Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | January 27 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Kualitas Produk dan SDM Tentukan Minat Investasi

Senin 27/1/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
>> Harapannya, produk IKM tembus pasar AS dan Eropa melalui platform Amazon. >> Tingkatkan kualitas produksi industri nasional agar mencapai standar...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

KPK Perpanjang Penahanan Mantan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan

Senin 27/1/2020 | 17:16
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan terhadap tiga tersangka tindak pidana korupsi suap pengurusan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 termasuk mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan.

Tiga tersangka, yakni mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan (WSE), mantan anggota Badan Pengawas Pemilu atau orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina (ATF), dan Saeful (SAE) dari unsur swasta.

"WSE, ATF, dan SAE perpanjangan penahanan di rutan 40 hari sejak 29 Januari sampai dengan 8 Maret 2020," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, di Jakarta, Senin (27/1).

KPK pada Kamis (9/1) telah mengumumkan empat tersangka dalam kasus tersebut.

Sebagai penerima, yakni Wahyu dan Agustiani Tio, sedangkan sebagai pemberi kader PDIP Harun Masiku (HAR) yang masih menjadi buronan, dan Saeful.

Diketahui, Wahyu meminta dana operasional Rp900 juta untuk membantu Harun menjadi anggota DPR RI Dapil Sumatera Selatan I menggantikan caleg DPR terpilih dari Fraksi PDIP Dapil Sumatera Selatan I Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia. Dari jumlah tersebut, Wahyu hanya menerima Rp600 juta.

Sebelumnya, berdasarkan catatan Imigrasi, Harun telah keluar Indonesia menuju Singapura pada Senin (6/1) melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang sekitar pukul 11.00 WIB. Sejak saat itu, Harun disebut belum kembali lagi ke Indonesia.

Namun, berdasarkan pengakuan istri Harun, Hildawati Jamrin dan rekaman kamera pengawas di Bandara Soekarno-Hatta yang beredar, Harun telah berada di Jakarta pada Selasa (7/1).

KPK pun sejak Senin (13/1) juga telah mengirimkan surat permintaan pencegahan ke luar negeri untuk tersangka Harun kepada Imigrasi dan sudah ditindaklanjuti.

Selain itu, juga dilanjutkan pula dengan permintaan bantuan penangkapan kepada Polri dan ditindaklanjuti dengan permintaan untuk memasukkan Harun dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F Sompie pun membenarkan Harun telah berada di Jakarta sejak 7 Januari 2020.

"Saya sudah menerima informasi berdasarkan pendalaman di sistem, termasuk data melalui IT yang dimiliki stakeholder terkait di Bandara Soetta bahwa HM (Harun Masiku) telah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik Air pada tanggal 7 Januari 2020," ujar Ronny saat dikonfirmasi wartawan, di Jakarta, Rabu (22/7).

Ronny mengakui terdapat keterlambatan waktu (delay time) dalam pemrosesan data perlintasan di Terminal 2 F Bandara Soekarno-Hatta, ketika Harun Masiku melintas masuk pada 7 Januari 2020. (Ant)

Tampilkan Semua

Kemenlu Pastikan Tak Ada WNI Terjangkit Virus Corona di Tiongkok

Senin 27/1/2020 | 17:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, memastikan tak ada warga negara Indonesia di Tiongkok yang terjangkit wabah 2019-nCoV atau yang dikenal sebagai virus corona. “Baru saja masuk kabar...
Selengkapnya

Kemenpan RB: ASN Harus Siap Pindah ke Ibu Kota Baru

Senin 27/1/2020 | 16:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menegaskan setiap aparatur sipil negara (ASN) harus mau dan siap pindah bertugas di ibu kota pemerintahan baru Indonesia di...
Selengkapnya

Presiden Jokowi: Belum Ada Indikasi Corona Masuk ke Indonesia

Senin 27/1/2020 | 15:45
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa hingga Senin (27/1) ini belum terdapat indikasi menyebarnya virus Corona ke wilayah Indonesia. Kendati demikian, Jokowi meminta masyarakat tetap berhati-hati dan mewaspadai potensi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Kembali Lima WNI Diculik di Perairan Malaysia

Sabtu 18/1/2020 | 11:05
A   A   A   Pengaturan Font

NUNUKAN - Penculikan warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Sabah Malaysia di perairan Tambisan, Tungku Lahad Datu, Sabah, Malaysia, kembali terjadi. Dari delapan kru kapal semuanya WNI, lima orang diculik dan tiga lainnya dibebaskan bersama kapalnya.

Informasi yang diperoleh melalui siaran tertulis aparat kepolisian Tambisan, Sabtu (18/1) menyebutkan lokasi penculikan tidak jauh dari kasus yang menimpa Muhammad Farhan Cs pada 23 September 2020 tepatnya di perairan Tambisan Tungku Lahad Datu.

Kali ini kejadiannya berlangsung pada Kamis (16/1) sekira pukul 20.00 waktu setempat saat kedelapan WNI ini menangkap ikan menggunakan kapal kayu dengan izin terdaftar Nomor SSK 00543/F.

Musibah terhadap kedelapan WNI yang menggunakan kapal yang terdaftar atas nama majikan di Sandakan ini diterima laporannya oleh aparat kepolisian maritim Lahad Datu pada Jumat (17/1) sekira pukul 13.17 waktu setempat.

Setelah mendapatkan laporan itu, aparat kepolisian negara itu bergerak melajukan pencarian akhirnya melihat kapal bergerak dari arah Filipina memasuki perairan Malaysia. Keberadaan kapal yang digunakan WNI tersebut terpantau radar Pos ATM Tambisan pada Jumat sekira pukul 21.10 waktu setempat.

Aparat kepolisian maritim Lahad Datu menahan kapal tersebut sambil melakukan penggeledahan dan ditemukan tiga kru semuanya WNI. Ketiga WNI yang ditemukan bersama kapalnya adalah Abdul Latif, 37 tahun, Daeng Akbal, 20 tahun, dan Pian bin Janiru, 36 tahun.

Sedangkan lima rekannya yakni Arsyad bin Dahlan, 42 tahun, selaku juragan, Arizal Kastamiran, 29 tahun, La Baa, 32 tahun, Riswanto bin Hayono, 27 tahun, dan Edi bin Lawalopo, 53 tahun, dipastikan disandera.           

“Hasil interogasi terhadap ketiga WNI yang dilepaskan menceritakan bahwa pada saat sedang menangkap ikan didatangi enam orang bertopeng menggunakan kapal cepat,” demikian bunyi siaran tertulis aparat kepolisian maritim Lahad Datu.

“Setelah itu, langsung dibawa bersama kapalnya ke wilayah perairan Filipina. Namun hanya lima rekannya yang disandera sedangkan tiga orang dibiarkan pulang untuk membawa kapalnya kembali ke Tambisan,” imbuh mereka.

Aparat kepolisian Lahad Datu berjanji akan melakukan penyelidikan setelah menerima laporan dari korban.

Sebelumnya, Konsul RI Tawau, Sulistijo Djati Ismoyo pernah menyatakan, agar tidak ada lagi kasus penculikan terhadap WNI pasca penyelamatan Muhammad Farhan, 27 tahun, dari sandera Kelompok Abu Sayyaf. Pada kesempatan itu, Djati sapaan Konsul RI Tawau ini mengingatkan WNI yang beraktifitas di laut agar menjaga keselamatan dan waspada terhadap segala kemungkinan yang mencurigakan. Ant/ils

Tampilkan Semua

Uji Materi UU KPK

Kamis 9/1/2020 | 08:17
A   A   A   Pengaturan Font
Pemohon uji materi UU KPK, Erry Riyana Hardjapamekas (kanan) bersama pemohon lainnya meninggalkan ruangan seusai mengikuti uji materi, di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Rabu (8/1). Sidang uji materi perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002...
Selengkapnya

KPUD Diminta Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Selasa 7/1/2020 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
Semua pihak harus sinergis membantu KPU melakukan sosialisasi Pilkada 2020 ke masyarakat agar partisipasi pemilih dapat meningkat.   METRO – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid Tanthowi meminta KPU provinsi...
Selengkapnya

Sidang Paripurna DPD

Selasa 7/1/2020 | 08:28
A   A   A   Pengaturan Font
Senator asal Kepulauan Riau, Ria Saptarika (kanan) menyampaikan laporan hasil reses saat sidang paripurna ke-7 DPD, di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (6/1). Sidang di antaranya mengagendakan Pembukaan Masa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Malaysia Batalkan Sementara Bebas Visa Wisatawan Tiongkok

Senin 27/1/2020 | 17:55
A   A   A   Pengaturan Font

KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia membatalkan sementara fasilitas bebas visa yang diberikan kepada wisatawan asal Tiongkok yang telah diterapkan terhitung awal Januari 2020 lalu karena merebaknya  virus corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok.

Pernyataan pers Kantor Perdana Menteri Malaysia, Senin (27/1), menyatakan sejak timbulnya kasus virus corona di Tiongkok ,  Minggu lalu,  Pemerintah Malaysia telah mengikuti prosedur-prosedur yang ditetapkan oleh WHO dan mendapat nasihat pakar-pakar untuk menghadapi merebaknya virus corona.

Pemantauan telah dibuat dari waktu ke waktu dan berbagai pihak sedang melakukan usaha yang terbaik untuk mencegah  penularan.

Pemerintah Malaysia telah mengambil keputusan untuk membatalkan sementara semua kemudahan imigrasi yaitu eNTRY (kemudahan tanpa visa), Visa Semasa Ketibaan (Visa on Arrival), e-visa dan visa manual kepada rakyat Tiongkok dari Kota Wuhan dan sekeliling wilayah Hubei.

Keputusan ini dibuat setelah mengikuti perkembangan terkini berjangkitnya kasus  virus corona  2019 (2019-nCoV) di negara Tiongkok , khususnya di wilayah Hubei tersebut.

Kemudahan Imigrasi akan diberikan lagi setelah keadaan kembali normal.

Wisma Putra atau Kementrian Luar Negeri Malaysia akan menyelaraskan  pelaksanaan keputusan ini bersama pihak pemerintah Tiongkok .

Pemerintah juga ingin mengingatkan kepada semua pihak agar tidak menyebarkan informasi yang tidak sah atau palsu berkenaan virus corona  yang bisa menyebabkan ketidaktenteraman kepada masyarakat umum.

Sebelumnya pernyataan pers Kementerian Dalam Negeri menyatakan pelaksanaan Electronic Travel Registration and Information (eNTRI) bagi wisatawan Tiongkok dan India mulai 1 Januari hingga 31 Disember 2020 namun tetap mengikuti peraturan, prosedur dan aturan imigrasi di semua pintu masuk Malaysia.

Kementerian Dalam Negeri Malaysia menyatakan tujuan utama pemberian fasilitas bebas visa untuk mengukuhkan industri wisata dengan memberi kemudahan kunjungan tanpa visa kepada pelancong yang ingin melawat ke Malaysia.

Mereka menyatakan bahwa, walaupun pemerintah telah memberikan kemudahan bebas visa kepada warga negara Tiongkok dan India, wisatawan dari kedua negara tersebut tetap perlu melengkapi pendaftaran melalui sistem eNTRI sebagai salah satu langkah pengamanan oleh pemerintah melalui imigrasi, yang akan membuat pemantauan dan verifikasi terhadap pelancong yang menggunakan kemudahan tanpa visa.

"Selain itu, pelancong juga dikenakan syarat supaya permohonan semula melalui eNTRI hanya boleh dilaksanakan selepas 45 hari dari tanggal pelancong tersebut keluar dari Malaysia," kata pernyataan tersebut hari ini.

Menurutnya, penolakan masuk bisa dikeluarkan sekiranya pelancong tersebut masuk dalam daftar hitam atau tergolong dalam kategori imigran larangan yang memohon eNTRI tersebut. (Ant)

Tampilkan Semua

EU Tawarkan Teknologi Satelit untuk Pantau Bencana di Asia Tenggara

Senin 27/1/2020 | 17:42
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Uni Eropa (EU) menawarkan berbagi akses satelitnya ke Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) agar negara anggota kawasan tersebut dapat lebih baik memetakan wilayah terdampak bencana secara langsung atau "real...
Selengkapnya

Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Virus Corona?

Senin 27/1/2020 | 13:54
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Saat ini penduduk di Asia Tenggara dan Tiongkok dianjurkan mengenakan masker wajah untuk meredam potensi tertular wabah virus corona. Padahal ada metode lain jauh lebih efektif menghadang penularan. Inilah sejumlah tips...
Selengkapnya

KBRI Beijing Pastikan Perlindungan 93 WNI di Wuhan

Senin 27/1/2020 | 13:11
A   A   A   Pengaturan Font
BEIJING - Kedutaan Besar RI di Beijing memastikan akan terus melindungi keselamatan jiwa dan mencukupi kebutuhan 93 warga negara Indonesia yang tertahan di Wuhan, Tiongkok, setelah penyebaran wabah virus corona jenis baru. "Kami tidak...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Harga Minyak Turun Seiring Penyebaran Virus Corona

Senin 27/1/2020 | 11:07
A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Harga minyak merosot sekitar dua persen ke posisi terendah di perdagangan Asia pada Senin (27/1) pagi, karena meningkatnya jumlah kasus virus baru Tiongkok dan penutupan kota sehingga memperdalam kekhawatiran tentang permintaan minyak mentah. Bahkan usaha menteri energi Arab Saudi untuk menenangkan pasar pun tak banyak berpengaruh.

Minyak mentah berjangka Brent turun 1,12 dolar AS atau 1,9 persen, menjadi diperdagangkan di 59,57 dolar AS per barel pada pukul 01.13 GMT (08.13 WIB), setelah sebelumnya turun menjadi 58,68 dolar AS, terendah sejak akhir Oktober.

Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) turun 1,14 dolar AS atau 2,1 persen, menjadi diperdagangkan pada 53,05 dolar AS per barel, setelah semua turun ke 52,15 dolar AS, terendah sejak awal Oktober.

Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman Al-Saud mengatakan pada Senin bahwa ia mengawasi perkembangan di Tiongkok dan mengatakan ia merasa yakin bahwa virus baru akan teratasi.

Pasar sedang "terutama didorong oleh faktor psikologis dan harapan yang sangat negatif diadopsi oleh beberapa pelaku pasar meskipun dampaknya sangat terbatas pada permintaan minyak global," katanya.

Dengan kemampuan virus corona untuk menyebar semakin kuat, sebagian besar pasar keuangan terpukul, meskipun banyak yang ditutup di Asia karena liburan Tahun Baru Imlek. (Ant)

   

Tampilkan Semua

IHSG Melemah Dibayangi Kekhawatiran Virus Corona

Senin 27/1/2020 | 10:52
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (27/1) pagi dibuka melemah dibayangi kekhawatiran pasar terhadap penyebaran Virus Corona. IHSG dibuka melemah 3,29 poin atau 0,05 persen ke posisi...
Selengkapnya

Pengusaha Keluhkan RUU EBT

Senin 27/1/2020 | 09:37
A   A   A   Pengaturan Font
Pengusaha yang bergerak di bidang energi panas bumi, meminta pemerintah untuk mengatur secara khusus kegiatan pengelolaan energi panas bumi serta terpisah dengan energi terbarukan.   JAKARTA – Pelaku usaha bidang energi panas...
Selengkapnya

Peninjauan Lokbin Astra

Senin 27/1/2020 | 09:36
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim didampingi oleh Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPAMDR) Herawati Prasetyo bersama Direktur Astra Internasional Paulus Bambang Widjanarko Santoso saat meninjau...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat Hingga Awal Februari

Senin 27/1/2020 | 14:13
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang diperkirakan berlangsung hingga 3 Februari mendatang.

"BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat dan petir berpotensi terjadi di sejumlah wilayah," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R Mulyono R Prabowo, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (27/1).

Kondisi tersebut disebabkan sirkulasi siklonik di sekitar perairan barat daya Lampung menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang di sebelah barat wilayah Sumatera Utara hingga Sumatera Selatan dan terbentuknya belokan angin di sekitar wilayah Jawa.

Sementara itu, kondisi labilitas atmosfer cukup signifikan menyebabkan peningkatan massa udara basah di beberapa wilayah Indonesia. Faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia bagian barat.

Berdasarkan kondisi tersebut, diprakirakan pada periode 28-30 Januari 2020 potensi hujan lebat dapat terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Selatan

Sementara kondisi yang sama juga terjadi pada periode 31 Januari-3 Februari 2020 di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat, status Siaga potensi banjir/genangan pada 28-29 Januari 2020 di wilayah Sumatera Barat dan Bengkulu. "Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," pungkas Mulyono. Ant/ils

Tampilkan Semua

BPBD Lebak Waspadai Banjir Susulan

Senin 27/1/2020 | 14:10
A   A   A   Pengaturan Font
LEBAK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Banten mewaspadai banjir susulan menyusul curah hujan sepanjang Minggu (26/1) sore hingga Senin (27/1) dinihari yang mengakibatkan meluapnya Sungai Ciberang hingga...
Selengkapnya

413 Sekolah Terendam Banjir di Kabupaten Bandung

Senin 27/1/2020 | 14:07
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Memasuki hari kelima banjir yang menerjang lima kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat telah merendam 413 sekolah, 15.100 unit rumah warga, dan 78 tempat ibadah. Banjir di Kabupaten Bandung mulai menerjang kawasan tersebut...
Selengkapnya

Banjir di Kabupaten Bandung Masih Belum Surut

Senin 27/1/2020 | 12:52
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Banjir yang melanda belasan ribu rumah di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung sejak Kamis (23/1) hingga Senin (27/1) pagi masih belum surut. Kepala Bidang Kedaruratan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Alternatif Pembiayaan Perumahan

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dari kiri) Ketua Umum Pengembang Indonesia (PI) Barkah Hidayat bersama Plt Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti Setyo Maharso, Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Totok Lusida dan Ketua Umum Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Endang Kawidjaya memberikan keterangan pers mengenai perlunya alternatif subsititusi dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Properti (FLPP) untuk perumahan umum yang saat ini menipis di Menara Kadin Indonesia, Kamis (23/1). Pelaku properti berharap pemerintah dapat mendukung realisasi program perumahan untuk rakyat melalui optimalisasi kebijakan fiskal

Tampilkan Semua

Mengecat Bangunan di Tahun Tikus Logam

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tahun tikus logam, bagian barat daya maupun barat rumah maupun perusahaan memiliki Qi atau energi positif yang besar. Untuk itu, pengecatan dinding pada bagian tersebut tidak hanya mendapatkan suasana baru, melainkan untuk menarik Qi...
Selengkapnya

Revitalisasi Laboratorium Teknik Sipil Universitas Bung Hatta Sumatera Barat

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (“Perseroan”) merevitalisasi Laboratorium Mekanika Tanah dan Laboratorium Material dan Struktur, Teknik Sipil, Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat. Peresmian dilakukan pada...
Selengkapnya

Pengembangan Parador Hotel & Resort di Surabaya

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mengawali tahun 2020 Parador Hotels & Resorts (Parador) terus berkembang di Indonesia dengan melaksanakan groundbreaking Vega Hotel Surabaya pada Kamis (23/1). Vega Hotel Surabaya akan menjadi hotel ke-2 dari Parador yang berdiri di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Ponsel Luna Hadirkan Internet Tanpa Kartu SIM

Kamis 23/1/2020 | 17:07
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Luna, merek ponsel asal Korea Selatan (Korsel), menggandeng penyedia layanan subscriber identification module (SIM) virtual SIMO untuk menghadirkan layanan internet tanpa kartu SIM fisik dan tanpa terhubung ke WiFI.

"Kami ingin menjadi yang pertama adaptasi SIM virtual," kata manajer pemasaran Luna Indonesia, Suryadi Willim, saat peluncuran di Jakarta, Kamis (23/1).

Dengan teknologi yang dibawa SIMO ponsel Luna dapat terhubung ke jaringan internet tanpa harus mengaktifkan paket data di kartu SIM maupun tersambung ke WiFi. Virtual SIM dari SIMO menyediakan koneksi jaringan 4G terkuat yang ada di lokasi pengguna ponsel berada.

Ponsel Luna memiliki aplikasi pre-loaded SIMO, pengguna dapat membeli berbagai paket internet yang ada dengan beragam pilihan harga. Untuk dapat mengaktifkan SIMO, pengguna harus memasang satu nomor dari operator seluler mana pun di ponsel Luna.

Setelah aktif, SIMO akan mencari sinyal terkuat dari operator mana pun, meski pun operator tersebut tidak sama dengan yang ada di kartu SIM fisik.

Country manager SIMO Indonesia, Wisnu Adhi Prabowo, menyatakan mereka sudah bekerja sama dengan operator seluler antara lain Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo untuk internet di SIMO.

Setiap ponsel wajib memiliki nomor IMEI yang terhubung ke satu nomor seluler. Luna untuk ponsel yang bekerja sama dengan SIMO ini menyediakan tiga nomor dalam satu ponsel, yaitu dua IMEI untuk slot kartu SIM konvensional dan satu IMEI untuk SIMO.

Ponsel Luna SIMO memiliki layar IPS sebesar 6,08 inci dengan rasio 19,5:9, dengan model layar waterdrop notch. Kamera Luna SIMO pun telah didukung lensa sebesar 13MP dan 2MP di belakang, sementara untuk kamera depan 5MP.

Untuk RAM, Luna membekali model ini sebesar 3GB diapdukan dengan kapasitas internal 32GB yang bisa diperluas hingga 128GB. Ponsel itu dijual seharga 1.299.000 rupiah. Ant/ils

 

Tampilkan Semua

Grip untuk Pengoperasian Kamera secara Nirkabel

Kamis 23/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pengguna kamera membutuhkan aksesoris tambahan untuk menunjang pengambilan gambar secara lebih mudah dan lebih baik. Sony menciptakan alat pegangan (grip) nirkabel untuk kamera, agar penggunanya dapat mengoperasikan kamera secara lebih...
Selengkapnya

Aplikasi Mobile Mulus dengan Cloud Latensi Rendah

Kamis 23/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perusahaan-perusahaan memanfaatkan cloud latensi rendah guna mendukung mulusnya aplikasi mobile mereka Bagi perusahaan, komputasi awan menawarkan banyak manfaat, ketimbang memiliki peladen (server), dan piranti lunak sendiri. Layanan...
Selengkapnya

Mesin Cuci Pintar Berbasis AI

Kamis 23/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kecerdasan buatan yang mampu berpikir dan melakukan pengaturan sendiri, mulai diterapkan pada peralatan rumah tangga seperti mesin cuci. Yang terbaru LG Electronics membekali mesin cuci front loading dengan teknologi artificial...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Kemenhub akan Pesan 100 Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Dinas

Senin 27/1/2020 | 13:28
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG - Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa kementeriannya akan memesan setidaknya 100 unit mobil listrik untuk dijadikan kendaraan dinas.

"Iya (akan ada pengadaan mobil listrik). Tapi kita belum menetapkan (tipe mobilnya), akan ada 100 mobil (yang akan dipesan). Eselon I dan eselon II di Kementerian (Perhubungan) menggunakan mobil ini," kata Menhub Budi Karya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (27/1).

Menurut Menhub, pejabat harus menjadi contoh bagi masyarakat untuk beralih ke kendaraan yang berjangka panjang dan ramah lingkungan. "Saat ini belum terlalu banyak (jumlah kendaraan listrik), kurang dari 5 persen. Tapi kalau kami (pejabat publik) melakukan intensif, dimulai dari pejabat negara, saya pikir ini akan cepat sekali (perkembangannya)," kata dia.

Lebih lanjut, Menhub menambahkan bahwa pendukung dan bagian ekosistem kendaraan bertenaga listrik harus melibatkan kementerian dan pihak terkait. Mulai dari stasiun pengisian daya, perizinan mobil listrik, hingga pajak. "PLN juga sudah bersedia untuk menyediakan charger di banyak tempat. Kalau dari kami (Kemenhub), dengan memberikan perizinan dengan cepat," kata dia.

"Lalu Kemenkeu mungkin memberikan yang berkaitan dengan tax (pajak). Jadi saya pikir dengan kolaborasi dari berbagai pihak ini, ke depannya akan menjadi lebih baik," pungkas Menhub Budi Karya. Ant/ils

Tampilkan Semua

Grab Targetkan 500 Taksi Berbasis Listrik Beroperasi Tahun Ini

Senin 27/1/2020 | 12:41
A   A   A   Pengaturan Font
TANGERANG - Grab Indonesia menargetkan sebanyak 500 unit mobil taksi bertenaga listrik dapat segera beroperasi di tahun ini, menyusul meluncurnya 20 unit taksi listriknya di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (27/1)....
Selengkapnya

Crossover Listrik Volvo XC40 Recharge Sudah Bisa Dipesan

Senin 27/1/2020 | 10:08
A   A   A   Pengaturan Font
GOTHENBURG - Volvo mengumumkan bahwa pemesanan untuk crossover listrik Volvo XC40 Recharge P8 AWD baru saja dibuka di pasar otomotif tertentu, meski tak dijelaskan lokasi pasti dimana. Sudah ada puluhan ribu pemesan kendaraan SUV...
Selengkapnya

Bugatti Belum Mau Ikut Tren Mobil Listrik

Minggu 26/1/2020 | 14:39
A   A   A   Pengaturan Font
PARIS - Manufaktur mobil super (supercar) asal Prancis, Bugatti, menyatakan belum mau mengikuti tren otomotif dunia yang beralih dari mesin bakar (combustion engine) ke mobil berpenggerak listrik. CEO Bugatti Stephan Winkelmann...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Kalahkan Medvedev, Wawrinka ke Perempat Final

Senin 27/1/2020 | 16:12
A   A   A   Pengaturan Font

MELBOURNE – Petenis asal Swiss Stan Wawrinka mengatasi petenis Rusia Daniil Medvedev pada babak keempat Australia Open dengan skor 6-2, 2-6, 4-6, 7-6(2), 6-2 untuk mencapai perempat final turnamen Grand Slam yang digelar di Melbourne itu, Senin (27/1).

Kemenangan pertama Wawrinka dalam pertemuan ketiga Grand Slam dengan petenis peringkat empat dunia itu membayar dua kekalahan yang ia derita sebelumnya pada perempat final US Open 2019 dan babak pertama Wimbledon 2017.

"Tadi adalah pertandingan dengan atmosfir yang hebat, dan sangat sulit untuk menghadapi Daniil. Saya harus meningkatkan level di set keempat dan kelima. Level dan atmosfir di Australia merupakan sesuatu yang istimewa," kata Wawrinka seperti dikutip dari laman atptour.com.

Wawrinka akan menjalani babak delapan besar kelimanya di turnamen Grand Slam awal musim ini dan sekaligus delapan besar pertamanya di Australia Open sejak 2017. Setelah mengatasi lawan dari Rusia itu, ia masih menanti calon lawan antara unggulan ketujuh Alexander Zverev (Jerman) dan unggulan ke-17 Andrey Rublev (Rusia).

Petenis berusia 34 tahun ini untuk sementara mencatatkan skor pertemuan 1-1 dengan Rublev dan 0-2 dengan Zverev.

"Sebagai pemain dan penggemar tenis, saya selalu menonton pertandingan besar. Selalu menarik untuk melihat mereka bertanding. Saya bangga dengan apa yang sudah saya capai sejauh ini di sini dan saya menantikan permainan di perempat final," kata Wawrinka. (Ant)

Tampilkan Semua

Gianna Bryant Pergi Membawa Bakatnya

Senin 27/1/2020 | 15:27
A   A   A   Pengaturan Font
Gianna Maria Onore Bryant putri Kobe Bryant menjadi salah satu korban meninggal akibat kecelakaan helikopter yang ditumpanginya di dekat Calabas, California, Amerika Serikat, pada Minggu waktu setempat, Senin (27/1) WIB. Gianna...
Selengkapnya

Jejak Sang Legenda di Kancah NBA

Senin 27/1/2020 | 15:21
A   A   A   Pengaturan Font
Legenda NBA dan Los Angeles Lakers Kobe Bryant meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter di Calabasas, California. Dia meninggal dunia secara tragis setelah 20 musim berada di Los Angeles untuk membela Los Angeles Lakers dan lima kali...
Selengkapnya

Gol Neymar untuk Kobe

Senin 27/1/2020 | 15:06
A   A   A   Pengaturan Font
PARIS – Bintang Paris Saint-Germain Neymar mencetak dua gol saat melawan Lille dalam laga lanjutan Liga Prancis dan mempersembahkan golnya untuk mendiang Kobe Bryant. Saat mencetak gol, Neymar melakukan selebrasi memberi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Agar Karyawan Baru Cepat Beradaptasi

Senin 27/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, apa yang harus dilakukan ketika menyambut karyawan baru di departemen kami? Saya memperhatikan beberapa karyawan baru di departemen lain membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi. Setelah sekian lama baru berani menunjukkan potensi-potensi mereka. Saya ingin para staf baru di departemen kami bisa segera menyesuaikan diri dan berprestasi. Mohon advisnya Bu.

Jawaban:

Kehadiran karyawan baru dalam dunia kerja merupakan hal yang biasa, dalam arti bukan sesuatu yang istimewa. Karena itu kehadirannya kerap dihadapi dengan sikap biasa-biasa pula.

Tetapi bagi karyawan baru itu sendiri, sebenarnya hari pertama di tempat kerja merupakan hari yang cukup mendebarkan. Tak jarang karyawan baru merasa sangat asing menghadapi rekan-rekan dan lingkungannya yang sama sekali baru. Kondisi ini kadang membuatnya membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi.

Akibatnya dia juga membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal. Tentu saja hal ini tidak kondusif, baik bagi karyawan baru itu sendiri maupun lingkungannya. Nah jika Bapak/Ibu membawahi karyawan baru tersebut, harus segera tanggap agar karyawan tersebut cepat beradaptasi dan bisa bekerja secara maksimal.

Bagaimana caranya? Coba ikuti tips-tips berikut ini: – Tugaskan seorang sekretaris atau salah satu staf untuk memperkenalkan karyawan baru pada semua personel di divisi.

Perkenalkan juga pada pimpinan yang berhubungan dengan bidang pekerjaannya nanti. Beritahukan fasilitas fisik seperti ruang meeting, rest room, pantry, komputer, mesin fax, mesin foto kopi, dll.

Pengenalan seperti ini akan membuat si karyawan baru lebih cepat menyatu dengan setiap unsur dalam lingkungan kantor barunya. – Jelaskan posisi dia di divisinya. Dan berikan gambaran yang jelas mengenai dampak dari kontribusinya di perusahaan. Terangkan bahwa posisinya berperan dalam mencapai target tertentu dalam perusahaan.

Hal ini akan menumbuhkan semangat dan motivasi tersendiri baginya. – Berikan panduan dan deskripsi kerja yang jelas. Selain memberi petunjuk secara tertulis, berikan penjelasan secara langsung mengenai berbagai peraturan dan kebijakan yang berlaku. Tekankan poin-poin penting yang wajib ia patuhi, misalnya masalah jam kerja atau kedatangan.

Jelaskan juga cara meng-handle pekerjaannya. – Terangkan secara umum mengenai gambaran atau sejarah perusahaan, sehingga dapat menangkap kultur yang berlaku di perusahaan dan tidak bertingkah laku di luar batas toleransi perusahaan. Dengan demikian dia pun akan lebih mudah beradaptasi di lingkungan kerjanya. 

Jelaskan masa percoban atau orientasi yang harus dijalani, misalnya tiga bulan atau enam bulan (tergantung kebijakan perusahaan). Jelaskan pula apa saja yang sudah bisa didapatkan dan belum diperoleh selama masa orienrasi tersebut seperti masalah gaji penuh, tunjangan kesehatan, cuti, dll. Sehingga dia tidak akan bertanya-tanya sendiri.

– Jangan lupa untuk memonitor setiap karyawan baru secara berkala dalam 3 bulan pertama. Pelajari ritme kerja, inisiatif, kreativitas, sistematika kerja dan sosialisasinya. Begitu juga dengan prestasinya dalam bekerja. Bersikaplah peka dalam menangani mereka. Jika Bapak/Ibu menangkap kesan masih banyak hal yang belum dimengerti anda harus memberikan penjelasan sekali lagi. Sebaiknya Bapak/Ibu juga menekankan padanya agar tidak perlu ragu bertanya, baik pada anda maupun rekan-rekannya.

– Meskipun dia karyawan baru, beri kesempatan untuk menangani pekerjaan sesuai cara-caranya. Jika hasil kerjanya bagus, sesekali berikan pujian. Walaupun pujian kecil, besar artinya bagi seorang karyawan baru.

Ia akan merasa sangat dihargai dan diakui keberadaannya. Nah dengan menerapkan cara-cara tadi, karyawan baru akan lebih mudah beradaptasi, baik dengan lingkungan kerjanya maupun dengan tugas-tugasnya, sehingga tidak akan kesulitan untuk mengekspresikan kreativitasnya dan menunjukkan performa terbaiknya.

Tampilkan Semua

Membangun Kepercayaan

Jumat 24/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kasus penyalahgunaan dana masyarakat Asuransi Jiwasraya telah menyita perhatian masyarakat. Betapa tidak, dana triliunan rupiah begitu mudah berpindah tangan ke pihak lain kemudian tak jelas rimbanya. Bukan saja merugikan pemilik dana,...
Selengkapnya

Memupuk Loyalitas Karyawan

Senin 20/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan: Bu Rossa, perusahaan kami baru merekrut karyawan-karyawan baru fresh graduate dari universitas negeri ternama. Mereka cerdas, penuh semangat, kompetitif dan juga abisius. Merekrut mereka tidak mudah dan perusahaan juga...
Selengkapnya

Prolegnas Ambisius

Sabtu 18/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setiap akhir tahun, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selalu mengeluarkan daftar Rancangan Undang-undang (RUU) prioritas yang akan dibahas pada tahun berikutnya. Daftar itu menjadi acuan kinerja Dewan Perwakilan Rakyat bersama pemerintah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Dewasa dalam Menyikapi Pinjaman Online

Senin 27/1/2020 | 17:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Indopos menggelar Focus Group Discussion (FGD), di Hotel Ibis Jakarta Slipi, Senin (27/1/2020). Diskusi ini mengambil tema "Dewasa dalam Menyikapi Pinjaman Online".

Tampil sebagai narasumber dalam diskusi itu adalah Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, Kepala Ekonom Bank Negara Indonesia (BNI) Ryan Kiryanto, Deputi Direktur Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan Financial Technology (Fintech) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Munawar Kasan dan Ketua Harian Asosiasi Fintech Lending Indonesia (AFLI) Kuseryansyah. Diskusi dimoderatori oleh Pemimpin Redaksi Indopos Ariyanto.

Direktur Harian Indopos Rizki Darmawindra berharap FGD ini akan menghasilkan output yang bermanfaat buat masyarakat serta stakeholder (pemangku kepentingan). "Semoga diskusi ini menghasilkan manfaat untuk masyarakat dan pemangku kepentingan yang terkait," kata dia, dalam sambutan pembukaan acara.

Di tempat yang sama, Direktur Indopos Online (indopos.co.id) Syarif Hidayatullah mengatakan, diskusi ini sebagai rangkaian ulang tahun ke-17 Indopos pada 25 Februari mendatang.

Sedangkan, Pemimpin Redaksi INDOPOS Ariyanto mengatakan, pinjaman online ibarat dua sisi mata uang, di satu sisi, memudahkan masyarakat meminjam uang. "Namun di sisi lain, bisa menjebak nasabah. Bunga tinggi dan penagihan tidak manusiawi," ujarnya.

Tampilkan Semua

Billie Eilish Torehkan Sejarah Baru

Senin 27/1/2020 | 15:35
A   A   A   Pengaturan Font
Billie Eilish mencetak sejarah baru dalam industri musik dunia setelah memenangi lima piala di ajang Grammy Awards 2020 di usia 18 tahun. Untuk pertama kalinya Eilish mendapat penghargaan Grammy dan dia tidak hanya mendapat satu,...
Selengkapnya

Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Virus Corona?

Senin 27/1/2020 | 13:54
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Saat ini penduduk di Asia Tenggara dan Tiongkok dianjurkan mengenakan masker wajah untuk meredam potensi tertular wabah virus corona. Padahal ada metode lain jauh lebih efektif menghadang penularan. Inilah sejumlah tips...
Selengkapnya

Billie Eilish Borong Lima Penghargaan

Senin 27/1/2020 | 13:09
A   A   A   Pengaturan Font
Billie Eilish memboyong lima penghargaan di Grammy Awards 2020 yang berlangsung di Staples Center, Los Angeles, Minggu (26/1) waktu setempat atau Senin (27/1). Ajang penghargaan musik paling bergengsi ini juga menyerahkan piala...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Kebakaran Landa Pemukiman Padat di Kebayoran Lama

Senin 27/1/2020 | 18:11
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kebakaran besar melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Peninggaran Timur RT 02/RW 09 Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan, Senin (27/1) sore, dengan luas area terbakar mencapai 1.000 meter persegi.

Petugas bagian informasi umum Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin PKP) Jakarta Selatan, Suparman mengatakan kebakaran dilaporkan terjadi sekitar pukul 14.44 WIB.

"Kebakaran dilaporkan pukul 14.44 WIB, petugas masih di lapangan proses pemadaman," kata Suparman.

Menurut dia, karena pemukiman yang terbakar wilayah padat penduduk menyebabkan api mudah menyambar.

Sudin PKP mengerahkan 23 unit mobil pemadam kebakaran untuk turun ke lokasi.

"Kebakaran di lokasi padat penduduk, total ada 23 unit mobil damkar ditambah 14 pompa dan sembilan unit pendukung diturunkan ke lokasi," kata Suparman.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran karena seluruh personel masih di lapangan memadamkan api.

Menurut informasi petugas di lapangan, lanjut Suparman, kebakaran hebat selain menghanguskan puluhan rumah warga di area seluas 1.000 meter, juga ada korban jiwa.

"Satu orang dilaporkan meninggal dunia, saat kejadian berada di lantai dua rumahnya," kata Suparman.

Petugas informasi Sudin PKP belum mendapatkan data resmi korban yang meninggal dunia, namun jenazah sudah dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

Hingga berita ini diturunkan, petugas masih melakukan pendinginan di lokasi kebakaran. (Ant)

Tampilkan Semua

Dinkes DKI Buka Sambungan 24 Jam Fasilitasi Laporan Virus Corona

Senin 27/1/2020 | 14:39
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta membuka sambungan telepon (hotline) 24 jam di nomor 081388376955 bagi tenaga kesehatan maupun masyarakat yang ingin melaporkan dugaan kasus virus corona yang menyebabkan wabah pneumonia. Kepala...
Selengkapnya

Air Setinggi 110 Sentimeter Genangi Pemukiman Warga RT 08 Cipulir

Senin 27/1/2020 | 09:24
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hujan yang turun sejak Minggu (26/1) malam hingga Senin (27/1) pagi menimbulkan genangan setinggi 80 hingga 110 sentimeter di permukiman warga RT 08/RW 10 Kelurahan Cipulir, Jakarta Selatan. Menurut Ketua RT 08 Kristanto, air...
Selengkapnya

Air Setinggi 110 Sentimeter Genangi Pemukiman Warga RT 08 Cipulir

Senin 27/1/2020 | 09:24
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hujan yang turun sejak Minggu (26/1) malam hingga Senin (27/1) pagi menimbulkan genangan setinggi 80 hingga 110 sentimeter di permukiman warga RT 08/RW 10 Kelurahan Cipulir, Jakarta Selatan. Menurut Ketua RT 08 Kristanto, air...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Ada Dua Opsi dalam Perubahan Undang-undang DKI Jakarta

Senin 27/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Dalam rapat kerja dengan Komisi II, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, membeberkan sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) yang diusulkan Kementeriannya dan masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

 

Ada lima RUU yang diusulkan. Dari lima RUU itu, beberapa telah dilengkapi dengan naskah akademik. Salah satunya adalah revisi UU DKI Jakarta.

Untuk mengupas itu lebih lanjut, Koran Jakarta berkesempatan un­tuk mewawancarai Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, di Jakarta. Berikut petikan wawancaranya.

Mengenai lima RUU yang jadi usulan atau merupakan prakarsa dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), RUU apa saja?

Ya, kita sudah mencantumkan tentang lima RUU yang kita usulkan untuk tahun 2020–2024 itu, baik izinnya ada yang sudah memiliki naskah akademik, juga RUU-nya juga sudah ada, tetapi memang be­lum sempurna. Adapun lima RUU tersebut, yakni RUU Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Adminin­strasi Kependudu­kan, RUU Perubahan atas UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua, RUU Pe­rubahan atas Undang-Undang No­mor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, RUU Perubahan atas UU Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerin­tahan Provinsi DKI sebagai Ibu Kota NKRI, RUU Perubahan atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik dan RUU Provinsi Bali.

Khusus untuk RUU tentang pe­rubahan Undang- Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemer­intahan Provinsi DaerahKhusus Ibu Kota Jakarta, bisa dijelaskan poin-poin pent­ingnya dalam RUU tersebut?

Saya jelaskan latar belakang dan tujuan dari perubahan atau revisi Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007. Ya, karena sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan penyeleng­garaan pemerintahan DKI Jakarta. Pertimbanganya, karena norma yang diatur tidak cukup untuk mengatasi masalah spesifik yang dihadapi oleh DKI Jakarta. Kemudian, norma yang diatur mengandung ketentuan yang rancu dan multitafsir yang dapat mengakibatkan konflik kewenangan maupun konflik penyediaan sumber daya dalam pe­nyelengga­raan urusan pemerin­tahan DKI Jakarta. Lalu, beberapa norma pengaturan mengandung kontradiksi dengan undang-undang yang lain sehingga tidak dapat dilaksanakan secara baik.

Ibu kota negara nantinya akan dipindah ke Kalimantan Timur. Bisa dijelaskan opsi-opsi status bagi DKI Jakarta setelah nanti ibu kota negara dipindahkan?

Ya, ada beberapa opsi terkait pengaturan kelembagaan terhadap Provinsi DKI Jakarta dengan ad­anya pemindahan ibu kota negara yang akan dituangkan dalam RUU DKI. Opsi pertama, DKI Jakarta berubah menjadi pusat eko­nomi dan bisnis nasional dengan otonomi khusus dipertahankan seperti saat ini.

Maksudnya otonomi khusus yang tetap dipertahankan itu?

Ya, otonomi khusus tetap di provinsi. Gubernur dan Wakil Gubernur tetap dipilih. Kemu­dian kabupaten atau kota tetap merupakan bagian dari provinsi, di mana wali kota atau bupatinya diangkat dari PNS. DPRD juga hanya ada di tingkat provinsi dan kekhususan soal kewenangan di bidang tata ruang, SDA dan lingkungan hidup, pengendalian penduduk dan pemukiman, trans­portasi, industri dan perdagangan, dan pariwisata.

Opsi lainnya apa?

Opsi kedua, Jakarta menjadi daerah otonomi biasa tanpa kekhu­susan, di mana struktur daerah otonom terdiri dari provinsi dan kabupaten atau kota. Kemudian, gubernur atau wagub dipilih. Bu­pati atau wali kotanya juga dipilih. DPRD ada di kabupaten atau kota dan provinsi. Berikutnya, pem­bagian urusan sesuai dengan UU Pemerintahan Daerah. agus supriyatna/AR-3

Tampilkan Semua

Panja Fokus pada Kepastian Hukum dan Kejelasan Pengembalian Uang Nasabah

Jumat 24/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Merespons persoalan besar PT Asuransi Jiwasraya yang menimbulkan potensi kerugian negara sebasar 13,7 triliun rupiah dan merugikan para nasabahnya baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)...
Selengkapnya

Pendataan Rumah Tangga Miskin Masih Lemah

Kamis 23/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah berencana untuk mengubah skema distribusi elpiji 3 kilogram (kg) dari terbuka menjadi tertutup. Kementerin Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan langkah ini bertujuan agar penyaluran subsidi tepat sasaran. ...
Selengkapnya

Korpri Tunggu Konsep dan Simulasi Penyederhanaan Birokrasi

Rabu 22/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah sudah mengebut untuk menyederhanakan struktur birokrasi hanya dua level saja. Penyederhanaan birokrasi cukup dua level ini merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo yang diucapkan saat berpidato usai dilantik jadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Melampaui Hukum Moore

Jumat 24/1/2020 | 07:39
A   A   A   Pengaturan Font

Sirkuit terpadu silikon, yang digunakan da­lam prosesor komputer, mendekati kepadatan layak maksimum transistor pada satu chip - setidaknya, dalam array dua dimensi.

Sekarang, tim insinyur di University of Michigan, AS, te­lah menumpuk lapisan kedua transistor secara langsung di atas chip silikon yang canggih.

Mereka mengusulkan bahwa desain mereka dapat menghilangkan kebutuhan untuk chip kedua yang meng­konversi antara sinyal tegan­gan tinggi dan rendah, yang saat ini berdiri di antara chip pemrosesan tegangan rendah dan antarmuka pengguna tegangan tinggi.

“Pendekatan kami dapat mencapai kinerja yang lebih baik dalam paket yang lebih kecil, lebih ringan,” kata Becky Peterson, profesor teknik elektro dan ilmu komputer dan pemimpin proyek.

Hukum Moore menyatakan bahwa daya komputasi per dolar berlipat ganda kira-kira setiap dua tahun. Sebagai tran­sistor silikon telah menyusut dalam ukuran untuk menjadi lebih terjangkau dan hemat daya, tegangan di mana mere­ka beroperasi juga turun.

Tegangan yang lebih tinggi akan merusak transistor yang semakin kecil. Karena itu, chip pemrosesan canggih tidak kompatibel dengan kom­ponen antarmuka pengguna bertegangan tinggi, seperti panel sentuh dan driver layar. Ini perlu dijalankan pada tegangan yang lebih tinggi un­tuk menghindari efek seperti sinyal sentuhan palsu atau pengaturan kecerahan yang terlalu rendah.

“Untuk mengatasi ma­salah ini, kami menginte­grasikan berbagai jenis perangkat dengan rangkai­an silikon dalam 3D, dan perangkat itu memungkin­kan Anda melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh transistor silikon,” kata Peterson.

FOTO : ISTIMEWA

Karena lapisan kedua tran­sistor dapat menangani tegan­gan yang lebih tinggi, mereka pada dasarnya memberikan masing-masing transistor silikon interpreternya sendiri untuk berbicara dengan dunia luar. Ini mengatasi pertukaran saat ini menggunakan prose­sor canggih dengan chip tam­bahan untuk mengkonversi sinyal antara prosesor dan perangkat antarmuka - atau menggunakan prosesor tingkat rendah yang beroperasi pada tegangan yang lebih tinggi.

Tim Peterson mengelo­la ini dengan menggunakan semikonduktor yang berbeda, yang dikenal sebagai oksida logam amorf. Untuk mene­rapkan lapisan semikonduk­tor ini ke chip silikon tanpa merusaknya, mereka menutup chip dengan larutan yang me­ngandung seng dan timah dan memutarnya untuk membuat lapisan yang rata.

FOTO : ISTIMEWA

Selanjutnya, mereka me­manggang chip sebentar untuk mengeringkannya. Mereka mengulangi proses ini untuk membuat lapisan seng-timah-oksida setebal 75 nanometer - sekitar seperseribu ketebalan rambut manusia. Selama pe­manggangan terakhir, logam-logam tersebut berikatan dengan oksigen di udara, menciptakan lapisan seng-timah-oksida. pur/R-1

Tampilkan Semua

Transistor Fungsional yang Dapat Memproses dan Menyimpan Informasi

Jumat 24/1/2020 | 07:37
A   A   A   Pengaturan Font
Para peneliti memecahkan tantangan berusia puluhan tahun dalam membangun transistor fungsional yang terintegrasi dengan RAM feroelektrik.   Para peneliti telah mencip­takan cara yang lebih layak untuk menggabungkan transistor...
Selengkapnya

I Gusti Ayu Bintang Darmawati : Berdayakan Perempuan dengan Kewirausahaan

Jumat 24/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia digadang-gadang menjadi salah satu negara yang bakal mendapat bonus demografi di masa mendatang. Hal tersebut mesti segera dipersiapkan oleh seluruh sektor, tidak terkecuali sektor pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. ...
Selengkapnya

Komunitas One Day Traveling

Jumat 24/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bisakah wisata ke luar kota hanya dalam satu hari? Ternyata itu bisa dilakukan. Hal tersebut dibuktikan oleh Komunitas One Day Traveling atau komunitas wisata satu hari. Komunitas tersebut berbasis di Jakarta. Para anggota komunitas...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta