Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | January 26 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Pilih Komoditas untuk Lokomotif Pertanian Nasional

Jumat 24/1/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
RI miliki potensi pertanian pangan yang tidak terkalahkan di seluruh dunia, tapi tidak pernah memiliki lokomotif yang kuat. RI miliki potensi pertanian pangan yang tidak terkalahkan di seluruh dunia, tapi tidak pernah memiliki lokomotif yang kuat.   JAKARTA – Indonesia mesti memilih...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

BNPB Luncurkan Uji Coba Layanan Operasional Call Center 24 jam

Sabtu 25/1/2020 | 09:59
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan uji coba operasional call center guna memberikan layanan selama 24 jam bagi masyarakat, terutama dalam tanggap darurat bencana.

"Layanan (call center BNPB) tersebut dapat diakses oleh masyarakat seluruh Indonesia melalui nomor telepon 021-51010112 yang terdiri dari 12 line hunting dengan biaya yang dibebankan kepada penelepon," kata Kepala Pusat Data Informasi (Kapusdatin) Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo melalui rilis pers di Jakarta, Sabtu (25/1).

Melalui pusat layanan tersebut, masyarakat dapat melaporkan kejadian bencana kepada BNPB, mendapatkan layanan informasi terkait potensi ancaman bencana, komunikasi tim lapangan hingga dukungan bantuan terkait darurat bencana di tiap-tiap wilayah.

Melalui layanan tersebut, BNPB, katanya, ingin juga mewujudkan komitmen untuk lebih dekat dengan masyarakat dalam memberikan layanan terbaik sehingga penanganan bencana dapat dilakukan lebih cepat, tepat dan merata.

Untuk dapat menggunakan layanan call center tersebut, masyarakat sebagai pelapor harus menghubungi nomor pusat layanan yang tertera dan wajib menyebutkan nama dan alamat lengkap yang menjadi lokasi unit pelaporan.

Pelapor kemudian dipersilakan untuk melaporkan segala sesuatu sesuai apa yang menjadi keluhan atau kebutuhan secara singkat padat dan jelas.

Data laporan berisi nama, alamat, isi laporan akan dicatat petugas untuk diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Daerah agar segera dikirimkan tim untuk melakukan aksi tanggap darurat yang dibutuhkan.

Setelah itu penelepon akan mendapat pelayanan khusus dari petugas yang telah diarahkan ke lokasi kejadian.

Setelah laporan ditangani, Pusdalops akan memberikan konfirmasi bahwa pelanggan telah mendapatkan pelayanan dengan baik.

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa nomor pusat layanan BNPB akan berubah menjadi 112 setelah mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. Informasi lebih lengkap dapat dilihat melalui website atau media sosial resmi BNPB. (Ant)

Tampilkan Semua

IDI: Lakukan Screening di Semua Terminal Kedatangan Internasional

Sabtu 25/1/2020 | 08:32
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan perlu dilakukan "screening" atau penyaringan terhadap setiap pesawat dan penumpang di terminal kedatangan Internasional Tanah Air sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap...
Selengkapnya

RSPI Siap Tangani Pasien Terjangkit Virus Corona

Sabtu 25/1/2020 | 08:26
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Direktur Medik dan Perawatan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta, Dr Diany Kusumawardhani, mengatakan instansi tersebut siap menangani pasien apabila ada yang terjangkit virus corona. "RSPI...
Selengkapnya

Pasien "Suspect" Virus Corona di Jakarta Diisolasi

Sabtu 25/1/2020 | 08:18
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Seorang pasien "suspect" virus corona saat ini diisolasi di ruangan khusus Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit tersebut. "Saat ini ada satu orang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Kembali Lima WNI Diculik di Perairan Malaysia

Sabtu 18/1/2020 | 11:05
A   A   A   Pengaturan Font

NUNUKAN - Penculikan warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Sabah Malaysia di perairan Tambisan, Tungku Lahad Datu, Sabah, Malaysia, kembali terjadi. Dari delapan kru kapal semuanya WNI, lima orang diculik dan tiga lainnya dibebaskan bersama kapalnya.

Informasi yang diperoleh melalui siaran tertulis aparat kepolisian Tambisan, Sabtu (18/1) menyebutkan lokasi penculikan tidak jauh dari kasus yang menimpa Muhammad Farhan Cs pada 23 September 2020 tepatnya di perairan Tambisan Tungku Lahad Datu.

Kali ini kejadiannya berlangsung pada Kamis (16/1) sekira pukul 20.00 waktu setempat saat kedelapan WNI ini menangkap ikan menggunakan kapal kayu dengan izin terdaftar Nomor SSK 00543/F.

Musibah terhadap kedelapan WNI yang menggunakan kapal yang terdaftar atas nama majikan di Sandakan ini diterima laporannya oleh aparat kepolisian maritim Lahad Datu pada Jumat (17/1) sekira pukul 13.17 waktu setempat.

Setelah mendapatkan laporan itu, aparat kepolisian negara itu bergerak melajukan pencarian akhirnya melihat kapal bergerak dari arah Filipina memasuki perairan Malaysia. Keberadaan kapal yang digunakan WNI tersebut terpantau radar Pos ATM Tambisan pada Jumat sekira pukul 21.10 waktu setempat.

Aparat kepolisian maritim Lahad Datu menahan kapal tersebut sambil melakukan penggeledahan dan ditemukan tiga kru semuanya WNI. Ketiga WNI yang ditemukan bersama kapalnya adalah Abdul Latif, 37 tahun, Daeng Akbal, 20 tahun, dan Pian bin Janiru, 36 tahun.

Sedangkan lima rekannya yakni Arsyad bin Dahlan, 42 tahun, selaku juragan, Arizal Kastamiran, 29 tahun, La Baa, 32 tahun, Riswanto bin Hayono, 27 tahun, dan Edi bin Lawalopo, 53 tahun, dipastikan disandera.           

“Hasil interogasi terhadap ketiga WNI yang dilepaskan menceritakan bahwa pada saat sedang menangkap ikan didatangi enam orang bertopeng menggunakan kapal cepat,” demikian bunyi siaran tertulis aparat kepolisian maritim Lahad Datu.

“Setelah itu, langsung dibawa bersama kapalnya ke wilayah perairan Filipina. Namun hanya lima rekannya yang disandera sedangkan tiga orang dibiarkan pulang untuk membawa kapalnya kembali ke Tambisan,” imbuh mereka.

Aparat kepolisian Lahad Datu berjanji akan melakukan penyelidikan setelah menerima laporan dari korban.

Sebelumnya, Konsul RI Tawau, Sulistijo Djati Ismoyo pernah menyatakan, agar tidak ada lagi kasus penculikan terhadap WNI pasca penyelamatan Muhammad Farhan, 27 tahun, dari sandera Kelompok Abu Sayyaf. Pada kesempatan itu, Djati sapaan Konsul RI Tawau ini mengingatkan WNI yang beraktifitas di laut agar menjaga keselamatan dan waspada terhadap segala kemungkinan yang mencurigakan. Ant/ils

Tampilkan Semua

Uji Materi UU KPK

Kamis 9/1/2020 | 08:17
A   A   A   Pengaturan Font
Pemohon uji materi UU KPK, Erry Riyana Hardjapamekas (kanan) bersama pemohon lainnya meninggalkan ruangan seusai mengikuti uji materi, di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Rabu (8/1). Sidang uji materi perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002...
Selengkapnya

KPUD Diminta Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Selasa 7/1/2020 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
Semua pihak harus sinergis membantu KPU melakukan sosialisasi Pilkada 2020 ke masyarakat agar partisipasi pemilih dapat meningkat.   METRO – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid Tanthowi meminta KPU provinsi...
Selengkapnya

Sidang Paripurna DPD

Selasa 7/1/2020 | 08:28
A   A   A   Pengaturan Font
Senator asal Kepulauan Riau, Ria Saptarika (kanan) menyampaikan laporan hasil reses saat sidang paripurna ke-7 DPD, di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (6/1). Sidang di antaranya mengagendakan Pembukaan Masa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Data Terbaru Wabah Virus Corona: 56 Orang Meninggal, 2.000 Tertular

Minggu 26/1/2020 | 12:22
A   A   A   Pengaturan Font

SHANGHAI - Lebih dari 2.000 orang di seluruh dunia tertular virus corona baru, yang sebagian besar di antaranya di Tiongkok, dan sebanyak 56 orang di Tiongkok meninggal karena wabah tersebut, menurut data-data yang dikeluarkan pada Minggu (26/1).

“Pada Minggu, China memastikan bahwa hingga 25 Januari ada 1.975 kasus pasien yang tertular virus corona baru sementara jumlah korban meninggal telah mencapai 56 orang,” demikian dilaporkan stasiun penyiaran negara CCTV.

Sementara itu pada Sabtu (24/1), Hong Kong menyatakan darurat virus, membatalkan berbagai perayaan serta melarang perjalanan ke Tiongkok daratan.

Di Hong Kong, ada lima kasus orang mengidap virus tersebut. Pemimpin kota, Carrie Lam, mengatakan penerbangan dan perjalanan kereta cepat antara Hong Kong dan Wuhan akan dihentikan. Sekolah-sekolah di Hong Kong, yang saat ini sedang diliburkan dalam rangka Tahun Baru Imlek, akan tetap ditutup sampai 17 Februari.

Presiden Xi Jinping mengatakan dalam sidang Politbiro, Sabtu (25/1), bahwa Tiongkok sedang menghadapi "situasi berbahaya" sementara badan-badan kesehatan di seluruh dunia bergelut mencegah wabah itu.

Virus itu diyakini muncul akhir tahun lalu di sebuah pasar ikan di pusat Kota Wuhan, Tiongkok, dan berasal dari hewan-hewan liar yang dijual secara ilegal.

Virus sudah menyebar ke kota-kota di Tiongkok seperti Beijing dan Shanghai, juga ke negara-negara lain termasuk Amerika Serikat, Thailand, Korea Selatan, Jepang, Australia, Prancis dan Kanada.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pekan ini tidak menyebutkan wabah itu sebagai darurat kesehatan global, namun beberapa pakar kesehatan mempertanyakan apakah Tiongkok bisa terus menahan penyebaran virus menular itu. Ant/ils

Tampilkan Semua

Disneyland, Ocean Park di Hong Kong Ditutup Terkait Wabah Virus Corona

Minggu 26/1/2020 | 12:08
A   A   A   Pengaturan Font
SHANGHAI - Taman hiburan populer di Hong Kong, Disneyland dan Ocean Park, ditutup pada 26 Januari untuk mencegah penyebaran virus maut corona, yang muncul di Kota Wuhan, Tiongkok. Kabar itu dilaporkan media milik negara, CCTV, Minggu...
Selengkapnya

Kota Tianjin di Tiongkok Diblokade karena Wabah Virus Corona

Minggu 26/1/2020 | 12:04
A   A   A   Pengaturan Font
SHANGHAI - Kota Tianjin di wilayah Tiongkok timur akan menutup seluruh layanan bus antarprovinsi mulai 27 Januari untuk mengendalikan wabah virus corona. Informasi itu dilaporkan oleh surat kabar People's Daily edisi Minggu...
Selengkapnya

Korban Tewas Akibat Virus Corona Jadi 52 Orang

Minggu 26/1/2020 | 10:07
A   A   A   Pengaturan Font
BEIJING - Jumlah korban tewas di Tiongkok akibat wabah virus corona jenis baru yang menyerang paru-paru bertambah menjadi 52 orang hingga Minggu (26/1) pagi, dan tiga dokter Beijing dinyatakan positif sepulang dari Wuhan, Provinsi Hubei,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Berjuang Dari Titik Terendah

Jumat 24/1/2020 | 09:13
A   A   A   Pengaturan Font
Usai menjadi tentara dan bergabung di perusahaan jasa logistik, Ren Zhengfei memulai usaha sendiri di bidang suku cadang elektronika dan telekomunikasi cikal bakal Huawei Technologies, hingga akhirnya menjadi perusahaan raksasa di Tiongkok dan global.

Huawei Technolo­gies adalah raksasa teknologi telekomu­nikasi asal Tiongkok yang berdiri sejak 1988. Produk dan servis dari perusahaan yang menginvestasikan 10 persen dari pendapatan tahunannya untuk litbang ini, telah menjangkau lebih dari 140 negara, dan digunakan oleh 45 dari 50 perusahaan operator telekomunikasi terbesar dunia.

Pada 2018, Huawei men­catat rekor pengiriman 200 juta unit produknya, dan meraih laba bersih sebesar 8,656 miliar dollar AS, dengan total aset 97,109 miliar dollar AS, dan total ekuitas sebe­sar 33,994 miliar dollar AS. Huawei juga memiliki pusat litbang di Stockholm, Swedia; Dallas dan Silicon Valley, Amerika Serikat (AS); Banga­lore, India; Ferbane di Offaly, Irlandia; dan Moskwa, Russia.

Namun, saat ponsel anda­lan terbaru Huawei, Mate 30, diluncurkan di Munich pada September tanpa perincian spesifikasiya, telah men­egaskan bagaimana raksasa telekomunikasi terbesar dunia itu harus berjuang di bawah tekanan perang dagang AS. Penjualan ponsel cerdas itu di pasar terbesarnya di luar Tiongkok, dan Eropa, juga harus tertunda karena produk itu tidak memiliki akses ke aplikasi dan layanan Google.

Ini terjadi, setelah Presiden Donald Trump me­masukkan Huawei ke daftar hitam perusahaan yang dilarang memiliki teknologi dari AS. Bahkan putri Ren, Meng Wangzhou, yang juga CFO Huawei, ditangkap di Kanada atas permintaan AS. Ia dikenakan tuduhan peni­puan perbankan dan transfer bank yang melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Walaupun terancam, pendiri sekaligus CEO Hua­wei, Ren Zhengfei, optimistis perusahaannya akan mampu bertahan dan selamat melewati tekanan itu. Dia memperkirakan tekanan AS hanya bersifat sementara dan penjualan akan kembali pulih pada 2021.

Sebagai sosok pebisnis ulung, Ren Zhengfei lahir pada 25 Oktober 1944, dari pasangan Ren Moxun dan Chen Yuanzhao. Ia meng­habiskan masa sekolah di sebuah kota pegunungan terpencil di Guizhou. Sete­lah SMA, ia melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di Institut Teknik Sipil dan Ar­sitektur, Universitas Chongq­ing, pada 1963.

Pasca­lulus, ia mendaftar menjadi Tentara Pem­be­basan Rakyat atau People’s Liberation Army (PLA) pada tahun 1974, dan ditempatkan di Korps Teknik militer. Sete­lah sembilan tahun mengabdi, pemerintah Tiongkok melaku­kan pengurangan jumlah tentara demi penghematan, sehingga berdampak pada pemberhentian 500.000 ten­tara aktif. Ren menjadi warga sipil, lalu pindah ke Shenzen dan bekerja sebagai pegawai jasa logistik di Shenzhen South Sea Oil Corporation.

Kurang puas dengan pe­kerjaan itu, Ren memutuskan untuk keluar dan dengan mo­dal 21.000 yen, mulai mem­bangun bisnis suku cadang elektronika dan telekomu­nikasi, yang sekarang dikenal dengan nama Huawei.

Pada awal 2000, Huawei mempekerjakan kurang dari 20 ribu pegawai di selu­ruh dunia. Dalam 10 tahun, jumlah pegawai perusahaan meningkat hampir 500 persen yaitu mencapai 95 ribu orang, 27 ribu di antaranya tersebar di luar Tiongkok. Teknologi Huawei sendiri telah diap­likasikan di lebih dari 100 negara, termasuk di Jerman, Prancis, dan Swedia.

Sebagai pendiri Huawei, Ren menyerahkan kepe­milikan perusahaan pada karyawan untuk menjamin kelanjutan Huawei. Pada kuartal I-2018, Huawei me­ngeluarkan 39,3 juta unit ponsel pintar, setara dengan 11,8 persen persentase pasar ponsel pintar di dunia. Kini, Huawei menjadi produsen ponsel pintar terbesar nomor ketiga, di bawah Samsung dan Apple. Ia pun menjadi orang terkaya nomor 1.028 di dunia dengan total kekayaan 2,2 miliar dollar AS atau 29,26 triliun rupiah.

Pengagum Amerika

Meski menjadi salah satu korban perang dagang yang dilancarkan AS, Ren mengaku tetap mengagumi kebesaran negar adidaya tersebut. Da­lam sebuah wawancara de­ngan CNN, ia mengaku sejak muda hingga sekarang salut akan kebesaran AS.

“Hari ini, saya masih percaya bahwa AS adalah negara yang hebat. Institusi canggih Anda, mekanisme inovasi yang fleksibel, hak properti yang jelas, dan penghor­matan serta perlindungan hak individu telah me­narik bakat terbaik dunia un­tuk berin­vestasi dan berinovasi di AS. Miliaran orang telah berpartisipasi dalam proses ini. Tanpa ke­terbukaan, Anda tidak akan bisa berkembang menjadi kekuatan paling unggul di dunia hanya dalam lebih dari 200 tahun,” tuturnya.

Terkait tekanan perda­gangan AS kepada Huawei, Ren mengaku telah mencoba agar perusahaannya tetap menjaga profil, seperti domba yang diam. Tanpa memeduli­kan apa yang orang lain kata­kan, perusahaan selalu tetap diam dan tidak menyangkal apa yang dikatakan.

“Ketika kami bereks­pansi ke pasar luar negeri, beberapa orang mengatakan kami komunis. Kemudian, ketika kami kembali ke Tiong­kok, orang lain mengatakan kami kapitalis, karena kami membagi keuntungan kami dengan karyawan kami dan banyak dari karyawan kami memiliki pendapatan tinggi. Kita tidak tahu apakah kita komunis atau kapitalis, dan kita tidak membuang waktu untuk menjelaskan siapa diri kita. Sebagai gantinya, kami menghabiskan waktu kami untuk memperbaiki manajemen internal kami dan menyediakan produk dan layanan yang lebih baik, sehingga pelanggan akan memahami dan menerima kami,” tuturnya.

Menurutnya, AS mulai me­nyerang Huawei sejak lebih dari 10 tahun yang lalu kare­na curiga ketika perusahaan mulai berekspansi ke pasar luar negeri. Upaya itu diang­gap sebagai langkah-langkah komunis memperluas pengaruh. Akhirnya, Huawei menggugat pemerintah AS karena pembatasan yang dit­erapkan. Selocahyo/E-12

Tampilkan Semua

Pasar Berpeluang Menguat

Jumat 24/1/2020 | 09:07
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan berpeluang mengalami kenaikan. Pada per­dagangan, Jumat (24/1), IHSG akan melaju pada rentang 6.202-6.378. Vice President Research De­partment PT Indosurya Ber­sinar...
Selengkapnya

Perdagangan Efek Lima Emiten Dihentikan Sementara

Jumat 24/1/2020 | 09:04
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Oto­ritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator pasar modal di Indonesia, memutuskan penghentian sementara perda­gangan efek lima emiten. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima...
Selengkapnya

Pencatatan Saham Perdana

Jumat 24/1/2020 | 09:03
A   A   A   Pengaturan Font
Direktur Utama PT Diamond Food Indonesia Tbk Chen Tsen Nan (tengah) bersama Komisaris Independen Lim Beng Lin (kiri) dan Komisaris Independen Corneiles Tedjo Endriyarto (kanan) menekan tombol disaksikan Direktur Penilaian Perusahaan BEI...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Aliran Listrik di Dayeuhkolot Kab Bandung Dipadamkan Terkait Banjir

Minggu 26/1/2020 | 15:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG - Aliran listrik di wilayah banjir yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) dipadamkan terkait semakin meningginya air di kawasan tersebut. "Aliran listrik sudah dipadamkan untuk wilayah Kecamatan Dayeuhkolot ya. Itu yang dipadamkan adalah rumah warga yang terendam banjir. Ini dilakukan demi faktor keselamatan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Enjang Wahyudin, ketika dihubungi melalui telepon, Minggu (26/1).

Enjang mengatakan pemadam aliran listrik di rumah warga terdampak banjir di Kecamatan Dayeuhkolot dilakukan sejak Sabtu (25/1) malam. "Dipadamkan sejak kemarin malam dan sampai sekarang masih dipadamkan," kata dia.

Sementara itu, Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu, mengatakan kerugian materi akibat banjir di Kabupaten Bandung juga bertambah, yakni menjadi 7.638 rumah terendam, 13 sekolah terendam dan 32 tempat ibadah terendam.

Saat ini, warga terdampak mengungsi ke tempat yang lebih aman, yaitu di Kecamatan Dayeuhkolot. Jumlah pengungsi di kantor kecamatan setempat sebanyak 113 KK (kepala keluarga) atau 364 jiwa.

Selanjutnya, warga di Kecamatan Baleendah mengungsi ke sejumlah tempat, seperti shelter dan Gedung Inkanas Baleendah dengan jumlah pengungsi 95 KK atau 331 jiwa. Ant/ils

Tampilkan Semua

Ratusan Warga di Pekalongan dan Batang Mengungsi Karena Banjir

Minggu 26/1/2020 | 11:51
A   A   A   Pengaturan Font
PEKALONGAN - Hujan deras disertai angin yang melanda Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, sejak Sabtu (25/1) malam hingga Minggu (26/1) menyebabkan banjir sehingga ratusan warga di dua daerah itu mengungsi. Berdasar data...
Selengkapnya

Sebanyak 40.844 Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Bandung

Minggu 26/1/2020 | 09:33
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Sebanyak 40.844 jiwa terdampak banjir yang melanda Kawasan Bandung selatan, tepatnya di lima kecamatan Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) sejak Kamis (23/1) hingga Minggu (26/1) "Update banjir di Kabupaten Bandung hingga...
Selengkapnya

Ribuan Rumah Terendam akibat Banjir di Kabupaten Bandung

Sabtu 25/1/2020 | 12:54
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan banjir yang menerjang lima kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang terjadi sejak Kamis (23/1) telah menyebabkan 3.744 unit rumah,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Pemenang Lomba Nippon Paint

Senin 20/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Senior Sales Manager Project Nippon Paint Indonesia, Ramadhan Effendi (kiri) bersama Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, Linda Kam (kanan) berbincang dengan penerima gold winner Asia Young Designer Awards (AYDA) Indonesia 2019/20 kategori Desain Interior dan arsitektur, Jakarta, Sabtu (18/1).Melalui AYDA, Nippon Paint akan terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan industri kreatif Arsitektur dan Desain Interior di Indonesia. Dengan harapan ke depannya para peserta AYDA dapat memberikan kontribusi nyata terhadap Negara Republik Indonesia.

Tampilkan Semua

Bangunan Perlu Perlindungan Asuransi

Senin 20/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Properti tidak sekedar menjadi investasi. Yang tidak kalah penting, properti perlu mendapat perlindungan asuransi. Pasalnya asuransi properti dapat mengurangi kerugian bila terjadi kerusakan-kerusakan. Upaya perlindungan tersebut bukan...
Selengkapnya

Tandatangani Kerja Sama

Jumat 17/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kepala Divisi EPC PT PP (Persero) Tbk, Nurlistyo Hadi (keempat kiri) disaksikan Direktur Operasi 3 PT PP (Persero) Tbk, Abdul Haris Tatang (kiri) saat penandatanganan kontrak Pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery bersama China...
Selengkapnya

Hunian Premium sebagai Gaya Hidup

Jumat 17/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk kalangan menengah atas, hunian tidak lagi sebatas tempat tinggal maupun tempat berteduh. Hunian telah bergeser sebagai gaya hidup yang mampu memberikan sisi pembeda. Bagaikan barang branded, hunianpun telah mengakomodasi kebutuhan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Ponsel Luna Hadirkan Internet Tanpa Kartu SIM

Kamis 23/1/2020 | 17:07
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Luna, merek ponsel asal Korea Selatan (Korsel), menggandeng penyedia layanan subscriber identification module (SIM) virtual SIMO untuk menghadirkan layanan internet tanpa kartu SIM fisik dan tanpa terhubung ke WiFI.

"Kami ingin menjadi yang pertama adaptasi SIM virtual," kata manajer pemasaran Luna Indonesia, Suryadi Willim, saat peluncuran di Jakarta, Kamis (23/1).

Dengan teknologi yang dibawa SIMO ponsel Luna dapat terhubung ke jaringan internet tanpa harus mengaktifkan paket data di kartu SIM maupun tersambung ke WiFi. Virtual SIM dari SIMO menyediakan koneksi jaringan 4G terkuat yang ada di lokasi pengguna ponsel berada.

Ponsel Luna memiliki aplikasi pre-loaded SIMO, pengguna dapat membeli berbagai paket internet yang ada dengan beragam pilihan harga. Untuk dapat mengaktifkan SIMO, pengguna harus memasang satu nomor dari operator seluler mana pun di ponsel Luna.

Setelah aktif, SIMO akan mencari sinyal terkuat dari operator mana pun, meski pun operator tersebut tidak sama dengan yang ada di kartu SIM fisik.

Country manager SIMO Indonesia, Wisnu Adhi Prabowo, menyatakan mereka sudah bekerja sama dengan operator seluler antara lain Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo untuk internet di SIMO.

Setiap ponsel wajib memiliki nomor IMEI yang terhubung ke satu nomor seluler. Luna untuk ponsel yang bekerja sama dengan SIMO ini menyediakan tiga nomor dalam satu ponsel, yaitu dua IMEI untuk slot kartu SIM konvensional dan satu IMEI untuk SIMO.

Ponsel Luna SIMO memiliki layar IPS sebesar 6,08 inci dengan rasio 19,5:9, dengan model layar waterdrop notch. Kamera Luna SIMO pun telah didukung lensa sebesar 13MP dan 2MP di belakang, sementara untuk kamera depan 5MP.

Untuk RAM, Luna membekali model ini sebesar 3GB diapdukan dengan kapasitas internal 32GB yang bisa diperluas hingga 128GB. Ponsel itu dijual seharga 1.299.000 rupiah. Ant/ils

 

Tampilkan Semua

Grip untuk Pengoperasian Kamera secara Nirkabel

Kamis 23/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pengguna kamera membutuhkan aksesoris tambahan untuk menunjang pengambilan gambar secara lebih mudah dan lebih baik. Sony menciptakan alat pegangan (grip) nirkabel untuk kamera, agar penggunanya dapat mengoperasikan kamera secara lebih...
Selengkapnya

Aplikasi Mobile Mulus dengan Cloud Latensi Rendah

Kamis 23/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perusahaan-perusahaan memanfaatkan cloud latensi rendah guna mendukung mulusnya aplikasi mobile mereka Bagi perusahaan, komputasi awan menawarkan banyak manfaat, ketimbang memiliki peladen (server), dan piranti lunak sendiri. Layanan...
Selengkapnya

Mesin Cuci Pintar Berbasis AI

Kamis 23/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kecerdasan buatan yang mampu berpikir dan melakukan pengaturan sendiri, mulai diterapkan pada peralatan rumah tangga seperti mesin cuci. Yang terbaru LG Electronics membekali mesin cuci front loading dengan teknologi artificial...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Bugatti Belum Mau Ikut Tren Mobil Listrik

Minggu 26/1/2020 | 14:39
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS - Manufaktur mobil super (supercar) asal Prancis, Bugatti, menyatakan belum mau mengikuti tren otomotif dunia yang beralih dari mesin bakar (combustion engine) ke mobil berpenggerak listrik. CEO Bugatti Stephan Winkelmann menyatakan bahwa populasi Bugatti yang tidak terlalu banyak, dinilai tidak memberikan dampak emisi yang signifikan

Winkelmann juga menjelaskan mesin W16 dengan 16 piston silinder yang digunakan mobil-mobil Bugatti memberikan sensasi kecepatan dan daya tarik emosional untuk para pemiliknya, sehingga mereka belum berniat menggantinya dengan mesin listrik.

"Untuk 10 tahun ke depan, hanya mesin W16 yang memberikan emosi dan sensasi yang diharapkan oleh konsumen supercar kami," kata Stephan Winkelmann dilansir AFP, Minggu (26/1).

Saat ini, kurang dari 700 unit Bugatti yang beredar di seluruh dunia. Mobil super itu juga tidak dipakai setiap hari oleh pemiliknya, melainkan hanya 1.200 kilometer per tahun atau 100 kilometer per bulan. "Mungkin karena rata-rata pemilik Bugatti punya koleksi 42 mobil untuk dipakai," kata perusahaan itu.

Tim Bravo, kepala divisi komunikasi perusahaan mengatakan pemilik Bugatti umumnya bukan pejuang lingkungan, namun mereka berkontribusi terhadap perubahan iklim dengan cara lain, misalnya berdonasi. "Banyak dari mereka menyumbang untuk masalah lingkungan, meskipun kebanyakan orang mungkin tidak mengetahuinya," kata Tim Bravo.

Winkelmann kembali menambahkan bahwa pada 2019 adalah tahun sangat baik bagi Bugatti, yang terbaik sejak 1998 dalam hal pendapatan, pengiriman, dan pendapatan.

Konsumen Bugatti adalah kalangan berdompet tebal karena harga Chiron 2,8 juta dollar AS (35 miliar rupiah) sedangkan harga Bugatti Divo menembus 75 miliar rupiah dan harga itu belum dikenakan pajak. Ant/ils

Tampilkan Semua

Kia akan Luncurkan 11 Kendaraan Listrik

Minggu 26/1/2020 | 10:15
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL - Perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Kia Motors, akan meluncurkan 11 kendaraan listrik (EV/ Electric Vehicle) pada 2025 dan menargetkan 6,6 persen dari pangsa pasar kendaraan listrik global. “Kia Motors akan mengubah...
Selengkapnya

Hyundai Motor akan Produksi Mobil Hidrogen Komersial di Tiongkok

Sabtu 25/1/2020 | 13:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Dalam Forum EV100 Tiongkok yang diadakan di Beijing pada 10-12 Januari, Wakil Presiden Eksekutif Lee In-cheon, kepala Divisi Bisnis Kendaraan Komersial Hyundai, telah mengumumkan pihaknya akan memproduksi mobil hidrogen...
Selengkapnya

GM Cruise, Mobil Swakemudi Listrik Tanpa Setir dan Pedal

Rabu 22/1/2020 | 12:16
A   A   A   Pengaturan Font
SAN FRANCISCO – Pembuat mobil swakemudi Cruise telah memperkenalkan kendaraan listrik tanpa setir dan pedal yang dinamai "Cruise Origin". Mobil swakemudi itu dikembangkan bersama Honda Motor, yang mengambil saham minoritas di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Novak Djokovic Melaju ke Perempat Final Australian Open

Minggu 26/1/2020 | 14:19
A   A   A   Pengaturan Font

MELBOURNE – Juara bertahan Novak Djokovic berhasil menyingkirkan petenis asal Argentina, Diego Schwartzman, dalam ajang Australian Open yang digelar di Rod Laver Arena, Melbourne, Australia, pada Minggu (26/1). Dengan kemenangan ini, maka Djokovic akan berhadapan dengan petenis asal Kanada, Milos Raonic, pada perempat final Australian Open, Minggu (27/1).

Dalam laga melawan Schwartzman, Djokovic berhasil memenangkan keseluruhan set, 6-3, 6-4, 6-4.

Raonic diperkirakan akan jadi lawan tangguh Djokovic setelah petenis asal Kanada itu pun berhasil menuntaskan seluruh set saat melawan Marin Cilic 6-4, 6-3, 7-5.

"Milos adalah petenis jangkung dan tangguh dalam ajang ini,” komentar Djokovic. “Saya harus bersiap menghadapi pukulan yang amat kuat dia dan yang terpenting yaitu sebaik apa saya dalam mengembalikan pukulannya,” imbuh Djokovic.

Sepanjang catatan, Djokovic telah bertanding melawan Raonic sebanyak 9 kali dan ia berhasil memenangkan semua pertandingan melawan petenis dari Kanada itu. AFP/ils

Tampilkan Semua

Coco Gauff Gagal Cetak Sejarah di Australian Open

Minggu 26/1/2020 | 13:51
A   A   A   Pengaturan Font
MELBOURNE – Ambisi petenis putri belia asal Amerika Serikat (AS) Coco Gauff, 15 tahun, untuk mencetak sejarah sebagai juara di Australian Open termuda dalam sejarah, kandas setelah ia dikalahkan dalam 3 set oleh petenis senegaranya...
Selengkapnya

Valencia Kalahkan Barcelona 2-0

Minggu 26/1/2020 | 09:08
A   A   A   Pengaturan Font
VALENCIA - Barcelona tampil dominan tapi gagal menghasilkan apapun dan malah tersungkur menelan kekalahan 0-2 dari tuan rumah Valencia dalam laga pekan ke-21 Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Valencia, Sabtu (25/1) waktu...
Selengkapnya

Chelsea Melaju ke Putaran 5 Piala FA Usai Menang di Hull

Minggu 26/1/2020 | 08:41
A   A   A   Pengaturan Font
HULL CITY - Chelsea melanjutkan langkah mereka ke putaran kelima Piala FA seusai menang 2-1 atas tuan rumah Hull City di Stadion KCOM, Sabtu (25/1) waktu setempat. “Michy Batshuayi dan Fikayo Tomori jadi pencetak gol-gol kemenangan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Membangun Kepercayaan

Jumat 24/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kasus penyalahgunaan dana masyarakat Asuransi Jiwasraya telah menyita perhatian masyarakat. Betapa tidak, dana triliunan rupiah begitu mudah berpindah tangan ke pihak lain kemudian tak jelas rimbanya. Bukan saja merugikan pemilik dana, pemerintah pun tak bisa lepas tangan sebab tertera sebagai pemegang saham Jiwasraya.

Menyusul Jiwasraya, berkembang pula sejumlah kasus di Asabri dan Taspen. Sekalipun dua lembaga terakhir belum masuk penyidikan aparat hukum, tapi tak menutup kemungkinan bakal menyusul Jiwaraya.

Selain lembaga resmi yang mengangkangi dana masyarakat, terungkap pula praktik investasi bodong miliaran rupiah dengan label MeMiles. Tak tanggung-tanggung, selain melibatkan selebritas, orang-orang terkenal, MeMiles juga memberikan hadiah-hadiah fantastis, di antaranya mobil-mobil mewah dan emas batangan.

Para ahli mengungkapkan, praktik penyalahgunaan dana masyarakat tersebut menggunakan skema Ponzi, yaitu modus investasi palsu yang membayar keuntungan investor dari uang mereka sendiri, atau uang dari investor berikutnya. Secara gamblang, pembayaran atas investasi bukan dari keuntungan yang diperoleh dari lembaga yang menjalankan bisnis keuangan tersebut.

Dengan kata lain, skema Ponzi itu seperti gali lobang tutup lobang dengan cari investor baru untuk bayar keuntungan nasabah lama. Kemudian, untuk menunjukkan performa yang bagus, dilakukan window dressing atau poles laporan keuangan dengan memasukannya sebagai pendapatan, bukan juga dicatat sebagai utang.

Diketahui, skema Ponzi merupakan konsep investasi yang digagas dan dikembangkan oleh seorang berkebangsaan Italia, Charles Ponzi pada tahun 1920. Awalnya, skema Ponzi ini dipraktikkan dalam suatu arbitrase dari kupon balasan surat internasional yang di setiap negara memiliki tarif berbeda.

Perbedaan tarif tersebut menjadi sumber keuntungan dari praktik ini yang kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi sang penggagas dan membayar keuntungan atau bagi hasil kepada para investor sebelumnya.

Konsep investasi skema Ponzi menjadi cikal bakal investasi bodong yang dipraktikkan di seluruh dunia hingga saat ini. Tidak ada kegiatan usaha apa pun yang didanai dalam investasi berkonsep ini. Investasi dengan skema Ponzi murni perputaran uang dari para anggotanya sendiri.

Artinya, skema Ponzi merupakan modus investasi palsu yang memberikan iming-iming keuntungan lebih besar dibandingkan jenis investasi lain.
Investasi dengan skema Ponzi tidak pernah memiliki keuntungan. Dana yang diklaim sebagai keuntungan yang dibagikan kepada para anggotanya sebenarnya bukanlah keuntungan murni dari kegiatan usaha, melainkan uang yang disetorkan oleh para anggota baru. Ketika tak ada lagi anggota baru yang bergabung, otomatis tidak ada setoran uang masuk yang bisa dibagikan kepada para anggota senior.

Di Indonesia, praktik akal-akalan investasi itu bukan baru terjadi, tapi sudah beberapa kali. Bahkan, sudah banyak yang diganjar hukuman penjara.
Soalnya kemudian, hukuman bagi pelaku praktik nakal investasi ternyata tidak membuat jera. Selalu saja ada pihak yang menjalankan praktik akal-akalan itu. Boleh jadi pula, di tengah masyarakat sekarang ini masih berlangsung investasi model skema Ponzi tersebut.

Apa yang terjadi dalam bisnis investasi tentu saja menurukan kepercayaan masyarakat. Padahal, kita sedang berupaya menjadi bangsa yang maju secara pendapatan maupun pengetahuan.

Kepercayaan adalah kebutuhan bagi manusia. Dengan kepercayaan manusia bisa memiliki pedoman yang diyakininya baik buat hidupnya.
Kini, saatnya membangun kepercayaan. Untuk itu, para pengambil kebijakan mesti konsisten dengan program yang dibuatnya demi kemajuan bangsa. Demikian pula aparat hukum, mesti tegas, berani menindak pelaku kejahatan investasi menjadi jera, dan tidak ada yang berani mengulanginya.

Tampilkan Semua

Memupuk Loyalitas Karyawan

Senin 20/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan: Bu Rossa, perusahaan kami baru merekrut karyawan-karyawan baru fresh graduate dari universitas negeri ternama. Mereka cerdas, penuh semangat, kompetitif dan juga abisius. Merekrut mereka tidak mudah dan perusahaan juga...
Selengkapnya

Prolegnas Ambisius

Sabtu 18/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setiap akhir tahun, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selalu mengeluarkan daftar Rancangan Undang-undang (RUU) prioritas yang akan dibahas pada tahun berikutnya. Daftar itu menjadi acuan kinerja Dewan Perwakilan Rakyat bersama pemerintah...
Selengkapnya

Mengapa Harus Impor Garam?

Jumat 17/1/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Garam merupakan bahan baku dan bahan penolong bagi industri. Untuk industri makanan dan minu­man, misalnya, minimal kadar NaCl sebesar 97 persen, sementara kebanyakan garam lokal diklaim tak memenuhi spesifikasi untuk kebutuhan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Lizzo Raih 8 Nominasi di Ajang Grammy Awards 2020

Minggu 26/1/2020 | 11:23
A   A   A   Pengaturan Font

LOS ANGELES – Penyanyi perempuan kelahiran Detroit, Amerika Serikat (AS), Lizzo, berhasil meraih 8 nominasi pada ajang penganugerahan blantika musik paling bergengsi, Grammy Awards ke-62, yang penyerahannya akan dilaksanakan pada Minggu (26/1) waktu Los Angeles.

Penyanyi berusia 31 tahun dengan nama asli Melissa Viviane Jefferson dalam ajang Grammy Awards 2020 mendapatkan nominasi untuk kategori album terbaik tahun ini (Cuz I Love You), rekaman terbaik tahun ini (Truth Hurts), lagu terbaik tahun ini (Truth Hurts), penyanyi pendatang baru terbaik tahun ini.

Selain itu Lizzo juga dinominasikan untuk kategori album urban kontemporer terbaik tahun ini (Cuz I Love You), penyanyi pop dengan penampilan solo terbaik(Truth Hurts), penyanyi R&B dengan penampilan terbaik (Exactly How I Feel), serta yang terakhir untuk kategori penyanyi R&B Tradisional dengan penampilan terbaik (Jerome).

Lizzo dalam ajang Grammy ini akan bersaing dengan penyanyi pop yaitu Billie Eilish (18 tahun) dan rap country muda yang amat sensasional, Lil Nas X, 20 tahun, yang masing-masing mendapatkan 6 nominasi, serta penyanyi rap muda lainnya yang berusia 22 tahun bernama H.E.R. yang meraih 5 nominasi.

Nama-nama penyanyi kondang AS lainnya yang juga mendapatkan nominasi Grammy antara Ariana Grande, Beyonce, Lana Del Rey, Bon Iver, dan Vampire Weekend.

Ajang Grammy Awards 2020 juga akan dimeriahkan oleh penampilan sejumlah penyanyi beken seperti Billy Ray Cyrus, John Legend, Meek Mill, aksi meracik musik oleh DJ Diplo dan DJ Khaled, serta tak kalah serunya yaitu penampilan boyband kondang asal Korea Selatan, BTS.

Berikut nominasi ajang Grammy Awards 2020:

Album of the Year

Bon Iver (i, i)

Lana Del Rey (Norman Fucking Rockwell!)

Billie Eilish (When We All Fall Asleep, Where Do We Go?)

Ariana Grande (thank u, next)

H.E.R. (I Used To Know Her)

Lil Nas X (7)

Lizzo (Cuz I Love You)

Vampire Weekend (Father Of The Bride)

 

Record of the Year

Bon Iver (Hey, Ma)

Billie Eilish (Bad Guy)

Ariana Grande (7 Rings)

H.E.R. (Hard Place)

Khalid (Talk)

Lil Nas X featuring Billy Ray Cyrus (Old Town Road)

Lizzo (Truth Hurts)

Post Malone and Swae Lee (Sunflower)

 

Song of the Year

Lady Gaga, Natalie Hemby, Hillary Lindsey, dan Lori McKenna - Always Remember Us This Way" (from "A Star Is Born")

Billie Eilish and Finneas O'Connell - Bad Guy

Brandi Carlile, Phil Hanseroth, Tim Hanseroth, dan Tanya Tucker - Bring My Flowers Now

H.E.R., Ruby Amanfu, Sam Ashworth, D. Arcelious Harris, dan Rodney Jerkins - Hard Place

Taylor Swift – Lover

Lana Del Rey dan Jack Antonoff - Norman Fucking Rockwell!

Lewis Capaldi, Tom Barnes, Pete Kelleher, Benjamin Kohn, dan Sam Roman - Someone You Loved

Lizzo, Steven Cheung, Eric Frederic, dan Jesse Saint John - Truth Hurts

 

Best New Artist

Black Pumas

Billie Eilish

Lil Nas X

Lizzo

Maggie Rogers

Rosalia

Tank and the Bangas

Yola

 

Best Music Video

The Chemical Brothers - We've Got to Try

Gary Clark Jr - This Land

FKA twigs - Cellophane

Lil Nas X and Billy Ray Cyrus - Old Town Road

Tove Lo - Glad He's Gone

 

Best Rap Album

Dreamville (Revenge Of The Dreamers III)

Meek Mill (Championships)

21 Savage (I Am > I Was)

Tyler, The Creator (Igor)

YBN Cordae, (The Lost Boy)

 

Best Rock Album

Bring Me The Horizon (Amo)

Cage The Elephant (Social Cues)

The Cranberries (In The End)

I Prevail (Trauma)

Rival Sons (Feral Roots)

 

Best Pop Vocal Album

Beyonce (The Lion King: The Gift)

Billie Eilish (When We All Fall Asleep, Where Do We Go?)

Ariana Grande (thank u, next)

Ed Sheeran (No. 6 Collaborations Project)

Taylor Swift (Lover)

 

Best Alternative Music Album

Big Thief (U.F.O.F.)

James Blake (Assume Form)

Bon Iver (i, i)

Vampire Weekend (Father of the Bride)

Thom Yorke (Anima)

 

Best World Music Album

Altin Gun (Gece)

Bokante & Metropole Orkest conducted by Jules Buckley (What Heat)

Burna Boy (African Giant)

Nathalie Joachim with Spektral Quartet (Fanm D'Ayiti)

Angelique Kidjo (Celia).

AFP/ils

Tampilkan Semua

Bocoran Samsung Galaxy A11 dan Galaxy A21

Minggu 26/1/2020 | 09:24
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL - Samsung telah meluncurkan dua ponsel seri Galaxy A terbaru tahun ini, yaitu A51 dan A71, namun tampaknya bukan hanya itu perangkat kelas menengah yang akan diluncurkan perusahaan Korea Selatan pada paruh pertama tahun...
Selengkapnya

Ganjar Main Barongsai saat Perayaan Imlek

Sabtu 25/1/2020 | 14:46
A   A   A   Pengaturan Font
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara spontan menjadi pemain barongsai pada puncak perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Kelenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, Sabtu (25/1). Awalnya Ganjar yang saat itu hadir memeriahkan perayaan Imlek...
Selengkapnya

Masalah Fisik, Daniel Craig Ragu Kembali Perankan James Bond

Sabtu 25/1/2020 | 13:16
A   A   A   Pengaturan Font
Daniel Craig ragu dia masih "kuat secara fisik" berperan sebagai James Bond lagi setelah kakinya terluka di film "Spectre". Aktor 51 tahun ini telah mengungkapkan keinginannya untuk mundur dari peran agen rahasia setelah "Spectre", film...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Hari Ini Jakarta Diprediksi Hujan Sejak Pagi

Minggu 26/1/2020 | 07:51
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Hari Minggu (26/1) ini, Provinsi DKI Jakarta diprediksi bakal diguyur hujan pada sebagian besar area atau empat wilayah kota dan kabupaten serta akan bersambung dengan hujan di seluruh wilayah pada siang hari. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan dalam data yang disiarkan di Jakarta, Minggu, peringatan dini mengenai cuaca yang akan terjadi sejak siang hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir atau angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan malam hari," tulis BMKG dalam keterangannya pada Minggu pagi.

Adapun berdasar data BMKG, cuaca Jakarta pada Minggu pagi ini, empat wilayah kabupaten/kota akan mengalami hujan dengan intensitas ringan yakni Jakarta Barat, Pusat, Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Sementara dua wilayah lain yakni Jakarta Timur dan Selatan akan berawan.

Pada siang hari, seluruh wilayah Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas berbeda yakni ringan, lokal dan berpetir. Untuk hujan ringan akan berlangsung di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Pusat, sementara untuk hujan lokal akan berlangsung di Jakarta Barat dan Timur, serta di Jakarta Selatan akan turun hujan dengan berpetir.

Adapun pada malam hari, sebagian besar wilayah DKI Jakarta akan mengalami hujan berbagai intensitas. Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Jakarta Barat akan mengalami hujan berintensitas lokal. Sementara Jakarta Pusat dan Timur akan turun hujan dengan intensitas ringan, adapun Jakarta Selatan akan berawan.

Suhu udara di Jakarta secara umum berada pada temperatur antara 24 hingga 33 derajat Celsius yang memiliki rincian Jakarta Barat (24-33), Jakarta Pusat (25-32), Jakarta Selatan (24-33), Jakarta Timur (24-33), Jakarta Utara (25-32) dan Kepulauan Seribu (26-31).

Adapun kelembapan udara di Jakarta, berada antara 80 persen hingga 100 persen dengan rincian Jakarta Barat (80-100), Jakarta Pusat (80-95), Jakarta Selatan (80-100), Jakarta Timur (80-100), Jakarta Utara (80-95) dan Kepulauan Seribu (85-95). Ant/ils

Tampilkan Semua

Layanan SIM Keliling Hari ini Beroperasi di 3 Lokasi di Jakarta

Minggu 26/1/2020 | 07:45
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kembali mengadakan layanan SIM keliling bagi warga Jakarta di tiga titik pada Minggu (26/1) ini. Namun untuk layanan Samsat Keliling tidak beroperasi pada hari...
Selengkapnya

Lokasi Sim Keliling Hari Ini

Sabtu 25/1/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
  JAKARTA - Layanan SIM keliling dibuka di enam lokasi di Jakarta hari ini, Sabtu (25/01) Menurut data dari @TMCPolda Metro Jaya wilayah yang melayani SIM Keliling hari ini akan di buka wiilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan,...
Selengkapnya

Hari Raya Imlek, Jabodetabek Hujan Lebat

Sabtu 25/1/2020 | 06:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Di hari raya Imlek yang jatuh hari ini, Sabtu (25/1), hujan dengan intensitas lebat kembali mengguyur wilayah Jabodetabek pada pagi hari ini. Seperti dikutip dari situs resmi BMKG, hujan lebat akan terjadi pada pukul 05:35 WIB...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Panja Fokus pada Kepastian Hukum dan Kejelasan Pengembalian Uang Nasabah

Jumat 24/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Merespons persoalan besar PT Asuransi Jiwasraya yang menimbulkan potensi kerugian negara sebasar 13,7 triliun rupiah dan merugikan para nasabahnya baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam rapat bersama Jaksa Agung menghasilkan kesimpulan untuk membentuk Panitia Kerja (Panja).

 

Pembentukan Panja dimaksudkan agar kepastian pembayaran nasabar bisa dilakukan Jiwasraya serta menyelamatkan aset negara. Untuk mengupas soal ini, Koran Jakarta mewawa­ncarai Wakil Ketua Komisi III, Desmond J Mahesa, di Jakarta, Selasa (21/1).

Kenapa Komisi III lebih me­milih membentuk Panja daripada Panitia Khusus (Pansus)?

Kami belum melihat fraksi lain serius mengusulkan Pansus. Se­mentara ini baru Komisi VI dan XI yang sudah membuat Panja. Akan tetapi, untuk ke Pansus itu punya ruang, kalau Komisi III pasti akan menilai dari aspek hukum. Tentu perlu bikin Panja pengawasan Jiwasraya, kalau kita lihat Panja Komisi VI dan XI akan meng­gali semua masalah hanya saja tidak pada persoalan nasib pembayaran nasabahnya masih belum jelas. Nah itu yang akan menjadi fokus Panja Komisi III.

Lalu, fokus Panja Komisi III ini apa?

Fokus substansi Panja Komisi III, pertama bagaimana kepastian hukum nasabahnya ten­tang pembayaran. Karena kalau penyitaan aset menjadi tugas, pokok, dan fungsi (Tupoksi) Jaksa Agung yang bisa menyita aset para pelaku kejahatan Jiwasraya. Nantinya tinggal dihitung saja ke semua aset yang disita Kejaksaan cukup tidak untuk membayar para nasabahnya.

Jika ternyata Jiwas­raya tak mampu membayar semua nasabah?

Kalau pada akhirnya Jiwasraya tidak bisa membayar semua, negara mensubsidi berapa, nah ini yang harus dihitung. Karena selisihnya itu akan ditanggung negara dan akan keluar duit nah ini kan duit rakyat. Atas dasar urgensi inilah pentingnya Panja penegakan hukum atau pengawasan di Komisi III juga sebagai pelengkap di Panja komisi lainnya.

Peran Panja sendiri bagaimana jika hak nasabah belum dilunasi?

Nantinya, apabila dari hasil lelang aset masih ada kekurangan dana yang harus dikembalikan, Panja akan melakukan pem­bahasan untuk memberi dana tambahan.

Lantas bagaimana Komisi III menyikapi aset negara yang ber­potensi hilang karena Jiwasraya?

Sekarang berkaitan dengan menjaga aset-aset yang hilang dalam rangka Kasus Jiwasraya. Itu juga tujuannya agar kepastian pembayaran kewajiban Jiwasaya terhadap nasabah bisa tercapai. Penegakan hukum ini diperlukan mengingat apakah aset itu bisa membayar semua kalau tidak bisa semua negara mau subsidi berapa? Selisihnya berapa?

Jika begitu, tidak tumpang tin­dih antarkomisi dalam bertugas?

Nantinya, program kerja pada setiap Panja akan terbagi ke dalam beberapa sektor mulai dari Panja Komisi XI dalam fungsi pengawasan. Lalu, Panja Komisi VI pada pendalaman peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pengembalian dana. Kemudian fungsi penegakan hukum ada di Panja Komisi III. Jika sudah jelas begitu, tidak akan terjadi tum­pang tindih dalam pelaksanaan tugasnya. yasir arafat/AR-3

Tampilkan Semua

Pendataan Rumah Tangga Miskin Masih Lemah

Kamis 23/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah berencana untuk mengubah skema distribusi elpiji 3 kilogram (kg) dari terbuka menjadi tertutup. Kementerin Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan langkah ini bertujuan agar penyaluran subsidi tepat sasaran. ...
Selengkapnya

Korpri Tunggu Konsep dan Simulasi Penyederhanaan Birokrasi

Rabu 22/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah sudah mengebut untuk menyederhanakan struktur birokrasi hanya dua level saja. Penyederhanaan birokrasi cukup dua level ini merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo yang diucapkan saat berpidato usai dilantik jadi...
Selengkapnya

Rehabilitasi Psikologi untuk Siswa Perlu Digencarkan

Selasa 21/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Rehabilitasi psikologi di sekolah perlu digencarkan untuk mengatasi peserta didik yang mengalami trauma. Salah satu bukti perlunya rehabilitasi sekolah adalah peristiwa bunuh diri siswa SMP di salah satu sekolah di Jakarta yang berinisial...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Melampaui Hukum Moore

Jumat 24/1/2020 | 07:39
A   A   A   Pengaturan Font

Sirkuit terpadu silikon, yang digunakan da­lam prosesor komputer, mendekati kepadatan layak maksimum transistor pada satu chip - setidaknya, dalam array dua dimensi.

Sekarang, tim insinyur di University of Michigan, AS, te­lah menumpuk lapisan kedua transistor secara langsung di atas chip silikon yang canggih.

Mereka mengusulkan bahwa desain mereka dapat menghilangkan kebutuhan untuk chip kedua yang meng­konversi antara sinyal tegan­gan tinggi dan rendah, yang saat ini berdiri di antara chip pemrosesan tegangan rendah dan antarmuka pengguna tegangan tinggi.

“Pendekatan kami dapat mencapai kinerja yang lebih baik dalam paket yang lebih kecil, lebih ringan,” kata Becky Peterson, profesor teknik elektro dan ilmu komputer dan pemimpin proyek.

Hukum Moore menyatakan bahwa daya komputasi per dolar berlipat ganda kira-kira setiap dua tahun. Sebagai tran­sistor silikon telah menyusut dalam ukuran untuk menjadi lebih terjangkau dan hemat daya, tegangan di mana mere­ka beroperasi juga turun.

Tegangan yang lebih tinggi akan merusak transistor yang semakin kecil. Karena itu, chip pemrosesan canggih tidak kompatibel dengan kom­ponen antarmuka pengguna bertegangan tinggi, seperti panel sentuh dan driver layar. Ini perlu dijalankan pada tegangan yang lebih tinggi un­tuk menghindari efek seperti sinyal sentuhan palsu atau pengaturan kecerahan yang terlalu rendah.

“Untuk mengatasi ma­salah ini, kami menginte­grasikan berbagai jenis perangkat dengan rangkai­an silikon dalam 3D, dan perangkat itu memungkin­kan Anda melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh transistor silikon,” kata Peterson.

FOTO : ISTIMEWA

Karena lapisan kedua tran­sistor dapat menangani tegan­gan yang lebih tinggi, mereka pada dasarnya memberikan masing-masing transistor silikon interpreternya sendiri untuk berbicara dengan dunia luar. Ini mengatasi pertukaran saat ini menggunakan prose­sor canggih dengan chip tam­bahan untuk mengkonversi sinyal antara prosesor dan perangkat antarmuka - atau menggunakan prosesor tingkat rendah yang beroperasi pada tegangan yang lebih tinggi.

Tim Peterson mengelo­la ini dengan menggunakan semikonduktor yang berbeda, yang dikenal sebagai oksida logam amorf. Untuk mene­rapkan lapisan semikonduk­tor ini ke chip silikon tanpa merusaknya, mereka menutup chip dengan larutan yang me­ngandung seng dan timah dan memutarnya untuk membuat lapisan yang rata.

FOTO : ISTIMEWA

Selanjutnya, mereka me­manggang chip sebentar untuk mengeringkannya. Mereka mengulangi proses ini untuk membuat lapisan seng-timah-oksida setebal 75 nanometer - sekitar seperseribu ketebalan rambut manusia. Selama pe­manggangan terakhir, logam-logam tersebut berikatan dengan oksigen di udara, menciptakan lapisan seng-timah-oksida. pur/R-1

Tampilkan Semua

Transistor Fungsional yang Dapat Memproses dan Menyimpan Informasi

Jumat 24/1/2020 | 07:37
A   A   A   Pengaturan Font
Para peneliti memecahkan tantangan berusia puluhan tahun dalam membangun transistor fungsional yang terintegrasi dengan RAM feroelektrik.   Para peneliti telah mencip­takan cara yang lebih layak untuk menggabungkan transistor...
Selengkapnya

I Gusti Ayu Bintang Darmawati : Berdayakan Perempuan dengan Kewirausahaan

Jumat 24/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia digadang-gadang menjadi salah satu negara yang bakal mendapat bonus demografi di masa mendatang. Hal tersebut mesti segera dipersiapkan oleh seluruh sektor, tidak terkecuali sektor pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. ...
Selengkapnya

Komunitas One Day Traveling

Jumat 24/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bisakah wisata ke luar kota hanya dalam satu hari? Ternyata itu bisa dilakukan. Hal tersebut dibuktikan oleh Komunitas One Day Traveling atau komunitas wisata satu hari. Komunitas tersebut berbasis di Jakarta. Para anggota komunitas...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta