Koran Jakarta | November 19 2019
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Utang Naik, Target Pertumbuhan Ekonomi Meleset

Selasa 19/11/2019 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
Jika utang dimanfaatkan untuk kegiatan produktif, penambahan penarikan utang semestinya mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Jika utang dimanfaatkan untuk kegiatan produktif, penambahan penarikan utang semestinya mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.   JAKARTA - Pengelolaan APBN 2019...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Pekerja Terkena PHK Diimbau Ikut Pelatihan Vokasi

Selasa 19/11/2019 | 06:25
A   A   A   Pengaturan Font
Dengan mengikuti pelatihan vokasi diharapkan mereka segera mendapatkan pekerjaan baru atau berwirausaha.

 

JAKARTA – Para pekerja yang terkena pemutuhan hu­bungan kerja (PHK) maupun terputus kontrak dari perusa­haan diimbau segera mendaf­tarkan diri sebagai peserta pe­latihan vokasi yang diselengga­ran oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerja­an (BP Jamsostek). Dengan mengikuti pelatihan keteram­pilan diharapkan mereka se­gera mendapatkan pekerjaan baru atau berwirausaha.

“Saat ini kami sedang gen­car mempromosikan pelatih­an vokasi kepada seluruh pe­kerja di Indonesia. Pelatihan ini bisa membuka kesempatan bagi para pekerja yang meng­alami PHK untuk kembali be­kerja,” kata Direktur Pelayanan BP Jamsostek, Krishna Syarif, usai membuka acara Pelatih­an Vokasi Indonesia Beker­ja yang diselenggarakan oleh BP Jamsostek Cabang Jakar­ta Cilandak, di Jakarta, Senin (18/11).

Program Pelatihan Voka­si Indonesia Bekerja ini, kata Krishna, merupakan salah sa­tu upaya BP Jamsostek mem­bantu pemerintah menurun­kan angka pengangguran dan mengurangi kemiskinan.

Krishna menjelaskan pro­gram yang dijalankan mu­lai September 2019 itu, hingga saat ini tercatat 600 pekerja su­dah mengikuti pelatihan. Dari jumlah itu, 200 peserta di an­taranya dinyatakan lulus dan tersertifikasi dan siap kembali bekerja.

Menurut Khrisna, pelatihan vokasi ini telah menyediakan berbagai modul pelatihan yang tersebar di berbagai tempat, di antaranya kelas barista, pastry & bakery, digital (multimedia, desain grafis, UI/UX), tata ke­cantikan rambut & muka, per­hotelan, tata boga, koki, ope­rator alat berat, otomotif per­bengkelan, pengelasan, teknisi HP, teknisi AC, dan administra­si perkantoran. Modul tersebut akan terus bertambah.

“Pada 2020, pemerintah me­nargetkan BP Jamsostek mam­pu melatih 20 ribu pekerja. Oleh karena itu, saya mengajak selu­ruh pekerja yang mengalami PHK ataupun putus kerja un­tuk mendaftarkan diri dengan cara mengakses website www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan klik pada banner vokasi,” ung­kap Krishna.

Dalam kesempatan itu, Krishna juga mengatakan bah­wa BP Jamsostek siap mening­katkan program vokasi ini lebih luas, tidak hanya bagi peser­ta BP Jamsostek yang terkena PHK. Pelatihan pun telah di­usulkan untuk bisa menyasar pekerja migran Indonesia (PMI) maupun fresh graduate untuk sektor industri manufaktur.

Deputi Direktur Wilayah BP Jamsostek DKI Jakarta, Cot­ta Sembiring, menambahkan, pihaknya akan terus mening­katkan jumlah peserta pela­tihan vokasi bagi pekerja ter-PHK maupun yang terputus kontrak.

“Setelah mengikuti pelatih­an dan tersertifikasi, diharap­kan mereka akan segera men­dapatkan pekerjaan baru,” katanya.

Bangkitkan Semangat

Pada kesempatan yang sa­ma, Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali, mengatakan program pelatihan vokasi ini dapat membangkitkan sema­ngat baru para peserta bahwa mereka masih punya kesem­patan untuk bekerja lagi.

“Jumlahnya tidak terlalu ba­nyak, tapi mudah-mudahan ini memiliki dampak yang sangat signifikan bagi teman-teman ki­ta yang mungkin sudah hilang harapan, dibangkitkan lagi hara­pannya,” ujarnya. ruf/E-3

Tampilkan Semua

Anak Mesti Dibekali Kemampuan Beradaptasi

Selasa 19/11/2019 | 06:21
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Perubahan dunia saat ini terjadi begitu cepat de­ngan bantuan teknologi. Karena itu, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan cepat ji­ka tidak ingin tertinggal jauh di belakang, baik sebagai individu maupun...
Selengkapnya

Kemenristek Akan Pertemukan “Start Up” dengan Investor

Selasa 19/11/2019 | 06:14
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kementeri­an Riset dan Teknologi/Ba­dan Riset dan Investasi Na­sional (Kemristek/BRIN) a­kan mempertemukan start up atau Perusahaan Pe­mula Berbasis Teknologi (PPBT) dengan para inves­tor. Hal ini...
Selengkapnya

Pembakaran Sampah Plastik secara Terbuka Dilarang UU

Selasa 19/11/2019 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Direktur Jen­deral Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) Ke­menterian Lingkungan Hi­dup dan Kehutanan (KL­HK), Rosa Vivien Ratna­wati, menegaskan bahwa pembakaran sampah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Badan Otorita Pemindahan Ibu Kota Dibentuk Desember

Selasa 19/11/2019 | 07:46
A   A   A   Pengaturan Font
Rencana pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur perlahan tapi pasti akan diwujudkan pada 2024 mendatang. Untuk urusan pembangunannya, pemerintah membentuk badan otorita tersendiri.

 

JAKARTA – Pemerintah akan segera membentuk Badan Otorita untuk mengurusi persiapan pemindahan ibu kota Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya diantara Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

“Badan Otorita mungkin paling enggak (dibentuk) bulan depan (Desember),” kata Kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (18/11). Hal tersebut disampaikan Suharso usai bertemu Presiden Jokowi secara tertutup di Istana.

Ia menjelaskan, tugas Badan Otorita nantinya akan menyiapkan pembangunan ibu kota baru, termasuk juga pemindahannya. “Tentu di sana bukan hanya secara fisik menghadirkan sebuah kota baru yang bernuansa hutan, alam, smart city, tapi juga smart government, smart office,” ucap politisi PPP ini.

Sementara, untuk pembangunan ibu kota baru, lanjut dia masih sesuai dengan perkiraan awal yakni groundbreaking akan dilakukan pada tahun 2020. “Masih (sesuai jadwal). Insya Allah groundbreaking mungkin 2020 akhir atau 2021, dan 2023 sudah dikunci semua,” ucap Suharso.

Dalam kesempatan itu, Suharso mengatakan bahwa Presiden ingin istana di ibu kita baru nantinya memiliki ciri khas Indonesia. Menurutnya, Presiden tidak ingin desain istana mengikuti gaya arsitektur barat seperti Barok dan Rokoko.

“Presiden menginginkan misalnya bentuk istananya yang khas Indonesia. Kalau ini kan peninggalan kolonial, Barok- Rokoko ada di sini. Presiden ingin mungkin khas Indonesia akan berbeda,” kata Presiden.

Suharso menambahkan, Presiden juga menginginkan ibu kota baru nantinya bisa menjadi kota terbaik di dunia. “Jadi, kalau kita membangun harus lihat sampai 100 tahun yang akan datang kota ini seperti apa,” jelas dia.

Sebab itu, kata dia, proses pembangunannya harus cermat dan kreatif dengan cara memanfaatkan keberadaan Teluk Balikpapan. “Jadi secara fisik memang kita akan mengeksploitasi teluk itu, kan ada teluk tuh supaya ada keindahan.

Jadi, untuk menunjukkan bahwa kita ini negara maritim kan, negara kepulauan, tentu laut yang indah, yang masuk ke teluk itu kan luar biasa bagusnya. Mungkin akan jadi ikonik dunia lah,” tutup Suharso.

Pindah 2024

Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan kepindahan lokasi ibu kota negara ke Provinsi Kalimantan Timur, Senin 26 Agustus 2019. Lokasi persis ibu kota negara baru itu terletak di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Mengenai biaya kepindahan ibu kota, Jokowi menuturkan, diestimasikan akan membutuhkan biaya sebesar 466 triliun rupiah. Sebanyak 19 persen dari kebutuhan biaya total tersebut akan dibiayai dari APBN. Sisanya akan berasal dari KPPU dan investasi langsung BUMN serta perusahaan swasta.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal menjadi kementerian pertama yang pindah ke Ibu Kota baru, disul kementerian dan lembaga negara lainnya.

“Ada 1,5 juta kepala orang yang akan pindah ke ibukota negara pada 2024, kementerian pertama pindah yakni Kementerian PUPR. Jumlah ini cukup memenuhi kebutuhan air bersih di sana,” kata Menteri Basuki Hadimuljono saat menghadiri Rapat Terbuka Senat Universitas Brawijaya Pengukuhan Profesor pada 13 November lalu. fdl/AR-3

Tampilkan Semua

Rencana Strategis Kemenpan RB

Selasa 19/11/2019 | 07:45
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/11). Rapat tersebut membahas rencana...
Selengkapnya

Pendidikan Pancasila Agar Masuk Kurikulum

Selasa 19/11/2019 | 07:42
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mendorong Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) memasukan kembali pendidikan Pancasila sebagai pembelajaran wajib di Pendidikan Anak Usia...
Selengkapnya

Kini Cetak Dokumen Kependudukan seperti di ATM

Selasa 19/11/2019 | 07:37
A   A   A   Pengaturan Font
Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) terus berinovasi melahirkan layanan yang cepat dan efisien. Setelah tanda tangan digital, kini Ditjen Dukcapil Kemendagri...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Teheran Kecam Dukungan AS

Selasa 19/11/2019 | 06:43
A   A   A   Pengaturan Font
Situasi politik di Iran memanas setelah pada akhir pekan lalu Teheran menaikkan harga BBM. Aksi unjuk rasa yang berujung pada kerusuhan pun dilaporkan terjadi di beberapa kota di Iran.

 

TEHERAN – Pemerintah Iran mengecam Amerika Seri­kat (AS) yang dinilai memberi dukungan bagi para perusuh dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Minggu (17/11) malam. Kecaman itu disam­paikan lewat Kementerian Lu­ar Negeri Iran yang isinya me­nentang pernyataan dukungan dari Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, terhadap seke­lompok perusuh di bebera­pa kota di Iran dan mengecam keras dukungan dan kata-kata yang mengintervensi itu.

“Dukungan AS terhadap pa­ra demonstran tidak berasal dari simpati yang tulus,” demi­kian ucap Abbas Mousavi, juru bicara Kementerian Luar Ne­geri Iran. “Setiap orang di Iran tahu betul bahwa pernyataan munafik seperti itu tidak ber­asal dari simpati yang tulus,” imbuh dia.

Pernyataan dukungan di­sampaikan Menlu Pompeo da­lam sebuah cuitan di media so­sial pada Sabtu (16/11), dima­na Menlu AS itu menuliskan bahwa “Amerika Serikat bersa­mamu”.

Aksi unjuk rasa di Iran te­lah berlangsung sejak Jumat (15/11) pekan lalu menyusul dinaikkannya harga bahan ba­kar. Meski harga bahan bakar di Iran masih merupakan yang terendah di dunia, kenaikan sebesar 50 persen harga BBM ini dinilai sangat membebani setelah sebelumnya perekono­mian Iran dilanda inflasi, rese­si, dan sanksi AS.

Langkah pemerintah Iran untuk menaikkan harga BBM didukung oleh Presiden Has­san Rouhani dengan alasan ke­naikkan harga itu bisa dialo­kasikan untuk membayar ke­sejahteraan 60 juta warga Iran. Dalam pernyataannya, Presi­den Rouhani juga mengatakan bahwa ia tak akan membiarkan kerusuhan ini. “Protes adalah hak setiap orang, namun pro­tes berbeda dari kerusuhan. Ki­ta tak akan membiarkan keru­suhan itu berlanjut dalam ma­syarakat kita,” tegas Presiden Rouhani.

Dukungan pun disampai­kan oleh Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei. Dalam pi­datonya di televisi Iran pada Minggu lalu, Khamenei men­dukung langkah pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar ini walau ada perbedaan pendapat terkait hal ini.

Dalam pernyataannya, Khamenei pun mengecam pa­ra perusuh karena telah meru­sak sejumlah properti sehingga membuat semua negara yang jadi musuh Iran senang atas terjadinya kerusuhan tersebut.

Dalam aksi unjuk rasa itu para demonstran telah mem­blokade jalanan, memba­kar bank-bank dan menjarah toko-toko. Aksi protes yang ter­jadi secara nasional itu pun te­lah menelan dua korban jiwa. Kantor berita Fars melapor­kan bahwa ada lebih dari 1.000 orang ditangkap.

Relatif Tenang

Terkait perkembangan terki­ni dari situasi aksi unjuk rasa di Teheran, pemerintah Iran pa­da Senin (18/11) menyatakan bahwa situasinya sudah relatif lebih tenang walaupun di sana-sini masih terjadi kerusuhan. Sejumlah pemuda yang meng­genakan topeng masih terlihat di jalanan dimana sejumlah bangunan di kiri-kanannya te­lah dilalap api.

“Situasinya sudah relatif le­bih tenang pada Senin ini,” ka­ta juru bicara pemerintah Ira, Ali Rabiei.

Sementara itu komandan milisi Basij, Brigjen Gholamre­za Soleimani menuding bahwa musuh bebuyutan Iran yaitu AS telah memicu kerusuhan itu. “Namun rencana AS telah digagalkan,” kata Soleimani se­perti dikutip dari kantor berita ISNA.

Perekonomian Iran meng­alami guncangan sejak Mei ta­hun lalu saat AS secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 dan mulai mem­berlakukan lagi sanksi terha­dap Iran. SB/AFP/I-1

Tampilkan Semua

Rakyat Kesulitan Peroleh BBM dan Pangan

Selasa 19/11/2019 | 06:41
A   A   A   Pengaturan Font
LA PAZ – Seorang pengemu­di taksi Bolivia bernama Carlos Lara mengaku telah tiga malam tidur di kendaraannya yang te­ngah antre di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan ia berharap agar mobil tangki bensin bisa...
Selengkapnya

Paus Akan Kunjungi Thailand dan Jepang

Selasa 19/11/2019 | 06:38
A   A   A   Pengaturan Font
VATICAN CITY – Pemim­pin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus, akan melakukan memulai kunjungan ke kawas­an Asia mulai Selasa (19/11) dan akan singgah di Thailand dan Jepang sepanjang pekan ini. Hal itu disampaikan...
Selengkapnya

Russia Kembalikan 3 Kapal Ukraina

Selasa 19/11/2019 | 06:37
A   A   A   Pengaturan Font
MOSKWA – Pemerintah Russia akan mengembalikan ti­ga kapal perang milik Angkatan Laut Ukraina yang disita se­tahun lalu. Informasi itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Russia pada Senin (18/11). “Kapal-kapal AL...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Kesulitan Bahan Baku

Selasa 19/11/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

IHSG Diperkirakan Menguat

Selasa 19/11/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bergerak menguat, karena secara teknikal IHSG terkonsolidasi pada area support FR61,8 persen dengan percobaan terus bertahan di area level 6.100 sebagai konfirmasi penguatan lanjutkan ke...
Selengkapnya

HMSP dan SRC Gelar PAPRA

Selasa 19/11/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) kembali menggelar sosialisasi program Pencegahan Akses Pembelian Rokok oleh Anak-Anak (PAPRA). Program yang dilakukan sejak 2013 ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai larangan...
Selengkapnya

Bahana Pangkas Proyeksi IHSG

Selasa 19/11/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Bahana Sekuritas memangkas proyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tahun ini usai mengamati kinerja seluruh emiten hingga kuartal III-2019. Dari pantauan Bahana Sekuritas terhadap kinerja keuangan sekitar 100 perusahaan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Sumedang Siap Menjadi Kabupaten Wisata

Senin 30/9/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Memiliki potensi yang cukup banyak, membuat Sumedang semakin gencar mempro­mosikan destinasi wisatanya. Salah satunya dilakukan lewat kejuaraan paralayang inter­nasional yang akan diadakan perdana di Tanah Air yaitu West Java Paragliding World Championship and Culture Festival 2019, yang akan di­gelar pada 22–28 Oktober 2019 di Sumedang, Jawa Barat.

Tidak tanggung-tanggung, dengan dukungan Kemente­rian Pariwisata (Kemenpar), Kabupaten tertua di Jawa Barat ini mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Wisata. Aneka wisata yang ada di daerah ini, mulai dari alam, agriculture, budaya, dan sosial akan dikem­bangkan dengan serius.

Untuk mengetahui apa saja yang telah dan akan dilakukan jajaran Pemerintah Kabu­paten Sumedang ke depan, wartawan Koran Jakarta, Mohammad Zaki Alatas, berkesempatan mewawanca­rai Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, seusai pe­luncuran kegiatan West Java Paragliding World Champi­onship and Culture Festival 2019, di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Ja­karta, belum lama ini. Berikut petikan selengkapnya.

Kalau boleh tahu potensi wisata apa saja yang ada di Sumedang?

Kami memiliki keka­yaan wisata yang beragam. Keragaman potensi wisata yang bisa ditemukan di Sumedang, mulai dari alamnya, agriculture, budaya, dan sosial.

Apakah itu semua objek wisata terse­but sudah diop­timalkan?

Kami sedang mengarah ke sana dengan melakukan berbagai pembenahan dan membangun sarana dan prasarana yang ada. Sep­erti yang diamanahkan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, yaitu untuk menarik wisatawan berkunjung ke Sumedang, baik wisatawan mancanegara atau domestik. Untuk itu, kami akan men­coba konsistensi melakukan pengembangan atraksi, akses, dan amenitas (3A).

Seperti apa yang akan Anda lakukan?

Sesuai yang disampaikan Menteri Pariwisata, ada tiga hal yang harus dimiliki yaitu 3A. Kami punya atraksi yaitu paralayang dengan standar internasional. Untuk akse­bilitas saat ini kami sedang membangun 62 ruas jalan yang menghubungkan dae­rah wisata. Lokasi Sumedang juga hanya 30 menit dari Bandara Kertajati. Jalan tol juga lengkap melintang si Sumedang.

Selain itu?

Untuk bisa menarik wisatawan, Sumedang punya destinasi unggulan. Destinasi yang diusulkan menjadi Ka­wasan Ekonomi Kreatif (KEK) yaitu Jatigede. Ke depannya yang akan menjadi unggulan kami adalah Jatigede.

Di sini pemandangannya sangatlah indah. Pengun­jung bisa naik ke namanya Pasir Cinta untuk melihat sunrise. Dari sini juga bisa melihat pulau-pulau kecil yang tersebar di waduk. Bisalah kita bilang seperti kini Raja Ampat, namun latarnya adalah gunung.

Sumedang juga tengah mengembangkan wisata agriculture?

Iya benar. Tak hanya mengandalkan Jatigede, kami juga punya wisata yang lainnya yang patut dikun­jungi wisatawan. Salah satunya merasakan wisata ubi cilembu. Kami membuat wisatanya, di mana wisatawan merasakan langsung memetik ubi cilem­bu, mencuci dan memasaknya langsung di wilayahnya. Satu hal yang pasti, kuliner khas Sumedang yaitu tahu sumedang. Masih banyak lagi destinasi yang semuanya bisa dirasakan bila berkunjung ke Sumedang. N-3

Tampilkan Semua

Tumbuhkan Terus Minat Riset Generasi Milenial

Senin 29/7/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Terkenal sebagai daerah yang kerap menelor­kan inovasi kebijakan dan pariwisata, baru-baru ini Kabupaten Banyuwangi dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional XVIII, yang digelar Lembaga Ilmu...
Selengkapnya

Kawasan Transmigran di Kubu Raya Jadi Percontohan

Senin 15/7/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) mendorong perubahan paradigma baru terkait pengembangan transmi­grasi bidang ekonomi, sosial budaya, mental spiritual, kelembagaan, dan pengelo­laan sumber daya alam...
Selengkapnya

Pemkab Terus Menekan Angka Kemiskinan di Rembang

Senin 8/7/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kabupaten Rembang me­miliki potensi yang luar biasa, baik sumber daya alam maupun manusia. Jika dikelola secara maksimal, ma­syarakat Kabupaten Rembang sudah dapat sejahtera. Ber­dasarkan data 2016, angka ke­miskinan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Suasana Hangat di Rumah Bergaya Rustic

Senin 18/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemilihan gaya rumah yang didesain khusus dengan dominan kayu adalah untuk tetap menjaga fitur asli material alam. Rumah dengan desain dominan kayu tidak lekang oleh perkembangan model.

Rumah bergaya rustic ini biasanya sering dikaitkan dengan konsep yang dekat dengan alam.

Dengan desain kayu, biasanya, furnitur pada ruangan sengaja tidak melalui tahap finishingsehingga terlihat apa adanya. Contohnya furnitur kayu yang biasnya terlihat masih alami tanpa ada pelapisan cat atau finishing yang seolah-olah langsung dibawa dari alam untuk menghiasi interior ruangan.

Warna yang dominan pada rumah bergaya rustic biasaya terdiri dari warna-warna alam seperti abu-abu, coklat kayu dengan kecenderungan gelap tapi lembut. Konsultan interior hunian, Architectaria menyebutkan, rumah bergaya rustic biasaya identik terletak di daerah pinggiran atau pedesaan.

Tujuan pemilihan gaya rumah yang didesain khusus ini adalah untuk tetap menjaga fitur asli dengan menambahkan beberapa pembaharuan.

Dalam konsep ini, tim arsitektur biasanya memutuskan untuk menyatukan seluruh fitur lama yang ada dan memperluas volume ruangan untuk membuat satu keterkaitan dari ruang satu dengan ruang yang lainnya.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat karena dengan mengintegrasikan ruangan yang ada, maka pemandangan yang indah dapat ditangkap dengan mata karena bangunan gudang disulap menjadi sebuah bangunan koridor terbuka dengan geladak tertutup. Keseluruhan bagian interior rumah di desain ulang dan ditata kembali.

Hasilnya, terdapat dekorasi bergaya rustic dengan elemen modern yang fokus pada desain utama. Pada interior rumah, terdapat elemen besi metal, kayu dan batuan yang dipadukan secara bersamaan pada interior dalam rumah.

Perpaduan tersebut mampu menghadirkan suasana yang hangat, bersahabat yang juga terdapat elemen bersejarah pada waktu yang bersamaan. Walaupun desainnya nampak klasik, tetapi tampilannya tetap segar.

Setiap desain interior berkonstribusi pada keseluruhan dekorasi dan tentu saja setiap ruangan memiliki karakterisitiknya masing-masing. Dekorasi dengan elemen modern membantu rumah bergaya rustic ini menjadi lebih dekat dengan alam dan mampu menyatu dengan suasana pedesaan. yun/E-6

Tampilkan Semua

Tenang dan Nyaman dengan Pancuran

Senin 18/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Desain hunian di ruang terbuka maupun di dalam ruangan yang mengakodomasi elemen air dalam pancuran, akan nampak lebih sejuk dan memberi kesan tenang. Desain hunian hendaknya jangan dibiarkan kaku. Hanya tersusun dari tatakan batu yang...
Selengkapnya

Pameran Perumahan Bisa Kurangi “Backlog”

Senin 18/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Hadirnya ajang pameran perumahan, Property Expo (IPEX) 2019, di penghujung 2019 diharapkan bisa menjadi rujukan masyarakat yang ingin memiliki hunian. Secara bisnis, IPEX 2019 diharapkan dapat mengerek naik dominasi pangsa Kredit...
Selengkapnya

Ikon Destinasi di Timur Jakarta

Jumat 15/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Pembukaan Telkom Indonesia Open

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Ponsel Android Tanpa Layanan Google

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ponsel unggulan Huawei Mate 30 Pro telah dipasarkan di Indonesia. Sebelumnua, ponsel ini telah diluncurkan di Jerman, belum lama ini. Namun seperti yang diketahui bersama, akibat masuk dalam daftar hitam perdagangan oleh pemerintah...
Selengkapnya

Perusahaan Konstruksi Gelar Digital Construction Hack

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setelah sukses menggelar acara Digital Construction Hack Workshop (DCHW) 2019 pada 25 September lalu, PT PP (Persero) Tbk (“PTPP”) menggelar acara kompetisi Digital Construction Hack (DCH) 2019 pada Sabtu-Minggu (16-17...
Selengkapnya

Agar Lebih Produktif di Era Digital

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Digitalisasi telah mendorong masyarakat untuk melakukan transformasi digital. Transformasi ini menawarkan banyak manfaat, dari sisi produktivitas, kompetisi, efisiensi, dan efektivitas. Secara terminologi, transformasi digital merupakan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Peluncuran Mobil Baru

Rabu 13/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Skuter Edisi Terbatas, Sporti dan Kharismatik

Rabu 13/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pecinta vespa yang ingin memiliki tunggangan berbeda dengan umumnya bisa memimilih versi edisi terbatas. Versi ini manawarkan tampilan penuh gaya dengan warna yang lebih menarik dan eksklusif. Kali ini PT Piaggio Indonesia, menawrkan...
Selengkapnya

Pesona SUV Kecil Nan Gagah

Rabu 13/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kendaraan Sport Utility Vehicle (mobil sport multifungsi/ SUV) kompak menjadi pilihan bagi yang menyukai tampilan lebih gagah dan sporti. Mobil SUV kecil menawarkan kamampuan dan keunggulan pada bermacam senario penggunaan. Tentunya,...
Selengkapnya

Pesan Mobil Premium via “Online”

Rabu 13/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BMW melakukan kerja sama dengan platform belanja online Lazada meluncurkan BMW Flagship Store. Kolaborasi yang unik dan perdana antara BMW dan Lazada ini diluncurkan bersamaan dengan Lazada 11.11. Adanya BMW Flagship Store di platform...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Messi Hadapi Suarez

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TEL AVIV – Lionel Messi dan rekan-rekan setimnya tim nasional Argentina tiba di Is­rael pada hari Minggu (17/11) waktu setempat. Argentina akan melakoni pertandingan persahabatan melawan Uru­guay, 18 bulan setelah timnya membatalkan pertandingan melawan Israel.

Kedua raksasa Amerika Sela­tan itu berhadapan pada Senin malam waktu setempat. Laga itu akan membuat Messi berh­adapan dengan rekan setimnya di Barcelona, Luis Suarez.

Pelatih Lionel Scaloni me­ngatakan bahwa Messi akan bermain dalam pertandingan tersebut. Pada laga sebelumnya melawan Brasil dalam pertan­dingan persahabatan di Arab Saudi, Messi juga dimainkan.

“Messi bermain,” ujar Scalo­ni kepada media dalam bahasa Spanyol. “Jadi kamu bisa tetap tenang,” sambungnya.

Dia mengatakan akan me­mutuskan starting lineup awal setelah para pemainnya beri­stirahat. “Mereka lelah, tanpa masalah fisik, tetapi lelah. Jadi kami a akan menunggu sampai besok siang,” tandasnya.

Uruguay telah tiba di Israel pada hari Sabtu. Pelatih Oscar Tabarez mengatakan pada hari Minggu bahwa dia prihatin de­ngan lawatan itu setelah me­lihat gambar-gambar tentang kekerasan yang melibatkan Israel dan gerilyawan Palestina di Jalur Gaza.

“Saya sangat khawatir. Ka­rena sejak dari Montevideo, mereka mengirimi kami foto-foto rudal yang meledak di udara, dan kami tidak memi­liki pengalaman dalam hal itu,” ujarnya. ben/AFP

Tampilkan Semua

Harry Winks Kunci Kemenangan Inggris

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gareth Southgate yakin tim nasional Inggris masih memiliki ruang untuk per­baikan meskipun menang 4-0 atas Kosovo. Hasil pertandingan yang berlangsung Senin (18/11) dini hari WIB itu memastikan Ing­gris berada di antara enam...
Selengkapnya

Portugal Melaju

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ronaldo mencetak 99 gol internasional, terpaut 10 gol dari striker Iran Ali Daei yang memegang rekor dunia dengan 109 gol dalam 149 penampilan. PARIS – Juara bertahan Portu­gal melaju ke putaran final Piala Eropa 2020. Sukses...
Selengkapnya

Kroasia Bukan Lagi “Kuda Hitam”

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
ZAGREB – Runner-up Piala Dunia 20018 Kroasia mengak­hiri misi pembangunan kem­bali tim dengan memesan tem­pat di putaran final Piala Eropa 2020. Kroasia menang 3-1 atas Slovakia, Minggu (17/11) dini hari WIB. Kroasia...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Jaringan Teroris Masih Amat Luas

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah dikejar dan ditangkapi terus, ternyata ang­gota teroris tidak menurun. Bahkan, jaringan mereka masih tetap amat luas. Hal itu terlihat begitu banyak anggota jaringan bom medan yang ditangkapi tim Densus 88. Hal ini harus menjadi fokus pemerintah dan aparat ke­amanan. Kematian pucuk ISIS, al Baghdadi, tidak otomatis mematikan jaringan terorisme dalam negeri.

Tak kurang dari 46 orang dijadikan tersangka, pascabom Mapolresta Medan. Para tersangka ditangkap di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Penegakan hukum yang dilakukan Densus 88 dan jajaran polda-polda sudah mengamankan atau menetapkan 46 tersangka. Menurut Karo Penmas Di­visi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, dari jumlah ini, ada 23 tersangka yang ditangkap di Sumatera Utara dan Aceh. Mereka adalah kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Tiap wilayah memiliki pimpinan. Contoh, untuk wilayah Sumatera Utara JAD dipimpin atau di bawah Amir berini­sial Y. Jaringannya meliputi Sumatera Utara dan Aceh. Ada empat yang menyerahkan diri dari 23 tersangka tersebut.

Densus 88 juga menyita barang bukti berupa bahan pembuat bom seperti pupuk urea hingga black border. Ba­han-bahan ini diduga akan digunakan para tersangka un­tuk merakit bom low explosive. Tim Densus juga menang­kap 22 teroris dari Banten hingga Kalimantan Timur. Para tersangka diciduk di Jakarta (3), Jateng (9), Jabar (6), dan Kalimantan Timur (1).

Penangkapan yang dilaku­kan Tim Densus 88 dari waktu ke waktu bagi sebagian ma­syarakat terasa teroris berku­rang dan hampir “habis”. Na­mun, melihat jaringan yang begitu luas dari Aceh, Sumut, Jabar, Jakarta, Jateng, hingga Kalimantan Timur, ternyata memperlihatkan mereka be­nar-benar masih eksis.

Masih banyak masyarakat yang keblinger dengan me­melihara, mengembangkan, dan memperdalam paham terorisme. Apa pun alasan­nya, terorisme harus dibasmi. Sayang, masih ada sebagian anggota masyarakat yang welcome terhadap para te­roris dengan menyediakan tumpangan, memberi dana, hingga membantu pengem­bangan. Tidak tahu apa yang mereka cari dengan menjadi teroris, sebuah paham konyol dan hanya akan berakhir di penjara atau mati kalau mereka menjadi pelaksana bom bunuh diri.

Para orang tua dan masyarakat harus makin waspada dengan masih meluasnya jaringan teroris. Khusus bagi orang tua harus mencermati anak-anak mudanya. Sebab sekarang ini anak-anak muda menjadi incaran teroris un­tuk direkrut. Tim Densus 88 memperlihatkan dari para ter­sangka yang ditangkap, kebanyakan anak-anak milenial, kaum muda, dan remaja.

Ini sungguh memprihatinkan karena anak-anak rema­ja dan kaum muda memilih jalan sesat. Padahal di tangan merekalah masa depan bangsa dan negara. Lalu, akan jadi apa negara dan bangsa ini kalau jatuh ke tangan para bi­naan teroris? Inilah yang harus menjadi fokus perhatian orang tua. Mereka harus benar-benar mengenali anak.

Para teroris itu pandai bermain kamuflase. Rata-rata se­telah tertangkap, masyarakat kaget dan tidak mengira yang bersangkutan teroris karena penampilan sehari-hari sangat sopan serta rajin beribadat. Maka, kini masyarakat dan orang tua jangan hanya melihat penampilan sehari-hari. Mereka harus menyelami lebih dalam guna mengenal sesungguhnya siapa anaknya itu. jangan sampai nanti kaget ketika ditang­kap aparat. Orang tua yang baik tentu mengenal anak-anak seperti, “Gembala yang baik mengenal domba-dombanya dan domba-dombanya mengenal gembalanya.”

Orang tua yang terkaget-kaget saat akhirnya anaknya ditangkap aparat karena anggota jaringan teroris, tidak bo­leh menyesal karena selama ini berarti ayah ibu itu tidak mengenal dengan baik anaknya. Nah, agar tidak masuk ke jaringan teroris, kedua orang tua harus benar-benar me­ngenal jaringan pertemanan atau pergaulan anak-anak. 

Tampilkan Semua

Membangun Kota Bebas Sampah dan Banjir

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
  Judul : Membangun Peradaban Kota Penulis : Nirwono Joga dan Dhane­swara Nirwana Indrajoga Penerbit : Gramedia Cetakan : Agustus 2018 Tebal : 284 halaman ISBN : 978- 602-03-9843-3 Diperkirakan pada tahun 2025, dunia akan...
Selengkapnya

Hari Anak Sedunia

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
oleh ika maylasari, msi  Tanggal 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. “Pendi­dikan merupakan sen­jata ampuh untuk meng­ubah dunia,” kata Nelson Mandela. Pendidikan menen­tukan kualitas...
Selengkapnya

Mendisiplinkan Anak dengan Memahami Karakternya

Senin 18/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Gentle DisciplinePenulis : Sarah Ockwell-SmithPenerbit : Bentang PustakaCetakan : I, September 2019Tebal : xxxii + 320 halamanISBN : 978-602-291-622-2 “Banyak orang tua belum bisa memahami perilaku anaknya.” Ungkapan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Sensor Oksigen Nirkabel untuk Bayi

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dengan sensor nirkabel, bayi dapat lebih mudah diperiksa. Lalu bisa juga sering diamati, dipegang, dan bahkan diizinkan pulang dari rawat inap di rumah sakit.

Para peneliti di Worcester Polytechnic Institute (WPI) sedang mengembangkan sensor berukuran mini. Sensor ini akan mengukur kadar oksigen darah bayi, sebuah indikasi vital efektivitas paru-paru, termasuk apakah jaringan bayi menerima pasokan oksigen yang cukup atau tidak.

Tidak seperti sistem yang saat ini digunakan di rumah sakit, perangkat mini yang dapat dikenakan ini akan fleksibel dan dapat diregangkan, nirkabel, murah, dan mobile. Sensor ini sangat memungkinkan bagi anak untuk meninggalkan rumah sakit dan kemudian mendapat peman­tauan dari tenaga medis dari jarak jauh.

Ulkuhan Guler, asisten profesor teknik elektro dan komputer dan direktur Sirkuit dan Sistem Terpadu WPI, memimpin proyek yang ber­fokus pada kemungkinkan bayi yang sakit dan dirawat di rumah sakit untuk dilepaskan dari sensor kabel. Artinya, bayi dapat lebih mudah dan sering diperiksa, dipegang, dan bah­kan diizinkan pulang.

 Guler dan timnya telah mengem­bangkan monitor oksigen mini untuk bayi, yang mengukur gas darah menyebar melalui kulit dan melaporkan data secara nirkabel. “Menginap lebih lama di rumah sakit itu mahal dan bisa menjadi be­ban bagi keluarga,” kata Guler.

“Dan penelitian telah menunjukkan bahwa kesehatan bayi membaik ketika mereka bersama keluarga mereka. Tujuan kami dengan perangkat mobile yang terjangkau ini adalah untuk memberikan dokter lebih banyak fleksibilitas dalam memantau pasien mereka baik di rumah sakit dan di rumah.,” tambah Guler.

Biasanya, mengukur tingkat molekul oksigen secara transkutan melibatkan penggunaan sistem dengan monitor. Beratnya sekitar 5 pon yang dicolokkan ke outlet listrik, dan sensor yang umumnya terhubung ke monitor.

Perangkat kesehatan Guler akan menggunakan transfer daya nirkabel. Ini juga akan terhubung ke Internet secara nirkabel. Selanjutnya alarm pada monitor di ruang kerja dokter atau aplikasi smartphone akan memberi tahu petugas medis dan anggota keluarga jika tingkat oksigen bayi mulai turun.

Perangkat ini dirancang untuk mengukur PO2, atau tekanan parsial oksigen, yang menunjukkan jumlah oksigen yang terlarut dalam darah. Juga mengukur indikator kesehatan pernapasan yang lebih akurat dari­pada pengukuran saturasi oksigen sederhana.

Perangkat ini juga dapat dengan mudah diambil dengan oksimetri nadi perangkat yang dijepitkan de­ngan lembut di jari. Dan mengukur tingkat PO2 melalui perangkat non-invasif yang terpasang pada kulit sama akuratnya dengan tes darah.

Monitor oksigen bayi ini juga ber­guna untuk orang dewasa, terutama orang-orang dengan asma parah dan manula dengan COPD, atau penyakit paru Obstruktif Kronik. Yakni penyakit paru-paru progresif yang tidak dapat disembuhkan dan merupakan penyebab kematian ke­tiga di Amerika Serikat.

Guler akan memodifikasi perang­kat yang dapat dipakai untuk orang dewasa, dan membuat aplikasi smartphone terkait, dalam fase lain dari penelitiannya. Guler bekerja sama dengan Pratap Rao, profesor teknik mesin di WPI, dan Lawrence Rhein, MD, ketua departemen pediatri dan associate professor di University of Massachusetts Medical School.

Juga dengan Ian Costanzo dan Devdip Sen, keduanya mahasiswa pascasarjana di bidang teknik listrik dan komputer di WPI. Tim juga bekerja sama dengan Guler untuk membuat chip yang pada akhirnya akan bertindak sebagai jantung un­tuk perangkat yang dapat dipakai.

“Konsep teknologinya adalah bahwa jika kita memiliki data yang lebih mudah diakses untuk sese­orang dari segala usia. Kita akan dapat merawat pasien-pasien ini dengan lebih baik,” kata Rhein, yang telah memberi nasihat kepada Guler tentang apa yang dibutuhkan di rumah sakit dan pengaturan rumah. “Gagasan pengumpulan data yang non-invasif, tidak terikat, dan dapat diakses membuka dunia perawat­an yang sama sekali baru,” tambah Guler.

Chip, yang dirancang untuk be­kerja di dalam monitor oksigen yang dapat dipakai, mengaktifkan sensor optik, menangkap sinyal analog dari sensor, menangani manajemen daya, dan berisi sirkuit yang diperlu­kan. Guler dan tim telah merancang sendiri sirkuit individual, seperti sirkuit penangkap sinyal dan sirkuit untuk sirkuit pembacaan berbasis optik.

Pada fase berikutnya dari proyek penelitian ini, mereka berencana untuk melengkapi chip dengan lebih banyak sirkuit. Teknik ini un­tuk mendigitalkan sinyal analog, mengirimkan data yang ditangkap dan didigitalkan, dan menciptakan daya dari tautan nirkabel. Pada titik itu, itu akan menjadi sistem lengkap pada chip.

Dalam kolaborasi antardeparte­men, Guler dan Rao menciptakan sensor mini tipis dan fleksibel untuk perangkat perawatan kesehatan yang dapat dikenakan sehingga me­reka akan merasa nyaman dan aman pada bayi saat mereka sedang ber­gerak. nik/berbagai sumber/E-6

Tampilkan Semua

Ilmuwan Kembangkan Teknologi Bioplastik

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Inggris menjadi salah satu negara yang terus mengkampanyekan darurat sampah plastik. Limbah sampah plastik sudah sangat mem­bahayakan satwa liar dan juga laut. Karena itu, mereka terus mencari terobosan bagaimana mengganti penggunaan...
Selengkapnya

Ayu Dewi Sangat Peduli dengan Kebersihan

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selebritas Ayu Dewi ter­masuk yang memper­hatikan kebersihan area rumahnya, termasuk toilet. Dia meminta toilet di rumah harus dibersihkan dua kali sehari. "Toilet dibersihin dua kali sehari, pagi sore. Enggak hanya dibersihin,...
Selengkapnya

Alicia Keys Pandu Grammy Awards 2020

Selasa 19/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Alicia Keys akan kembali menjadi host atau pemandu acara Grammy Awards 2020. Setelah memukau penonton pada Grammy Awards tahun lalu, penyanyi dan penulis lagu itu akan membawakan malam penghargaan musik bertabur bintang itu untuk yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Bank DKI Rugi Rp32 Miliar

Selasa 19/11/2019 | 07:18
A   A   A   Pengaturan Font
Bank DKI mengalami kerugian 32 miliar rupiah adanya pembobolan yang diduga dilakukan oknum anggota Satpol PP.

 

JAKARTA – Bank DKI meng­alami kerugian sebesar 32 mil­iar rupiah, akibat pembobolan yang dilakukan oknum Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta. Pembobolan ini diduga dilakukan sejak bu­lan Mei hingga Agustus 2019.

“Menurut pengakuan me­reka sudah lama. Bukan sekali ambil dalam jumlah besar, te­tapi berkali kali sejak Mei 2019, “kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Arifin, di Jakarta, Senin (18/11).

Kendati demikian, Arifin mengatakan tindakan yang dilakukan oleh 12 oknum pe­tugas Satpol PP di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur ini bukanlah terkait de­ngan pencucian uang atau tin­dak pidana korupsi.

“Informasi yang saya dapat­kan mereka mengambil uang di ATM Bersama. Bukan ATM Bank DKI. ATM Bersama yang mana dia mengambilnya per­tama dia salah pin. Yang kedua baru pinnya benar dan uang­nya keluar namun saldonya ti­dak berkurang. Lalu, dia ambil lagi,” kata Arifin.

Selanjutnya, ungkap Ari­fin, anggota Satpol PP DKI itu mencoba lagi mengambil uang di ATM tersebut dan te­tap saldonya tidak berkurang. Dia mengungkapkan anggota Satpol PP DKI yang melakukan pembobolan itu mencapai 12 orang dan telah diserahkan ke Kepolisian.

“Yang terjadi seperti itu. Mereka ambil uang dan trans­fer uang di ATM tanpa me­ngurangi saldonya. Tapi jika nantinya setelah diselidiki oleh Polda ada niat tidak baik maka kami akan siapkan tindakan te­gas berupa pemecatan. Ya, tin­dakan tegasnya itu. Ada itikad nggak baik, dilakukan dengan cara tidak baik akan kami laku­kan pemecatan,” ungkapnya.

Menurutnya, anggota Sat­pol PP yang membobol uang di Bank DKI itu telah dinonak­tifkan 10 orang. Sementara dua orang lainnya masih bekerja karena telah mengembalikan uang tersebut ke bank DKI.

“Dan ini menurut peng­akuan mereka sudah lama. Bu­kan dalam sekali ambil sebesar itu, tidak. Ada yang bilang sejak Mei, lanjut sampai Agustus. Ke­napa pihak yang sana juga baru hebohnya sekarang. Itu juga jadi pertanyaan saya, sistem mereka seperti apa,” tuturnya

Penegak Hukum

Terkait dengan ini, Bank DKI Jakarta melaporkan dugaan pembobolan ke pene­gak hukum, dan pihak manaje­men bank menjamin keaman­an dana nasabah.

“Kejadian ini dilakukan pada ATM bank lain. Sejak awal kami sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait atas permasalahan ini,” kata Herry, dalam keterangan tertulisnya.

Herry membantah perma­salahan itu adalah pencurian uang oleh Satpol PP dari rek­ening Bank DKI. Kasus yang terjadi tidak ada hubungannya dengan dana nasabah yang ada di Bank DKI.

Layanan dan kegiatan ope­rasional perbankan tetap berjalan normal. “Bank DKI menjamin keamanan dana na­sabah,” katanya.

Herry menegaskan bahwa nasabah tidak perlu khawatir untuk tetap menggunakan lay­anan Bank DKI seperti biasa. Dana nasabah yang ada di Bank DKI dijamin aman.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini, mem­bantah telah terjadinya pem­bobolan uang dari rekening bank DKI. Menurutnya, kasus yang terjadi tidak ada hubun­gannya dengan dana nasabah yang ada di Bank DKI karena tidak terkait dengan dana nasa­bah yang berada di Bank DKI.

“Layanan dan kegiatan ope­rasional perbankan tetap berja­lan dengan normal. Bank DKI menjamin keamanan dana na­sabah. Nasabah tidak perlu kha­watir untuk tetap menggunakan layanan Bank DKI seperti biasa dan dana nasabah yang berada di Bank DKI dijamin aman,” ka­tanya. pin/Ant/P-5

Tampilkan Semua

Integrasi Angkutan

Selasa 19/11/2019 | 07:16
A   A   A   Pengaturan Font
Supir angkutan umum Jak Lingko 42 jurusan Kampung Melayu- Pondok Kelapa menunggu penumpang, Jakarta Timur, Senin (18/11). Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan mengintegrasikan Jak Lingko dengan angkutan umum lainnya yang...
Selengkapnya

Otopet Listrik Masuk Alat Angkut Perorangan

Selasa 19/11/2019 | 07:04
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Dinas Perhubun­gan DKI Jakarta akan mengatur dan memasukkan skuter listrik (otopet listrik) ke jenis alat an­gkut perorangan atau umum dikenal dengan istilah “person­al mobility...
Selengkapnya

Payung Hukum Jalan Berbayar Sedang Digodok

Selasa 19/11/2019 | 07:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pemerintah Pro­vinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera menyiapkan peraturan daerah (perda) untuk jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP). Pihaknya men­argetkan operasional ERP akan dimulai tahun...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Saat Ini Pancasila Menghadapi Ancaman Laten Radikalisme

Selasa 19/11/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Serangkaian teror yang terjadi di Tanah Air, mulai dari bom Bali hingga yang terakhir bom bunuh diri di Kantor Polrestabes Medan, adalah bukti bahwa kelompok teror masih jadi ancaman.

 

Mereka yang radikal ma­sih tetap eksis karena memang didukung oleh konstelasi politik global di mana ada kelompok serupa yang menjadi afiliasinya. Dulu, Al Qaeda, sekarang ISIS.

Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Terdiri dari ragam etnis dan agama. Kemunculan kelompok radikal, ditambah kian menguatnya sikap intoleransi yang diperlihatkan beberapa kelompok masyarakat terhadap kelompok masyarakat lainnya yang berbeda, membuat perbedaan yang selama ini diikat dalam persatuan terancam.

Indonesia memang punya Pan­casila. Ideologi yang bisa menyatu­kan kemajemukan. Tapi, radika­lisme dan intoleransi yang menguat, sedikit demi sedikit mengikis kemajemukan. Ideologi Pancasila pun terancam. Untuk mengupas itu lebih lanjut Koran Jakarta mewawa­ncarai cendekiawan muslim yang juga mantan Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Profesor Azyumardi Azra. Berikut petikan wawancaranya.

Agama mana pun spiritnya adalah membawa semangat perdamaian. Tapi, akhir-akhir ini muncul semangat beragama yang tak ramah. Menafikan perbedaan, bahkan memusuhinya. Apa yang salah dalam kehidupan beragama saat ini?

Ya, agama kini ambigu, menga­jarkan damai, tapi juga atas nama agama, penganut agama melaku­kan kekerasan. Kebangkitan agama dalam tiga dasawarsa terakhir me­nampilkan fenomena agama yang kontradiktif. Antusiasme beragama, politisasi agama, dan juga politik identitas agama yang justru ti­dak kondusif untuk penciptaan dunia lebih damai.

Apakah radikalisme sudah jadi ancaman yang riil di Indonesia saat ini?

Saat ini, Pancasila meng­hadapi ancaman laten, yakni radikalisme. Karena itu, Pan­casila itu kalau nggak hati-hati berhadapan dengan ideologi lain itu bisa kalah. Karena itu ancamannyaa riil. Ancaman radikalisme itu riil.

Kenapa radikalisme itu jadi ancaman serius bagi Pancasila?

Watak dasar radikalisme agama demikian sungguh bertolak be­lakang dengan Pancasila. Sebagai fondasi dan jiwa yang mendasari bangunan bangsa dan negeri ini, kehadiran Pancasila pertama-tama justru melindungi dan menjamin keberagaman identitas primordial masyarakat bangsa Indonesia. Dalam arti itu, Pancasila menuntun bangsa ini untuk bersikap inklusif, moderat dalam menampilkan iden­titas kesukuan dan keagamaan kita, toleran dan gotong royong sebagai kepribadian khas bangsa Indonesia yang takdirnya adalah majemuk.

Oleh Pancasila, keberagaman tidak dibungkam dan disamakan, melainkan dibiarkan hidup berkem­bang. Hal itu terlihat nyata pada kebijakan negara yang men­jamin hak beragama dan beribadah setiap warg­anya sesuai dengan nilai agama dan kepercayaannya masing-masing. Dan apa pun latar belakang primordial warga bangsa ini, setiap orang memiliki kesetaraan di hak dan kewajiban di hadapan hukum negara.

Menangkal radikalisme itu harus dimulai dari mana?

Menangkal munculnya radika­lisme harus dimulai dari keluarga. Ini tanggung jawab kita semua, dimulai dari keluarga untuk meng­hormati perbedaan agama hingga budaya yang sangat majemuk. Indonesia ini paling kaya dari berbagai sudut. Wajar jika ada me­nyebut bahwa bangsa ini mendapat berkah dari keberagaman. Namun, tidak selesai di situ karena perlu ditumbuhkan rasa keberagaman mulai dari keluarga, ke sekolah, hingga dalam masyarakat. Sehingga perlu mengem­bangkan paham agama dan kepercayaan yang toleran karena tidak ada paham monolistik.

Apakah radika­lisme dan intol­eransi tumbuh subur karena pengaruh dari konstelasi politik yang diperagakan oleh para elite di negeri ini?

Pemilu kita ini cenderung kian menjadi rutinitas. Di luar keruti­nan, hanya ada ketegangan dan peningkatan suhu politik. Penye­babnya sering bukan murni politik, melainkan karena penggunaan dan penyalahgunaan isu SARA dalam kontestasi politik. Padahal, isu SARA tidak hanya divisif, tetapi juga mem­buat merosotnya kualitas demokrasi.

Kualitas demokrasi terkait tidak hanya dengan pemilu yang dilak­sanakan regular. Ada faktor lain yang membuat meningkatnya kual­itas demokrasi, terutama budaya politik yang semestinya kompatibel dan memperkuat demokrasi.

Anda menyebut soal elite politik yang kian oligarkis. Sejauh mana gejala itu?

Ya dapat kita lihat bertahannya oligarkisme politik dalam parpol dan lembaga politik lain, seperti parle­men. Dalam parpol, oligarki terwu­jud ketika kebijakan dan keputusan partai hanya ditentukan elite politik puncaknya. Gejala ini biasa disebut polito-cracy– kekuasaan politik ditentukan segelintir politisi.

Oligarki ini kian menguat ketika parpol mengalami personifi­kasi dengan orang kuat. Bisa pendiri partai atau figur lain yang menjadi pemimpin partai karena kemam­puan penda­naan atau karena posisi tinggi jabatan publik yang dipegang sebelum mendapat durian runtuh menjadi ketua partai.

Polito-cracy sangat mewarnai politik Indonesia yang sekali lagi menjadikan demokrasi Indonesia sebagai flaw democracy. Fenomena ini juga terlihat dalam penetapan calon-calon yang bertarung dalam pilkada atau penetapan pimpinan di parlemen. Kekuatan politik di luar oligarki politik, apalagi warga pemilih akar rumput sama sekali tidak didengar aspirasinya.

Jadi, apa yang harus dilaku­kan agar kualitas demokrasi kita meningkat

Jika kita ingin demokrasi di Indonesia meningkat kualitasnya, budaya politik perlu direformasi. Pertama-tama, elite politik dalam parpol dan lembaga politik lain perlu melakukan redemokratisasi. Ini merupakan tantangan yang tidak mudah. Namun, prosesnya bisa dimulai degan revitalisasi dialog dan musyawarah di antara lingkungan elite politik, baik secara internal, maupun eksternal, dengan kekuatan politik lain.

Selanjutnya, perlu diselenggara­kan dialog publik yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan politik dan demokrasi. Dialog semacam ini sangat penting untuk mengembalikan demokrasi ke pangkalnya yakni kedaulatan poli­tik berada di tangan rakyat untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat. agus supriyatna/P-4

Tampilkan Semua

Tim Investigasi Dikirim ke Desa di Konawe

Senin 18/11/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pernyataan Menkeu, Sri Mulyani, tentang desa fiktif saat membahas evaluasi kinerja 2019, di Komisi XI DPR, Senin (4/11), membuat publik terperangah. Bagaimana tidak, meski desa baru itu tidak berpenduduk, tapi tetap mendapat kucuran dana...
Selengkapnya

Semuanya Terdampak oleh Perang Dagang

Jumat 8/11/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Krisis global yang menyebabkan terjadinya perlambatan ekonomi dunia telah berimbas pada pertumbuhan perekonomian Indonesia pada triwulan III-2019 sebesar 5,02 persen year on year (yoy) atau melambat dibandingkan pada kuartal II-2019 yang...
Selengkapnya

Kemenpan yang Pertama Akan Memangkas Eselon

Kamis 7/11/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemangkasan struktur eselon birokrasi atau Aparatur Sipil Negara menjadi salah satu fokus pemerintahan di bawah Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.   Bahkan, soal pemang­kasan disebut langsung disampaikan Jokowi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Tjahjo Kumolo : Pemangkasan Eselonisasi Akan Selesai 1 Tahun

Sabtu 16/11/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dalam pidatonya usai dilantik menjadi Presiden untuk periode keduanya, Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal mesin birokasi yang lamban. Dia berjanji akan mengubah struktur birokrasi. Eselonisasi birokrasi yang dianggap terlalu panjang akan dipangkas. Eselon di birokrasi itu cukup dua level saja.

Pemangkasan untuk menciptakan birokrasi lebih ramping demi meningkatkan pelayanan masyarakat yang lebih baik dan mendukung iklim investasi. Semua ini dalam upaya membangun sistem birokrasi yang lebih dinamis. Dengan birokasi yang ringkas strukturnya, akan memiliki fleksibilitas tinggi, kapabilitas yang baik, adaptasi perubahan cepat serta budaya yang unggul.

Untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan jajaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemenpan RB) ke depan, wartawan Koran Jakarta, Agus Supriyatna berkesempatan mewawancarai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo dalam beberapa kesempatan, di Jakarta, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Presiden Jokowi bertekad memangkas struktur eselonisasi di birokrasi yang dianggap terlalu panjang. Apa target yang ingin dicapai?

Pemangkasan untuk menciptakan birokrasi lebih ramping demi meningkatkan pelayanan masyarakat yang lebih baik dan mendukung iklim investasi. Penyederhanaan birokrasi dengan memangkas eselon III, IV, dan V ini sebenarnya telah masuk persoalan mendasar birokrasi di Indonesia.

Struktur birokrasi kita ini memang sangat hirarkis. Hal itu menyebabkan proses mengambilan keputusan dan tindakan administrasi pemerintahan sangat lambat, yang akhirnya sulit.

Jadi selama ini upaya reformasi birokrasi belum optimal?

Begini, orientasi memang masih belum optimal. Dengan kondisi kompetensi dan budaya aparatur negara yang belum optimal ini menyebabkan fungsi birokrasi banyak tertunda dalam berbagai keputusan dan tindakan pemerintah.

Jadi gagasan Presiden Jokowi memangkas struktur organisasi birokasi ini tujuan besarnya apa?

Gagasan Presiden Jokowi melalui salah satu visi misinya dengan merampingkan birokrasi menjadi eselon 1 dan 2 berkaitan dengan beberapa target. Pertama, membangun profesionalisme birokrasi. Kedua, menciptakan akuntabilitas pemerintahan. Ketiga, menciptakan birokrasi yang efisien dan efektif.

Jadi yang hendak diwujudkan itu birokrasi yang seperti apa?

Yang ingin diwujudkan adalah membangun sistem birokrasi yang lebih dinamis dan bukan birokrasi yang hirarkis. Dengan birokasi yang ringkas strukturnya, ini akan memiliki fleksibilitas yang tinggi, kapabilitas yang baik, adaptasi perubahan yang cepat serta budaya yang unggul.

Birokrasi yang kapabel harus memiliki kemampuan berpikir dinamis ke depan untuk jangka panjang dengan berani membuat inovasi dan perubahan. Birokrasi yang dinamis selain memiliki budaya unggul, juga harus punya mental serta sikap yang antikorupsi, meritokrasi, dan berorientasi pada kinerja.

Pemerintah ingin memperkuat kualitas kebijakan publik. Problem birokrasi di Indonesia saat ini kecenderungannya masih ada ketidakmampuan membuat kebijakan yang berbasis data dan informasi serta berlaku jangka panjang. Untuk itu, dibutuhkan perubahan terencana yang revolusioner. Intinya aparatur sipil negara (ASN) ini harus mampu menyerap, menggerakan, dan mengorganisir aspirasi masyarakat.

Kebijakan pemangkasan eselonisasi ini, kebijakan tunggal atau akan ada kebijakan lain yang saling terkait?

Kebijakan pemangkasan eselonisasi bukan agenda tunggal karena harus diikuti dengan perubahan-perubahan lain. Oleh karena itu perintah presiden, khususnya kepada Kemenpan RB mengenai pemangkasan akan dilakukan terlebih dahulu di Kemenpan RB dan mempersiapkan kebijakan-kebijakan selanjutnya. Setelah tahap pertama, kami akan mendengarkan perwakilan kementerian dan lembaga, khususnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Ada langkah jangka pendek yang akan ditempuh?

Langkah-langkah jangka pendek akan dipersiapkan Kemenpan RB dan kriteria jabatan diprioritaskan dengan jabatan fungsional. Lalu mempersiapkan jabatan fungsional dengan pola karier yang jelas. Disusun insentif yang harus memadai serta memotivasi seluruh ASN dalam upaya membangun kebanggaan dan bekerja dalam jabatan fungsional.

Kemenpan RB akan melakukan pemetaan nasional tentang kebutuhan jabatan fungsional dan mempersiapkan berbagai manajemen perubahan serta skema-skema kebijakan lain. Rencana perubahan ini memang tidak mudah akan tetapi kami harus optimistis untuk melakukannya.

Anda optimistis akan berhasil?

Jajaran birokrasi, khususnya Kemenpan RB optimistis akan mampu membangun tatanan ASN yang lebih baik dan adil sebagaimana visi misi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Kami optimistis rakyat dan bangsa ini akan berterima kasih dan mendapat pelayanan birokrasi pemerintahan yang melayani, efisien, efektif, dan cepat.

Berbagai perubahan pendukung yang akan mengikuti dalam penyederhanaan organisasi. Perubahan tersebut, antara lain membangun birokrasi smart office, jenjang karier jelas, aplikasi sistem yang jelas, merit sistem serta membangun information and technology (IT) sistem pusat dan daerah terpadu.

ASN itu salah satu pilar kesejahteraan rakyat melalui birokrasi pemerintahan yang harus mampu mengorganisir dan menggerakkan masyarakat. Sekarang posisi birokrasi ada di tengah-tengah masyarakat dalam sebuah pemerintahan Kabinet Indonesia Maju.

Ada target berapa lama pemangkasan eselonisasi ini bisa tuntas diselesaikan?

Kemenpan RB punya target maksimum dalam satu tahun ini sudah mampu menyelesaikan kebijakan-kebijakan terkait reformasi birokrasi dengan dukungan semua pihak, khususnya masyarakat. Semoga target dapat selesai maksimal satu tahun bisa diwujudkan. Target ini memacu saya sebagai Menpan RB dan jajaran Kemenpan RB untuk menjawab keseriusan membangun reformasi birokrasi.

Kalau di Kemenpan RB, kapan dimulai pemangkasan eselonisasi birokrasi?

Kalau Kemenpan RB itu bulan ini, kan kami akan ketemu dengan paguyubannya dulu. Minggu depan kami undang sekjen-sekjen kementerian atau lembaga. November pertengahan sudah kami pangkas di Kemenpan RB.

Pemerintah kembali membuka rekrutmen dan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di tahun 2019. Fokus rekrutmen CPNS kali seperti apa?


Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, mulai tahun 2019 pemerintah fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Untuk itu, pemerintah berencana merekrut CPNS yang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan SDM pada bidang pendidikan, kesehatan, dan teknis atau profesional lain dengan mengutamakan prinsip zero growth.

Maksudnya apa dengan prinsip zero growth dalam rekrutmen?

Rekrutmen untuk mengganti jumlah yang pensiun, dikecualikan bagi tenaga pendidikan dan kesehatan.

Rekrutmen dijamin akuntabel?

Seluruh usulan kebutuhan CPNS tersebut, diproses secara objektif dan akuntabel serta ditetapkan berdasarkan data yang diusulkan oleh masing-masing instansi ke dalam aplikasi e-formasi Kemenpan RB.

Proses rekrutmen ini seperti apa alurnya?

Rekrutmen dan seleksi CPNS 2019 diselenggarakan tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) 2019 yang terdiri dari Menpan RB sebagai ketua tim pengarah, tim pengawas diketuai oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), tim audit teknologi oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), tim pengamanan teknologi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), tim quality assurance oleh Kemenpan RB dan akademisi, konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) oleh Kemendikbud yang melibatkan 18 PTN di Indonesia, serta tim pelaksana yang diketuai Kepala BKN.

Jumlah formasi CPNS tahun ini berapa banyak?

Ya, berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja, pada tahun 2019, total kebutuhan ASN sebanyak 197.111 formasi. Ini dibagi menjadi 37.854 untuk pusat dan 159.257 untuk rekrutmen di pemerintah daerah (Pemda). Ada pun kementerian, lembaga, dan Pemda yang akan melaksanakan rekrutmen CPNS 2019 adalah 68 kementerian atau lembaga dan 462 Pemda. Pemerintah Kabupaten Bangli mengundurkan diri sehingga total menjadi 461 Pemda.

Jenis-jenis formasi rekrutmen CPNS 2019?

Formasi terdiri dari umum atau reguler dan khusus. Formasi khusus terdiri dari cumlaude, diaspora, putra putri Papua dan Papua Barat, disabilitas, serta formasi lain yang bersifat strategis (cyber security).

Kalau dari sisi komposisi jabatan formasi CPNS pusat dan daerah tahun 2019 seperti apa?

Pertama, untuk jabatan di bidang pendidikan sebanyak 65.397 orang. Kedua, untuk bidang kesehatan sebanyak 34.038 orang. Ketiga, untuk jabatan fungsional sebanyak 31.912 orang. Keempat, untuk pelaksana teknis ada sebanyak 20.892 orang.

Ada informasi tambahan lain dari rekrutmen ini untuk para pelamar?

Ya, pelamar dapat mendaftar secara online melalui sscasn.bkn.go.id dan hanya bisa mendaftar pada satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian, lembaga, Pemda, provinsi atau kabupaten dan kota. Adapun rincian jadwal, untuk pengumuman penerimaan 15 hari kalender yakni dimulai 28 Oktober 2019 sampai 11 November 2019.

Sedangkan seleksi kompetensi dasar (SKD) mulai awal Februari 2020.
Seleksi kompetensi bidang (SKB) mulai awal Maret 2020 dan untuk pengumuman kelulusan direncanakan pada bulan April 2020.

Proses seleksi memakai computer assisted test (CAT)?

Ya SKD menggunakan CAT direncanakan mulai Februari 2020 dan SKB pada Maret 2020.

Bagaimana mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecurangan?

Saya mengingatkan agar para calon pelamar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan berkaitan dengan proses penerimaan CPNS tahun 2019. Perlu saya tegaskan tidak ada satu orang atau pihak manapun yang dapat membantu kelulusan.

Ada tambahan informasi lain?

Ya terhadap peserta seleksi CPNS tahun 2018 yang telah mengikuti SKD, diberikan kebijakan sebagai berikut. Peserta seleksi CPNS tahun 2018 yang berstatus P1/TL dapat mendaftar pada formasi jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang digunakan saat pelamaran CPNS tahun 2018, baik di instansi tempat awal mendaftar maupun instansi lain dapat mengikuti seleksi CPNS tahun 2019 dengan menggunakan nilai SKD tahun 2018. Kemudian untuk peringkat nilai SKD tersebut akan menjadi dasar untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

N-3

Tampilkan Semua

Teknologi “Chip” untuk Laboratorium Mini

Sabtu 16/11/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di laboratorium mini, sistem mikrofluida dapat melakukan percobaan kimia pada sebuah chip rangkaian tabung kecil seukuran rambut. Sejak 1990-an, para ilmuwan telah mengeksplorasi kemungkinan mengembangkan “laboratorium” kimia...
Selengkapnya

Mengubah Limbah Lemak Menjadi Sumber Energi

Sabtu 16/11/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Para peneliti telah mengembangkan sebuah cara baru untuk menghasilkan gas alam. Cara baru ini dinilai sebagai metode paling efisien untuk mengubah lumpur limbah dan lemak restoran menjadi metana. Penelitian ini dilakukan oleh para...
Selengkapnya

Patung Liberty Destinasi Utama AS

Sabtu 16/11/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Landmark adalah fitur geografis, baik alami ataupun buatan manusia, yang diguna­kan sebagai patokan oleh para penjelajah dalam menemukan jalan pulang. Dalam bahasa Inggris, isti­lah landmark juga digunakan untuk me­nunjuk...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta