Koran Jakarta | May 21 2018
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Pasar Harapkan Suku Bunga Acuan BI Dinaikkan Lagi

Senin 21/5/2018 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
>>Spread imbal hasil 3–4 persen dianggap tak cukup membuat investor global lirik Indonesia. >>Selama impor tinggi, rupiah sulit menguat karena permintaan...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Pasar Harapkan Suku Bunga Acuan BI Dinaikkan Lagi

Senin 21/5/2018 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

>>Spread imbal hasil 3–4 persen dianggap tak cukup membuat investor global lirik Indonesia.


>>Selama impor tinggi, rupiah sulit menguat karena permintaan dollar yang lebih banyak.

 

JAKARTA - Sejumlah kalangan menilai kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia, BI 7- Day Reverse Repo Rate (7DRR), sebesar 25 basis poin (bps) pekan lalu belum memenuhi harapan pasar sehingga gagal mengangkat kinerja kurs rupiah.

Sebab, dengan posisi bunga acuan BI di level 4,5 persen saat ini, imbal hasil investasi portofolio Indonesia dianggap masih kurang menarik.


Obligasi pemerintah AS, US Treasury Bond, tenor 10 tahun kini memberikan yield 3,10 persen. Di sisi lain, Surat Utang Negara (SUN) seri benchmark bertenor sama memberikan yield sekitar 7,14 persen

. Spread atau selisih imbal hasil 3–4 persen tidak cukup untuk membuat investor global melirik Indonesia.


Direktur Biro Riset Infobank, Eko B Supriyanto, sepakat bahwa kenaikan bunga acuan BI harus dilakukan untuk meredam tekanan depresiasi rupiah.

Akan tetapi, kenaikan BI 7DRR sebesar 0,25 persen itu tidak serta merta mampu menghentikan arus modal keluar (capital outflow).


“Kenaikan bunga sebesar itu tampaknya baru memberikan sinyal bahwa bank sentral sudah bertindak.

Makanya, bila rupiah tetap bergejolak, investor asing terus keluar dari pasar saham dan obligasi, BI perlu segera menaikkan kembali bunga acuan,” ujar dia, di Jakarta, Minggu (20/5).


Meskipun rupiah bukan satu-satunya mata uang yang menderita tekanan akibat apresiasi dollar AS belakangan ini, namun mata uang RI itu sepanjang pekan lalu mencetak depresiasi sebesar 1,3 persen atau tertinggi di antara mata uang Asia lainnya.


Pada perdagangan di pasar spot, Jumat (18/5), nilai tukar rupiah terpangkas 98 poin atau 0,7 persen dibandingkan posisi hari sebelumnya, menjadi 14.156 rupiah per dollar AS.

Ini merupakan posisi rupiah terlemah sejak Oktober 2015. Secara year to date (ytd) per 18 Mei 2018, rupiah sudah tergerus lebih dari 4 persen.


Menurut Eko, belum ampuhnya kenaikan bunga acuan BI untuk menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS bukan semata-mata masalah timing, terlambat atau tidak terlambat. Akan tetapi, juga masalah besarnya kenaikan yang di bawah harapan pasar.


Oleh karena itu, lanjut dia, yang harus dilakukan sekarang ini selain kenaikan suku bunga BI, suku bunga penjaminan dollar juga harus naik.


“Saat ini, suku bunga di LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) dollar AS sebesar 0,75 persen. Sementara suku bunga di bank-bank Singapura mencapai 2 persen.

Ada kecenderungan kredit dollar naik akibat kurs yang naik. Di sisi lain, simpanan dalam dollar menurun, akibatnya LDR (Loan to Deposit Ratio) dollar di bank-bank juga naik,” kata dia.


Ruang Kenaikan


Eko mengungkapkan spread bunga acuan BI dan bunga The Fed saat masih dianggap investor terlalu sempit.

“Jika melihat kondisi ekonomi AS saat ini, dapat dipastikan suku bunga BI masih punya ruang lebar untuk naik di samping BI harus tetap masuk ke pasar,” tukas dia.


Dia memaparkan ketika era dana murah, investor asing cenderung tutup mata karena likuiditas melimpah sehingga investasi dalam rupiah masih dianggap menarik. Namun, saat uang murah berakhir mereka akan lebih selektif untuk mengurangi risiko.


“Karena selama spread Indonesia dengan AS dianggap masih kecil, pasti investor akan mempertimbangkan risiko. Dan Indonesia sebagai emerging market memiliki profil risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara maju,” kata Eko.


Apalagi, lanjut dia, suku bunga acuan Bank Sentral AS, Fed Fund Rate (FFR), diprediksi bakal naik 2–3 kali lagi. Makanya, investor cenderung mengalihkan dana ke instrumen dollar AS yang dinilai lebih menjanjikan.


Selain itu, Eko juga mengingatkan agar Indonesia tidak terlena dengan kenaikan peringkat surat utang yang disematkan oleh lembaga pemeringkat internasional.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa rating bukanlah acuan namun sekadar penghargaan. “Sebab, bisa saja sekarang diberikan rating triple A, namun seminggu kemudian perusahaan kolaps. Ini seperti kasus yang terjadi di perusahaan AS, Enron, beberapa tahun lalu,” tukas dia.


Eko menambahkan dalam melihat pergerakan nilai tukar mata uang, yang perlu diperhatikan adalah posisi permintaan dan penawaran.

Jika permintaan dollar tinggi maka harganya akan naik. “Kita impor tinggi, butuh dollar banyak, maka kurs dollar cenderung terus menguat.

Pemerintah juga perlu mewaspadai inflasi dari kenaikan harga barang impor saat rupiah melemah seperti saat ini,” tutur dia. ahm/WP

Tampilkan Semua

Presiden Ajak Rakyat Jaga Persatuan dan Bekerja Keras

Senin 21/5/2018 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dan 20 Tahun Reformasi dengan menjaga persatuan dan bekerja keras. “Mari kita maknai hari kebangkitan nasional...
Selengkapnya

Anwar Ibrahim Puji Kepemimpinan BJ Habibie

Senin 21/5/2018 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden RI ketiga, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, mengingatkan apabila suatu bangsa ingin maju maka teruslah belajar dan bekerja keras. Bahkan, jangan segan belajar dari kesalahan orang lain.   JAKARTA - Mantan Deputi Perdana...
Selengkapnya

KEBAKTIAN DI BAWAH TENDA

Senin 21/5/2018 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
KEBAKTIAN DI BAWAH TENDA - Umat Kristen mengikuti kebaktian di bawah tenda dekat Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jalan Arjuno, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (20/5). Jemaat GPPS Arjuno terpaksa melaksanakan kebaktian di bawah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Kunjungi Tiongkok

Jumat 18/5/2018 | 08:45
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

KPU Makassar Dilaporkan ke Dewan Kehormatan

Jumat 18/5/2018 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR – Panitia Pengawas Pemilu Kota Makassar berencana melaporkan KPU Makassar ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu setelah menolak menjalankan putusan memasukkan kembali pasangan calon Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari...
Selengkapnya

Sudrajat-Syaikhu Terancam Absen Pada Debat Publik Ketiga

Jumat 18/5/2018 | 08:35
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG – Kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Sudrajat-Ahmad Syaikhu terancam absen pada debat publik ketiga Pilgub Jabar, jika terbukti telah melanggar tata tertib Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat debat kedua di...
Selengkapnya

Plt Bupati Bengkulu Selatan

Jumat 18/5/2018 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Pesawat Bomber Tiongkok Mendarat di LTS

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Sejumlah pesawat bomber Tiongkok diwartakan pada Sabtu (19/5) dilaporkan telah mendarat di sebuah pulau di perairan sengketa Laut Tiongkok Selatan (LTS). Pendaratan bomber yang baru pertama kali dilakukan itu, diyakini bisa menyulut ketegangan baru diantara negara-negara yang bersengketa atas kawasan perairan itu.

“Sejumlah pesawat bomber dengan beragam tipe termasuk H-6K yang memiliki daya jelajah jauh dan mampu melakukan serangan nuklir, telah melakukan latihan pendaratan dan lepas landas di sebuah landasan sebuah pulau, setelah mereka melakukan latihan penyerangan terhadap target di lautan,” demikian pernyataan Angkatan Udara Tiongkok pada Jumat (18/5) tengah malam.

Menurut analisis dari LSM Asia Maritime Transparency, landasan yang dimaksud berada di Pulau Woody di Kepulauan Paracel, yang juga diklaim kepemilikannya oleh Vietnam dan Taiwan.

Menurut pakar pertahanan Tiongkok, Wang Mingliang, latihan yang dilakukan pesawat bomber di LTS bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas tempur Angkatan Udara saat menghadapi ancaman keamanan maritim. Sementara itu Amerika Serikat mengecam latihan dan militerisasi Tiongkok di LTS serta menegaskan bahwa kawasan Indo-Pasifik akan tetap bebas dan terbuka.


AFP/AlJazeera/I-1

Tampilkan Semua

Venezuela Gelar Pemilihan Umum

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
CARACAS – Ditengah krisis ekonomi yang parah, Venezuela pada Minggu (20/5) menggelar pemilihan umum. Walau diboikot oleh oposisi dan dikecam oleh komunitas internasional, pemilu itu diperkirakan akan dimenangkan kembali oleh kubu...
Selengkapnya

Trump dan Moon Bahas Ancaman Korut

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in, telah membahas ancaman Korea Utara (Korut) yang akan membatalkan pertemuan tingkat tinggi dengan AS. Hal itu diumumkan kantor...
Selengkapnya

Motif Penembakan di SMU Santa Fe Masih Misteri

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
SANTA FE – Pihak kepolisan Texas hingga Sabtu (19/5) masih belum bisa membeberkan motif penembakan yang terjadi di sebuah SMU di Kota Santa Fe, Texas. Penembakan yang dilakukan oleh seorang murid kelas 11 bernama Dimitrios...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Permintaan Blewah Naik

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Petani memanen buah blewah di Desa Pecuk, Indramayu, Jawa Barat, Minggu (20/5). Memasuki Ramadan, permintan buah blewah yang dijual seharga 13.000 rupiah per kilogram tersebut meningkat hingga 70 persen.

Tampilkan Semua

Makanan Olahan Alternatif

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dua pekerja menjemur makanan olahan tomat rasa kurma di salah satu industri rumahan di Ampelgading, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/5). Makanan alternatif sajian saat berbuka puasa seharga 17-35 ribu rupiah per...
Selengkapnya

Urai Kemacetan, Pemerintah Beri Diskon Tarif Tol

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Pada mudik lebaran tahun ini, pemerintah bersama badan usaha jalan tol (BUJT) memberikan diskon tol sebesar rata-rata 10 persen di seluruh ruas tol. Diskon diberikan untuk mengurai kemacetan sehingga pengguna jalan bisa...
Selengkapnya

Sriwijaya Air Group Siapkan 125 Ribu Kursi Ekstra

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pelanggan menjelang dan setelah lebaran 1439 H, Sriwijaya Air bersama Nam Air menyiapkan penerbangan ekstra atau extra flight ke berbagai penjuru kota tujuan di Indonesia. Dengan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Sumsel Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Senin 14/5/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sebentar lagi, tepatnya di Agustus 2018, akan digelar pesta olahraga Asian Games 2018, di Jakarta–Palembang, Sumatera Sela­tan (Sumsel). Persiapan telah dilakukan pemerintah dan atlit beserta official Indonesia mu­lai dari perbaikan sarana dan prasarana pertandingan hingga anggaran yang dikeluarkan.

Dengan ditunjuknya Sum­sel sebagai tuan rumah Asian Games, membuktikan Sumsel adalah provinsi yang aman karena syaratnya cukup berat dan ketat. Ini bukti bahwa Sumsel mempunyai citra baik di mata dunia internasional.

Untuk mengetahui apa yang telah dan akan dilakukan jaja­ran Pemerintah Provinsi (Pem­prov) Sumsel dalam menggelar Asian Games 2018 di Palem­bang, wartawan Koran Jakarta, Agus Supriyatna, berkesem­patan mewawancarai Guber­nur Sumsel, Alex Noerdin, di Palembang, baru-baru ini. Beri­kut petikan selengkapnya.

Bagiamana persiapan Asian Games di Palembang?

Ya, di Indonesa, hanya Palembang dan Jakarta yang jadi tuan rumah Asian Games. Ini juga sudah dipromosikan ke seluruh dunia. Kalau kita tur, di airport di 45 negara, sudah ada logo ini (Asian Games). Di negara Asia sudah dipromosikan.

Bagaimana sampai bisa Palembang ditunjuk sebagai tuan rumah?

Ada beberapa persyaratan untuk jadi tuan rumah Asian Games. Ini kan hanya seting­kat di bawah Olimpiade. Jadi syaratnya berat dan ketat. Salah satunya masalah kon­dusivitas daerah. Sumsel ini belum pernah terjadi benturan antaretnis agama. Insya Allah tak akan terjadi.

Jadi Sumsel provinsi zero konflik?

Ya, zero konflik, ini sudah dikenal oleh dunia interna­sional.

Keunggulan lainnya?

Kami ini pengalaman menggelar PON, Sea Games, Islamic Games, dan event-event internasional lainnya. Semuanya berlangsung de­ngan damai dan sukses. Lalu, kami pernah jadi tuan rumah Asian University Games. Su­dah ada 42 kali sports event internasional. Jadi mere­but tuan rumah (Asian Games) ini tak mudah.

Contohnya apa?

Jakabaring Sports City adalah bukti ke­sungguhan hati kami. Bayangkan, pada 2010, ini masih rawa- rawa. Tapi 11 bulan kami sulap jadi kota olahraga. Padahal, itu diba­ngun saat cuaca ekstrem dan dana tak jelas. Tapi 11 bulan jadi seperti ini.

Jakabaring ini standarnya in­ternasional. Kolam renang yang digunakan saat Sea Games dari stainles steel. Salah satu terbaik di Asia. Lapangan tembak su­dah digunakan saat Sea Games, untuk Asian Games ditambah fasilitasnya, ini sudah selesai. Ini juga terbaik.

Arena bowling harusnya di Jakarta yang jadi tuan rumah. Tapi karena arena sudah tua, dialihkan ke kami. Hanya beberapa bulan, sudah se­lesai dan ini arena terbaik di Asia. Untuk lomba dayung, the best in the word. Sekarang per­baikan taman, penghijauan.

Pemerintah pusat banyak bantu?

Tentu pemerintah pusat banyak membantu. Asian Games ini kan alat mencapai tujuan. Kami seba­gai tuan rumah dapat jalan tol, dan lain-lain. Kami dapat light railway transit (LRT), ada 13 stasiun. Ini satu-satunya LRT yang lewat atas sungai di dunia. Ya, Asian Games tinggal hitungan hari. Insya Allah, bersama Jakarta kami akan membuat bangga Indonesia.

Sosialisasi Asian Games sendiri ke publik atau masyarakat bagaimana?

Ini juga terus dilakukan. Saya sudah meminta camat dan lurah di wilayahnya ma­sing-masing ikut berpartisipasi menyukseskan Asian Games Jakarta–Palembang. Semua pihak saya minta ikut terlibat langsung dalam menyosialisasi Asian Games ini.

Ini kan waktu pelaksanaan sebentar lagi, masih banyak yang harus dibenahi. Maka dari itu, saya minta semua stake­holder mulai dari wali kota, TNI, Polri, hingga ke camat dan lurah untuk meningkatkan partisipasi Asian Games.

Arti penting Asian Games bagi Sumsel seperti apa?

Kesuksesan pelaksanaan Asian Games mendatang ada­lah pertaruhan harga diri bagi kami. Makanya, semua lapisan masyarakat harus siap untuk mendukung event olahraga internasional ini.

Manfaat Asian Games bagi Sumsel?

Sumsel akan menda­patkan banyak manfaat saat event Asian Games berlangsung. Ini kan bisa menjadi jalan untuk mencapai tujuan tertentu dalam menyejahterakan masyarakat. Ingat, Asian Games adalah suatu alat untuk mencapai tujuan, termasuk dalam meningkatkan pereko­nomian masyarakat. Contoh­nya saja, LRT, jalan tol, dua jembatan Musi, rumah sakit, dan perluasan bandara. Itu se­mua karena ada Asian Games di sini.

Progres infrastruktur pen­dukung bagaimana?

Ada tiga infrastruktur lain­nya akan selesai pada 2018. Ketiga infrastuktur itu adalah LRT yang merupakan transpor­tasi pendukung dari bandara ke Jakabaring Sport City (JSC), kemudian Tennis Convention Hall, dan rowing. Untuk LRT ditargetkan selesai Februari 2018. Perlu tiga empat bulan untuk conditioning, sementara mulai beroperasi pada Juni 2018. Tennis Convention Hall sendiri baru selesai akhir Mei atau awal juni 2018.

Sementara itu, kami juga akan membangun venue row­ing yang merupakan terbaik di dunia. Jadi secara keseluruhan pada Juni 2018, semua pem­bangunan di Palembang akan rampung. Pokoknya Palem­bang jadi kota paling cantik di Indonesia.

Tennis Convention Hall ini yang menarik. Atapnya bisa tertutup dan terbuka. Nanti­nya, Tennis Convention Hall bisa multifungsi bukan hanya untuk menggelar pertanding­an tenis, tapi juga bisa diguna­kan untuk pagelaran konser, rapat besar, atau kegiatan lain. Kapasitasnya muat 7.000 orang.

N-3

Tampilkan Semua

Semarang, Pemda dengan Kinerja Tertinggi

Senin 30/4/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Baru-baru ini, Kemen­terian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali menetapkan Pemkot Semarang sebagai pemerintah daerah de­ngan kinerja tertinggi di Indone­sia pada tahun 2018 ini. Kepedulian Pemkot Sema­rang salah satunya...
Selengkapnya

Jaga Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran di Jatim

Senin 23/4/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pangan merupakan kebutuhan dasar dan menjadi salah satu hak asasi manusia. Hal itu seba­gaimana diatur dalam Pasal 27 UUD 1945 maupun dalam De­klarasi Roma (1996). Persoalan pangan mempunyai arti yang sangat penting bagi...
Selengkapnya

Pemkab Terus Kembangkan Sektor Wisata Situbondo

Senin 16/4/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
   Situbondo yang berada di daerah pesisir utara Pulau Jawa memiliki wilayah seluas 1.638 kilome­ter persegi. Letak kabupaten yang masuk kawasan Tapal Kuda (Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Calon Penerima Beasiswa

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Peserta bertanya mengenai proses recruitment pada ajang sharing session “Apple Developer Academy Talent Hunt” di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/5). Ajang ini bertujuan untuk mencari 200 penerima beasiswa dan dididik menjadi World Class Developer. Setiap peserta yang lolos akan mendapatkan program Full Scholarship with Stipend Qualified Candidates, serta selama kelas berlangsung para peserta akan dipinjamkan sejumlah produk Apple seperti MacBook dan iPhoneX.

Tampilkan Semua

Konsep Natural dengan Warna Lembut

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Rumah dengan desain dominan kayu tidak lekang oleh perkembangan model. Rumah bergaya rustic ini biasanya sering dikaitkan dengan konsep yang dekat dengan alam. Dengan desain kayu, biasanya, furnitur pada ruangan sengaja tidak melalui...
Selengkapnya

Hemat Biaya dengan Skema Rumah Tumbuh

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Penyediaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah oleh pemerintah dan pengembang perumahan terus menyisakan persoalan mendasar, yakni tak terbendungnya kenaikan harga tanah dan material bangunan. Persoalan keuntungan bisnis...
Selengkapnya

Paduan Warna dan Furnitur Simpel untuk Ruang Mungil

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tren desain rumah yang akhir-akhir ini berkembang adalah tren desain ruang keluarga dan ruang tamu berukuran kecil. Banyak pemilik rumah berpikir bahwa hal tersebut akan menghemat ruang yang ada sehingga mereka dapat memaksimalkan desain...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Kesejahteraan Pengemudi “Online”

Kamis 17/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata (kedua kanan) dan Dirut Bank BTN, Maryono (kedua kiri), sebelum penandatanganan perjanjian kerjasama penyaluran KPR subsidi bagi para mitra pengemudi GrabBike di Jakarta, Selasa (15/5). Grab Indonesia, perusahaan transportasi online, berharap melalui kerjasama ini dapat membantu ribuan mitra pengemudi yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mewujudkan impian memiliki rumah, sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan pokok mereka dan meningkatkan kesejahteraan mitra pengemudi.

Tampilkan Semua

Vendor Mulai Rilis Panggilan Video 5G

Kamis 17/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi jaringan telekomunikasi seluler 5G mampu menciptakan sebuah komunikasi baru. Dalam sebuah ujicoba oleh Oppo, di Oppo Global Research Institute, yang berpusat di Shenzhen, Tiongkok,vendor ini berhasil mendemonstrasikan panggilan...
Selengkapnya

Rekam Wajah Teroris via Kamera AI

Kamis 17/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tengah maraknya aksi terorisme teknologi kamera berbasis AI sangat diperlukan. CCTV dengan teknologi kecerdasan buatan memudahkan manusia dalam menjalankan bermacam tugas, seperti mengenali wajah penjahat, membaca plat nomor...
Selengkapnya

Tren Ponsel Usung Fitur Google Assistant

Kamis 17/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ponsel LG G7ThinQ yang dikenalkan di Seoul Korea Selatan pada 2 Mei lalu menawarkan keunggulan kemampuan Google Assistant, kamera berbasis kecerdasan buatan (AI), RAM besar, dan prosesor gahar. Dengan Google Assistant, maka ponsel ini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Iconic Bike

Rabu 16/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Suryanation Committee, Ferry Ariawan bersama pembuat motor iconic bike, Franky Mori (kiri) memperkenalkan iconic bike Suryanation Ride berbasis motor Ducati Monster bergaya Scramler pada ajang Suryanation Motorland 2018 seri ketiga di Lapangan Terbang Pondok Cabe, Tangerang, Banten, Sabtu (12/5). Seri ketiga rangkaian Suryanation Motorland Battel mengusung tema Live to Inspire ini menjadi ajang pembuktian bagi builder-builder di wilayah Jabodetabek untuk menunjukkan motor-motor buatan mereka.

Tampilkan Semua

Kabin Ganda Usung Fitur Canggih

Rabu 16/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Merayakan 100 tahun Chevrolet  yang lahir pada 1918, General Motor menghadirkan Chevrolet Colorado Centennial 2018. Produk ini adalah sebuah mobil kabin ganda yang ditawarkan dalam unit terbatas, dengan penampilan khusus khas...
Selengkapnya

Performa Tangguh SUV Mewah

Rabu 16/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Merek SUV premium asal Inggris menawarkan dua model terbaru yaitu News Range Rover dan Range Rover Sport. Mobil yang bisa dipakai untuk offroad ini menawarkan performa lebih dinamis dan kemewahan.  Mobil premium Land Rover tampil...
Selengkapnya

Terbukti Nyaman dan Efisien

Rabu 16/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Akhir pekan awal bulan ini menjadi waktu yang tepat untuk melepaskan penat bersama keluarga ke luar kota, tepatnya ke kota Bandung, Jawa Barat. Berbekal seperlunya, berangkatlah kami menuju Varij van Java dari kota satelit Depok. Pagi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Cavaliers Rebut Gim Ketiga Final Wilayah

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

CLEVELAND - Cleveland Cavaliers akhirnya berhasil merebut gim ketiga final Wilayah Timur NBA 2018. Pada gim ketiga yang dihelat di Quicken Loans Arena, Minggu (20/5) WIB, Cavaliers yang tertinggal 0-2 berhasil menang dengan skor telak 116-86 atas Boston Celtics.

Tuan rumah langsung tancap gas dengan mencetak 32 poin berbanding 17 milik Celtics. Di kuarter kedua, Celtics bisa melawan tapi tetap saja mereka tak mampu mengadang Cavs yang membuat 29 poin sementara tim tamu hanya 86. Cavaliers menutup paruh pertama gim dengan 61-41.

Tuan rumah sedikit menurunkan tempo di kuarter ketiga dengan hanya membuat 26 poin tapi Celtics juga tak mampu mengejar. Rasio tembakan yang buruk dari para pemain jadi penyebabnya, 39,2 persen dari tembakan dua angka dan 27,3 persen dari tembakan tiga angka.

Pada kuarter keempat Celtics makin terbenam dan tak mampu lagi mengejar Cavs untuk akhirnya kalah dengan selisih jauh, 86-116.

Di laga ini LeBron James menjadi bintang Cavaliers dengan double-double yakni 27 poin dan 12 assist. Kecemerlangannya ditopang Kevin Love yang bermain apik di bawah ring dengan 13 poin dan 14 rebound. Kyle Korver juga mendonasikan 14 poin.

Selain itu, para pemain seperti George Hill, JR Smith, dan Tristan Thompson juga mencetak dua digit poin sehingga membantu Cavs tampil gemilang.

Di kubu Celtics, Jayson Tatum dengan 18 poin disusul Terry Rozier dengan 13 poin. Gim keempat masih dihelat di kandang Cavaliers Selasa WIB. AFP/S-2

Tampilkan Semua

Timnas Panjat Tebing di Puncak Dunia

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Timnas panjat tebing Indonesia menggeser RuSsia dan menduduki peringkat pertama dunia sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC) usai menyelesaikan kejuaraan dunia di Tai’an,...
Selengkapnya

Svitolina Pertahankan Gelar Roma Open

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
ROMA - Petenis cantik asal Ukraina, Elina Svitolina, berhasil mempertahankan gelar Italia Terbuka setelah pada final di Foro Italico, Minggu (20/5), menang mudah atas teratas, Simona Halep. Sang juara bertahan, Elina Svitolina,...
Selengkapnya

Lawan Berat Adang Tim Uber Indonesia

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tim Uber Indonesia dipastikan bakal mendapatkan perlawanan sengit dari Malaysia pada pertandingan pertama grup D, hari ini. BANGKOK - Manajer tim Indonesia untuk Piala Thomas/Uber 2018, Susy Susanti, memprediksi akan terjadi persaingan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Puisi Menyambut 20 Tahun Reformasi

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Aargh Reformasi

Pengarang : Berthold Sinaulan

Penerbit : Nulisbuku Jendela Dunia Publishing

Edisi : Cetakan I, Mei 2018

ISBN : 978-602-6598-43-1

Menyambut dan memperingati 20 tahun peristiwa Reformasi 1998 yang berwujud pada penggantian rezim pemerintahan dan banyaknya perubahan di negara ini, terbit sebuah kumpulan puisi berjudul Aargh Reformasi. Buku ini berisi 55 puisi yang ditulis dalam kurun 1998–2008.

Kumpulan puisi ini diberi pengantar Prof Dr Toeti Heraty N Roosseno, seorang guru besar filsafat yang juga budayawan dan perempuan penyair Indonesia.

Seperti dituliskan dalam Catatan Awal kumpulan puisi ini, setelah 20 tahun Reformasi bergulir, sampai di manakah negeri ini? Sudah berhasilkah perjuangan Reformasi 20 tahun lalu itu? Disebutkan pula, seharusnya ada lebih banyak puisi yang ditulis. Namun, inilah yang ditampilkan dalam kumpulan puisi ini. Ada dua hal yang menyebabkan.

Pertama, sebagian puisi disimpan dalam memori komputer lama yang rusak dan tidak berhasil ditemukan kembali. Kedua, sebagian memang dengan sengaja telah penulis singkirkan. Tepatnya disimpan kembali karena dianggap belum layak dipublikasikan.

Sang penulis juga mengakui, semua puisi yang ada di sini sederhana. Puisinya juga mudah ditebak karena memang tak bermaksud merahasiakan apa pun. Baca saja dan semoga langsung mengerti artinya. Hampir tak ada kiasan, permainan kata, dan sebagainya.

Semua biasa saja. Walaupun demikian, kumpulan puisi ini tetap diterbitkan sebagai tanda pengingat bagi semua tentang jejak Reformasi. Sejak menjelang Presiden Soeharto turun, kemudian digantikan BJ Habibie, Gus Dur, Megawati Soekarnoputri, SBY, dan kini Joko Widodo.

Puisi yang dijadikan judul kumpulan ini, Aargh Reformasi, merupakan tulisan terbaru. Isinya menceritakan betapa pada 1998 semua sama-sama bergandeng tangan berusaha mengubah negeri menjadi lebih baik. Tetapi 20 tahun kemudian, tak tercapai, sebagaimana dituliskan di akhir puisi tersebut:

“Dan sekarang semuanya, cuma sibuk berebut kekuasaan, rakyat pun ditinggalkan, aargh!”

Semoga kumpulan puisi membantu mengingatkan kembali para pembaca bahwa Reformasi yang dicetuskan pada 1998 belum selesai. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Jadi, tujuan penerbitan kumpulan puisi ini sekadar mengingatkan, tak lebih.


Diresensi Tri Wahyuni W, peminat sastra

Tampilkan Semua

Koopssusgab dan Rasa Aman

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh DR Joyakin Tampubolon Negara sekurang-kurangnya harus memenuhi pemerintahan, wilayah, warga, dan pengakuan dari negara lain. Indonesia negara besar, kaya, dengan jumlah penduduk 265 juta jiwa. Rakyat tersebar di seluruh wilayah...
Selengkapnya

200 Mubalig

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Agama (Kemenag) merilis 200 nama penceramah atau mubalig yang direkomendasikan untuk mengisi pengajian di masyarakat. Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, mereka hasil masukan tokoh agama, masyarakat, dan ormas...
Selengkapnya

Kharisma Bisa Ditumbuhkan

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan : Bu Rossa, apa itu kharisma dan bagaimana agar bisa memilikinya? Jawaban : Coba perhatikan deh rekan-rekan kerja anda di kan­tor. Adakah yang wajah dan penampilannya biasa-biasa saja tetapi cukup menyenang­kan,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Penyakit Hati Kronis yang Tak Bergejala

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pasien yang sudah mengalami sirosis hati, maka pengobatan yang harus dilakukan adalah transplantasi hati. Transplantasi hati adalah terapi utama pada pasien yang sudah mengalami gagal hati.

Jumlah pasien penyakit hati kronis di Indonesia sudah berada di ting­kat yang mengkhawatirkan. Me­nurut data dari Kemenkes, jumlah pasien penyakit hati kronis mencapai 20 juta jiwa di mana 20-40 persen di an­taranya berpeluang mengembangkan penyakit menjadi sirosis hati. Kondisi ini tentu membuat fungsi hati meng­alami gangguan.

Penyebab penyakit hati bisa ber­macam-macam, salah satunya karena virus hepatitis. Jika organ hati terserang virus kondisinya akan bertambah parah, dan bila dibiarkan kondisinya menjadi fibrosis hati yang berlanjut ke sirosis. Jangka perkembangan dari penyakit hati itu memang terbilang lama, bisa 20-25 tahun, kemudian yang kian memperburuk keadaan penyakit ini cenderung sulit dideteksi karena tak bergejala, sehingga tak mengheran­kan apabila banyak pasien yang ‘kaget’ ketika mendapati kondisi kesehatan hatinya itu.

Untuk melawan penyakit mematikan itu yang perlu dilakukan ialah dengan transplantasi hati. Ketua Tim Trans­plantasi Organ dan Jaringan, Dr. dr. Hanifah Oswari, SpA(K) dalam acara konferensi pers tentang ‘Perkembang­an Transplantasi Hati’ di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) beberapa waktu lalu menceri­takan transplantasi hati merupakan terapi untuk gagal hati tahap lanjut, dan sudah mulai dikerjakan sejak 1963 pada orang mati (kadaverik), sedangkan transplantasi hati donor hidup mulai dikerjakan sejak 1988.

“Transplantasi hati yang dikerjakan di Indonesia saat ini hanya trans­plantasi hati donor hidup, yaitu sebagian hati diambil dari donor lalu dicangkokkan ke penerima hati (resipien). Kemudian di Indone­sia sendiri operasi transplantasi dimulai sejak 2006 di RSCM,” terangnya.

Perkembangan transplantasi hati di Indone­sia tidak terlalu pesat karena terbentur masalah medis, donor, dan lain sebagainya, sehingga hanya bisa dikerjakan pada 1 atau 2 pasien setiap tahunnya. Na­mun memasuki 2015 hingga kini, ada titik cerah dalam pengembang­an trans­plan­tasi hati khusus­nya di RSCM, kini mereka bisa mengerjakan 8-14 pasien/tahun.

Jumlah pasien yang telah dikerjakan hingga saat ini 47 pasien, terdiri dari 6 dewasa dan 41 anak. Selama 8 tahun, dari 47 pasien tersebut, angka bertahan hidup selama 1 tahun setelah operasi adalah 87 persen. Sementara, semua donor berhasil dioperasi dengan baik dan tidak menimbulkan komplikasi. Angka ini tidak berbeda dengan di luar negeri, misalnya Jepang yang menca­pai 89 persen.

Separuh Hati

Transplantasi hati pada donor hi­dup, hanya diambil sebagian hati. Ke­tua Departemen Medik Ilmu Bedah RSCM , Dr. dr. Toar J.M Lalisang, SpB(K)BD, menjelaskan sebagian hati yang diambil itu nantinya akan kem­bali ke volume sebelumnya, setelah 3 bulan.

“Memang ada ketakutan soal risiko adanya komplikasi karena sebagian hati yang didonorkan. Tapi sebenarnya tidak menakutkan. Sebagian hati yang didonor­kan akan utuh lagi,” kata Toar.

Untuk proses transplan­tasi hati, Toar menjelaskan ter­bagi menjadi delapan segmen. “Untuk transplantasi pada anak dari 8 segmen paling dibutuhkan cuma 2 segmen, sedangkan orang dewasa kira-kira 50 persen dengan pertimbangan hati yang tersisa tidak boleh mengganggu fungsi kehidupan pendonor,” ungkapnya.

Untuk menjadi pendonor tidak mu­dah, ada serangkaian prosedur yang terbilang ketat. Hal ini dilakukan guna menjamin keberhasilan transplantasi baik karena donor maupun resipien menghadapi risiko, sehingga dari awal harus sangat lengkap.

Untuk sampai ke tahap transplan­tasi, memang ada beberapa tahapan yang harus dilewati resipien maupun pendonor. “Skrining meliputi usia, go­longan darah, serta fungsi hati, ginjal, dan organ lain. Pendonor yang diterima harus berusia 18-60 tahun dan risipien kondisinya harus betul-betul baik apa­bila dilakukan operasi. Selanjutnya ada skrining CT Scan, MRI, termasuk biopsi untuk yakin betul jika livernya betul-betul normal, baru setelah itu bisa di­lakukan transplantasi,” ungkap Dokter Andri, dari Departemen IPD Divisi Gastroenterologi Hepatologi.

Tim dokter pun memiliki metode yang dikenal dengan MELD score, yaitu perhitungan yang menentukan boleh tidaknya transplantasi dilakukan. Kalau skornya kurang dari 15, maka fungsi hati masih cukup baik bisa diobati me­lalui obat-obatan. “Tapi kalau sudah lewat dari 30 tidak disarankan untuk melakukan transplantasi,” jelasnya.

Melalui rangkaian yang panjang itu, Andri menuturkan sebisa mung­kin donor menjadi pilihan alternatif saja. “Saat skrining dicari yang paling baik dan risiko paling ringan sehingga itu yang dipilih. Kadang-kadang saat skrining baru diketahui jika ada penya­kit yang memberatkan atau kelainan anatomi,” ungkapnya.

Khusus pendonor pun direkomen­dasikan tidak hanya satu orang, mesti ada pendonor alternatif untuk berjaga-jaga bila salah satu di antara pendonor tidak masuk kriteria yang tepat. ima/R-1

Jaga Keseimbangan Tubuh

Kunci utama untuk menjaga kesehatan organ hati dengan mengatur konsumsi dan pola makan sehat, ini perlu di­lakukan sedini mungkin agar dapat menjaga keseimbangan tubuh. Perlu diketahui hati merupakan salah satu organ tubuh yang ber­peran penting dalam sistem pencernaan.

Tak hanya itu fungsi hati lainnya yaitu mendetoksifikasi dan membersihkan tubuh dengan menyaring darah dari racun yang masuk melalui saluran pencernaan, kulit, dan sistem pernapasan. Agar fungsi penting hati ini ini berjalan maksimal, berikut makanan alami yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan hati.

  1. Sayuran berdaun hijau

Beberapa jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan sawi merupakan beberapa jenis asupan makanan sehat yang memiliki banyak kandungan klorofil atau zat hijau daun. Zat hijau daun sangat berguna untuk mening­katkan efisiensi kinerja hati sehingga hati lebih sehat. Makin efisien hati dalam bekerja maka efek samping dari racun yang terkandung dalam makanan seperti pestisida dan kandungan logam berat dapat dihilangkan di dalam tubuh.

  1. Konsumsi buah kaya vitamin C

Tak dipungkiri buah-buahan yang kaya vitamin C sangat berguna seba­gai antiinflamator di dalam tubuh sehingga hati menjadi lebih sehat. Selain itu, kan­dungan vitamin C dalam buah-buahan juga berguna sebagai antioksidan alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh se­hingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  1. Teh Hijau

Teh sejak dulu memang dikenal memi­liki manfaat super bagi kesehatan, teh hijau dalam hal ini memiliki kemampuan khusus menjaga kesehatan hati dan menangkal ber­bagai dampak negatif radikal bebas. Selain itu, kandungan catechin di dalam teh hijau juga sangat efektif untuk membersihkan hati dari racun dan berbagai jenis kotoran. Untuk memperoleh manfaat teh hijau, Anda dapat minum satu cangkir teh hijau setiap hari.

4.Air Putih

Rekomendasi terakhir untuk mejaga kese­hatan hati Anda ialah dengan menjaga hidrasi tubuh, pastikan setiap hari Anda mengon­sumsi 8 gelas air putih. Melalui jaga hidrasi ini selain membuat tubuh menjadi bugar, racun dalam tubuh juga akan ternetralkan melalui langkah kinerja hati dapat lebih mudah, atau setidaknya terbantukan. ima/R-1

Tampilkan Semua

Nikita Willy Jaga Kebugaran Saat Berpuasa

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tetap bekerja meski berpuasa. Be­gitulah yang juga dilakoni aktris dan model Nikita Willy selama bulan Ramadan ini. Nikita mengaku sudah terbiasa menjalani syuting pada saat berpuasa. “Mungkin udah terbiasa ya, selama Ramadan...
Selengkapnya

Baby Margaretha Gelar Acara Baby Shower

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kebahagiaan tampaknya tengah dirasakan Baby Margaretha dan suami, Christian Bradach. Dua bulan setelah menggelar pernikahan pada April 2018 lalu, Baby dan Christian sudah mengge­lar acara baby shower. Seperti diketahui, acara baby...
Selengkapnya

Representasi Kemandirian Duke and Duchess of Sussex

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sabtu,19 Mei 2018 merupakan hari yang menggembirakan bagi rakyat Inggris. Pasalnya Pangeran Harry resmi menikah dengan aktris Hollywood Meghan Markle. Keduanya menikah di St. George’s Chapel, Windsor Castle, di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
Megapolitan

Penjualan Meningkat

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penjualan busana muslim di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (20/5). Pada Bulan Ramadan permintaan busana muslim
naik hingga 10 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Tampilkan Semua

Museum Kebangkitan Nasional

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pelajar mengamati diorama sejarah di Museum Kebangkitan Nasional (ex Gedung Stovia), Jakarta Pusat, Sabtu (19/5). Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati pada 20 Mei merupakan refleksi mengenang masa dimana bangkitnya rasa dan...
Selengkapnya

Sosialisasi Asian Games

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Warga berjalan di samping maskot Asian Games 2018 di Taman Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/5). Maskot Asian Games 2018 yang dipasang di taman tersebut sebagai bagian sosialisasi kepada masyarakat tentang ajang multi event...
Selengkapnya

Paket “Jakarta Ramadan Hot Deals” Mampu Dongkrak Wisman

Senin 21/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meluncurkan Paket Jakarta Ramadan Hot Deals, yang merupakan rangkaian dari Jakarta Weekend Hot Deals Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018. Untuk mendongkrak tingkat hunian kamar hotel...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

TNI dan Polri Sudah Sepakat tentang Definisi Terorisme

Rabu 16/5/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Wacana mempercepat pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme tengah menjadi sorotan pasca-serangkaian aksi teror yang terjadi belakangan ini.

 

Presiden Joko Widodo bahkan mendesak DPR agar segera menyelesaikan revisi revisi Undang-Undang Antiterorisme itu.

Presiden mengancam akan menerbitkan Perppu jika pada masa persidangan Mei hingga Juni 2018 revisi UU itu belum selesai. Revisi UU ini sudah diajukan pemerintah kepada DPR pada Februari 2016 yang lalu.


Revisi UU ini merupakan sebuah payung hukum yang penting bagi aparat Polri untuk bisa menindak tegas terorisme dalam pencegahan maupun dalam penindakan.


Dua subtansi yang masih diperdebatkan yakni definisi terorisme dan pelibatan TNI. Definisi terorisme itu penting sebagai parameter awal menentukan sebuah tindakan masuk kategori terorisme atau bukan dan membedakan antara tindak pidana makar dan terorisme.


Untuk mengetahui lebih jauh tentang perkembangan dua subtansi yang belum disepakati di dalam revisi UU Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003, berikut wawancara Koran Jakarta dengan Menko Polhukam Wiranto. Berikut petikannya:


Apakah benar pengesahan revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme sempat tertunda karena belum adanya kesepakatan di internal pemerintah mengenai definisi terorisme ?


Dari pihak pemerintah sendiri, memang ada perbedaan paham, tapi sudah diluruskan masalah definisinya, antara pihak TNI dan Polri.

Sehingga frase mengenai masalah ideologi, masalah politik, masalah keamanan nasional, yang masuk dalam definisi itu sudah terselesaikan dengan cara-cara yang lebih akomodatif.


Apakah definisi yang disepakati ini terkait pelibatan TNI?


Betul. Definisi ini menentukan apakah TNI bisa dilibatkan dalam pemberantasan terorisme.


Bisa dijelaskan bagaimana bunyi definisi terorisme yang sudah disepakati itu?


Sudah ada. Bunyinya ada. Enggak usah terperinci. Saya enggak usah mengajak masyarakat mendiskusikan masalah ini. Yang penting masyarakat tenang, beraktivitas seperti biasa, enggak usah takut dengan ancaman.


Dengan definisi yang sudah disepakati itu, apakah TNI sudah bisa dilibatkan?


Bisa. Saya katakan sudah selesai enggak usah ada debat lagi.


Apakah Polri juga sudah sepakat?


Sudah. Polri juga kan saya bicara dengan polri, dengan Panglima TNI, udah selesai semua, gak usah dipolemikkan.


Lalu, poin proses pelibatan TNI sendiri bagaimana?


Pelibatan TNI juga sudah dimasukkan di situ, sudah sepakat kita, karena UU TNI, TNI bisa dilibatkan untuk masalah yang berbentuk melawan terorisme.

Caranya bagaimana, akan diatur dalam Peraturan Presden Ini udah selesai, gak usah dipolemikkan lagi.


Pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme pada dasarnya telah diatur dalam pasal 7 ayat 2 Undang-Undang No. 34 tahun 2004 tentang TNI.

Di sisi lain, kejahatan terorisme tak lagi bisa ditangani secara parsial, melainkan harus melibatkan seluruh pihak pemangku kepentingan. m fadloli/AR-3

Tampilkan Semua

Penyelenggara Pemilu Dituntut Miliki Integritas Tinggi

Jumat 11/5/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Beberapa waktu Koalisi Masyarakat Sipil menilai kinerja penyelenggara pemilu periode 2017–2022 di tahun pertamanya menjabat. Dalam kesempatan itu, Koalisi Masyarakat Sipil menilai kinerja penyelenggara pemilu dalam aspek kemandirian dan...
Selengkapnya

Kalau HTI Mau Banding, Silakan

Rabu 9/5/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) pada Senin (7/5) menolak gugatan yang dilayangkan oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) terhadap Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Organisasi yang telah dibubarkan pemerintah itu menggugat Surat...
Selengkapnya

“Cegah Politisasi Bulan Suci Ramadan”

Selasa 8/5/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pada 27 Juni nanti, 171 daerah akan melaksanakan pemilihan dalam Pilkada Serentak 2018. Di sisi lain, menjelang pesta demokrasi tersebut datang bulan suci Ramadan.   Tentu hal tersebut berpeluang besar disalahgunakan oleh paslon...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Perry Warjiyo

Sabtu 19/5/2018 | 08:25
A   A   A   Pengaturan Font

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi menetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk periode 2018–2023. Penetapan dilakukan pada rapat paripurna tanggal 3 April 2018. Rapat paripurna masa persidangan IV tahun 2017–2018 yang dipimpin Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan, ini berlangsung di Gedung Nusantara II DPR. 

Pemilihan Perry berdasarkan surat Nomor R09/ Pres/02/2018, tertanggal 23 Februari 2018, perihal usulan calon tunggal Gubernur BI dan mengusulkan calon tunggal Gubernur BI untuk menggantikan Agus DW Martowardojo yang akan menyelesaikan masa bakti pada Mei 2018. Perry telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dengan Komisi XI pada 28 Maret 2018.

Tantangan Perry ke depan cukup berat. Dia harus dapat menjaga stabilitas perekonomian nasional dalam menghadapi adanya potensi gejolak ekonomi global. Hal tersebut mesti dilakukan dengan kebijakan moneter yang dititikberatkan pada upaya untuk memelihara stabiiltas nilai rupiah. Perkembangan terbaru di dalam negeri, adanya serangan bom bunuh diri membuat kerja Perry menjaga stabilitas nilai rupiah makin berat. Gubernur BI juga dituntut dapat meningkatkan koordinasi dengan pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan DPR terkait dengan kebijakan BI di bidang moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran dengan tetap menjaga independensi BI.

Untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan jajaran BI dalam menjaga stabilitas perekonomian nasional dengan kebijakan moneter yang bisa memelihara stabiiltas nilai rupiah, wartawan Koran Jakarta, Achmad, berkesempatan mewawancarai Gubernur BI terpilih, Perry Warjiyo, dalam beberapa kesempatan terpisah di Jakarta, baru-baru ini. Berikut ini petikan selengkapnya.

Bagaimana perjalanan Anda hingga sampai di puncak pimpinan BI ini? Saya berasal dari keluarga petani dengan kondisi yang sangat miskin. Persis lima tahun lalu, saya mengikuti fit and proper test sebagai calon Deputi Gubernur BI. Sebelum akhirnya memangku jabatan sebagai Deputi Gubernur BI hingga saat ini. Saya juga pernah tiga kali gagal dalam fit and proper test. Akan tetapi, dari kegagalan tersebut, saya banyak belajar. Setelah tiga kali tidak berhasil, saya belajar banyak bagaimana cara berkomunikasi politik dengan baik.

Apa saja yang Anda lakukan saat menjadi Deputi Gubernur BI dulu? Saya bersyukur bisa menjalankan amanah dengan baik. Karena saya secara proaktif mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Apakah dengan menjadi Deputi Gubernur BI, Anda merasa sudah memiliki bekal cukup untuk menjadi orang nomor satu di bank sentral? Saya akan memanfaatkan bekal yang saya miliki selama 34 tahun berkarier di bank sentral. Bekal tersebut, tentunya akan sangat membantu dan saya gunakan untuk mengabdi kepada BI, negara, dan bangsa. Insya Allah, kalau ini menjadi suatu amanah, saya akan menunaikan secara amanah, barokah, dan tentu saja hanya satu dedikasi, integritas kami, seluruh hidup kami akan kami baktikan, tidak hanya untuk BI, untuk negara Indonesia, dan untuk kita bersama.

Apa janji Anda setelah terpilih? Salah satu yang paling prioritas adalah melanjutkan pendalaman pasar keuangan. Ini dilakukan untuk mempermudah alternatif pembiayaan dari swasta. Selain itu, kebijakan tersebut juga dimaksudkan untuk mengurangi beban fiskal pemerintah untuk pembiayaan pembangunan.

Caranya? Bank sentral akan mempererat koordinasi dengan Kementerian Keuangan dan OJK. Kami bersama dengan OJK dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), fokus bersama bagaimana pasar keuangan membangun pembiayaan infrastruktur. Dalam beberapa tahun terakhir, BI juga terus melakukan pendalaman pasar keuangan. Beberapa upaya yang ditempuh adalah dengan mempermudah penerbitan instrumen surat utang dan meningkatkan kehati-hatian pelaku pasar dan industri. Pada tahun ini, volume transaksi di pasar valas telah mencapai enam miliar dollar Amerika Serikat (AS). Dari angka tersebut, 40 persennya mencakup transaksi derivatif untuk hedging (lindung nilai) agar penarikan pendanaan dapat dilakukan dengan lebih hati-hati. Pasar keuangan yang semakin dalam akan membuat swasta lebih mudah mendapatkan utang dari instrumen di pasar keuangan. Ini pun bisa menutup kemungkinan belum terpenuhinya permintaan kredit dari perbankan. Pembiayaan yang komersial dan swasta itu bisa dibiayai oleh surat utang, atau earning back asset. Sehingga dalam konteks ini bisa kurangi beban fiskal dan BUMN dalam pembangunan. Kebutuhan pendanaan pembangunan infrastruktur periode 2015–2019 mencapai 5.519 triliun rupiah. Instrumen fiskal, yakni APBN hanya mampu memenuhi 40 persennya. Kekurangan pendanaan itu diharapkan dipenuhi oleh swasta, dan juga BUMN.

Selain itu, apa yang akan Anda lakukan? Kami akan berusaha menjaga stabilitas makroekonomi dan mengendalikan inflasi serta nilai tukar. Selain itu, saya juga akan mendukung kebijakan yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ini semua untuk kepentingan kita bersama memajukan ekonomi nasional.

BI ingin meredenominasi rupiah. Bagaimana pendapat Anda? Saat ini, kami masih terus menunggu arahan pemerintah yakni Kemenkeu terkait rencana redenominasi rupiah tersebut. Adapun rencana redenominasi rupiah telah bergulir sejak tahun 2010 silam. Gubernur BI Agus DW Martowardojo pun sudah memimpin perumusan rencana tersebut dan menyampaikannya kepada pemerintah. Akan tetapi, hingga saat ini, redenominasi rupiah belum masuk ke dalam program legislasi nasional (Prolegnas) di parlemen.

Apakah BI sudah merumuskan proses redenominasi ini? Oleh Pak Agus sudah dirumuskan dan disampaikan ke pemerintah. Proses selanjutnya akan menunggu arahan dari pemerintah. Berbagai bahan dan masukan sejauh ini sudah dirumuskan. Akan kami sampaikan ke pemerintah, sebagai bahan masukan saja.

Nilai tukar rupiah terus bergolak, apa yang akan Anda lakukan? Kami akan menjaga nilai tukar rupiah, sesuai dengan fundamental yang telah ditetapkan. Stabilitas nilai tukar rupiah akan terus akan kami jaga.

Bagaimana caranya agar itu bisa diwujudkan dengan efektif? Kondisi nilai tukar rupiah akan lebih banyak ditentukan oleh mekanisme pasar. Meskipun demikian, bank sentral tidak akan segansegan melakukan intervensi pasar. Hal tersebut dilakukan apabila nilai tukar mengalami tekanan. Adapun intervensi yang dilakukan bank sentral adalah baik dalam memasok dollar AS di pasar valas maupun membeli surat berharga negara (SBN) di pasar sekunder. Insya Allah nilai tukar rupiah dalam beberapa waktu terakhir relatif stabil.

Saat menjabat sebagai Deputi Gubernur BI, Anda setuju dengan kebijakan yang mendorong pertumbuhan ekonomi. Bagaimana bila sudah menjadi Gubernur BI? Kami memang memerlukan kewenangan yang lebih besar untuk dapat mendorong perekonomian Indonesia yang tak hanya pro stabilitas, tapi juga pro pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, kami berencana merevisi Undang-Undang No 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia untuk mendapatkan wewenang yang lebih besar karena UU tersebut membatasi peran BI dalam melakukan akselerasi pembangunan.

Bisa dijelaskan lebih mendetail? Di beleid itu, tugas BI hanya sebagai penjaga stabilitas inflasi dan rupiah, sehingga upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi tidak bisa maksimal dijalankan. Kami sudah siapkan rancangan amendemen UU BI, di mana tujuannya tidak hanya stabilitas nilai rupiah, tapi juga ikut menjaga stabilitas sistem keuangan dalam rangka mendukung perekonoman nasional.

Selain amendemen UU, apakah BI tidak bisa mendorong pertumbuhan ekonomi? Ada beberapa instrumen yang bisa digunakan oleh BI untuk mendorong pertumbuhan adalah dengan kebijakan makroprudensial, dan ada aspek lainnya juga. Tentu saja pada waktunya kami bersedia untuk berdiskusi mengenai hal ini.

Menurut Anda, berapa prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Saya optimistis, pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat tumbuh 6 persen ke atas dalam lima tahun ke depan. Tahun ini 5,2–5,3 persen.

Bagaimana mewujudkannya? Caranya adalah dengan mendorong pemerataan ekonomi nasional yang saat ini tersentralisir di Pulau Jawa. Ini menjadi tantangan bagi bank sentral untuk menciptakan pemerataan ekonomi. Kita semua ingin ekonomi yang saat ini di kisaran 5,2–5,3 persen bisa menjadi 6 persen atau lebih dalam lima tahun ke depan. Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, lapangan kerja harus diciptakan. Selain itu, ekonomi kerakyatan dan pemerataan ekonomi harus diwujudkan agar pertumbuhan ekonomi tak hanya terfokus pada satu wilayah. Bank sentral juga akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dengan mendorong peningkatan ekspor. Salah satunya adalah dengan memperluas sektor-sektor pendorong perekonomian dan tak hanya fokus pada sektor-sektor andalan ekspor.

Mendorong ekspor? Ya, kami bisa mendorong ekspor, tapi tantangannya pertumbuhan ekonomi yang ada belum meluas, dan lebih banyak kepada infrastruktur dan komoditas saja. Pertumbuhan ekonomi belum meluas ke sektor-sektor lain, seperti ke sektor pertanian, manufaktur, perkebunan dan sebagainya. Jadi, bagaimana kami bisa mendorong pertumbuhan ekonomi menjadi 6 persen. Makanya, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM) juga perlu didorong untuk dapat diberdayakan melalui ekonomi digital. Sektor UMKM merupakan sektor yang kuat terhadap dampak krisis sehingga BI dan pemerintah perlu mendongkrak sektor ini. Indonesia merupakan negara yang bisa mengandalkan UMKM.

Bagaimana pandangan Anda tentang ekonomi digital? Kita bisa manfaatkan digitalisasi ekonomi ini, bagaimana pemanfaatan digitalisasi ini untuk pemberdayaan UMKM dan untuk mendorong ekonomi. Saya melihat kita memang harus bersama-sama bersatu untuk memabangun kapasitas nasional. N-3

Tampilkan Semua

Teknologi Unik Anjing Pelacak Elektronik

Sabtu 19/5/2018 | 08:10
A   A   A   Pengaturan Font
Para ilmuwan telah mengembangkan peralatan terkecil dan mungkin termurah yang pernah ada sebelumnya untuk mendeteksi keberadaan seseorang dengan sistem penciuman baru. Teknologi ini bisa digunakan dalam proses pencarian orang-orang yang...
Selengkapnya

Aplikasi SAR untuk Pencarian Orang Hilang

Sabtu 19/5/2018 | 08:00
A   A   A   Pengaturan Font
Aplikasi seluler yang dikembangkan dengan dukungan tim SAR di seluruh negara, dikembangkan untuk merespons secara cepat pencarian orang hilang.  S ebuah aplikasi SAR diciptakan untuk memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang...
Selengkapnya

Sarapan Sambil Foto-foto di Pasar

Sabtu 19/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sarapan, lalu mengabadikan foto dan video suasana pasar. Itulah yang dilakukan Hunting Pasar Jakarta, sebuah komunitas pemburu foto dan video di pasar. Acara makan-makan selalu menggembirakan, terlebih jika dilakukan di pasar yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta