Koran Jakarta | December 17 2017
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Likuiditas Global Ketat, RI Perlu Alternatif Pembiayaan

Sabtu 16/12/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Swasta mesti lebih didorong untuk ikut berpartisipasi dalam proyek infrastruktur. Bank Dunia ingatkan potensi kenaikan bunga utang dan keluarnya arus modal. Swasta mesti lebih didorong untuk ikut berpartisipasi dalam proyek infrastruktur. Bank Dunia ingatkan potensi kenaikan bunga utang dan keluarnya arus modal. JAKARTA - Sejumlah...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

KPK Kembali Tetapkan Mantan Bupati Nganjuk sebagai Tersangka

Sabtu 16/12/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan kembali Bupati Ngajuk nonaktif, Taufiqurrahman, sebagai tersangka. Kali ini, Taufiq ditetapkan sebagai tersangka penerima gratifikasi. Taufiq diduga menerima gratifikasi sebesar dua miliar rupiah dari dua rekanan kontraktor di lingkungan Kabupaten Nganjuk.

Dari jumlah itu, sebesar satu miliar rupiah diduga terkait proyek infrastruktur tahun 2015. “Perkembangan penanganan perkara di Jawa Timur di proses penyidikan. KPK menetapkan TFR, Bupati Nganjuk periode 2013–2018 sebagai tersangka,” ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Gedung KPK Jakarta, Jumat (15/12).

Sebelumnya, Taufiq juga telah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima suap sebesar 298 juta rupiah terkait jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Taufiq ditangkap seusai menerima uang di salah satu hotel di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (25/10).

KPK menduga uang 298 juta rupiah yang diserahkan melalui Kepala Bagian Umum RSUD Nganjuk, Mokhammad Bisri, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk, Harjanto, berasal dari banyak pihak. Terkait penetapan tersangka terhadap orang nomor satu di Kabupaten Nganjuk tersebut, KPK menemukan bukti permulaan yang cukup.

Febri mengatakan Taufiqurrahman diduga menerima gratifikasi sekurang-kurangnya sebesar dua miliar rupiah dari dua rekanan kontraktor di Nganjuk. “Masing-masing satu miliar terkait pembangunan infrastruktur di Nganjuk tahun 2015 dan diduga menerima pemberian lain terkait mutasi, promosi jabatan di Kabupaten Nganjuk sebelumnya, dan juga di proyek Kabupaten Nganjuk periode 2016–2017,” papar Febri.

Dalam kasus ini, KPK telah menyita dua unit kendaraan. Pertama, satu unit Jeep Wrang_ler tahun 2012. Kemudian, satu unit mobil Smart Fortwo warna abu-abu.

 

Cekal Lima Orang

 

Terkait kasus gratifikasi yang melibatkan Taufiqurrahman itu, KPK mencegah lima orang untuk tidak bepergian ke luar negeri. “Untuk kepentingan pemeriksaan, KPK telah meminta pencegahan ke luar negeri sejak 27 Oktober 2017-27 April 2018,” ujar Febri.

Mereka yang dicegah yakni, istri Taufiq, Ita Triwibawati, dan Nurrosyid Hussein Hidayat selaku PNS bagian protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Nganjuk. Nurrosyid adalah ajudan Taufiq.

Selain itu, Achmad Afif alias Didik yang merupakan pihak swasta, Syaiful Anam yang merupakan Kepala Desa Sidoarjo. Kemudian, pegawai Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Sekar Fatmadani. 

 

mza/P-4

Tampilkan Semua

Penelitian Wolbachia Masuki Tahap Pemantauan

Sabtu 16/12/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
YOGYAKARTA – Proyek penelitian Eliminate Dengeu Project (EDP) di Yogyakarta telah memasuki tahap menjelang final atau tahap pemantauan hasil seusai dilepaskannya nyamuk ber-Wolbachia di Kota Yogyakarta. Pekan ini, 8.000 ribu ember...
Selengkapnya

Siswa Indonesia Raih Emas di IJSO Belanda

Sabtu 16/12/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
TANGERANG - Pelajar Indonesia kembali menuai prestasi berkelas internasional, yakni membawa dua emas dan tiga perak pada ajang pertandingan bidang sains untuk kelompok usia SMP “International Junior Science Olympiad (IJSO), di...
Selengkapnya

Jaksa Jangan Gadaikan Idealisme

Sabtu 16/12/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Jaksa Agung HM Prasetyo mengingatkan jajarannya jangan menggadaikan idealisme dalam melaksanakan tugas penegakan hukum. Jika idealisme tergadaikan maka pertaruhannya tidak hanya menyangkut nama baik dan integritas diri sendiri,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

PAN Dukung Sudirman Said di Pilkada Jateng

Jumat 15/12/2017 | 07:29
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Sekretaris Fraksi PAN di DPR, Yandri Susanto mengatakan, PAN mendukung mantan Menteri ESDM Kabinet Kerja, Sudirman Said sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2018. ”Kita (PAN) memang minta pada Sudirman Said untuk melakukan konsolidasi silaturhmi pada rakyat Jateng utnuk memyampaikan niat baik pak Sudirman Said untuk bersama-sama membangun Jateng yang lebih baik,” ujar Yandri, di Ruang Rapat Fraksi PAN, Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis (13/12).

Sikap PAN mendukung Sudirman Said sebagai cagub Jateng 2018 akan ditetapkan dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil), 16 Desember 2017 di Gerobokan, Jateng, dan akan dihadiri kader PAN se-Jateng, menyatukan sikap menggalang dukungan terhadap Sudirman Said. Terkait Pilgub Jawa Barat (Jabar), Ketua DPP PAN mengungkapkan, dengan munculnya Letjen (Purn) Sudrajat sebagai cagub Jabar yang diusung Partai Gerindra, PAN melihat ada ada kesamaan visi dari tiga partai, PAN, PKS dan Gerindra dalam mendukung Sudrajat. Hanya kecenderungan tersebut masih harus dikomunikasikan secara lebih dalam. rag/AR-3

Tampilkan Semua

MK Tegaskan Teman Sekantor Boleh Terikat Perkawinan

Jumat 15/12/2017 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
Aturan yang melarang pekerja dalam satu perusahaan terikat perkawinan dinilai bertentangan dengan UUD 1945. MK tegaskan teman sekantor boleh terikat dalam perkawinan. JAKARTA - Amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menegaskan bahwa...
Selengkapnya

Panglima TNI Akan Segera Melaporkan Nama Kasau

Jumat 15/12/2017 | 06:41
A   A   A   Pengaturan Font
BOGOR – Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan melaporkan kepada Presiden Joko Widodo terkait pengganti dirinya sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) yang baru karena saat ini sudah ditunjuk menjadi Panglima TNI. “Terkait...
Selengkapnya

Cerita Mendagri tentang Amplop Dibalik Lumpia

Jumat 15/12/2017 | 06:26
A   A   A   Pengaturan Font
Dalam setiap kesempatan berkunjung ke daerah, atau menghadiri sebuah acara, entah itu seminar, atau rapat koordinasi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tak pernah bosan mengingatkan tentang pentingnya memahami area rawan korupsi. Saat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Google Bantu NASA Temukan Dua Planet Baru

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SAN FRANCISCO - Google diwartakan telah membantu Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membuat analisis komputer canggih guna mengidentifikasi dua planet baru di sekitar bintang-bintang jauh, termasuk sebuah planet yang merupakan bagian dari sistem tata surya dengan banyak planet yang mirip dengan tata surya Bumi.

Penelitian oleh Google dan University of Texas di Austin, Amerika Serikat (AS), yang menggunakan data dari NASA untuk meningkatkan temuan baru di alam semesta dengan memberi masukan data ke dalam program komputer yang dapat menghasilkan informasi lebih cepat dan lebih mendalam ketimbang secara manual, yang dikenal dalam teknik sebagai pembelajaran mesin.

“Dalam kasus ini, perangkat lunak mempelajari perbedaan antara planet dan objek lainnya dengan menganalisis ribuan titik data, mencapai akurasi 96 persen,” demikian pernyataan NASA pada sebuah konferensi pers, Kamis (14/12).

Data tersebut berasal dari teleskop Kepler yang diluncurkan NASA ke luar angkasa pada 2009 sebagai bagian dari misi pencarian planet yang diperkirakan akan berakhir tahun depan, karena pesawat ruang angkasa tersebut kehabisan bahan bakar.

Perangkat lunak berupa “jaringan saraf tiruan” dihubungkan melalui data sekitar 670 bintang, berhasil menemukan Planet Kepler 80g dan Kepler 90i. Dua objek luar angkasa itu merupakan sebuah massa berbatu yang gersang, berukuran 30 persen lebih besar dari Bumi, dan merupakan planet ke delapan yang ditemukan mengorbit pada bintang yang sama. Para astronom belum pernah melihat jaringan delapan planet di samping tata surya yang meliputi Bumi.

“Sementara penerapan jaringan saraf untuk data Kepler mendekati akhir, tak ada yang mengetahui tentang apa yang mungkin ditemukan,” ujar Jessie Dotson, ilmuwan proyek NASA untuk teleskop luar angkasa Kepler. “Saya sangat antusias menantikannya,” ujarnya.

Christopher Shallue, seorang peneliti kecerdasan buatan di Google, dan Andrew Vanderburg, seorang astronom University of Texas di Austin, mengatakan bahwa mereka berencana untuk melanjutkan pekerjaan mereka dengan menganalisis data Kepler pada lebih dari 150 ribu bintang lainnya.

Teknik Baru

Kemajuan dalam perangkat keras dan teknik baru pada pembelajaran mesin telah memungkinkan perangkat lunak otomatis menangani analisis data di bidang sains, keuangan dan industri lainnya dalam beberapa tahun terakhir.

Pembelajaran mesin belum diterapkan pada data yang diperoleh oleh teleskop Kepler hingga Shallue mengemukakan gagasan tersebut, katanya.

“Saat waktu luang, saya memulai mencari lewat Google untuk menemukan planet diluar tata surya dengan kumpulan data yang besar, dan mengetahui tentang misi Kepler serta kumpulan data yang besar tersedia,” ujar Shallue.

“Mesin pembelajar benar-benar bermanfaat dalam situasi di mana ada begitu banyak data sehingga manusia tidak dapat mencarinya sendiri,” pungkas dia.  Ant/Rtr/I-1

Tampilkan Semua

Eks Menkeu Russia Divonis 8 Tahun Penjara

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MOSKWA – Pengadilan Russia menjatuhkan vonis hukuman penjara selama delapan tahun terhadap mantan Menteri Ekonomi Alexei Ulyukayev pada Jumat (15/12) karena terbukti telah menerima suap. Putusan ini lebih ringan dari yang diajukan...
Selengkapnya

Tiongkok dan Korsel Pulihkan Kerja Sama Bilateral

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL – Juru bicara Kepresidenan Korea Selatan (Korsel), Yoon Young-chan, pada Jumat (15/12) mengatakan proyek kerja sama Tiongkok-Korsel akan dilanjutkan setelah hubungan bilateral kedua negara pulih. Pernyataan Yoon itu diumumkan...
Selengkapnya

Mahathir Sebut Trump Penjahat

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, melontarkan kecaman amat pedas kepada Presiden AS, Donald Trump, terkait pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Mahathir menyebut Trump sebagai “penjahat” dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

BPS Telat Mendata “E-Commerce”

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dari data kenaikan pembelian dalam Harbolnas tiap tahun menunjukkan perubahan kanal belanja, bukan penurunan daya beli. Namun, hal itu tidak tertangkap oleh teknik pengumpulan data BPS sehingga winners and losers tidak tertangkap dalam data konvensional.

JAKARTA – Rencana Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan perekaman data para pelaku perdagangan secara elektronik atau e-commerce dianggap terlambat. Keterlambatan tersebut menyebabkan pergeseran di kanal distribusi barang tidak terekam dalam data konvensional.

Chief Economist PT Bank CIMB Niaga Tbk, Adrian Panggabean, di Jakarta, Jumat (15/12), mengatakan data belanja pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 2017 sebesar 4,6 triliun rupiah menunjukkan kenaikan signifikan dibanding dengan tahun lalu. Harlbolnas tahun ini digelar selama 11–13 Desember lalu.

Seperti diketahui, nilai belanja online selama Harbolnas dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan tren kenaikan. Pada Harbolnas tahun lalu, belanja tercatat sebesar 3,3 triliun rupiah, sedangkan pada tahun 2015 tercatat sebesar 2,1 triliun rupiah.

“Dari data tersebut menunjukkan yang terjadi bukan penurunan daya beli, tetapi perubahan kanal belanja, sayangnya ini tidak tertangkap oleh teknik pengumpulan data oleh BPS, sehingga winners and losers tidak tertangkap dalam data konvensional, ” kata Adrian.

Dalam kesempatan terpisah, Pelaksana Tugas, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Bambang Adi Winarso, mengatakan pemerintah terus mendorong pengembangan ekonomi digital melalui e-commerce. Wujud keseriusan itu dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 74 Tahun 2017 tentang Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map e-commerce) 2017–2019.

Sebagai upaya mendorong pertumbuhan e-commerce Indonesia, Perpres tersebut mengamanatkan adanya dukungan berupa kebijakan, program, fasilitasi dan insentif oleh kementerian/lembaga terkait, yang dirumuskan dan diimplementasikan dengan berkolaborasi bersama para pelaku usaha (asosiasi).

Pemerintah, jelas Adi, memerlukan basis data akurat agar kebijakan dan dukungan yang diberikan tepat sasaran. Meski tidak dipungkiri, sampai saat ini belum tersedia data e-commerce yang dapat dijadikan acuan bersama.

“Data e-commerce ini sangat penting, tapi selama ini tidak jelas siapa yang me-record (merekam) dan apa yang di-record,” ujar Adi saat membuka Sosialisasi Pengumpulan Data E-commerce, di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut, Adi mengharapkan perkembangan e-commerce dapat memberikan manfaat kepada banyak kalangan. “E-commerce ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pelaku usaha lokal dan bukan hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar, sehingga pemetaan mengenai kondisi dan potensi UMKM online juga diperlukan,” ucapnya.

Kerahasiaan Dijamin

Kepala Badan Pusat Statistik, Kecuk Suhariyanto, memaparkan pengumpulan data e-commerce sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Dia menjamin data yang disampaikan responden dijamin kerahasiaannya oleh penyelenggara, dalam hal ini adalah BPS. Adapun data yang akan dipublikasikan akan berupa data agregat.

“Data-data yang nanti diserahkan ke BPS akan dijamin kerahasiaannya. Selain itu, BPS juga tidak akan mengeluarkan data individu dari konsumen data,” tutur Kecuk.

Sementara itu, terkait pelaksanaan pengumpulan data e-commerce akan dilakukan pada Januari 2018. Pemilihan waktu ini didasari agar nilai transaksi Harbolnas 2017 dapat terdata. Data yang ada akan dikumpulkan, diolah, dan dianalisa langsung oleh BPS.  bud/E-10

Tampilkan Semua

Nam Air Buka Rute Bandung-Pangkal Pinang

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG – Sriwijaya Air Group terus memperkuat pangsa pasar di industri penerbangan nasional. Kali ini, Sriwijaya Group melalui anak perusahaannya, Nam Air membuka rute baru jurusan Bandung – Pangkal Pinang (Kepulauan Bangka...
Selengkapnya

Pertamina Tambah Stok BBM dan LPG

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyiapkan sejumlah upaya pengamanan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) selama masa libur Natal 2017 hingga Tahun Baru 2018. Hal itu demi memastikan kelancaran pasokan ke...
Selengkapnya

Sleman Bidik 7 Juta Wisatawan Tahun Ini

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
YOGYAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman optimistis mampu mencapai target tujuh juta kunjungan wisatawan hingga akhir tahun ini. Terlebih lagi, adanya momentum libur panjang akhir tahun ini. Dinas Pariwisata Kabupaten...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pengadaan Tanah Tol Balikpapan-Samarinda Rampung

Senin 11/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Proyek jalan tol Balikpapan- Samarinda yang masuk ke dalam daftar 37 proyek prioritas nasional terus dikebut pengerjaannya. Salah satunya dengan merampungkan pengadaan tanah pada Desember 2017 yang selama ini menjadi rintangan.

Direktur Sektor Jalan dan Jembatan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Max Antameng optimistis jalan tol pertama di Kalimantan itu akan rampung pada akhir 2018 sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Dia mengakui masalah yang ada dalam setiap pembangunan jalan tol di Indonesia yakni pembebasan lahan dan isu konstruksi. Untuk kontruksi, Max tidak meragukan kapastitas PT Jasa Marga membangun jalan tol.

Sedangkan isu pembabasan lahan (sosial) yang selama ini menjadi kendala terbesar dalam setiap pembangunan jalan tol sudah menunjukan kemajuan siginifikan di proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda.

“Kalau lahan sudah bebas, konstruksi hanya tinggal persoalan waktu” ujar Max dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, pekan lalu. bud/E-10

Tampilkan Semua

Pemkab Terus Cari Solusi Atasi Banjir di Bandung

Senin 27/11/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebanyak tiga kecamatan di Kabupaten Bandung selalu banjir setiap kali datang musim hujan, yaitu Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang. Banjir di ka­wasan ini seolah sulit dihilang­kan meski sudah banyak upaya dilakukan. Upaya...
Selengkapnya

Semarang Gratiskan Siswa Tak Mampu di Sekolah Swasta

Senin 20/11/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah Kota (Pem­kot) Semarang, Jawa Tengah, menempatkan sektor pendidikan dan kese­hatan menjadi program priori­tas utama. Hal itu diwujudkan dengan menggratiskan biaya pengobatan dan biaya sekolah bagi warga Kota...
Selengkapnya

UGM Bantu Buton Selatan Kembangkan Jambu Mete

Senin 13/11/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kabupaten Buton Se­latan, Sulawesi Teng­gara (Sultra), selama ini dikenal sebagai “Negeri 1001 Pesona Misteri”. Sebutan itu mengemuka karena Buton Selatan memiliki beberapa destinasi wisata yang mister­inya sampai...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Desain Kebebasan Untuk Milenial

Jumat 15/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kebebasan dan identitas menjadi konsep desain untuk memenuhi selera para milenial. Jiwa generasi Y yang membutuhkan ruang ekspresi terkesan sedikit menabrak aturan jika dibandingkan generasi sebelumnya. Itulah para milenial, mereka secara perlahan ikut andil dalam konsep desain interior maupun arsitektur. Generasi yang diperkirakan lahir setelah 1980 an mulai memasuki ruang desain, salah satunya desain tempat tinggal. Rumah maupun apartemen menjadi bagian personal termasuk dengan sentuhan desainnya.

Cosmas Gozali, arsitek mengatakan para milenial akan mengisi dunia dalam jumlah hampir setengahnya, 50 sampai 60 persen. Jumlah penduduk yang tidak secara tidak akan berpengaruh pada arsitektur. “Maka kita harus lihat apa kebutuhan mereka, apa yang mereka inginkan,” ujar dia yang dijumpai di Jakarta, Selasa (5/12).

Salah satunya cara berpikir yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Jika dahulu, hubungan orang tua dan anak semacam memiliki hirarki yang berjarak saat ini lebih menggunakan pendekatan pertemanan.

Dari pengamatan arsitek yang senang dengan interior berwarna putih ini. Para milenial menginginkan sebuah kebebasan. Hal tersebut terjadi, karena mereka hidup tergantung sepenuhnya dengan teknologi. Perangkat tersebut memberikan efek keseragaman, terlihat ketika sebuah merek telepon seluler dilaunching selalu ada antrian panjang pembeli.

Dari gejala tersebut, Cosmas menilai bahwa para milenial menginginkan sebuah kebebasan sebagai wujud identitas. “Jadi bentukbentuknya (arsitek) akan berubah dan sangat bebas,” ujar dia. Jika sebelumnya, bentuk-bentuk interior lebih simeteris maka saat ini akan berkembang bentuk-bentuk asimetris.

Sebagai contoh, jika dulu kusen jedela harus rata satu sama lain karena tuntutan norma atau hukumhukum tertentu, saat ini kusen jendela dapat dipasang dalam ukuran yang berbeda. “It’s free, yang penting sinar tetap masuk dan orang mau lihat (ke luar jendela) tetap bisa, a lot of freedom,” ujar dia bersemangat.

Dalam arsitektur, bentukbentuk ruang tidak selama berbentuk kotak sebagaimana yang dikenal selama ini. Ruang akan memiliki beragam bentuk, seperti segi enam sampai jajaran genjang. Sentuhan alami menjadi bagian yang tidak terpisahkan meskipun barang pabrikasi terus memenuhi pasaran. Konsep alami akan terwujud melalui olahan teknologi. din/E-6

Tampilkan Semua

Pasir Bercampur Akar masih Primadona Konstruksi

Jumat 15/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pasir yang mengandung impuritis organik (sisa akar-akaran) masih menjadi primadona untuk pembuatan beton bangunan tinggi. Pasir menjadi campuran semen dan air sebagai bahan pembuatan beton. Untuk mendapatkan beton berkualitas, komposisi...
Selengkapnya

Prospek Hunian Vertikal Masih Menarik

Jumat 15/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Industri properti Indonesia pada tahun 2017 mengalami dinamika yang begitu bewarna. Meski demikian, peluang pasar masih cukup terbuka lebar untuk bisnis properti ini. Terbukti, pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) perbankan nasional...
Selengkapnya

Akses Rumah bagi MBR Diperluas

Selasa 12/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meningkatkan akses bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar bisa memiliki rumah layak huni dengan harga terjangkau melalui berbagai bentuk subsidi. Salah satu...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Virus Keok dengan “Deep Learning”

Kamis 14/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sistem keamanan data internet terus melakukan inovasi untuk mencegah dari kebobolan. Salah satu teknologi untuk menjaga sari serangan malware paling gress adalah dengan meminjam kemampuan deep learning.

Deep learning adalah cabang pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan yang memanfaatkan jaringan syaraf buatan untuk membangun model yang melakukan prediksi dengan kecepatan, skala, dan penilaian yang melebihi kemampuan manusia.

Teknologi keamanan berbasis deep learning milik Invincea yang sudah diambil Sophos mampu mendeksi serangan malware. Melalui Intercept X Early Access Program, Sophos menambahkan fungsi deep learning untuk mendeteksi malware.

Deep learning yang ada pada produk Sophos Intercept X dapat menghentikan hingga ke titik zero-day malware. Caranya dengan memblokir semua teknik eksploitasi yang dikenali dan mencakup fitur anti-ransomware canggih yang dapat menghentikan beragam jenis ransomware baik yang diketahui maupun tidak diketahui hanya dalam hitungan detik. 

Sophos Intercept X dikerahkan melalui platform manajemen cloud-based Sophos Central. Produk ini dapat diinstalasi bersama-sama dengan perangkat lunak keamanan endpoint dari vendor manapun, sehingga dapat dengan cepat meningkatkan perlindungan endpointdengan menghentikan kode berbahaya sebelum kode tersebut menimbulkan kerugian.

Jaringan saraf dalam Intercept X dilatih menggunakan ratusan juta sampel untuk mendeteksi file berbahaya, mungkin berbahaya, maupun yang tidak berbahaya. Deep learning lebih efektif daripada pendekatan pembelajaran mesin tradisional karena rangkaian skala latihan yang dilakukan lebih besar, modelnya lebih kecil, dan kemampuan deteksi yang lebih efektif.

"Keefektifan Intercept X terbukti dengan perlindungan yang diberikan untuk pelanggannya secara proaktif selama merebaknya wabah WannaCry, dan sekarang kami bisa melakukan deteksi zero-day malwarepada tingkat selanjutnya,"jelas, General Manager dan Senior Vice President dari kelompok Enduser dan Network Security di Sophos Dan Schiappa Rabu (6/12).

Deep learning diklaim lebih canggih daripada pembelajaran mesin konvensional. Pada  sistem deep learning Sophos dapat mencapai ratusan juta contoh pelatihan, yang berarti teknologi kita dapat 'menghafal' pemetaan ancaman sebagai bagian dari proses pelatihannya.

Secara dramatis pemetaan tersebut dapat meningkatkan hasil deteksi untuk jenis malware baru dan unik tanpa adanya false-positive yang biasanya dihasilkan produk lain. Inilah langkah selanjutnya dalam penerapan teknik deep learning di seluruh portofolio Sophos.

“Pelanggan kami yang masuk dalam early adopter telah menggunakan pendeteksian yang disempurnakan ini, dan sekarang kami memperluas akses ke teknologi ini melalui Intercept X Early Access Program, " jelas Schiappa. hay/E-6

Tampilkan Semua

AI Jadikan Laptop Cerdas dan Interaktif

Kamis 14/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi kecerdasan buatan (AI) kini sepertinya menjadi fitur wajib dalam perangkat PC maupun perangkat mobile. Salah satu PC terbaru yang menggunakan teknologi AI adalah Lenovo Yoga 920, sehingga mampu meningkatkan hubungan antara...
Selengkapnya

Hindari Risiko dengan Hosting Email Lokal

Kamis 14/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Surel (surat elektronik) dengan gratis dari hosting asing memiliki risiko spam, phising dan pencurian informasi. Demi menjaga keamanan pengguna bisa menggunakan domain id yang servernya berada di dalam negeri. Di era digital...
Selengkapnya

Cara Berbelanja Aman saat Harbolnas

Selasa 12/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Hari ini, Selasa 12 Desember, dimulai Harbolnas singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Situs belanja online beramai-ramai menawarkan harga menarik kepada konsumen untuk mendapatkan transaksi. Untuk memastikan keamanan Sophos,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Mobil Rendah Karbon dari Mitsubishi

Rabu 13/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pengembangan mobil listrik di Indonesia telah didukung oleh komitmen para produsen kendaraan untuk mengembangkan mobil ramah lingkugan ini. Mitsubishi Motors Corporation (MMC) bahkan mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman dengan pemerintah Indonesia terkait pengembangan, penggunaan dan ketersediaan kendaraan listrik di Indonesia. Chief Executive Oficer Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko menuturkanMitsubishi Motors berkontribusi langsung terhadap transisi menuju era “ekonomi rendah karbon” (low carbon economy) di Indonesia dengan menyediakan 10 kendaraan listrik.

Jajaran 10 kendaraan listrik Mitsubishi diantaranya adalah SUV Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dan dua unit kendaraan listrik murni i-MiEV, serta empat unit pengisian daya (charging units) diberikan kepada Kementerian Perindustrian RI dan berbagai organisasi lainnya termasuk Universitas atau Perguruan Tinggi Nasional dan lembaga penelitian.

Hal itu dilakukan Mitsubishi guna mendukung langkah Pemerintah Indonesia yang tengah mendorong pengembangan kendaraan listrik sebagai bagian dari strategi untuk mengurangi emisi CO2. Langkah yang akan diambil pemerintah adalah eksplorasi berbagai kebijakan baru dan program insentif guna mendorong penggunaan kendaraan listrik bagi pengemudi dan produsen.

Selanjutnya pemerintah Indonesia dan Mitsubishi Motors Corporation juga akan melakukan studi bersama untuk menguji efisiensi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Nota kesepahaman dinilai merupakan bentuk kepercayaan Pemerintah Indonesia kepada teknologi listrik Mitsubishi Motors. “Pengumuman ini sekaligus menunjukan pentingnya Indonesia bagi Mitsubishi Motors dalam rencana pertumbuhan di masa depan,” kata Chief Executive Oficer Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko, belum lama ini.

“Kami senang dapat berperan dalam membantu mengurangi emisi di Indonesia dan mendukung transisi ke era ekonomi rendah karbon,” tambah Osamu Masuko. Nota kesepahaman ini menunjukan komitmen jangka panjang Mitsubishi Motors di Indonesia. Perusahaan yang masuk ke pasar Indonesia sejak 46 tahun lalu itu telah membuka pabrik perakitan baru kendaraan penumpang di Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik tersebut menyediakan lebih dari 3.000 pekerjaan dengan kapasitas produksi maksimum saat ini hingga 160.000 kendaraan per tahun. Pembukaan pabrik perakitan di Bekasi menunjukan bahwa Indonesia telah menjadi pusat produksi utama Mitsubishi Motors, sekaligus menjadi pusat kegiatan seluruh kawasan Asia Tenggara. hay/E-6

Tampilkan Semua

MPV Mobilio Irit Bahan Bakar

Rabu 13/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Konsumsin model MPV Honda Mobilio sanggup mencapai titik efisiensi tinggi. Pada iven Honda Mobilio, Battle of Efficiency, dengan rute Sunter menuju Sentul City, Bogor, pada 9 Desember 2017, Indra Rizky dari komunitas Mobility chapter...
Selengkapnya

Kompetisi Teknologi Skutik Bongsor

Rabu 13/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keberadaan skutik bongsor dengan harga yang terjangkau membuat pasar pengguna motor ini semakin meluas. Model terbaru bahkan akan menawarkan mesin hibrida, sehingga dipastikan bakal menarik konsumen baru. Dua pabrikan sama-sama...
Selengkapnya

IHSG Berpotensi Naik

Rabu 6/12/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak naik pada perdagangan Rabu (6/12). IHSG diperkirakan akan melaju pada pergerakan 5.942-6.099. Vice President Research PT Indosurya Sekuritas, William Surya...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Inkanas Datangkan Pelatih dari Jepang untuk Asian Games

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) berencana mendatangkan pelatih asal Jepang demi meningkatkan kemampuan atlet Indonesia terutama untuk menghadapi kejuaraan internasional yang diantaranya Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Ketua Umum Inkanas, Badrodin Haiti, mengatakan rencana pelatih asal Negeri Matahari Terbit tersebut bahkan sudah disampaikan langsung kepada Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii.

“Jepang selalu mensupport Indonesia dan Kepolisian melalui Badan Kerja sama Internasional Jepang atau yang lebih sering dikenal sebagai JICA (Japan Internasional Cooperation Agency) dan diharapkan kedepannya dapat juga memberikan dukungan terhadap prestasi olahraga Karate di Indonesia,” katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, kemarin.

Mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) ini menjelaskan jika cabang karate merupakan cabang olahraga yang memiliki persaingan yang ketat. Meski demikian, peluang untuk meraih prestasi terbaik bagi atlet Indonesia memang terbuka.

Cabang karate, kata dia, saat ini sedang naik daun karena bakal dipertandingkan pada Olimpiade Tokyo 2020. Ini adalah untuk pertama kalinya dipertandingkan pada kejuaraan multi event terbesar di dunia itu. “Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi Karate di Indonesia dan mempererat hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia yang tahun depan mencapai usia yang ke 60 tahun,” kata Badrodin Haiti.

Sesuai dengan rencana, tim karate asal Jepang akan hadir di Indonesia berikut dengan sang pelatih Masao Kagawa. Selain itu tim juga didampingi oleh President Asia Karate Federation Chang Kuang Huei, Vice President Japan Karate-Do Federation Shigeo Kurihara.

Humas PB Inkanas Ricky Muchtar, mengatakan Tim Karate Jepang akan berkunjung ke Bandung untuk mengikuti Indonesia Karate Shoto Open Tournament and Seminar di Sasana Budaya Ganesha, 15-17 Desember. ion/Ant/S-2

Tampilkan Semua

DKI Juarai Kejurnas Polo Air Putra

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Tim DKI Jakarta akhirnya menjadi jawara polo air putra Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang juga merupakan turnamen uji coba atau “test event” Asian Games 2018 bertajuk CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship...
Selengkapnya

Triadi Tambah Emas di “Test Event” Asian Games

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Perenang nasional dari klub ESC Bandung, Triadi Fauzi, berhasil menambah medali emas dalam turnamen uji coba (test event) Asian Games 2018 bertajuk CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 setelah merajai nomor 100...
Selengkapnya

Siliwangi Kembali Takluk

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Siliwangi Bandung belum mencatatkan kemenangan dalam tiga laga yang sudah dilewatinya di Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018 setelah kalah 63-75 dari Bima Perkasa Jogja pada pertandingan seri II di Bandung,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Selingkuhan, Motor dan Istri

Sabtu 16/12/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Biasanya kita senyum-senyum karena meme. Tentang merayu air agar naik mentalnya sehingga tidak menjadi banjir. Atau pekerja kebersihan yang mendadak menjadi rajin karena dibisiki: perlu dipanggilkan Ahok? Atau jenis kisah fiktif lainnya. Kisah yang bukan sebenarnya, kejadian itu direkayasa sedemikian rupa, sehingga menonjolkan kekontrasan. Di situlah daya tariknya.

Yang saya tulisan sebagai bacaan menjelang akhir tahun ini, bukan cerita karangan. Melainkan kisah nyata, diberitakan secara resmi, lengkap dengan nama, alamat, dan saksi-saksi dari aparat kepolisian. Kalau disinetronkan, bisa dijuduli: Kisah Nyata: Selingkuhan, Motor, dan Istri. Tokoh pertama bernama Fauziah Hidayati, 25 tahun, dijuluki selingkuhan, karena selama ini pacaran dengan pria bernama Sus, 35 tahun. Tokoh kedua adalah benda berupa motor Honda Beat, dengan nopol AB….XY. Ini untuk mempertegas bahwa motor di daerah Yogya ini memang benar-benar ada. Sus meminjam motor tersebut, selain untuk keperluan juga untuk digandakan kuncinya. Sehingga pada kesempatan lain di bulan Desember “kelabu” ini, motor itu dicuri oleh Sus. Sampai di sini persoalannya masih biasa. Banyak pasangan, atau selingkuhan, atau yang pacaran main curi-curian, terutama uang atau telepon genggam.

Yang membedakan dengan kisah selingkuhan lainnya adalah Sus menjual motor itu ke… istrinya. Istri Sus sudah pisang ranjang dengan suaminya, namun agaknya belum pisah kenangan. Mereka memiliki dua anak, dan memiliki hal-hal yang belum selesai. Termasuk berbuat baik: saling tolong-menolong. Sus menawarkan motor dengan harga dua juta rupiah. Sang Istri curiga karena harganya terlalu murah. Sus memberikan alasan yang mudah diterima: motor itu hasil tarikan dari penagih utang. Sampai di sini semuanya aman. Tidak dijelaskan apakah dengan duit dua juta rupiah itu juga digunakan oleh Sus untuk mentraktir Fauziah—sang pemilik motor.

Jalan cerita berubah ketika Fauziah bertemu Istri Sus yang sudah pisah ranjang. Mereka berdua kenal, karena sama-sama kenal sama Sus. Mereka berdua mengobrol soal persoalan hidup dan peristiwa keseharian. (Kadang saya berpikir apakah kedua perempuan itu juga saling bercerita di mana hebatnya, atau tidak hebatnya lelaki bernama Sus ini). Dari obrolan semi curhat inilah, Fauziah bercerita motornya hilang. Dan Istri Sus bercerita baru beli motor. Ketika ditilik, nomor yang terlihat berbeda. Namun ternyata plat nomor yang lama masih ada. Dan itulah motor Fauziah.

Dan kemudian sekali, laporan kehilangan, dan penipuan berlanjut ke kepolisian, dan Sus ditangkap. Istri Sus juga membela diri karena tak ingin ditersangkakan sebagai penadah.

Kisah yang berlokasi di Sleman, Yogya, ini sebenarnya bisa menjadi kisah romantik-komedis. Kalau saja tidak berbau kriminal. Betapa sempitnya dunia, dan lebih sempit lagi jalan pikiran Sus. Yang mengakali selingkuhannya, juga istrinya, padahal keduanya ada kemungkinan bertemu. Atau karena Sus merasa aman karena selama ini telah melakukan tipu-tipu.

Yang mana pun, atau alasan apa pun, justru bisa menambah haru, lucu, juga senyum. Senyum-senyum maklum, senyum tak sekadar di kulum, karena di jagat pemberitaan masih ada berita yang sepenuhnya menghibur. Bukan menghibur terpaksa karena mencoba atau memainkan kebenaran.

Kasus yang menimpa Sus lebih apa adanya, lebih jujur, juga lebih terbuka. Dan karena kandungan humornya tinggi, kita bisa tersenyum mengenangnya tanpa murka atau marah. Mungkin juga karena, terutama lelaki, merasa bisa lebih licin dari Sus. Mungkin. n

Tampilkan Semua

Meramu Formula Baru dalam Bercerita

Sabtu 16/12/2017 | 05:13
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Kamu Sedang Membaca Tulisan IniPenulis : Eko TrionoPenerbit : BasabasiTerbit : Desember 2017Tebal : 220 halamanISBN : 978-602-6651-67-9 Belakangan “cerita eksperimental” sedang menjadi buah bibir di kalangan para...
Selengkapnya

Gencarkan Sosialisasi Imunisasi Difteri

Sabtu 16/12/2017 | 05:13
A   A   A   Pengaturan Font
Difteri menjadi salah satu penyakit yang mulai banyak ditemui di sejumlah daerah. Penyakit yang cukup berbahaya ini sangat mudah menular. Masyarakat pun harus mewaspadai penyebarannya. Apalagi tingkat penularannya sangat tinggi....
Selengkapnya

Mengamankan Produksi Pangan

Sabtu 16/12/2017 | 05:13
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh Deslina Zahra Nauli Belakangan , hampir setiap hari hujan mengguyur beberapa daerah. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan terjadi Desember 2017 hingga Februari 2018. Menurut Badan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Menjelajah Film-film Petualangan

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jelang Natal, dunia sinematografi juga bergegas menyuguhkan film-film yang bertema petualangan dan keluarga. Sayang sekali jika melewatkan film-film yang dikemas apik tersebut.

Musim panas adalah musimnya film-film keren tayang, berbeda dengan musim gugur atau musim dingin yang umumnya menayangkan film-film yang memenangkan penghargaan. Tapi dalam beberapa tahun belakangan ini, hal itu berubah. Malah, film-film yang mencetak hit tayang pada Febuari dan November, dan musim liburan menjadi waktu yang paling baik untuk para penikmat film.

Mendekati Natal dan tahun baru, banyak rumah produksi yang merilis film-film yang nantinya akan sukses untuk meraih Oscar sampai film dengan tema-tema keluarga.

Film ramah keluarga yang masuk bioskop adalah Ferdinand yang dibintangi pengisi suara John Cena dan Kate McKinnon. Film ini bercerita tentang banteng muda yang melarikan diri dari camp pelatihan Spanyol setelah ayahnya tidak pernah kembali dari sebuah show bersama seorang matador.

Ia kemudian diadopsi oleh seorang anak perempuan yang tinggal di peternakan. Namun hidupnya yang tenang berubah ketika ia dikembalikan ke pemiliknya. Dengan bantuan kawan kambingnya dan tiga landak, ia pun berusaha mencari jalannya untuk bebas sebelum berhadapan dengan El Primero, seorang petarung banteng yang tidak pernah kalah. Film ini mendapatkan rating 6.6 dari situs IMDB.

Selanjutnya ada pula film Bad Moms Christmas yang merupakan kelanjutan dari film Bad Moms. Masih diperankan aktris cantik Mila Kunis, Kristen Bell, dan Kathryn Hahn yang menceritakan tentang para ibu Ami, Kiki, dan Carla yang menghadapi tantangan bagi para ibu yaitu saat Natal tiba.

Menciptakan liburan yang sempurna untuk keluarga mereka tidaklah cukup berat bagi mereka, di saat yang bersamaan juga mereka kedatangan ibu mereka yang berkunjung. Film ini memang memiliki rating R karena dalam beberapa adegan memiliki unsur dewasa dan penggunaan bahasa yang ada di film pun tidak bagus untuk anak-anak.

Tidak ketinggalan, Disney juga menyiapkan film pendek untuk menyambut hari Natal yang merupakan spin-off dari film Frozen, Olaf’s Frozen Adventure. Film animasi berdurasi sekitar 20 menit ini menceritakan tentang Olaf si boneka salju yang ingin memberikan Ana dan Elsa kejutan mengenai tradisi Natal yang keluarga mereka tidak miliki. Olaf yang jenaka pastinya akan disukai anak-anak. Penayangan film Olaf’s Frozen Adventure sendiri untuk di Indonesia ditayangkan saat pemutaran film Disney Pixar lainnya, Coco sebagai film pembuka. gma/R-1

Film Wajib Tonton

Bertepatan dengan hari libur yang cukup panjang, Natal menjadi momen indah di mana seluruh keluarga besar dapat berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.

Menonton film sambil memakan popcorn atau meminum cokelat panas bersama keluarga terdengar menyenangkan bukan? Berikut film-film yang wajib Anda tonton saat Natal.

1. The Nativity Story

Rilis pada 2006, The Nativity Story menyuguhkan kisah yang super duper menarik. Sesuai judulnya, film ini menceritakan ketika Maria menerima wahyu dari Tuhan bahwa ia akan mengandung sang Juruselamat Manusia yaitu Yesus Kristus.

Cerita dimulai saat Malaikat Gabriel mendatangi perawan Maria yang akan menikah dengan Yusuf. Malaikat bernazar bahwa Maria akan mengandung seorang Juruselamat.

Kisah-kisah spiritual yang dialami Maria ketika mengandung dan melahirkan Yesus benar-benar menakjubkan dan menarik untuk ditonton.

2. The Ultimate Gift

Film yang disutradarai Michael O ini menyuguhkan segudang pesan moral dan amanat yang patut ditiru. Dalam film ini dikisahkan seorang anak bernama Jason yang menghabiskan hidupnya untuk kesenangan duniawi dan berfoya-berfoya.

Suatu hari, ia harus menerima kenyataan pahit bahwa kakeknya meninggal dunia. Namun sebelum meninggal kakeknya telah menyediakan warisan khusus untuk Jason. Tetapi, warisan itu tidak diberikan semena-mena. Jason harus melewati berbagai rintangan dan tantangan yang telah dicatat kakeknya sebelum meninggal.

Tantangan berisi sederet pelajaran hidup lengkap dengan hadiah-hadiah yang bersifat kekal. Mau tak mau Jason harus melakukan itu.

3. The Encounter

The Encounter menceritakan 3 orang asing dan sepasang suami istri yang akan bercerai. Mereka bertemu secara tidak sengaja ketika satu-satunya akses jalan mengalami kerusakan, sehingga mereka harus menunggu.

Mereka harus berteduh seraya beristirahat di restoran bernama ‘The Last Chance Diner‘. Nama restoran yang cukup mengerikan. Dalam restoran tersebut, mereka dilayani Jesus. Pada awalnya mereka tidak percaya kalau Jesus adalah Tuhan Yesus sendiri. Namun, anehnya pelayan bernama Jesus ini mengetahui setiap masalah dan latar belakang mereka bahkan sanggup melakukan mukjizat.

Singkat cerita akhirnya ada 4 orang yang percaya dan selamat serta satu orang yang tidak percaya harus mati karena kecelakaan. Intinya, The Encounter mengisahkan perjumpaan ajaib manusia dengan Yesus dalam kehidupan nyata. Film ini mengandung nilai iman yang inspiratif, seperti bagaimana respons kita ketika menghadapi masalah besar dan apakah kita tetap percaya akan rancangan-Nya yang sempurna.

4. God’s Not Dead 2

Film ini membuktikan bahwa Tuhan tidak pernah mati. Dikisahkan ada seorang guru bernama Grace, ia seorang Kristen yang taat. Suatu ketika, salah satu muridnya menanyakan hal yang berhubungan dengan kekristenan. Sebagai seorang guru, Grace menjawabnya dengan mengutip ayat Alkitab.

Tindakannya ini ternyata dipandang sebagai hal yang melanggar hukum oleh pihak sekolah dan pemerintah.

Orang yang kontra dengannya berpendapat bahwa Tuhan itu tidak ada, Tuhan itu mati. Grace harus melalui proses pengadilan untuk membuktikan bahwa Tuhan itu hidup. Bersama dengan seorang pengacara, Grace berjuang dan berdiri untuk menyatakan imannya bahwa Tuhan itu tidak mati. Akankah Grace dan pengacaranya berhasil membuktikan keberadaan Tuhan?

5. Letter to God

Film ini bercerita tentang perjuangan seorang anak berusia 8 tahun bernama Tayler Doherty yang mengidap kanker. Tayler divonis bahwa umurnya tidak akan lama lagi.

Namun keadaan ini tidak membuatnya menjadi pribadi yang lemah dan pesimis. Dia tetap percaya bahwa Tuhan sangat mengasihinya. Setiap hari ia menulis surat yang berisi harapan-harapan dan doa yang ditujukan kepada Tuhan.

Lalu ia mengirim surat tersebut melalui kantor pos. Tentu saja, hal ini membuat petugas kantor pos bernama Brady sangat bingung. Akhirnya, Brandy menyimpan setiap surat yang dibuat Tayler untuk Tuhan.

Singkat cerita, lewat surat-surat itulah hidup Brady dipulihkan bahkan hidup semua orang yang dekat dengan Tayler termasuk ibunya, kakaknya, neneknya, dan semua tetangganya.

Film ini sangat menginspirasi khususnya penderita kanker ataupun penyakit lainnya yang merasa putus asa. Iman dan optimisme yang ditunjukan Tayler membuktikan bahwa Tuhan lebih besar dari masalah yang ada. pur/R-1

Tampilkan Semua

Dikna Faradiba Pupuk Rasa Kepedulian Sosial

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tidak hanya cantik dan pintar, Dikna Faradiba ternyata juga memiliki sisi kepedulian sosial yang tinggi. Di tengah momen bahagianya merayakan hari ulang tahunnya yang ke-24, Puteri Pariwisata Indinesia 2015 ini menyempatkan diri...
Selengkapnya

Armand Maulana Mencari Penyanyi Spektakuler

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ajang percari bakat Indonesia Idol musim kesembilan 18 Desember ini kembali bergulir setelah vakum selama empat tahun. Armand Maulana menjadi salah satu juri kali ini bersama Maia Estianty, Bunga Citra Lestari, Judika, dan Ari Lasso....
Selengkapnya

Dustin Hoffman Kembali Dituduh Lakukan Pelecehan

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ada tiga perempuan lagi yang menuduh aktor pemenang Oscar Dustin Hoffman melakukan pelecehan seksual. Menurut publikasi Variety pada Kamis (14/12) waktu setempat, tuduhan itu menambah jumlah orang yang menuduhnya menjadi enam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Pantai Utara Jakarta untuk Publik

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Raperda yang akan disusun di era Anies-Sandi adalah raperda yang harus memihak kepada mereka yang hari ini justru tersingkirkan.

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies R Baswedan (Anies), mengatakan areal pantai di Jakarta Utara harus bisa dimanfaatkan untuk kepentingan publik semaksimal mungkin.

“Kita harus menyadari, Jakarta adalah Ibu Kota yang sangat strategis sehingga apa pun yang kita lakukan di pesisir pantai itu akan punya efek pada keamanan nasional, akan punya efek kepada stabilitas ekonomi, stabilitas politik,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (15/12).

Dia menjelaskan, menata pantai di Jakarta berbeda dengan sekadar menata kawasan pantai yang tidak ada pusat pemerintahan dan pusat perekonomian. “Ini pusat perekonomian Indonesia yang bisa dibilang sekarang ini Asia Tenggara pusatnya di kita. Karena itu, apa pun yang kita lakukan di tempat ini akan punya konsekuensi yang sangat besar,” kata Anies.

Ia mengatakan akan memastikan bahwa di dalam rancangan yang akan disusun, memperhitungkan bukan hanya Jakarta, tapi Ibu Kota. “Nilai strategisnya berbeda sekali antara sebuah kota dengan sebuah ibu kota, jadi pertimbangannya akan lebih banyak lagi,” kata Anies.

Menanggapi dampak dari banjir rob dan penderitaan nelayan selama hampir tiga tahun di wilayah Jakarta Utara karena ada reklamasi, ia mengatakan, “Banjir rob itu muncul makin hari makin tinggi. Bisa dibayangkan di satu sisi robnya tinggi, di sisi lain aliran air karena curah hujan itu tinggi. Ketemu tuh. dan di situ artinya penderitaan bagi rakyat yang berada di sekitar pesisir pantai,” kata Anies.

Cabur Raperda

Hal tersebut terkait dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencabut dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait reklamasi yaitu Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara (RTRKS Pantura) Jakarta dan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau - Pulau Kecil (RZWP3K).

“Itu sebabnya, raperda yang akan kami susun adalah raperda yang harus memihak kepada mereka yang hari ini justru tersingkirkan,” kata Anies.

Anies menjelaskan pencabutan kedua Raperda Reklamasi tersebut untuk dilakukan pengkajian ulang oleh Pemprov DKI. Saat ini, pihaknya tengah menyiapkan tim khusus guna meninjau isi Raperda Reklamasi.

“Kita perlu memperhatikan faktor sosiologis, ekonomi, geografis, dan faktor strategis global. Karena Jakarta ini Ibu Kota, yang pantai-pantainya memiliki nilai strategis secara nasional, bukan sekadar pantai,” ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (15/12).

Salah satu alasan utama DKI mencabut dua Raperda Reklamasi, lanjut Anies, adalah mengenai lingkungan dan keberlangsungan hidup masyarakat sekitar. Menurut dia, dalam menata sebuah kawasan harus menjunjung tinggi asas keadilan.

Dengan dicabutnya dua Raperda ini, Anies manegaskan pembahasan reklamasi di tahun 2018 tidak akan ada lagi. Anies berjanji akan membangun Ibu Kota yang dampaknya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat, terutama dalam memanfaatkan kawasan pantai Jakarta sesuai dengan janji pada saat masa kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI lalu.

“Apa pun yang dilakukan di pesisir pantai itu akan berdampak pada keamanan nasional, stabilitas ekonomi dan stabilitas politik,” terang dia.

Dua Raperda Eeklamasi yang ditarik Anies diajukan pada era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namum pembahasan itu tak kunjung selesai setelah Ketua Komisi D, Muhammad Sanusi, ditangkap KPK terkait kasus korupsi pembahasan raperda itu.  nis/P-5

Tampilkan Semua

Tindak Tegas Ormas “Sweeping” Perayaan Natal

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Mardiaz Kusni Dwihananto menyatakan akan menindak tegas kelompok maupun organisasi kemasyarakatan (ormas) yang sweeping terhadap umat yang merayakan Natal. “Apabila...
Selengkapnya

Gamelan Bali Bergema di Djakarta Warehouse Project 2017

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pagelaran Djakarta Warehouse Project (DWP) 2017 hari pertama yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (15/12) berlansung sukses. Festival musik dance terbesar di Indonesia ini menghadirkan sederet disc jockey (DJ) kenamaan...
Selengkapnya

Revitalisasi Lapangan Banteng Rampung Maret 2018

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan revitalisasi Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, harus selesai pada Maret 2018 atau sebelum perhelatan Asian Games berlangsung. “Perkembangan revitalisasi Lapangan Banteng...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

“Informasi Kesehatan Pejabat Boleh Diakses Publik”

Jumat 15/12/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Beberapa pejabat publik yang sedang terkena kasus hukum ada yang beralasan sakit ketika hendak diperiksa oleh aparat penyidik. Bahkan, ada pejabat yang seperti sengaja menyebarkan gambar sedang tergolek di rumah sakit beserta peralatan infus.

Malah, pihak terdekat pejabat itu mengabarkan yang bersangkutan sakit keras sehingga memerlukan perawatan intensif. Namun, ketika upaya hukum dilakukan hingga kemudian lolos dari jerat hukum, pejabat itu mendadak sehat dan kembali menjalankan tugasnya.

Informasi pejabat publik beralasan sakit ketika sedang menghadapi perkara hukum sepertinya bakal sering terjadi. Guna mengetahui tentang dasar hukum informasi kondisi kesehatan pejabat, Koran Jakarta mewawancarai Direktur Eksekutif Pusat Studi Keterbukaan Informasi (CFIS) dan mantan Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) RI, Abdulhamid Dipopramono. Berikut petikannya.

Bagaimana pendapat Anda tentang pejabat publik yang beralasan sakit ketika sedang menghadapi perkara hukum?

Memang, menurut Pasal 17 huruf h Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), informasi tentang kondisi maupun riwayat kesehatan fisik dan psikis sesorang merupakan informasi rahasia, yang artinya tidak boleh diketahui orang lain, apalagi oleh publik. Seperti halnya informasi tentang riwayat pendidikan dan kekayaan seseorang, juga merupakan informasi rahasia. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika yang bersangkutan adalah pejabat publik.

Berarti informasi kesehatan mantan ketua DPR yang sedang menghadapi perkara hukum bisa diketahui publik?

Ya, karena pada Pasal 18 angka 2 huruf b UU KIP dikatakan bahwa rahasia pribadi seperti tersebut pada Pasal 17 huruf h tersebut tidak berlaku untuk pejabat publik. Sedangkan kita ketahui bersama bahwa Setya Novanto adalah pejabat publik, karena dia ketua DPR. Oleh karenanya, informasi tentang kesehatan fisik dan psikis Setnov bukanlah suatu rahasia bagi publik. Oleh karenanya, jika ada anggota masyarakat yang meminta informasi tersebut harus diberikan secara baik, yaitu informasi yang benar-benar menunjukkan kondisi kesehatan yang bersangkutan, bukan informasi yang dimanipulasi atau bentuk kebohongan. Di dalam UU KIP dikatakan informasi yang diberikan harus benar, akurat, dan tidak menyesatkan. Artinya, bukan informasi bohong atau karangan.

Bagaimana jika ada yang meragukan informasi kesehatan pejabat publik? J

angankan penegak hukum, dalam hal ini KPK, yang harus mendapat informasi kesehatan Setnov yang benar, publik saja berhak mendapatkannya. Maka aparat penegak hukum sudah pasti harus diberi informasi yang sebenarbenarnya. Apabila KPK meragukannya, dia berhak menunjuk dokter lain yang menurutnya lebih bisa dipercaya untuk menggali kondisi sebenarnya dari Setnov.

Berarti informasi kesehatan semua pejabat juga bisa diketahui publik?

Keharusan informasi kesehatan pejabat publik boleh diakses publik tidak saja hanya berlaku untuk kasus penegakan hukum seperti kasus Setnov. Bahkan untuk kepentingan pilkada dalam waktu dekat ini, publik harus diberi akses untuk mengetahui kesehatan para calon gubernur, bupati, dan wali kota sebelum hari pemilihan. Hal ini untuk menghindari masyarakat memilih kucing dalam karung. Sebab sudah banyak terjadi bupati dan wali kota terpilih baru dilantik dalam hitungan bulan, tapi kemudian ditangkap polisi karena kasus narkoba atau korupsi. Jika sebelumnya penyelenggara pemilu (KPU) melakukan uji kesehatan dan informasinya dibuka ke masyarakat, niscaya masyarakat tidak akan memilih calon yang pecandu narkoba.

Apa bedanya dengan informasi kekayaan pejabat?

Demikian juga jika sejak awal para calon bisa diakses informasi tentang kekayaan dan riwayat perolehannya, niscaya masyarakat tidak akan memilih calon kepala daerah yang tidak jelas asal-usul kekayaannya dan bersumber dari hasil korupsi. Jadi, jika kaidahkaidah keterbukaan informasi publik seperti diatur dalam UU KIP tersebut dipatuhi maka akan bisa didapatkan para pejabat publik yang sehat baik dari sisi fisik dan psikis atau mental, maupun moralnya dalam mendapatkan kekayaan atau bukan koruptor. 

 

yoyok b pracahyo/AR-3

Tampilkan Semua

“Perempuan Ujung Tombak Keberhasilan Literasi Digital”

Rabu 13/12/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk semakin melek literasi digital. Semua ini bertujuan untuk menghindari masyarakat terseret dalam hal-hal negatif. Salah satunya adalah bahaya hoax, radikalisme dan dampak negatif lainnya. ...
Selengkapnya

“Imunisasi Itu Hak Setiap Anak dan Harus Diberikan”

Selasa 12/12/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Penyakit difteri telah mewabah di beberapa wilayah di Tanah Air. Bahkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyatakan penyebaran difteri itu sebagai kejadian luar biasa (KLB). Ada dua orang meninggal dunia dan 25 kasus difteri yang...
Selengkapnya

“Menaikan Dana Partai Terlalu Besar, Bisa Timbulkan Kecemburuan”

Senin 11/12/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah telah menyepakati dana bantuan untuk partai politik naik. Sebelumnya, dana bantuan partai politik ditetapkan 108 rupiah per satu suara. Disepakati, ke depan, dana bantuan partai naik menjadi 1.000 rupiah per suara. ...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Muhammad Anis

Sabtu 16/12/2017 | 05:13
A   A   A   Pengaturan Font

Semua perguruan tinggi, termasuk Universitas Indonesia (UI), terus meningkatkan kualitas lulusannya dengan sejumlah program. Ini dilakukan karena perguruan tinggi menjadi salah satu lembaga pencetak generasi muda di Tanah Air. Hasilnya, bermacam prestasi telah diraih UI, baik dalam bidang pendidikan, sosial, teknologi, seni, dan budaya, serta bidang-bidang lain.

Semua kerja keras ini sesuai dengan visi UI yang tercantum dalam statutanya. Menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing. Itu dilakukan melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga berkontribusi bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan dunia. Untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan UI agar bisa menjadi universitas yang unggul dan berdaya saing, wartawan Koran Jakarta, Frans Ekodhanto, berkesempatan mewawancarai Rektor UI, Muhammad Anis, di Jakarta, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Untuk menjadikan UI unggul dan berdaya saing, apa program kerja jangka panjang dan pendek Anda?

Sudah jelas tertulis dalam visi UI. Menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing, melalui upaya mencerdasakan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga berkontribusi bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan dunia. Untuk mewujudkannya dielaborasi dengan beberapa program yang dijabarkan dalam misi UI. Pertama, menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas. Kedua, menyelenggarakan kegiatan tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global. Ketiga, menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global. Keempat, menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi UI.

Lebih detailnya, strategi seperti apa yang akan Anda lakukan untuk mencapai visi dan misi tersebut?

Pertama, meningkatkan peringkat akreditasi terbaik dari lembaga akreditasi nasional dan internasional serta meningkatnya rangking Ul di tingkat dunia. Kedua, meningkatkan daya saing lulusan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ketiga, meningkatkan budaya dan kualitas riset, semangat enterpreneur, inovasi, tepat guna, dan menghasilkan terobosan pemikiran serta dapat diterapkan dalam pengabdian kepada masyarakat. Keempat, mewujudkan UI sebagai perguruan tinggi yang sehat berdasarkan penerapan good university governance. Kelima, memperkokoh landasan sumber daya manusia pada etika dan berorientasi pada kinerja, integritas dan integrasi sivitas akademika. Keenam, merekrut mahasiswa terbaik dari berbagai latar belakang dan memiliki kemampuan akademis yang sangat baik. Ketujuh, memperkuat kolaborasi dan kemitraan dalam pendidikan, riset, dan antara pendidikan dan riset, dalam iklim akademik yang dinamis tanpa batas. Kedelapan, mengembangkan sarana dan prasarana yang berkualitas dalam upaya mewujudkan layanan prima yang efisien dan efektif.

Apa sasaran utama dari pembangunan jangka panjang itu?

Untuk sasaran utama pembangunan jangka panjang UI adalah terciptanya landasan yang kuat bagi warga UI untuk tumbuh dan berkembang menuju UI yang mandiri, otonom, dan unggul yang diakui secara global. Titik beratnya, program tridharma perguruan tinggi yang berkualitas unggul. Bidang-bidang pembangunan untuk tercapainya UI maka segenap sivitasnya mesti berkualitas unggul dan diakui secara internasional. Itu semua mencakup tata kelola dan manajemen, pendidikan, riset, dan inovasi, pengabdian kepada masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, keuangan dan pendanaan, peran pemangku kepentingan, pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan.

Saat ini, sudah sejauh mana program kerja jangka pendek dan panjang Anda itu direalisasikan?

Saat ini, UI tengah berada dalam tahap 1 (2015–2020) dalam pencapaian sasaran strategis jangka panjang. Berdasarkan kedelapan sasaran strategis yang telah ditetapkan dapat diuraikan beberapa pencapaian UI. Peningkatan ranking UI di pemeringkatan QS World Ranking University, dari peringkat 325 menjadi 277 di dunia, dan dari 67 menjadi 54 di tingkat Asia. Peningkatan jumlah publikasi internasional terindeks, saat ini mencapai lebih dari 1.500 publikasi, dan 579 HKI. Peningkatan daya saing lulusan UI yang ditandai dengan peningkatan tingkat kepuasan pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan UI mencapai 96,8 persen. Peningkatan persepsi pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan UI dibanding lulusan dalam negeri dan luar negeri. Semakin meningkatnya lulusan UI yang bekerja di bawah masa tunggu tiga bulan setelah lulus. Penerapan good university governance dicapai UI dengan perolehan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan UI, serta tercapainya peningkatan pemasukan selain dari biaya pendidikan.

Terwujudnya dan diimplementasikannya cetak biru sistem kepegawaian UI menunjukkan adanya peningkatan dalam pengelolaan SDM di UI. Meningkatnya keketatan penerimaan, baik S1, S2, maupun S3 menunjukkan peningkatan kualitas mahasiswa baru UI yang menandakan semakin baiknya sistem perekrutan mahasiswa di UI. Meningkatnya jumlah kerja sama UI dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, yang telah mencapai lebih dari 3.000 kerja sama. Tersedianya masterplan UI, baik sarana dan prasarana serta IT menunjukkan komitmen UI dalam menyediakan sarana prasarana terbaik demi terciptanya layanan prima bagi seluruh sivitas akademika UI. Pada tahun 2016, UI telah mampu memenuhi sebagian besar target capaian yang ditetapkan dalam Kontrak Kinerja UI – Kemenristekdikti. Berdasarkan Renstra UI 2015–2019, kinerja UI mencapai 100,42 persen (dengan perhitungan kinerja maksimal sebesar 120 persen). Capaian Rencana Jangka Menengah UI 2015–2019 yang dikaitkan dengan capaian Renstra UI adalah sebesar 84 persen.

Apa kendala yang dihadapi dalam menjalankan program kerja tersebut?

Adopsi teknologi informasi dan komunikasi yang membutuhkan waktu dan biaya. Di satu sisi memberikan benefit yang banyak, namun di sisi lain, pengintegrasian membutuhkan effort lebih dan adaptasi yang tidak sebentar.

Solusinya bagaimana?

Tetap mengakuisisi teknologi informasi dan komunikasi dalam membangun universitas, baik dalam pengembangan sistem pendidikan maupun pembangunan infrastruktur. Karena kehidupan sekarang ini tidak dapat lepas dari kecanggihan teknologi.

Saat dilantik, Anda menyampaikan untuk mencapai visi UI menjadi universitas unggul, perlu membangun trust. Kenapa?

Trust sangat dibutuhkan untuk menciptakan mutual understanding antara para organ universitas dan pemahaman yang baik oleh para stakeholder terhadap setiap kebijakan yang diambil.

Apa yang Anda lakukan untuk mendorong pertumbuhan kuantitas dan kualitas riset di UI?

Paling utama adalah pengalokasian dana riset yang memadai. Kami juga melakukan penambahan fasilitas/sarana riset bagi mahasiswa UI seperti laboratorium terpadu universitas yang tersertifikasi. Database dan sistem informasi untuk kebutuhan para periset juga menjadi salah satu faktor penting yang terus dikembangkan, serta tidak lupa terdapatnya sistem penjamin mutu riset.

UI merupakan salah satu universitas terkemuka dan terfavorit di Tanah Air, berapa jumlah mahasiswanya saat ini?

Lebih kurang 44.000 mahasiswa aktif dari vokasi (Diploma 3) hingga S3 (doktoral).

Dalam waktu dekat, apakah ada penambahan jurusan atau fakultas?

Pada tahun 2018/2019, kami akan membuka pendaftaran Program Studi S1 (kelas reguler) Ilmu Aktuaria Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UI. Ini merupakan penambahan satu program studi baru yang bernaung di bawah Departemen FMIPA UI.

Dalam laporan Quacquarelli Symonds Asia University Rankings 2018, UI masuk dalam 100 kampus terbaik di Asia. Apa yang Anda tanamkan ke mahasiswa dan dosen agar terus berprestasi?

Para sivitas akademika UI harus mampu menimba ilmu tidak terbatas di dalam lingkup ruang kelas dan universitas saja, melainkan harus mampu membuka wawasannya di tingkat nasional, regional hingga internasional. Pemikiran yang terbuka, sikap yang mandiri dan unggul serta mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global menjadi tujuan utama pengajaran di UI.

Saat ini, negara sedang banyak membangun infrastruktur, seperti tol, jalan raya, jembatan, dan lain-lain. Apa yang bisa disumbangkan UI pada pembangunan tersebut?

UI memiliki ragam disiplin ilmu yang dibutuhkan oleh negeri ini. UI memiliki ragam guru besar, pakar, inovasi, dan hasil penelitian yang dapat digunakan untuk mendukung perkembangan industri Indonesia menuju lebih baik dengan mengutamakan keberlanjutan lingkungan hidup serta efisiensi biaya dan proses produksi. Budaya berinovasi di UI merupakan core compentence yang harus dimiliki oleh para mahasiswa. Kami sangat terbuka akan peluang kerja sama antara UI – pemerintah, dalam hal ini penyedia SDM untuk mendukung pembangunan fisik di Indonesia.

Menurut Anda, apakah pendidikan kita membaik, baik secara kuantitas maupun kualitas?

Pendidikan nasional kita, khususnya perguruan tinggi diakui baik oleh masyarakat internasional. Saya melihat kecenderungan mahasiswa Indonesia senang untuk berkompetisi di tingkat regional maupun internasional. Inovasi dan entrepeneurship banyak bermunculan dari para mahasiswa di Indonesia. Terbukti prestasi di tingkat regional maupun dunia banyak dimenangkan mahasiswa UI maupun mahasiswa perguruan tinggi lain di Indonesia. Tidak terbatas pada satu ilmu saja, melainkan beragam ilmu, baik itu sosial humaniora, kesehatan hingga sains dan teknologi. Mulai dari kedokteran, hukum, teknik, dan lainnya. Prestasi membanggakan ini menjadi pendorong semangat mahasiswa Indonesia menduplikasi kesuksesan di tingkat internasional agar nama Indonesia harum di level dunia. Tidak hanya mahasiswanya, perguruan tinggi di Indonesia sangat gencar meningkatkan standar pengajarannya menuju level internasional. Dengan demikian, akan mendorong kemajuan pendidikan nasional sehingga dapat menjadi perguruan tinggi tujuan untuk belajar oleh mahasiswa asing. Saat ini setidaknya terdapat lebih kurang 400 mahasiswa asing yang menimba ilmu di UI. Dengan demikian, suasana belajar mengajar di UI akan semakin terasa kompetitif dan berstandar internasional.

Apa harapan Anda untuk UI ke depan?

Saya berharap UI tetap dapat menjadi perguruan tinggi yang inklusif, berdasarkan pada adab, kepercayaan, integritas, saling menghargai dan kebinekaan dalam lingkungan yang aman dan bersahabat. UI dapat senantiasa menyiapkan lulusan yang cerdas dan bernurani melalui penyediaan program pendidikan yang jelas dan terfokus sehingga dapat menerapkan, mengembangkan, memperkaya, dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan. Kehadiran UI sebagai lokomotif pendidikan nasional dapat terus berperan di dalam mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan serta mengupayakan penerapannya untuk meningkatkan martabat dan kehidupan masyarakat, dan memperkaya kebudayaan nasional. UI dapat konsisten mendorong dan menguatkan pengembangan ilmu-ilmu yang telah ada, maupun ilmu-ilmu dan kajian baru dalam bidang monodisiplin, multidisiplin, interdisiplin, demi menjawab tantangan persoalan kehidupan yang makin kompleks.

Sivitas akademika UI dapat berpartisipasi dalam pembangunan dan pengabdian kepada masyarakat yang demokratis, sejahtera, dan beradab sebagai kekuatan moral yang mandiri. UI dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan dan menjadi sumber solusi atas permasalahan bangsa, negara, dan dunia melalui kolaborasi, kemitraan, dan kesempatan untuk pengayaan budaya dan pendidikan berkelanjutan. Target lain seperti peningkatan rangking UI di tingkat Asia dan dunia dapat terus melambung secara signifikan. Jumlah riset terpublikasi karya sivitas akademika UI meningkat, jumlah dosen UI bergelar doktor dan guru besar bertambah. Diharapkan ada peningkatan nilai endowment fund atau dana abadi yang bersumber dari alumni maupun masyarakat serta peningkatan jumlah dana beasiswa bagi mahasiswa UI yang membutuhkan. n N-3

 

Tampilkan Semua

Mengubah Limbah Yoghurt Menjadi Produk Baru

Sabtu 16/12/2017 | 05:13
A   A   A   Pengaturan Font
Meningkatnya permintaan konsumen akan Greek yogurt Yunani, memang berdampak baik bagi industri makanan. Akan tetapi kondisi ini membuat limbah whey yang dihasilkan juga jauh lebih besar. Selama ini para Ilmuwan terus mengembangkan cara...
Selengkapnya

Manfaat Konversi Air Limbah Produk Susu

Sabtu 16/12/2017 | 05:13
A   A   A   Pengaturan Font
Para ilmuwan telah mengembangkan bioproses yang memungkinkan konversi dari whey tanpa menggunakan bahan kimia tambahan, melainkan menggunakan kultur mikrobioma. Bio-oil baru dari proses ini nantinya bisa digunakan sebagai pakan ternak....
Selengkapnya

Mengeksplorasi Destinasi Seni Rupa

Sabtu 16/12/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dalam lima tahun terakhir kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara atau yang sering disebut wisman ke Yogyakarta, kian menunjukkan peningkatan. Bagi wisatawan lokal, berwisata ke Yogya cukup menarik, selain harga makanan yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta