Koran Jakarta | October 20 2018
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

SBN Didominasi Asing, RI Rentan Gejolak Eksternal

Sabtu 20/10/2018 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
Porsi asing di obligasi pemerintah perlu dikurangi dengan memperkuat kepemilikan investor domestik. Porsi asing di obligasi pemerintah perlu dikurangi dengan memperkuat kepemilikan investor domestik.   JAKARTA - Sejumlah kalangan mengungkapkan porsi asing dalam obligasi...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

BANTUAN GEMPA SULTENG

Sabtu 20/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

President Samsung Electronics Indonesia, JaeHoon Kwon (kiri) menyerahkan donasi untuk membantu korban bencana Sulawesi Tengah (Sulteng) kepada Sekretaris Jendral Palang Merah Indonesia, Ritola Tasmaya, di Jakarta, Kamis (18/10). Total donasi Samsung sebesar 9 miliar rupiah, di mana 7,5 miliar rupiah disalurkan melalui Palang Merah Indonesia dan 1,5 miliar rupiah untuk mendirikan Posko Samsung Peduli di Sulawesi Tengah.

Tampilkan Semua

Bantu Dapur Umum

Sabtu 20/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tim gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Mahasiswa Tanggap Bencana (Mahagana) Universitas Airlangga Surabaya, berfoto bersama sebelum berangkat menuju ke Palu, Sulawesi Tengah, di Surabaya, Jumat (19/10). Tim akan membantu korban...
Selengkapnya

Kasus HIV/AIDS di Jatim Naik

Sabtu 20/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
SURABAYA - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur, Kohar Heri Santoso, mengatakan jumlah orang pengidap Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) (ODHA) di Jawa Timur (Jatim) mencapai 67.658...
Selengkapnya

KPK Dalami Hubungan Steffy Burase-Irwandi Yusuf

Sabtu 20/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami hubungan model Fenny Steffy Burase dengan tersangka Irwandi Yusuf dalam penyidikan kasus suap pengalokasian dan penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun Anggaran 2018 pada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

PDIP Dorong Kaum Muda Jadi Pemimpin

Jumat 19/10/2018 | 04:51
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Sekjen PDIP Hasto Kristyanto mengatakan, bahwa pendiri bangsa sekaligus Soekarno, sejak awal sudah membangun visi soal pentingnya anak muda sebagai kekuatan bangsa. Karena itulah PDIP selalu konsisten mempersiapkan kader muda di partai, membangun anak muda Indonesia menjadi kekuatan potensial negara.

Apalagi kata Hasto, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri juga konsisten mendorong orang-orang muda untuk menjadi calon pemimpin, baik dalam menjalankan tugas partai, maupun untuk negara. ”Bung Karno menyatakan ‘seribu orang tua hanya bisa bermimpi, namun seorang anak muda bisa merubah dunia,” kata Hasto ketika menerima kunjungan delegasi Council of Asian Liberals and Democrats (CALD) di Kantor DPP Perjuangan, Jalan Diponegoro, Jakarta, Kamis (18/10).

Dalam konteks kemasyarakatan, tambah Hasto, berbagai survei belakangan menunjukkan PDIP adalah parpol yang paling disukai di kalangan milenial. PDIP mendapat 23,9 persen suara, sementara parpol yang di urutan kedua memperoleh 11,2 persen suara. Hasto lalu menjelaskan bahwa karakter milenial adalah inovasi dan kreativitas. Kebanyakan tak mau beraktivitas dengan gaya lama. Maka PDIP mewujudkannya lewat membangun lingkungan yang progresif inovatif.

“Progresif inovatif itu adalah karakter utama PDIP. Kami selalu berinovasi untuk memastikan partai kami bisa beradaptasi dengan tantangan baru,” ujar Hasto.

Sekjen CALD, Khun Kiat Sittheeamon, bahkan menyampaikan pujiannya secara terbuka kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekretars Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto atas kemampuan membangun PDIP sebagai partai modern.

Sebagai politisi di Thailand, kata Mr Kiat, dirinya paham benar bagaimana sulitnya menjalankan manajemen partai politik. Sementara jika melihat PDIP, Kiat mengaku sangat impresif.

“PDIP memang partai tertua. Tapi tampaknya, bagi saya, anda membangun partai ini untuk kaum milenial. Saya berani katakan, jika anda ingin melihat bagaiamana manajemen parpol yang bagus, datanglah kemari, ke PDIP,” kata Kiat.

Delegasi CALD ini selanjutnya akan melanjutkan perjalanan ke Jawa Tengah. Namun sebelum berangkat, Hasto dan jajarannya menjamu para delegasi untuk makan bersama. Menunya adalah soto dan nasi liwet. Tampak Hasto Kristiyanto secara aktif memperkenalkan serta menjelaskan makanan khas Indonesia itu.

CALD adalah jaringan partai politik di Asia yang bersama- sama membangun forum bersama untuk berdiskusi dan bertukar pikiran secara dinamis demi memajukan demokrasi, HAM, dan supremasi hukum. Dibentuk tahun 1993, CALD beranggotakan partai politik, diantaranta dari Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Filipina, Sri Langka, Singapura, Malaysia, dan Indonesia. rag/AR-3

Tampilkan Semua

PAW Anggota MPR

Jumat 19/10/2018 | 04:34
A   A   A   Pengaturan Font
Ketua MPR Zulkifli Hasan (kedua dari kanan) memberikan ucapan selamat usai melantik anggota MPR Pengganti Antar Waktu (PAW) di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (18/10). Sembilan anggota baru MPR, yakni M. Irwan...
Selengkapnya

Kemlu Ingin Ormas Asing Jadi Mitra Pemerintah

Jumat 19/10/2018 | 04:23
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Kementerian Luar Negeri RI dalam acara “Sosialisasi Ketentuan Pemerintah dan Direktori Ormas Asing” mendorong organisasi masyarakat (ormas) asing di Indonesia untuk menjadi mitra program-program...
Selengkapnya

Pemilih Sudah Tentukan Sikap

Jumat 19/10/2018 | 04:15
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Peneliti bidang politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), R. Siti Zuhro, mengatakan bahwa masyarakat Indonesia sebagian besar sudah menentukan pilihan calon presiden (capres) dalam pemilihan presiden (pilpres)...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Asean-Tiongkok Siap Gelar Latihan Militer Gabungan

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SINGAPURA – Negara-negara anggota Association of Southeast Asian Nations (Asean) dan Tiongkok akan menggelar latihan militer maritim gabungan untuk pertama kalinya mulai pekan depan. Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, pada Jumat (19/10), saat digelar KTT Pertahanan Asean di Singapura.

“Latihan perang maritim gabungan ini bertujuan untuk meredakan ketegangan. Saat ini Angkatan Laut (AL) Asean sedang menuju Zhanjiang, Tiongkok, yang jadi lokasi terselenggaranya Latihan Militer Maritim Asean-Tiongkok,” kata Menhan Ng.

Zhanjiang adalah kota pelabuhan di Tiongkok selatan yang merupakan pangkalan dari Armada AL Pasukan Pembebasan Rakyat Tiongkok untuk wilayah Laut Selatan.

“Latihan militer maritim gabungan ini bisa membantu untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan rasa kepercayaan diri,” tambah Menhan Singapura.

Klaim Beijing atas kepemilikan Laut Tiongkok Selatan (LTS) telah jadi sumber perpecahan antara Negeri Tirai Bambu dengan sejumlah negara di Asia tenggara dan Amerika Serikat (AS) yang telah lama mendominasi kekuatan maritim di wilayah perairan itu.

Walau terjadi perselisihan atas ambisi teritorial Beijing, Tiongkok dan negara Asean terus berupaya untuk meredamnya dengan harapan bahwa ketegangan bisa berakhir sebelum diluar kendali.

Dalam latihan militer maritim gabungan ini, AL Tiongkok dan AL dari 10 negara anggota Asean (Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, Indonesia, Laos, Myanmar, Singapura, dan Thailand) justru akan menggelarnya di perairan sengketa LTS.

 

Kurangi Pengaruh AS

Sejumlah pengamat menyebut latihan militer maritim gabungan ini merupakan upaya Tiongkok untuk mengurangi pengaruh AS di kawasan dengan memperkuat hubungan baik dengan nagara-negara yang tadinya merupakan sekutu dan mitra tradisional AS.

Namun untuk menangkis anggapan dari pengamat itu, Menhan Ng menyatakan Asean berencana untuk menggelar latihan militer maritim perdana dengan AS mulai tahun depan.

Menurut Menhan AS, Jim Mattis, ia tak percaya latihan militer Tiongkok-Asean bisa mengurangi pengaruh AS secara strategis.

“Kami tak melihat (latihan militer maritim gabungan) ini bertentangan dengan kepentingan kita karena aktivitas itu transparan, walau sifat itu tak ditemui di LTS,” sindir Mattis mengacu pada apa yang disebutkan pengembangan militerisasi di LTS oleh Tiongkok.

Sementara itu dari KTT Pertahanan Asean di Singapura, para Menhan Asean telah menyepakati panduan untuk mencegah pertemuan tak direncanakan antara pesawat militer mereka, dan panduan ini akan diajukan ke negara lain seperti AS dan Tiongkok.

Panduan ini sengaja dibuat oleh negara-negara anggota Asean agar bisa mengurangi peluang pertemuan secara kebetulan yang bisa menyulut konflik.

 

AFP/I-1

Tampilkan Semua

Polisi Perluas Pencarian Khashoggi

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Polisi Turki memperluas penyelidikan ke sebuah hutan di Istanbul, untuk mencari Jamal Khashoggi, yang sudah hilang selama dua pekan.   ISTANBUL – Tim dari kepolisian Turki pada Jumat (19/10) memperluas penyelidikan atas...
Selengkapnya

Montenegro, Negara Baru yang Tengah Mengembangkan Pariwisata

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Montenegro? Di manakah negara itu? Banyak orang Indonesia yang belum tahu atau kerap bertanya, “di mana tuh?” Wajar bila banyak dari kita baru mendengar atau tak tahu persisnya di mana negara Montenegro tersebut. Hal itu jug...
Selengkapnya

Ouk Vanday Angkat Derajat Anak Pengemis dengan Sampah

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Seorang anak dari Kamboja bernama Roeun Bunthon pada Kamis (11/10) terlihat sedang asyik mengikuti mata pelajaran Bahasa Inggris di sebuah “Sekolah Sampah” yang berlokasi dekat Taman Nasional Kirirom, Provinsi Kampong Speu,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Tabungan Berhadiah

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Rekor Polis

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

HKTI dan BISI Gelar Panen Jagung di Kediri

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
KEDIRI – PT BISI International Tbk (BISI) bersama dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) melakukan panen raya jagung di Desa Mejono, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pada Kamis (18/10). Panen berlangsung...
Selengkapnya

Rupiah Stabil di 15.200 per Dollar AS

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setelah mengalami tekanan selama beberapa waktu, kurs rupiah kini bakal stabil di level 15.200 per dollar AS.   JAKARTA- Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (19/10) mengatakan kurs rupiah saat ini berada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pemkot Terus Entaskan Kemiskinan Rakyat Semarang

Senin 8/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Perekonomian global yang menunjukkan risiko perlambatan pertumbuhan dalam jangka menengah, mengakibatkan menurunnya nilai mata uang di beberapa negara, termasuk Indonesia. Sejumlah wilayah di Indonesia, mencemaskan hal tersebut, termasuk Kota Semarang.

Kota Semarang menjadi daerah dengan ketimpang­an masyarakat terbesar di Indonesia saat terjadi krisis ekonomi global pada tahun 2008–2009. Namun, Kota Se­marang di era kepemimpinan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, sejak tahun 2012 berbenah dengan cepat me­lakukan reformasi struktural dengan berbagai kebijakan ekonomi kerakyatan.

Untuk mengetahui apa yang dilakukan untuk mengatasi perlambatan ekonomi di Kota Semarang, wartawan Koran Jakarta, Henri Pelupessy, ber­kesempatan mewawancarai Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Semarang, bebera­pa waktu lalu. Berikut petikan wawancaranya.

Perekonomian global menunjukkan risiko perlam­batan pertumbuhan. Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Salah satunya dilakukan reformasi struktur konsentrasi ekonomi Kota Semarang. Se­mula dominan di sektor indus­tri menjadi berkonsentasi pada sektor perdagangan dan jasa. Kebijakan menghentikan penambahan kawasan industri di Kota Semarang hingga pe­ngembangan pariwisata.

Reformasi struktural yang kami lakukan menjadi salah satu yang paling tepat di In­donesia. Dengan catatan Gini Rasio 0,31 di tahun 2015, Kota Semarang mampu menjaga kondisi ekonomi lebih stabil dibandingkan kota-kota besar lain.

Bagaimana dengan jumlah penduduk miskin?

Data BPS, terjadi penu­runan angka kemiskinan sempurna (tanpa fluktuasi) dari tahun 2013 sebesar 5,25 persen menjadi 4,62 persen di tahun 2017. Bahkan, indeks keparahan kemis­kinan di Kota Sema­rang tercatat sangat kecil di angka 0,12 persen yang meng­gambarkan ketimpang­an pengeluaran pendu­duk miskin dan kaya semakin kecil.

Untuk per­tama kalinya dalam se­jarah, pada saat bulan Ramadan, infla­si di Kota Semarang justru turun dan harga-harga stabil. Ini membuktikan bagaimana kokoh dan kuatnya ekonomi kami saat ini. Jadi, mari ting­katkan optimisme agar dapat semakin saling menguatkan.

Masyarakat miskin masih susah hidupnya, bagaimana dengan gejolak ekonomi saat ini?

Kalau dikatakan ada orang yang punya usaha lalu gagal atau ada masyarakat miskin yang masih susah hidupnya, ya pasti ada. Angka kemiskinan sebesar 4,62 persen bukan jumlah yang sedikit. Tapi kalau bicaranya semakin banyak atau bertambah, ya tunggu dulu karena datanya tidak begitu dan optimisme harus dibangun.

Kota Semarang akan mewujud­kan diri sebagai daerah poros maritim Indone­sai?

Pelabuhan di Semarang ini nama­nya Tanjung Emas, kalau di Sura­baya namanya Tanjung Perak. Jadi kalau perolehan medali, harusnya Semarang yang jadi juara 1. Sejarah menyebutkan Kota Semarang adalah me­rupakan daerah pusat per­dagangan di Indonesia yang menjadi bagian penting dari aktivitas perdagangan dunia melalui jalur sutra. Sejarah tersebut harus dapat dibangun kembali.

Apa tantangannya untuk mewujudkan hal tersebut?

Untuk menjadi poros maritim di Indonesia, Kota Semarang menghadapi dua tantangan yaitu terkait penataan infrastruktur dan penambahan nilai pemanfaat­an kekayaan laut. Bila dua hal tersebut mampu diupayakan bersama-sama, Kota Semarang akan dapat semakin cepat me­wujudkan diri sebagai daerah poros maritim di Indonesia.

Konon, Kota Semarang ini adalah daerah wilayah maritim yang hebat, namun kenyata­annya hari ini banyak potensi yang belum terbangun baik dari sisi infrastrukturnya mau­pun kekayaan lautnya. Men­jadi tanggung jawab generasi muda, khususnya para siswa untuk bersama dengan kami mengembangkan kemaritimin di Kota Semarang.

Bagaimana dengan pe­ningkatan infrastrukturnya?

Terkait peningkatan in­frastruktur sejumlah upaya dilakukan, di antaranya meng­atasi permasalahan rob dan banjir dengan penataan sistem drainase, pembangunan kolam retensi, normalisasi sungai-sungai, hingga penataan pemukiman di kawasan pesisir Tambak Loro. Terkait peman­faatan kekayaan alam laut, tidak tergarapnya potensi ter­sebut terlihat dari nilai ekspor nonmigas Kota Semarang pada sektor perikanan dan makanan yang nilainya sangat kecil.

Nilai ekspor nonmigas, khususnya Kota Semarang terutama perikanan dan ma­kanan masih kurang karena cara menjual ikan masih sederhana. Maka ke depan­nya, kami butuh pemikiran generasi muda untuk mampu memberikan nilai tambah.

Kenapa Anda rajin me­ngunjungi sekolah-sekolah di Kota Semarang?

Kunjungan itu sebagai upaya meningkatkan fasilitas pendidikan di seluruh Kota Semarang. Mendatangi seko­lah satu per satu akan dapat melihat langsung kondisi nyata di lapangan. Komitmen saya untuk Kota Semarang, antara lain fasilitas pendidikan dan kesehatannya harus prima. Bagi saya, dua sektor tersebut adalah kunci kesejahteraan masyarakat disamping eko­nomi tentu saja.

N-3

Tampilkan Semua

Pemkab Terus Kembangkan Pariwisata di Ponorogo

Senin 1/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
   Tahun Baru Islam yang jatuh di bulan Muharam bertepatan dengan awal penanggalan kalender Jawa, yang dimulai dari bulan Suro. Bagi sebagian masyara­kat, satu Muharam atau satu Suro dianggap penting dan sangat lekat...
Selengkapnya

Kembangkan Budaya Bali untuk Tarik Wisatawan

Senin 24/9/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selama ini, Provinsi Bali sangat dikenal men­jadi tujuan wisata bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Para wisatawan tersebut ingin menikmati semua keindahan yang ada di Pulau Dewata ini. Berbagai destinasi wisata seperti...
Selengkapnya

Pemkab Jemput Bola Layani Masyarakat Sleman

Senin 17/9/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Angka kemiskinan di Ka­bupaten Sleman masih di level dua digit, yakni di angka 10,6 persen dari total warga sekitar 1,2 juta. Peme­rintah Kabupaten (Pemkab) Sleman terus berusaha untuk menurunkan tingkat kemis­kinan dengan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Pelatihan Media Sosial

Jumat 19/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pgs Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono (kanan), memberikan bingkisan saat menggelar pelatihan media sosial bertajuk “Bicara Baik” bersama 50 penggiat media sosial di Goedang Popsa, Makassar, Kamis (18/10). Kegiatan #BicaraBaik digelar sebagai wadah sharing pengalaman dan berbagi ide bagi para penggiat media sosial, dan Semen Indonesia berharap agar generasi muda dan netizen dapat memanfaatkan media sosial dengan bijak.

Tampilkan Semua

Peredam Sinar Alami Dalam Bangunan

Jumat 19/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Desain arsitektur dengan menggunakan pencahayaan alami merupakan desain yang kian berkembang. Desain seperti itu merupakan perwujudan ramah lingkungan. Sayangnya, sinar matahari yang terik kerap mengganggu penghuni yang ada di dalam...
Selengkapnya

Pengembang Tetap Optimitis di Pasar Menengah Atas

Jumat 19/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Terdepresianyanya nilai tukar rupiah dan kenaikan suku bunga global tidak menyurutkan pengembang menawarkan perumahan segmen menengah atas. Pengembang optimistis permintaan rumah menengah atas masih ada meskipun jumlahnya minim. Bahkan,...
Selengkapnya

Desain Klasik Modern di Gading Serpong

Jumat 19/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kawasan Gading Serpong diperkirakan terus tumbuh menjadi daerah terbaik penyangga Jakarta. Selain pembangunannya didominasi developer-developer besar, infrastruktur dan akses menuju Gading Serpong juga makin baik. Kawasan Gading Serpong...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Raih Penghargaan Perlindungan Layanan Data Center & Cloud

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Terobosan dan improvement baru yang terus dilakukan, baik peningkatan kapabilitas dan beragam produk solusi layanan sebagai total ICT solution, menjadikan Lintasarta selalu terdepan di bidangnya.  Kali ini, Lintasarta berhasil meraih penghargaan untuk kategori ”Best Improved Data Technoloy Governance & AI” untuk layanan data center dan cloud, di ajang Data Technology Governance, AI and Analytics Summit & Awards 2018 pada Rabu (17/10), di Balai Kartini, Jakarta, yang dihadiri Menkominfo, Rudiantara.

Acara penganugerahan penghargaan yang diselenggarakan Asosiasi Big Data Indonesia (ABDI) ini merupakan kali pertama, bekerjasama dengan sejumlah asosiasi dan lembaga survei yang mendapat dukungan dari Kemenkominfo. Lintasarta berhasil menyabet penghargaan ini karena memiliki keunggulan dalam meningkatkan lini layanan data center dan cloud services, termasuk perlindungan keamanan dan back up system-nya yang memastikan keandalan layanan Data Center & Cloud dengan standar kualitas layanan prima.

Penghargaan yang membanggakan ini diterima langsung oleh Marketing General Manager Lintasarta, Bayu Adi Pramono. Data center Lintasarta dibangun berdasarkan standar dan sertifikasi internasional. Begitu juga untuk cloud services yang juga terus diperkuat sistem keamanannya, sebagai bagian dari keseriusan Lintasarta mengembangkan bisnis dan layanan sebagai ICT solution company.

“Saya atas nama pemerintah, menyambut baik dan mengucapkan terima kasih adanya kegiatan semacam ini karena akan mendorong adanya inovasi-inovasi baru, terkait pengembangan sektor ICT di Tanah Air. Ini sejalan dengan tekad pemerintah untuk membangun ekosistem digital dan percepatannya, terutama dalam rangka memasuki era ekonomi digital dan industri 4.0 yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai strategi dalam meningkatkan daya saing industri dan ekonomi nasional di masa depan,” ungkap Rudiantara saat memberikan sambutan di acara “Data Technology Governance, AI and Analytics Summit & Awards 2018”.

Dalam kaitan ini, Menkominfo berharap agar para vendor dan perusahaan-perusahaan pengembang solusi ICT, bisa terus berinovasi sebagai antisipasi untuk memenuhi tren tuntutan kebutuhan solusi ICT yang juga makin tinggi di kalangan dunia usaha dan berbagai institusi lainnya.

Di bawah kendali Dirut Lintasarta, Arya Damar, perusahaan ini bisa terus menggeliat. Sebagai penyedia jasa komunikasi data yang berpengalaman selama lebih dari tiga dekade, Lintasarta memiliki jaringan/backhaul yang handal dengan dukungan SDM berkompeten, di antaranya dengan bersertifikasi CDCP (Certified Data Center Professional), CCIP (Cisco Certified Internetwork Professional), CCSP (Cisco Certified Security Professional) dan Certified Ethical Hacker.

 

Buktikan Keandalan Tinggi

Sementara itu, Bayu Adi Pramono, mengatakan, penghargaan ini semakin membuktikan keandalan dan kualitas layanan data center dan cloud, sehingga pantas menjadi pilihan utama bagi pelaku industri nasional.

Diakui dengan semakin berkembangnya bisnis suatu perusahaan, menuntut adanya peningkatan kapasitas dan infrastruktur yang makin kompleks. Tren perkembangan ini juga menuntut perusahaan pengembang solusi ICT seperti Lintasarta untuk terus melakukan inovasi agar bisa terus mendukung derap perkembangan tuntutan pelanggan tersebut, termasuk dalam hal memfasilitasi manajemen data secara aman dan fleksibel.

“Produk layanan dengan tingkat keandalan tinggi menjadi prioritas Lintasarta untuk menjadi partner terbaik dalam meningkatkan daya saing pelaku usaha dari berbagai sektor industri,” ujarnya.

Lintasarta memiliki solusi total untuk layanan data center dan cloud mulai dari storage, back up data, solusi platform, dan solusi aplikasi atau biasa disebut Software as a Service (SaaS).

Untuk layanan SaaS, Lintasarta memiliki beberapa solusi seperti managed mail, media analytics, dan lainnya. Solusi-solusi ini akan memudahkan keseluruhan proses bisnis perusahaan, institusi dan berbagai sektor industri, untuk bisa menciptakan efisiensi yang jauh lebih tinggi lagi.

Layanan Lintasarta Cloud Services menawarkan solusi untuk web/application hosting hingga konsolidasi data center secara aman, mudah serta hemat biaya tanpa harus membangun infrastruktur TI sendiri.  Sehingga bisa membantu menyederhanakan kompleksitas IT Operation di perusahaan pelanggan (pengguna).

Solusi Lintasarta Cloud Services juga mampu meningkatkan efisiensi, terutama pada penggunaan Capital Expenditure (capex) perusahaan untuk berbagai investasi TI yang tidak perlu.

“Dengan penghargaan ini, tentu akan memotivasi seluruh komponen Lintasarta untuk berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi para pelaku industri di tingkat nasional. Upaya untuk terus memberikan yang terbaik akan terus dilakukan dalam rangka menjaga standar tingkat kualitas layanan yang tinggi,” ujarnya.

Upaya menjaga kualitas layanan salah satunya dilakukan dengan memiliki tiga fasilitas Lintasarta Data Center, yaitu di DKI Jakarta, Tangerang Selatan, dan Purwakarta yang telah terkoneksi satu sama lain dengan jaringan data berkecepatan tinggi. Lintasarta Data Center telah tersertifikasi Tier III untuk kategori Tier Certification of Design Documents (TCDD) dan Tier Certification for Constructed Facilities (TCCF) dari Uptime Institute.

Fasilitas tiga data center yang saling terkoneksi dari Lintasarta memiliki kelebihan lainnya yaitu akan lebih efisien bagi perusahaan karena penggunaan layanan data center dan Data Recovery Center (DRC) di-bundling dengan link jaringan antardata center. Solusi end to end juga diberikan untuk layanan data center mulai dari colocation, design & build data center, dan managed operation data center yang ditunjang oleh layanan connectivity yang dapat diandalkan serta tenaga ahli tersertifikasi.

Lintasarta juga memberikan layanan Lintasarta Cloud Total Solution mulai dari Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan SaaS. Layanan cloud dari Lintasarta juga memiliki tingkat keamanan tinggi dengan memiliki fitur seperti load balancer, next generation firewall, web application firewall, dan fitur keamanan lainnya. Lintasarta Cloud juga telah tersertifikasi Cisco Advanced Cloud & Managed Services Certified Partner, sehingga membuktikan kemampuan untuk develop, deliver, manage, dan support cloud berbasis Cisco.

“Sebagai ICT Total Solution Company, Lintasarta terus meningkatkan keamanan dan kenyamanan pelaku industry menjalankan bisnis utamanya. Hal ini menjadi fokus utama Lintasarta sehingga dapat menjadi partner ICT terbaik yang dapat diandalkan,” tandas Bayu Adi Pramono.

 

yzd/R-1

Tampilkan Semua

Good Corporate Governance

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga (kiri) dan Jamdatun Loeke Larasati Agoestina (kanan) usai penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara di Jakarta, Rabu (17/10). Kerja sama...
Selengkapnya

Ponsel Tiongkok Andalkan Desain Milenial

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keberadaan Xiaomi di pasar Indonesia, dengan menawarkan harga terjangkau dengan kualitas mumpuni, sepertinya bakal mendapat saingin dari pendatang baru Realme. Ponsel dari Tiongkok masuk ke Indonesia dengan banderol harga mulai 1,999...
Selengkapnya

Dapur Pacu untuk Komputasi “Game” Ekstrem

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pada komputer terdapat lima komponen agar sebuah laptop atau PC bisa manyala, yaitu prosessor, RAM, Media Penyimpanan, PSU, GPU. Semua komponen ini terpasang dalam papan induk atau motherboard atau dapur pacu untuk komputer. Kualitas...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Makin Ngebut dengan Desain Baru Aerodinamika

Rabu 17/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Yamaha telah resmi merilis seri terbaru dari Yamaha R25 dan R3. Dengan acara peluncuran bertajuk R1 20th Anniversary “We Are R” Global Launching, sekaligus menjadi ajang perayaan dari ulang tahun ke 20 Yamaha R1. Tema “We Are R”, diusung karena Yamaha berhasil dalam melahirkan Yamaha seri R.

“PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) adalah satu-satunya pabrik yang memproduksi R25 dan R3 sejak kami menjualnya pertama kali pada Juli, 2014,” kata Presiden Direktur Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Minoru Morimoto. Menurut Minoru, Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru tampil lebih sporty dengan desain anyar bertemakan “Super Sport Desain.”

Motor ini terinspirasi dari YZR-M1, desain body Yamaha R25 generasi terbaru memiliki aerodinaka tinggi yang dapat meningkatkan performa berkendara. Dengan R25 dapat melaju lebih kencang 8 kilometer per jam pada kecepatan puncak (top speed) dari model sebelumnya.

Peningkatan berforma tercipta berkat penggunaan sirip-sirip tambahan yang menambah aerodinamis motor itu Pada bagian lampu depan dan belakang juga sudah mengadopsi full LED yang menjadikan sistem pencahayaan menjadi lebih terang, efisien serta tahan lama. Bagian cockpit turut di desain menyerupai Yamaha R1 mulai dari bentuk speedometer full digital hingga gaya stang under yoke dengan plat crown segitiga yang memiliki beberapa kisi lubang diatasnya.

Pengaplikasian fitur suspensi Up Side Down (USD) pada kedua motor diklaim tidak hanya menambah macho tampilan motor tetapi turut meningkatkan handling yang membantu dalam agresifitas serta kenyamanan berkendara.

“Hal ini sesuai dengan konsep “Riding The R Anytime” yang diusung oleh Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru,” tambah Minoru. Yamaha R25 sendiri dibanderol pada harga 58,600 juta untuk tipe yang biasa dan 58,950,000 untuk tipe Movistar Livery. Sementara untuk seri R3 Yamaha belum mengeluarkan harga secara resmi. hay/E-6

Tampilkan Semua

Desain Brio Baru Lebih Sporti

Rabu 17/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Generasi kedua Honda Brio akan menambah marak persaingan di segmen hatcback. All New Honda Brio ini merupakan model yang dikembangkan melalui survei terhadap kebutuhan konsumen, terutama di Indonesia. Model yang terdiri dari varian RS...
Selengkapnya

Coupe Empat Pintu yang Tetap Elegan

Rabu 17/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Desain mobil coupe yang elegan dan sporty menjadi pilihan pembeda dengan model lain. Dengan fitur kenyamanan yang lengkap coupe mampu memanjakan penggunanya. Selain menawarkan mobil terbaru New A Class, Mercedes Benz juga mengusung...
Selengkapnya

Inisiasi Program SATU Indonesia Awards

Rabu 10/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Co-Chairman IdeaFest, Ben Soebiakto (kedua dari kanan) berbincang bersama Head of  Corporate Communications PT Astra International Tbk, Boy Kelana Soebroto (kedua dari kiri)  bersama official partners lainnya usai memberikan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Sergio Perez Dipertahankan Force India

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

AUSTIN - Pembalap asal Meksiko, Sergio Perez, akan melanjutkan membalap untuk tim Force India pada 2019. Force India belum mengumumkan siapa pendamping Perez, tapi kemungkinan adalah pebalap asal Kanada Lance Stroll, yang ayahnya mengepalai konsorsium yang sekarang mengendalikan tim tersebut.

Perpanjangan kontrak Perez juga berarti bahwa pembalap muda asal Prancis Esteban Ocon, rekan satu tim Perez musim ini, tidak akan masuk ke jajaran pembalap tahun depan. Perez (28) memainkan peran penting di dalam peristiwa pengambilalihan kepemilikan tim Force India pada Agustus dan pernah mengatakan bahwa dia tidak terlalu mencemaskan masa depannya dan dia tahu ke mana dia akan membalap tahun depan.

Force India, sebelumnya dimiliki oleh Vijay Mallya, dinyatakan pailit di bulan Juli setelah Perez mengumumkan bahwa tim itu berhutang 4,01 juta dollar AS.

Kemudian Mercedes dan sponsor tim BWT juga mengumumkan bahwa Force India masih memiliki hutang dalam jumlah yang tidak sedikit ke mereka. Tim yang kini dinamai Racing Point Force India untuk membedakan mereka dari nama sebelumnya Sahara Force India diharapkan akan mengganti nama lagi tahun depan.

“Saya sangat senang akhirnya bisa mengumumkan masa depan saya dan saya sangat termotivasi untuk 2019,” kata Perez melalui pernyataan resmi tim menjelang balapan Grand Prix AS. “Force India telah menjadi rumah saya sejak 2014 dan telah memungkinkan saya berkembang sebagai seorang pembalap dan menunjukkan kemampuan saya di trek,” kata Perez.

Pembalap asal Meksiko itu bergabung dengan Force India setelah mengalami satu tahun yang sulit bersama McLaren dan dua musim dengan Sauber. Dia mengantongi lima finis podium dengan Force India termasuk finis ketiga di Azerbaijan pada April lalu.

Perez juga mampu membawa sponsor yang besar bagi tim. Sementara itu, McLaren tak pernah mencapai finis podium ketiga sejak balapan pembuka musim 2014. Kepala Tim Foce India Otmar Szafnauer mengatakan bahwa Perez telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pebalap bertalenta dan konsisten di Formula 1. “Dia telah memberi kami stabilitas yang penting untuk terus maju dan dia adalah aset besar bagi tim ini,” Kata Szafnauer. AFP/S-2

Tampilkan Semua

Jr. NBA All-Stars Indonesia Petik Pengalaman Tak Terlupakan

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Para Jr. NBA Indonesia 2018 All-Stars yang telah terpilih dari National Training Camp Jr. NBA Indonesia 2018 akhir Juli lalu, 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan mendapatkan pengalaman unik NBA di Shanghai bersama dengan...
Selengkapnya

Pedrosa Tercepat Sesi Latihan Kedua MotoGP Jepang

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MOTEGI - Latihan bebas kedua MotoGP Jepang 2018 sudah selesai. Giliran pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa menjadi yang tercepat. Pada sesi ini, rekan setim Pedrosa, Marc Marquez tidak ambil bagian untuk menjajal lintasan. Dalam sesi...
Selengkapnya

Ganda Putri ke Semifinal Denmark Terbuka

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ganda putri Indonesia memastikan satu wakil di babak semifinal Denmark Terbuka 2018. ODENSE - Atlet bulu tangkis ganda putri Indonesia memastikan satu tempat di babak semifinal Denmark Terbuka. Kepastian itu menyusul pertemuan antara...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Gagalnya Jurus Rambut Petai

Sabtu 20/10/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
CATATAN ARSWENDO

 

Sandiaga Salahuddin Uno, yang sebelumnya lebih dikenal sebagai pengusaha, investor, bergegas ketika meloncat ke dunia politik.

Meloncat dengan cepat menduduki wagub DKI, dan meloncat lebih jauh, kini sebagai cawapres, calon wakil presiden, berpasangan bersama Prabowo Subianto.

Dalam usia masih muda, 49 tahun, sejak awal meyakinkan diri dan berusaha meyakinkan pendukung atau bukan pendukung.

Bahkan sejak awalnya, ketika menjadi cawapres dengan “mahar” 500 miliar. Atau apa pun namanya, yang segera dibantah, diluruskan.

Jurus ini dipakai secara sadar, dan dengan cerdas dimainkan terus menerus. Kontroversi mengiringi, sejak dikelompokkan sebagai santri, kemudian sebagai ulama.

Jurus ini tidak memerlukan jawaban ya atau tidak, atau bagaimana kriterianya, apa definisinya, melainkan ada pembicaraan, ada “kegaduhan”, dan nama cawapres yang tadinya tak dikenal, menjadi topik pembicaraan.

Sekarang ini tak ada yang bertanya: Dia siapa? Yang mana? Kini kita tahu bahwa dia sudah dibicarakan terus.

Itulah jurus ketika melontarkan ucapan bahwa “tempe setipis kartu ATM”, atau juga “uang 100k hanya dapat bawang dan cabe di pasar”, sampai dengan wajah oplosan dibilang penganiayaan, dan niatan menuntut Ratna Sarumpaet, lalu dicabut.

Yang penting bukan apakah ada tempe setipis kartu ATM, melainkan semua membicarakan, menjawabi.

Juga arti 100k, atau makan siang di Jakarta lebih mahal dari makan siang di Singapura. Yang terjadi di pasar terminal daerah Subang, juga sama. Dia menggunakan petai sebagai rambut.

Dan bercanda membalas cuitan Andi Arief yang mengatakan Prabowo malas kampanye. Dia menunjukkan terus kampanye sampai “rambutnya hijau”. Tak ada hubungan rambut hijau dengan kampanye.

Tak ada hubungan dengan petai atau baunya.Tak ada. Tapi, Sandi mengenakan petai sebagai rambut, menjadi gambar yang menarik. Yang memaksa orang menonton, membaca, menggeleng- geleng, atau bertanya-tanya.

Atau kagum. Yang pasti masuk dalam pembicaraan. Itu menjadi bagian yang dimauinya, dan orang melupakan janjinya yang akan memperbaiki pasar, yang akan membuat pasar ramai.

Masyarakat bahkan melupakan bahwa memperbaiki pasar dan mendatangkan pembeli adalah bagian dari Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), di mana ia menjadi ketua umumnya. Pembicaraan ramai, dan berkesinambungan.

Namanya terus bergema, diomongkan. Sampai ketika bertabrakan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Saat ia kampanye di pelelangan ikan Indramayu, menerima keluhan soal izin kapal beroperasi.

Ia langsung menggemakan. Di sinilah fatalnya ketika berhubungan dengan data dan fakta. Adalah Bu Susi yang menjelaskan dengan marah, tentang izin jenis kapal dan bagaimana pengurusannya, yang tidak merugikan nelayan.

Sampai di sini jurus “rambut petai” yang sasarannya dibicarakan, mentok. Dia bertabrakan dengan realitas di laut yang tata krama dan tata nilai sudah dan masih berlaku.

Apakah ini akhir dari jurus “rambut petai”? Rasanya tidak, karena memang jurus ini masih dinilai ampuh untuk menaikkan popularitas – yang artinya tetap dalam percaturan.Meskipun soal popularitas tidak sendirinya identik dengan pemilihan.

Tapi, kejanggalan begini belum ada tempatnya, karena ditindih dengan keramaian, keributan, yang karena itu kita masih akan melihat dan mendengar variasi dari “rambut berpetai”, tempe tipis, harga bawang dan cabe, dan apa saja yang bisa dikontroversikan. Sampai pilpres tahun depan.

Tampilkan Semua

Membuang Sampah di Tempatnya, Belumlah Cukup

Sabtu 20/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Rumah bersih dan bebas dari sampah merupakan dambaan setiap orang. Namun untuk mewujudkannya, harus ada kemauan dan usaha. Buku ini membahas sampah yang menimbulkan berbagai permasalahan, proses meminimalkan, memperlakukan sampah, hingga...
Selengkapnya

Kenyataan BPJS Kesehatan

Sabtu 20/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo heran dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang selalu minta penambahan anggaran untuk menutupi defisit keuangan. Presiden juga menyindir dan menegur Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, dan Direktur Utama...
Selengkapnya

Mewujudkan Mitigasi 4.0

Sabtu 20/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bencana alam terjadi bergantian. Setelah gempa bumi beruntun mengguncang Lombok, Sulawesi Tengah, dan Jawa Timur, kini disusul banjir di Sumatera Utara, Aceh, dan Sumatera Barat. Rentetan bencana harus menyadarkan pentingnya muwujudkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Gali Potensi Pekerja Kreatif Lokal

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gencarnya pembangunan sektor properti baik perumahan, apartemen, ruko, hingga gedung perkantoran memicu demand terhadap kebutuhan arsitektur, di samping rancangan desain interior lokal yang juga dibutuhkan.

Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus menum­buhkan sektor industri kreatif di dalam negeri karena mam­pu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Sejalan upaya tersebut, juga dilakukan pe­ningkatan daya saingnya agar semakin kompetitif di kancah domestik hingga global, bahkan siap memasuki era eko­nomi digital.

Adapun saat ini terdapat 16 subsek­tor yang tergolong kelompok industri kreatif diantaranya arsitektur dan de­sain interior. Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta, Nuaresta Edi Nugraha, kepada Koran Jakarta menjelaskan pekerja kreatif lo­kal tidak bisa diremehkan.

“Kalau dibanding desain interior asing saya kira mereka kini hanya ung­gul di bahasa, kalau hal demikian saja kami pun sudah memilikinya. Padahal dari sisi keilmuan bisa jadi mereka hanya jebolan diploma. Kita memiliki desain interior dengan tingkat pendi­dikan lebih tinggi. Untuk meningkatkan profesionalisme itu, kita akan menser­tifikasi tenaga desain interior lokal, dan kami akan beri dorongan dengan kom­petisi yang sifatnya positif. Akhir tahun ini kami targetkan 300-400 sertifikasi, pada 2020 kami menargetkan paling tidak ada 1.000 sertifikasi,” terang Nuar­esta di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tren penggunaan jasa desain interior pun kian meningkat, Nuar­esta melihat pesatnya pembangunan hunian menjadikan profesi ini kian di­butuhkan. “Kalau berbicara tren selagi ada pembangunan hunian penggunaan desain interior lokal akan terus mening­kat, hanya saja di Bali misalnya, mereka masih menggunakan desainer asing, dan lagi-lagi ini soal bahasa saja. Dan kebanyakan hotel di Bali dari luar, ke­banyakan sudah membawa konsep dari sana. Tapi tidak mungkin konsep hotel dari Hawaii misalnya diterapkan di Bali, harus ada penyesuaian dengan budaya lokal, dan itu hanya bisa dikerjakan desainer lokal, atau paling minimal kolaborasi lah,” jelasnya.

Kemudian, masyarakat belakangan juga melihat pentingnya mendesain ru­mah menggunakan jasa desain interior andal. “Dari segi prinsip keilmuan cara kerja desain interior sudah terencana dan memiliki hasil yang pasti. Berbeda jika dekorasi sendiri, memang tidak disalahkan karena karya desain interior mudah dilihat sehingga bisa dicontoh. Tapi tetap dari sisi prinsipnya berbeda, dekorator itu tidak mengenal bahan, hanya bisa menempatkan tidak memi­liki perencanaan yang matang,” lanjut Nuaresta.

Dari sisi keilmuan juga demiki­an, sekarang banyak anak muda yang memiliki minat untuk menekuni bidang desain interior. menurut Nuaresta perkembangan cukup signifikan, sama seperti arsitek. “Dan desain interior itu sudah bisa masuk berbagai disiplin ilmu, lulusan IPS juga bisa lho,” ungkapnya.

Adopsi Teknologi Canggih

Sementara itu Ikatan Arsi­tek Indonesia (IAI) DKI Jakarta bekerja sama dengan software ZWCAD menghadirkan aplikasi ZWCAD-IAI. Ketua IAI DKI Jakarta, Stevanus J. Mana­hampi mengatakan software itu dapat memudahkan pro­ses perizinan untuk membangun gedung yang membutuhkan kelengkapan berupa gambar dan perhitungan area ta­bulasi yang sesuai dan tepat.

Sejauh ini pro­ses perhitungan area tabulasi berdasarkan gambar dilakukan secara manual, melalui table excel yang sering terjadi beda perhitungan antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan para arsitek. “Jadi dengan menggunakan ZWCAD-IAI ini, PTSP bisa dengan cepat melakukan review hasil hitungan. Kemudian dengan aplikasi ini pula arsitek data lebih efi­sien membuat area tabulasi gambar perencanaan arsitektur. Semakin tinggi bangunan, semakin banyak tower yang dikerjakan maka semakin hemat waktu apabila menggunakan software ini,” katanya.

Kemudian, yang menarik dari peng­gunaan ZWCAD-IAI selain mudah digunakan dan memiliki tampilan familiar bagi pengguna CAD pada um­umnya, harga software ini lebih terjang­kau dibanding software sejenis. “Sekali beli bisa digunakan seumur hidup, harganya pun lebih murah 40 persen dari pesaing,” jelas Stevanus.

Sementara itu, Software Engineer Piranusa selaku bisnis patner ZWCAD Indonesia, Irabanti, menjelaskan pihak­nya dan IAI Jakarta akan memberikan beberapa pelatihan untuk membantu pengguna agar bisa menguasai program ini dengan cepat. “Target saat ini bisa membantu lebih dari 50 persen member IAI dimulai dari Jakarta dan sekitarnya. Diharapkan dalam waktu cepat bisa digu­nakan di seluruh Indonesia,” ungkap Ira.

Seperti diketahui, pengguna Zwsoft sendiri sudah mencapai lebih dari 1 juta pengguna CAD dari 90 negara di seluruh dunia, sedangkan pengguna di Indonesia sendiri mencapai 10.000 pengguna. ima/R-1

Perkuat Transformasi Industri 4.0

Sementara itu, ViBiCloud, perusahaan jasa Teknologi Informasi (TI) mena­warkan business ready solution untuk mendukung proses bisnis industri manufak­tur, jasa keuangan serta kesehatan. Kehadiran layanan ini juga dalam rangka mendukung industri 4.0.

CEO & Founder ViBiCloud, Alfonsus Bram, mengatakan, Business ready solution ada­lah layanan industri tertentu seperti industri pelayanan kesehatan, bank dan pemasaran digital dapat menyediakan solusi bisnis yang bekerjasama dengan para developer di bidang industri tersebut.

Layanan baru ini mendukung setiap per­usahaan dalam menjalankan proses bisnis lebih sederhana, cepat, dan dapat diandalkan. “Layanan ViBiCloud business ready solu­tion yang diluncurkan menghadirkan layanan inovasi solusi untuk mempercepat pengem­bangan dan penyebaran bagi pelanggan yang ingin melakukan transformasi digital di dalam mengimplementasikan program pemerintah yaitu Industri 4.0. Inilah yang membedakan ViBiCloud dengan penyedia jasa cloud lain­nya,” kata Alfonsus.

Melalui layanan baru ini pula, ViBiCloud kembali menegaskan komitmennya untuk menjaga keamanan data, dengan melabeli layanan dengan sertifikasi ISO 27001 yang telah diraih. ISO 27001 merupakan standar internasional dalam penerapan sistem mana­jemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS).

“Sertifikasi ini digunakan sebagai jaminan kualitas layanan ViBiCloud mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi dan untuk melindungi serta menjaga keraha­siaan, integritas, dan ketersediaan informasi,” ujarnya.

Di sisi lain, dengan pengalaman dan ke­ahlian yang telah tersertifikasi ini tim lokal ViBiCloud juga senantiasa siap sedia untuk membantu pelanggan memaksimalkan proses transformasi digital mereka melalui ber­bagai layanan yang disediakannya, termasuk memberikan jasa konsultasi dan perencanaan untuk menyusun investasi TI pelanggan dan perencanaan dalam mengembangkan bisnis pelanggan di masa depan.

Tak hanya itu, tim lokal ViBiCloud juga me­nawarkan layanan Virtual Data Center, Vir­tual Desktop Infrastructure, dan Backup and Disaster Recovery bagi seluruh pelanggan di wilayah Indonesia. ima/R-1

Tampilkan Semua

Taylor Swift Rencanakan Gelar Pesta Pernikahan di Inggris

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Taylor Swift dilaporkan secara diam-diam telah bertunangan dengan kekasihnya, Joe Alwyn, dan berencana menggelar pesta pernikahan di Inggris. Seorang sumber mengatakan kepada majalah Life & Style bahwa aktor Inggris tersebut telah...
Selengkapnya

Kian Gandeng Tohpati di Lagu Baru

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tuhan menciptakan ma­nusia di atas perbedaan. Salah satunya perbedaan dalam cinta. Namun, terkadang manusia tak menyadarinya dan menganggap perbedaan adalah sebuah hal yang dapat mengang­gu kehidupan. Perbedaan pun dapat juga...
Selengkapnya

Bakti Alumni untuk Guru-guru Tercinta

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Banyak cara dan jalan bagi kita untuk mengingat dan berbakti pada guru-guru yang telah mengajar dan mendidik hingga kita menjadi seperti sekarang ini. Pengabdian guru yang tulus untuk memberikan ilmu pengetahuan dan membentuk karakter...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Polemik Sampah Dipicu Defisit Anggaran

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Polemik angkutan sampah Jakarta ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang diduga karena defisit anggaran Pemerintah Kota Bekasi.

“Masalah defisit kas daerah Bekasi menjadi kepanikan sendiri oleh Pemerintah Kota Bekasi dan konyolnya DKI dijadikan bulan-bulanan untuk menutupi kekosongan Kas Pemerintah Bekasi,” ujar Direktur Eksekutif Kawal Wahana Lingkungan Indonesia (Kawali), Puput TD Putra, di Jakarta, Jumat (19/10).

Dia berharap pemerintah Kota Bekasi melakukan evaluasi dan instropeksi terhadap kenerjanya sendiri atas kekosongan kas daerah tersebut. Selama ini, ungkapnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta rutin memberikan uang hibah dan kemitraan dengan wilayah penyangga, termasuk Bekasi. Uang hibah itu diperuntukkan bagi pengendalian dan pemulihan lingkungan hidup di area Wilayah terdampak atas aktivitas TPST Bantargebang.

“Dan itu pun penggunaannya harus tepat sasaran dan harus hati-hati, bukan sebaliknya dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya di luar kepentingan pemulihan lingkungan di Bekasi,” katanya.

 

Penahanan Truk

Dia menduga, kasus penahan truk sampah milik Pemerintah Provinsi DKI oleh Dishub Pemda Bekasi ini hanya akal-akalan saja. Bahkan, warga terdampak sekitar TPST hanya dijadikan alat belaka untuk melakukan tekanan ke Pemerintah Provinsi DKI.

Dia berharap, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera turun tangan untuk melakukan investigasi dana hibah ke Pemerintah Kota Bekasi. Pasalnya, kata Puput, pemanfaatan dana hibah ini tidak pada tempatnya. Menurutnya, penahanan truk sampah itu hanya skenario semata untuk menutupiasalah internal Kota Bekasi.

Kepala Biro Tata Pemerintah DKI Jakarta Premi Lasari mengatakan, pihaknya telah mencairkan dana hibah tahun 2018 ini sebesar 194 miliar rupiah ke Pemerintah Kota Bekasi pada bulan Mei lalu. Sebenarnya, ucap Premi, Pemerintah Kota Bekasi mengajukan dana hibah sebesar 202 miliar rupiah, namun disetujui 194 miliar rupiah.

“Untuk tahun 2018, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta setelah menyetujui usulan bantuan keuangan kepada pemerintah Kota Bekasi untuk 2018 sebesar 194 miliar rupiah. Sebenarnya waktu itu mengajukannya 202 miliar rupiah. Tetapi setelah diverifikasi, Pemerintah Kota Bekasi mengajukannya hanya 194 miliar rupiah dan ini sudah dicairkan pada bulan Mei 2018,” katanya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan pihaknya dipastikan akan menunaikan kewajiban DKI dalam kesepakatan yang telah ditandatangani kedua pihak. Dia berharap, hubungan baik kedua daerah ini bisa terus harmonis. Terlebih, ungkapnya, Bekasi telah mengajukan dana hibah sebesar 141 miliar rupiah untuk tahun 2019. 

 

pin/P-6

Tampilkan Semua

Tindak Tegas Oknum Jual Karcis Undian Kios

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Relokasi pedagang kaki lima (PKL) Tanah Abang, Jakarta Pusat dari Jalan Jatibaru Raya ke skybridge, Tanah Abang memerlukan regulasi yang ketat agar tidak terjadi pembangkangan PKL.   JAKARTA - Oknum yang terbukti menjual karcis...
Selengkapnya

60 Papan Reklame Nakal Dibongkar

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Sebanyak 60 papan reklame nakal disegel di kawasan Jalan MH Tamrin, Jalan Rasuna Said, Jalan S Parman, Jalan Gatot Soebroto. Reklame tersebut ditengarai telah habis izin berlakunya, namun belum juga dibongkar oleh...
Selengkapnya

Kami Tata Ulang Pengiriman 1.300 Truk

Sabtu 20/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali mempermasalahkan pembuangan sampah dari Jakarta ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi. Sejumlah truk angkutan sampah ditahan Dinas Perhubungan Kota Bekasi karena tidak...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Andalkan Impor Devisa Terkuras

Jumat 19/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menyambut Hari Pangan Sedunia, masih banyak problem pangan di Indonesia terutama masih dominannya impor dalam pemenuhan pangan nasional.

Selain itu, dunia hari ini juga dihadapkan pada persoalan degradasi kualitas lingkungan hidup dan juga perubahan iklim yang membuat pemenuhan pangan di masa depan terancam.

Untuk mengupas masalah ini, Koran Jakarta mewawancarai Guru Besar Fakultas Pertanian UGM, Masyhuri. Berikut petikannya.

Apa catatan utama peringatan Hari Pangan Sedunia tahun ini?

Ada isu nasional, ada isu global. Ada makro dan mikro. Isu nasional masih tetap soal swasembada pangan, sementara isu internasional adalah isu lingkungan dan pertanian berkelanjutan.

Untuk swasembada pangan, secara makro swasembada sebagai target Presiden Jokowi, ternyata tidak tercapai. Beras impor, jagung, kedelai, gula, dan masih banyak lagi semua impor. Impor gandum juga makin naik. Sehingga devisa kita terkuras dan kita makin jauh dari ketahanan dan kedaulatan pangan.

Lalu, kondisi petani?

Secara mikro kehidupan petani masih di bawah kemiskinan. Desa masih jadi pusat kemiskinan, lebih banyak daripada kota. Kesenjangan di desa juga makin curam. Nilai tukar petani tidak meningkat. Luas lahan yang dipunyai petani tidak meningkat.

Sebagai akademisi itulah yang jadi keprihatinan kita. Tidak jelas mau bagaimana ini persoalan pangan negara kita.

Di tingkat dunia, kita sudah dipaksa berpikir soal lingkungan, padahal produktivitas masih bermasalah?

Betul. Karena kondisi lingkungan yang buruk juga mengancam penyediaan pangan dunia. Padahal, penduduk dunia bertambah. Maka memang tren dunia mengarah ke pertanian organik yang dipandang lebih sustain menghadapi masa depan. Dunia hari ini berpikir kualitas lingkungan dari sisi pertanian maupun energi karena dua itu berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan.

Nah, kita harus bagaimana?

Ada beberapa isu utama. Isu sawit misalnya, pada beberapa hal kita dirugikan oleh isu lingkungan karena dengan isu itu sawit kita nggak bisa masuk ke Eropa. Padahal, kalau kita lihat pesaing sawit ini kan kedelai. Kedelai sebenarnya menghadapi isu lingkungan yang lebih besar karena daya serap air kedelai rendah, lebih rendah dari sawit. Namun, karena pengembang kedelai Amerika ya kita kalah kampanyenya.

Tapi, di sisi lain sawit di dalam negeri dan juga oleh negara-negara tetangga tiap musim kemarau tiba juga dituding menyebabkan kebakaran hutan. Artinya apa, artinya perlu ada negosiasi yang pas antara isu produktivitas dengan isu lingkungan demi masa depan negeri ini.

Menghadapi isu baru, seperti relasi pertanian dan lingkungan hidup yang makin erat itu, apakah perlu perubahan kurikulum di kampus Pak?

Pak Jokowi sudah minta sejak tiga tahun lalu untuk adanya perubahan kurikulum merespons perubahan dunia. Tapi itu semua kan tergantung Menristekdikti. Baru-baru saja Presiden kembali ingatkan, tapi kalau Menristekdikti nggak merespons ya susah bagi kampus berubah.

Secara khusus, bagaimana perkembangan pertanian organik kita?

Pertanian organik kita terkendala dengan market nasional yang masih terlalu kecil. Jadi, memang belum terlalu menarik bagi petani maupun para pelaku pasar pangan. 

 

eko sugiarto putro/AR-3

Tampilkan Semua

Kepala Daerah Korupsi Lebih karena Mental Pribadi Mereka

Rabu 17/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kepala daerah kena jerat kasus korupsi seperti tiada henti. Baru saja Wali Kota Pasuruan kena operasi tangkap tangan, dalam jeda waktu singkat, giliran Bupati Malang yang harus berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kini,...
Selengkapnya

Bawaslu Akan Awasi secara Ketat Para Kandidat yang Kunjungi Pesantren

Selasa 16/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019, peserta pemilu baik partai politik, calon perseorangan dan calon presiden dan wakil presiden sudah dapat melakukan kampanye politik. Namun, sejumlah hal justru terjadi, semisal muncul friksi...
Selengkapnya

Harus Ada Pos Penanganan Bencana di APBD

Rabu 10/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Dalam Negeri telah menurunkan tim pendampingan ke wilayah terdampak gempa di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Tim yang diturunkan selain untuk melakukan pendataan berapa aparatur pemerintahan yang meninggal, juga mendata...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Gagalnya Jurus Rambut Petai

Sabtu 20/10/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
CATATAN ARSWENDO

 

Sandiaga Salahuddin Uno, yang sebelumnya lebih dikenal sebagai pengusaha, investor, bergegas ketika meloncat ke dunia politik.

Meloncat dengan cepat menduduki wagub DKI, dan meloncat lebih jauh, kini sebagai cawapres, calon wakil presiden, berpasangan bersama Prabowo Subianto.

Dalam usia masih muda, 49 tahun, sejak awal meyakinkan diri dan berusaha meyakinkan pendukung atau bukan pendukung.

Bahkan sejak awalnya, ketika menjadi cawapres dengan “mahar” 500 miliar. Atau apa pun namanya, yang segera dibantah, diluruskan.

Jurus ini dipakai secara sadar, dan dengan cerdas dimainkan terus menerus. Kontroversi mengiringi, sejak dikelompokkan sebagai santri, kemudian sebagai ulama.

Jurus ini tidak memerlukan jawaban ya atau tidak, atau bagaimana kriterianya, apa definisinya, melainkan ada pembicaraan, ada “kegaduhan”, dan nama cawapres yang tadinya tak dikenal, menjadi topik pembicaraan.

Sekarang ini tak ada yang bertanya: Dia siapa? Yang mana? Kini kita tahu bahwa dia sudah dibicarakan terus.

Itulah jurus ketika melontarkan ucapan bahwa “tempe setipis kartu ATM”, atau juga “uang 100k hanya dapat bawang dan cabe di pasar”, sampai dengan wajah oplosan dibilang penganiayaan, dan niatan menuntut Ratna Sarumpaet, lalu dicabut.

Yang penting bukan apakah ada tempe setipis kartu ATM, melainkan semua membicarakan, menjawabi.

Juga arti 100k, atau makan siang di Jakarta lebih mahal dari makan siang di Singapura. Yang terjadi di pasar terminal daerah Subang, juga sama. Dia menggunakan petai sebagai rambut.

Dan bercanda membalas cuitan Andi Arief yang mengatakan Prabowo malas kampanye. Dia menunjukkan terus kampanye sampai “rambutnya hijau”. Tak ada hubungan rambut hijau dengan kampanye.

Tak ada hubungan dengan petai atau baunya.Tak ada. Tapi, Sandi mengenakan petai sebagai rambut, menjadi gambar yang menarik. Yang memaksa orang menonton, membaca, menggeleng- geleng, atau bertanya-tanya.

Atau kagum. Yang pasti masuk dalam pembicaraan. Itu menjadi bagian yang dimauinya, dan orang melupakan janjinya yang akan memperbaiki pasar, yang akan membuat pasar ramai.

Masyarakat bahkan melupakan bahwa memperbaiki pasar dan mendatangkan pembeli adalah bagian dari Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), di mana ia menjadi ketua umumnya. Pembicaraan ramai, dan berkesinambungan.

Namanya terus bergema, diomongkan. Sampai ketika bertabrakan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Saat ia kampanye di pelelangan ikan Indramayu, menerima keluhan soal izin kapal beroperasi.

Ia langsung menggemakan. Di sinilah fatalnya ketika berhubungan dengan data dan fakta. Adalah Bu Susi yang menjelaskan dengan marah, tentang izin jenis kapal dan bagaimana pengurusannya, yang tidak merugikan nelayan.

Sampai di sini jurus “rambut petai” yang sasarannya dibicarakan, mentok. Dia bertabrakan dengan realitas di laut yang tata krama dan tata nilai sudah dan masih berlaku.

Apakah ini akhir dari jurus “rambut petai”? Rasanya tidak, karena memang jurus ini masih dinilai ampuh untuk menaikkan popularitas – yang artinya tetap dalam percaturan.Meskipun soal popularitas tidak sendirinya identik dengan pemilihan.

Tapi, kejanggalan begini belum ada tempatnya, karena ditindih dengan keramaian, keributan, yang karena itu kita masih akan melihat dan mendengar variasi dari “rambut berpetai”, tempe tipis, harga bawang dan cabe, dan apa saja yang bisa dikontroversikan. Sampai pilpres tahun depan.

Tampilkan Semua

Pustanto

Sabtu 20/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Berdirinya Galeri Nasional Indonesia merupakan salah satu wujud upaya pembangunan Wisma Seni Nasional atau Pusat Pembangunan Kebudayaan Nasional yang telah dirintis sejak tahun 1960-an. Sekarang di Galeri Nasional Indonesia disimpan,...
Selengkapnya

Dikembangkan, Teknologi Jaket Ski yang Nyaman Buat Atlet

Sabtu 20/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Manusia merupakan mahluk berdarah panas. Jika kondisi terlalu panas, manusia memiliki mekanisme untuk menurunkan suhu tubuhnya. Yakni melalui kelenjar keringat. Namun, sebuah evolusi belum tentu mengakomodasi tentang olahraga musim...
Selengkapnya

Stiker Pintar Pemantau Kesehatan secara “Realtime”

Sabtu 20/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Para peneliti Purdue University, Amerika Serikat, berhasil mengembangkan sebuah perangkat elektronik yang bermanfaat untuk kepentingan medis yang disebut stiker pintar. Perangkat ini dapat dikenakan dan dengan mudah juga dapat dipasang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta