Koran Jakarta | July 22 2018
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Ketidakpastian Global Meningkat, Rupiah Kembali Melemah

Sabtu 21/7/2018 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
>>BI diprediksi menaikkan bunga lebih tinggi jika terjadi capital outflow yang besar. >>Trump sebut penguatan dollar terhadap yuan tidak menguntungkan bagi...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

OBOR ASIAN GAMES.

Sabtu 21/7/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sejumlah seniman reog ponorogo dalam penyambutan obor Asian Games 2018 di depan Balai Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (20/7). Obor Asian Games yang sebelumnya melintasi kota Yogyakarta, Solo, dan Blitar tersebut disambut dengan sejumlah pentas budaya ketika sampai di Malang.

Tampilkan Semua

PEMUGARAN CANDI

Sabtu 21/7/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pekerja Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta memasang batuan yoni dan lingga saat pemugaran Candi Kedulan, di Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (20/7). Pemasangan yoni dan lingga sebagai unsur utama pemujaan pada...
Selengkapnya

DIPERIKSA KPK.!

Sabtu 21/7/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gubernur Jambi nonaktif, Zumi Zola berjalan keluar ruangan seusai menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (20/7). Zumi Zola diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Arfan terkait penerimaan gratifikasi proyek-proyek...
Selengkapnya

UNY Gelar Seleksi Mandiri pada Minggu

Sabtu 21/7/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan ujian tulis seleksi mandiri yang akan dihelat pada Minggu (22/7). Sebanyak 20.157 peserta akan mengikuti ujian tulis seleksi mandiri UNY. Peserta terbagi atas 19.486...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Upacara Prasetya Perwira

Jumat 20/7/2018 | 08:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Pembebasan Sandera

Jumat 20/7/2018 | 08:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

KPU Belum Bisa Umumkan Semua Bacaleg

Jumat 20/7/2018 | 08:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Komisi Pemilihan Umum merilis data hasil rekapitulasi pendaftaran bakal calon anggota legislatif DPR RI yang telah dimasukkan partai politik ke dalam sistem informasi pencalonan (SILON) Pemilu Serentak 2019. Dari data...
Selengkapnya

Wagub Terpilih Maluku Utara Deklarasi Dukungan ke Jokowi

Jumat 20/7/2018 | 08:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Wakil Gubernur Maluku Utara terpilih, Rivai Umar mendeklarasikan dukungannya kepada Presiden Joko Widodo untuk maju dalam pemilihan presiden 2019. Bahkan, ia siap mengkonsolidasikan seluruh partai pendukungnya untuk ikut...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Trump Undang Putin ke Washington

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden AS, Donald Trump, telah mengundang Presiden Russia, Vladimir Putin, untuk datang ke Washington DC. Undangan ini dilayangkan setelah pada awal pekan ini mereka melakukan pertemuan di Helsinki.

 

WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang sedang dalam sorotan karena melakukan pertemuan dengan Presiden Russia, Vladimir Putin, di Helsinki, Finlandia, beberapa waktu lalu, pada Kamis (19/7) pagi mengatakan bahwa ia menantikan pertemuan kembali dengan Presiden Putin di Washington DC.

“Presiden Trump telah menginstruksikan penasihat keamanan nasionalnya untuk mengundang Presiden Russia, Vladimir Putin, untuk berkunjung ke Washington DC pada pengujung tahun ini,” demikian pernyataan Gedung Putih, Kamis.

Pernyataan Gedung Putih ditegaskan kembali oleh juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, lewat media sosial Twitter. “Presiden Trump meminta @AmbJohnBolton untuk mengundang Presiden Putin ke Washington DC pada musim gugur dan diskusi mengenai masalah ini tengah dilakukan,” kata Sanders.

Lewat akun Twitter miliknya, Trump menyatakan bahwa ia menantikan pertemuan kedua dengan Putin agar mereka bisa memulai menerapkan sejumlah hal dari banyak hal yang dibahas di Helsinki. “Menghentikan terorisme, keamanan bagi Israel, proliferasi nuklir, serangan siber, perdagangan, Ukraina, perdamaian di Timur Tengah, Korea Utara, dan banyak lagi,” cuit Trump.

Presiden Trump sebelumnya menerima banyak kritikan keras terkait bagaimana ia bertindak dalam pertemuan di Helsinki pada Senin (16/7) lalu terutama ketika saat ia menerima bantahan dari Putin atas tudingan Moskwa telah turut campur dalam pemilu Presiden AS 2016. Hal itu dianggap merendahkan institusi intelijen AS terutama yang telah melaporkan adanya turut campur Russia dalam pilpres AS.

Untuk melawan kritikan itu, Trump pada Kamis kemarin menyatakan pertemuan tingkat tinggi dengan Russia merupakan sebuah sukses besar, terkecuali bagi musuh rakyat yang sebenarnya yaitu media berita bohong yang tak mau mengakui pencapaiannya.

“Media berita bohong sangat ingin menyaksikan terjadinya konfrontasi besar dengan Russia, bahkan ketika konfrontasi itu bisa mengarah pada peperangan,” kata Trump.

Sementara itu Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, mengatakan bahwa tujuan utama Trump melakukan pertemuan dengan Putin yaitu untuk mengarahkan kembali diplomasi dua negara yang sebelumnya menempuh jalur yang amat buruk.

“Saya mengamati interaksi Presiden Trump dengan persiden Putin setelah pertemuan tatap muka. Presiden AS menginginkan dibentuknya saluran komunikasi dan dialog, dan ia berhasi mencapainya,” kata Menlu Pompeo. “Saya akan amat terkejut jika melihat isi transkrip dari pertemuan mereka saat dirilis,” imbuh dia.

Saat di Helsinki, pemimpin dari AS dan Russia melakukan perundingan tatap muka tertutup dimana mereka didampingi hanya oleh para penerjemah. Pada Rabu (18/7) lalu, anggota kongres dari kubu Demokrat mendesak agar dikeluarkan surat panggilan bagi penerjemah Presiden Trump untuk mengetahui informasi apa saja yang ia catat dan dengar dalam pertemuan tertutup Trump-Putin.

“Kami ingin penerjemah itu dihadirkan ke komite dan kami ingin melihat semua catatannya,” kata Senator Robert Menendez, petinggi Demokrat di Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS. “Pemanggilan penerjemah bisa membantu anggota legislatif dan warga AS mengenai apa saja yang telah dibahas dan disepakati yang mewakili AS,” imbuh Senator Jeanne Shaheen.

Desakan ini makin kuat setelah Gedung Putih menyebut permintaan penjelasan atas apa yang dibahas Trump-Putin dalam pertemuan tertutup adalah pelanggaran hak eksekutif dan juru bicara Gedung Putih sama sekali tak mengetahui apakah pembicaraan Trump-Putin telah direkam atau tidak.

 

Tolak Proposal

Rencana mengundang Putin sendiri terjadi tak berapa lama setelah Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Trump telah menolak proposal Putin agar pejabat Russia bisa menginterogasi mantan duta besar AS dan sejumlah warga negara AS lainnya.

Sebagai imbal balik, Putin menawarkan ijin bagi pejabat Kementerian Kehakiman AS untuk pergi ke Russia dan menanyai 12 pejabat intelijen Russia yang diduga telah meretas komputer milik Partai Demokrat AS. Sebelumnya Trump menyebut bahwa proposal Putin itu sebagai hal yang luar biasa.

Tuntutan terhadap peretas Russia dilayangkan akhir pekan lalu oleh penasihat khusus AS, Robert Mueller, yang menyelidiki kemungkinan terjadinya kolusi antara tim kampanye Trump dengan Russia. 

 

AFP/I-1

Tampilkan Semua

“WhatsApp” Batasi Penerusan Pesan

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
pesan daring milik Facebook Inc, WhatsApp, pada Jumat (20/7) mengumumkan telah membatasi penerusan pesan bagi 200 juta pengguna di India setelah terjadi serangkaian insiden kekerasan main hakim sendiri yang dipicu oleh informasi bohong...
Selengkapnya

Pencak Silat dan Kerajinan RI Meriahkan Perayaan Hari Indonesia-Mesir

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Atraksi pencak silat dan pagelaran tari tradisional Indonesia memukau publik Mesir yang memadati di Aula Perpustakaan Kota Zagazik, Provinsi Sharkia, Mesir, pada Kamis (19/7). Dalam acara yang bertajuk “Hari Indonesia-Mesir”...
Selengkapnya

RI-Brunei Gelar Pertemuan Komisi Bersama Kerja Sama

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Brunei Darussalam mengadakan pertemuan Komisi Bersama untuk Kerja Sama Bilateral (Joint Commission for Bilateral Cooperation/JCBC) ke-4 di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Jumat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

“Indonia” Berikan Acuan Riil

Sabtu 21/7/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Dengan instrumen baru Indonia, perbankan mempunyai satu acuan yang benar-benar riil transaksi, bukan yang digerakkan bank kecil atau bank besar atau asing atau bank pemerintah.

 

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengatakan penerbitan instrumen baru pasar uang yakni Indonia diharapkan akan memberikan acuan yang lebih riil bagi perbankan sehingga penentuan bunga transaksi di pasar tidak didominasi bank-bank tertentu. Sayangnya, sejumlah perbankan dinilai belum siap dengan rencana baru tersebut.

“Perbankan jadi punya satu acuan yang benar-benar riil, bukan yang di-drive bank kecil atau bank besar atau asing atau bank pemerintah, tapi benar-benar riil transaksi,” ujar Deputi Gubernur BI, Erwin Rijanto, di Jakarta, Jumat (20/7).

Erwin menekankan kata kunci dari Indonia adalah bunga riil berbasiskan transaksi yang terjadi. Dengan begitu, Indonia akan benar-benar menggambarkan kondisi likuiditas yang terdapat di pasar.

Oleh karena realitas dari pergerakan likuiditas itu pula, suku bunga yang terbentuk tidak akan dibentuk oleh kuota-kuota transaksi pelaku pasar atau perbankan. “Kalau yang kita hindari, jangan sampai orang itu sembarangan menyetir pasar dengan membuat kuotasi-kuotasi sembarangan,” ujar dia.

Alasan BI akan menerapkan Indonia juga karena mengacu pada praktik terbaik yang diterapkan Bank Sentral lain di dunia.

Erwin masih enggan menjelaskan secara rinci mengenai penetapan Indonia tersebut. Bank Sentral, kata dia, pada akhir Juli 2018 akan memberikan penjelasan lengkap soal Indonia sebelum diterapkan.

 

Tingkatkan Kredibilitas

Gubernur BI, Perry Warjiyo, pada Kamis kemarin, sedikit menjelaskan bahwa Bank Sentral memang akan menerbitkan instrumen baru pasar uang bernama Indonia guna meningkatkan kredibilitas acuan suku bunga di pasar keuangan.

Indonia akan digunakan untuk transaksi bertenor satu hari atau overnight. Kabarnya, Indonia akan resmi diterapkan pada 1 Agustus mendatang.

Perry belum banyak memaparkan detail terkait instrumen ini. Namun, dia menyebutkan BI akan menerapkannya sesuai dengan yang sudah dilakukan oleh negara-negara lainnya.

“Instrumen ini akan mengikuti best practice dari negara-negara lain,” ucapnya.

Kalangan perbankan mengakui Indonia berpotensi menarik investor asing. Sebab, instrumen tersebut sejatinya terobosan BI meningkatkan kredibilitas dalam penentuan bunga acuan di pasar uang yang dilakukan secara transaksi, bukan kuotasi.

Namun, sejumlah bankir pesimistis terhadap implementasi rencana kebijakan BI tersebut. Kesiapan industri perbankan terhadap penerapan instrumen tersebut masih disangsikan. Karena itu, butuh waktu relatif lama untuk menyosialisasikan instrumen baru pasar uang tersebut.

Sebelumnya, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 18–19 Juli 2018 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate tetap sebesar 5,25 persen. Demikian juga dengan suku bunga deposit facility tetap sebesar 4,50 persen, dan suku bunga lending facility 6,00 persen. Keputusan itu konsisten dengan upaya BI mempertahankan daya tarik pasar keuangan domestik di tengah ketidakpastian global yang masih tinggi sehingga dapat menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

Perry mengatakan pelonggaran kebijakan makroprudensial diyakini dapat meningkatkan fleksibilitas manajemen likuiditas dan intermediasi perbankan bagi pertumbuhan ekonomi.

 

Ant/E-10

Tampilkan Semua

FSRU Lampung Pasok LNG ke PLN

Sabtu 21/7/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menjalin kerja sama pemanfaatan Floating Storage and Regasification (FSRU) gas alam cair (LNG) Lampung dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sesuai kesepakatan perjanjian yang...
Selengkapnya

BI Dorong UMKM ke Pasar Global

Sabtu 21/7/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menerapkan tiga langkah pendekatan untuk mendorong akses Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ke pasar global. Pertama, dengan langsung memasarkan produknya kepada pembeli luar negeri, lalu kedua,...
Selengkapnya

Serahkan Hadiah

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pemkab Batang Terus Pacu Pengurangan Kemiskinan

Senin 16/7/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang berke­inginan agar warganya semakin sejahtera dengan prioritas utama menurunkan angka kemiskinan. Mengen­taskan pengangguran dengan menciptakan 1.000 wirausaha baru. Sejumlah pelatihan wirausaha bagi masyarakat Batang terus dilakukan.

Pelatihan-pelatihan terus dilakukan dan berkelanjutan agar masyarakat mampu dan dapat berwirausaha. Se­lain memberikan pelatihan, memacu ekonomi dengan memberikan pembinaan dan menjembatani dalam mencari permodalan ke perbankan. Hal ini dilakukan agar semakin tumbuh berkembang UMKM di Batang. Apalagi dengan ada­nya kepedulian swasta yang mau bekerja sama.

Untuk mengetahui apa yang dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang agar warganya sejahtera, war­tawan Koran Jakarta, Henri Pelupessy, berkesempatan mewawancari Bupati Batang, Wihaji, di Batang, beberapa waktu lalu. Berikut petikan selengkapnya.

Apa yang dilakukan Pem­kab Batang agar masyarakat sejahtera?

Kami terus melakukan pelatihan-pelatihan wirau­saha, salah satunya dengan menggandeng pihak swasta. Dengan terciptanya sinergi antara pelaku usaha, pihak swasta atau minimarket, dan Pemkab Batang akan memberi dampak positif bagi berbagai pihak. Adanya hubungan sa­ling menguntungkan pedagang UMKM tradisional maupun toko modern, keduanya bisa berkembang bersama-sama, dan pastinya akan berkontri­busi positif pada perekono­mian bangsa.

Upaya apa yang dilakukan agar produk yang dihasilkan wirausaha baru diterima pasar?

Kami meminta agar para wirausaha selalu memuncul­kan ide kreatif dan inovasi agar produknya bisa diterima masyarakat, yang selalu meng­ikuti perkembangan zaman. Harus memiliki keinginan kuat, untuk inovasi dan kreatif untuk menjadikan usahanya terus berkembang. Kami mem­fasilitasi terkait perizinan jika pelaku UMKM di Kabupaten Batang ingin bergabung ber­sama toko modern. Kami siap membantu karena pengurusan perizinan sekarang gratis, silakan ajukan ke kami.

Selain pelatihan wirau­saha, upaya lain?

Memacu ekonomi dengan memberikan pembinaan dan menjembatani dalam mencari permodalan ke perbankan. Hal ini dilakukan agar semakin tumbuh berkembang UMKM di Kabupaten Batang. Apalagi dengan adanya kepedulian swasta yang mau bekerja sama.

Bagaimana agar dapat menurunkan angka kemis­kinan di Kabupaten Batang?

Upaya menurunkan angka kemiskinan menjadi prioritas. Angka kemiskinan saat ini tu­run menjadi di bawah 11 per­sen yakni 10,8 persen. Di ting­kat Jateng angka kemiskinan mencapai 13 persen. Menu­runkan angka kemiskinan nol koma tersebut tidak mudah, tetapi tetap dilakukan dengan mengentaskan pengangguran, menciptakan 1.000 wirausaha baru.

Bagaimana dengan in­vestasi di Kabupaten Batang?

Kami membuka keran investasi seluas-luasnya. Menggenjot kunjungan wisata dengan menggelar program Ayo Piknik Nang Batang 2018, sebelum menuju program Visit to Batang 2022. Batang memi­liki potensi wisata, mu­lai dari pantai, pe­gunungan, wisata alam, dan curug. Batang juga dikenal sebagai kabupaten seribu curug. Paling tidak ada delapan curug yang sudah dikembangkan.

Potensi investasi sejalan de­ngan pembangunan PLTU Ba­tang 2 x 10.000 MW yang diper­kirakan akan menyerap ribuan tenaga kerja. Ada pabrik kakao dan menyusul segera diopera­sionalkan Pelabuhan Niaga Batang. Pelabuhan Batang sudah diuji coba buat kapal tongkang yang mengangkut material pasir milik PT Waskita Karya guna pembangunan jalan tol. Alhamdulillah tidak ada hambatan.

Pemkab Batang juga me­luncurkan program E-Sakti?

Program E-Sakti yang dikenalkan pada Oktober 2017 ini untuk pemberian santunan bagi warga miskin yang me­ninggal. Setiap warga miskin yang meninggal, keluarganya mendapat santuan satu juta rupiah. Semua laporan ke­matian warga dilakukan secara real time, setiap detik bisa dipantau lewat online. Untuk program ini, kami menyediakan dana dua miliar rupiah pada 2017 dan sembilan mil­iar rupiah pada 2018.

Bisa diceritakan tentang kon­sep Transit Oriented De­velopment (TOD)?

Konsep TOD yang diajukan untuk me­ngurangi dampak tol, disetujui Presiden Jokowi. Konsep tersebut disetujui Presiden, bersamaan dengan 18 bupati se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten se-Indonesia (Apkasi) dipanggil Presiden Jokowi, di Istana Negara, belum lama ini.

Kebetulan kapasitas saya sebagai Wakil Sekretaris Apkasi, dan saya merupakan satu-satunya kepala daerah di Jateng yang ikut dipanggil. Saat berjumpa dengan Presiden, saya mengajukan konsep TOD guna mengurangi dampak tol dan disetujui Presiden.

Apa kelebihan dari konsep TOD?

Konsep ini dapat mening­katkan pertumbuhan ekonomi di Batang yang terdampak pembangunan jalan tol. Pada arus mudik dan balik Lebaran 2018, para penggerak ekonomi kreatif dan kuliner mengalami penurunan sekitar 60 persen. Sebab rata-rata pedagang yang berada di jalur pantura tidak laku, baik pedagang kecil maupun kelas menengah, ter­masuk rumah makan.

Penambahan exit tol yang diusulkan, ada di dua lokasi. Pertama, di Desa Pasekaran sebagai jalur wisata menuju Bandar dan Dieng, serta akses menuju Kabupaten Banjarne­gara dan Wonosobo. Kedua, di Desa Plelen dengan rest area di KM 398, yaitu di kawasan Pantai Celong, sekaligus untuk menyelamatkan kuliner di wi­layah Kecamatan Gringsing. Di wilayah ini banyak rumah ma­kan yang cukup besar. N-3

Tampilkan Semua

Memacu Pembangunan Wilayah Perbatasan di Kalbar

Senin 9/7/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dari 171 daerah yang menggelar pemi­lihan kepala daerah (Pilkada), pemerintah telah mengangkat 13 penjabat, dua pejabat sementara, dan empat pelaksana tugas gubernur. Untuk tingkat kabupaten dan kota, telah diangkat 109 penjabat...
Selengkapnya

KPU Jabar Harus Tangkal Gangguan Rekapiltulasi Suara

Senin 2/7/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemilihan Kepala Dae­rah (Pilkada) Jawa Ba­rat (Jabar) 2018 sudah berlangsung 27 Juni lalu, serentak bersama ber­bagai wilayah lain di Indone­sia. Namun, tingkat kerawanan Pilkada Jabar tergolong tinggi karena ketatnya...
Selengkapnya

Surabaya Intensif Bina Kepribadian Anak-anak

Senin 25/6/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Anak adalah aset bagi masa depan suatu bangsa. Apa yang terjadi terhadap anak-anak akan me­mengaruhi masa depan negara itu ke depannya. Untuk itu, perlu upaya nyata melindungi dan memenuhi hak atas anak, hingga dapat tumbuh dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Dukung Program Sejuta Rumah

Jumat 20/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Budi Satria (kanan), bersama Komisaris Utama PT Bintang Energi Lestari, Soegiharto, Direktur Utama Bintang Energi Lestari, Ishak, dan Ketua KOPRI sekaligus Sekertaris Daerah Kabupaten Lebak, Dede Jailani, berbincang usai Penandatangan Nota Kesepahaman di Menara BTN, Jakarta, Kamis (19/7). Melalui kemitraan dalam rangka mendukung Program Satu Juta Rumah tersebut, sebanyak hampir 10.000 PNS Pemkab Lebak bisa memiliki rumah dengan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang terjangkau di kawasan kota baru Maja di Kabupaten Lebak, Banten.

Tampilkan Semua

Konsep Berimbang Bangunan Komersial

Jumat 20/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Prasyarat tata ruang hingga pemahaman bisnis pemilik bangunan menjadi keutamaan dalam mendesain bangunan komersial. Tujuannya tidak lain supaya nilai komersil yang diperoleh dapat maksimal dan berimbang. Achmad Noerzaman, President...
Selengkapnya

Paduan Idealisme Arsitek dan Ide Klien

Jumat 20/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Idealisme arsitek dan keinginan klien dapat  menyatu dalam desain bangunan komersial.  Kombinasi ini bisa memunculkan rasa bangga  atas sebuah karya. Desain lebih sering dipandang sebatas hak prerogatif perancangnya....
Selengkapnya

Wajah Lama Isi Kepengurusan PJA

Senin 16/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA) belum lama ini menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Putri Duyung, Ancol. RUPS digelar pada Mei lalu. Dalam kesempatan itu dibahas sejumlah agenda rapat, salah satunya menyetujui perubahan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Peluncuran “Live Large”

Kamis 19/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dari kiri : CEO TCash, Danu Wicaksana, Executive Vice President Area Jabodetabek Jabar Telkomsel, Ririn Widaryani, CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi, Head of Consumer Banking Citi Indonesia, Cristina Teh Tan berbincang disela peluncuran “Live Large” Citi Telkomsel Credit Card di Jakarta, Rabu (18/07). Melalui kampanye baru ini, Telkomsel dan Citi Indonesia menawarkan nilai dan manfaat baru bagi pemegang Citi Telkomsel Card untuk menunjang gaya hidup urban, termasuk di antaranya adalah paket data hingga 20 GB, balance TCASH, dan promo di berbagai merchant.

Tampilkan Semua

Vendor Banting Harga Laptop

Kamis 19/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk mengenalkan produk-produknya ke pasar Acer mengadakan Acer Day di 8 kota antara 16-18 Juli 2017. Pada ajang ini Acer mengenalkan Nitro 5 dan Swift 3 Acer Day Edition, laptop yang ditawarkan dengan harga khusus. ”Di Acer Day...
Selengkapnya

Optimalisasi Teknologi Digital untuk Dunia Medis

Kamis 19/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI) punya potensi memecahkan masalah kesehatan. AI dapat mendeteksi dan mengatasi beberapa penyakit. Di India, Microsoft berkolaborasi dengan salah satu organisasi kesehatan terbesar di negara...
Selengkapnya

Pentingnya Pusat Data yang Handal

Kamis 19/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Era digital data telah menghasilkan ledakan jumlah data. Asosiasi Penyedia Pusat Data Indonesia (IDPRO), menyebutkan, di Indonesia terdapat tiga pendorong utama dalam bisnis pusat data (data center), seperti kondisi makroekonomi,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Alternatif SUV yang Lebih Lega

Rabu 18/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pilihan mobil SUV (sport) dengan 7 penumpang makin beragam. Hadirnya SUV Glory 580 dengan kapasitas 7 penumpang diharapkan menjadi pilihan bagi konsumen yang mendambakan SUV alternatif selain Honda HR-V atau Toyota C-HR. Deputy Managing Director of PT. Sokonindo Automobile Franz Wang, mengatakan, Glory 580 akan memberikan memberikan beragam pilihan akan kendaraan SUV modern yang dilengkapi fiturfitur canggih yang siap bersaing di segmennya.

Mobil asal Tiongkon ini memiliki empat tipe yaitu Glory 580 Comfort 5MT 1.8L,Glory 580 Comfort CVT 1.5T, Glory 580 Luxury 6MT 1.5T, dan Glory 580 Luxury CVT 1.5T. Mobil-mobil ini akan diproduksi di pabrik Sokon di Kawasan Industri modern Cikande, Serang Banten.

Sebelumnya Sokon telah memproduksi mobil niaga pikap SuperCab. Sebagai medium SUV, Glory 580 menggunakan dua pilihan mesin antara 1.500 cc turbo dan 1.800 cc normally aspirated. Secara desain mobil ini cukup elegan.

Pasalnya Sokon menggunakan desain dari mobil-mobil SUV Eropa. Fitur keamanan mobil ini telah dilengkapi dengan ABS, EDB, dan EBA. Terdapat empat buah kantung udara (airbags) yang terdapat di depan dan samping, juga radar sensor parkir, serta alat untuk memonitor tekanan udara (Tire Pressure Monitoring System).

Jika biasanya sunroof hanya terdapat pada seri premium, semua tipe mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur ini untuk dapat menikmati matahari pagi atau indahnya malam bertabur bintang, atau saat bulan purnama. hay/E-6

Tampilkan Semua

Akselerasi Mantap Skutik Hibrida

Rabu 18/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk melawan dominasi Yamaha NMax, Honda mengeluarkan Honda PCX pada Desember 2017. Namun tampaknya Honda belum puas, sehingga meluncurkan model tercanggih dengan mesin hibrida sebagai senjata pamungkas. Honda PCX Hybrid yang dijual...
Selengkapnya

Pilihan Mobil Anyar di GIIAS 2018

Rabu 18/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dengan tema “Beyond Mobility,” GIIAS 2018 bakal memamerkan kendaraan dari merek- merek terkenal dengan fitur-fitur modern. Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang akan berlangsung antara 1-12 Agustus...
Selengkapnya

Produsen Mobil Benamkan Teknologi Asisten Pribadi

Rabu 11/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Line Corporation (Line) bersama Toyota mengumumkan diterapkannya asisten pribadi berbasis sistem kecerdasan buatan Clova. Dengen Smart Device Link (SDL) dari Toyota Motor Corporation nantinya akan menjadikan semua mobil Toyota memiliki...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Bottas Perpanjang Kontrak di Mercedes

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

HOCKENHEIM – Pembalap Formula 1 asal Finlandia, Valtteri Bottas, mengikuti jejak rekan setimnya, Lewis Hamilton de­ngan meneken kontrak baru bersama Mer­cedes untuk dua tahun ke depan.

Pengumuman ini keluar sehari setelah Mercedes mengonfirmasi bahwa juara du­nia empat kali Lewis Hamilton akan berta­han di tim itu sampai akhir 2020.

Mercedes mengatakan dalam pernyata­annya bahwa pembalap 28 tahun tersebut, yang didatangkan pada tahun lalu setelah juara 2016 Nico Rosberg mengundurkan diri, mengonfirmasi perpanjangan untuk 2019 dengan opsi untuk 2020.

“Penampilan-penampilan Valtteri be­gitu bagus pada musim ini dan, jika bukan kesalahan kami dan nasib buruknya, ia da­pat memimpin klasemen pebalap saat ini,” kata bos tim Mercedes,Toto Wolff dalam pernyataannya menjelang Grand Prix Jer­man, Jumat (20/7).

Bottas saat ini menduduki peringkat ke­lima di kejuaraan, tertingal 59 poin, di bela­kang Hamilton yang menduduki peringkat kedua, dan belum memenangi satu bala­pan pun di musim ini.

Namun, dia telah finis di peringkat ke­dua sebanyak empat kali. Hamilton telah memenangi tiga balapan dan tertinggal de­lapan poin dari pembalap Ferrari Sebastian Vettel.

Pengumuman ini sekaligus mengakhiri harapan pembalap Red Bull asal Austra­liam Daniel Ricciardo untuk membalap bagi “Silver Arrow” musim depan.

Bottas mengatakan merupakan hal yang menyenangkan untuk membuat pengu­muman di Hockenheim, sirkuit “kandang” bagi timnya dan sirkuit tempat ia meraih kemenangan balapan “single seater” pada 2007.

Sementara itu, pembalap tim Red Bull, Daniel Ricciardo, harus memulai balapan Formula 1 Grand Prix (GP) Jerman pada Minggu (22/7), di belakang baris akhir start karena menjalani hukuman pelanggaran mesin. AFP/S-2

Tampilkan Semua

Nowitzki Ukir Rekor Durasi Kontrak Terlama

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
DALLAS - Pebasket gaek, Dirk Nowitzki, mengukir rekor sejarah NBA sebagai pemain dengan durasi kontrak terlama secara berun­tun dengan satu klub. Nowitzki seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya, setuju untuk kembali memperkuat...
Selengkapnya

Dua Wakil Indonesia ke Final Singapura Open

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia memastikan dua tempat di final Singapura Open di nomor ganda campuran dan ganda putra. Hal itu terjadi seiring dengan bertemunya sesama wakil Indonesia di babak semifinal. SINGAPURA - Ganda cam­puran Indonesia memastikan...
Selengkapnya

Ambisi Nibali Juarai Tour de France 2018 Sirna

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
 L’ALPE D’HUEZ - Mantan juara Tour de France, Vincenzo Nibali, harus mengalami nasib sial setelah tersingkir dari persaingan dari kejuaraan balap sepeda paling bergengsi ini akibat cedera usai mengalami kecelakaan di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Jalur Benar agar Tenar

Sabtu 21/7/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Jalur untuk cepat tenar terbuka lebar. Bisa lewat mana saja: kebetulan atau keberuntungan, atau lewat jalur audisi, sayembara, festival, atau pencarian bakat yang dilakukan secara berkala.

Bahkan tingkat nasional, regional, atau internasional yang bisa diikuti oleh siapa saja. Itulah hakikat “sayembara”:terbuka lebar selebar-lebarnya untuk ikut—dan menang.

Sekadar mengingatkan, nama besar artis legendaris seperti Titiek Puspa—atau Hetty Koes Endang, muncul dari cara ini, ketika masih dinamai “Bintang Radio”, dan belum dinamai “… got talent”.

Semua terselenggara dalam dinamika yang saling menguntungkan. Peserta menemukan jalan lebar, kesempatan emas—kadang dalam arti sebenarnya, menerima “bel emas”, sehingga meloncat ke babak akhir.

Langsung tampil tanpa melalui babak penyisihan. Semua diuntungkan karenanya: karena acara itu menjadi tontonan, disiarkan, dan iklan masuk menumpuk. Termasuk salah satu bentuk audisi itu ialah Kontes Dangdut Indonesia atau KDI.

Pencarian bakat penyanyi dangdut ini diorganisir sebuah stasiun televisi, sehingga lebih terjamin kelangsungannya. Namun ada kasus kecil.

Seorang peserta, gadis, 16 tahun, masuk ke ruang audisi disuruh keluar lagi sebelum menyanyi karena dinilai oleh para juri penampilannya kurang layak. Kurang layak bagi juri Benigno, Iis Dahlia, Trie Utami itu adalah kurang menempelkan bedak, lisptik, dan pakaian yang pantas.

Gadis desa itu kehilangan hak untuk dinilai karena keluar dari ruangan testing sebelum menyanyi. Insiden itu sempat membuat heboh, disambar media sosial… dan viral karenanya.

Konon Waode Sofia, nama pelajar itu, sempat didandani dengan baik, dan lolos ke babak berikutnya. Kalau benar demikian adanya, peserta itu telah menjadi bintang, telah menjadi “pusat perhatian”, telah tenar karenanya.

Menang atau kalah di penyisihan, dia akan terus diberitakan. Dan inilah sesungguhnya sisi lain dari jalan tol yang bernama audisi, festival, pencarian bakat, idola atau apapun namanya.

Dalam kasus ini, nama dewan juri di atas yang dirugikan, bahkan ada yang membandingkan dengan sikap artis Anggun C Sasmi—yang juga menjadi juri di tingkat Asia.

Yang menarik dari kasus ini adalah bahwa pencarian bibit unggul di dunia artis—penyanyi, penari, pesulap, pelawak tunggal, pemain akrobat, atau keahlian lain,-- berlangsung transparan, terbuka, dan melibatkan masyarakat untuk memberikan penilaian.

Dunia panggung hiburan lebih bisa dinikmati dibanding dunia politik, di mana kader-kader partai justru terpinggirkan, dan nama-nama artis dimajukan sebagai calon wakil partai politik. Ketenaran menjadi pesohor, tetap diperhitungkan.

Tetap menjadi modal kuat untuk dipilih, dibandingkan yang setia kepada partai dan atau dari tokoh profesional sekalipun. Nama tenar tetap diincar, karena hasilnya bisa dikatakan seketika bisa dinikmati:

menjadi juara, makin tenar lagi, dan bisa saja menjadi wakil rakyat, sambil terus meneruskan hobi yang membuat tenar. Proses terus berlangsung dan tak bisa dihentikan oleh selera juri yang sesaat.

Yang menilai audisi penyanyi dari pakaian yang dikenakan, atau dari pemerah bibir, yang tak ada kaitannya dengan suara. Kontes semacam ini menilai peserta, tapi agaknya juga nama juri.

Ada yang mengatakan bahwa kasus ini setingan belaka, rekayasa, agar rating acara naik. Kalaupun benar begitu, tiga juri ini yang sangat-sangat dirugikan imajinya.

Diruntuhkan dalam imaji sebagai tokoh dangdut yang buruk. Jangan lupa, bahkan kelas pemain bola termahal dunia, elite tanpa tanding, Neymar Jr, pun jadi ledekan dunia ketika pura-pura kesakitan. Karena sesungguhnyalah, juri akhir adalah: tetap masyarakat.

Tampilkan Semua

Fenomena Pindah Partai

Sabtu 21/7/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Demokrasi membolehkan setiap kelompok mendirikan partai politik (parpol) sesuai dengan UU. Maka, ketika keran pendirian partai dibuka pascareformasi, masyarakat banyak mendirikan partai. Era multipartai yang ditutup Presiden Soeharto...
Selengkapnya

Memaknai Hasil Pilkada Serentak

Sabtu 21/7/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pilkada 2018 secara serentak telah selesai. Hasilnya kini sudah bisa diketahui. Pilgub Jateng dimenangkan pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin dengan raihan 56,29 persen dukungan (10.362.694 suara). Sedangkan Pilgub Jawa Barat dimenangkan...
Selengkapnya

Etika Menteri “Nyaleg”

Jumat 20/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kekuasaan tak mungkin dilepas oleh siapa pun dan seperti apa pun pemegangnya. Sebab kekuasaan mendatangkan banyak kemudahan mengakses sumber-sumber ekonomi dan politik. Andai tidak dibatasi ketentuan UU, presiden mana pun akan terus...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Bank BJB Nobar "22 Menit" dengan Karyawan

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - PT Bank BJB menggelar acara nonton bareng (Nobar) film “22 Menit” bagi seluruh karyawannya di CGV Paskal 23 Mall, Bandung, Kamis (19/7). Nobar juga dihadiri sejumlah aparat kepolisian dan sutradara film.
 
"Acara nobar film “22 Menit” terjalin atas kerjasama antar bank BJB dengan Polda Jabar," ujar Dirut Bank BJB Ahmad Irfan dalam siaran pers Humas BJB , Jumat.
 
Nobar yang diselenggarakan bertepatan dengan launching resmi film tersebut, menurut Direktur Utama bank BJB Ahmad Irfan, sebagai bukti dukungan dan apresiasi bank BJB terhadap kinerja kepolisian dalam memberantas terorisme dan radikalisme di Indonesia. 
 
Melalui acara ini, bank BJB juga hendak membangun kesadaran masyarakat, dimulai dari internalnya untuk bersama-sama penegak hukum memberantas segala bentuk terorisme.
 
Selain dukungan kepada Polri, acara nobar ini juga sebagai bentuk dukungan aktif bank BJB terhadap industri film tanah air. Sejak beberapa tahun belakangan ini, bank BJB kerap menyelenggarakan acara nobar berbagai film karya anak bangsa, melalui program BJB WideSCREEN, nonton bareng, dan sebagainya.
 
Ahmad Irfan menegaskan BJB sebagai lembaga perbankan selalu peduli karya anak bangsa. Termasuk dengan turut andil mendukung pengembangan industri film tanah air, film-film tersebut di antaranya AADC 2, Warkop DKI Reborn, Kartini, The Nekad Traveller, Seteru dan lainnya. 
 
Film “22 Menit” yang disutradarai Eugene Panji dan Myrna Paramita dari Buttonijo Film ini terinspirasi dari kisah nyata polisi dalam menangani aksi teror yang terjadi pada Januari 2016 lalu, di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat.
Meski inspirasinya diambil dari kisah nyata, Eugene menegaskan bahwa “22 Menit” tidak dimaksudkan sebagai dokumentasi dari kejadian tersebut.
 
Pasalnya film ini juga dibumbui sedikit jalan cerita agar lebih menarik bagi masyarakat. Sebagaimana diungkapkan Myrna Paramita.
 
 “Kami menggunakan CGI untuk banyak adegan action di film  ini. Contohnya, adegan baku tembak antara polisi dan teroris. Lalu, karena ledakan kedai kopi dan pos polisinya beneran, kami juga harus pakai green screen untuk menggambarkan situasi Thamrin saat itu,” kata Myrna.
 
Film ini menggaet aktor ternama Ario Bayu yang berperan sebagai tokoh utama, yaitu Ardi, anggota pasukan anti terorisme kepolisian yang mempertaruhkan nyawanya demi mengamankan ibukota dari ledakan bom tersebut. Tgh
Tampilkan Semua

Dendam Cinta yang Tak Berkesudahan

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kisah pewayangan merupakan salah satu peninggalan bangsa Indonesia dari zaman dahulu yang saat ini kian terlupakan. Banyak peninggalan bersejarah yang menceritakan berbagai kisah pewayangan, mulai dari kisah Ramayana hingga...
Selengkapnya

Mewaspadai Gejala Nyeri Alih pada Tubuh

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Penyakit pembuluh darah seperti stroke dan hipertensi juga masih berada dalam kategori yang sama, dan seiring majunya perkembangan...
Selengkapnya

Harry Styles Sisihkan Keuntungan Konser untuk Amal

Sabtu 21/7/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sosok Harry Styles merupakan idola para remaja. Setiap konser mantan personel One Dirction itu selalu dipenuhi para penggemarnya. Ternyata, Harry tak melupakan sisi kemanusian dari setiap konsenya yang telah berjalan 10 bulan terakhir...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
Megapolitan

Kali Sentiong Harus Dikeruk

Sabtu 21/7/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pemprov DKI Jakarta dinilai masih ada waktu untuk mengeruk Kali Sentiong, kalau mau. Langkah menutup kali item dengan kain tidak akan menghilangkan bau.

 

JAKARTA - Langkah Gubenur DKI Anies R Baswedan menutup dengan kain Kali Sentiong atau Kali Item di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat dianggap bukan solusi untuk menekan tingkat pencemaran.

“Tingkat pencemarannya sudah tinggi, sehingga tidak mungkin membersihkan sungai bahkan membuat jernih dan tidak bau hanya dalam waktu singkat. Tidak cerdas juga kalau kemudian dipakai cara instans dengan menutup kali menggunakan jaring hitam,” ujar pengamat lingkungan, Nirwono Joga, di Jakarta, Jum’at (20/7).

Dalam rangka Asian Games, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ditugaskan untuk membersihkan Kali Sentiong atau Kali Item. Pasalnya, kali ini terletak dekat dengan Wisma Atlet yang mengeluarkan aroma tak sedap bagi para tamu negara peserta Asian Games. Pemprov DKI Jakarta malah melakukan penutupan kali item itu dengan jaring.

“Teknologi tersebut hanya bisa dilakukan pada lokasi terbatas, tidak bisa sepanjang kali. Sehingga, menutup kali (dengan jaring) cara instan dari gubernur saja. Sebenarnya, kalau mau, masih cukup waktu meski terbatas, untuk bergotong royong membersihkan atau mengeruk Kali Sentiong,” katanya.

Dia menganggap, kegiatan membersihkan kali harus dilakukan secara berkelanjutan baik ada atau tidak adanya Asian Games. Selama ini, ungkapnya, program kali bersih hanya sebatas kegiatan seremonial belaka. Tidak sedikit pabrik besar maupun rumahan yang selalu membuang limbah langsung ke sungai.

Menjelang Asian Games nanti, lanjutnya, Pemprov DKI Jakarta bisa melakukan beberapa langkah efektif untuk menurunkan polutan di Kali Sentiong. Salah satunya dengan menghentikan sementara operasi pabrik di sepanjang kali selama Asian Games. “Semua pabrik yang membuang limbah ke Kali Sentiong dihentikan sementara proses produksinya sebelum dan selama Asian Games. Juga, seluruh SKPD terkait seperti dinas sumber daya Air, dinas lingkungan hidup, dinas kehutanan bekerja bakti membersihkan kali serta menata atau mendekorasi kali,” jelasnya.

Ke depan, tegasnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus berani memindahkan semua pabrik atau industri rumah tangga yang selama ini membuang limbahnya langsung ke kali. Dia meminta, pembuangan limbah harus dilakukan secara terpisah dari saluran air kota. Tapi langsung diolah ke tempat pengolahan air limbah. Sehingga, kualitas air kali di Jakarta akan lebih bersih dan bebas polutan.

 

Hindari Bau

Anies mengatakan pemasangan jaring tipis untuk menutupi Kali Item di belakang Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat untuk mengurangi penguapan.

“Saya yang instruksikan, setelah saya berdiskusi dengan beberapa orang pakar. Salah satu caranya dengan mengurangi proses penguapan dari sungai itu, dengan kain penutup, sehingga tidak terjadi proses evaporasi,” kata Anies.

Dengan penguapan dikurangi maka harapannya nanti dari hilir sudah dikurangi potensi polutannya, dicegah di lokasi yang ada, dikurangi pencahayaan panas matahari sehingga mengurangi evaporasi.

“Harapannya tidak tercium. Tetapi bukan berarti problemnya langsung selesai karena sudah menahun di situ,” kata Anies.

Anies juga membenarkan bahwa air yang mengalir ke sana polusinya tinggi sampai kalinya disebut Kali Item dan hal ini sudah bertahun-tahun warnanya hitam. “Tapi bukan hanya warnanya, aromanya juga,” katanya.

Disamping Kali Sentiong ini, ada kompleks Wisma Atlet yang kebetulan cafetarianya berlokasi di halaman yang dekat dengan sungai, katanya.

Oleh karenanya, jelasnya, pada waktu - waktu tertentu utamanya siang - sore ketika sungai mengalami penguapan, maka aroma dari sungai itu terhembus angin dan tercium di lingkungan.

 

pin/P-5

Tampilkan Semua

Bandara Soetta Lakukan Digitalisasi Sistem Keamanan

Sabtu 21/7/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Operasional petugas Airport Security di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, kini termonitor secara digital dengan sistem berbasis web. Rencananya, website ini akan diluncurkan 1 Agustus...
Selengkapnya

Oldy dan Seniman Prancis Berkolaborasi di CFD

Sabtu 21/7/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Seniman Indonesia Olderplus alias Oldy Jurakli akan berkolaborasi dengan seniman Prancis Mademoiselle Maurice menggelar pentas seni jalanan di arena hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) Jakarta, pada Minggu (22/7)...
Selengkapnya

Belasan Orang Keracunan CO2 di Kelapa Gading

Sabtu 21/7/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Belasan warga diduga mengalami keracunan gas karbondioksida (CO2) akibat pemboran saluran air di Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Jumat (20/7) Kasudin Damkar Jakarta Utara Satriadi Gunawan mengatakan petugas mengevakuasi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Menteri yang Maju Jadi Caleg Tak Ganggu Tugas Kementerian

Kamis 19/7/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) 2019-2024 berakhir pada Selasa (17/7). Sejumlah menteri Kabinet Kerja mencalonkan diri, seperti Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yang juga kader PDIP, Menkumham Yasonna Laoly, menteri dari PKB hingga salah satu staf khusus Presiden Johan Budi pun ikut maju caleg dari PDIP.

 

Untuk mengetahui apa yang harus dilakukan pejabat publik yang maju menjadi caleg, Koran Jakarta mewawancarai Sekertaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (17/7). Berikut petikannya.


Apakah Anda sudah diberitahu menteri yang maju caleg?


Memang beberapa menteri sudah menyampaikan untuk menjadi caleg.


Apa pencalonan ini tidak mengganggu tugasnya sebagai menteri?


Ini (menteri) kemudian oleh presiden diberi izin karena memang beberapa menteri akan jadi pengumpul suara bagi partai yang bersangkutan.

Misalnya Mbak Puan (Maharani) di dapil Solo, suara Mbak Puan pada waktu pileg lalu hampir 400.000. Artinya 2 kursi sendiri sehingga kalau tidak maju suara itu akan sangat disayangkan.


Jadi, menteri yang maju caleg harus mengajukan izin cuti saja?


Presiden telah memberikan arahan bagi siapapun menteri yang akan maju tetap memprioritaskan tugas utama dan mereka diizinkan melakukan sosialisasi di dapil masing-masing hanya pada saat Sabtu dan Minggu sehingga tidak mempengaruhi kerja yang bersangkutan.


Menteri dikasih waktu turun dapil hanya Sabtu dan Minggu saja?


Karena mereka sudah dikenal di dapilnya apalagi yang maju ini sebelumnya pernah maju di periode sebelumnya.

Bahkan ada yang sudah dua kali, tiga kali. Kalau di internal PDIP seperti mbak Puan, Yasonna diizinkan, tapi ada beberapa menteri yang tidak diizinkan seperti saya dan Mendagri karena tugas sehari-hari tak memungkinkan untuk ditinggalkan.

Memang kan Menesneg, Seskab itu melekat dengan presiden.


Selain itu, kira-kira siapa lagi menteri yang tidak diizinkan?


Kemudian juga menteri keuangan, menteri dalam negeri, menteri luar negeri, menteri pertahanan adalah portofolio yang susah untuk ditinggalkan.

Tetapi beberapa menteri yang lain, kebetulan ada beberapa dari PKB (tiga), kemudian Nasdem tidak ada. PPP antara iya dan tidak karena Menag sedang konsentrasi untuk haji sehingga beliau tidak. Itulah beberapa menteri yang mencalonkan.


Apa tanggapan majunya Stafsus Presiden, Johan Budi maju menjadi caleg dari PDIP?


Pak Johan Budi telah meminta izin ke presiden dan telahdi izinkan karena baik pak Johan maupun PDIP (setuju) maju dari dapil VII Jatim. Kenapa kemudian presiden izinkan karena kebutuhan baik partai dan pak Johan sendiri.


Nanti Johan mundur atau hanya sekedar cuti?


Nanti statusnya sama dengan menteri tidak ada perbedaan. Siapapun yang maju dan dapat izin dari presiden perlakuannya sama.


Alasan PDIP menggaet Johan?


Johan Budi nama yang cukup representatif, namanya cukup baik di publik. Saat yang lalu juga ada usulan internal Johan untuk jadi Cagub-Cawagub Jatim. Suara-suara itu ditangkap struktural partai. m umar fadloli/AR-3

Tampilkan Semua

Banyak Parpol Kesulitan Unduh dan Isi Formulir Pendaftaran Caleg

Rabu 18/7/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Bawaslu masih menemukan masih banyak kendala yang dialami partai politik terutama dalam mengunduh formulir dan memasukkan data calon dalam sistem informasi pencalonan (Silon).   Jajaran Bawaslu di seluruh provinsi sudah siap...
Selengkapnya

Perang Melawan Narkoba adalah Perang Semesta

Senin 16/7/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Hasil survei Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia tahun 2017 menunjukkan angka prevalensi penyalahgunaan narkoba mencapai angka 3.376.115 orang atau sebesar 1,77 persen dari...
Selengkapnya

Agar Kredit Tidak Mahal, Bank Dituntut Efisien

Jumat 13/7/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) awal bulan ini mengeluarkan kebijakan pelonggaran makroprudensial dalam bentuk ketentuan Loan to Value/Financing to Value (LTV/FTV) Ratio dari fasilitas kredit/pembiayaan perumahan dengan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Jalur Benar agar Tenar

Sabtu 21/7/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Jalur untuk cepat tenar terbuka lebar. Bisa lewat mana saja: kebetulan atau keberuntungan, atau lewat jalur audisi, sayembara, festival, atau pencarian bakat yang dilakukan secara berkala.

Bahkan tingkat nasional, regional, atau internasional yang bisa diikuti oleh siapa saja. Itulah hakikat “sayembara”:terbuka lebar selebar-lebarnya untuk ikut—dan menang.

Sekadar mengingatkan, nama besar artis legendaris seperti Titiek Puspa—atau Hetty Koes Endang, muncul dari cara ini, ketika masih dinamai “Bintang Radio”, dan belum dinamai “… got talent”.

Semua terselenggara dalam dinamika yang saling menguntungkan. Peserta menemukan jalan lebar, kesempatan emas—kadang dalam arti sebenarnya, menerima “bel emas”, sehingga meloncat ke babak akhir.

Langsung tampil tanpa melalui babak penyisihan. Semua diuntungkan karenanya: karena acara itu menjadi tontonan, disiarkan, dan iklan masuk menumpuk. Termasuk salah satu bentuk audisi itu ialah Kontes Dangdut Indonesia atau KDI.

Pencarian bakat penyanyi dangdut ini diorganisir sebuah stasiun televisi, sehingga lebih terjamin kelangsungannya. Namun ada kasus kecil.

Seorang peserta, gadis, 16 tahun, masuk ke ruang audisi disuruh keluar lagi sebelum menyanyi karena dinilai oleh para juri penampilannya kurang layak. Kurang layak bagi juri Benigno, Iis Dahlia, Trie Utami itu adalah kurang menempelkan bedak, lisptik, dan pakaian yang pantas.

Gadis desa itu kehilangan hak untuk dinilai karena keluar dari ruangan testing sebelum menyanyi. Insiden itu sempat membuat heboh, disambar media sosial… dan viral karenanya.

Konon Waode Sofia, nama pelajar itu, sempat didandani dengan baik, dan lolos ke babak berikutnya. Kalau benar demikian adanya, peserta itu telah menjadi bintang, telah menjadi “pusat perhatian”, telah tenar karenanya.

Menang atau kalah di penyisihan, dia akan terus diberitakan. Dan inilah sesungguhnya sisi lain dari jalan tol yang bernama audisi, festival, pencarian bakat, idola atau apapun namanya.

Dalam kasus ini, nama dewan juri di atas yang dirugikan, bahkan ada yang membandingkan dengan sikap artis Anggun C Sasmi—yang juga menjadi juri di tingkat Asia.

Yang menarik dari kasus ini adalah bahwa pencarian bibit unggul di dunia artis—penyanyi, penari, pesulap, pelawak tunggal, pemain akrobat, atau keahlian lain,-- berlangsung transparan, terbuka, dan melibatkan masyarakat untuk memberikan penilaian.

Dunia panggung hiburan lebih bisa dinikmati dibanding dunia politik, di mana kader-kader partai justru terpinggirkan, dan nama-nama artis dimajukan sebagai calon wakil partai politik. Ketenaran menjadi pesohor, tetap diperhitungkan.

Tetap menjadi modal kuat untuk dipilih, dibandingkan yang setia kepada partai dan atau dari tokoh profesional sekalipun. Nama tenar tetap diincar, karena hasilnya bisa dikatakan seketika bisa dinikmati:

menjadi juara, makin tenar lagi, dan bisa saja menjadi wakil rakyat, sambil terus meneruskan hobi yang membuat tenar. Proses terus berlangsung dan tak bisa dihentikan oleh selera juri yang sesaat.

Yang menilai audisi penyanyi dari pakaian yang dikenakan, atau dari pemerah bibir, yang tak ada kaitannya dengan suara. Kontes semacam ini menilai peserta, tapi agaknya juga nama juri.

Ada yang mengatakan bahwa kasus ini setingan belaka, rekayasa, agar rating acara naik. Kalaupun benar begitu, tiga juri ini yang sangat-sangat dirugikan imajinya.

Diruntuhkan dalam imaji sebagai tokoh dangdut yang buruk. Jangan lupa, bahkan kelas pemain bola termahal dunia, elite tanpa tanding, Neymar Jr, pun jadi ledekan dunia ketika pura-pura kesakitan. Karena sesungguhnyalah, juri akhir adalah: tetap masyarakat.

Tampilkan Semua

Niniek Kun Naryatie

Sabtu 21/7/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia bertekad meningkatkan kerja sama bilateral dengan negara-negara yang ada di kawasan Amerika Latin, khususnya Argentina, Paraguay, dan Uruguay. Kerja sama bidang ekonomi dan perdagangan menjadi prioritas agar dapat memberikan...
Selengkapnya

Ilmuwan Kembangkan Robot Berstruktur Sensitif

Sabtu 21/7/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Para peneliti Cornell University telah mengembangkan sebuah prototipe robot yang dapat mengekspresikan kondisi ‘emosi’. Ekspresi mesin ini dilakukan melalui perubahan pada permukaan luar mereka yakni melalui perubahan pada...
Selengkapnya

Tes Tanah untuk Deteksi Kebutuhan Nitrogen

Sabtu 21/7/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tanah yang sehat berkontribusi pada tanaman yang sehat. Salah satu nutrisi penting untuk produksi tanaman yang kuat adalah nitrogen. Namun sebagian besar tes rutin yang dilakukan di laboratorium pengujian tanah komersial tidak mengukur...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta