan. Ini bukan sebuah pernyataan yang dibuat sendiri, namun penghargaan dari berbagai institusi dan media internasional yang telah diraihnya.

Di sisi lain, performa tanpa kompromi juga menjadi keistimewaan baru yang sulit dikesampingkan dari Volvo Cars. Teknologi Drive-E yang dikembangkan Volvo Cars telah menghasilkan efek performa tinggi tanpa perlu mengonsumsi bahan bakar tinggi. Dan, itulah yang menjadikan alasan majalah Ward's Autoworld untuk memasukkan mesin T6 Drive-E sebagai salah satu dari 10 Mesin Terbaik 2016.

"Tentu saja peningkatan gengsi dan segala teknologi terbaru yang kini dimiliki pada keluarga Volvo Cars akan kami imbangi dalam bentuk pelayanan jual dan purnajual sempurna, tanpa kompromi," tegas Satya.

Garansindo telah menyiapkan showroom respresentatif berstatus 3S (Sales, Service, Spare Part) telah disiapkan di Jakarta dan akan dikembangkan ke kota-kota lain di Indonesia. 

Fasilitas layanan ini akan dibangun sesuai standard Volvo Cars Retail Experience (VRE) guna memberikan pengalaman premium Skandanavia yang otentik untuk para konsumen.  ‎hay/E-6

Tampilkan Semua

GIIAS 2017 Saatnya APM Kebut Penjualan

Selasa 15/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gelaran world class auto show series, G aikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 kembali digelar selama 10 hari mulai tanggal 10-20 Agustus 2017. Mengusung tema “Rise of the Future Mobility”. Pameran otomotif...
Selengkapnya

Moge AS Adopsi Mesin Baru

Selasa 15/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 bukan hanya pemeran kendaraan roda empat. Kendaraan roda dua juga menampilkan produk premiumnya pada ajang bertema “Rise of the FutureMobility.”   Salah satu...
Selengkapnya

Mobil Konsep Listrik Futuristik

Rabu 9/8/2017 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dengan tema 'Rise of the Future Mobility', pameran GIIAS 2017 yang berlangsung 10-20 Agustus 2017 di ICE BSD City Tangerang Selatan, akan menampilkan mobil konsep masa depan. Mobil ini menarik dicermati karena biasanya akan menjelma...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Misi Sulit Barcelona

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meskipun Real Madrid tanpa Ronaldo, Barcelona tetap dalam misi sulit untuk membalikkan keadaan karena harus menang minimal dengan skor 3-0.

MADRID – Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane dipastikan tidak bisa menurunkan bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, dalam pertandingan leg kedua Piala Super Spanyol, yang akan digelar di Santiago Bernabeu, Kamis (17/8) dini hari WIB. Ronaldo diganjar kartu merah di leg pertama. Bahkan, federasi sepak bola Spanyol (RFEF) menjatuhi sanksi lebih berat, yaitu larangan tampil dalam lima pertandingan.

Sanksi tersebut dijatuhkan setelah Ronaldo mendorong wasit Ricardo de Burgos Bengoetxea ketika Real Madrid menang 3-1 di leg pertama.

Bermain selama 24 menit sebagai pemain pengganti di Camp Nou, Ronaldo mencetak satu gol yang menawan, namun juga diganjar kartu kuning karena bertelanjang dada di lapangan selepas mencetak gol, dan terakhir mendapatkan kartu kuning kedua karena dianggap wasit De Burgos Bengoetxea melakukan diving agar dihadiahi tendangan penalti.

Ronaldo tidak terima mendapatkan kartu merah De Burgos Bengoetxea dan bereaksi dengan mendorong wasit ini. Akibat perbuatannya ini, RFEF melarang Ronaldo tampil pada satu pertandingan karena kartu merah, dan empat pertandingan lainnya karena mendorong wasit.

Ronaldo juga dikenai denda 3.805 euro karena aksinya itu, sedangkan Madrid didenda 1.750 euro. Larangan ini membuat Ronaldo tidak bisa tampil pada leg kedua Piala Super Spanyol, selain empat laga pertama Real di liga melawan Deportivo La Coruna, Valencia, Levante, dan Real Sociedad.

Dia baru tampil lagi 20 September mendatang melawan Real Betis di La Liga, namun seminggu sebelum itu, dia masih boleh tampil dalam pertandingan fase grup Liga Champions dan pertandingan persahabatan Piala Santiago Bernabeu melawan Fiorentina pada 23 Agustus.

RFEF menyatakan Madrid punya waktu 10 hari untuk mengajukan banding, seperti dilansir ESPN.

Di lain pihak, Kekalahan dari Real Madrid di leg pertama membuat Barcelona tidak difavoritkan. Namun, klub raksasa Catalan itu tetap akan berjuang untuk merebut gelar pertama di musim ini tersebut.

Tetap Yakin

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengakui hal itu. Namun, mantan pelatih Athletic Bilbao itu masih yakin akan memberikan gelar Piala Super Spanyol yang ke-13 bagi Barcelona.

“Kami datang ke markas Madrid dengan agregat yang tidak baik. Jelas, Madrid jauh lebih favorit ketimbang kami. Kami sedikit terkejut dengan kekalahan yang kami terima, namun kami memiliki kekuatan untuk bangkit,” kata Valverde dilansir Marca.

Barcelona sebenarnya memiliki catatan meyakinkan ketika mereka tampil di kandang Madrid. Dalam dua ajang “El Clasico” terakhir di Bernabeu, Barca selalu keluar sebagai pemenang. Namun, saat itu “Blaugrana” masih memiliki ketajaman trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar). Namun setelah hengkangnya Neymar, trio penyerang yang ditakuti itu kehilangan satu “sayap”-nya.

Untuk membangun kekuatan menghadapi persaingan musim ini, Barca juga dipastikan telah sepakat mendatangkan pemain Brasil, Paulinho, dari Guangzhou Evergrande Taobao dengan banderol 40 juta euro. Pemain Brasil yang pernah memperkuat Tottenham Hotspur itu akan menyelesaikan tes medis dan setuju dengan kontrak empat tahun bersama Barcelona. Paulinho menjadi pemain rekrutan baru Barcelona sejak Valverde kehilangan Neymar. Rtr/drb/S-1

Tampilkan Semua

Fans Barca Kecewa

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Barcelona secara resmi mengikat Paulinho sebagai pemain baru mereka pada Senin (14/8) waktu setempat. Pemain Brasil itu dibeli dari klub Liga China, Guangzhou Evergrande seharga 40 juta euro. Paulinho dikabarkan akan menjalani tes medis...
Selengkapnya

Firmino Fokus Bersama Liverpool

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
LIVERPOOL - Liverpool sedang dibayangi oleh saga kepindahan pemain andalannya, Philippe Coutinho. Penyerang Liverpool Roberto Firmino mengaku tak sanggup membayangkan kalau Coutinho sampai benar-benar hengkang. Pemain Brasil itu...
Selengkapnya

Nadal Kembali Nomor Satu Dunia

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
CINCINATI - Rafael Nadal kembali ke posisi peringkat satu dunia setelah Roger Federer menarik diri dari turnamen tenis Cincinnati Terbuka karena cedera punggung. Nadal akan kembali menjadi petenis nomor satu dunia untuk pertama kalinya...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Merdeka Spirit Berkeadilan

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Dr Agus Riewanto

Untuk memperingati 72 tahun kemerdekaan, saatnya bangsa Indonesia memaknai dari berbagai bidang. Salah satu yang menonjol untuk dikritisi adalah masalah keadilan. Benarkah saat ini bangsa telah mampu mewujudkan cita-cita keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia? Karena sesungguhnya tujuan kemerdekaan bukan hanya mampu melepaskan diri dari belenggu penjajah, namun juga tercapainya kemakmuran.

Salah satu wujudnya menjadikan hukum sebagai alat mencapai keadilan. Itulah sebabnya hukum dan keadilan seharusnya dijadikan komponen utama meneguhkan spirit nasionalisme dan mempertahankan kemerdekaan. Selayaknya keadilan yang merupakan inti hukum dapat menjelma menjadi panglima.

Tidak demikian faktanya. Sejak gerakan Reformasi 1998 di tubuh hukum dan pengadilan alih-alih menjadi panglima dan merdeka dari intervensi apa pun, malah sebaliknya, ditawan uang. Hukum dan pengadilan nyaris lumpuh diterkam singa ganas dan zombie dalam bentuk kekuasaan-politik.

Maka, jadilah hukum tunduk pada uang dan kekuasaan. Itulah sebabnya, keadilan negeri ini menjadi barang mahal dan langka. Kalaupun hukum tegas hanya diperlakukan untuk orang lemah, miskin kekuasaan, dan uang. Sebaliknya, terhadap orang kuat, kaya akses kuasaan politik dan uang, hukum menjadi tumpul.

Jamak diketahui dalam babakan sejarah bangsa-bangsa modern yang tengah melepaskan diri dari rezim otoriter menuju era transisi demokrasi, selalu ditandai keberhasilannya dalam menata hukum dan pengadilan. Di Afrika Selatan, misalnya, rezim baru memberi peran sentral kepada pengadilan untuk menyelesaikan masalah-masalah hukum warisan rezim lama.

Kasus-kasus yang melibatkan pejabat negara dan kroninya, seperti pelanggaran HAM berat dan megakorupsi yang merugikan uang negara, disikapi dengan tegas oleh pengadilan. Ini dilakukan guna menunjukkan rezim baru serius menarik garis pemisah secara tegas dengan rezim lama.

Peran ini tak terlihat di Indonesia ketika memasuki era transisi pascaruntuhnya rezim Orde Baru (Orba). Setelah Orba runtuh, hukum dan pengadilan sepertinya menjadi “penikmat” langgam warisan Orba. Kontribusi lembaga pengadilan dalam menuntaskan gerakan reformasi amat minim, malah menjadi beban pemerintahan baru. Karena belakangan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini kian terpuruk ke titik nadir.

Dunia penegakan hukum terpuruk. Sikap pengadilan yang tidak tegas dalam menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan tokoh politik, konglomerat bermasalah, dan koruptor kakap, membuat kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan kian jatuh.

Setidaknya tiga faktor yang membuat hukum dan pengadilan tidak berdaya. Pertama, elemen dan sistem yang mendukung kini adalah anak kandung rezim Orba. Mereka dari awal mendesain hukum untuk kepentingan politik. Pengadilan menjadi lemah dan tidak berdaya. Korupsi dan praktik jual beli keadilan dibiarkan sepanjang tidak membuat resah dan menggugat legalitas program pemerintah. Begitu rezim transisi lahir, seketika itu pula ia menjadi problem yang membebani rezim baru.

Kedua, energi rezim transisi hampir tersedot habis untuk menata kekuasaan eksekutif dan legislatif. Mereka melupakan penataan hukum secara sistemik dan terstruktur. Akibat pengalaman Orba yang begitu kuatnya eksekutif (executive heavy), kini desain eksekutif diperlemah agar menjadi institusi tumpul. Sebaliknya, legislatif (DPR) diperkuat dengan sistem multipartai ekstrem guna mengontrol ketat gerak eksekutif.

DPR Otoriter

Akan tetapi, karena tidak dibarengi penataan sistem hukum dan pengadilan, upaya rezim Reformasi hanya mengarah pada agenda penguatan institusi legislatif (legislative heavy). Kini, DPR menjadi amat kokoh, bahkan melumpuhkan eksekutif. Anehnya, tak ada satu pun desain UU dalam tata negara yang mampu mengontrol kekuasaan legislatif yang berlebihan ini. Akibatnya, legislatif (DPR) menjadi institusi otoriter melebihi eksekutif di era Orba.

Ketiga, pengadilan sendiri tampaknya tidak mempunyai agenda jelas untuk menuntaskan masalah-masalah internal, seperti korupsi, suap, jual beli perkara, dan percaloan hukum. Kondisi demikian membuat lembaga pengadilan tidak berwibawa.

Bangsa memerlukan institusi pengadilan yang bersih, kuat, dan merdeka terhadap kekuasaan atau intervensi uang agar di era transisi ini berhasil mengantarkan masyarakat menuju demokrasi sejati. Harus ada penegakan supremasi hukum dan persamaan warga di depan hukum, bukan hanya jargon.

Hukum dan pengadilan untuk manusia, bukan sebaliknya. Hukum adalah perilaku kita sendiri. Dia mestinya membahagiakan. Perlu mengangkat orang-orang baik sebagai perangkat hukum. Inilah spirit hukum progresif. Hukum menggugat kediktatoran dan menjunjung tinggi idealism. Hukum mendorong peran publik.

Dalam praksis penegakan hukum ada sejumlah langkah yang harus ditempuh agar keadilan terwujud, di antaranya perlu dibuat terobosan-terobosan kreatif guna mengatasi prosedur kaku dan terkesan hanya membela teks hukum, tanpa disertai penafsiran kontekstual yang bermuara pada spirit keadilan untuk semua .

Perlu membangun kultur kebersamaan dalam sistem peradilan antara polisi, jaksa, hakim dan pengacara. Tujuannya, agar tidak hanya tunduk pada prosedur dalam memutus perkara. Mereka juga harus menemukan roh hukum itu sendiri, yakni keadilan tak berpihak pada siapa pun. Penegakan hukum tidak boleh terjebak pada tawanan sistem dan ideologi uang. Negara harus mengabdikan hukum untuk kepentingan sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat. Seorang hakim, misalnya, seharusnya memutus perkara berdasarkan keadaan (the felt necessities of the time), kendatipun bertolak belakang dari teks hukum.

Perlu menjalankan penegakan lebih berpijak pada nilai-nilai moralitas dan imperatif keadilan serta kemanusiaan. Di tengah suasana perayaan HUT Kemerdekaan RI kali ini, saatnya bangsa berefleksi diri. Sesungguhnya negara merdeka harus mampu mewujudkan cita-cita keadilan bagi seluruh rakyat. Jika hukum belum mampu mewujudkan keadilan, kemerdekaan belum memiliki arti yang sesungguhnya bagi rakyat Indonesia. Kemerdekaan harus menjadi spirit mewujudkan keadilan. 

Penulis Dosen Fakultas Hukum dan Program Pascasarjana Ilmu Hukum UNS

Tampilkan Semua

Memaknai HUT ke-72 Kemerdekaan RI

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-72 kemerdekaan Indonesia, pemerintah meluncurkan tema dan logo baru tentang kebersamaan. Ini menjadi esensi dan ajakan kepada masyarakat untuk merangkul dan mengedepankan asas...
Selengkapnya

Merawat Pikiran dari Ancaman Informasi Negatif

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Terapi Berpikir Positif Penulis : Dr Ibrahim Elfiki Penerbit : Serambi Cetakan : Juli, 2O17 Tebal : 347 halaman ISBN : 978-602-290-073-3 Kendatipun banyak orang tahu bahwa hidup dikendalikan seutuhnya oleh pikiran, bukan...
Selengkapnya

Potensi Ekonomi Wanita Muda

Selasa 15/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh Dr Edy Purwo Saputro, SE, MSi Kaum muda adalah potensi besar untuk mendukung pembangunan. Tema Hari Remaja Sedunia atau International Youth Day 2017 adalah Youth Building Peace. Pemahaman ini mengisyaratkan bahwa pemberdayaan kaum...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Transportasi Untuk Kesejahteraan Rakyat

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

‘Kerja Bersama’ merupakan tema besar menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun, pengejawantahan dari sikap gotong royong yang menjadi visi Pemerintahan Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla.

PEMERINTAH, melalui Ke­menterian Perhubungan (Kemenhub) berupaya terus membangun sektor transpor­tasi yang mendukung penye­diaan akses bagi masyarakat yang tinggal di daerah-daerah perbatasan, mewujudkan kese­lamatan transportasi, mening­katkan konektivitas nasional, membangun transportasi perkotaan yang aman, nyaman dan terintegrasi. Beragam pro­gram tersebut bertujuan untuk memperkuat dan memajukan daerah-daerah dan desa yang berada di pinggiran dan peda­laman Indonesia, meningkat­kan pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas transportasi na­sional.

Di sektor transportasi uda­ra, Kemenhub membangun bandar udara (bandara) baru dan juga melakukan rehabilitasi bandara di daerah-daerah pedalaman dan terpencil. Ban­dara baru yang dibangun yaitu Bandara Tambelan, Bandara Letung-Anambas, Bandara Te­belian-Sintang, Bandara Muara Teweh, Bandara Samarinda Baru Bandara Maratua-Be­rau, Bandara Miangas, Ban­dara Siau, Bandara Kertajati, Bandara Buntu Kunik-Tanah Toraja, Bandara Morowali, Bandara Namniwel-Buru, Ban­dara Kabir/ Pantar-Alor, Ban­dara Werur-Tambrauw, dan Bandara Koroway Batu-Boven Digoel.

Bandara Miangas, Kepu­lauan Talaud, merupakan salah satu bandara yang telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Pembangunan bandara ini adalah perwuju­dan dari program Nawa Cita untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Bandara ini juga menjalin konektivitas antar wilayah yang dapat membangun ekonomi dan kesejahte- raan masyarakat di Miangas.

“Negara Kesatuan Republik Indonesia hadir dalam ben­tuk yang paling konkret yak­ni menyediakan transportasi bagi warganya, menyediakan pelayanan publik terbaik bagi warganya, sampai ke wilayah-wilayah yang paling jauh dari Ibu kota Negara,” ujar Presi­den ketika peresmian Bandara Miangas.

Pemuka Agama Miangas Hibor Arunda’a mengung­kapkan, keberadaan Bandara Miangas memberikan dampak yang baik dan mengubah dinamika kehidupan masyarakat di Miangas. Kini masyarakat tak hanya dapat mengandalkan kapal perintis, akan tetapi juga pesawat terbang untuk trans­portasi sehari-hari.

“Mereka beli kopra lalu di­pasarkan di Bitung atau Tahu­na. Kopra ini dimuat di kapal perintis kemudian mereka ter­bang menggunakan pesawat ke Manado. Mereka jemput kopra lalu uangnya dibelanja­kan sembako untuk kebutuhan di Miangas. Setelah itu mereka kembali ke Miangas menggu­nakan kapal perintis karena membawa barang,” ungkap Hi­bor Arunda’a.

Selain pembangunan ban­dara, pemerintah juga menye­diakan kewajiban pelayanan umum (Public Services Obliga­tion/ PSO) serta layanan keperintisan di daerah tertinggal. Hal ini dilakukan untuk meningkat­kan aksesibiltas dan transpor­tasi yang terjangkau bagi mas­yarakat. Jumlah rute pelayanan angkutan udara perintis pada tahun 2015 sebanyak 216 rute, dan meningkat sebanyak 209 rute pada tahun 2016.

Upaya Kemenhub memba­ngun bandara di daerah-daerah terpencil dan menyediakan pe­layanan angkutan udara perin­tis sebagai jawaban atas kondi­si geografis Indonesia yang memiliki bentangan yang terse­bar dan sangat luas, dan mas­yarakat yang mendiami wilayah tersebut berhak mendapatkan layanan transportasi yang terjangkau dan memadai, yang disediakan oleh pemerintah.

“Masyarakat yang ada di daerah-daerah terpencil harus dilayani kebutuhan transpor­tasinya, meskipun harganya mahal karena menggunakan angkutan udara perintis, Pe­merintah perlu menyediakannya,” ungkap pengamat trans­portasi Djoko Setijowarno.

Program terobosan Ke­menhub lainnya adalah pro­gram tol laut. Berdasarkan hasil kajian, tol laut telah mampu menurunkan disparitas harga produk-produk dan komoditas yang berbeda antara wilayah Indonesia Barat dan wilayah In­donesia Timur.

Pembangunan pelabuhan juga dikebut. Tahun 2016 telah ada 22 pelabuhan baru yang dibangun dan direhabilita­si. Hingga pertengahan tahun 2017 ini ada 29 pelabuhan telah selesai dibangun dan direhabilitasi. Diharapkan akhir tahun 2017 sebanyak 18 pelabuhan juga rampung dibangun.

Program keselamatan transportasi juga mendapat perhatian super ekstra. Sepan­jang tahun 2015 dan 2016 dilakukan pengerukan pelabu­han agar kapal-kapal bertonasi besar dapat merapat ke pelabu­han. Upaya untuk menciptakan zero accident bagi transportasi laut menjadi bagian penting dari program Kementerian Perhubungan. Tahun 2015 diba­ngun 2457 unit Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), dan tahun 2016 sebanyak 2588 unit. Penyediaan kapal kena- vigasian juga terus ditambah, demikian juga penyediaan Ves­sel Traffic Services (VTS) untuk memonitor lalu lintas dan alur pelayaran di perairan Indonesia secara online real time terus di- tingkatkan.

Di sektor transportasi da­rat, Kemenhub terus mengem­bangkan transportasi umum massal perkotaan yang aman, nyaman dan terintegrasi, serta praktis, efisien, ramah lingkung- an dan berkeadaban. Bus Rapid Transit (BRT) dan Mass Rapid Transit (MRT) adalah wujud dari penyediaan transportasi perkotaan berkelanjutan yang diharapkan oleh masyarakat.

“Saya berharap Jakarta dan beberapa kota besar lainnya sudah menginisiasi penye­diaan sustainable transport seperti MRT dan BRT. Dan saya pikir kita bisa mengikuti nega­ra-negara lain yang sudah lebih maju seperti di Cina, Korea, Je­pang, dan Singapura. Indone­sia juga memiliki inisiatif yang kuat untuk memberikan suatu pengembangan transport yang berkelanjutan,” ungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Pembangunan transportasi sektor perkeretaapian juga te- rus dikembangkan. Infrastruk­tur di bidang pembangunan jalur baru, pembuatan jalur ganda, dan reaktivasi terus di­optimalkan, Tahun 2015 hingga tahun 2016 Kemenhub telah membangun jalur kereta api sepanjang 213,32 KM Spur, pembangunan jalur ganda sepanjang 159,41 KM Spur yang ditargetkan selesai pada akhir 2017.

Kemenhub juga memba­ngun angkutan kereta api pe- rintis yang diharapkan dapat meningkatkan aksesbilitas terutama di daerah tertinggal sehingga mampu mendorong pertumbuhan dan pemerata­an ekonomi. Pada tahun 2016, angkutan kereta api perintis te-lah mempunyai enam lintasan yaitu KA. Cut Mutia (Krueng Mane-Bungkah-Krueng Geu­keuh), KA. Lembah Anai (Lu­buk Alung-Kayu Tanam), KA. Kertalaya (Kertapati-Indera­laya), KA. Siliwangi (Sukabu­mi-Cianjur), KA. Batara Kresna (Purwosari-Wonogiri), dan KA. Jenggala (Mojokerto-Tarik-Tu­langan-Sidoarjo). Soal tarif, masyarakat tak perlu khawatir. Tarif kereta api perintis hanya Rp1.000 hingga Rp4.000. Ta-rif terjangkau ini merupakan bentuk pelayanan Kemenhub dalam menyediakan Public Service Obligation (PSO). PSO mengalami peningkatan dari Rp1,52 triliun dan melayani 301.000 penumpang di tahun 2015 menjadi Rp. 1,82 trili­un dan melayani 335.000 pe- numpang pada tahun 2016 lalu. Pada tahun 2017 ini, PSO akan dialokasikan dengan tar­get untuk melayani 337.000 penumpang.

Pembangunan sarana dan prasarana perkeretaapian juga terus ditingkatkan untuk meningkatkan konektivitas dan memudahkan masyarakat mengakses ke simpul transpor­tasi seperti bandaradan pelabu­han. Upaya pemerintah untuk menghubungkan simpul-sim­pul transportasi tersebut dilakukan dengan membangun jalur Kereta Api (KA) layang Medan-Bandar Kalipah-Ban­dar Kuala Namu; jalur KA an­tara Bandar Tinggi-Kuala Tanjung; Pembangunan akses KA menuju Bandara Internasional Minangkabau; dan pembangu­nan LRT dari Bandara Mahmud Badaruddin II ke Kota Palem­bang.

Tampilkan Semua

Royal Amaroossa Hotel Dijantung Kota Bogor

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Memilih tempat bersantai dengan keluarga ada beberapa hal yang bisa jadi bahan pertimbangan. Selain akses jalan yang mudah juga lokasi perlu juga dipertimbangkan. Ada pilihan yang tepat, yaitu Royal Amaroossa Hotel dimana lokasinya bisa...
Selengkapnya

Braman Setyo Dilantik Jadi Dirut LPDB

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga melakukan pergantian di tubuh Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) pada Jumat (11/8). Braman Setyo dilantik sebagai pejabat baru...
Selengkapnya

BNI dan BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Jaminan Bagi 50.000 Pekerja Rentan

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PT Bank Negara Indone­sia (Persero) Tbk atau BNI kembali mem­perkuat dukungannya terhadap program-pro­gram pengentasan kemiskinan yang digagas oleh pemerintah melalui kerja sama antara be­berapa kementerian. Kali ini, BNI...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Ganjil Genap Jakarta–Cikampek Optimalkan Transportasi Massal

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEKASI - Operator Tol Jakarta-Cikampek berharap wacana pemberlakuan sistem plat nomor kendaraan ganjil-genap dapat mengoptimalkan program pemindahan pengendara pribadi kepada angkutan umum demi mengurai kepadatan lalu lintas jalan.

“Wacana ganjil-genap ini karena kita sedang mencoba cara alternatif agar bisa mengurai kemacetan. Pemerintah telah menyediakan transportasi umum massal sebagai solusinya,” kata Humas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Handoyono di Bekasi, Selasa (15/8).

Menurut dia, Kementerian Perhubungan sejauh ini telah menyiapkan alternatif berkendara umum seperti Bus Transjabodetabek dan Transjakarta yang bisa digunakan pengendara saat terkena pemberlakuan ganjil-genap.

Wacana penerapan gajil-genap sebelumnya dilontarkan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) di bawah koordinator Kementerian Perhubungan berdasarkan hasil kajian terhadap keluhan kemacetan pengguna tol dari arah Bekasi menuju Jakarta akibat adanya sejumlah pekerjaan infrastruktur jalan tol.

Pemerintah pusat rencananya akan memberlakukan sistem ganjil-genap kendaraan pribadi dan mengalihkan (rerouting) kendaraan berat golongan II dan III ke luar tol mulai Agustus 2017.

Kebijakan itu akan diberlakukan mulai dari Bekasi Barat, Kota Bekasi sampai Cawang, Jakarta Timur dan arah sebaliknya. Adapun peraturan ini mulai berlaku pada jam sibuk dari pukul 06.00 sampai 09.00 WIB. Ant/P-5

Tampilkan Semua

Banyak Warga DKI Belum “Merdeka”

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Merdeka bagi warga DKI Jakarta adalah terbebas dari belenggu kemiskinan dan kemelaratan. JAKARTA - Proklamasi kemerdekaan Indonesia 72 tahun yang lalu, merupakan tonggak sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Haru biru seluruh masyarakat...
Selengkapnya

Satpol PP Tindak 4.799 Pelanggar Trotoar

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mencatat ada 4.799 pelanggar trotoar yang ditindak selama pelaksanaan kegiatan Bulan Tertib Trotoar di Ibu Kota. “Selama dua minggu berjalannya kegiatan Bulan Tertib...
Selengkapnya

Merdeka dari Penjajah, Tetapi Belum Secara Ekonomi

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, kawasan Monumen Nasional (Monas) memenunjukkan kemegahannya. Beragam nuansa merah putih, baik umbul-umbul, bendera dan lainnya dikibarkan mengelilingi kawasan ini. Pun dengan kebersihannya....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

KPU Siapkan Beberapa Opsi untuk Kotak Suara Pemilu

Rabu 16/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pada 2019, untuk pertama kalinya bangsa Indonesia akan menggelar pesta demokrasi serentak yang menggabungkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden satu waktu. Tentu itu membutuhkan persiapan matang.

 

Salah satu yang ramai diperbincangkan terkait logistik pemilu itu adalah soal kotak suara yang harus transparan. Untuk mengupas itu, Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai anggota KPU, Ilham Saputra. Berikut petikan wawancaranya.


Saat ini yang ramai diperbincangkan soal logistik pemilu serentak 2019 adalah soal kotak suara yang harus transparan. Tanggapan Anda?


Di beberapa negara, kotak suara ada yang menggunakan plastik atau transparan. Jadi, kita punya beberapa pilihan.

Kemarin, kita kasih pilihan ada karton, tapi ada di Palestina di tengahnya kayak kaleng kerupuk. Nah, itu bisa jadi bahan transparan yang diatur UU.

Kemudian, ada juga transparan yang dari plastik tupperware, itu juga bisa. Jadi, kami gunakan beberapa opsi untuk nanti dikonsultasikan ke DPR, sebenarnya seperti apa sih yang dimaksud UU.


Jadi, belum dipastikan bentuk kotak suara seperti apa?


Kemarin, kita siapkan beberapa opsi, kemudian nanti kita kumpulkan beberapa vendor kita, untuk kemudian apakah nanti yang terbaik yang mana kira-kira. Itu juga termasuk dalam bagaimana kita merencanakan anggarannya karena kan tiap opsi berbeda-beda.

Kalau karton lebih murah, plastik lebih mahal. Jadi, kita sedang menyiapkan saja, tapi belum baku bagaimana bentuknya.


Dalam Rapat Dengar Pendapat, bentuk-bentuk kotak yang tadi Anda sebutkan akan dibawa?


Iya, kita akan sampaikan ini loh beberapa contoh yang kita ajukan seperti dimaksud dalam UU.


Kira-kira anggarannya berapa untuk kotak suara?


Macam-macam, kalau karton lebih murah karena bisa sekali dua kali pakai. Pengalaman Pilkada 2015 pakai karton yang bisa digunakan dua kali.

Tapi waktunya tidak lama, dua kali. Berbeda dengan aluminium yang bisa digunakan lama sejak 2004 lalu. Sekarang masih terus mendata berapa kebutuhan akan kotak suara terkait UU yang baru. Kalau dulu kan 3–4 kotak, sekarang lima kotak.


Usulannya ada delapan kotak?


Iya, opsinya ada delapan, tapi delapan kotak itu akan kita, sebetulnya bagaimana sih yang dimaksud UU itu. Kemudian bagaimana anggarannya gitu.


Soal verifikasi partai politik persiapannya sudah sejauh mana?


Kita sudah siapkan PKPU, serahkan ke DPR untuk dibahas walau UU belum diundangkan. Kita tunggu UU diundangkan dulu baru DPR panggil kita untuk dibahas. Tapi, kita berharap sebetulnya tanpa UU itu diundangkan kita bisalah membahas tentang verifikasi parpol ini.


Kalau menunggu khawatirnya kita terlalu lama menunggu untuk KPU dan membuat sosialisasi untuk parpol terkait bagaimana mereka menyiapkan segala perangkatnya untuk verifikasi mendatang.


Apa saja yang harus dipersiapkan partai?


Ya, misalnya saja kantornya di tingkat kecamatan, desa, kepengurusannya, misalnya, apakah masih lengkap atau tidak. Itu harus diantisipasi parpol agar menyiapkan parpolnya kepengerusannya dan berbagai item yang memang diminta dalam verifikasi parpol.


Kalau UU Pemilu ada yang gugat, verifikasi akan dihentikan dulu?


Kita tetap jalan dulu sementara ini. Kan enggak mungkin kita nunggu gugatan, sementara tahapan berjalan.


Ada rekomendasi ke MK?


Kan sekarang UU belum diundangkan gimana mau uji materi. Berbagai pihak yang merasa punya legal standing silakan ajukan judicial review agar kemudian proses ini bisa cepat, kita bisa jalan sesuai hasil judicial review itu. agus supriyatna/AR-3

Tampilkan Semua

“Kita Maunya Tidak Perlu Impor Garam Lagi”

Jumat 11/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Melalui koordinasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan BUMN, PT Garam, pemerintah memutuskan untuk mengimpor garam guna industri makanan sejumlah 75 ribu ton.   Garam tersebut akan...
Selengkapnya

“Menurut Kami, Acho Tidak Melakukan Pelanggaran"

Kamis 10/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Komika Muhadkly MT alias Acho dilaporkan PT Duta Paramindo Sejahtera selaku pengembang Apartemen Green Pramuka City atas kasus dugaan pencemaran nama baik. Pelaporan dilakukan setelah Acho menuliskan keluhannya terkait pengelolaan...
Selengkapnya

“Jika Ada Indikasi Penyelewengan Segera Hubungi Satgas, Kita Akan Tindak”

Rabu 9/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kasus dana desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu (2/8). KPK menetapkan lima tersangka di antaranya Bupati Achmad Syafii, dan Kepala Kejaksaan Negeri...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Mata Najwa Mengkedip, dan…

Sabtu 12/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Mata Najwa yang dituan rumahi Najwa Shibab, akhir bulan ini berhenti tayang. Program temu bincang, talkshow, dari Metro TV ini mencapai episode ke 511 dari sudah 7 tahun mengudara.

Nana, nama akrab Najwa, mengarungi perjalanan jurnalistik yang mempesona, memberi inspiratif, serta melegenda sebagaimana ikon pembawa acara ikonik sejak Toeti Adhitama, dan Desi Anwar.

Tak banyak anchorwoman, atau broadcaster yang mampu terus menginspirasi, berani, dan masyarakat penonton mengikuti dengan cermat. Mata Najwa menjawab itu dengan lugas, walau dengan kata – kata puitis dan bersanjak, menukik ke pokok topik utama, dan merumuskan jawaban yang ada.

Ini semua akumulasi pengalaman yang penuh tekad dan rasa terlibat, sejak menjadi wartawati dan menangis dan berteriak ketika bertugas melaporkan bencana tsunami di Aceh—dan kelambatan.

Selama berlangsungnya acara, narsum yang ditampilkan adalah nomor satu pada saatnya, termasuk BJ Habibie, Megawati, atau Jokowi—semasa belum menjabat sebagai presiden.

Di sinilah Najwa mengukuhkan legitimasinya : mampu memposisikan dirinya setara dengan nara sumbernya. Saya merasakan karena pernah menjadi salah satu narsum. Saya sebelumnya menuliskan di awal peluncuran Mata Najwa , bersamaan dengan hut Metro, bisa menjadi alternatif yang ada.

Waktu itu saya mengritik narsum yang “tua-tua umurnya”, juga dekor, termasuk bagian bawah meja jangan dibiarkan terbuka. Dengan keunggulan, dengan kepopularan ini—dan memenangkan beberapa penghargaan utama di negeri ini, kenapa “mendadak” berhenti?

Banyak spekulasi, termasuk penampilan live dengan Novel Baswedan., yang belum diketahui siapa penyiram air keras ke wajahnya. Jawabannya bisa iya bisa tidak.

Yang jelas, dalam banyak hal kasus semacam ini bukan karena alasan tunggal. Sebagai perbanmdingan, urung siaran beberapa kali dari ILC di TV One, juga terbukti karena faktor tunggal.

Ada berbagai alasan, ada berbagai peristiwa , yang menumpuk , yang membuat Najwa mengambil keputusan final. Dengan segala risiko yang masuk dalam perhitungannya. Dan sejak awal Najwa sadar itu—ketika di awal-awal kariernya dipersoalkan kenapa tidak memakai jilbab.

Unsur lain adalah dunia pertelevisian— dibedakan dengan media cetak, putaran kerja sangat besar. Kita tahu tokoh di stasiun tv tertentu, pindah ke stasiun tv lain sangat besar, dan kadang juga berombongan.

Artinya kemungkinan itu juga bisa terjadi, meskipun untuk Najwa rasa-rasanya bukan itu. Artinya untuk nama-nama yang selama ini menyatu dengan stasiun tv, seperti Andy F. Noya sekali pun, bisa menjadi berbeda.

Yang agak merepotkan karena keberadaan Najwa bukan hanya sebagai pemandu acara, melainkan bagian yang selama ikut menentukan arah redaksional. Yang pastilah memerlukan waktu dan penyesuaian.

Pada akhirnya, kebebasan dan dalam menentukan pilihan menjadi yang utama Najwa Shibab bebas menentukan berkarier di mana dengan cara apa. Penglaman selama 17 tahun di satu tempat, sangat mempen garuhi, namun juga bukan segalanya.

Profisionalismenya juga lobi-lobi selama ini—bisa berhubungan dengan tokoh-tokoh utama negeri ini, membuka banyak kemungkinan. Bahwa mata Najwa tak benar-benar tertutup. Hanya berkedip.

Tampilkan Semua

Kadarsah Suryadi

Sabtu 12/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Institut Teknologi Bandung (ITB) bukan merupakan satu-satunya perguran tinggi teknik di Indonesia. Sebagai perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia, ITB diharapkan banyak menghasilkan lulusan untuk ikut membangun bangsa, khususnya...
Selengkapnya

Antisipasi Risiko Kanker pada Daging Panggang

Sabtu 12/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah hasil penelitian yang diterbitkan ACS ‘Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukan bahwa, perendaman daging dengan menggunakan bir mampu membantu mengurangi pembentukan zat yang berpotensi berbahaya pada daging...
Selengkapnya

Riset Lada Hitam untuk Kurangi Zat Penyebab Kanker

Sabtu 12/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bumbu yang biasa digunakan di dapur merupakan penangkal untuk mengurangi senyawa karsinogenik yang ada pada daging panggang. Studi ini menemukan bahwa lada hitam menghilangkan pembentukan heterocyclic amines atau HCA, yang terbentuk pada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta