Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | September 19 2020
iklan koran jakarta

Wajah Hukum secara Mutlak Tanggung Jawab Pemerintah

Sabtu 19/9/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Sikap tegas Presiden Jokowi sangat diperlukan untuk melakukan reformasi hukum di negeri ini. » Jika wajah buruk penegakan hukum masih terjadi, berarti...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Pasien Covid-19 di DIY Bertambah 74

Sabtu 19/9/2020 | 19:48
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah itu pada Sabtu (19/9) bertambah 74 sehingga total menjadi 2.111 kasus.

“Hasil pemeriksaan laboratorium dan terkonfirmasi positif pada hari ini tanggal 19 September 2020 terdapat tambahan 74 kasus positif," kata Juru Bicara Pemprov DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih melalui keterangan resminya di Yogyakarta, Sabtu (19/9).

Ia mengatakan jika dilihat berdasarkan wilayah domisili, 74 pasien positif yang tercatat sebagai kasus 2.043 sampai 2.116 itu terdiri atas 23 kasus asal Kota Yogyakarta, delapan kasus Kabupaten Bantul, satu kasus Gunung Kidul, 32 kasus Kabupaten Sleman, sembilan kasus asal Kulon Progo, serta satu kasus masih dalam penelusuran.

Jika mengacu riwayat kasusnya, kata dia, terdiri atas 16 kasus penyaringan karyawan kesehatan, dua kasus penyaringan pekerjaan, 45 kasus pelacakan kontak kasus, serta 11 kasus masih dalam penelusuran.

Menurut Berty, tambahan kasus pada Sabtu ini berasal dari hasil pemeriksaan laboratorium di DIY terhadap 999 sampel spesimen.

Selain pasien positif, Berty juga mencatat 20 tambahan pasien sembuh, sehingga total jumlah kasus sembuh Covid-19 di DIY menjadi 1.491 kasus.

Ia mengatakan jika dilihat berdasarkan wilayah domisili, 20 pasien sembuh itu terdiri atas 12 kasus asal Kota Yogyakarta, satu kasus asal Kabupaten Bantul, empat asal Kabupaten Kulon Progo, dua kasus asal Gunung Kidul, serta satu kasus asal Kabupaten Sleman.

Ia juga mencatat jumlah satu kasus meninggal yakni kasus 1692, perempuan, 62 tahun, Bantul dengan komorbid penyakit jantung dan ginjal. Ant/N-3 

Tampilkan Semua

Elvy Sukaesih Positif Covid-19, Keluarga Ungkap Kondisi Terkini

Sabtu 19/9/2020 | 19:38
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari penyanyi dangdut Elvy Sukaesih yang dinyatakan positif Covid-19. Kabar itu disampaikan oleh Fitria Sukaesih yang tak lain adalah putri dari sang ratu dangdut. Elvy Sukaesih positif Covid-19...
Selengkapnya

Bupati Tetapkan Garut Darurat Pandemi Covid-19

Sabtu 19/9/2020 | 18:29
A   A   A   Pengaturan Font
GARUT - Bupati Garut Rudy Gunawan menetapkan Kabupaten Garut, Jawa Barat, darurat pandemi Covid-19 karena setiap hari terjadi peningkatan kasus positif, bahkan beberapa warga di satu kampung terpapar virus tersebut, sehingga daerah itu...
Selengkapnya

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi Positif Covid-19

Sabtu 19/9/2020 | 18:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengumumkan bahwa dia terkonfirmasi positif Covid-19. Pengumuman itu dia sampaikan dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (19/9/2020). "Teman-teman yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Tesla Menang Gugatan Kasus Pencurian Data Oleh Mantan Pegawai

Sabtu 19/9/2020 | 19:55
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Produsen mobil listrik AS, Tesla, memenangkan gugatan atas mantan pegawainya yang didepak dari perusahaan karena meretas data kemudian mengirimkan informasi itu kepada perusahaan pihak ketiga, menurut dokumen pengadilan pada Jumat (18/9).

Tesla menggugat Martin Tripp yang sebelumnya bekerja di Tesla Gigafactory Nevada. Pada 2018, Tripp mengklaim telah membuat perangkat lunak untuk meretas sistem operasi manufaktur Tesla, kemudian mentransfer data berukuran beberapa gigabyte ke perusahaan pihak ketiga. Ia juga membuat pernyataan palsu kepada media.

Tesla pada saat itu menyampaikan tuntutan kepada Tripp yang secara ilegal meretas kepercayaan perusahaan dan menjual informasi rahasia serta mengirimkan informasi tersebut ke pihak ketiga.

“Tripp memasang software peretas di tiga komputer karyawan lainnya yang memiliki akses ke data rahasia perusahaan. Tripp mengakui perbuatannya,” demikian dilansir Antara, Sabtu (19/9).

Pengadilan distrik Nevada mengatakan dalam keputusannya akan mengabulkan gugatan Tesla, dan menolak pembelaan Tripp yang ingin menampilkan dokumen lain ke pengadilan. I-1

Tampilkan Semua

Perekonomian Asia Anjlok untuk Pertama Kalinya dalam 60 Tahun

Sabtu 19/9/2020 | 19:40
A   A   A   Pengaturan Font
MANILA - Berdasarkan laporan baru dari Asian Development Bank (ADB) yang dirilis pada Selasa (15/9), ekonomi di negara-negara Asia akan terjun ke jurang resesi untuk pertama kalinya sejak enam dekade terakhir. Bank yang berbasis di...
Selengkapnya

Militer Lebanon Temukan 1,3 Ton Kembang Api di Pelabuhan Beirut

Sabtu 19/9/2020 | 19:19
A   A   A   Pengaturan Font
BEIRUT - Angkatan Darat Lebanon menyebut pihaknya menemukan 1,32 ton kembang api selama penggeledahan di pelabuhan Beirut, lokasi ledakan masif pada awal Agustus lalu yang diduga terjadi akibat penyimpanan serampangan zat kimia berjumlah...
Selengkapnya

Warga di Bangkok Kembali Berunjuk Rasa Antipemerintah

Sabtu 19/9/2020 | 19:08
A   A   A   Pengaturan Font
BANGKOK - Ratusan warga kembali memenuhi jalanan di Kota Bangkok, Thailand, Sabtu (19/9), untuk mendesak pengunduran diri Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, perubahan konstitusi, dan pemilihan umum yang baru. Pengunjuk rasa berharap...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Muara Berbagai Bantuan Sosial

Rabu 26/8/2020 | 13:21
A   A   A   Pengaturan Font
Bantuan sosial (bansos) merupakan salah satu jaring pengaman sosial masyarakat terdapak pandemi, saat ini Covid-19. Langkah ini juga sebagai upaya menekan peningkatan jumlah orang miskin. Bantuan juga diharapkan dapat mengungkit daya beli masyarakat. Kenyataannya?

 

 

Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berlangsung hampir enam bulan sejak ditemukannya kasus pertama pada 2 Maret 2020. Pagebluk ini membuat ekonomi melambat akibat kebijakan pembatasan sosial untuk mencegah persebaran virus Korona. 

Dampak pelambatan ekonomi akibat pembatasan sosial telah memukul daya beli masyarakat. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada Maret 2020 ketika pandemi baru saja berlangsung, telah terjadi kenaikan jumlah penduduk miskin sebanyak 1,63 juta dibanding periode September 2019, menjadi 26,42 juta orang.  

Penduduk miskin pada Maret 2020 tercatat sebesar 9,78 persen, meningkat 0,56 poin dari periode September 2019. Peningkatan jumlah orang miskin, kata Kepala BPS, Suhariyanto, akibat kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang sangat menganggu aktivitas ekonomi. 

“Pandemi Covid-19 ini menghantam seluruh lapisan masyarakat. Dampaknya terasa lebih dalam ke masyarakat lapisan bawah,” kata Suhariyanto.

Hasil survei sosial demografi BPS, 70 pesen kelompok masyarakat lapisan bawah atau berpendapatan rendah, mengalami penurunan pendapatan. Sedangkan masyarakat berpendapatan tinggi di atas 7,2 juta rupiah, 30 persen mengaku pendapatannya berkurang.  

Jika pada Maret saja penduduk miskin telah bertambah 1,63 juta, maka sampai akhir 2020 menurut perkiraan Badan Kebijakan Fiskal (BKF), jumlah tambahan penduduk miskin bisa mencapai 3 juta hingga 5 juta orang.  

“Dampak masifnya bansos ke orang miskin mungkin akan terbatas, walaupun terus terang itu sebagai bantalan sementara, paling tidak hanya tahun ini,” ujar ujar Kepala BKF, Kemenkeu, Febrio Nathan Kacaribu. 

Ia mengatakan, penduduk yang sudah jatuh miskin tidak mudah selama ekonomi belum pulih. Penyelamatan ekonomi berupa perlindungan sosial sifatnya hanya sementara dan tidak bisa berlangsung lama. 

Stimulus dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai 695,2 triliun rupiah hanya sebagai bantalan sementara. Stimulus belum tentu menyelamatkan masyarakat rentan. Pemerintah berupaya menghambat penambahan jumlah penduduk miskin dengan cara menekan angka pengangguran. 

Febrio mengakui, masih banyak warga terdampak pandemi belum mendapat bantuan sembako. Mereka perlu program yang lebih mencapai target, berupa bantuan langsung tunai (BLT) atau cash transfer. 

Dari PEN akan dianggarkan untuk program yang lebih efektif. “Bansos akan dialihkan ke cash transfer, namun tidak 100 persen,” ujar Febrio. 

Menurutnya, pengangguran turut menjadi masalah penting dalam perekonomian. Maka dari itu, saat ini, pemerintah juga gencar memberi bantuan melalui beberapa program. 

 

Menjaga Konsumsi

Untuk korban pemutusan hubungan kerja (PHK) pemerintah menggelontorkan anggaran sebesar 20 triliun rupiah, naik 100 persen dari anggaran awal Kartu Prakerja, 10 triliun rupiah. Anggaran ini untuk biaya pelatihan sebesar 5,6 triliun rupiah, dana insentif 13,45 triliun rupiah, dana survei 840 miliar rupiah, dan dana manajemen pelaksanaan (PMO) 100 juta rupiah. 

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, menyebut, setidaknya 5,6 juta pekerja korban PHK dan pekerja informal yang akan dijaring dan diberi bantuan lewat program tersebut.  

Korban PHK akan menerima bantuan berupa dana pelatihan sebesar 1 juta rupiah per periode pelatihan. Peserta juga nantinya akan diberikan bantuan tambahan senilai 600 ribu rupiah per bulan selama 4 bulan, dan insentif mengisi survei sebesar 50 ribu rupiah per bulan selama tiga bulan. 

Pemerintah menyiapkan dana 16,9 triliun rupiah untuk program padat karya tunai. Program ini bisa bermacam-macam, seperti memproduksi masker, disinfektan, dan kebutuhan penanganan Covid-19 lainnya. Juga untuk pembangunan saluran irigasi dan lainnya di bawah menteri terkait. 

Bagi karyawan swasta terkena dampak, pemerintah akan memberi subsidi yang bergaji di bawah 5 juta rupiah sebesar 600 ribu rupiah per bulan yang diberikan selama empat bulan yang dibayarkan dalam periode dua bulan sekali. 

“Pemerintah akan membayarkan dua kali karena ingin memastikan daya beli dan konsumsi tetap terjaga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga dan keempat,” ujar Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.  

Syarat ketentuan penerima subsidi yang rencananya akan cair pada akhir Agustus 2020 adalah karyawan swasta peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif, dengan gaji di bawah 5 juta rupiah. Ini berdasarkan data upah yang dilaporkan dan tercatat pada BPJS Ketenagakerjaan.

Sayang pemerintah belum mengevaluasi program-program bantuan sosial tersebut, apakah sungguh dapat mencapai sasaran atau target. Di sini yang amat menentukan adalah data penerima dari berbagai bansos. Masalahnya, akuratkah data yang dimiliki pemerintah?  hay/G-1 

Tampilkan Semua

BukuKas Galang Dana untuk Digitalisasi UMKM Indonesia

Selasa 25/8/2020 | 18:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - BukuKas, aplikasi keuangan digital untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia mengumumkan putaran pendanaan Pra-Seri A sebesar 9 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan 134 miliar rupiah. Pendanaan...
Selengkapnya

Facebook Blokir Pendukung Presiden Jair Bolsonaro secara Global

Minggu 2/8/2020 | 17:33
A   A   A   Pengaturan Font
  Brasilia - Facebook menyatakan pada Sabtu (1/8) bahwa pihaknya melakukan pemblokiran secara global terhadap akun-akun tertentu yang dikelola oleh pendukung Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang terlibat dalam penyelidikan berita...
Selengkapnya

Penyaluran Gas

Selasa 28/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Erick Thohir Minta Ahok Bangun Tim Kuat untuk Transformasi di Pertamina

Jumat 18/9/2020 | 18:19
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Menteri BUMN Erick Thohir meminta Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk membangun tim yang kuat agar Pertamina bisa melakukan tranformasi sesuai arahan kementerian.

“Jadi tugas Pak Ahok memang salah satunya melakukan transformasi di Pertamina dengan juga melibatkan tim yang ada di dalam untuk semakin kuat, jadi kerja sama tim diperkuat dimintakan Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) kepada Pak Ahok,” kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menceritakan pertemuan Menteri BUMN Erick Thohir dengan Ahok, di Jakarta, Jumat (18/9).

Menteri BUMN Erick Thohir telah bertemu langsung dengan Basuki Tjahaja Purnama kemarin (17/9), setelah video berisi kritik terhadap Pertamina dan Kementerian BUMN beredar di media sosial beberapa hari lalu.

“Jadi pada pertemuan ini, Pak Ahok menyampaikan apa yang dia lihat di Pertamina, apa saja kelemahan-kelemahannya yang ada dan memberitahu semua ke Pak Menteri. Masukan itu sangat bagus diterima Pak Menteri juga,” kata Arya.

Arya menambah dalam pertemuan itu, Menteri Erick Thohir juga berbagi informasi mengenai Pertamina.

“Pak Menteri juga sharing apa saja yang dilihat beliau dari informasi-informasi yang ada, dari sini bisa disatukan dan memang sebagai Komut Pak Ahok  ditugaskan Kementerian BUMN untuk melakukan pengawasan terhadap Pertamina, itu bagian tugas dari Pak Ahok,” kata Arya.

Sebelumnya dalam video yang beredar di media sosial Ahok berpendapat Kementerian BUMN semestinya dibubarkan dan diganti dengan super holding seperti sistem Temasek Singapura, dengan nama Indonesia Incorporation.

Selain itu, Ahok juga menyampaikan kritik kepada Perum Peruri yang meminta dana sebesar 500 miliar rupiah untuk proyek paperless di Pertamina.

Dalam video itu Ahok juga menilai internal korporasi Pertamina perlu melakukan efisiensi terkait gaji pegawai hingga level direksi.

Ia mengkritisi Pertamina sebagai korporasi yang belum mampu menyeimbangkan keuangan perusahaan, hingga kritik kepada Kementerian BUMN dalam melakukan pergantian direksi.bud/E-9

Tampilkan Semua

Bayer Gandeng Mahasiswa Jadi Agen Perubahan

Jumat 18/9/2020 | 17:37
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Bayer Indonesia menilai peran penyuluh penting dalam upaya meningkatkan produktivitas di sektor pertanian, sebagai corong informasi bagi petani dalam menerima berbagai produk penelitian dan pengembangan teknologi di bidang...
Selengkapnya

BRI Luncurkan 6 Fintech

Jumat 18/9/2020 | 14:04
A   A   A   Pengaturan Font
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan  enam produk fintech daring dalam kurun waktu dua pekan  hingga dua bulan untuk  beradaptasi secara cepat  memberikan layanan perbankan selama masa...
Selengkapnya

Kemendag Promosikan Kopi Gayo Berbasis Indikasi Geografis

Jumat 18/9/2020 | 13:54
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengembangkan strategi untuk mempromosikan Kopi Gayo berbasis Indikasi Geografis (IG) yang dinilai dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap kinerja ekspor...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Gubernur Sulsel Minta Citilink Buka Rute Penerbangan ke Toraja

Jumat 18/9/2020 | 18:28
A   A   A   Pengaturan Font

MAKASSAR- Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah meminta pihak Maskapai Citilink turut melebarkan rute penerbangan hingga ke Kabupaten Toraja.

“Ini malah kita minta ke Citilink untuk ikut membuka rute penerbangan ke Toraja, apalagi ketika runway nya sudah ditambah, kemungkinan Bandara di Toraja akan kita buat jadi Bandara Internasional,” kata Nurdin Abdullah usai menyaksikan penerbangan perdana maskapai Citilink dari Bandar Udara Hasanuddin Makassar (UPG) menuju Bandar Udara Lagaligo Bua, Kabupaten Luwu, Kamis (18/9).

Sementara itu, penerbangan perdana Citilink ke Palopo juga dinilai akan memudahkan masyarakat daerah untuk menjangkau Makassar, sehingga direncanakan untuk penambahan luas wilayah bandara.

Nurdin mengaku telah melakukan komunikasi dengan Menteri Perhubungan mengenai perluasan bandara dan Pemprov Sulsel telah mencairkan 18 miliar untuk pembebasan lahan.

“Jadi Kementerian Perhubungan juga sudah siapkan anggaran untuk perpanjangan bandara. paling lambat tahun depan termasuk Toraja kita harapkan agar beragam maskapai turut membuka rute ke wilayah Toraja,” kata Nurdin.

Menanggapi ekspansi Citilink ke Toraja, Vice Presiden Network Management PT Citilink Indonesia, Tenten Wardhaya mengatakan bahwa hal tersebut juga menjadi perhatian utama pihak Citilink untuk ikut meramaikan jasa transportasi di daerah pariwisata andalan Sulsel tersebut.

“Tentu ini akan difikirkan juga, karena memang kami bertujuan untuk membuka aksesibilitas di masyarakat. Apalagi Toraja yang notabene adalah kawasan wisata unggulan di Sulsel,” ujar Tenten seperti dikutip dari Antara.

Sementara, pembukaan empat rute baru yang dilakukan oleh Citilink secara resmi telah telah terbang perdana dalam rangka memperingati hari perhubungan nasional.

Adapun ke empat rutenya yakni dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin ke dua wilayah Sulawesi Tenggara yakni Baubau dan Pomala, sedangkan wilayah Sulsel rute barunya ialah Kabupaten Palopo dan Selayar.bud/E-9

Tampilkan Semua

Gubernur Lampung Berharap Budidaya Lobster Tingkatkan Perekonomian

Jumat 18/9/2020 | 18:18
A   A   A   Pengaturan Font
BANDARLAMPUNG- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap agar budi daya lobster dapat mendorong perekonomian di Provinsi Lampung sehingga masyarakat juga akan ikut merasakan dampak positif dari keberadaan investasi di bidang...
Selengkapnya

Gubernur Sultra Minta Polemik IUP Antam di Mandiodo Diselesaikan

Jumat 18/9/2020 | 05:10
A   A   A   Pengaturan Font
KENDARI- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi meminta polemik tumpang tindih Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang sudah berlangsung lama antara PT Antam dan 11 IUP di Blok Mandiodo, Kabupaten Konawe Utara segera...
Selengkapnya

Citilink Buka Empat Rute di Kawasan Indonesia Timur

Jumat 18/9/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- Maskapai penerbangan Citilink secara resmi membuka empat rute baru di Kawasan Timur Indonesia khususnya di Sulawesi untuk penerbangan dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulsel, Kamis (17/9). Empat rute...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Tesla Menang Gugatan Kasus Pencurian Data Oleh Mantan Pegawai

Sabtu 19/9/2020 | 19:55
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Produsen mobil listrik AS, Tesla, memenangkan gugatan atas mantan pegawainya yang didepak dari perusahaan karena meretas data kemudian mengirimkan informasi itu kepada perusahaan pihak ketiga, menurut dokumen pengadilan pada Jumat (18/9).

Tesla menggugat Martin Tripp yang sebelumnya bekerja di Tesla Gigafactory Nevada. Pada 2018, Tripp mengklaim telah membuat perangkat lunak untuk meretas sistem operasi manufaktur Tesla, kemudian mentransfer data berukuran beberapa gigabyte ke perusahaan pihak ketiga. Ia juga membuat pernyataan palsu kepada media.

Tesla pada saat itu menyampaikan tuntutan kepada Tripp yang secara ilegal meretas kepercayaan perusahaan dan menjual informasi rahasia serta mengirimkan informasi tersebut ke pihak ketiga.

“Tripp memasang software peretas di tiga komputer karyawan lainnya yang memiliki akses ke data rahasia perusahaan. Tripp mengakui perbuatannya,” demikian dilansir Antara, Sabtu (19/9).

Pengadilan distrik Nevada mengatakan dalam keputusannya akan mengabulkan gugatan Tesla, dan menolak pembelaan Tripp yang ingin menampilkan dokumen lain ke pengadilan. I-1

Tampilkan Semua

Sepeda BMX Lahir Kembali dengan Penggerak Listrik

Minggu 13/9/2020 | 13:16
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Jika Anda mengingat sepeda BMX yang sempat populer di era 1990-an, kini sepeda berjenis urban lifetyle itu muncul kembali dengan fitur motor listrik. Perusahaan sepeda asal AS, Zooz Bikes, merilis tiga sepeda listrik bermodel...
Selengkapnya

Perusahaan IT Bosnia Buat Cybertruck Tiruan dari Sasis Ford Raptor

Senin 7/9/2020 | 08:00
A   A   A   Pengaturan Font
Seorang penggemar Tesla di Bosnia, yang tidak sabar untuk mendapatkan Cybertruck yang baru akan dirilis 2021, memesan versi replika truk listrik itu menggunakan sasis Ford Raptor F-150. Dilansir Reuters, Minggu, penggemar Tesla memesan...
Selengkapnya

Anza dari Monday Motorbikes, Sepeda Listrik Berdesain Unik

Minggu 6/9/2020 | 13:21
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Perusahaan sepeda listrik berbasis di San Francisco California, Amerika Serikat, Monday Motorbikes merilis sepeda listrik berdesain unik yang dinamai Anza. Sepeda itu dinamai Anza, sesuai nama jalan di San Francisco yakni Anza...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Cara Pasang iOS 14 dan iPadOS 14

Kamis 17/9/2020 | 13:53
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Apple baru saja merilis sistem operasi terbaru untuk perangkat iPhone dan iPad, yakni iOS 14 dan iPadOS 14. Kedua sistem operasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur baru, iOS 14 antara lain bisa menambahkan widget ke layar home, menonton video secara picture-in-picture dan aplikasi penerjemahan, seperti dikutip dari laman The Verge.

Sementara di iPadOS 14, pengguna bisa mengubah tulisan tangan menjadi teks. Kedua OS itu juga mendapat perbaikan untuk Maps, Messages, Safari dan Siri.

“Jika ingin memasang sistem operasi terbaru ini, pastikan perangkat sudah mendukung, yaitu iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X dan iPhone 8,” demikian pernyataan Apple seperti dilansir Antara, Kamis (17/9).

Selain gawai-gawai tersebut, para pengguna gawai ini juga bisa merasakan iOS 14, yaitu iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE generasi pertama dan kedua, serta iPod Touch generasi ketujuh.

Setelah memastikan gawai mendukung perangkat lunak tersebut, buka pengaturan atau Settings, kemudian pilih General.

Ketuk Software Update, kemudian Download and Install dan ikuti petunjuk selanjutnya. Ponsel akan mengunduh terlebih dulu iOS 14.

Setelah mengunduh, ponsel akan mulai memasang perangkat lunak ini. Selama memasang, ponsel tidak bisa digunakan.

Durasi memasang sistem operasi bisa berlangsung hingga 15 menit atau lebih, pastikan daya baterai cukup. Pengguna juga bisa memilih waktu saat mereka tidak banyak mengakses gawai saat memasang perangkat lunak ini.

Cara yang sama berlaku untuk memasang iPadOS 14. Perangkat yang mendukung sistem operasi ini adalah iPad Pro 12,9 inci generasi keempat, iPad Pro 11 inci generasi kedua, iPad Pro 12,9 inci generasi ketiga, iPad Pro 11 inci generasi pertama, iPad Pro 12,9 inci generasi pertama dan kedua.

Selain itu, iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 9,7 inci, iPad generasi kelima sampai kedelapan, iPad mini 4, iPad mini generasi kelima, iPad Air 2 serta iPad Air generasi ketiga dan keempat juga bisa dipasangi iPadOS 14. I-1

Tampilkan Semua

iPhone 5G Pertama Diharapkan Dibeberkan Saat Acara Daring Apple pada 15 September

Rabu 9/9/2020 | 17:10
A   A   A   Pengaturan Font
SAN FRANCISCO - Apple pada Selasa (8/9) menyebarkan undangan untuk acara daring pada 15 September yang diharapkan akan membeberkan telepon pintar iPhone 5G pertama yang khusus dibuat untuk penggunaan jaringan telekomunikasi supercepat...
Selengkapnya

iPhone XR Bakal Digantikan iPhone 12s Tahun Depan?

Minggu 6/9/2020 | 13:26
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Apple dikabarkan akan berhenti menjual iPhone XR pada akhir kuartal pertama 2021, dan menggantikannya dengan iPhone 12s pada kuartal kedua 2021. Apple dulu memang merilis varian S, sebagai peningkatan tahunan sederhana. Jika...
Selengkapnya

Infinix Gelar Virtual Fashion Fest

Sabtu 5/9/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat di dunia termasuk, Indonesia. Hal yang paling berdampak saat ini adalah roda perekonomian di Indonesia yang harus beradaptasi untuk pembaruan di masa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Topping Off Hotel Episode Serpong

Jumat 28/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hotel Episode merupakan hotel berbintang empat yang terletak di Gading Serpong yang dikenal sebagai kota satelit yang ramai, terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat pameran terbesar di Indonesia yakni ICE BSD dan berjarak 40 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 
 
Hotel ini mulai dibangun dari 9 Desember 2017 dan akan beroperasi pada semester pertama di tahun 2021. Nantinya, Hotel Episode Gading Serpong akan dikelola oleh hospitality management yaitu JHL Collections yang merupakan salah satu unit bisnis dari JHLGroup.
 
Hotel dengan interior yang unik ini menghadirkan konsep kebudayaan Banten ditengah bangunan seluas 55.000 m2. Provinsi Banten yang kental dengan kebudayaan lokalnya yakni Baduy dan Peranakan serta topologi yang bervariasi menjadi inspirasi utama yang dituangkan dalam konsep perhotelan dan desain Hotel Episode Gading Serpong.
 
Dengan hal itu maka para tamu akan disuguhkan pengalaman yang unik. Episode akan membawa para wisatawan mengenal lebih jauh tentang Banten dengan beragam aktivitas terkait kebudayaan Banten di dalam area hotel hingga paket wisata kebudayaan di daerah Banten. 
 
Terdapat 320 kamar yang memiliki 2 konsep utama yakni Baduy dan Peranakan dengan beberapa tipe, diantaranya adalah Deluxe Room, Family Room,dan Junior Suite untuk masing-masingkonsep.
 
Bangunan 28 lantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, terdapat Ballroom dan Exhibition Hall dengan kapasitas 1000 pax yang dapat digunakan untuk acara pernikahan, ulang tahun, gathering, dan pameran. Selain itu, terdapat Mini Ballroom, 8 meeting rooms, swimming pool, gym, spa, gift shop, dan organic shop.
 
Episode juga mempunyai restoran dengan pengalaman bersanta pall day dining dan hotel ini akan mengenalkan makanan khas lokal banten di menu breakfast maupun a la carte.
 
Sesuai dengan makna kata Episode yaitu sepenggal peristiwa dalam kehidupan manusia yang berarti, managemen berharap pengalaman tamu saat menginap, menikmati layanan dan sajian di Hotel Episode Gading Serpong ini menjadi pengalaman yang berarti dalam hidup mereka. mza
 
” Unfolding history and retelling the story” – Hotel Episode Gading Serpong
Tampilkan Semua

Di Tengah Pandemi, Struktur Pencakar Langit St Regis Selesai Dibangun

Senin 17/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Meski sempat terhambat oleh kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) anak usaha Rajawali Property Group (RPG) akhirnya berhasil menyelesaikan...
Selengkapnya

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut...
Selengkapnya

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Pesepak Bola Timnas Lebanon Meninggal akibat Peluru Nyasar

Sabtu 19/9/2020 | 15:57
A   A   A   Pengaturan Font

BEIRUT - Pesepak bola Lebanon meninggal dunia pada Jumat setelah selama satu bulan kepalanya cedera karena terkena 'peluru nyasar' di Beirut.

Mohamad Atwi meninggal di usia 33 tahun, setelah hampir satu bulan menjalani perawatan intensif, demikian kantor berita NNA.

Atwi bermain untuk timnas Lebanon dan sejumlah klub di liga utama Lebanon.

Kematian Atwi mendorong para pejabat dan aktivis untuk memperbarui peringatan tentang peluru nyasar di Lebanon, di mana memiliki senjata ilegal adalah hal biasa, demikian pula menembakkan peluru ke udara saat pemakaman atau pernikahan di beberapa bagian negara itu. (ion/AFP/S-2)

Tampilkan Semua

Bayern Bantai Schalke 8-0 di Laga Perdana Bundesliga

Sabtu 19/9/2020 | 15:47
A   A   A   Pengaturan Font
MUNCHEN - Bayern Munchen membantai tamunya, Schalke 04, dengan skor 8-0 pada laga perdana Bundesliga, Sabtu (19/9) dini hari WIB. Pada pertandingan yang dimainkan di Allianz Arena, Munich, itu gol Serge Gnabry (4') membuka keunggulan...
Selengkapnya

Nadal ke Perempat final Italian Open

Sabtu 19/9/2020 | 15:43
A   A   A   Pengaturan Font
ROMA - Rafael Nadal pada Jumat melewati petenis Serbia Dusan Lajovic dengan mudah untuk mencapai babak perempat final Italian Open ketika ia pemanasan untuk Grand Slam final musim ini di Roland Garros. Peraih sembilan titel di Roma itu...
Selengkapnya

Lawan Cedera, Azarenka Melenggang ke Perempat Final Italian Open

Sabtu 19/9/2020 | 15:40
A   A   A   Pengaturan Font
ROMA - Victoria Azarenka melaju ke perempat final Italian Open di Roma setelah Daria Kasatkina mengalami cedera pergelangan kaki hingga menyerah di laga babak ketiga itu. Di saat laga berjalan imbang 6-6 di set pembuka, tumit Kasatkina...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Klaster Covid-19 di Kemenkes

Sabtu 19/9/2020 | 06:50
A   A   A   Pengaturan Font
Yang membuat kita makin prihatin adalah Kantor yang dipimpin Menteri Kesehatan Terawan itu seharusnya dapat menjadi contoh bagi perkantoran lainnya untuk penerapan protokol kesehatan dalam menekan angka penyebaran virus Covid-19.

Sungguh mengejutkan dan ironis data yang ditampilkan dalam laman https://corona.jakarta.go.id/id/data-visualisasi. Kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga 18 September 2020 menjadi menjadi klaster penyebaran virus korona (Covid-19) terbesar di wilayah DKI Jakarta. Kementerian yang dipimpin Terawan Agus Putranto itu tercatat menyumbang 252 kasus positif Covid-19.

Angka tersebut belum diakumulasikan dengan temuan di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) sebanyak 50 kasus dan Puslitbang UKM Kemenkes satu kasus.

Kemudian, disusul Kementerian Perhubungan RI dengan catatan 175 kasus. Posisi ketiga dan keempat masing-masing ditempati Kantor KPK dengan catatan 106 kasus, serta Kantor BPOM pusat dengan 89 kasus.

Kementerian Pertahanan 64 kasus, Kementerian Keuangan 62 kasus, Kementerian Komunikasi dan Informatika 55 kasus. Kemudian, Kementerian Pemuda dan Olahraga 43 kasus, Kementerian Hukum dan HAM 35 kasus, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral 36 kasus.

Kemudian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 25 kasus, Kementerian Dalam Negeri 24 kasus, hingga Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan 12 kasus. Setidaknya terdapat 17 kantor kementerian di Jakarta yang menjadi klaster penyebaran virus korona.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020, sebuah perusahaan atau perkantoran harus ditutup selama 3 x 24 jam apabila ditemukan karyawan yang terpapar Covid-19.

Penyebaran virus korona masih tinggi hingga saat ini. Data hingga Jumat pukul 12.00 WIB, terdapat 3.891 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Hal itu menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 236.519 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020.

Virus Covid-19 memiliki daya tular (virulensi) tanpa tebang pilih. Virus ini bisa menyerang orang tua atau anak muda, pejabat pemerintahan, pengusaha kaya atau rakyat biasa, warga ekonomi menengah maupun kelas atas, penduduk perkotaan maupun pedesaan, semua berpotensi terpapar.

Yang membuat kita makin prihatin adalah Kantor yang dipimpin Menteri Kesehatan Terawan itu seharusnya dapat menjadi contoh bagi perkantoran lainnya untuk penerapan protokol kesehatan dalam menekan angka penyebaran virus Covid-19. Sayangnya, instansi pemerintah tersebut menjadi contoh buruk penerapan protokol kesehatan dalam mencegah penularan pandemik global ini.

Sejak awal pandemi, Terawan memang sudah mendapat banyak sorotan dari publik. Ia dianggap terlalu menyepelekan dan gagap dalam menangani korona. Ditambah, gaya bicaranya yang nyeleneh dan kerap jadi kontroversi. Dia sering membuat pernyataan yang membuat tersinggung berbagai pihak dan kalangan, termasuk tenaga medis yang menjadi ujung tombak dalam penanganan virus ini.

Banyak kritik dan permintaan agar Presiden Jokowi mengganti Terawan. Namun hingga tujuh bulan pandemi berlangsung, Presiden Jokowi masih mempertahankan Terawan.

Kasus korona di Kemenkes harus menjadi peringatan kesekian kalinya agar pemerintah mengambil kebijakan strategis. Kementerian-kementerian harus meningkatkan upaya pencegahan penularan virus mematikan ini.

Seluruh masyarakat harus semakin waspada terhadap bahaya akan terjangkit virus korona ini di ruang publik, tak terkecuali kantor-kantor pemerintah. Hindari tempat kumpul atau kerumunan massa sebagai klaster penularan.

Untuk pemerintah, pastikan seluruh kebijakan yang diambil berbasis pada menyelamatkan sistem kesehatan. Jangan sampai kita kalah dengan kepentingan lain yang hanya menguntungkan sebagian pihak saja.

Manajemen perkantoran dan pelaku usaha harus disiplin menegakkan protokol kesehatan, melakukan langkah pencegahan penularan demi melindungi keselamatan pegawainya.

Perkantoran milik pemerintah harus menjadi pelopor dan teladan dalam pemberlakuan protokol kesehatan. ν

Tampilkan Semua

Jebakan Utang

Jumat 18/9/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bagaimana negara tidak kesulitan membayar utang kalau kita memperbanyak penerbitan surat utang dengan bunga yang sangat tinggi. Dulu utang sangat dibanggakan. Semakin besar utang yang diperoleh, semakin banggalah seseorang. Karena hal...
Selengkapnya

Tantangan Yoshihide Suga

Kamis 17/9/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Suga menghadapi tantangan mengatasi Covid-19 sambil menghidupkan kembali ekonomi yang terpukul. Setelah memenangkan pemilihan ketua Partai Demokrat Liberal (LDP) dengan telak, Senin (14/9), Yoshihide Suga kembali menang mutlak dalam...
Selengkapnya

Hotel Tempat Isolasi Mandiri

Rabu 16/9/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ibarat tubuh manusia, rumah sakit ini jantungnya. Kalau bagian paling penting sudah menjadi sumber penularan, itu sangat berbahaya. Rumah sakit itu pertahanan terakhir untuk melawan pandemi ini. Pandemi Covid-19 yang belum menampakkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Gitaris Band Cokelat Edwin Marshal Rilis Lagu "Demi Nafasmu"

Sabtu 19/9/2020 | 17:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Gitaris grup band Cokelat, Edwin Marshal, mencoba pengalaman baru di dunia musik dengan merilis lagu berjudul "Demi Nafasmu" yang dia nyanyikan sendiri.

“Demi Nafasmu” terinpirasi dari peran Edwin Marshal sebagai kepala keluarga. Bagi gitaris Cokelat itu, bernyanyi untuk pertama kali dalam sebuah lagu menjadi pengalaman yang baru.

“Ini pertama kalinya saya menampilkan diri bernyanyi dalam sebuah karya rekaman. Sekaligus sebagai gitaris, bassis, pencipta lagu dan produser. Saya dibantu oleh Axel Andaviar pada drum, yang juga merupakan personel Cokelat saat ini,” kata Edwin Marshal dalam keterangan resminya, Sabtu.

Edwin menjelaskan lagu ini tentang bagaimana ia menghargai, menjalani dan memberikan semua hal terbaik kepada orang-orang yang sangat berharga dalam hidupnya. Hal lain yang spesial dari lagu ini adalah dirilis bertepatan dengan ulang tahun anaknya.

“Liriknya terinspirasi dari peran saya sebagai ayah dari dua anak. Selalu melindungi mereka sebaik-baiknya, selamanya. Anak-anakku, pasangan hidupku, dan keluargaku tercinta. ‘Demi Nafasmu’ juga dirilis persis di momen hari ulang tahun ketujuh anak saya, Askhi," ujar Edwin Marshal.

Edwin mengatakan bahwa lagu ini sebenarnya telah ditulis sejak 10 tahun lalu. Namun baru bisa dikerjakan pada 2019 dan menghabiskan waktu setahun, terhitung sejak proses perekaman musik, kemudian mixing dan mastering, sampai ke penggarapan video musiknya.

Lagu ini juga menjadi single kedua Edwin setelah sebelumnya di tahun 2016 merilis "Sore" dengan format instrumental.

Lewat “Demi Nafasmu”, Edwin berharap bisa memberikan inspirasi untuk menjauhkan diri dari segala bentuk kebencian, agar mampu memberikan kebaikan dalam kehidupan, terutama kepada orang-orang yang dicintai.Ant/P-4

 

Tampilkan Semua

Fatin Rilis Video Musik "Pelangi dan Hujan" dengan Nuansa Serba Pink

Sabtu 19/9/2020 | 17:00
A   A   A   Pengaturan Font
Penyanyi Fatin Shidqia telah merilis video musik “Pelangi dan Hujan” melalui channel YouTube resminya dengan menampilkan nuansa serba pink dan pastel yang menjadi ciri khasnya. Pengerjaan video musik ini digarap oleh...
Selengkapnya

Ramengvrl Umumkan Gabung dengan Label Musik Amerika

Sabtu 19/9/2020 | 17:00
A   A   A   Pengaturan Font
Musisi hip-hop Indonesia Ramengvrl telah mengumumkan bahwa dirinya bergabung dengan Empire, yang merupakan label rekaman sekaligus distributor musik ternama asal Amerika Serikat. Empire dikenal pernah merilis beberapa karya dari nama...
Selengkapnya

Berantas Virus dengan Lemari Pintar

Jumat 18/9/2020 | 19:47
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Menjaga hidup bersih dan menjalankan protokol kesehatan wajib dilakukan saat pendemi Covid-19. Salah satu yang harus bersih dari virus dan bakteri  adalah pakaian. Guna memberikan solusi higienitas, PT LG...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

200 Jiwa Terdampak Kebakaran di Bungur, Senen

Sabtu 19/9/2020 | 23:30
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Sebanyak 40 kepala keluarga dengan 200 jiwa terdampak oleh kebakaran yang terjadi Jalan Kalibaru Timur 1, Bungur, Senen Jakarta Pusat, Jumat (18/9).

“Ada sebanyak 30 rumah dengan 40 kepala keluarga, total perkiraan 200 jiwa terdampak kebakaran ini,” kata Camat Senen, Ronny Jarpriko saat ditemui di lokasi yang akan menjadi posko evakuasi di Jalan Kalibaru Timur 1, Bungur, Senen.

Ronny mengatakan ada tiga RT yang terdampak dari kebakaran itu yaitu RT 008, RT 009, dan RT 015. “Nanti posko evakuasinya akan kita buat di lahan RTH milik Dinas Hutan dan Taman Kota DKI Jakarta usai proses pendinginan selesai dilakukan,” ujar Ronny.

Sementara itu, Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat mendirikan dua posko pengungsi untuk menampung warga dari RT 006, 008, dan 015 yang menjadi korban kebakaran di Jalan Kalibaru Timur 1, Bungur, Jakarta Pusat, Jumat.

“Koordinasi awal bersama Camat dan (Plt) Lurah, kita dirikan posko evakuasi untuk warga tidur di lahan RTH. Sementara yang satu lagi di RT 015 untuk posko bantuan dari warga sekitar,” ujar Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Maria Pasaribu.

Lebih lanjut, Maria mengatakan untuk bantuan sementara pihaknya telah menyiapkan beberapa barang khususnya pakaian dan selimut. “Bantuan dari kita saat ini yang sudah dalam perjalanan seperti terpal, selimut, matras, sajadah, mukena, pakaian, pampers untuk anak, hingga makanan siap saji berupa biskuit. Bantuan lainnya akan menyusul disesuaikan dengan data pasti dari korban yang terdampak,” kata Maria.

Terkait dengan penyebab kebakaranm Ketua RW 006 Kelurahan Bungur, Ketua RW 006 Kelurahan Bungur, Rudi menjelaskan, kebakaran di kawasan padat Kelurahan Bungur, Senen, Jakarta Pusat  diduga berawal dari korsleting listrik pada salah satu rumah di RT 009.

“Jadi tadi sekitar jam 13.45 WIB, Itu dari listrik kayaknya. Soalnya saya liat asal apinya dari atas gitu,” kata Ketua RW 006 Kelurahan Bungur, Senen, Jakarta Pusat,  Rudi.

Seorang remaja yang juga merupakan warga RT 006 Bungur Naufal pun turut mengatakan hal serupa bahwa kebakaran di lingkungannya itu terjadi akibat korsleting listrik.

n jon/Ant/P-5

Tampilkan Semua

Polda Rampungkan 37 Adegan Rekontruksi Kasus Mutilasi

Sabtu 19/9/2020 | 22:26
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah merampungkan 37 adegan rekonstruksi kasus pembunuhan dan mutilasi terhadap Rinaldi Harley Wismanu. 32 tahun, yang potongan tubuhnya ditemukan polisi di Apartemen Kalibata City,...
Selengkapnya

Briptu Andri Tewas Korban Tabrak Lari oleh Anggota TNI

Sabtu 19/9/2020 | 22:21
A   A   A   Pengaturan Font
  JAKARTA – Wakil Kepala Penerangan Kodam (Wakapendam) Jaya Letkol Inf Audy Kumontoy mengakui peristiwa kecelakaan lalu lintas yang menewaskan seorang personel polisi di Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Kamis (17/9),...
Selengkapnya

Toko Swalayan ADA di Jalan Raya Pajajaran Bogor DItutup, Karena Covid-19

Jumat 18/9/2020 | 23:19
A   A   A   Pengaturan Font
BOGOR  - Toko swalayan ADA di Jalan Raya Pajajaran Kota Bogor ditutup sementara menyusul adanya seorang karyawan toko tersebut yang terkonfirmasi positif COVID-19. "Untuk mini market ADA saya minta ditutup dulu mulai hari ini,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Alas Kaki Balenciaga Track Slides

Sabtu 19/9/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Saat musim semi semakin dekat, inilah saatnya untuk mulai memikirkan semua pilihan pakaian dan alas kaki. Di antaranya adalah sandal, kali ini sandal Track baru Balenciaga. Ini adalah alas kaki yang menyenangkan.

Setelah merilis Sandal Track musimannya awal tahun ini, Balenciaga kembali dengan tampilan siluet kaki terbuka. Kali ini, ditampilkan alas kaki chunky menerima gaya slip-on siap musim panas.  Laman Trendhunter.com, menampilkan sandal Balenciaga yang tidak memilik tumit bermerek dan tali velcro. Track Slides menampilkan desain berpanel yang terbuat dari karet dan neoprena, serta bagian depan berlubang "BB".

Sandal slip-on adalah versi Track Sandal yang lebih ramping dan lebih futuristik, yang disiapkan tepat saat musim cuaca hangat. Bagian atas menawarkan kompilasi berselang-seling dari kulit di bagian atas, sementara sol slide tidak terlalu tebal, dan kasar, dibandingkan sandal siluet. Tampilan minimal dan mudah dipakai. Bemper di bagian depan sepatu menjaga jari-jari kaki tetap di tempatnya.

Balenciaga Track Slides adalah alas kaki kasual yang terinspirasi oleh gaya sneaker dengan nama yang sama, yang bertujuan untuk memperluas estetika santai. Slide dicirikan oleh bagian atas yang kompleks, yang terinspirasi oleh anatomi manusia dan menawarkan desain multi-panel di keseluruhannya. Sandal tersedia dalam pilihan tiga warna hitam untuk meningkatkan gaya sopan dengan berbagai tekstur bahan hitam. Siluet baru Balenciaga diambil dari sneaker Track yang tebal, yang merupakan tindak lanjut dari Triple S yang terkenal. Sandal ini membebaskan sedikit ruang, untuk membiarkan jari kaki dan pergelangan kaki bernapas. Talinya telah diganti dengan dua tali velcro bermerek, pada sandal - seolah desainnya belum cukup meneriakkan Balenciaga.

Di tempat lain, merek Jepang Suicoke telah menjadi mode favorit karena sandal teknisnya dan kolaborasi dengan John Elliott, Tyler, Creator's Golf, dan sejumlah merek terkemuka lainnya.

Sandal terlihat begitu tangguh, dengan disain sol dinamis, bagian belakang yang diperbesar untuk mendorong kaki ke depan, yang digambarkan sendiri, kemungkinan besar akan bertahan dengan baik saat mendaki. ars

Tampilkan Semua

Sandal Santai jadi Pilihan

Sabtu 19/9/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 menjadikan semua kegiatan dan pekerjaan jadi berubah. Pembatasan sosial serta protocol kesehatan, membuat orang juga harus bisa menyesuaikan diri. Begitu juga dengan fashion yang jadi sangat berbeda. Seluruh aspek...
Selengkapnya

Santai dengan Kemeja Hawaii

Sabtu 19/9/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di musim pandemi ini, kemeja santai jadi pilihan. Baju Hawaii paling disukai karena pas dipakai dalam setiap kegiatan. Kemeja Hawaii terbaik hanya cocok dengan segala sesuatu mulai dari denim light wash, hingga chino yang digulung...
Selengkapnya

Motor Kustom Pilihan

Jumat 18/9/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sepeda motor kustom adalah hasil produksi dari kolaborasi antara industri kreatif dan otomotif. Sekarang sepeda motor hasil penggabungan ini banyak diminati pencinta motor. Untuk merangkai menjadi tampilan kustom, pemilik sebuah sepeda...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Pemerintah Sudah Membubarkan 27 Lembaga Non Struktural

Jumat 18/9/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, mengungkapkan pembubaran lembaga pemerintahan tahap dua akan segera dilakukan.

 

Sebelumnya, telah dilaku­kan pembubaran sebanyak 18 lembaga yang meru­pakan pembubaran tahap pertama. Pembubaran lembaga dilakukan karena banyak lembaga yang tugas pokok dan fungsinya tumpang tindih sehingga kiner­janya tak efektif dan efisien.

Selain tupoksi yang tumpang tindih, yang membuat lembaga-lembaga yang akan dibubarkan itu tak efektif, dari sisi anggaran juga berpengaruh. Lembaga yang tu­poksinya tumpang tindih itu sedikit banyak memboroskan anggaran. Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin ada efesiensi lem­baga yang lebih efektif.

Untuk mengupas itu lebih lanjut, Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Menpan RB, Tjahjo Kumolo, di Jakarta. Berikut petikan wawancaranya.

Secara Fundamental, kenapa lembaga negara tersebut dibubarkan?

Saya perlu jelaskan dulu tentang apa itu lembaga negara. Lembaga negara merupakan lembaga yang secara spesifik telah ditentukan dalam UUD 1945, yaitu Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Mahkamah Agung (MA), Mah­kamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Oleh karena itu, pembubaran lembaga negara memerlukan perubahan atau amendemen terha­dap UUD 1945.

Perlu saya sampaikan juga bahwa lem­baga yang dibubarkan melalui Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 bu­kan merupakan lembaga negara, melainkan lembaga non struktural (LNS) dan lembaga lain yang bertu­gas untuk menunjang pelaksanaan sebagian tugas pemerintahan.

Jadi, lewat Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020, sudah berapa lembaga non struktural yang telah dibubarkan?

Melalui Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 telah mem­bubarkan 18 lembaga, empat di antaranya merupakan LNS.

Bisa disebutkan empat lem­baga non struktural yang telah dibubarkan dalam tahun ini?

Pertama, Badan Koordinasi Nasional Penyuluhan, Perta­nian, Perikanan, dan Kehutanan. Kedua, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum. Ketiga, Komite Nasional Persiapan Pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean. Keempat, Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia.

Sebelumnya, apakah juga su­dah ada pembubaran lembaga?

Ya, sudah ada. Jadi dalam kurun waktu 2014 sampai dengan tahun 2017, Bapak Presiden juga pernah melakukan pengintegrasian atau pembubaran terhadap 23 lembaga non struktural atau LNS ke dalam lembaga yang bersesuaian. Jadi dengan demikian, terdapat total 27 LNS yang telah dibubarkan oleh Bapak Presiden.

Tujuannya apa dari pembubaran atau pengintegrasian lembaga itu?

Pembubaran LNS tersebut di­lakukan salah satunya dalam rang­ka penyederhanaan birokrasi untuk mempercepat proses pengambilan keputusan. Selain itu, untuk meng­hindari terjadinya tumpang tindih atau overlapping tugas dan fungsi di lingkungan instansi pemerintah yang mengakibatkan pemborosan kewenangan dan anggaran.

Selain itu, melalui pembubaran LNS,diharapkan dapat meningkat­kan efektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah, serta meningkatkan efisiensi peng­gunaan anggaran negara.

Bagaimana efektivitas dan efisiensi kelembagaan negara ini dalam menjalankan tugas-tugasnya?

Pembubaran lembaga non struk­tural pada prinsipnya dilaksanakan melalui beberapa kajian dan anali­sis, di antaranya terhadap efektivi­tas dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi lembaga itu.

n agus supriyatna/P-4

Tampilkan Semua

Relaksasi Iuran Tidak Mengurangi Fasilitas yang Diperoleh Peserta

Kamis 17/9/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan selama bencana non-alam penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), pada Senin (31/8/). ...
Selengkapnya

Tidak Ada Anggaran Program yang Tumpang Tindih

Rabu 16/9/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Program Organisasi Penggerak (POP) yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sempat menuai polemik sebab diduga terdapat konflik kepentingan dalam pemilihan organisasi-organisasi yang terlibat.   Hal tersebut membuat...
Selengkapnya

Sepekan, Penambahan Covid-19 DKI di Atas 1.000 Kasus

Senin 7/9/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Penambahan kasus Covid-19 di DKI Jakarta pada Minggu (6/9) kembali tertinggi kedua dengan penambahan 1.245 kasus. Tiga hari lalu (3/9) mencatat rekor per­tambahan kasus sebanyak 1.359 orang dan menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo Penemuan Vaksin Tak Jamin Kehidupan Kembali Normal

Sabtu 19/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Masyarakat harus selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat terkait kondisi terkini. Terlebih, meskipun vaksinnya nanti ditemukan, tidak serta-merta Covid-19 akan berakhir dan kehidupan kembali normal.

Wabah korona atau Covid-19 terus mengalami peningkatan yang semakin mengkhawatirkan. Kondisi itu semakin membuat upaya penanganan wabah yang mulai merebak di Indonesia sejak awal Maret lalu itu jelas kian berat.

Tugas berat harus dipikul oleh Doni Monardo, yang mendapatkan mandat untuk menanggulangi wabah Covid-19 sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19.

Kondisi semakin mengkhawatirkan karena sejak Juli lalu terjadi gelombang kedua Covid-19 di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Kondisi itu membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai 14 September kemarin.

Mengenai penerapan PSBB yang kembali diterapkan oleh Pemprov DKI dan penanganan Covid-19 di Indonesia, berikut perbincangan wartawan Koran Jakarta, Mohammad Zaki Alatas, dengan Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, dalam beberapa kesempatan belum lama ini. Berikut petikan wawancaranya.

Yang banyak ditanyakan oleh netizen, apakah Satgas dilibatkah dalam penerapan PSBB di Jakarta?

Seperti yang diketahui bahwa kami selalu menjaga hubungan baik dan melakukan koordinasi dengan semua pemerintah provinsi dalam mencegah penyebaran virus, termasuk DKI Jakarta. Bahkan, Satgas Penanganan Covid-19 dilibatkan dalam perumusan Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020 tentang Aturan Baru Penerapan PSBB di DKI Jakarta. Dan saat pergub Jakarta mau diterbitkan, Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19, yakni Profesor Wiku, ikut dilibatkan.

Apakah koordinasi tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemerintah pusat?

Tentu. Kami mengikuti arahan Menteri Koordinator Perekonomian, Bapak Airlangga Hartarto, dalam hal menjaga koordinasi dengan pemerintah daerah. Bahkan tidak hanya itu, ini sesuai arahan Presiden Jokowi, semua pengambil kebijakan terlebih dahulu harus melakukan koordinasi agar keputusan yang diambil memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat secara luas.

Apakah ada pesan khusus dari Pak Presiden?

Ada penekanan dari Pak Presiden Jokowi terkait masalah pengambilan keputusan yang berdampak pada kepentingan masyarakat secara luas. Presiden meminta semua pengambil kebijakan agar bisa melakukan koordinasi sehingga keputusan yang dihasilkan betul-betul mampu memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat, baik dari aspek kesehatan atau aspek-aspek lainnya.

Bagaimana dengan status PSBB di DKI Jakarta jilid kedua ini?

Jadi begini, saya katakan bahwa dari awal Pemerintah DKI Jakarta itu belum pernah mencabut status PSBB. Saya ulangi lagi, sejak awal pemberlakuan PSBB, Pemerintah DKI Jakarta belum pernah mencabut. Jadi sepanjang waktu sampai dengan sekarang ini adalah ya PSBB. Jadi, DKI Jakarta sekali lagi tidak pernah mengubah status, selalu PSBB.

Apakah hal ini sesuai dengan aturan yang ada?

Menurut saya, apa yang dilakukan oleh Pemerintah DKI Jakarta sudah tepat dengan mengambil langkah untuk mengeluarkan aturan PSBB melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 11 Tahun 2020 tanggal 13 Maret. Kendati pemerintah juga memiliki opsi untuk menerapkan Undang-Undang No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Dalam hal ini, selama status kekarantinaan yang diambil tiap pemerintah daerah masih dalam koridor pada Perpres No 11/2020 tersebut, maka aturan itu harus ditaati oleh seluruh aspek.

Sebelum diterapan PSBB di DKI Jakarta, kondisi terkait kasus Covid-19 di Jakarta ini seperti apa?

Kondisi perkembangan kasus Covid-19 belakangan ini mengharuskan sejumlah daerah bertindak cepat mengantisipasi. DKI Jakarta, misalnya, diketahui selama lima minggu terakhir berada pada zona merah. Dan khusus PSBB di DKI Jakarta menjadi sorotan karena akhir-akhir ini terjadi peningkatan kasus.

Apakah kondisi tersebut sudah terjadi lama?

Selama lima minggu terakhir, DKI Jakarta memang dalam kondisi di mana kota-kotanya berada dalam zona merah. Kondisi ini relatif berlangsung tetap merah, kecuali beberapa ada yang pernah turun ke zona oranye dan kembali menjadi merah. Hal ini menunjukkan kondisi dengan tingkat penularan yang cukup tinggi, maka dari itu perlu pengetatan.

Jadi, apakah langkah PSBB di DKI Jakarta itu merupakan langkah tepat untuk diambil?

PSBB ini sudah harus kita lakukan sejak awal untuk menekan persebaran dan kematian, tetapi kondisi itu belum sempurna. Kita harus menerima kenyataan ini. Kita harus mundur satu langkah, untuk bisa melangkah kembali ke depan dengan lebih baik.

Apakah langkah Pemprov DKI itu Didukung oleh Satgas Penanganan Covid-19?

Sebelum ada keputusan yang diambil oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta, beliau juga selalu konsultasi kepada saya. Dan dalam memberikan rekomendasi kepada setiap daerah, termasuk Pemerintah DKI Jakarta, kami juga secara tegas mengatakan bahwa implementasinya harus selalu melihat dari data valid sebagai acuan. Sehingga keputusan yang diambil tidak salah langkah dan justru memperburuk keadaan.

Lantas datanya seperti apa?

Data masih menunjukkan adanya peningkatan kasus, maka tiap daerah termasuk DKI Jakarta akan diminta untuk tidak melakukan pelonggaran aturan. Jadi, kalau kemarin implementasi dari aturan itu cenderung agak dilonggarkan nah sekarang agak diketatkan, tetapi ingat. Tidak ada perubahan status.

Tapi, pengetatan ini bukan lockdown?


Saya tegaskan bahwa PSBB bukan karantina wilayah, atau seperti yang lebih dikenal adalah lockdown ya. Kalau lockdown baru itu pelarangan (segala aktivitas). Presiden dari awal tidak memilih opsi itu, karena kalau itu diambil maka masyarakat kita yang bekerja harian tidak akan bisa mendapat penghasilan.

Apakah status tersebut dapat berubah?

Jadi, dalam konsep Satgas Penanganan Covid-19 atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sebelumnya, seluruh pengambilan dan implementasi dari setiap kebijakan ada tahapan-tahapan yang harus dijalani. Adapun tahapan-tahapan tersebut, meliputi prakondisi seperti simulasi, timing, prioritas, koordinasi pusat, dan daerah yang dilanjutkan monitoring dan evaluasi. Jadi, kalau ada yang kira-kira perlu dievaluasi atau perlu diubah ya tahapan itu yang dilakukan. Selama konsep ini berjalan dengan baik, saya rasa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Bagaimana dengan keterbatasan tempat isolasi?

Kami telah menyiapkan lebih banyak tempat untuk isolasi mandiri agar tidak ada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di daerah atau rumah yang secara kesehatan tidak memadai. Ini semuanya kita fasilitasi, termasuk hotel bintang 2–3 yang telah kami koordinasikan.

Bagaimana dengan daya tampung rumah sakit?

Rumah Sakit darurat di Wisma Atlet masih banyak tersedia tempat tidur untuk pasien gejala ringan dan sedang sebanyak 3.000 tempat tidur di tower 6 dan tower 7. Jadi dari total bed untuk pasien sedang-ringan berjumlah 3.000 bed. Yang terisi baru sekitar 1.600 bed saja. Untuk flat isolasi mandiri tower 4–5, sudah beroperasi tower 5 dengan kapasitas 1.600 bed. Dan baru terisi sekitar 85 bed tadi malam. Dan ini bisa diikuti secara real time lewat data Puskes TNI dan siapa saja yang nanti diterima adalah mereka yang sudah dapat rekomendasi/rujukan dari puskesmas daerah masing-masing.

Apakah hal tersebut sudah disampaikan ke Pemprov DKI?

Sudah. Kami menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bahwa pemerintah telah menyiapkan hotel di wilayah terdekat jika flat di Wisma Atlet tidak mencukupi. Apabila flat 4 dan 5 ini tidak lagi mencukupi maka kita telah siapkan hotel di wilayah terdekat baik di Jakpus, Jaktim, Jakbar, dan Jaksel. Sehingga kekhawatiran masyarakat tentang penuhnya ruang isolasi ini bisa kita carikan solusinya.

Terkait rencana Pemprov DKI yang akan mengunakan GOR bagaimana?

Kami juga berpesan kepada Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan, untuk tidak menggunakan GOR dan Balai yang kualitasnya tidak memungkinkan dalam perawatan untuk isolasi mandiri. Selain itu, jika dilakukan di GOR dapat mengganggu kenyamanan masyarakat sehingga yang mendapat perawatan bisa lebih maksimal.

Menurut Anda, seperti apa karakteristik penduduk DKI dalam menghadapi korona ini?

Iya, jadi dari survei yang kami lakukan, ada masyarakat menganggap dirinya kebal terhadap Covid-19. Sehingga merasa tidak akan terpapar. Parahnya, masyarakat yang memiliki kepercayaan tersebut paling banyak berada di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur. Sehingga wajar bila akhirnya kasus positif Covid-19 banyak ditemukan di dua provinsi tersebut.

Lantas bagaimana dengan vaksin?


Pemerintah, Bapak Presiden dengan sejumlah menteri telah berusaha untuk bisa mendapatkan vaksin dalam jumlah yang cukup bagi masyarakat kita semuanya, termasuk upaya menemukan obat yang mujarab untuk Covid-19. Pemerintah terus berupaya menyediakan vaksin baik buatan luar negeri yang kini tengah uji klinis maupun vaksin dalam negeri yakni vaksin merah putih yang masih tahap awal.

Apakah dengan adanya vaksin kita akan kembali ke kehidupan normal?


Belum tentu. Walaupun nanti ada vaksin, walaupun nanti ditemukan, belum tentu serta-merta Covid ini akan berakhir, dan kita juga tentunya harus mempersiapkan diri untuk jangka waktu yang sangat panjang karena belum ada satu pun ahli dan pakar yang bisa menentukan wabah ini akan berakhir.

S-2

Tampilkan Semua

Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Dr Peter Schoof : Jerman Belum Pernah Alami Dampak Sebesar Ini

Sabtu 12/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi virus korona belum ada tanda-tanda mereda. Malahan bencana ini tampaknya semakin parah. Banyak negara kewalahan menghadapinya. Namun, Republik Federal Jerman termasuk salah satu negara paling sukses menekan angka penularan dan...
Selengkapnya

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir Fokus Ketersediaan Vaksin dan Terapi Pengobatan

Sabtu 5/9/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri BUMN, Erick Thohir mendapatkan tugas baru dari Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Berdasarkan Perpres 82/2020, Erick Thohir memiliki tugas mengkoordinasikan...
Selengkapnya

Duta Besar Uni Eropa untuk Asean, Igor Driesmans : Bersama Mempromosikan Dunia yang Aman dan Berkelanjutan

Sabtu 29/8/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pendidikan menjadi salah satu fokus kemitraan. Melalui skema Erasmus+ International Credit Mobility setiap tahun lebih dari 1.000 dosen dan mahasiswa Asean studi ke Eropa. Sebaliknya, UE juga mendanai sekitar 1.000 dosen dan mahasiswa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta