Koran Jakarta | April 29 2017

Pemerintah Masih Kejar Piutang 22 Obligor BLBI

Sabtu 29/4/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Penagihan piutang disertai bunga sesuai dengan kesepakatan yang dibuat sebelumnya. KPK semestinya juga mulai mengusut debitor BLBI yang memiliki tunggakan terbesar. Penagihan piutang disertai bunga sesuai dengan kesepakatan yang dibuat sebelumnya. KPK semestinya juga mulai mengusut debitor BLBI yang memiliki tunggakan terbesar. ...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
Nasional

Pemerintah Masih Kejar Piutang 22 Obligor BLBI

Sabtu 29/4/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Penagihan piutang disertai bunga sesuai dengan kesepakatan yang dibuat sebelumnya. KPK semestinya juga mulai mengusut debitor BLBI yang memiliki tunggakan terbesar.

 

JAKARTA - Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan, menyatakan saat ini masih menangani persoalan piutang dari 22 obligor yang terkait dengan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).
“Pokoknya, 22 obligor yang ditangani Kemenkeu,” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani, di Jakarta, Jumat (28/4).


Namun, dia enggan membeberkan lebih rinci proses penyelesaian kasus 22 obligor BLBI yang ditangani oleh Kementerian Keuangan itu.


Sebelumnya, Menkeu menegaskan kasus BLBI sebenarnya telah sering disampaikan kepada kejaksaan, kepolisian, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga penegak hukum tersebut juga diberikan seluruh data yang diperlukan untuk memburu dan menindak obligor BLBI yang belum memenuhi kewajibannya.


“Karena hingga saat ini tidak ada iktikad baik dari pada obligor ini untuk memenuhi kewajiban tersebut maka aparat hukum harus mengejar dan menangkap mereka. Itu (piutang) disertai dengan bunganya karena ini (kasus BLBI) kan kejadiannya sudah lama,” kata Sri Mulyani, Rabu (26/4).


Secara terpisah, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu, Sonny Loho, menambahkan jumlah total piutang yang sedang dikejar oleh Kementerian Keuangan dari 22 obligor tersebut mencapai 31 triliun rupiah.


“Itu yang masih kita urus, yang dulu waktu dilimpahkan, belum selesai. Itu diurusnya di Kemenkeu, ada yang kerja sama dengan kejaksaan dan kepolisian,” jelas dia.


Sonny memastikan proses penagihan piutang itu terus berjalan sesuai ketentuan hukum yang berlaku, termasuk melalui prosedur audit untuk menghindari terjadinya sengketa.


“Kalau masih ada perkara hukum, kita beresi dulu. Kadang-kadang ada yang berpendapat mereka tidak ada utang lagi, tapi menurut kita, masih ada. Ini masih diusahakan terus,” ungkap dia.


Pada Desember 1998, Bank Indonesia (BI) menyalurkan BLBI sebesar 147,7 triliun rupiah kepada 48 bank. Namun, hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebutkan dari 147,7 triliun rupiah dana BLBI yang dikucurkan itu, sebesar 138,7 triliun rupiah dinyatakan merugikan negara.


Sementara itu, hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menemukan penyimpangan sebesar 54,5 triliun rupiah dari 42 bank penerima BLBI. BPKP menyimpulkan 53,4 triliun rupiah dari penyimpangan itu terindikasi korupsi dan tindak pidana perbankan.


Biang Kerusakan


Sejumlah kalangan menilai obligasi rekapitalisasi perbankan eks BLBI merupakan sumber utama atau biang kerusakan struktural keuangan negara yang akhirnya memicu masalah struktural bangsa, yakni kemiskinan dan kesenjangan.


Pengamat Ekonomi Universitas Atmajaya Jakarta, Ahmad Iskandar, mengatakan pemerintahan saat ini akan sulit melewati masalah keuangan negara tanpa segera menghentikan pembayaran bunga obligasi rekap sekitar 70 triliun rupiah setiap tahun.


Sebab, lanjut dia, bunga obligasi rekap yang juga dibayar dengan penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) selama 19 tahun itu membuat hampir 75 persen utang negara, yang kini mencapai hampir 3.700 triliun rupiah, berasal dari beban utang BLBI tersebut.


Oleh karena itu, menurut Iskandar, melalui moratorium pembayaran bunga obligasi rekap dan menuntaskan semua kasus tunggakan debitor BLBI maka negara akan mampu memperbaiki kerusakan tersebut.


Ia menambahkan kini publik mengapresiasi dan menaruh harapan pada KPK yang telah meningkatkan status dugaan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) BLBI ke tahap penyidikan berikut menetapkan tersangkanya.


Iskandar juga mengingatkan agar KPK juga memberikan penjelasan kepada publik yang kini mempertanyakan, mengapa baru sekarang kasus itu kembali diungkap, dan siapa sebenarnya target utamanya.


“Publik mengharapkan agar penyidikan kasus BLBI benar-benar tuntas, KPK semestinya berani mengusut semua pengemplang BLBI dimulai dari debitor yang terbesar. Dari data kan terlihat siapa yang terbesar,” tukas dia. ahm/YK/WP

Tampilkan Semua

Hak Angket Hambat Penanganan Kasus Korupsi E-KTP

Sabtu 29/4/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
Hak angket yang awalnya bertujuan untuk membuka rekaman pemeriksaan anggota DPR, Miryam S Haryani, kini melebar ke persoalan lain.   JAKARTA — Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, mengatakan usul hak...
Selengkapnya

KPK Tahan Ketua AMPG Fahd A Rafiq

Sabtu 29/4/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Fahd El Fouz alias Fahd A Rafiq. Fahd ditahan setelah menjalani pemeriksaan di Gedung KPK Jakarta, Jumat (28/4).“Ini kan baru...
Selengkapnya

Udinus Konsisten Kembangkan “Entrepreneur University”

Jumat 28/4/2017 | 07:30
A   A   A   Pengaturan Font
SEMARANG - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah, konsisten mengembangkan entrepreneur university untuk mencetak para wirausahawan. “Universitas kan harus bisa mencetak lulusan yang tangguh. Tidak harus menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
Mondial

Trump: Konflik Besar dengan Korut Mungkin Terjadi

Sabtu 29/4/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan konflik besar dengan Korea Utara (Korut) mungkin akan terjadi akibat kebuntuan solusi mengenai program nuklir dan rudalnya. Namun, dia mengaku lebih memilih perundingan diplomatik dalam mengatasi perselisihan tersebut.


“Ada kemungkinan kita bisa menghadapi konflik besar dengan Korea Utara. Tentu,” kata Trump dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Reuters, di Oval Office, menjelang 100 hari masa jabatannya, Kamis (27/4).


Trump menuturkan dia ingin menyelesaikan krisis ini secara damai dan telah menyiapkan berbagai sanksi ekonomi baru dan mencoba tidak mengambil opsi serangan militer.

“Kami ingin memecahkan masalah secara diplomatis, tapi sangat sulit,” ungkap Trump.


Pada wawancara itu, Trump juga memberikan pujian kepada Presiden Tiongkok, Xi Jinping, atas bantuannya dalam upaya mengendalikan Korea Utara. Kedua pemimpin tersebut bertemu di Florida pada awal bulan ini. “Saya percaya dia (Xi) telah berusaha keras. Dia pasti tidak ingin melihat kekacauan dan kematian.

Dia tidak ingin melihatnya, dia orang yang baik. Dia orang yang sangat baik dan saya mengenalnya dengan baik,” ujar Trump.


Pernyataan Trump tersebut diungkapkan sehari setelah dia dan Penasihat Keamanan Nasional memberi penjelasan kepada anggota parlemen AS mengenai ancaman potensial dari Korea Utara.

Selain itu, Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, juga mendorong Dewan Keamanan PBB memberikan sanksi lebih lanjut kepada Pyongyang atas program nuklir dan rudalnya.


Pejabat AS mengatakan serangan militer tetap menjadi pilihan, setelah pemerintah AS mengirim sebuah kapal induk dan sebuah kapal selam bertenaga nuklir ke perairan Korea. Namun, prospeknya kecil.

Setiap tindakan militer AS akan menanggung risiko pembalasan besar-besaran dari Korea Utara. Korban jiwa yang besar akan ditanggung oleh Jepang dan Korea Selatan dan pasukan AS yang berada di kedua negara itu.


Trump beranggapan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, telah bersikap cukup rasional. Namun, hal itu karena Kim mengambil alih negaranya di usia yang sangat dini.


“Dia berumur 27 tahun saat ayahnya meninggal, lalu mengambil alih sebuah rezim. Jadi, itu tidak mudah, terutama pada usia itu. Saya tidak memberinya hujatan atau pujian. Saya hanya mengatakan itu hal yang sangat sulit dilakukan. Mengenai apakah dia rasional atau tidak, saya tidak memiliki pendapat mengenai hal itu, saya harap dia rasional,” ungkap Trump.


Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, mengatakan pemerintah Tiongkok telah meminta pemerintah Korea Utara agar tidak lagi melakukan uji coba nuklir. Beijing telah memperingatkan Pyongyang bahwa negara itu akan terkena sanksi unilateral jika nekat terus menjalankan program-program senjata nuklir dan misilnya.


“Kami diberitahu oleh pemerintah Tiongkok bahwa jika Korut melakukan uji coba nuklir lagi maka Pemerintah Tiongkok akan memberikan sanksi kepada mereka,” kata Tillerson tanpa merinci sanksi seperti apa yang dimaksud dan kapan persisnya Beijing membuat ancaman seperti itu. Rtr/uci/AR-2

Tampilkan Semua

Kunjungan Paus ke Mesir Bawa Misi Perdamaian

Sabtu 29/4/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
KAIRO - Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus, tiba di ibu kota Mesir, Kairo, Jumat (28/4), untuk mengawali kunjungan dua hari dengan agenda membawa pesan damai. Kunjungan bersejarah ini dimaksudkan untuk memperbaiki hubungan...
Selengkapnya

AL Tiongkok Siap Berperan Global

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Peluncuran kapal induk buatan dalam negeri pertama jadi tonggak sejarah bagi pembangunan kekuatan militer Tiongkok, di tengah ambisi untuk melindungi kepentingan di luar negeri serta berperan aktif secara global. BEIJING –...
Selengkapnya

Aktivis Russia Pakai Aplikasi Medsos Agar Terhindar dari Bui

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MOSKWA – Para aktivis antipemerintah Russia yang kerap jadi incaran tangkapan polisi, kini bisa bernafas lega setelah ada aplikasi media sosial yang membantu mereka terhindar dari kungkungan penjara. Hanya dengan membekali diri...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

HUT KORAN JAKARTA KE 9

Jumat 28/4/2017 | 09:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Emiten Gas Industri Emisi Obligasi Rp400 Miliar

Jumat 28/4/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII), menerbitkan obligasi konvensional dan sukuk ijarah sebesar 400 miliar rupiah. Emisi surat utang tersebut merupakan bagian dari skema Penawaran Umum Berkelanjutan I (PUB I) melalui...
Selengkapnya

Laba Emiten Bank Meningkat

Jumat 28/4/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Peningkatan laba bersih sejumlah emiten perbankan ditopang oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih dan premi bersih. JAKARTA – Kinerja beberapa emiten perbankan pada triwulan- I 2017 tercatat membaik. Bahkan, beberapa bank...
Selengkapnya

DMAS Catatkan Kontribusi Segmen Komersial

Jumat 28/4/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
CIKARANG – Pengembang kawasan industri, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), mulai mencatatkan kontribusi dari segmen komersial terhadap pendapatan Perseroan. Hal ini sejalan dengan upaya Perseroan untuk mendiversifikasi pendapatan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Banyak Daerah Tak Fokus Membangun

Jumat 28/4/2017 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Kendala utama yang dihadapi daerah masih seputar tentang pemerataan, keadilan, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas. Karena itu yang harus didorong adalah bagaimana daerah bisa lebih fokus dalam merumuskan serta merancang program pembangunannya. Sebab banyak program pembangunannya di daerah yang tidak dapat fokus. “Sangat penting itu skala prioritas, mengurangi ketimpangan, kemiskinan dan angka pengangguran,” kata Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Kamis (27/4). Menurut Tjahjo, terkait pembangunan di daerah, arahan Presiden Jokowi sangat jelas.

Presiden minta, antara pemerintah pusat dan daerah bisa terbangun sebuah sinergi. Hal itu sangat penting untuk membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. Arahan kepala negara lainnya, daerah harus mempercepat reformasi birokrasi, dan memperkuat otonomi daerah. “Kalau merujuk pada catatan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) dari 543 Pemda, masih ada 178 Pemda yang arah pembangunannya tidak fokus.

Ini yang akan kita dorong terus supaya fokus,” kata Tjahjo. Sayang saat ditanya daerah mana saja yang arah pembangunannya tidak fokus, Tjahjo enggan menyebutkannya. Namun memang ada daerah yang seperti itu. Setidaknya itu yang dicatat Kemenpan. “Ya jangan sebutlah. Tapi di Menpan ada juga, ini kita dorong supaya lebih fokus, lebih efektif, lebih terbuka dengan e-government , kurangi rawan korupsi, bisa kurangi hambatan yang ada sehingga penyerapan lebih maksimal,” ujarnya.

Kepada daerah yang belum maju, Tjahjo juga meminta agar tidak malu-malu untuk mencontek atau meniru kepada daerah yang sudah maju. Misalnya daerah yang belum menerapkan e-planning, e-budgeting, e-catalog atau sistem pelayanan publik elektronik lainnya bisa berguru kepada daerah seperti Surbaya, Bandung atau DKI Jakarta. Dan jika ingin belajar bagaimana menggenjot dunia pariwisata, bisa belajar ke Banyuwangi. “Jangan malu-malu daerah untuk meniru.

Di Jawa Timur, sudah ada Surabaya, Banyuwangi dan Sidoarjo. Temanteman dari daerah lain bisa belajar pengalaman,” katanya. Tjahjo pun menekankan tentang pentingnya e-planning. Kata dia, hendaknya semua daerah menerapkan itu. Sehingga lewat e-planning, arah pembangunan bisa dirumuskan dengan fokus. Dan, dengan begitu jelas skala prioritasnya. “Saya ingin fokuskan tadi. Untuk gunakan e-planning. Jangan malu tiru Surabaya, Sidoarjo dan Banyuwangi, ini kan mempercepat bagaimana pemerintah melayani masyarakat. Itu yang jadi arahan Pak Presiden. Kalau percepat, tingkat serapannya bagus, memperkuat otonomi daerah,” tuturnya. ags/AR-3

Tampilkan Semua

Daerah Semangat Unjuk Potensi di Apkasi Otonomi Expo 2017

Selasa 25/4/2017 | 06:40
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Jelang pelaksanaan kegiatan tahunan Apkasi Otonomi Expo 2017 yang merupakan gelaran untuk ke-13 kalinya, Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) serius mempersiapkan diri. Hal ini dilakukan dengan...
Selengkapnya

Selamatkan Ekonomi Riau dengan Pariwisata

Senin 27/3/2017 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font
Akibat bergantung pada komoditas minyak dan gas (Migas) serta perkebunan yang harga komoditas dari kedua sektor itu terus turun, sejak 2015, Riau mengalami keterlambatan ekonomi. Untuk mengatasinya, Provinsi Riau mencoba mengaktifkan...
Selengkapnya

Pergub DIY Taksi “Online” Segera Diterbitkan

Senin 20/3/2017 | 07:20
A   A   A   Pengaturan Font
Dalam dua minggu terakhir pemberitaan mengenai pelarangan taksi online di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) cukup menyita perhatian publik. Pemicunya salah satunya adalah pernyataan Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY, Gatot Saptadi yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

"Township" Kian Strategis Berkat Akses Tol

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Akses Tanjung Priok sepanjang 11,4 Km. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek ini sempat tertunda penyelesaiannya akibat pembebasan tanah yang sulit dan pembongkaran 69 tiang beton yang tidak memenuhi standar mutu sesuai rencana.

Jalan Tol akses Tanjung Priok ini merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan tersambung dengan Jalan Tol Dalam Kota yakni di Seksi North South (NS) yang akan menghubungkan lalu lintas dari JORR ke Cawang, Pluit, dan juga langsung ke pelabuhan.  

Sebagai penanda beroperasinya akses Jalan Tol Tanjung Priok sendiri telah diresmikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Sabtu,15 April 2017.

Perumahan skala kota (township) Jakarta Garden City seluas 370 hektar, yang dikembangkan PT Mitra Sindo Sukses, anak perusahaan dari PTModernland Realty Tbk. di Jl Raya Cakung-Cilincing, exit tol Cakung Timur, Jakarta Timur menyambut baik dioperasikanya Jalan Tol Akses Tanjung Priok. 

Pasalnya, lokasi Jakarta Garden City berada tepat di sebelah Jalan Tol Akses Tanjung Priok. Saat ini, melalui tol, Jakarta Garden City, bisa diakses melalui exit tol Cakung Timur tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Sami Miettinen, Managing Director, Urban Development, Modernland Realty mengatakan, dengan beroperasinya Jalan Tol Akses Tanjung Priok maka Jakarta Garden City semakin mudah dan cepat diakses. Selain itu penghuni Jakarta Garden City juga akan semakin mudah dalam melakukan aktifitasnya menuju pusat kota Jakarta. 

“Dengan beroperasinya Jalan Tol Akses Tanjung Priok kami optimis Jakarta Garden City akan semakin diminati sebagai tempat tinggal dan perkembangan Jakarta Garden City akan semakin cepat,” ujar Sami. Modernland Realty, kata Sami, optimistis permintaan properti di Jakarta Garden City akan terus meningkat di masa datang. 

Terlebih Jakarta Garden City menawarkan peningkatan kualitas hidup bagi penghuninya dengan penambahan berbagai fasilitas penunjang. Dengan bertambahnya fasilitas penunjang ini, berbagai kebutuhan hidup akan tersedia di kawasan Jakarta Garden City sehingga akan menjadi pendorong bagi perkembangan Jakarta Garden City.

Saat ini pusat perbelanjaan AEON Mall Jakarta Garden City yang dibangun PT. AEON MALL Indonesia saat ini telah memasuki tahapan penyelesaian akhir (finishing), dengan target operasional dibuka untuk umum (opening) pada Oktober 2017 mendatang.

Berdiri di atas lahan seluas 8,5 hektar, AEON MALL Jakarta Garden City memiliki luas bangunan135.000 m2 dengan total area bersih yang akan disewakan (Nett Lease Area-NLA) sebesar 60.000 m2 dan total parkir yang mampu menampung kendaraan sebanyak 3.000 lot. Terdiri atas 4 lantai ruang ritel yang dapat merangkum hingga 200 tenan.

Beberapa tenan yang hadir berasal dari Jepang, termasuk AEON General Merchandising Store yang menjadi penyewa utama. Adapun, beberapa tenan lainnya menawarkan produk-produk berupa fashion, sepatu, pakaian olahraga, cinema, salon, tempat–tempat kursus, area bermain untuk anak-anak, pusat hiburan serta food court.

Fasilitas lainnya yang akan segera dibangun di Jakarta Garden City adalah Mayapada Hospital. Rumah sakit ini akan dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar, terdiri atas 6 lantai plus basementdengan luas bangunan 17,095 m2.

Sejumlah fasilitas telah dibangun di Jakarta Garden City, antara lain Club House yang merangkum gym,kolam renang olympic size, children playground,children pool, lapangan basket, lapangan tenis, ECO park seluas 1,2 Ha serta ballroom. Selain itu terdapat Modern Market, Sekolah Global Mandiri (TK-SMA) yang berbasis National Plus dan Golden Baby School.

Jakarta Garden City juga baru mendapat tambahan fasilitas baru yaitu Food Garden. Fasilitas yang menyediakan beragam kuliner tersebut tak hanya bisa dinikmati bagi semua warga Jakarta Garden City, namun juga bagi warga di luar Jakarta Garden City.


Sami mengatakan, Jakarta Garden City merupakan kawasan one stop living karena memiliki fasilitas lengkap, dan merupakan kawasan sunrise property karena kawasan ini sedang berkembang dan terus membangun, sehingga akan menghasilkan investasi tinggi di masa depan. Untuk itulah Jakarta Garden City semakin mantap mengembangkan kawasannya.


Saat ini adalah time to buy  properti di kawasan sunrise property Jakarta Garden City yang nilai propertinya akan terus meningkat di masa depan, dimana masih ada kesempatan memiliki rumah di dalam kota Jakarta dan Jakarta Garden Cty memiliki land bank terbesar. 

"Apalagi dengan adanya kebijakan tax amnesty, paling tepat adalah berinvestasi properti di Jakarta Garden City. Kami akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan akan selalu memegang komitmen, seperti serah terima tepat waktu,” papar Sami. yun/E-6

 

Tampilkan Semua

Geliat Desain Ruang Sewa

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keterbukaan wilayah membuat rumah tidak sekadar tempat tinggal. Kamar-kamar disewakan untuk memenuhi kebutuhan pelancong yang menginginkan tempat tinggal bersuasana lokal. Alhasil, sejumlah kamar di desain khusus untuk mengakomodir tamu...
Selengkapnya

E-Retribusi Permudah KPR BTN Mikro

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menindaklanjuti Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Pemerintah Kota Surakarta pada tanggal 1 Oktober 2016 lalu dalam penerapan sistem penarikan retribusi secara elektronik, atau e-retribusi, PT Bank Tabungan Negara (BTN) memperluas...
Selengkapnya

Konsep Interaktif Arsitektur di Ruang Publik

Jumat 21/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ruang Terbuka Hijau yang diolah menjadi ruang publik dapat meminimalkan prilaku kriminal. Interaksi antar warga di ruang publik akan mengurangi saling mencurigai antara satu dengan yang lainnya. “Kalau ruang terbuka hijau bersifat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Android O Belum Bebas "Ransomware"

Kamis 27/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Android O memiliki pertahanan kuat dari ransomware yang menggunakan window peringatan sistem. Namun demkian, fitur-fitur baru ini tidak akan mampu menangkal ancaman ransomware jenis lain. Kondisi ini menyebabkan penjahat tetap dapat mengunci dengan menggunakan window-window level pengguna.

Android menjadi sistem operasi yang paling rajin mengeluarkan OS terbaru mereka. Setelah Nougat, Android bakal meluncurkan sistem operasi O kelanjutan dari N sesuai alphabet. Android ini memiliki beberapa fitur dan update baru, dan salah satunya kemampuan menghindari serangan virus ransomware

Namun menurut informasi dari Symantec salah satu update tersebut berdampak langsung terhadap ancaman-ancaman ransomware Android. Ransomware yang menggunakan windows bertipe sistem tidak akan lagi berfungsi pada perangkat sistem operasi mobile terbaru dari Google ini.

Android O telah menolak jenis-jenis window seperti TYPE_SYSTEM_ALERT, TYPE_SYSTEM_ERROR dan    TYPE_SYSTEM_OVERLAY. Pada Android O, bahkan jika malware mengeluarkan window TYPE_SYSTEM, pengguna dapat mematikan langsung pengaturan sistem dari bagian atas layar dan “mematikan” aplikasi yang menyebabkan masalah tersebut.

Seperti saat peluncuran Android Marshmallow (6.0), salah satu teknik paling umum yang digunakan oleh ransomware Android adalah untuk mengeluarkan window level sistem dengan menggunakan salah satu jenis window yang disebut di atas. 

Ransomware Android menarik window tersebut agar layar yang terkunci muncul di atas semua window lainnya yang ada pada perangkat tersebut. Dengan demikian  secara efektif menyebabkan perangkat tidak dapat digunakan sampai uang tebusan dibayarkan. 

“Kemampuan ini, jika dikombinasikan dengan fungsi-fungsi auto start yang didukung oleh layanan background yang bertugas untuk memantau eksekusi berkesinambungan dari malware ini, telah menjadi masalah bagi para pengguna Android,” demikian tulis Symantec Jumat (21/4).

Perlu diketahui bahwa meskipun fitur-fitur OS baru telah terbukti sebagai pertahanan yang baik terhadap jenis-jenis ransomware yang menggunakan window peringatan sistem. Fitur-fitur baru ini tidak akan mempengaruhi ancaman-ancaman ransomware lainnya, seperti jenis ransomware yang terus-menerus memunculkan layar terkunci dengan menggunakan window-window level pengguna.

Symantec menyarakan agar pengguna nantinya melakukan mitigasi. Caranya dengan mengikuti praktik-praktik perlindungan terbaik berikut dari ancaman-ancaman mobile, seperti  terus meng-update software, hindari mengunduh aplikasi-aplikasi yang berasal dari situs-situs yang tidak jelas, perhatikan izin-izin yang diminta oleh aplikasi-aplikasi dengan lebih cermat, dan pasang aplikasi keamanan mobile. hay/E-6

Tampilkan Semua

Memori Lega Jadi Tren Ponsel Selfie

Kamis 27/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ponsel dengan kemampuan swafoto masih menjadi daya tarik bagi konsumen. Oppo misalnya menawarkan ponsel A57 dengan julukan “Unstoppable Selfie,” yang memiliki kapasitas memori lapang untuk menampung hasil jepretan. Ponsel...
Selengkapnya

Teknologi “Storage” Kian Efisien

Kamis 27/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Software terus mengubah wajah teknologi informasi, khususnya pada data center. Setelah Software Defined Network (SDN) marak pada 2015, tren berkembang menuju Software Defined Storage (SDS). Lalu apa itu SDS? Jika dulu ruang penyimpan...
Selengkapnya

Operator Pertajam Layanan "Video Call"

Selasa 25/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Komunikasi interkatif secara langsung tidak hanya suara saja. Konsumen membutuhkan komunikasi video, yang stabil dengan akses murah. Menggunakan teknologi dari Huawei, PT Telkom Indonesia (Persero) menawarkan layanan komunikasi video....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Adu Model Terbaru di IIMS 2017

Rabu 26/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Event otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JIExpo Kemayoran akan menampilkan mobilmobil terbaru. Beberapa APM sudah menyakan bakal meluncurkan model terbaru.

Pada gelaran yang berlangsung 27 April - 7 Mei 2017, beberapa APM yang akan meluncurkan model terbaru adalah Mitsubishi, Mercerdes- Benz, Kia, Toyota, dan Suzuki. Mitsubishi misalnya akan meluncurkan Pajero Sport, Triton dan Triton Single Cabin 4X2.

“Mitsubishi akan luncurkan yaitu versi terbaru dari Pajero Sport. Lalu kami juga luncurkan versi penyegaran dari Mitsubishi Triton dan Triton single cabin 4x2,” jelas Head of PR & CSR Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Intan Vidiasari di Jakarta baru-baru ini.

Mobil-mobil dari Mitsubishi ini merupakan mobil produksi pabrik terbaru Mitsubishi di Delta Mas Cikarang yang diresmikan presiden Joko Widodo pada Selasa (25/4) kemarin. Mitsubishi Triton Facelift, dan Triton 4x2 Hi Rider akan mengalami beberapa perubahan baik dari sisi eksterior maupun interior.

Merek Korea Selatan tidak mau kalah. Pada IIMS 2017 bakal merilis akan memperkenalkan model hatchbackandalannya Kia Rio. Kia Rio yang tampil pada Paris Motor Show 2016 akan mengalami peningkatan kualitas interior dan eksterior.

General Manager Kia Mobil Indonesia (KMI), Ridjal Muljadi menjelaskan spesifikasi mobil ini masih sama dengan model sebelumnya yang dirancang untuk pasar Indonesia. “Tunggu saja. Ini full model change jadi pasti banyak ubahannya.,” katanya di Jakarta , Kamis (6/4).

Hadir dengan transmisi manual dan otomatis pada model anyar ini, sedan tanpa butut ini akan menonojolkan sisia disain, yang disesuaikan dengan jiwa anak muda sebagai pasar yang disasar.

Sementara merek Jerman Mercedes-Benz meluncurkan tiga model baru dari lini E-Class, C-Class dan GLC. Khusus E-Class, Mercedes- Benz akan meluncurkan model W213, setelah sebelumnya meluncurkan model E250 with Avantgarde Line dan kedua E300 with AMG Line.

Departement Manager Public Relations PT Mercedes- Benz Distribution Indonesia (MBI) Dennis A. Kadaruskan, mengatakan pihaknya akan meluncurkan tiga model terbaru, di hall D1 JIExpo Kemayoran. “Akan ada tiga model baru yang akan diluncurkan di IIMS 2017,” ujar dia di Jakarta baru-baru.

Ketiga mdel terbaru dari Mercy yaitu New E-Class, New GLC Coupe, dan AMG C43 Coupe. Model New E-Class merupakan sedan untuk eksekutif yang terlah dirakit di Indonesia sehingga harganya menjadi lebih murah.

Sedangkan New GLC Coupe, adalah sosok Sport Utility Vehicle (SUV) yang baru hadir di ajang Geneva Motor Show 2017. Sedan AMG C43 Coupe sendiri merupakan salah satu sedan mewah yang bisa bersaing dengan BMW 340i M Sport.

Bukan hanya merek Jepang, Eropa, dan AS yang bakal tampil di IIMS 2017. Merek India, Tata Motors akan menampilkan beberapa produk mereka terutama jenis mobil niaga yaitu Super Ace HT DLS, Xenon RX HT, dan bus LP 407.

Mobil niaga kini terus mengalami pertumbuhan, apalgi dengan jaringan diler 3S (sales, service, spare parts) dengan konsep baru yang dinamakan gerasi 3S Mini. “Gerai 3S Mini akan memberikan akses yang lebih mudah kepada pelanggan Tata Motors ke fasilitas diler,” ujar Presiden Direktur TMDI. Biswadev Sengupta, dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

Jika sebelumnya Toyota tidak begitu antusias dalam mengikuti ajang IIMS, kali ini berbeda. Toyota akan menggelar mobil dengan luas booth mencapai 1.875 meter persegi, dengan menghadirkan mobil penumpang secara lengkap. Yang akan menjadi perhatian pengunjung pada ajang ini diperkirakan adalah hadirnya Toyota New Agya, bersama saudaranya Daihatsu New Ayla dengan mesin lebih besar. Keduanya memakai mesin 3-silinder 1.0L DOHC dan 4-silinder 1.2L DOHC.

Sama dengan produk-produk Daihatsu dan Toyota terbaru mesin ini telah menggunakan dual VVT-i (Variable Valve Timing – intelligent). Mesin ini diklaim mampu membuat lebih irit hingga 30 persen. dengan getaran yang semakin berkurang.  hay/E-6

Bidik ASEAN Melalui Indonesia

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) meresmikan pabrik manufaktur baru di Indonesia, Selasa (25/4). Nilai investasi pabrik ini sebesar 65 miliar Yen (565 juta dolar AS). Pabrik ini memliki fasilitas manufaktur terbaik yang akan mempekerjakan 3.000 orang dan memiliki kapasitas produksi 160.000 unit per tahun pada kapasitas penuh.

Presiden Joko Widodo dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto hadir dalam peresmian. Turut hadir adalah Carlos Ghosn, Chairman of MMC, dan Osamu Masuko selaku CEO MMC pada pembukaan pabrik yang akan mempertegas kehadiran grup otomotif asal Jepang di Indonesia dan regional ASEAN secara lebih luas.

Pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri GIIC Deltamas, Kab. Bekasi ini mulai beroperasi setelah proses pembangunan yang berlangsung selama 2 tahun yang didukung oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) ini selesai. MMKI merupakan pabrik yang didirikan bersama oleh MMC, Mitsubishi Corporation (MC), dan PT Krama Yudha (KY) sebagai mitra di Indonesia.

Pabrik ini akan mulai memproduksi Sport Utility Vehicle (SUV) MMC yang sangat populer, Pajero Sport, kemudian dilanjutkan oleh MPV 7-seater baru dan kendaraan niaga ringan Colt L300. Pembukaan pabrik di Bekasi ini merupakan bagian dari strategi pengembangan bisnis MMC di wilayah ASEAN, dimana MMC juga memproduksi kendaraan di Thailand dan Filipina.

Rencana pengembangan perusahaan didukung oleh Nissan, yang menguasai 34 persen saham grup otomotif pada 2016 ketika MMC bergabung menjadi anggota aliansi global Renault-Nissan Alliance.

Carlos Ghosn, Chairman of MMC and the Renault-Nissan Alliance, mengatakan pabrik ini merupakan representasi kepercayaan diri kami di Indonesia, di wilayah ASEAN dan pada prospek perkembangan Mitsubishi Motors.

“Kami bangga dapat turut menciptakan lapangan kerja dan berinvestasi di salah satu wilayah dan kekuatan ekonomi terbesar yang akan menjadi basis produksi dan ekspor yang kuat untuk aliansi kami yang sedang berkembang,” kata Ghosn.

Osamu Masuko, chief executive dari Mitsubishi Motors menambahkan, “Fasilitas perakitan Bekasi merupakan simbolisasi ambisi kami untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia, dimana pabrik ini akan memproduksi kendaraan best-selling Pajero Sport dan MPV baru untuk memenuhi permintaan akan kendaraan penumpang berkualitas tinggi, tangguh dan dapat diandalkan,” katanya.

Hal ini memungkinkan MMC untuk mengembangkan porsi pasar dimana kami telah berada selama lebih dari 45 tahun. Permintaan kendaraan di Indonesia, yang merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dengan 260 juta penduduk, diprediksi dapat tumbuh lebih cepat dibandingkan ekonomi secara global.

Dengan rasio kepemilikan kendaraan bermotor 78 unit per 1.000 orang, tertinggal dari Tiongkok dan kurang dari setengah dari rasio kepemilikan di Thailand. Pengembangan bisnis MMC di Indonesia merupakan kelanjutan dari investasi untuk penambahan kapasitas produksi di Thailand dan Filipina dalam beberapa tahun terakhir, memanfaatkan pembangunan jangka panjang di wilayah ASEAN.  yun/E-6

Tampilkan Semua

Techno Sports, Ban “Stylish” Bebas Bising

Rabu 19/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk memberikan cengkraman (grip) lebih baik, tampilan dan juga, meredam kebisingan, produsen ban terus berinovasi. Bridgestone Indonesia misalnya meluncurkan produk terbaru Techno Sports dengan pola telapak sporty, daya tahan ban yang...
Selengkapnya

Fitur Sedan Premium Para Eksekutif

Rabu 19/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mobil untuk para ekseutif selain memiliki desain elegan juga dibekali teknologi, dan material terbaik. Fitur-fitur terkini wajib ada pada mobil untuk segmen eksekutif perusahaan ini. Para eksekutif memiliki beberapa merek untuk...
Selengkapnya

Honda CBR 150R Miliki Varian Baru

Rabu 19/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Honda CBR 150R menawarkan pilihan warna dan stripe terbaru untukmengakomodasi lebih banyak harapan konsumen. Warna dan stripe ini disesuaikan dengan sepeda berperforma sport dengan konsep total control ini. Dengan tema desain berkonsep...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
Olahraga

Christian Eriksen Tetap Optimistis

Sabtu 29/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Persaingan antara Tottenhan Hotspur dan Chelsea menuju gelar Liga Inggris musim ini telah memasuki babak-babak akhir. Dengan lima pertandingan tersisa, kedua tim masih memiliki peluang untuk bersaing secara terbuka.

Meski tertinggal empat poin dari Chelsea, namun gelandang Tottenham Christian Eriksen tetap memiliki keyakinan timnya mampu merebut gelar juara Liga Inggris musim ini. Pemain timnas Denmark yang menjadi pahlawan kemenangan Spurs saat mengalahkan Crystala Palace melalui gol tunggalnya tersebut mengatakan, timnya hanya butuh untuk fokus.

Tottenham masih akan menghadapi pertandingan berat menjamu Arsenal di White Hart Lane, Minggu (30/4) WIB. Namun Eriksen tetap optimistis dengan peluang tim berjuluk “Lilywhites” tersebut.

"Kami harus fokus pada diri sendiri dan tentu saja sambil berharap Chelsea kehilangan poin. Tapi bagaimanapun juga kami memiliki peluang dan kami akan memanfaatkannya,” paparnya seperti dilansir Soccerway.

“Kemenangan (atas Crystal Palace) memberikan suntikan kepercayaan diri kami menghadapi lima pertandingan terakhir. Kami harus terus bekerja keras dan mari kita lihat dimana kami berakhir,” kata dia lagi.

Eriksen tidak menampik jika Arsenal akan menjadi lawan yang sulit. “Itu akan menjadi pertandingan yang ketat, kami harus bertarung dengan baik seluruh tim termasuk para pemain cadangan. Semua orang berharap memiliki keberuntungan untuk menjaga peluang yang kami miliki,” tandasnya.  drb/S-1

 

Tampilkan Semua

Nadal dan Murray ke Perempat Final Barcelona Open

Sabtu 29/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BARCELONA-Petenis unggulan ketiga, Rafael Nadal, tetap berada di jalur untuk merebut gelar ke-10 turnamen Barcelona Terbuka. Nadal melaju ke perempat final setelah menaklukkan Kevin Anderson dengan skor 6-3, 6-4, Jumat (28/4) dini hari...
Selengkapnya

James Rodriguez Ingin Tinggal

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bintang Real Madrid asal Kolombia mungkin tak memiliki banyak waktu bermain di bawah kepemimpinan pelatih Zinedine Zidane. Namun dia kerap menjawab keraguan dengan mencetak gol ketika diturunkan. Dari 18 kali penampilannya musim ini dan...
Selengkapnya

PSG ke Final

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PARIS – Juara bertahan Paris St Germain (PSG) melaju ke final Piala Prancis setelah menyingkirkan tamunya, AS Monaco dengan kemenangan 5-0, di Parc des Princes, Kamis (27/4) dini hari WIB. Julian Draxler, Edinson Cavani, Blaise...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Raihlah Kesuksesan Sedini Mungkin

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Sukses Ga Harus Nunggu Tua

Penulis : Imam Sopyan

Penerbit : Trans Idea Publishing

Terbit : 2016

ISBN : 978-602-0808-27-7

Tebal : 180 halaman

Semua orang pasti ingin menjadi sukses, tapi banyak yang gagal. Meraih kesuksesan bagi sebagian besar orang tidak mudah, terutama kaum muda minim pengalaman. Mindset, kesuksesan hanya dapat diraih saat tua sering membuat semangat kaum muda mengendur.

Buku Sukses Ga’ Harus Nunggu Tua mengajak kaum muda untuk sadar akan potensi diri sehingga dapat mencapai kesuksesan lebih dini. Sebab, sesungguhnya usia mudalah masa terpenting membentuk kehidupan, terutama untuk berkarier. Masa depan harus segera ditentukan dan diraih saat muda (halaman 50).

Setiap manusia, tua maupun muda, berhak meraih kesuksesan. Namun, kaum muda lebih memiliki peluang dan potensi besar dibanding orang-orang tua. Yang penting, mereka sadar akan potensi dan mau untuk mengasah maka bukan tidak mungkin untuk meraih kesuksesan di masa muda. 

Sudah banyak bukti pemuda-pemudi sukses muda dan berperan penting dalam setiap perubahan. Sayang, tidak semua generasi muda menyadari potensi besarnya. Mereka masih berada dalam pola pikir, “muda memiliki sedikit pengalaman sehingga tidak bisa menatar dirinya”. Tidak ada orang miskin pengalaman, yang ada hanya orang tidak mau dan mampu belajar. Mereka tidak mengambil hikmah dari pengalaman sendiri dan orang lain (halaman 21).

Untuk meraih kesuksesan masa muda perlu strategi dengan mengenali potensi diri, memilih karier yang sesuai, bekerja keras, serta senantiasa berinovasi dalam karier pilihan tersebut. Dengan begitu, seseorang akan lebih mudah untuk mengetahui proses mencapai kesuksesan. 

Buku Sukses Ga’ harus Nunggu Tua menyebutkan formula-formula sukses beserta karakter-karakternya, di antaranya berintegritas, “berkepala besar”, percaya diri, memiliki skala prioritas, menghargai waktu, penuh pertimbangan, dan berkawan dengan banyak orang. Kemudian, memiliki jiwa kepemimpinan, berpikiran terbuka, dan yang terpenting optimistis. 

Seperti roda, ada kalanya seseorang berada di ambang kesuksesan dan kegagalan. Dalam menanggapi kesuksesan, hendaknya seseorang tetap membumi dan berinovasi terus. “Jika kesuksesan dan kekayaan material akhirnya diperoleh, itu hanya sebuah konsekuensi logis kerja keras,” (halaman 38).

Sementara itu, saat mengalami kegagalan, seseorang haruslah segera melakukan introspeksi diri dan tetap bekerja keras. Persepsi dan sikap negatif bakal membuat kondisi orang lebih buruk dari kegagalan itu sendiri (halaman 158). Buku ini mengajak kaum muda semakin bersemangat meraih kesuksesan. 

Diresensi Putri Prama Ananta, Pelajar SMAN 1 Probolinggo, Jatim

Tampilkan Semua

Wirausaha Jakarta

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh Gatot Hendro Prakosa, SPt, MSc Hiruk pikuk Pilkada DKI sepertinya belum akan selesai dalam tempo singkat. Saling sindir di sosial media bak berbalas pantun akan dilakukan cyber army kedua pihak. Namun, apa pun kondisinya, Anies...
Selengkapnya

Babak Baru Penuntasan BLBI

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Awal pekan ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan babak baru penuntasan kasus dugaan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Lembaga antikorupsi itu meningkatkan status...
Selengkapnya

Angket dan Korupsi DPR

Kamis 27/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh Umbu TW Pariangu DPR berencana mengajukan hak angket terhadap KPK agar membuka rekaman pemeriksaan mantan Anggota DPR, Miryam, dalam kasus e-KTP. Miryam mengaku diancam lima anggota Komisi III DPR agar tidak mengakui pembagian uang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Gita Gutawa Melestarikan Lagu-lagu Nasional

Sabtu 29/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyanyi Gita Gutawa punya segudang kesibukan pasca lulus dari studi Magisternya beberapa waktu lalu. Salah satunya yang tengah ia geluti adalah proyek pelestarian lagu-lagu nasional.

"Sekarang sudah selesai S2. Aku aktif kembali bermusik, selain menyanyi di televisi, ada berbagai proyek, salah satunya mencoba melestarikan kembali lagu-lagu nasional Indonesia," ujar dia.

Selain itu, putri komponis Erwin Gutawa itu juga tengah disibukkan dengan proyek album terbarunya dan produksi salah satu penyanyi tanah air. "Aku ada proyek musik anak-anak, proyeknya berjalan setiap dua tahun sekali, aku juga mengurus album terbaru, produserin salah satu penyanyi, temen aku dan bantu proyek musik papa," kata Gita.

Dia mengaku berusaha terus mengejar berbagai impiannya dan memanfaatkan kesempatan yang datang. Karena dengan begitu, sambung Gita, merupakan caranya mengapresiasi dan mensyukuri perjuangan RA Kartini yang salah satunya membuka peluang bagi para perempuan menempuh pendidikan setara kaum Adam.

"Bersyukur, di generasi aku, punya kesempatan, pilihan bila dibandingkan era Kartini jaman dulu, harus dipingit misalnya. Cara bersyukur dengan punya mempunyai mimpi dan mengejar kesempatan," kata Gita.

Sekalipun sibuk, dia mengaku tetap menjalankan gaya hidup sehat, antara lain berolahraga rutin, rajin mengonsumsi air putih dan istirahat cukup. Ant/S-1

 

Tampilkan Semua

Peran Keluarga dalam Mewujudkan Kepribadian Anak

Sabtu 29/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ayah dan ibu adalah teladan pertama bagi pembentukan pribadi anak. Keyakinan, pemikiran, dan perilaku orang tua memiliki pengaruh yang sangat dalam terhadap pemikiran dan perilaku anak. Keluarga berperan sebagai faktor pelaksana dalam...
Selengkapnya

Sensasi menjadi “Mongolian” di Tanjung Lesung

Sabtu 29/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dibangun di atas lahan seluas satu hektar, Mongolian Cultural Center (MCC) bakal menjadi pusat kebudayaan dan daya tarik baru di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Setelah direncanakan pembangunannya oleh PT Banten Tourism...
Selengkapnya

Connie Nurlita Berkarya Lagi Usai Lama Vakum

Sabtu 29/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Lama tak menorehkan karyanya di musik, Connie Nurlita kini mendeklarasikan dirinya kembali ke industri musik Indonesia dengan merilis single bertajuk Baru 6 Bulan. Di bawah label Nagaswara, penyanyi yang dikenal lewat tembang Cinta Karet...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
Megapolitan

Karangan Bunga Dipindah ke Monumen Nasional

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Karangan bunga membludak adalah bukti warga Jakarta puas dengan kinerja Ahok-Djarot.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memindahkan karangan bunga ke Monumen Nasional (Monas). Dia mengaku tak bisa melarang orang berkirim bunga ke Balai Kota. Ribuan karangan bunga yang dikirim warga itu, tak bisa ditampung lagi di Balai Kota, Jakarta Pusat. 

“Ya biarin saja, mengelilingi Monas saja. Jadi, yang lama kita pindahkan ke Monas saja,” ujar Ahok kepada wartawan, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (27/4).

Ahok membantah, karangan bunga yang berdatangan itu merupakan settingan untuk mendongkrak citranya lebih baik. Sebab, tak sedikit media sosial yang menampilkan postingan percakapan Ahok dan tukang bunga terkait pemesanan 1.200 karangan bunga.

“Saat ini sudah melebihi itu. Jadi, apakah ini settingan? Harusnya dia ciptakan lagi, WA lagi Ahok perintahkan tambah lagi dong jangan 1.200,” katanya.

Beberapa kendaraan Dinas Lingkungan hidup DKI Jakarta dan kelurahan gambir, terlihat mengangkut karangan bunga itu dari Balai Kota. Karangan bunga yang meluber hingga Jalan Merdeka Selatan ini akan dipindahkan ke Monas, karena jumlahnya semakin membludak.

Ahok juga mengaku tidak mengerahkan massa untuk datang ke Balai Kota menemui dirinya. Menurutnya, warga ini datang atas inisiatif sendiri tanpa bisa dihalang-halangi. Dia pun mempersilakan warga untuk menunggunya jika mau berfoto hingga pulang kerja.

“Ya kita kerja saja, kalau mau menunggu silakan. Enggak bisa larang juga saya, toh katanya saya juga yang suruh datang kok,” ucap Ahok menyindir.

Karangan bunga yang ada di Balai Kota ini, merupakan bentuk motivasi warga untuk gubernur DKI Jakarta yang telah berhasil mencuri hatinya. Meski Ahok kalah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017, warga tetap memberikan dukungan moral untuknya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat menganggap, karangan bunga ini bentuk cinta dan apresiasi warga Ibu Kota. Dia mengucapkan terimakasih atas perhatian yang diberikan warga untuk pasangan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta ini.

“Ini ungkapan cinta dan apresiasi warga yang luar biasa, jadi terima kasih. Saya pikir lebih baik begini daripada demo. Ini kan demo karangan bunga artinya dengan cinta,” katanya.

Dengan adanya karangan bunga yang membludak itu, ungkapnya, membuktikan warga Jakarta puas dengan kinerja Ahok-Djarot. Dia juga mengakui tidak sedikit warga Jakarta kecewa atas hasil kekalahannya dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Ini bentuk apresiasi bahwa tingkat kepuasan warga pada kinerja Ahok-Djarot sangat tinggi. Saya menyadari bahwa sebagian warga yang kecewa mungkin masih belum bisa menerima bahwa kemarin kita kalah suara terus menyampaikan motivasi dalam bentuk bunga,” imbuhnya.

Dia yakin, sejarah akan mencatat serbuan karangan bunga dan pendukungnya ke Balai Kota meski dia harus kalah dalam Pilkada. Dia mengatakan, pasangan calon yang kalah akan dianggap hero atau pahlawan dalam berdemokrasi. Terlebih, petahana telah membuktikan kinerja baik dalam membangun Jakarta.

“Saya terima kasih, apresiasi dong. Tentu membuktikan bahwa nanti sejarah akan mencatat yang kalah justru dianggap sebagai hero, sebagai pemenang. Jadi yang dikenang adalah kinerja, yang dikenal adalah keberanian, kejujuran dan kesungguhan untuk secara total melayani warga Jakarta,” tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri, Mawardi mengungkapkan karangan bunga untuk Ahok-Djarot Saiful Hidayat masih terus berdatangan. Dari catatannya, sudah ada 2.700 karangan bunga papan dan handbucket yang dikirim ke Balai Kota.

“Iya jadi yang sudah satu atau dua hari kemaren itu akan dipasang di samping pagar Monas luar itu, sedangkan yang baru dipersilakan untuk ditaruh dipajang di halaman Balai kota,” katanya. pin/P-5

Tampilkan Semua

Kejati Segera Tetapkan Tersangka Korupsi Kemenag

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta segera menetapkan tersangka dugaan korupsi penggunaan anggaran di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) yang merugikan keuangan negara 1,1 miliar rupiah. “Sampai sekarang belum...
Selengkapnya

Ahok-Djarot Bawa Berkah Bagi Toko Bunga

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Lebih dari seribu papan karangan bunga membanjiri Balai Kota DKI Jakarta seiring akan habisnya masa jabatan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersama wakilnya Djarot Saiful Hidayat sejak Senin, (24/4) Karangan bunga tersebut...
Selengkapnya

Ade Ruhadi Direkomendasi Calon Bupati Bogor

Jumat 28/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BOGOR - Rapat pimpinan daerah (Rapimda) Partai Golkar Jawa Barat merekomendasikan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi atau Jaro Ade sebagai kandidat calon bupati Bogor pada pilkada serentak 2018. Hal tersebut disampaikan Ketua DPD I...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

“Proses Penyelidikan Kasus di KPK Harus Sesuai Undang-undang”

Jumat 28/4/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
DPR merencanakan pembacaan usulan pengajuan hak angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rapat paripurna DPR RI, Jumat (28/4). Walaupun ditentang berbagai pihak, DPR berpandangan hak angket itu tidak melanggar Undang-undang.

 

Proses perjalanan hak angket ini berkembang, berkaitan dengan penanganan dugaan kasus korupsi e-KTP oleh KPK. Komisi antirasuah ini mengaku memiliki barang bukti rekaman pembicaraan tersangka korupsi, mantan anggota DPR, Miryam Haryani, dan diduga melibatkan sejumlah anggota dewan.


Untuk mengupas soal hak angket ini, Koran Jakarta mewawancarai Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis. Berikut petikannya.


Apa yang mendasari Komisi III DPR mengusulkan hak angket KPK?


Begini, hak angket adalah hak yang melekat pada setiap anggota DPR. Namun, kewenangan penggunaan hak angket tersebut ada pada pimpinan fraksi masing-masing. Komisi III dalam RDP dengan pimpinan KPK pekan lalu memang telah mengambil keputusan untuk menggunakan hak tersebut.


Sebenarnya, hak angket ini tidak akan terjadi bilamana KPK bisa berkooperatif dan menunjukkan transparansi kerjanya kepada kami sebagai mitra. Sayangnya, dalam rapat dengar pendapat (RDP) terakhir kami menanyakan terkait dimilikinya rekaman yang mengatakan disebut sejumlah anggota DPR untuk diputar potongan mereka tidak bersedia.


Apakah hak angket ini didorong oleh kasus e-KTP?


Sebenarnya, hak angket itu tidak ada urusannya dengan kasus e-KTP saja, melainkan sejumlah perkara lainnya yang kini tengah ditangani KPK. Tetapi, tidak menampik bahwa hal itu yang menjadi salah satu tinjauan kami.
Intinya, kami tetap mempersilakan KPK melakukan penegakan hukum, tetapi prosesnya harus tetap sesuai dengan undang-undang karena kami pengawasnya.


Apa saja yang akan dilakukan dalam hak angket tersebut?


Perihal yang ingin kami dalami sejauh ini sudah kami catat dan akan kami diskusikan kembali karena bagaimanapun inisiasi ini baru dibacakan dalam paripurna.


Kapan proses kelanjutan hak angket ini dilakukan?


Karena baru memasuki masa penutupan sidang, proses kelanjutan akan dilanjutkan pada masa sidang pembuka ke depan. Jadi, ditunggu saja, yang jelas, kami juga tidak akan menabrak proses hukum semestinya. Secepatnya kami menyusun agenda kerja.


Bagaimana efek domino hak angket terhadap partai politik sendiri?


Sebenarnya hal ini tidak baik, ada beberapa fraksi melakukan penolakan, contohnya Golkar meminta untuk tidak melanjutkan, tetapi bagaimanapun komisi tidak dapat diintervensi.


Lalu, bagaimana dengan adanya beberapa catatan penilaian ganjil dalam hak angket?


Saya dapat pahami akan adanya penilaian ganjil tersebut. Saya pun sesungguhnya tidak happy. Tetapi bagaimanapun, DPR juga punya kewenangan atas perintah undang-undang untuk melakukan pengawasan atas kepatuhan terhadap pelaksanaa undang-undang dan kepatuhan terhadap penggunaan anggaran negara oleh pemerintah.


Saya berharap, semua pihak bisa menahan diri terkait pengajuan hak angket tersebut. Tidak perlu menyerang antarlembaga negara dan antaranak bangsa. Sesungguhnya, saya memahami betul sikap penolakan KPK untuk membuka rekaman percakapan Miryam saat diperiksa.


Maka dari itulah, DPR membutuhkan penetapan pengadilan untuk memperoleh cuplikan rekaman tersebut dari KPK melalui panitia khusus atau Pansus penyelidikan DPR. franciscus theojunior lamintang/AR-3

Tampilkan Semua

HS Transport Bukan Bus Wisata

Kamis 27/4/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kecelakaan beruntun yang melibatkan 12 kendaraan terjadi di Tanjakan Selarong, Jalan Raya Puncak, Bogor, Sabtu (22/4). Kecelakaan itu menyebabkan empat orang tewas.   Melihat hal ini, Pemerintah langsung mengambil tindakan dan...
Selengkapnya

Basis Pelayanan Harus Lebih Efektif dan Efisien

Rabu 26/4/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Sejak keran otonomi daerah dibuka pasca-era reformasi, peran daerah kian signifikan. Pembangunan tak lagi sentralistik. Desentralisasi jadi langgam bergeraknya roda pembangunan. Otonomi daerah pun jadi spirit pemerataan.   Pada 24...
Selengkapnya

“KPU Harus Jelaskan Kenapa Banyak Surat Suara Kurang di Sejumlah TPS”

Selasa 25/4/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pilkada DKI Jakarta 2017 telah usai. Dari hasil hitung cepat (quick count) dan data Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU DKI Jakarta, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKDKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
Edisi Weekend

Menikmati Kedahsyatan Pesona Gua Jomblang

Sabtu 29/4/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Caving atau susur gua adalah olah raga rekreasi menjelajahi gua, yang dilakukan sebagian orang untuk memetakan jaringan gua, atau sekadar mendapat kenikmatan dalam melakukan aktivitas tersebut.

Kegiatan ini cukup menantang, mengingat kondisi gua yang dikunjungi cukup beragam, baik dari kedalaman, sempitnya rongga, kelicinan, hingga rendahnya kadar oksigen. Tak heran, kegiatan ini membutuhkan pengalaman dan keahlian khusus mengingat potensi risikonya.

Wilayah pesisir Pulau Jawa, mulai Tulungagung di Jawa Timur hingga Gunungkidul, Jawa Tengah, didominasi oleh pegunungan karst yang terbentuk dari material batu gamping dan batuan beku zaman purba. Bentangan sisa aktivitas vulkanik dan tektonik dari proses jutaan tahun itu, pada masa lalu merupakan dasar laut yang memiliki banyak kontur ceruk dan gua yang eksotis.

Di wilayah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), setidaknya terdapat 460 gua karst yang telah dipetakan para ahli. Kini, sebagian gua seperti Gua Jomblang, Gua Tanding, Gua Pindul, dan Gua Sriti telah menjadi objek andalan bagi wisatawan lokal dan mancanegera.

Luweng Jomblang

Bagi yang suka tantangan, Gua Jomblang bisa dijadikan pilihan. Tidak hanya indah, destinasi ini terkenal karena keunikannya berupa gua vertikal yang berada di kedalaman 60 meter di bawah permukaan tanah.

Kedahsyatan pesona Jomblang langsung nampak sebelum pengunjung turun, dengan diameter mulut guanya yang lebih dari separuh lapangan bola. Dinding gua bertipe collapse doline ini berupa jajaran tebing karst berwarna kelabu putih nampak kontras berpadu dengan indahnya hijau pepohonan yang rindang, baik yang menjalar maupun yang tumbuh di dasar gua.

Selain bentuk gua yang menyerupai kawah vertikal, dasarnya merupa hutan purba yang rapat. Kondisi ini juga menjadi salah satu daya tarik karena kebanyakan vegetasi yang ada sudah tidak dijumpai di permukaan.

Menurut para ahli, Gua Jomblang terbentuk akibat proses geologi turunnya lapisan tanah dan tumbuhan di permukaan ke dalam tanah. Amblesan tersebut membentuk lubang atau sumuran luas yang menjadi mulut gua. Masyarakat setempat menyebut sumuran yang terbentuk dengan istilah Jawa yakni luweng. Selanjutnya, gua ini dikenal dengan nama Luweng Jomblang.

Bagi wisatawan yang belum memiliki kemampuan caving dan tali-temali tak perlu khawatir karena untuk mencapai ke dasar gua yang rimbun itu akan dibantu oleh operator Jomblang Cave.

Setiap pengunjung akan diturunkan menggunakan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Setelah semua perangkat SRT, seperti seat harness, chest harness, dan carabiner dipasangkan, pengunjung yang telah mengenakan sepatu bot dan helm (bagian dari paket wisata) cukup diam dan santai. Selanjutnya, kita akan dikerek turun menggunakan tali yang terjamin kekuatannya.

Untuk yang belum biasa proses turun dari ketinggian di tengah alam bebas, aksi ini menjadi hiburan adrenalin tersendiri. Tak sampai satu menit, kita sudah menyentuh dasar gua yang berhawa sejuk karena rimbunnya pepohonan, dan mulailah petualangan susur gua. Pengunjung akan dibawa oleh pemandu membelah hutan purba. Ya, meski sekilas seperti semak dan pepohonan biasa, aneka vegetasi yang hidup di dasar gua dinyatakan oleh para ahli, telah punah dipermukaan. Tak heran, lokasi wisata Gua Jomblang ini ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan konservasi alam. Di sini cavers akan menjumpai sejumlah tumbuhan langka seperti beringin hutan, dan pakis-pakisan.

“Kondisi lingkungan gua yang memiliki suhu kostan membuat tumbuhan-tumbuhan langka ini bisa secara turun-temurun tetap bertahan,” tutur pengelola wisata Goa Jomblang, Cahyo Alkananta.

Dia menjelaskan, sebelum kawasan itu dibuka sebagai tujuan wisata, permukaan gua (bagian atas) mengalami kerusakan lingkungan karena banyak batuan yang diambil dan pohon-pohon ditebangi. Setelah dilakukan penghutanan kembali pada area seluas 20 hektare tersebut, pada 2012, Gua Jomblang dibuka menjadi tujuan wisata susur gua.

“Struktur batuan dinding gua tidak boleh sampai kering karena bisa runtuh, harus ada vegetasi di atasnya. Maka, kami bersama masyarakat melakukan penanaman hutan kembali sehingga di samping menarik untuk kegiatan wisata, lingkungan kawasan ini tetap terjaga,” ujarnya.

Tracking di dasar gua cukup seru karena medan yang bisa dibilang tidak mudah bagi para wisatawan, apalagi bagi yang tinggal di perkotaan. Jalur sepanjang kira-kira 200 meter yang dilewati hanya selebar satu meter dengan medan naik-turun. Pengunjung memang dituntut stamina yang prima dan siap kotor saat melakukan penyusuran karena harus berkonsentrasi memilih pijakan kaki yang berupa lumpur basah dan licin. Tak heran, ada beberapa pengunjung yang terpeleset, namun justru di situ letak keseruannya.

Bagi yang berminat tak perlu khawatir, karena selain didampingi pemandu yang selalu membimbing wisatawan, pengelola telah memasang tali tambang di sepanjang jalur tracking yang dapat digunakan sebagai pegangan. Begitu juga pada medan yang menurun, telah terpasang balok batu berbentuk persegi yang berguna sebagai anak tangga. Meski melelahkan, karena bebas polusi, udara yang dihirup terasa segar dan hawa di lokasi itu lebih sejuk dibandingkan di permukaan.  SB/E-3

Menerobos “Cahaya Surga” di Gua Grubug

Setelah berjalan sekitar 200 meter, pada jalur turunan terakhir, pengunjung akan disambut gerbang batuan alami berbentuk mulut gua raksasa dengan ketinggian sekitar 20 meter. Gua di bagian dasar sumuran ini disebut Grubug, yang menjadi des­tinasi sesungguhnya dalam penyu­suran Gua Jomblang.

Medan penyusuran yang tadinya diapit oleh pepohonan purba di sisi kiri dan kanan kini telah berubah. Sebagai gantinya, wisatawan akan memasuki gua yang panjangnya se­kitar 100 meter dengan jalur medan yang berlumpur. Kita akan dibawa dari mulut gua yang megah, menyu­suri lorong gua dengan dinding batu yang langit-langitnya makin lama makin rendah.

Sensasi seru makin terasa, saat suasana gelap mengelilingi tanpa ada cahaya sedikit pun. Pemandu dan wisatawan mulai menyalakan senternya masing-masing untuk melihat jalur pijakan. Meski dasar tanah berlumpur berangsur berganti menjadi batuan, kita tetap harus waspada karena permukaan batuan yang menjadi dasar gua tetap licin. Samar-samar dalam cahaya senter pengunjung dapat menyaksikan dinding sepanjang lorong yang dipenuhi batuan stalaktit dan stalag­mit berwarna cokelat kehitaman.

Setelah menyusuri lorong sam­pai bagian langit gua yang paling rendah, jalur setengah menanjak terlihat, dan sampai di atasnya cav­ers akan sampai di bagian dalam gua yang lebih luas. “The Chamber”, begitu sebutan bagian gua ini, mata pengunjung akan menyaksikan pe­mandangan yang menakjubkan. Be­tapa tidak, “tiang sinar” menyembur dari langit-langit gua setinggi lebih dari 60 meter berbentuk cerobong asap, menghunjam ke dasar gua di­sertai tetesan air.

Air yang turun bagai hujan rintik itu jatuh di sebuah bongkahan batu berwarna putih gading. Suara tetes­an pada batuan karbonat (CaCo 3) yang disebut flowstone itu memecah kesunyian gua, melengkapi ke­indahan bagian dalam Grubug Jomblang.

Sekitar setengah jam, pengun­jung akan dibiarkan mengambil gambar di lokasi favorit ini. Para pemandu menyebut sinar yang menerobos Gua Grubug ini sebagai “cahaya surga” karena cahaya putih tersebut tampak kokoh membe­lah kegelapan gua, dan menyinari flowstone.

Pengambilan gambar di tengah guyuran rembesan air tanah itu cukup seru, pengunjung harus ber­sabar menunggu antrean agar bisa mendapatkan flowstone sebagai la­tar utama, sambil menjaga diri ma­sing-masing agar tidak terpeleset.

Bagi yang ingin turun ke Gua Jomblang dengan sensasi berbeda, dapat memilih jalur masuk mela­lui lubang cahaya The Chamber di Gua Grubug ini, tentunya dengan biaya lebih. Bagi yang berkantong tebal, pe­ngelola Gua Jomblang juga menyediakan susur sungai bawah tanah. Suara aliran arus sungai membelah batu memang terdengar cukup jelas saat pengun­jung berada dekat flow­stone. Dalam kegelapan wisatawan akan dibawa menyusur sungai yang ada di bawah flowstone dengan sebuah perahu karet.

“Mengingat tingkat kesulitannya, setiap dua orang akan didampingi satu operator (pemandu) dalam susur sungai bawah tanah ini. Pada bagian yang lebih dalam dihuni oleh fauna khas gua, se­perti kelelawar, ular, jang­krik, kecoak, dan burung walet,” kata Cahyo.

Puas melakukan caving, wisatawan akan dipandu kembali ke arah Luweng Jomblang untuk naik ke permukaan. Setiap dua orang pengunjung akan dikerek ke atas se­cara bergantian, persis seperti cara turun.

Selain konservasi, kegiatan wisata yang terletak dua jam perjalanan dari Yogyakarta ini juga membantu roda perekonomian masyarakat setempat. Karena, lebih dari 20 orang warga dilibatkan untuk menahan tali tambang saat proses naik-turunkan wisatawan ke dasar gua.  SB/E-3

 

Tampilkan Semua

Pilkada Usai, Pilprogram Mulai

Sabtu 22/4/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pilkada daerah Jakarta usai, dengan keunggulan pasangan Anis Baswedan-Sandiaga Uno, menyisihkan pasangan Ahok Basuki Purnama dengan Djarot. Berakhirlah, sementara, keriuhan dan kegaduhan yang dinilai bisa merobek keutuhan bersama. Bukan...
Selengkapnya

Esti Andayani

Sabtu 22/4/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Koordinasi dan sinergi menjadi kata yang penting bagi setiap pemimpin, apalagi duta besar (Dubes) dalam menjalankan tugas-tugasnya. Kata tersebut juga menjadi salah satu strategi yang digunakan oleh Dubes Indonesia untuk Italia, Esti...
Selengkapnya

Kemajuan Baru di Industri Tekstil

Sabtu 22/4/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bahan baru ini bekerja dengan membiarkan tubuh mengeluarkan panas dengan dua cara. Ini akan membuat pemakainya terasa 4 derajat Fahrenheit lebih dingin daripada jika mereka mengenakan pakaian katun. Bahan plastik berbiaya rendah kini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya