Koran Jakarta | November 23 2017
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Agresif Mengejar Konsumsi, Indonesia Kehabisan Dana

Kamis 23/11/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
RI belum punya arah pembangunan yang jelas, mau jadi negara industri atau pertanian. Tanpa moratorium obligasi rekap, Indonesia sulit keluar dari gali lubang tutup...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Agresif Mengejar Konsumsi, Indonesia Kehabisan Dana

Kamis 23/11/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

RI belum punya arah pembangunan yang jelas, mau jadi negara industri atau pertanian.


Tanpa moratorium obligasi rekap, Indonesia sulit keluar dari gali lubang tutup lubang.

 

JAKARTA - Sejumlah kalangan mengingatkan Indonesia akan sulit lolos dari ancaman stagnasi pertumbuhan dan pelemahan ekonomi nasional apabila pemerintah tidak mau mengakui masalah mendasar dan fundamental, yakni negara kehabisan dana untuk membiayai pertumbuhan.


Direktur Pusar Studi Masyarakat, Irsyad Ade Irawan, mengemukakan selama ini pemerintah selalu memacu konsumsi sebagai motor pertumbuhan, namun mengabaikan peningkatan produktivitas nasional. Padahal, konsumsi itu sebagian besar berasal dari impor yang juga dibiayai dari utang.


“Akhirnya, Indonesia kehabisan uang karena kita pesta pora untuk konsumsi. Uang dari hasil pinjaman luar negeri habis hanya untuk konsumsi dan properti yang tidak produktif. Nggak masuk akal, Jakarta punya lebih dari 100 mal. Tidak mungkin diberi kredit kalau tidak atas petunjuk penguasa,” papar dia ketika dihubungi, Rabu (22/11).


Akibatnya, lanjut Irsyad, pertumbuhan yang dihasilkan tidak berkualitas dan tidak berkelanjutan. Makanya, tidak mengherankan jika negara berpenduduk hampir 260 juta jiwa ini sulit menaikkan pendapatan per kapita dari level 3.600 dollar AS.

“Pertumbuhan juga susah beranjak dari level lima persen. Itu pun sekitar 3,5 persen dari konsumsi, dari inflasi. Kita terancam stagnasi akibat pertumbuhan tidak berkualitas selama ini,” tukas dia.


Meski begitu, Irsyad optimistis menjelang Pilpres 2019, Presiden Joko Widodo masih punya kesempatan untuk memperbaikinya. “Selama tiga tahun terakhir ini kan sudah terlihat apa yang tidak bisa diteruskan, yang tidak menghasilkan pertumbuhan berkualitas.”


Menurut dia, dalam tren pelemahan konsumsi saat ini, sektor investasi memang berpotensi menjadi motor pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi, cukup sulit untuk menggenjot investasi jika dana internal tidak memadai. Bahkan, belanja rutin pun tidak bisa ditutup dari pajak, ditandai oleh neraca keseimbangan primer yang masih defisit.


Oleh karena itu, Irsyad mengharapkan pemerintah lebih serius menggali sumber pendapatan dari dalam negeri, seperti hak tagih utang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). “Kalau hak tagih tidak dilakukan, bagaimana kita mau selesaikan masalah akut, utang di atas utang.”


Dia menambahkan, untuk membayar bunga utang lama saja pemerintah tidak punya uang, harus menerbitkan surat utang baru.

“Kalau obligasi rekap eks BLBI yang sudah jadi surat utang atau marketable securities tidak dimoratorium minimal lima tahun, tidak mungkin kita punya modal untuk pertumbuhan berkualitas. Kita tidak akan bisa keluar dari gali lubang tutup lubang, debt trap,” tegas Irsyad.


Struktur Anggaran


Secara terpisah, ekonom Universitas Padjadjaran, Ina Primiana, mengatakan pemerintah harus membenahi struktur anggaran dengan lebih mengandalkan pendapatan dalam negeri dibandingkan selalu bergantung pada utang.

Untuk itu, dari perencanaan pemerintah harus memprioritaskan program yang bisa memberikan dampak perekonomian yang lebih besar. Dengan demikian, anggaran yang sudah dialokasikan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.


“Mesti disadari bahwa perekonomian nasional bakal masuk dalam debt trap. Selain itu, Indonesia juga masuk dalam jebakan negara berpendapatan menengah. Ini terjadi karena perencanaan pembangunan tak berjalan beriringan,” kata Ina.


Ironisnya, lanjut dia, sampai saat ini pemerintah belum menentukan hal yang sangat penting, yakni arah pembangunan. Dia mencontohkan apabila Indonesia mengarahkan pembangunan menjadi negara industri maka semua semestinya ke arah sana.


“Sekarang kawasan industri di mana, pelabuhan di mana. Masing-masing berjalan sendiri-sendiri, nggak saling tahu, itu yang terjadi saat ini. Akhirnya biaya-biaya keluar, tapi nggak menghasilkan apa-apa,” ungkap dia.


Ina menilai pemerintah belum melihat arah pembangunan sebagai grand design yang menentukan masa depan bangsa. “Indonesia belum jelas, mau menjadi negara industri atau negara pertanian. Anggaran seharusnya untuk mendorong semua itu,” tutur dia.


Sebelumnya, mantan Menteri Keuangan, Chatib Basri, menilai perekonomian Indonesia tidak cukup jika hanya tumbuh stagnan di kisaran lima persen karena akan menimbulkan beban fiskal, setelah berkurangnya produktivitas masyarakat dan masih rendahnya pendapatan per kapita. YK/ahm/SB/WP

Tampilkan Semua

Selain Kasus E-KTP, KPK Juga Mesti Tuntaskan BLBI

Kamis 23/11/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebaiknya tidak tersandera dengan kasus pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang menyeret Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Setya Novanto. KPK harus kembali pada fungsinya,...
Selengkapnya

RI-Malaysia Sepakati Isu Strategis

Kamis 23/11/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
KUCHING - Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, telah menyepakati berbagai isu strategis yang tertuang dalam Joint Statement dalam kerangka peningkatan kerja sama bilateral. Pertemuan kedua pemimpin...
Selengkapnya

Letusan Gunung Agung Tidak Ganggu Penerbangan

Kamis 23/11/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
AirNav memastikan kegiatan penerbangan dari dan ke Bali hingga saat ini masih berlangsung normal.   JAKARTA— Letusan Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, Selasa (22/11), tidak berdampak dan tidak mengganggu kegiatan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Selama Desember, Presiden Akan Berkantor di Istana Bogor

Rabu 22/11/2017 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR – presiden Joko Widodo akan berkantor di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat selama bulan Desember 2017. Hal itu dilakukan karena Istana Kepresidenan Jakarta sedang dilakukan renovasi mengenai drainase atau saluran air disekitar Istana.

“Saya mendapat informasi dari protokol bahwa bulan Desember Presiden akan melakukan kegiatan di Istana Bogor. Alasannya pada bulan desember sedang dalam-dalamnya renovasi drainase,” kata Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (21/11). Ia menuturkan tidak ada persiapan khusus saat presiden berkantor di Istana Bogor.

Meski begitu, Untuk lebih detailnya Johan minta agar menanyakan ke Paspampres.”Kalau soal itu nannya ke Paspampres. Yang saya baca di berita paling pengaturan lalin. Kan ratas enggak setiap hari,” tutur Johan. Saat disinggung Presiden berkantor di Bogor untuk mengambil keputusan politik agar lebih tenang, Johan menampiknya. fdl/AR-3

Tampilkan Semua

Novanto Tetap Ketua DPR dan Idrus Marham Plt Ketum Golkar

Rabu 22/11/2017 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar tetap mempertahankan Ketua Umum Setya Novanto (SN) dalam posisinya di DPR sebagai Ketua DPR. Hal ini setelah Rapat Pleno DPP Partai Golkar pada Selasa (21/11) memutuskan posisi Setya...
Selengkapnya

Revisi UU Ormas, Pemerintah Tunggu Sikap DPR

Rabu 22/11/2017 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Hingga sekarang, belum ada kejelasan, siapa yang akan jadi inisiator dalam revisi Undang-Undang Organisasi Kemasyarakatan. Pemerintah sendiri berharap, yang jadi inisiator adalah DPR. Bukan pemerintah. “ Kita kan...
Selengkapnya

Khofifah Sudah Lapor Presiden Soal Pencalonan

Rabu 22/11/2017 | 08:20
A   A   A   Pengaturan Font
BOGOR – Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo terkait keinginannya maju pada pemilihan gubernur Jawa Timur 2018 mendatang. “Jadi, secara lisan Ibu Kofifah sudah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

RI-Malaysia Sepakati Isu Strategis

Kamis 23/11/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

KUCHING - Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, telah menyepakati berbagai isu strategis yang tertuang dalam Joint Statement dalam kerangka peningkatan kerja sama bilateral.


Pertemuan kedua pemimpin pemerintahan ini dilangsungkan dalam Annual Consultation (Ancon) ke-12 di Kuching, Sarawak, Rabu (22/11). Ancon merupakan forum pertemuan bilateral tahunan tertinggi antara Indonesia dan Malaysia pada tingkatan kepala pemerintahan.


Salah satu kerja sama yang disepakati terkait dengan perdagangan. “Indonesia berharap Malaysia mengalokasikan 20 persen dari kuota impor beras, yakni sekitar 150 ribu ton beras dari Indonesia,” ujar Presiden Jokowi lewat keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Setpres.


Pada kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan bahwa kedua negara memiliki kerja sama baru yang sangat strategis dalam penguatan kemitraan untuk kelapa sawit melalui pembentukan Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC).

Bahkan pada bulan November 2017, Indonesia telah menjadi tuan rumah Pertemuan Tingkat Menteri CPOPC dengan mengundang sejumlah negara penghasil sawit lainnya. “Kita harus bersatu melawan kampanye hitam terhadap kelapa sawit,” ucap Presiden.


Sementara itu, isu penting lain yang dibahas kedua negara adalah terkait perlindungan warga negara Indonesia yang tinggal dan bekerja di Malaysia.

Hal ini penting mengingat perlindungan WNI merupakan prioritas pemerintah Indonesia. “Hak pendidikan bagi anak pekerja Indonesia juga telah saya mohonkan perhatian kepada PM Najib,” tutup Presiden.


Berjalan Baik


Sementara itu, PM Najib menyampaikan bahwa lawatan Presiden Jokowi ke Kuching, Malaysia, menandakan konsultasi tahunan ke-12 kedua negara. Najib menuturkan pertemuan berjalan lancar dan menunjukkan hubungan bilateral antara kedua negara dalam keadaan yang sangat baik.


“Dan juga menandakan hubungan diplomatik antara Malaysia dan Indonesia ke-60,” kata PM Najib.


“Begitu banyak kemajuan mencakup bidang politik, ekonomi, sosial, keamanan, dan kerja sama perbatasan. Keinginan kedua pemerintah untuk terus meningkatkan lagi hubungan sehingga semakin banyak peluang dan potensi yang dapat direalisasikan,” tambah Najib.


Dalam kesempatan tersebut, Najib juga menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi atas upayanya mengatasi kabut asap.


“Saya mau ucapkan terima kasih kepada pemerintah Republik Indonesia. Sudah dua tahun Malaysia tidak alami masalah jerebu,’” kata Najib. fdl/AR-2

Tampilkan Semua

Singapura Akan Operasikan Bus tanpa Pengemudi pada 2022

Kamis 23/11/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
SINGAPURA — Menteri Transportasi Singapura, Khaw Boon Wan, mengatakan Singapura sedang mempersiapkan bus tanpa sopir sebagai bagian dari rencana untuk memperbaiki mobilitas di negara kota yang mengalami keterbatasan lahan. Bus...
Selengkapnya

Pengadilan Mulai Proses Eksekusi bagi Thaksin

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BANGKOK – Pemerintah Thailand pada Selasa (21/11) diwartakan sedang mengupayakan langkah mengeksekusi mantan perdana menteri terguling, Thaksin Shinawatra, yang divonis melakukan tindak kejahatan korupsi dalam sebuah pengadilan in...
Selengkapnya

Parlemen Terima Mosi Pemakzulan Mugabe

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
HARARE – Situasi politik dan keamanan di Ibu Kota Harare, Zimbabwe, pada Selasa (21/11) diwartakan semakin tegang setelah parlemen menerima mosi dari partai berkuasa, ZANU-PF, untuk memakzulkan Presiden Robert Mugabe. Krisis...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Bantuan Sosial Terintegrasi Kurangi Ketimpangan

Rabu 22/11/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Bank Dunia dalam laporannya bertajuk Towards a Comprehensive, Integrated, and Effective Social Assistance System in Indonesia baru-baru ini menyatakan bahwa program bantuan sosial yang terintegrasi dengan baik akan membantu mengurangi kemiskinan dan ketimpangan.

Walaupun reformasi yang signifikan dalam bantuan sosial telah terjadi sejak 2010, namun perbaikan lebih lanjut masih diperlukan, terkait intervensi dan pengembangan kerangka satu sistem yang ada.

Capaian terkini sektor ini antara lain promosi keuangan inklusif melalui sistem pembayaran tunai berbasis kartu combo tunggal, alokasi ulang subsidi bahan bakar untuk memberikan bantuan langsung kepada keluarga miskin dan rentan, perluasan program bantuan tunai bersyarat atau Program Keluarga Harapan untuk menjangkau 10 juta keluarga termiskin di Indonesia dan perluasan program bantuan pangan non tunai untuk mendukung penyediaan bantuan pangan padat nutrisi kepada 10 juta keluarga pada akhir tahun 2018.

“Sangat menggembirakan melihat upaya Indonesia dalam mengintensifkan reformasi bantuan sosial yang akan membantu negara ini terus bergerak maju di jalur pengurangan kemiskinan dan ketimpangan. Reformasi yang berkelanjutan akan memastikan bahwa keluarga termiskin dapat menerima bantuan yang cakupannya lebih komprehensif,” kata Kepala Pewakilan Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo A Chaves.

Menurut dia, hanya seperlima dari 10 persen kaum termiskin di Indonesia menerima semua program bantuan sosial pada 2014, maka diperlukan reformasi lanjutan untuk mengurangi fragmentasi. Selain itu, masih ada kesenjangan pada titik-titik penting dalam kehidupan individu dan dalam cakupan transfer bantuan sosial. 

 

bud/E-10

Tampilkan Semua

Badan Penerimaan Pajak Mandiri Dibutuhkan

Rabu 22/11/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR RI, Misbakhun mengatakan Badan Penerimaan Pajak (BPP) yang independen merupakan kebutuhan mendesak. Pasalnya, reformasi bukan hanya di bidang aturan-aturan semata tetapi juga perlu penguatan...
Selengkapnya

Menanti Arah Kebijakan ECB dan The Fed

Rabu 22/11/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Dalam beberapa hari ke depan, fokus pelaku pasar keuangan diperkirakan akan tertuju pada agenda bank sentral Eropa (ECB) dan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed. Hal tersebut akan menjadi pertimbangan para...
Selengkapnya

Nilai Audit Keselamatan Penerbangan USOAP ICAO Indonesia di Atas Rata-Rata Dunia

Rabu 22/11/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Sektor Perhubungan Udara Indonesia patut berbangga hati dengan pencapaian Audit Keselamatan Penerbangan Internasional yang jauh di atas ratarata. Dari hasil On Site Visit ICAO Coordinated Validation Mission (ICVM) Organisasi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Semarang Gratiskan Siswa Tak Mampu di Sekolah Swasta

Senin 20/11/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Kota (Pem­kot) Semarang, Jawa Tengah, menempatkan sektor pendidikan dan kese­hatan menjadi program priori­tas utama. Hal itu diwujudkan dengan menggratiskan biaya pengobatan dan biaya sekolah bagi warga Kota Semarang. Di bidang pendidikan, Pemkot Semarang sedang merintis program sekolah gratis bagi siswa-siswi yang tidak mampu.

Sekolah gratis ini untuk pelajar tidak mampu di tingkat sekolah dasar (SD) dan seko­lah menengah pertama (SMP) swasta yang berada di bawah Dinas Pendidikan Kota Sema­rang. Segera disusun anggaran bagi program sekolah gratis SD dan SLTP swasta ini. Rintisan program sekolah gratis bagi SD dan SLTP di Kota Semarang akan dimulai pada tahun 2018.

Untuk mengetahui lebih lanjut program sekolah gratis untuk sekolah swasta di Kota Semarang, wartawan Koran Jakarta, Henri Pelupessy, berkesempatan mewawan­carai Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Semarang, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Pada 2018 mendatang, Pemkot Semarang akan menggratiskan biaya seko­lah SD dan SMP swasta. Apa dasar rencana tersebut?

Sesuai dengan keten­tuan UU Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pemindahan Kewenangan Penyelenggaraan Pendidikan Menengah dari Pe­merintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Provinsi. Dengan dasar ini, anggaran yang sebe­lumnya diperuntukkan bagi SMA dan SMK akan dialihkan ke sekolah SD dan SMP yang ada di bawah koordinasi Kota Semarang.

Dana tersebut bisa diguna­kan untuk biaya operasional siswa?

Bukan hanya bantuan biaya pendidikan dalam bentuk bea­siswa saja terhadap siswa yang berprestasi di sekolah swasta. Namun, juga sekaligus biaya operasional bagi siswa di seko­lah swasta tersebut. Tidak ha­nya beasiswa, ditambah untuk operasional.

Konsepnya, Pemkot Semarang akan menambah biaya operasional per siswa bagi sekolah swasta yang tidak mampu. Dana yang disebut­nya sebagai dana pendamping BOS ini akan turun setiap tahunnya ke sekolah diperun­tukkan masing-masing siswa, terutama bagi siswa yang bersekolah di sekolah swasta yang tidak mampu tersebut.

Apa perbedaan biaya sekolah yang sudah gratis seperti di SD-SMP Negeri de­ngan swasta?

Jadi intinya, program seko­lah gratis tidak hanya diber­lakukan bagi siswa dan siswi yang duduk di bangku SD maupun SMP Negeri di Kota Semarang. Namun, ke depan harus bisa diterapkan di se­kolah gratis untuk siswa-siswi yang duduk di bangku SD sampai SMP swasta. Anggaran kami siapkan di Dinas Pendi­dikan.

Apakah sudah ada yang diterap­kan program sekolah gratis untuk siswa tak mampu di seko­lah swasta?

Meskipun direncanakan tahun de­pan, pada ak­hir tahun 2017 ini akan ada sekolah swasta yang menggrat­iskan kepada siswanya yang tidak mampu untuk berseko­lah dan mengenyam pendidik­an yang layak. Harapan kami, lewat anggaran akan dilun­curkan ke sekolah-sekolah swasta, beberapa sekolah akan menggratiskan siswanya. Tapi, mudah-mudahan tahun ini ada sekolah swasta yang bisa menggratiskan.

Sektor pendidikan dan kesehatan menjadi pro­gram prioritas utama Anda membangun Kota Semarang?

Program SD sampai SMP gratis ini merupakan salah satu realisasi pro­gram prioritas Pem­kot Semarang dan program pemerintah pusat yaitu mengutama­kan program kesehat­an dan pendidik­an. Pasti harapannya di Semarang, zero anak tidak sekolah. Dengan begitu, di Kota Semarang di­harapkan tidak ada lagi warganya yang tidak bisa menik­mati pendidikan yang layak.

Jadi, sete­lah kesehat­an kami sentuh, saya juga minta Kepala Dinas Pendidik­an untuk menyentuh sektor pendidikan. Hari ini gimana caranya tidak ada anak di Kota Semarang yang tidak bisa se­kolah karena persoalan biaya. Jadi, semuanya sudah mulai dari Dinas Pendidikan dan in­sya Allah dari tahun ke tahun akan kami sempurnakan. Ya karena saya rasa itu hal yang mendasar di Kota Semarang dan di Indonesia adalah per­soalan kesehatan dan pendi­dikan.

Untuk program kesehatan seperti apa?

Orang sehat kemudian dia bisa memperoleh pendidikan yang layak, dia akan mempu­nyai kesempatan untuk ber­kembang, lancar, dan sukses. Setelah warga Kota Semarang bisa sehat, semua dengan pro­gram universal health coverage dengan program pelayanan kesehatan gratis, warga Kota Semarang bisa menikmati pendidikan.

Siapa saja yang dapat berobat gratis dengan adanya program universal health coverage?

Yang perlu digarisbawahi ini untuk seluruh masyara­kat Kota Semarang, jadi tidak terbatas hanya untuk warga miskin saja. n N-3

 

Tampilkan Semua

UGM Bantu Buton Selatan Kembangkan Jambu Mete

Senin 13/11/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kabupaten Buton Se­latan, Sulawesi Teng­gara (Sultra), selama ini dikenal sebagai “Negeri 1001 Pesona Misteri”. Sebutan itu mengemuka karena Buton Selatan memiliki beberapa destinasi wisata yang mister­inya sampai...
Selengkapnya

Selayar Terus Kembangkan Wisata Bahari

Senin 30/10/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selayar, sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Sela­tan yang sebagian wilayah­nya kepulauan. Kabupaten Kepulauan Selayar dengan Ibu Kota Benteng ini memiliki luas 10.503 km² (wilayah daratan dan lautan) dan berpenduduk...
Selengkapnya

Jatim Terus Gencar Kembangkan Sektor Pariwisata

Senin 23/10/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sektor pariwisata me­miliki makna strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Bagi sejumlah nega­ra, pariwisata telah menjadi andalan utama dalam menam­bah devisa negara. Berkem­bang sebagai industri,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Hunian Lokal Bersaing di Kawasan ASEAN

Senin 20/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Perumahan skala kota (township) Jakarta Garden City (JGC) seluas 370 hektar, yang dikembangkan PT Mitra Sindo Sukses, anak perusahaan dari PT Modernland Realty Tbk., menuai prestasi.

Hunian yang berlokasi di Jl Raya Cakung-Cilincing, exit tol Cakung Timur, Jakarta Timur ini, menjadi satu dari beberapa kawasan perumahan yang terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Grand Final PropertyGuru Asia Property Award 2017 yang digelar di Sands Expo & Convention Center, Singapura, pekan lalu. Penghargaan tersebut dihadiri langsung oleh Sami Miettinen selaku Direktur Utama PT Mitra Sindo Sukses. 

Terpilihnya JGC dalam ajang penghargaan prestisius bagi industri properti di Negara-negara Asia tersebut, setelah sebelumnya berhasil memenangkan ajang penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2017 yang dihelat di Hotel Fairmont, Jakarta pada 12 September 2017 lalu. 

Dalam ajang itu, dewan juri memilih JGC sebagai pemenang untuk 2 kategori sekaligus yakni Best Housing Development untuk kawasan Jakarta dan Best Housing Development untuk Indonesia. 

Atas torehan prestasi tersebut, maka JGC berhak mewakili Indonesia ke level berikutnya yakni Grand Final PropertyGuru Asia Property Award 2017 untuk selanjutnya kembali disanding dengan para pemenang regional dari Negara-negara lainnya seperti Kamboja, Filipina, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Grand Final PropertyGuru Asia Property Award 2017 merupakan even tahunan yang digelar oleh PropertyGuru Group, salah satu portal properti terkemuka di Asia. Ajang penghargaan yang telah tujuh kali digelar ini diberikan kepada proyek-proyek properti terbaik di Asia yang sebelumnya telah melalui tahapan penjurian yang cukup ketat oleh para professional dan ahli di bidangnya, yang berasal dari 10 negara. 

Untuk tahun ini  Grand Final PropertyGuru Asia Property Award 2017  mengusung tema ‘bigger, better, stronger’, sebagai representasi kondisi sektor properti Asia. JGC sendiri dalam ajang bergengsi tersebut terpilih sebagai finalis untuk kategori Best Housing Development (Asia).

Terkait prestasi yang berhasil diraih di even internasional tersebut, Sami Miettinen mengaku jika pihaknya bersyukur karena JGC kembali mendapatkan kesempatan untuk bisa mewakili Indonesia di ajang penghargaan bergengsi  PropertyGuru Asia Property Awards 2017.

 “Hal ini sangat membanggakan dan akan membuat kami lebih bersemangat dalam mengembangkan Jakarta Garden City sehingga menjadi sebuah kawasan yang nyaman, aman, dan berkualitas bagi penghuninya. Jakarta Garden City terus berkembang seiring bertambahnya fasilitas-fasilitas gaya hidup yang telah mulai beroperasi,” ujar Sami.  

Sami mengatakan, saat ini adalah waktu yang tepat berinvestasi di Jakarta Garden City. Pasalnya harga tanahnya masih jauh lebih terjangkau tetapi telah dilengkapi fasilitas modern seperti AEON Mall yang mulai beroperasi penuh pada 30 September 2017. 

Selain itu, peritel IKEA yang berasal dari Swedia akan bergabung pula di Jakarta Garden City. “Jakarta Garden City merupakan kawasan sunrise property yang sedang berkembang dan terus membangun. Karena itu, berinvestasi disini akan menghasilkan investasi tinggi di masa depan,” kata Sami.

Dalam kondisi teraktual, kawasan Perumahan Jakarta Garden City semakin mudah dan cepat diakses dengan beroperasinya Jalan Tol Tanjung Priok yang merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan tersambung dengan Jalan Tol Dalam Kota yang akan menghubungkan lalu lintas dari JORR ke Cawang, Pluit, dan tentunya menuju Pelabuhan Tanjung Priok. 

Keberadaan akses baru ini akan semakin menambah kemudahan mobilitas penghuni Jakarta Garden City. Akses lainnya adalah jalan tembus Tipar Cakung yang membuat perjalanan dari Kelapa Gading menuju Jakarta Garden City dan sebaliknya dapat ditempuh hanya dalam 20 menit saja. Jakarta Garden City pun hanya ‘selangkah’ menuju pintu tol JORR.

Lebih lanjut dalam kesempatan terpisah Freddy Chan, Wakil Direktur Utama PT Modernland Realty Tbk. mengatakan, PT Modernland Realty Tbk. (MDLN) sepanjang tahun 2016 lalu  berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp2,46 triliun yang berasal  dari penjualan properti Rp2,36 triliun, pendapatan hotel dan sewa Rp53,4 miliar dan pendapatan golf dan restoran club house 51,3 miliar rupiah. yun/E-6 

Tampilkan Semua

Properti Kreatif akan Laris di Pasar

Senin 20/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Majalah Property&Bank dan Aliansi Jurnalis Properti dan Keuangan (AJPK) menggelar malam anugerah Indonesia Property&Bank Award (IPBA) untuk ke-12 kalinya.  Acara yang digelar  di Ballroom Hotel Mulia, Senayan, Jakarta,...
Selengkapnya

Mengejar Target untuk Rumah Rakyat

Senin 20/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) optimistis mampu mencapai target pembangunan 200 ribu unit rumah rakyat hingga akhir tahun ini. Bahkan, bukan tidak mungkin bisa melampaui target tersebut. Berdasarkan data sementara yang...
Selengkapnya

Dukung Nawa Cita melalui Rumah Rakyat

Senin 13/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk merangkul para pelaku UMKM yang tergabung dalam Balai Ekonomi Desa (Balkondes) untuk "Go Digital", selain memenuhi target 6 juta UMKM tersambung teknologi informasi juga mengembangkan potensi ekonomi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Klaim Asuransi via Pesan Instan

Kamis 23/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Seringkali asuransi tidak semanis kata-kata para sales-nya. Ketika melakukan klaim misalnya harus ribet dengan mengumpulkan persyaratan yang banyak dengan model penyampaian tidak mudah dan bertele-tele. Untuk memudahkan nasabahnya mengurus klaim asuransi jiwa Sequis Life mengadopsi teknologi digital dengan nama e- Claim.

Dengan fasilias ini pengajuan klaim bisa dilakukan dengan e-mail, WhatsApp (WA) dan Line. “Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengirim foto dokumen klaim melalui WhatsApp atau LINE ke nomor (62-0821) 1000 2929 atau e-maileclaim@ sequislife.com,” ujar Direktur dan Kepala Operasi PT Asuransi Jiwa Sequis Life Yeoh Ah Thoo Selasa (21/11).

Menurut Yeoh, inovasi e- Claim diciptakan untuk memudahkan nasabah melakukan klaim dengan total maksimal kuitansi 3 juta rupiah per satu kali rangkaian perawatan. Nasabah cukup mengirimkan dokumen pengajuan klaim terdiri dari Surat Keterangan Dokter (SKD), foto kuitansi asli beserta perinciannya dan foto KTP yang masih berlaku.

Dokumen tersebut akan diperiksa oleh Sequis di hari yang sama. Jika dokumen dinyatakan lengkap maka Sequis akan melakukan analisa klaim dan memberikan keputusan klaimnya. Nasabah akan mendapatkan pemberitahuan keputusan klaim tersebut dari Sequis melalui SMS sekitar 3 hari kerja.

Namun jika dokumen tidak lengkap maka pengajuan klaim tidak dapat diproses adan akan diberitahukan pada hari yang sama, dan nasabah harus mengajukan kembali melalui proses normal. “Jangan lupa sertakan nomor polis, nama pasien/tertanggung, nomor rekening pemegang polis dan nama lengkap yang mengajukan klaim di bagian bawah pesan,” ujar Yeoh.

Menurut Yeoh, fasilitas pengajuan klaim melalui e-Claim dapat dilakukan oleh pemegang polis atau agen dari polis tersebut.Jika pengajuan klaim dilakukan pihak lain, perlu menyertakan persetujuan secara tertulis dari pemegang polis. Jika terdapat perbedaan antara yang mengajukan klaim dengan pihak-pihak yang tercantum pada polis maka akan dilakukan klarifikasi terlebih dahulu kepada pemegang polis.

Pengajuan e-Claim yang dilakukan sampai dengan pukul 14.00 WIB akan menerima keputusan klaim pada hari yang sama namun jika diterima di atas pukul 14.00 WIB atau hari libur maka akan diberikan keputusan klaim pada H+1 hari kerja berikutnya.

“Selama semua persyaratan klaim telah terpenuhi, data yang diberikan benar dan akurat maka Anda tidak perlu ragu lagi membeli asuransi dan tidak perlu cemas mengenai klaim. Sequis selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap nasabahnya, dan menjalankan kewajibannya sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku. Sequis membantu masyarakat Indonesia memiliki hari esok yang lebih baik,” janji Yeoh. hay/E-6

Tampilkan Semua

Kamera Tangguh pada Beragam Kondisi

Kamis 23/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sony memperkenalkan jenis kamera terbaru DSC-RX0 , memungkinkan berbagai pengalaman fotografi baru, dan menginspirasi untuk menghasilkan ekspresi yang belum pernah dicoba sebelumnya.  RX0 menggabungkan kualitas gambar menakjubkan...
Selengkapnya

Antisipasi Risiko Kehilangan Data

Kamis 23/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Karyawan sering membiarkan komputer kerja mereka ditinggal tanpa terlindungi kata sandi. Seberapa hebat sistem keamanan perusahaan faktor manusia masih tidak bisa diabaikan. Permisifnya perusahaan dan kecerobohan karyawan menjadi faktor...
Selengkapnya

Cara Alibaba Atasi Lonjakan Pesanan

Selasa 21/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Alibaba Group  berhasil mengatasi lonjakan pesanan pada 11.11 Global Shopping Festival. Caranya dengan membuat rancangan TI berskala besar untuk mendukung tingginya volume kegiatan komputasi seperti mencari produk, memesan,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

APM Banting Harga Skutik

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Merek sepeda motor asal India TVS, November 2017 ini, menawarkan kejutan kejutan akhir tahun dengan memberikan promo special dengan nama “DazzVaganza”. Kali ini PT TVS Motor Company menawarkan Harga fantastis untuk para calon konsumen yang ingin memiliki sepeda motor TVS Tipe Dazz Digitech-R.

Promo harga fantastis ini menawarkan hargak husus untuk sepeda motor tipe TVS Dazz Digitech-R dari harga 12 jutaan menjadi 9,99 juta rupiah. Selain itu promo ini juga menawarkan program cashback sampai dengan 3 jutaan, dan angsuran hanya 400 ribuan rupiah. Promo DazzVagan za ini hanya belaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2107, dan hanya berlaku untuk wilayah Jabodetabek dan juga Bandung.

“Promo ini di selenggarakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan kendaraan roda dua untuk aktifitas harian mereka namun memiliki dana yang terbatas,” ujar selaku Deputy Manager Corporate Communication TVS Motor Indonesia, Rio Aditya Putra dalam siaran pers Selasa (21/11).

Kelebihan dari TVS Dazz DFI adalah bobot yang lebih ringan dan bentuk yang lebih ramping dari produk matic yang ada di pasaran. TVS Dazz DFI sangat tepat bagi pengendara di kota-kota yang padat lalu lintas. Dengan dilengkapi ban tubeless membuat berkendara lebih aman dan kapasitas tangki bensin lebih besar, yakni 5,1 liter sehingga tidak perlu sering mengisi bahan bakar saat bepergian dalam jarak yang cukup jauh. TVS Dazz telah dilengkapi dengan fitur Handphone Charger sehingga sangat cocok untuk pengendara yang aktif dan dinamis.

“Dengan kelengkapan HP charging pada sepeda motor ini, para pengguna The New TVS Dazz DFI dapat menghemat waktu pengisian baterai ponsel sambil berkendara dan memastikan ponsel selalu dalam kondisi baterai terisi penuh,” tambah Rio. hay/E-6

Tampilkan Semua

“Marketplace” Baru Khusus Mobil Bekas

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perusahaan pembiayaan, Finance akan menghadirkan layanan digital berupa online marketplace dengan nama momobil.id. Situs ini akan menjadi satu-satunya layanan pasar mobil bekas daring (used-cars online marketplace) dengan layanan yang...
Selengkapnya

Lebih Segar, Wajah Baru “Low” SUV

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Segmen low sport utility vehicle (SUV) “kedatangan” wajah baru. Munculnya Toyota Rush dan Daihatsu Terios, bakal menjadi pilihan paling seru bagi yang ingin punya SUV dengan harga kompetitif. Pasar Toyota Rush dan Daihatsu...
Selengkapnya

Roda Dua Listrik Lebih Siap

Jumat 17/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sepeda motor juga telah menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Di Indonesia, komersialisasisepeda motor listrik secara luas diawali dengan mereka lokal Viar, yang dikenal sebagai produsen kendaraan angkutan barang roda...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Infrastruktur Asian Games Ditarget Rampung Desember

Kamis 23/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Semua pekerjaan konstruksi infrastruktur Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang yang ditangani Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ditargetkan rampung pada akhir Desember 2017 dan siap digunakan untuk “test event” sejumlah cabang olah raga untuk pesta olah raga se-Asia itu.

Untuk kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang akan menjadi “jantung” kegiatan Asian Games Agustus 2018, renovasi yang dilakukan Kementerian PUPR saat ini sudah 87,27 persen.

Sementara itu di Palembang, renovasi atau pembangunan venue juga hampir tidak menemui kendala. Pembangunan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dan fasilitas arena dayung telah mencapai progres 91,99 persen Uji coba kejuaraan Asian Games 2018 yang akan digelar pada 10-18 Februari 2018 masing-masing untuk cabang panahan, atletik, bulu tangkis, basket, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo, voli, dan angkat besi.

“Saya optimistis seluruh pekerjaan di kawasan GBK akan selesai secara paralel dan siap digunakan untuk test event pada Februari 2018,” tutur Menteri Basuki yang terus mendorong percepatan penyelesaian renovasi venue olah raga GBK dan juga penataan kawasan GBK yang baru dimulai pekerjaannya Mei 2017 lalu dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (22/11).

Berdasarkan laporan Satuan Tugas (Satgas) Infrastruktur Asian Games 2018 per 21 November 2017, disebutkan bahwa pada akhir November 2017 Stadion Utama GBK akan rampung dengan progres saat ini sudah 96,62 persen.

Pada Desember 2017, akan diselesaikan yakni, Training Facility, Stadion Tenis Indoor dan Outdoor, Stadion Madya, Softball, Gedung Basket dan Lapangan Baseball. Sedangkan untuk Lapangan Hoki, Lapangan Panahan dan Sepak bola ABC serta Stadion Renang (Aquatic) sudah selesai pembangunannya.

Di samping venue olahraga di GBK, Kementerian PUPR juga melakukan penataan kawasan di Kompleks GBK. Penataan kawasan GBK dilakukan untuk menciptakan landsekap GBK yang lebih berkualitas menyatu dengan bangunannya.

Di Palembang, pembangunan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dan fasilitas arena dayung telah mencapai progres 91,99 persen dan saat ini sedang dilaksanakan pekerjaan rangka atap tribun serta pengelasan balok lantai 2 menara kontrol. ion/Ant/S-2

Tampilkan Semua

Tim Yamaha Salahkan Ban

Kamis 23/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
VALENCIA — Tim Movistar Yamaha angkat bicara terkait tidak kompetitifnya dua pembalapnya, Valentino Rossi dan Maverick Vinales menghadapi persaingan perburuan gelar MotoGP musim 2017. Duo Yamaha itu, gagal bersaing dengan pembalap...
Selengkapnya

Gagal Melaju di Hong Kong Open

Kamis 23/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
KOWLOON — Tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie, tersingkir di babak pertama Hong Kong Open Super Series 2017. Pada pertandingan di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Rabu (22/11), Jonatan dipaksa menyerah dua gim langsung...
Selengkapnya

Lakers Susah Payah Taklukkan Chicago Bulls

Kamis 23/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
LOS ANGELES — Los Angeles (LA) Lakers harus bersusah payah untuk bisa memetik kemenangan atas tamunya, Chicago Bulls, pada laga lanjutan NBA di Staples Center, Rabu (22/11) WIB. Setelah selalu tertinggal di tiga kuarter awal,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Mengembalikan Nalar Hukum

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Benny Susetyo Pr

Tim dokter RSCM yang disupervisi Ikatan Dokter Indonesia menyatakan Setya Novanto tak perlu lagi menjalani rawat inap. Novanto pun dinyatakan sudah bisa menjalani pemeriksaan di depan penyidik. “Kalau ada pertanyaan, apakah yang bersangkutan sudah bisa diperiksa terkait penanganan perkara, itu sudah bisa,” ujar Jubir KPK, Febri Diansyah.

Hasil pemeriksaan RSCM menyatakan Novanto tidak perlu dirawat lagi. Kasus Novanto penuh sinetron, penuh trik dan intrik yang menguras energi publik. Kasus ini memang tidak begitu mudah diselesaikan karena ada kekuatan tersembunyi yang memiliki kekuatan politik serta power yang menguasai segala lini.

Michel Foucault, salah seorang filsuf pelopor strukturalisme, berbicara tentang kekuasaan. Konsep kekusasan Foucault dipengaruhi Nietzsche. Foucault menilai filsafat politik tradisional selalu berorientasi soal legitimasi. Kekuasaan sesuatu yang dilegitimasikan secara metafisis kepada negara yang memungkinkan dapat mewajibkan warga untuk mematuhi. Namun, menurut Foucault, kekuasaan adalah dimensi dari relasi. Setiap ada relasa di sana terdapat kekuasaan.

Dalam relasi kekuasaan itulah sebenarnya negara tidak bisa mengoptimalisasikan kekuasaan karena seorang akan memiliki power, bila memiliki akses terhadap politik dan kapital. Persoalannya, dalam relasi kekuasaan itu politik dan modal bisa mengendalikan hukum yang mempunyai kekuataan memaksakan sangsi. Namun, dalam relasi mandul, dalam kasus korupsi besar yang melibatkan orang memiliki relasi kekuasan yang menguasai lini kehidupan.

Hal ini menyebabkan betapa sulitnya mengurai kasus besar korupsi yang melibatkan orang kuat karena relasi kuasaannya melebih negara. Kekuasaan dikendalikan oleh mereka yang memiliki power. Merkea menguasai cara berpikir, bertindak, dan berelasi. Inilah yang kemudian menciptakan tafsir tunggal mengenai hukum.

Kekuasaan hukum akhirnya tereduksi dalam kendali seseorang yang menentukkan kebenaran. Hal ini menyebabkan betapa sulitnya menyentuh orang besar yang memiliki relasi kuasa dominan atas aspek kehidupan. Keadilan akan mudah dipermainkan oleh mereka yang memiliki dominasi kekuasaan. Itulah yang menyebabkan keadilan sulit ditegakkan. Keadilan menjadi barang yang mudah dipermainkan kekuasaan dan uang. Martabatnya jatuh ke titik paling rendah. Sudah begitu banyak orang tahu keadilan susah diwujudkan di negeri ini.

Keadilan tidak untuk semua, tapi sebagian saja (yang bisa membeli). Keadilan jadi milik penguasa dan pemilik uang. Kita pun menjawab fakta tadi melalui berbagai pengalaman keseharian. Hukum dan keadilan bukan saja bagaikan saudara tiri yang jauh, tapi sering seperti musuh. Mereka jarang bisa bertemu karena begitu seringnya kekuatan lain (kuasa, otot dan uang) yang menceraikan. Keadilan negeri ini amat langka diperoleh karena tak pernah menjadi bagian dari cara berpikir, berperilaku, dan berelasi para penguasa dan penegak hukum.

Kamuflase

Perilaku mereka lebih mengutamakan kekuasaan dan popularitas. Rakyat memperoleh pendidikan utama tentang keadilan negeri ini adalah sebuah bayang-bayang kamuflase. Para penguasa dan penegak hukum tidak memiliki gugus insting yang melahirkan cakrawala kekuasaan mengedepankan rasa keadilan bagi semua. Hukum tak lagi bermartabat. Mereka yang bermartabat hanyalah yang berkekuasaan dan berkekayaan.

Hukum seringkali hanya pajangan dan retorika pasal-pasal. Di depan cengkeraman kekuasaan dan orang kuat, hukum tak lagi bertaring. Dia tumpul akibat banyak macam. Hukum mandul karena kepandaiannya hanya menginjak ke bawah dan mengangkat yang atas.

Hukum belah bambu telah mengiris-iris rasa keadilan. Itulah perilaku yang menghancurkan martabat hukum dan bangsa. Tragedi ini bisa jadi akan makin mempertebal awan mendung dalam sistem hukum bangsa ini. Ungkapan Indonesia sebagai negara hukum seringkali hanya pemanis mulut. Ajaran kepada anak cucu tentang kedaulatan hukum hanya deretan kepalsuan demi kepalsuan.

Hukum dan keadilan bagaikan dua sisi mata uang. Mereka didamba selalu berdekatan, tapi tak pernah menyatu. Bahkan bertemu sekalipun tak pernah. Keduanya menghadap sisi-sisi yang lain dari realitas hidup warga. Keadilan hanya alat untuk memanis-maniskan realitas kehidupan yang demikian pahit. Ironis, sebab hukum dan keadilan sekadar hiburan bagi rakyat kecil.

Hukum ditegakkan di atas prinsip-prinsip keadilan sosial. Hukum juga harus memegang teguh kesederajatan dan menghindarkan diskriminasi. Hukum mengemban misi kemanusiaan dan ingin menciptakan proses berperikemanusiaan. Semua hidup sedang menuliskan sebuah sejarah. Baik-buruk, benar-salah dan tegas-plinplannya sebuah catatan sejarah masa mendatang berawal dari tindakan hari ini.

Ini semua masih soal pelajaran hidup berbangsa dan bernegara. Janganlah kita terus-menerus mendidik rakyat bahwa seseorang bisa memiliki kekebalan hukum karena ada jabatan. Di negara yang mengagung-agungkan hukum sebagai payung (rechstaat), imunitas terhadap hukum tidak berlaku. Semua berkewajiban dan berhak sama. Semua kesalahan harus diadili seadil-adilnya. Itu cara mengembalikan martabat hukum.

Yang sedang dipertontonkan hari ini, hukum tumpul menghukum orang kuat, mantan pejabat dan koruptor. Dia tajam beringas menghukum kelas teri. Maling ayam mendapatkan hukuman bertimpal-timpal dan koruptor kelas kakap justru mendapatkan kesempatan menikmati karpet merah. Mantan pejabat dihukum di tempat tidak biasa. Kesederajatan dalam hukum mulai dipunahkan oleh sikap arogan kekuasaan dan cara-cara tipu daya. Karena kekuasaan dan uang yang menjadi acuan, kita tak sanggup melihat hati nurani. Karena kekuasaan yang menentukan hitam putih hukum, mata hati kita tumpul. Keadilan sosial yang ingin ditegakkan lalu diabaikan.

Saat KPK menyadari relasi kekuasaan ada dalam diri-Nya, maka KPK harus memiliki kepercayaan diri bahwa relasi kekuasan kembali di dalam penegak hukum. Dia tidak boleh kalah dengan relasi kekuasaan personal. Di sinilah penting menyadari ucapan Michael Foucalt , dominasi kekuasaan bisa dikendalikan kalau dalam diri lembaga penegak hukum menyadari kekuasaan ada di dalam diri-Nya. Itu harus digunakan untuk menjaga martabat hukum, menegakan nilai keadilan sebagai aktualisasi nilai Pancasila.  Penulis seorang imam

Tampilkan Semua

Ambisi Merkel

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kanselir Jerman Angela Merkel sedang menghadapi krisis politik terbesar dalam kariernya. Upaya untuk memimpin Jerman keempat kalinya berturut-turut menemui jalan terjal. Sejak memenangkan pemilu 24 September lalu, hingga kini Merkel...
Selengkapnya

Sebelum Sukses, Edison Gagal Lebih dari 10.000 Kali!

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Orang-orang Hebat juga Pernah Gagal Penulis : Radis Bastian Penerbit : Saufa Cetakan : I, Oktober 2017 Tebal : 192 halaman ISBN : 978-602-6650-06-1 Setiap orang mendamba kesuksesan. Namun, di...
Selengkapnya

Anak Aset Bangsa

Selasa 21/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setiap tanggal 20 November, dunia memperingati Hari Anak Universal (HAU). Ide ini tercetus pada 1954, ketika Sekjen PBB merekomendasikan semua negara merayakannya untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian anak-anak. Banyak negara...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Konser "5upergroup" Sukses Bawa Penonton Bernostalgia

Kamis 23/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lima band top Indonesia, God Bless, GIGI, Krakatau, Kahitna, dan Sheila On 7, sukses menghibur pecinta musik Tanah Air dengan tampil sepanggung lewat konser bertajuk '5upergroup', di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa (21/11) malam. Lebih dari 3000 orang penonton terlihat sangat antusias menyaksikan lima band favorit Indonesia itu tampil secara bergantian, masing-masing tampil selama 30 menit.

Dipromotori oleh XI Creative, masing-masing band membawakan sekitar 8-10 lagu andalan mereka. Sebut saja God Bless, yang tampil di awal konser, sangat memukau lewat tembang mereka Panggung Sandiwara, Bla Bla Bla, Menjilat Matahari, Cermin, Bis Kota, Kehidupan, Semut Hitam, dan Rumah Kita. Disusul dengan penampilan GIGI dengan tembang Terbang, Nakal, Kuingin, Andai, 11 Januari, Jomblo, Janji, dan Nirwana. Dua band tersebut tampil prima, hingga sukses membuat suasana konser semakin memanas.

Seusai penampilan GIGI, giliran Krakatau mengambil alih suasana. Lewat tembang kenangan bertajuk Primadona, Cita Pasti, Kau Datang, Cermin Hati, Seraut Wajah, hingga lagu terbaru Gemilang, Krakatau bak membawa penonton ke suasana musik tahun 1980an. Setelah Krakatau, giliran Kahitna menghibur penonton lewat tembang romantis mereka, seperti Takkan Terganti, Cerita Cinta, Andai Dia Tahu, Mantan Terindah, dan Cantik.

Setelah Kahitna membawa suasana 1990an, Sheila On 7 tampil paling akhir dengan sejumlah tembang andalan mereka yang hits di awal tahun 2000an. Malam itu waktu 30 menit yang disediakan oleh promotor untuk kelima band serasa kurang bagi penonton yang telah hadir sejak sore, meski konser baru dimulai selepas jam 20.00 WIB.

"Kami senang sekali bisa main di sini. Kesempatan seperti ini jarang sekali. Ada lima band bagus tampil satu panggung di tempat tertutup. Biasanya kita selalu main di tempat terbuka," ujar Ahmad Albar saat ditemui seusai konser.

Senada dengan itu, vokalis Sheila On 7, Duta mengaku sangat senang bisa tampil satu panggung dengan para seniornya di musik. "Kita bangga sekali. Ini seperti nggak pernah kebayang buat kita. Cerminan yang baik buat Sheila On 7 sendiri, semoga kita bisa eksis dan semangat yang panjang sampai tua seperti senior-senior kita ini," kata Duta.

Selain itu, Kadri Mohammad, selaku eksekutif produser '5upergroup' berencana, konser ini bisa diadakan rutin setiap tahunnya. Demi mengangkat musik Indonesia kembali menjadi tuan rumah di negeri sendiri, pihak promotor akan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi para pecinta musik Indonesia. "Kami yakin, konser ini menjadi konser musik yang terbaik sebagai penutup tahun 2017 ini," pungkas Kadri Mohammad. yzd/S-1

Tampilkan Semua

Ponsel “FullView Display” dengan Harga Kompetitif

Kamis 23/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Konsep ponsel dengan mengusung teknologi layar FullView Display tampaknya menjadi senjata unggulan di pengujung 2017. Berbagai brand telah meluncurkan produk unggulannya, dan yang menarik harga yang dibanderol untuk ponsel...
Selengkapnya

Selektif Memilih Makanan untuk Tingkatkan Kebugaran

Kamis 23/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Veganism adalah gaya hidup yang tidak melibatkan segala bentuk eksploitasi hewan baik lewat makanan, pakaian, dan lainnya. Sementara diet vegan diartikan sebagai gaya hidup yang tidak menggunakan produk makanan yang berasal dari hewan...
Selengkapnya

Toni Q Rastafara Sisipkan Pesan Moral di "Jatim Reggae Star Festival 2017"

Kamis 23/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bukan cuma sukses lewat musik reggae, Tony Q Rastafara juga sukses membawa para penggemar reggae Tanah Air untuk berlaku positif terhadap lingkungan. Di dalam konser "Jatim Reggae Star Festival 2017", yang rencananya diselenggarakan di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Program Uang Muka Nol Rupiah Segera Berjalan

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Uang Muka rumah nol rupiah besutan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadi salah satu program yang paling dinantikan masyarakat. Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengaku telah memiliki desain untuk merealisasikan program tersebut bagi masyarakat Ibu Kota yang ingin mempunyai rumah.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PD Pembangunan Sarana Jaya mengatakan pembangunan rumah dengan DP 0 rupiah akan segera terealisasikan. Target pembangunan rumah itu dimulai pada awal tahun 2018 dengan luas lahan untuk pilot project seluas 1,3 hektare.

“Kita harapkan pilot project pertama di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Bentuknya dibangun vertikal seperti apatemen sesuai dengan keinginan Gubernur. Karena di Jakarta ini kan memang lahannya sudah sangat terbatas,” ujar Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan, di Jakarta, Selasa (21/11).

Meski enggan menyebutkan biaya yang akan dikeluarkan, Yoory menuturkan bangunan tersebut menggunakan dana dari institusi yang ia pimpin, tanpa penyertaan modal dasar (PMD). Dikatakan, sebangak dua tower yang terdiri dari 700 unit akan dibangun. “Kita masih bisa mengandalkan anggaran kita sendiri, tanpa PMD. Karena kan selama ini kita BUMD kan di-support oleh Pemprov DKI Jakarta supaya lebih besar,” tutur dia.

Seperti diketahui, program uang muka nol persen difokuskan untuk penduduk DKI Jakarta yang belum memiliki rumah, serta memenuhi kriteria kepemilikan Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami). Program hunian ini dilandasi dengan Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/16/PBI/2016 tanggal 29/10/2016 tentang Loan to Value (LTV) atas KPR dan uang muka Kendaraan Bermotor.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, program uang muka nol rupiah menjelaskan skema penyediaan rumah yang akan ditempuh melalui pembangunan rusun baru dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di atas lahan milik Pemprov DKI Jakarta. Dan juga akan melibatkan pihak swasta dalam pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di atas lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan melibatkan BUMD atau BUMN dalam penyediaan rumah yang proporsinya tergantung pada lokasi lahan. Secara rata-rata 70 persen diperuntukkan bagi komersial dan 30 persen diperuntukkan bagi MBR.  nis/P-5

Tampilkan Semua

Enam Daerah Penyangga Ajukan Bantuan

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Enam daerah penyangga Ibu Kota mengajukan bantuan keuangan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Usulan tersebut diajukan dalam Rancangan APBD 2018 yang hingga kini masih dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat...
Selengkapnya

Museum AUAU Dilengkapi Helikopter S-58 T Twin Pac

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Kembali mendapat koleksi baru pesawat jenis Helikopter S-58 T Twin Pac dari Mabesau, yang tiba di Yogyakarta, Selasa (21/11). Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama...
Selengkapnya

Puluhan Korban Banjir Ciketing Terserang Penyakit

Rabu 22/11/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BEKASI - Sebanyak 66 dari total 513 korban banjir di Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai terserang penyakit akibat faktor genangan air yang berlangsung selama sepekan lebih. “Infeksi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Banyak ASN yang Tak Punya Kompetensi Pemerintahan

Rabu 22/11/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kompetensi pemerintahan menjadi sangat urgen dipunyai oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN), apalagi untuk jabatan level tertentu. Karena kompetensi pemerintahan tak sekadar syarat teknis, tapi juga pemahaman utuh terhadap tugas penyelenggaraan pemerintahan secara menyeluruh.

 

Faktanya, banyak pejabat yang tak memahami itu. Akibatnya, koordinasi kurang optimal serta dampak lainnya yang membuat tata kelola pemerintahan tak berjalan dengan baik.


Untuk mengupas itu, Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi. Berikut petikan wawancaranya.


Apa tujuan workshop “Standarisasi dan Sertifikasi Kompetensi Pemerintahan”?


Workshop ini tujuannya untuk meningkatkan pemahaman tentang standarisasi dan sertifikasi kompetensi pemerintahan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Juga untuk meningkatkan persepsi dan aksi dalam bentuk pelaksanaan terhadap kebijakan yang telah ditetapkan Kemendagri di bidang standarisasi dan sertifikasi kompetensi pemerintahan dan lain-lain.


Apa yang dimaksud dengan kompetensi pemerintahan itu sendiri?


Kompetensi pemerintahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 233 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah terdiri dari kebijakan desentralisasi, hubungan pemerintah pusat dengan daerah, pemerintahan umum, pengelolaan keuangan daerah, urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, hubungan pemerintah daerah dengan DPRD dan etika pemerintahan.


Tujuan besarnya apa seorang ASN harus mempunyai kompetensi pemerintahan?


Kompetensi pemerintahan pada hakikatnya identik dengan nilai-nilai kepamongprajaan dalam sistem pemerintahan.

Nilai-nilai kepamongprajaan tidak menempatkan pejabat sebagai yang memerintah atau penguasa, tetapi sebagai pamong atau pengasuh yang melayani masyarakat. Mengapa kompetensi pemerintahan penting dan dibutuhkan?

Kompetensi pemerintahan merupakan kompetensi yang bersifat umum yang memuat pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dikonstruksi dari ilmu pemerintahan.

Ini meliputi kebijakan desentralisasi, hubungan pemerintah pusat dengan daerah, pemerintahan umum, pengelolaan keuangan daerah, urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, hubungan pemerintah daerah dengan DPRD dan etika pemerintahan.


Dalam praktiknya bagaimana di lapangan?


Dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan daerah menunjukkan banyak ASN yang menduduki jabatan Kepala Perangkat Daerah.


Banyak yang lebih berorientasi sektoral teknis atas urusan pemerintahan tertentu yang menjadi tugas dalam jabatannya, dan kurang memahami kebijakan desentralisasi, hubungan pemerintah pusat dengan daerah, pemerintahan umum, pengelolaan keuangan daerah, urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, hubungan pemerintah daerah dengan DPRD dan etika pemerintahan.


Akibatnya apa jika ASN tak punya atau menguasai kompetensi pemerintahan?


Implikasi dari kurangnya pemahaman para Kepala Perangkat Daerah atas kompetensi pemerintahan, mengakibatkan antara lain, Koordinasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten atau kota kurang efektif.

Implementasi standar pelayanan minimal yang terkait dengan pelayanan dasar juga kurang optimal. Tidak hanya itu, pengelolaan keuangan daerah belum sesuai dengan Standar Akuntansi Pengelolaan Keuangan Daerah.


Adakah aturan teknis yang lebih rinci mengatur itu?


Ya, dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 108 Tahun 2017 tentang Kompetensi Pemerintahan, ditetapkan sejumlah 75 standar kompetensi yang dipaketkan ke dalam jabatan ASN pada Perangkat Daerah (JPT dan Administrasi).


Untuk memenuhi standar kompetensi pemerintahan bagi Kepala Perangkat Daerah dan jenjang di bawahnya, dipandang penting menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri atau Diklat Pimpemdagri.


Dalam pasal 20 Permendagri Nomor 85 Tahun 2017 tentang Diklat Pimpemdagri, disebutkan setiap peserta diklat yang telah mendapatkan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP), berhak mengikuti uji kompetensi. agus supriyatna/AR-3

Tampilkan Semua

“Perlu Komitmen Kuat Tingkatkan Keterwakilan Perempuan”

Selasa 21/11/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Meski sudah ada kebijakan afirmatif action tentang keterwakilan politik perempuan di kepengurusan partai dan juga dalam daftar calon legislatif, tapi banyak kalangan menilai itu belum cukup. Bahkan, ada kecenderungan keterwakilan perempuan...
Selengkapnya

Pangeran Mohammed Ingin Menundukkan Keluarga Kerajaan melalui Kekuasaan

Kamis 16/11/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Penangkapan 11 pangeran, empat menteri dan sejumlah pejabat lainnya oleh lembaga antikorupsi Arab Saudi mengejutkan banyak pihak.   Penahanan itu menghembuskan dugaan adanya upaya pembersihan yang dilakukan Mohammed bin Salman, sang...
Selengkapnya

“Bandara Soekarno Hatta Tidak Akan Dijual”

Rabu 15/11/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Ramainya pemberitaan yang menyebutkan jika pemerintah akan menjual Bandara Internasional Soekarno Hatta di Tangerang, Banten, dibantah langsung PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola bandara tersebut. Karena menurutnya, hingga kini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Arakan Bugil dari Cikupa

Sabtu 18/11/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Hari Sabtu, seminggu lalu, malam hari M, 20 tahun, perempuan, merasa lapar. Ia minta pacarnya, R,28 tahun, membelikan makan. Keduanya, agaknya pekerja siang hari, sehingga baru bisa merencanakan makan bersama, pukul 22.00.

R pun datang membawa makan malam, dua bungkus untuk menikmati “dinner time”. Kemesraan makan bersama dari nasi bungkus terganggu karena gedoran di pintu oleh G, yang adalah ketua RT di desa Sukamulya, Cikupa, provinsi Banten.

Yang datang bersama beberapa orang yntuk menggerebk—bukan menyambangi, seperti bahasa yang sekarang diperhalus kalau konotasinya terjadfi penangkapan. Lalu selanjutnya adalah kisah horor.

Pasangan ini dipaksa mengaku berbuat asusila, lalu ditelanjangi, juga dipukuli—terbukti dari hasil visum kemudian, dilecehkan, dan ditelanjangi. Mula-mula R, kemudian M.

Sampai di sini R masih mencoba melindungi kekasihnya, namun malah menambah permusuhan dan kebencian yang dituangkan ke arahnya oleh Pak RT yang kemudian dianggap provokator. Karena menyuruh warga memotret, atau melecehkan, ketika diarak dalam keadaan bugil ke rumah Pak RW.

Video arakan bugil itu diunggah, dan menyebar dan viral. Pasangan Cikupa ini sempat tak melakukan aktivitas apapun, karena malu, karena merasa hina.

Sampai kemudian polisi menanyakan kebenarannya. Untunglah aparat kepolisian sigap, karena viralnya video arakan bugil meresahkan masyarakat. Dan bahkan sudah menetapkan 6 tersangka— termasuk di antaranya Pak Rt dan Pak RW. Arakan bugil untuk pelaku tindak asusila bukan sekali ini terjadi.

Di Sukorejo, Jawa Tengah juga terjadi tahun lalu. Hanya di sini prianya yang dibugili. Di Riau tiga tahun lalu juga terberitakan kasus yang sama. Kadang juga aneh, kisah gadis pencuri sandal juga dipaksa dibugili.

Ada sesuatu yang ganas, yang bisa telengas, sebagai tindakan kejam atas perbuatan asusila. Dengan menelanjangi, mengarak, mentertawakan, mungkin juga meludahi. Kejijikan yang dimuntahkan dengan penuh kebencian.

Yang bahkan kalau pun pasangan yang melakukan, hukuman itu tidak pantas. Ada tata krama, ada tata nilai untuk memastikan perbuatan asusila, dan tentu saja sangksisanksi apapun yang menyertai.

Kita tak tahu apa yang ada di pikiran Pak RT—atau Pak RW, atau yang ikutan merundung dengan brutal— atau kenapa begitu “nafsunya” melampiaskan dengan keji—untuk sasaran yang belum pasti bersalah.

Ada sesuatu yang busuk yang berkecamuk dalam sikapnya, atau itu gambaran nilai yang dianggap benar dan wajar. Dan orang seperti itu, sangat mungkin sekali masih ada. Bukan hanya di Sukamulya, tetapi bisa di mana saja, Riau, Samarinda, Sragen Juga di luar negeri—setidaknya dari berita yang termuat di media.

Sisa-sisa pikiran untuk main hakim sendiri sesegera mungkin, keinginan menghukum sebrutal mungkin dengan menghina dan atau menelanjangi. Kunci jawaban ini adalah tegaknya hukum.

Aparat kepolisian di sini bergerak cepat, lugas, dan berhasil memetakan persoalan. Mana yang korban, mana yang memprovokasi kekerasan, bagaimana kronologi kejadian, dengan data dengan fakta.

Dengan begitu peristiwa tidak meluas menjadi masalah yang terkaitkan dengan SARA, bahkan mungkin pilkada, atau apa saja. Kepolisian bertindak pas. Juga misalnya ketika urusan di pengadilan.

Menjadi jelas, nyata, terukur, dan masyarakat bisa belajar dari arak-arakan bugil yang menjijikan ini.

Tampilkan Semua

Helmy Fauzi

Sabtu 18/11/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Helmy Fauzi menjadi Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) untuk Republik Mesir, di Istana Negara, Jakarta, pada 26 Februari 2016 silam....
Selengkapnya

Menggali Sifat Antioksidan dari Spesies Tomat Liar

Sabtu 18/11/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Periset mulai aktif menganalisis sifat antioksidan dan agronomi. Sifat ini digali dari tiga jenis spesies tomat liar dan membandingkannya dengan sifat yang sama pada tomat yang dibudidayakan. Spesies liar secara signifikan melampaui...
Selengkapnya

Tomat dengan Antioksidan yang Disempurnakan

Sabtu 18/11/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Peningkatan komponen pendukung kesehatan pada tanaman pangan merupakan area penelitian yang sangat penting. Sebuah penelitian baru yang dilakukan para ilmuwan dari Hong Kong University (HKU) berhasil mengidentifikasi sebuah strategi baru...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta