Koran Jakarta | October 16 2018
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Surplus Neraca Perdagangan Dinilai Tak Berkualitas

Selasa 16/10/2018 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
>>Pemerintah diminta segera mengantisipasi penurunan ekspor di sektor manufaktur.

>> Penurunan impor bahan baku dan barang modal indikasikan perlambatan sektor riil.

>>Pemerintah diminta segera mengantisipasi penurunan ekspor di sektor manufaktur.>> Penurunan impor bahan baku dan barang modal indikasikan perlambatan sektor riil. JAKARTA -...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Kunjungi lokasi likuifaksi

Selasa 16/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Sistem Pengamanan Lapangan Tembak Senayan Harus Diperbaiki

Selasa 16/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat meminta kepada pengelola lapangan tembak milik Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) di Senayan, Jakarta, untuk memperbaiki sisi keamanan. DPR tidak ingin peristiwa peluru nyasar kembali...
Selengkapnya

Bupati Bekasi Tersangka Kasus Suap Meikarta

Selasa 16/10/2018 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
  Neneng H Yasin   JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Bekasi, Neneng Hassanah Yasin, bersama empat pejabat setingkat kepala dinas di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi sebagai tersangka...
Selengkapnya

Kampanye Negatif Menyebarkan “Hoax” Tidak Dibolehkan

Selasa 16/10/2018 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra, mengingatkan semua perserta Pemilu 2019 bahwa kampanye negatif (negative campaign) dengan menyebarkan hoax tidak diperbolehkan. “Kalau kampanye negatif itu...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Jangan Berkampenye di Pesantren

Senin 15/10/2018 | 04:47
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar menanggapi isu terkait polemik calon presiden dan calon wakil presiden dilarang mengunjungi pesantren. Menurut Muhaimin, pesantren hanya boleh dijadikan ajang silaturahmi para paslon dan tidak boleh dijadikan ajang kampanye.

Cak Imin panggilan akrabnya itu mengatakan, pesantren adalah wilayah politik yang dari dulu memang mempunyai semangat politik tinggi, sehingga Cak Imin menilai pesantren tidak bisa dipisahkan dengan politik. Oleh sebab itu, menurutnya, para paslon di pilpres harusnya tetap boleh safari ke pesantren meski tak boleh memberikan ajakan memilih secara eksplisit.

“Pesantren adalah zoon politicon, yang juga pesantren itu wilayah politik yang dr dulu memang punya semangat politik tinggi,” ujar Cak Imin ketika ditemui di DPP PKB, Raden Saleh, Jakarta Pusat, Minggu (14/10).

Meski begitu, bentuk antisipasi tersebut bukanlah menjadi wewenang pesantren melainkan pihak-pihak di luar pesantren semisal penyelenggara pemilu yang mengatur melalui aturan teknis dan berkoordinasi dengan pihakpihak tertentu. ”Yang terpenting para paslon dilarang kampanye di pesantren,” tegasnya.

Cak Imin menghimbau agar pesantren tidak dijadikan alat kepentingan politik praktis, akan tetapi menjadikan pondok pesantren juga sebagai medium budaya dalam kehidupan masyarakat. Namun pondok pesantren juga dapat berperan aktif dalam kehidupan sosial masyarakat termasuk peran politik.

Di tempat terpisah, Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, KH. Ma’ruf Amin, bersilaturahmi dengan sejumlah elemen serta masyarakat Yogyakarta, sejak Minggu (14/10) hingga Senin (15/10). Di antaranya adalah dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X, sejumlah tokoh Nahdatul Ulama (NU), warga pesantren, hingga relawan pendukungnya di Yogyakarta. ”Insya Allah, saya hendak bersilaturahmi sekaligus memenuhi undangan masyarakat di Yogyakarta,” kata Kiai Ma’ruf.

Sebelumnya Komisioner Bawaslu Fritz Edward tidak mempermasalahkan bila capres-cawapres melakukan kunjungan ke pondok pesantren. Menurutnya hal itu tidak lah melanggar karena bagian dari aktivitas pribadi para paslon.

Fritz menyebut sudah ada aturan yang mengatur terkait larangan kampanye di tempat-tempat tertentu. Apalagi secara tegas, UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, pasal 280 ayat (1) huruf h menyebutkan bahwa pelaksana dan tim kampanye pemilu dilarang menggunakan fasilitas pemerintah, tempat pendidikan dan tempat ibadah.

“Bawaslu tetap mengawasi para paslon jika bandel kampanye di tempat terlarang itu,” terangya.

Sementara itu, Koordinator Nasional Komite Pemilih Indonesia Jeirry Sumampouw berpendapat, melakukan kampanye di lembaga pendidikan sesuatu yang tidak boleh, dilarang. Karena itu, sebaiknya peserta pemilu tidak melakukannya.

“Lembaga Pendidikan harus netral, tidak boleh berpihak kepada kepentingan politik tertentu. Itu juga harus kita jaga bersama,” katanya. Jeirry juga menganggap keliru jika ada pernyataan pesantren bukan merupakan lembaga pendidikan, karena sudah jelas di situ ada lembaga pendidikannya dan berada di bawah suatu kementrian tertentu. rag/AR-3

Tampilkan Semua

HARI SANTRI

Senin 15/10/2018 | 04:25
A   A   A   Pengaturan Font
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kedua dari kanan) bersama Direktur Sufi Center Jakarta KH M Luqman Hakim (kiri), Ketua Panitia Hari Santri PKB Jazilul Fawaid (kedua dari kiri), dan Guru Besar Tasawuf UIN Syarif Hidayatullah Asep Usman...
Selengkapnya

Dokumen Pengungsi Jadi Prioritas

Senin 15/10/2018 | 04:05
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah memberikan prioritas penyelesaian terhadap dokumen kependudukan milik pengungsi agar data kependudukan bisa lebih cepat diatasi.   JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri mengirimkan tim yang terdiri dari berbagai...
Selengkapnya

Hadiri Rakernas LDII

Jumat 12/10/2018 | 04:54
A   A   A   Pengaturan Font
Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto didampingi Ketua Umum Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Abdullah Syam (kedua kiri) dan Pimpinan Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin Asy’ari Akbar (kanan) tiba di lokasi Rakernas LDII...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Penyidik Geledah Konsulat Saudi

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah operasi bersama antara penyidik dari Turki dan Arab Saudi, akhirnya akan menggeladah kantor Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada Senin malam. Penggeladahan ini untuk menyelidiki raibnya jurnalis bernama Jamal Khashoggi.

 

ISTANBUL – Polisi Turki yang menyelidiki kasus hilangnya kontributor jurnalis Washington Post bernama Jamal Khashoggi, diwartakan pada Senin (15/10) malam akan mulai melakukan penggeledahan atas kantor Konsulat Arab Saudi di Istanbul.

Langkah penggeledahan ini merupakan perkembangan terbaru kasus raibnya Khashoggi dan yang pertama kali dilakukan sejak jurnalis itu dilaporkan hilang pada awal Oktober lalu, dan hingga berita ini ditulis, penggeledahan masih berlangsung.

“Sebuah operasi bersama dengan otoritas Saudi akan dilaksanakan pada Senin malam,” demikian pernyataan narasumber diplomatik dari Turki yang enggan disebut jati dirinya.

Informasi dilaksanakan penggeledahan itu terjadi setelah terjadi pembicaraan via telepon antara Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, pada Minggu (14/10) malam.

“Raja menyatakan tidak ada yang bisa melemahkan hubungan yang amat solid antara kedua negara,” demikian laporan kantor berita Saudi Press Agency.

Pemerintah Saudi mengisyaratkan akan mengupayakan solusi diplomatik terkait kasus raibnya Khashoggi dengan Turki. Sementara kantor berita Anadolu yang mengutip pernyataan narasumber di Istana Kepresidenan Turki menyebut Presiden Erdogan akan terus menekankan pembentukan kelompok kerja gabungan untuk menyelidiki kasus tersebut.

Sebelumnya Raja Salman menyatakan bahwa dirinya tak tahu menahu soal nasib Khashoggi. Pernyataan itu diungkapkan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, setelah ia berbicara dengan Raja Salman, lewat hubungan telepon.

“Saya baru saja berbicara dengan Raja Arab Saudi dimana ia menyangkal mengetahui apapun yang terjadi dengan warga negaranya. Ia mengatakan pada saya bahwa ia sama sekali tak tahu apapun,” cuit Trump lewat media sosial.

Dalam pernyataannya, Trump juga mengatakan bahwa kemungkinan pembunuh tak dikenal betanggung jawab atas raibnya Khashoggi. Trump juga menyatakan akan mengirimkan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo untuk berkunjung ke Arab Saudi untuk membahas kasus ini.

 

Pengkritik Putera Mahkota

Khashoggi adalah jurnalis yang kerap mengkritik keras kebijakan yang dikeluarkan Putera Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman. Ia terakhir kali terlihat saat memasuki kantor Konsulat Arab Saudi untuk mengurus surat-surat pernikahannya pada 2 Oktober lalu.

Pihak kepolisian Turki menyatakan bahwa Khashoggi telah dibunuh oleh agen Srab Sadui saat ia berada di kantor Konsulat Arab Saudi. Atas tudingan itu, Riyadh menyatakan tak tahu menahu soal pembunuhan atas Khashoggi dan menyangkal telah memerintahkan pembunuhan terhadap jurnalis itu. 

 

AFP/I-1

Tampilkan Semua

Kunjungan Menlu Palestina

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Anwar Dilantik sebagai Anggota Parlemen

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
KUALA LUMPUR - Ketua umum Partai Keadilan Rakyat (PKR), Anwar Ibrahim, pada Senin (15/10), diambil sumpah sebagai anggota parlemen perwakilan Port Dickson di hadapan Ketua DPR, Mohamad Ariff Md Yusof. Pengangkatan Anwar Ibrahim dilakukan...
Selengkapnya

Korsel Minta Dukungan Eropa

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PARIS – Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in, menyatakan bahwa negara-negara kuat harus turut membantu pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, bahwa ia telah membuat keputusan yang tepat terkait denuklirisasi di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

RI Tawarkan Investasi ke Vietnam

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk menghentikan praktik illegal fishing, termasuk dari Vietnam, KKP menggandeng pelaku industri di negara tersebut berinvestasi di sektor pengolahan ikan di Indonesia.

 

Jakarta – Pemerintah Indonesia dan Vietnam sepakat untuk bersama-sama memberantas aktivitas pencurian ikan atau illegal fishing. Kesepakatan bilateral tersebut dicapai di sela-sela acara Annual Meetings 2018 Indonesia International Monetary Fund (IMF) World Bank Group di Nusa Dua Bali, akhir pekan lalu.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyatakan nelayan Vietnam selama ini menjadi salah satu pelaku illegal fishing di Indonesia. Banyak kapal dan nelayan Vietnam yang ditangkap karena melanggar aturan.

Karena itu, ketimbang melakukan kegiatan penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia yang sudah dilarang dan dinyatakan ilegal, Menteri Susi menawarkan Vietnam berinvestasi dan mendirikan pabrik di sektor pengolahan di Indonesia. Sebab, aturan investasi sekarang dipemudah. Sebagai contoh, untuk processing (pengolahan) bisa 100 persen ownership foreigner atau kepemilikan asing. Bahkan, di beberapa wilayah bisa mendapatkan tax holiday, insentif bea masuk, dan keringanan lainnya.

“Jadi tidak usah jauh tangkap ikan ke wilayah Indonesia, nanti menimbulkan masalah. Jadi beli saja (kepada nelayan Indonesia), proses, kemudian produknya ekspor ke Vietnam,” ungkap Susi melalui keterangannya saat menggelar pertemuan bilateral dengan Deputy Minister of Agriculture and Rural Development Vietnam, Hoang Van Thang di Bali, akhir pekan lalu.

Pemerintah RI juga mengapresiasi penurunan pelanggaran illegal fishing oleh Vietnam. Cara yang sama juga dilakukan Indonesia dan Thailand. Setelah Thailand menghentikan kegiatan penangkapan di Indonesia dan membeli bahan baku kepada Indonesia, ekspor Indonesia ke Thailand naik hampir 1.000 persen. Selain itu, hubungan kedua negara juga menjadi lebih baik. “Jadi lebih baik kita kerja sama lebih kencang dan makin baik,”kata Susi.

Hoang Van Thang mengungkapkan beberapa tahun belakangan ini, khususnya pada 2018, Pemerintah Vietnam memperketat pengawasan terhadap kapal-kapal yang melanggar hukum dan memberi sanksi tegas terhadap pelaku. Tujuannya untuk mengembangkan industri perikanan berkelanjutan. Terlebih lagi, karena Vietnam baru saja diberi kartu kuning oleh Uni Eropa (UE) karena permasalahan illegal fishing.

 

Cari Solusi

Namun di samping menegakkan aturan, menurutnya, pemerintah Vietnam juga harus mencarikan solusi bagaimana menciptakan situasi kondusif bagi nelayan agar mereka bisa bertahan hidup. Untuk itu, Vietnam menyambut baik tawaran kerja sama dari Indonesia.

“Kalau saya kembali ke Vietnam, saya akan diskusikan dengan pengusaha-pengusaha Vietnam di bidang ini. Dan setelah ini, saya akan sampaikan apa yang kita bicarakan ini kepada Menteri kami (Minister of Agriculture and Rural Development of Vietnam),” tutur Hoang Van Thang.

Pada kesempatan berbeda, KKP melalui Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Sebatik mengembangkan perikanan di Nunukan, Kalimantan Utara. Pengembangan SKPT Sebatik sangat strategis karena termasuk wilayah terluas, berbatasan langsung dengan Malaysia, namun selama ini kondisinya sangat memprihatikan.

Plt Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ditjen Perikanan Tangkap KKP, Yuliadi menegaskan, pada kurun 2017-208 KKP menggelontorkan anggaran sebesar 82,1 miliar rupiah untuk mengembangkan SKPT Sebatik. 

 

ers/E-10

Tampilkan Semua

Aturan Baru Angkutan “Online” Disiapkan

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelesaikan aturan terbaru yang akan menjadi payung hukum bagi keberadaan angkutan online. Langkah itu dilakukan setelah dua kali aturan taksi daring (dalam jaringan) dibatalkan...
Selengkapnya

Wisata Halal Berpotensi Tingkatkan Devisa

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
LOMBOK – Pengembangan wisata halal yang merupakan bagian dari ekonomi syariah berpotensi meningkatkan penerimaan devisa dari sektor pariwisata. Demikian mengemuka dalam konferensi internasional yang berlangsung di Lombok, Nusa...
Selengkapnya

Bio Farma Ungkap Strategi Produksi Vaksin

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG – Direktur Utama PT Bio Farma, M Rahman Roestan memapaparkan skema inovasi vaksin pada forum internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pemkot Terus Entaskan Kemiskinan Rakyat Semarang

Senin 8/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Perekonomian global yang menunjukkan risiko perlambatan pertumbuhan dalam jangka menengah, mengakibatkan menurunnya nilai mata uang di beberapa negara, termasuk Indonesia. Sejumlah wilayah di Indonesia, mencemaskan hal tersebut, termasuk Kota Semarang.

Kota Semarang menjadi daerah dengan ketimpang­an masyarakat terbesar di Indonesia saat terjadi krisis ekonomi global pada tahun 2008–2009. Namun, Kota Se­marang di era kepemimpinan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, sejak tahun 2012 berbenah dengan cepat me­lakukan reformasi struktural dengan berbagai kebijakan ekonomi kerakyatan.

Untuk mengetahui apa yang dilakukan untuk mengatasi perlambatan ekonomi di Kota Semarang, wartawan Koran Jakarta, Henri Pelupessy, ber­kesempatan mewawancarai Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Semarang, bebera­pa waktu lalu. Berikut petikan wawancaranya.

Perekonomian global menunjukkan risiko perlam­batan pertumbuhan. Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Salah satunya dilakukan reformasi struktur konsentrasi ekonomi Kota Semarang. Se­mula dominan di sektor indus­tri menjadi berkonsentasi pada sektor perdagangan dan jasa. Kebijakan menghentikan penambahan kawasan industri di Kota Semarang hingga pe­ngembangan pariwisata.

Reformasi struktural yang kami lakukan menjadi salah satu yang paling tepat di In­donesia. Dengan catatan Gini Rasio 0,31 di tahun 2015, Kota Semarang mampu menjaga kondisi ekonomi lebih stabil dibandingkan kota-kota besar lain.

Bagaimana dengan jumlah penduduk miskin?

Data BPS, terjadi penu­runan angka kemiskinan sempurna (tanpa fluktuasi) dari tahun 2013 sebesar 5,25 persen menjadi 4,62 persen di tahun 2017. Bahkan, indeks keparahan kemis­kinan di Kota Sema­rang tercatat sangat kecil di angka 0,12 persen yang meng­gambarkan ketimpang­an pengeluaran pendu­duk miskin dan kaya semakin kecil.

Untuk per­tama kalinya dalam se­jarah, pada saat bulan Ramadan, infla­si di Kota Semarang justru turun dan harga-harga stabil. Ini membuktikan bagaimana kokoh dan kuatnya ekonomi kami saat ini. Jadi, mari ting­katkan optimisme agar dapat semakin saling menguatkan.

Masyarakat miskin masih susah hidupnya, bagaimana dengan gejolak ekonomi saat ini?

Kalau dikatakan ada orang yang punya usaha lalu gagal atau ada masyarakat miskin yang masih susah hidupnya, ya pasti ada. Angka kemiskinan sebesar 4,62 persen bukan jumlah yang sedikit. Tapi kalau bicaranya semakin banyak atau bertambah, ya tunggu dulu karena datanya tidak begitu dan optimisme harus dibangun.

Kota Semarang akan mewujud­kan diri sebagai daerah poros maritim Indone­sai?

Pelabuhan di Semarang ini nama­nya Tanjung Emas, kalau di Sura­baya namanya Tanjung Perak. Jadi kalau perolehan medali, harusnya Semarang yang jadi juara 1. Sejarah menyebutkan Kota Semarang adalah me­rupakan daerah pusat per­dagangan di Indonesia yang menjadi bagian penting dari aktivitas perdagangan dunia melalui jalur sutra. Sejarah tersebut harus dapat dibangun kembali.

Apa tantangannya untuk mewujudkan hal tersebut?

Untuk menjadi poros maritim di Indonesia, Kota Semarang menghadapi dua tantangan yaitu terkait penataan infrastruktur dan penambahan nilai pemanfaat­an kekayaan laut. Bila dua hal tersebut mampu diupayakan bersama-sama, Kota Semarang akan dapat semakin cepat me­wujudkan diri sebagai daerah poros maritim di Indonesia.

Konon, Kota Semarang ini adalah daerah wilayah maritim yang hebat, namun kenyata­annya hari ini banyak potensi yang belum terbangun baik dari sisi infrastrukturnya mau­pun kekayaan lautnya. Men­jadi tanggung jawab generasi muda, khususnya para siswa untuk bersama dengan kami mengembangkan kemaritimin di Kota Semarang.

Bagaimana dengan pe­ningkatan infrastrukturnya?

Terkait peningkatan in­frastruktur sejumlah upaya dilakukan, di antaranya meng­atasi permasalahan rob dan banjir dengan penataan sistem drainase, pembangunan kolam retensi, normalisasi sungai-sungai, hingga penataan pemukiman di kawasan pesisir Tambak Loro. Terkait peman­faatan kekayaan alam laut, tidak tergarapnya potensi ter­sebut terlihat dari nilai ekspor nonmigas Kota Semarang pada sektor perikanan dan makanan yang nilainya sangat kecil.

Nilai ekspor nonmigas, khususnya Kota Semarang terutama perikanan dan ma­kanan masih kurang karena cara menjual ikan masih sederhana. Maka ke depan­nya, kami butuh pemikiran generasi muda untuk mampu memberikan nilai tambah.

Kenapa Anda rajin me­ngunjungi sekolah-sekolah di Kota Semarang?

Kunjungan itu sebagai upaya meningkatkan fasilitas pendidikan di seluruh Kota Semarang. Mendatangi seko­lah satu per satu akan dapat melihat langsung kondisi nyata di lapangan. Komitmen saya untuk Kota Semarang, antara lain fasilitas pendidikan dan kesehatannya harus prima. Bagi saya, dua sektor tersebut adalah kunci kesejahteraan masyarakat disamping eko­nomi tentu saja.

N-3

Tampilkan Semua

Pemkab Terus Kembangkan Pariwisata di Ponorogo

Senin 1/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
   Tahun Baru Islam yang jatuh di bulan Muharam bertepatan dengan awal penanggalan kalender Jawa, yang dimulai dari bulan Suro. Bagi sebagian masyara­kat, satu Muharam atau satu Suro dianggap penting dan sangat lekat...
Selengkapnya

Kembangkan Budaya Bali untuk Tarik Wisatawan

Senin 24/9/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selama ini, Provinsi Bali sangat dikenal men­jadi tujuan wisata bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Para wisatawan tersebut ingin menikmati semua keindahan yang ada di Pulau Dewata ini. Berbagai destinasi wisata seperti...
Selengkapnya

Pemkab Jemput Bola Layani Masyarakat Sleman

Senin 17/9/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Angka kemiskinan di Ka­bupaten Sleman masih di level dua digit, yakni di angka 10,6 persen dari total warga sekitar 1,2 juta. Peme­rintah Kabupaten (Pemkab) Sleman terus berusaha untuk menurunkan tingkat kemis­kinan dengan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Efek Cahaya dan Furnitur untuk Ruang Mungil

Senin 15/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak pemilik rumah berpikir bahwa ruang tamu berukuran kecil akan menghemat ruang yang ada sehingga mereka dapat memaksimalkan desain interior yang di inginkan.

Ruang tamu biasanya membutuhkan desain khusus yang tidak hanya indah saja namun juga kenyamanan yang harus tetap diutamakan. Membuat ruang tamu berukuran kecil nampak lebih besar dan menarik bisa Anda lakukan dengan tipuan visual dengan beberapa trik memaksimalkan warna. Ingin tahu bagaimana cara mendekor ruang tamu berukuran kecil agar lebih menarik bagi tamu Anda, berikut ini ada tips dari Arcitectaria. Pertama, pencahayaan berlapis. Pencahayaan sangat dibutuhkan hampir diseluruh ruangan.

Pastikan bahwa pencahayaan pada ruang tamu cukup untuk membuatnya nampak lebih lega. Ketika siang hari, bukalah jendela untuk memperlancar sirkulasi udara dan agar cahaya natural masuk kedalam ruangan. Anda juga harus memasang lampu hias yang akan menjadi salah satu dekorasi menarik.

Jika perlu tambahkan lampu dinding untuk menambah suasana lebih intens dan dramatis. Dengan pencahayaan berlapis tentu ruang tamu nampak memiliki dimensi yang berbeda.

Kedua, pilihlah furnitur ringan dengan bentuk simple. Ruang tamu berukuran kecil membutuhkan furnitur yang tampilannya tidak terlalu berat. Untuk itu, pilihlah furnitur ruang tamu dengan warna yang cerah. Warna gelap seperti warna coklat tua pada meja akan membuat tampilan kamar tamu yang kecil terlihat kurang segar.

Pemilihan firnitur dengan karakteristik ringan akan memperingan tampilan visual apalagi jika furnitur yang Anda pilih memiliki sudut kaki yang akan membuat lantai nampak lebih terbuka. Lengkapilah ruang tamu kecil dirumah Anda dengan meja kopi yang terbuat dari kaca atau logam yang akan mengalihkan pandangan mata ke arah furniture tersebut sehingga ruangan akan nampak lebih terasa luas.

Furnitur bergaya ottoman biasanya menjadi favorit ruang tamu berukuran kecil karena bentuknya yang terlihat unik dan elegan apalagi jika dipadukan dengan gaya klasik.

Ketiga, pasanglah cermin pada ruang tamu untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Penempatan cermin yang tepat mampu membuat ruangan kecil nampak lebih luas. Keempat, maksimalkan dekorasi vertikal pada ruang tamu. Kadang para pemilik rumah lupa bahwa ruang tamu memiliki sumbu vertikal yang mampu dimaksimalkan untuk membuat ruangan nampak lebih luas. Dengan menambahkan dekorasi vertikal, mata akan fokus melihat ke arah atas.

Kelima, sesuaikan ukuran furnitur dengan ukuran ruang tamu. Jika ruang tamu berukuran kecil, tentunya furnitur harus disesuaikan dengan ukuran. Pilihlah kursi tamu yang tidak memiliki penopang siku. Jika Anda lebih suka dengan sofa, pilihlah bentuk sofa sudut yang dapat diletakkan pada pojokan ruangan yang akan menyisakan tempat di tengah. yun/E-6

Tampilkan Semua

Pengembang Realestat Peduli CSR

Senin 15/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Triniti Dinamik kembali menoreh prestasi dengan meraih dua penghargaan TOP CSR 2018. Ajang ini merupakan penganugerahan tertinggi dan bergengsi bagi perusahaanperusahaan yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan peraih TOP CSR dinilai...
Selengkapnya

Pasar Potensial Rumah untuk MBR

Senin 15/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pengusaha realestat mendorong lahirnya skim-skim pembiayaan dan program riil yang memungkinkan kelompok pekerja sektor informal ini dapat membeli rumah murah atau rumah untuk Masyarakat B erpenghasilan Rendah (MBR). Program sejuta rumah...
Selengkapnya

Mandiri KPR Milenial

Jumat 12/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang (kiri) dan EVP Consumer Loans Bank Mandiri, Ignatius Susatyo W (kanan) berfoto usai meluncurkan program Mandiri KPR Milenial di Jakarta, Rabu (10/10). Dengan skema KPR tanpa DP,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Peluncuran Program

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Wakil Presiden Direktur PT. UOB Indonesia Iwan Satawadinata ( tengah) bersama Head of Personal Financial Services and Digital Bank Khoo Chock Seang (kiri), dan Cards & Payments Head Dessy Masri, melakukan prosesi peluncuran Program UOB Blast of Surpprise 2.0 di Jakarta, Senin (15/10). Program yang diperuntukkan bagi nasabah pemegang kartu kredit ini dapat diikuti hanya dengan melakukan transaksi minimal 1 juta rupiah berhak mendapatkan hadiah langsung melalui permainan online yang menyenangkan.

Tampilkan Semua

Fotografi “Mobile” yang Kian Dominan

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keberadaan ponsel pintar dan media sosial melahirkan era fotografi mobile. Dengan teknologi kamera pada ponsel yang semakin maju, membuat aktivitas mobile fotografi semakin populer. Menurut data InfoTrends Worldwide Consumer Photos...
Selengkapnya

“Hyper Boost” untuk Ponsel Pintar

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Game pada ponsel saat ini menjadi salah satu kebutuhan dari penggunanya. Oleh karenanya kebutuhan tuntutan pengguna ponsel saat ini adalah ponsel yang mempua menjalankan game-game berat. Seperti Xiaomi dan dan Huawei, Oppo mengembangkan...
Selengkapnya

Adu Canggih TV OLED

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
OLED menjadi teknologi layar tercanggih saat ini. Para vendor terus menawarkan TV OLED dengan tambahan bermacam fitur teknologi Televisi dengan teknologi Organic Light Emitting Diode (OLED) menjadi yang tercanggih saat ini. TV jenis ini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Inisiasi Program SATU Indonesia Awards

Rabu 10/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Co-Chairman IdeaFest, Ben Soebiakto (kedua dari kanan) berbincang bersama Head of  Corporate Communications PT Astra International Tbk, Boy Kelana Soebroto (kedua dari kiri)  bersama official partners lainnya usai memberikan keterangan pers Pre Event IdeaFest 2018 di  Jakarta, Selasa (9/10). Astra menginisiasi program SATU Indonesia Awards yang berkolaborasi  dengan Ideafest untuk lebih banyak lagi menginspirasi anak muda Indonesia, sehingga semakin  banyak yang membuat perubahan positif bagi Indonesia.

Tampilkan Semua

Edisi Terbatas Skuter Italia

Rabu 10/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selain model yang diproduksi secara masal, Piaggio memiliki model Vespa unggulan. Salah satunya adalah Primavera. Merayakan 50 tahun Vespa Primavera, PT Piaggio Indonesia memperkenalkan edisi terbatas Vespa Primavera 50th Anniversary....
Selengkapnya

Tranformasi Desain “Hatchback” Premium

Rabu 10/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Desain yang elegan menjadi tuntutan wajib untuk mobil kelas atas. Desain hatchback Mercedes-Benz bertranformasi menjadi lebih elegan, dilengkapi dengan fitur digital berbasis kecerdasan buatan. Mercedes Benz A Class generasi ketiga dan...
Selengkapnya

Aerodinamika Angkat Performa Saat Balapan

Rabu 3/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Yang menarik dari Honda pada gelaran GIIAS 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu adalah hadirnya Honda Civic TCR 2018. Dibandingkan dengan mobil Civic TCR 2016-2017, generasi anyar ini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Hazard Ingin Reuni dengan Mourinho

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Gelandang Chel­sea Eden Hazard mengung­kapkan apresiasinya kepada pelatih Manchester United Jose Mourinho. Dia mengata­kan bahwa pelatih asal Portu­gal adalah satu-satunya orang yang dia inginkan melatihnya kembali.

Hazard bermain di bawah asuhan Mourinho di Stamford Bridge selama lebih dari dua tahun dan merupakan bagian integral dari kemenangan gelar Chelsea di Liga Inggris musim 2014-2015.

Namun, musim berikutnya dirusak oleh penampilan bu­ruk dan laporan gesekan an­tara beberapa anggota skuad “The Blues” dengan Mourinho. Pelatih itu akhirnya hengkang dari Chelsea pada Desember 2015.

Hazard, yang akan mengh­adapi mantan pelatihnya keti­ka Chelsea menjamu MU pada laga Liga Inggris akhir pe­kan ini, mengakui dia membuat awal yang baik saat masih bersama Mourinho.

“Dalam 12 tahun saya hanya mengalami satu musim buruk, enam bulan terakhir di bawah Mourinho dan itu sebagian adalah kesalahan saya sendiri. Setelah meraih gelar, kami meminta Mourinho untuk liburan ekstra. Saya kembali dengan kondisi benar-benar tanpa bentuk,” ujar Hazard ke­pada koran Belgia HLN.

“Gambaran Mourinho tentang pelatih yang sangat megandalkan permainan de­fensif tidak sepenuhnya benar. Dia jauh dari sikap petualan­gan seperti (Pep) Guardiola. Pada musim saat kami men­jadi juara, kami membuat banyak gol dan memainkan pertandingan yang bagus,” sambungnya.

Hazard menggambarkan musim terakhir di bawah Mourinho sebagai situasi yang tidak menyenangkan. “Kami tidak menang, kami melaku­kan semacam latihan rutin, latihan tanpa rasa dan lebih baik bagi semua pihak, ko­laborasi itu berakhir,” jelasnya.

“Jika saya sekarang meminta seorang pelatih yang ingin saya bekerjasama lagi, maka saya katakan: Mourinho,” tan­dasnya.

Masa depan Hazard di Chelsea telah menjadi spekulasi dan pekan lalu dia mengatakan mungkin harus pin­dah ke klub Spanyol untuk mendapatkan trofi Ballon d’Or. ben/AFP/S-1

Tampilkan Semua

Portugal Atasi Skotlandia

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
GLASGOW – Helder Costa me­nandai debutnya untuk tim nasional Portugal dengan gol saat juara Piala Eropa itu menang 3-1 atas Skotland­ia, Senin (15/10) dini hari WIB. Cos­ta yang merupakan striker Wolves itu membuka skor...
Selengkapnya

Andik Gabung Timnas

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Selain Abduh Lestaluhu, pelatih Tim Nasional Indonesia, Bima Sakti me­nambah satu pemain lagi yakni Andik Ver­mansah jelang melawan Hongkong pada uji coba internasonal (FIFA Match Day), Selasa (16/10) di Stadion...
Selengkapnya

Salah Absen Bela Mesir

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
KAIRO – Mohamed Salah akan absen membela Mesir pada lawatan ke eSwatini di Piala Afrika, Selasa (16/10). Striker Liverpool itu menderita cedera paha dalam bentrokan harri Jumat antara kedua ne­gara di Kairo. Demikian...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Ganjil-Genap dan Pembayar Pajak

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Dr Alim Bathoro, MSi

 

Tak terasa perluasan peraturan ganjil-genap telah membawa perubahan yang cukup berarti dalam dinamika lalu lintas Jakarta. Di tengah skeptis terhadap masa depan kenyamanan berkendara di Jakarta, perluasan ganjil-genap memberi secercah harapan, masih ada solusi kemacetan.

Keyakinan tersebut bukanlah tanpa dasar, dari data yang dikutip Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTS), perluasan ganjil-genap ampuh untuk mengurangi kemacetan di jalur-jalur ganjil-genap. Kecepatan rata-rata kendaraan naik secara signifikan, sebesar 44,08 persen. Kemudian, VC Ratio, atau perbandingan jumlah kendaraan dan kapasitas jalan dalam satu waktu, turun rata-rata 20,37 persen.

Di samping itu, kebijakan tersebut juga berpengaruh baik bagi lingkungan karena telah menurunkan emisi CO2 rata-rata sebesar 20,30 persen. Di sisi lain, menurut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Andri Yansyah, perluasan ganjil-genap juga membuat masyarakat beralih ke transportasi umum.

Hal tersebut tecermin dari peningkatan jumlah penumpang Transjakarta sebesar 40 persen, penumpang PPD 29 persen, dan Sinar Jaya 6 persen. Secara umum, survei yang dilakukan Jakarta Smart City (JSC) mendeskripsikan tanggapan positif masyarakat terkait peraturan ganjil-genap. Dalam situs-situs sosial media resmi JSC, polling Facebook JSC yang diisi kurang lebih 1.500 partisipan, 59 persen setuju ganjil-genap dilanjutkan, dan 41 persen tidak setuju.

Sementara itu, dari polling Twitter dengan 442 partisipan, 64 persen setuju dan 36 persen tidak setuju. Untuk polling di fitur Instagram Story, 75 persen setuju dan 25 persen tidak setuju. Jumlah responden 100 orang. Dari data tadi, ganjil-genap ada yang menganggap positif dalam pola pengaturan lalu lintas Jakarta. Setelah sekian lama Jakarta, mendapat julukan kota termacet ke2 Asia Tenggara, setelah Bangkok. Sedangkan untuk dunia tahun 2017, Jakarta menempati rangking ke-12. Menurut Inrix 2017 Traffic Sorecard Jakarta menempati rangking ke-12 kota termacet dunia. Ini mengakibatkan pengguna jalan menghabiskan rata-rata 63 jam per tahun di jalan karena macet. Jadi, setahun porsi kemacetan sebesar 20 persen.

Ada baiknya menelusuri posisi warga dalam kaitan dengan peraturan ganjil-genap terkait hak-hak sebagai pembayar pajak. Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk negara digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Rakyat yang membayar pajak tidak akan merasakan manfaat secara langsung karena untuk kepentingan umum, bukan pribadi. Dengan demikian, pajak berbeda retribusi yang sebagai pungutan daerah yaitu pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan pemda untuk kepentingan orang pribadi atau badan.

Dari sisi pengertian pajak, pemberlakukan ganjil-genap tidak ada kaitan langsung dengan pembayar pajak kendaraan. Pajak berbeda dengan retribusi yang terkait dengan manfaat pembayar pajak. Akan tetapi, jika ditelaah lebih dalam, betulkah pembayar pajak tidak dirugikan? Sebab secara faktual pembayar pajak, hanya dapat menggunakan kendaraan separo dalam setahun.

 

Ada Kerugian

Artinya ada kerugian karena peraturan ganjil-genap. Inilah persoalan utama, sejauh mana dampak kerugian pembayar pajak terkait pemberlakuan ganjil-genap. Untuk itu, perlulah kita melihat falsafah pajak dalam ekonomi negara? Pajak merupakan salah satu instrumen ekonomi suatu negara. Manakala suatu negara memiliki pendapatan pajak yang tinggi, maka negara tersebut leluasa meningkatkan anggaran bagi pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, transpotasi massal dst.

Lebih dari itu, pajak merupakan instrumen distribusi pendapatan. Misalnya, dengan program subsidi, maka pajak dapat mengurangi ketimpangan pendapatan masyarakat. Sejauh ini, penerimaan pajak DKI tahun 2017 sebesar 36,5 trilyun rupiah di mana kontribusi terbesar adalah pajak kendaraan bermotor.

Sementara itu, tahun 2018 realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) sudah mencapai 5,2 triliun rupiah atau sudah 65 persen dari target 8 triliun rupiah. Dengan data penerimaan pajak daerah tersebut, maka PKB bernilai ekonomis dan strategis. Bernilai ekonomis karena menyumbang terbesar pajak. Strategis karena kemampuannya meredistribusi pendapatan.

Posisi tersebut mendudukkan PKB pada postur utama anggaran DKI Jakarta. Dalam perspektif pelayanan publik, besar kecilnya PKB berkorelasi langsung terhadap kuantitas dan mutu pelayanan publik di Jakarta. Dalam kerangka tersebut, optimalisasi peran pajak sepantasnya terkait langsung optimalitas pelayanan publik.

Secara umum pelayanan yang baik menyentuh aspek transparan, akuntabel, efisien. dan adil. Tranparan, prosesnya terbuka. Akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Efisien, pelayanannya cepat, dan adil menyentuh rasa keadilan, tidak membedakan satu-sama lain. Terkait rasa keadilan, bermakna pelayanan publik berlangsung maksimal, termasuk bagi wajib PKB.

Persoalan utamanya bagi wajib pajak, selama pemberlakuan ganjil-genap, mereka tidak memperoleh akses jalan-jalan utama Jakarta pada waktu tertentu, meski telah membayar pajak. Sehingga dalam perspektif ini, bagaimana pelayanan publik dapat menjelaskan masalah tersebut.

Secara regulasi memang tidak ada keharusan negara melayani setimpal pajak karena pajak adalah iuran wajib yang dibayar warga. Namun demikian tentu rasa keadilan pelayanan harus dapat diberikan negara (Pemprov DKI) sebagai bagian dari hak warga dan kewajiban negara melayani.

Maka, sebagai apresiasi pembayaran wajib pajak kendaraan bermotor, pelayanan publik sebagai dampak peraturan ganjil-genap harus diberikan maksimal. Sehingga sudah seharusnya Pemprov DKI Jakarta menyediakan transpotasi massal yang nyaman. Ini sebagai ganti hilangnya kenyamanan warga memakai kendaran pribadi.

Saat ini telah hadir Transjakarta, Ok Trip atau Jak Lengko, tapi jauh dari jumlah pengguna baik wilayah Jakarta atau Jabodetabek. Moda transpotasi Pemprov seharusnya dapat menjadi basis pelayanan publik yang adil. Sebab para pembayar pajak menyalurkan dananya ke kas daerah. Maka, secara timbal balik anggaran untuk transpotasi massal pemprov Jakarta juga harus memadai, senyaman Pemprov mendapat PKB 8 triliun.

Maka dari itu, pelayanan LRT dan MRT sebagai moda transpotasi massal nanti harus mampu menutupi kekurangan Transjakarta, PPD dan Jak Lengko. Tariff semua moda transpotasi harus terjangkau agar masyarakat merasakan keadilan pelayanan publik. Jangan sampai kenyamanan justru disediakan swasta baik konvensional atau online, meski sah-sah saja.

Akan tetapi sebagai penanggung jawab utama tetaplah Pemprov DKI Jakarta. Gubernur Anies Rasyid Baswedan perlu membuktikan janji kampanye sebagaimana prinsip demokrasi, pemerintahan dari, untuk, dan dipilih rakyat.


Penulis S3 Ilmu politik Universitas Indonesia

Tampilkan Semua

Program Rumah DP Nol Rupiah

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, baru saja meluncurkan program hunian dengan uang muka (down payment/DP) nol rupiah di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Program ini merupakan salah satu janji kampanye yang...
Selengkapnya

Memaknai Kembali Hakikat Pendidikan

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Belajar Mendidik Penulis : Mardiatmadja Penerbit : Kanisius Cetakan : I, 2017 Tebal : 176 halaman ISBN : 978-979-21-5407-8   Salah satu penyempitan makna pendidikan menganggap hanya dilakukan guru dan dilangsungkan di...
Selengkapnya

Makna Pertemuan IMF-Bank Dunia

Senin 15/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh Dr Telisa Aulia Falianty   Direktur IMF, Christine Lagarde, menyatakan bahwa kondisi ekonomi global belum bisa dikatakan cukup aman karena masih ada sejumlah risiko. Proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia diturunkan oleh IMF dari...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Perlu, Modifikasi Teknologi Budidaya Rempah

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Menteri Pertanian Andi Am­ran Sulaiman memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi sekaligus tantangan ke­pada profesor riset baru Kementeri­an Pertanian, Muhammad Syakir untuk meningkatkan produktivitas lada nasional.

Muhammad Syakir yang juga kepala badan penelitian dan pe­ngembangan Balitbang Kementrian Pertanian, di kukuhkan sebagai profesor riset di Auditorium Sadikin Cimanggu, Bogor, Jawa Barat, Senin (15/10). Muhammad Syakir menjadi profesor riset ke 132 yang dimiliki oleh kementrian pertanian.

“Saya berharap ini dapat me­motivasi peneliti lainnya, sehingga badan litbang pertanian akan sema­kin banyak di isi tenaga penelitian yang profesional dan mumpuni di bidangnya masing-masing,” kata Amran dalam sambutannya usai orasi ilmiah profesor riset dengan judul “ Inovasi Budidaya Lada Perdu Mampu Tingkatkan Produksi dan Daya Saing Lada Nasional”.

Lada sebagai salah satu pro­duk rempah-rempah Indonesia, menurut Amran saat ini memiliki tantangan besar. Yakni bagaimana mengembalikan kejayaan produk rempah-rempah Indonesia. Lada salah satunya.

“Mulai tahun ini kita menargetkan untuk mengembalikan kehormatan kita sebagai produsen utama rempah-rempah dunia,” Amran melanjutkan.

Secara khusus, Amran menugaskan profesor riset ke 132 kementerian pertanian ini sebagai koordinator nasional bagi upaya untuk mengembalikan kejayaan rempah Indonesia. Produksi lada sendiri diharapkan bisa meningkat hingga 22 ton per hektar dalam †beberapa tahun mendatang. “’Kita harus rebut kembali pasar lada manca negara,” tegas Amran.

Sementara itu, dalam orasi ilmi­ahnya Muhammad Syakir mengung­kapkan produktifitas lada di Indone­sia masih berada di bawah produksi lada negara lain di ASEAN. Vietnam, misalnya, saat ini produktivitas lada Vietnam sudah mencapai 2,5 sampai 32 ton perhektar. Sementara produktivitas lada nasional berkisar satu ton perhektar/tahun.

“Keunggulan lada Vietnam itu salah satunya dengan pengem­bangan dan modifikasi teknologi budidaya, sehingga lada dapat tumbuh di berbagai agro-ekosistem dengan produktivitas yang stabil,” kata Muhammad Syakir dalam orasinya.

Muhammad Syakir sen­diri berhasil mengembang­kan modifikasi agronomi tanaman lada perdu mela­lui tiang panjat. Inovasi ini akan membuka peluang bagi pengembangan ta­naman lada di berbagai agro ekosistem, baik manokultur ataupun tumpang sari dengan ongkos produksi yang lebih mu­rah. nik/E-6

Tampilkan Semua

Membangun Semangat Kebersamaan melalui Gamelan

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Budaya merupakan media paling universal untuk mengikat kerjasama. Demikian halnya yang dilakukan Indonesia dan Austria. Melalui media gamelan yang dijadikan mata kuliah pada jurusan etnomusikologi di universitas di Wina,...
Selengkapnya

Sensasi Nyeri Kronis yang Menyerang Wajah

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Trigeminal neuralgia merupakan sebuah kondisi medis di mana terjadi nyeri yang bersifat kronik (lebih dari 3 bulan) yang bersumber dari gangguan pada saraf trigeminal sehingga menyebabkan sensasi rasa nyeri di bagian wajah. Saat Anda...
Selengkapnya

Deteksi Dini Penyakit pada Tanaman Pangan

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bakteri yang menyebabkan penyakit tetap hidup di tanah, biji, dan bahan tanaman selama bertahun-tahun dapat menginfeksi air dan peralatan pertanian. Layu bakteri merusak ta­naman pangan hampir di seluruh dunia. Penyakit ini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Jalan Jatibaru Raya Kembali untuk Umum

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, kembali dibuka untuk umum dan harus steril dari pedagang kaki lima. Sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan menutup Jalan Jatibaru Raya untuk kepentingan pedagang kaki lima.

“Kita umumkan kepada khalayak bahwa jalan ini mulai hari ini dalam uji coba untuk dibuka dua arah bagi umum,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, di Jakarta, Senin (15/10).

Irwandi menjelaskan, selama uji coba, Pemprov DKI Jakarta sementara waktu hanya memperbolehkan sepeda motor melintas di jalur tersebut, sedangkan kendaraan umum belum semuanya diperbolehkan melintas di lokasi. “Selama uji coba jamnya juga kita batasi untuk keperluan pengerjaan skybridge agar cepat rampung,” katanya.

Uji coba pembukaan jalur dimulai pukul 17.00-19.00 dan pukul 04.00-19.00. Kebijakan ini diberlakukan hingga 30 Oktober 2018 nanti.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Pusat, Harlem Simanjuntak menambahkan, untuk sterilisasi jalur, maka pihaknya mengerahkan 50 personel di setiap titik dibantu Satpol PP untuk menghalau para pedagang kaki lima (PKL). “Kita akan siagakan sekaligus evaluasi apa saja rambu yang dibutuhkan di sepanjang jalur ini sebelum diajukan ke dinas,” ucap Harlem.

Jalan Jatibaru Raya sebelumnya sempat ditutup setelah sebagian badan jalan dipergunakan untuk penempatan PKL sementara sebagian jalan lainnya dipergunakan hanya untuk jalur Trans Jakarta.

Setelah ada desakan dari Ombudsman RI dan pembangunan Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) atau skybridge Tanah Abang Mulai dirampungkan, Jalan Jatibaru mulai dibuka dengan memindahkan lokasi berjualan para pedagang ke JPM dan pasar Blok F.

Semenara itu, DKI Jakarta menggelar soft launching dengan memberikan 100 kios kepada Pedagang Kecil Mandiri (PKM) di Jembatan Penyebrangan Multiguna (JPM).

Walikota Jakarta Pusat Bayu Menghantara mengatakan pihaknya memberikan sosialisasi kepada PKM sekaligus memberikan kios pada 100 pedagang pertama dari total 446 pedagang yang ditempatkan di kios JPM.

“Alhamdulillah, 100 kios sudah jadi. Kami akan bagikan kios tersebut secara bertahap hingga 446 kios bagi para pedagang,” kata Bayu.

Kendati demikian, Bayu menjelaskan ada sebanyak 650 pedagang diundi, yakni pedagang Jalan Jatibaru Raya (Tenda) berjumlah 372, Pedagang Jalan Jatibaru Raya (trotoar) bejumlah 162, pedagang Jalan Jatibaru Bengkel (di trotoar/depan pintu keluar Stasiun Tanah Abang Baru) berjumlah 113 orang. 

 

jon/P-5

Tampilkan Semua

Penindakan Tilang Elektronik Mulai 1 November

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Polda sebar brosur kepada pengguna jalan dan pemasangan spanduk guna menyosialisasikan pemberlakuan tilang elektronik.   JAKARTA - Penindakan tilang elektronik terhadap pengendara yang melanggar aturan diberlakukan mulai 1...
Selengkapnya

Kinerja DPRD DKI Jakarta Kurang Produktif

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kinerja anggota DPRD DKI Jakarta lemah di penghujung jabatannya. Dari 45 program legislasi daerah (Prolegda), DPRD DKI Jakarta hanya menghasilkan lima perda tahun ini. “Masa kerja dewan tinggal setahun lagi. Yang jelas,...
Selengkapnya

Warga Tolak Perpanjangan Sistem Ganjil-Genap

Selasa 16/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKATA - Perpanjangan waktu berlaku sistem ganjil genap kendarana di jalanan DKI Jakarta mulai diterapkan Senin 15 Oktober, sampai 31 Desember 2018. Pemberlakuannya tidak diterapkan pada Sabtu-Minggu atau hari libur nasional (tanggal...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Bawaslu Akan Awasi secara Ketat Para Kandidat yang Kunjungi Pesantren

Selasa 16/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019, peserta pemilu baik partai politik, calon perseorangan dan calon presiden dan wakil presiden sudah dapat melakukan kampanye politik. Namun, sejumlah hal justru terjadi, semisal muncul friksi “pesantren”, apakah sebagai lembaga pendidikan atau bukan.

Hal itu terkait adanya larangan dalam UU Pemilu tentang tidak bolehnya peserta pemilu berkampanye di lembaga pendidikan. Kemudian, apakah kepala daerah boleh ikut sebagai juru kampanye atau tidak, serta masih banyak lagi dugaan pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu berdalih sesuai dengan regulasi yang ada.

Untuk mengulas hal itu, Koran Jakarta mewawancarai Ketua Badan Pangawas Pemilu (Bawaslu), Abhan, di Jakarta. Berikut wawancaranya.

Baru-baru ini masing-masing Paslon, baik capres/cawapres rutin mengunjungi pondok pesantren, apakah itu boleh?

Pada dasarnya bahwa tim kampanye maupun paslon capres/ cawapres itu kalau hanya melakukan kunjungan silaturahmi ke mana pun kan boleh saja, kemudian bagaimana kalau kunjungan silaturahmi ke lembaga pendidikan? Itu pun boleh kalau hanya sebatas memang silaturahmi saja selagi tidak ada substansi kampanye. Nah, akan menjadi masalah, kalau silaturahminya dibumbui dengan unsur kampanye. Kalau seperti itu, sudah masuk bagian dari pelanggaran karena pelaksana tim kampanye peserta pemilu kan dilarang menggunakan fasilitas pendidikan dan tempat ibadah untuk berkampanye.

Apakah ada aturan konkretnya?

Oh pasti ada, kampanye di pesantren bertentangan dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pasal 280 Ayat huruf (h) menyebutkan pelaksana, peserta, dan tim kampanye dilarang menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan. “Pesantren itu lembaga pendidikan”. Makanya kami meminta agar peserta pemilu mematuhi aturan kampanye, tidak menafsirkan sendiri aturan tersebut.

Senin pagi, Presiden Jokowi dalam kuliah umumnya di salah satu universitas swasta di Jakarta bilang, “Memilih presiden harus lihat track record-nya”, ada indikasi kampanye?

Saya kira kalau ucapan itu, artinya memerintahkan untuk memilih paslon tertentu itu baru yang dinamakan kampanye. Tetapi kalau sebatas mengajak pemilih memilih dengan melihat rekam jejak atau visi misi paslon itu justru baik karena masyarakat pemilih akan bisa memilih calon presiden yang ada dengan melihat yang terbaik yang mana. Batasan kami adalah jangan sampai ada unsur kampanye ketika peserta pemilu berkunjung ke lembaga pendidikan ataupun pesantren. Kan unsur kampanye itu bisa penyampaian visi misi, kemudian yang paling mudah itu ketika ada ajakan untuk memilih paslon tertentu, atau partai tertentu.

Berarti sudah jelas aturan itu?

Sudah sangat jelas sekali. Makanya hati-hati kepada peserta pemilu yang ada niatan ke lembaga pendidikan, sebab Bawaslu pasti akan mengawasi betul gerak-gerik mereka ketika berkunjung ke lembaga pendidikan.

Lalu, terkait 11 kepala daerah yang turut mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan capres- cawapres nomor 1, apa tindakan Bawaslu?

Kalau itu, Bawaslu setempat juga sudah melakukan penyelidikan terhadap dugaan tindak pidana dalam deklarasi tersebut. Bawaslu juga melihat kemungkinan pelanggaran terhadap penggunaan fasilitas negara. Bawaslu setempat juga sudah berkoordinasi perihal materi pemanggilan akan difokuskan pada kemungkinan terpenuhinya unsur pidana, khususnya pasal pejabat negara yang melakukan tindakan menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, dengan ancaman hukuman penjara maksimal dua tahun dan denda 24 juta rupiah.

Intinya, kepala daerah tidak boleh berkampanye?

Kepala daerah masuk dalam tim kampanye paslon capres/cawapres merupakan ruang yang diberikan oleh Pasal 281 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Tetapi kepala daerah tersebut tidak boleh mencampuradukkan posisinya saat menjadi kepala daerah dan ketika menjadi tim kampanye. 

 

rama agusta/AR-3

Tampilkan Semua

Harus Ada Pos Penanganan Bencana di APBD

Rabu 10/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Dalam Negeri telah menurunkan tim pendampingan ke wilayah terdampak gempa di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Tim yang diturunkan selain untuk melakukan pendataan berapa aparatur pemerintahan yang meninggal, juga mendata...
Selengkapnya

Ratna Sarumpaet Bisa Dijerat dengan KUHP

Kamis 4/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ratna Sarumpaet mengakui telah menciptakan berita bohong alias hoaks soal penganiayaan yang dialaminya yang dilakukan tiga orang tak dikenal di Bandara Husein Sastra Negara di Bandung, Jawa Barat. Pihak kepolisian mulai menjalankan proses...
Selengkapnya

“Tidak Ada Daerah yang Terisolasi, Kami Bisa Menjangkau Semua”

Rabu 3/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sejak gempa bumi bermagnitudo 7,4 mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala dan disusul tsunami setinggi tiga meter, korban jiwa dan kerusakan terus bertambah. Hingga Selasa (2/10) pukul 13.00 WI B, korban tewas akibat gempa dan tsunami...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Jean-Charles Berthonnet

Sabtu 13/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Awal 2017, Presiden François Hollande menjadi pemimpin Prancis pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dalam 30 tahun terakhir. Bersama Presiden Joko Widodo, kedua pemimpin menyatakan komitmen kerja sama pada sejumlah bidang.

 

Hubungan antara kedua negara begitu penting karena Indonesia dan Prancis adalah republik demokratis.

Kedua negara besar ini memegang pengaruh geopolitik yang sangat penting di kawasan masing-masing. Prancis adalah anggota penting dari Uni Eropa, begitu pula Indonesia adalah anggota penting ASEAN.

Hubungan diplomatik antara Prancis dan Indonesia merupakan elemen kunci untuk mengembangkan hubungan antara Indonesia dan Uni Eropa, antara Prancis dan ASEAN serta kedua negara samasama tercatat sebagai anggota G-20. Hubungan bilateral Indonesia dan Prancis semakin erat.

Salah seorang yang punya peran penting memelihara masa depan hubungan Prancis-Indonesia adalah Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet.

Sejak akhir 2016, pria berkaca mata ini resmi menjabat menggantikan duta besar sebelumnya, Corinne Breuzé, yang telah bertugas sejak 2013.

Untuk mengetahui apa saja yang telah dan akan dilakukan pemerintah Prancis untuk mempererat hubungannya dengan Indonesia, wartawan Koran Jakarta, Selocahyo,

berkesempatan mewawancarai Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet, usai menghadiri pemutaran film pendek karya sineas Prancis dan Indonesia, di Surabaya, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Apa saja yang telah Anda lakukan untuk mempererat hubungan Prancis dan Indonesia?

Sejak saya dan isteri saya, Caroline, tiba di Jakarta pada Oktober 2016, kami sudah bertemu dengan banyak orang. Saya sudah bertemu dengan beberapa menteri serta menghadiri pameran industri pertahanan.

Selain Kedutaan dan Institut Prancis di Indonesia (IFI), saya sudah mengunjungi sekolah Prancis di Jakarta dan kantor Badan Prancis untuk Pembangunan (AFD).

Saya telah berbicara dengan para penasihat konsuler, penasihat perdagangan luar negeri Prancis di Jakarta. Indonesia adalah negara besar yang penuh daya tarik dengan segala keberagaman dan keindahan.

Salah satunya Bali, pulau yang menjadi tempat bermukim setengah masyarakat Prancis di Indonesia, dan tentu daerah-daerah lain.

Misi Anda dengan semua itu?

Peta jalan saya amat sederhana, mengembangkan hubungan Prancis-Indonesia di segala bidang dan menjamin keselamatan warga Prancis yang tinggal di Indonesia.

Saat ini warga Prancis yang terdaftar di kedutaan jumlahnya mencapai lebih dari 4.200 jiwa.

Bagaimana Anda menilai hubungan Prancis-Indonesia selama ini?

Prancis dan Indonesia adalah partner strategis dan itu bukan kebetulan. Keduanya negara demokrasi yang membawa nilai-nilai, visi, dan pesan perihal isu-isu yang ingin didengar dunia.

Dinamisme masyarakat Prancis di Indonesia amat saya hargai. Demikian pula semangat ribuan pemuda Indonesia yang telah berangkat ke Prancis untuk menimba ilmu di universitasuniversitas kami, juga kegiatan komunitas pengusaha dalam mengembangkan proyek-proyek mereka.

Terkait kerja sama, bidang mana yang menjadi fokus Anda?

Banyak prioritas, sepertinya kerja sama ekonomi yang utama karena itu sangat penting untuk diperkuat, dengan mempromosikan pelaku bisnis dan investor Prancis.

Begitu juga dengan keberadaan IFI di berbagai kota, termasuk Surabaya, telah menjadi tugas penting bagi saya untuk mendukung kegiatan pengajaran (bahasa Prancis), dan bentuk kerja sama budaya lainnya.

Seberapa besar pengaruh budaya Prancis terhadap Indonesia?

Tujuan dari kerja sama budaya Prancis untuk mendukung pembangunan Indonesia sebagai negara yang tengah berkembang.

Untuk itu kami terus berupaya agar budaya Prancis lebih dikenal, salah satunya dengan mendukung cabang-cabang IFI di Surabaya, dan di beberapa kota lain.

Kami berharap penikmat budaya Prancis di Indonesia dapat tumbuh lebih banyak lagi.

Bagaimana perkembangannya?

Semakin banyak anak-anak muda yang tertarik dengan bahasa Prancis. Tahun ini ada 500 penerima ijazah bahasa Prancis DELF, dari cabang-cabang IFI di seluruh Indonesia.

Soal kerja sama ekonomi, bisa lebih dijelaskan?

Hubungan kita tentu saja sejalan dengan konteks peningkatan hubungan Indonesia dengan Uni Eropa (UE).

Prancis berharap agar perundingan-perundingan yang telah dimulai sebelumnya sesegera mungkin membuahkan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) yang ambisius, global, dan seimbang.

Ada empat bidang kerja sama yang ingin kami kembangkan, yakni energi terbarukan, kemaritiman, ekonomi kreatif, dan pembangunan perkotaan berkelanjutan.

Menjadi tugas penting Kedutaan Besar Prancis untuk menindaklanjuti kerja sama yang diprakarsai dalam bidang-bidang tersebut.

Prancis bersama negara-negara anggota Uni Eropa tengah diambang perang dagang dengan Amerika Serikat (AS), bagaimana kalangan usaha di Prancis menyikapinya?

Saya kira, secara umum mereka menerima ini sebagai kabar buruk, karena perang dagang akan membawa pelemahan pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu kami akan melakukan dengan segala daya untuk membalik keadaan dari dampak perang dagang ini. Kami akan memberi reaksi, namun tanpa bermaksud meningkatkan ketegangan.

Lebih detailnya seperti apa?

Perlu diketahui, kami tidak memulai perang dagang ini. Dimulai oleh inisiatif Presiden Trump dan tentu kami tidak bisa menyikapinya dengan diam saja, saat berada dalam serangan.

Selanjutnya, karena tarif AS menarget UE secara kesatuan, maka respons juga harus berasal dari UE, tidak dilakukan negara anggota sendiri-sendiri.

Kami menyesalkan perkembangan ini dan ingin membatasi dampak buruknya. Kami harus bereaksi dan UE telah menyiapkan langkah-langkah penanggulangan, dengan me-review sejumlah produk dari AS untuk dikenai tarif serupa.

Tanggapan Anda soal keamanan di Indonesia, terutama setelah serangan bom di Surabaya beberapa waktu lalu?

Terorisme adalah ancaman yang dihadapi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Kita harus berjuang melawannya bersamasama.

Mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencegah kemungkinan serangan berikutnya. Tentu sangat sedih mengetahui apa yang telah terjadi di Surabaya,

menggunakan anggota keluarga untuk melakukan serangan pada tempat ibadah. Hal itu bukan mencerminkan perilaku masyarakat Surabaya, dan Indonesia secara keseluruhan,

di mana negara memiliki Pancasila untuk menjaga keberagaman. Itu (Pancasila) merupakan salah satu kekuatan bagi Indonesia yang menjadi salah satu negara emerging economy.

Untuk kerja sama bidang lingkungan bagaimana?

Prancis bertekad menerapkan seluruh komitmen yang dibuat dalam kerangka “Kesepakatan Paris” tentang perubahan iklim. Perlindungan lingkungan menjadi pusat perhatian kita.

Desember lalu, Indonesia mengirim tiga menteri dalam pertemuan puncak “One Planet” di Paris. Para peneliti kita bekerja sama erat pada isu-isu penting, seperti deforestasi. Kita akan berupaya keras, bersama-sama, untuk mengatasi tantangan ini.

energi terbarukan?

Ada Klub Energi Terbarukan Prancis untuk Indonesia (FREGI), yang beranggotakan sekitar empat puluh perusahaan Prancis ini mempromosikan teknologi dan solusi energi terbarukan.

Klub juga memfasilitasi anggotanya untuk mengembangkan usaha mereka di Indonesia. FREGI mewakili seluruh cabang industri energi terbarukan, termasuk bioenergi, energi angin, surya, panas bumi, energi angin, energi arus laut, smart grid, maupun pemanfaatan limbah menjadi energi.

Klub bertujuan mengintegrasikan berbagai komponen rantai nilai di bidang energi terbarukan, mulai dari rekayasa dan pembiayaan proyek,

hingga pengoperasian fasilitas industri dan niaga, serta penyediaan solusi peralatan, solusi perangkat lunak dan teknologi.

FREGI mendukung upaya-upaya yang dilakukan Indonesia untuk mempercepat transisi energi, demi mencapai sasaran penurunan emisi yang ditetapkan dalam kerangka Kesepakatan Iklim Paris (COP 21).

Pendapat Anda soal visi Indonesia menjadi poros maritim dunia?

Presiden Hollande mendukung tekad Presiden Joko Widodo agar Indonesia memainkan peran utama dalam poros maritim dunia.

Itu dibuktikan saat kunjungannya tahun lalu, Presiden Francois Hollande menggarisbawahi pentingnya poros maritim dunia bagi pembangunan di Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia.

Presiden Joko Widodo mengakui kontribusi Prancis terhadap keamanan dan keselamatan maritim internasional. Kedua Kepala Negara menegaskan pembangunan blue economy merupakan prioritas bersama bagi kedua negara.

Guna mewujudkan hal tersebut, kedua Kepala Negara bertekad mendorong hubungan yang lebih erat antardunia usaha Prancis dan Indonesia.

Itu diwujudkan dengan kerja sama perikanan, transportasi dan logistik, pembuatan kapal, pelayanan kelautan dan pelabuhan, energi kelautan dan lepas pantai, termasuk pariwisata.

Kedua Kepala Negara menggarisbawahi pentingnya ruang udara dan zona maritim dalam pertukaran ekonomi internasional, dan tanggung jawab setiap negara yang memiliki batas teritorial tersebut untuk menjamin perdamaian dan keamanan.

Bicara keamanan, bagaimana kerja sama yang ada?

Prancis maupun Indonesia telah menegaskan untuk mengawasi zona maritim masing-masing dan melaksanakan yurisdiksi atas zona tersebut sesuai dengan hukum internasional.

Kedua negara berkeinginan memajukan kerja sama, termasuk dalam upaya memerangi pembajakan di laut lepas, pemberantasan pencurian ikan, dan kejahatan terkait lain, termasuk perlindungan terhadap lingkungan laut.

Untuk kerja sama militer bagaimana?

Sejak pernyataan bersama tentang kerja sama di bidang kelautan tahun lalu, interaksi antara angkatan laut kedua negara meningkat dengan sejumlah persinggahan kapal di pelabuhan, terakhir di Surabaya dan Jayapura.

Latihan militer di laut dan beberapa program pelatihan di bidang arteleri laut, kartografi, dan hidrografi. Dalam bidang pendidikan dan pelatihan, misi latihan Angkatan Laut Prancis yang dijalankan oleh dua kapal Angkatan Laut Prancis “Jeanne d’Arc”,

membuka kesempatan bagi seorang kadet dari Indonesia untuk ikut serta dalam program setiap dua tahun sekali.

Tahun ini, misi Kelompok Pelatihan “Jeanne d’Arc” akan melibatkan dua unit kapal, yaitu kapal induk amfibi dan komando BPC Dixmude dan kapal pendampingnya,

yakni kapal fregat siluman, Surcouf. Prancis juga berpartispasi dalam latihan multinasional setiap dua tahun sekali di Indonesia, “Multilateral Naval Exercice Komodo 2018”.

Fokus latihan pada tema bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana. Ini merupakan tema kerja sama yang sudah dijalankan secara berkelanjutan antara Prancis dan Indonesia.

Anda dikenal menyukai budaya dan musik. Jenis musik apa yang Anda minati?

Saya lebih memilih musik klasik. Namun, saya punya anak sehingga harus tetap mengikuti perkembangan, mulai pop sampai rap. Jadi tetap mendengarkan berbagai genre musik, tapi prioritas saya tetap musik klasik.

Siapa komposer klasik favorit Anda?

Berlioz, Bizet lalu (Maurice) Ravel, dan (Claude) Debussy. Debussy mendengar gamelan Jawa pertama kali saat ada Universal Exhibition di Paris sekitar tahun 1900, sehingga ada interkoneksi (antara musik karyanya dan gamelan), membuat saya makin tertarik.

Anda menguasi tiga bahasa asing, bagaimana dengan bahasa Indonesia?

Saya tertarik sekali dengan bahasa Indonesia, tapi belum sempat untuk mengambil kursus. Saya lebih banyak berlatih dengan membaca dan sehari-hari melihat orang bercakap-cakap. N-3

Tampilkan Semua

Bioteknologi Modern Sukses Kembangkan Mawar Biru

Sabtu 13/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
      Selama berabad-abad, para pemuliaan (pengubah susunan genetik populasi) tanaman bunga mawar terus berusaha un­tuk membiakkan mawar biru. Sayangnya, upaya mereka cende­rung tanpa hasil. Akan tetapi saat...
Selengkapnya

Elite Jaga Tindak Tanduk

Sabtu 13/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sekarang ini para elite politik semakin ngawur dalam bertindak tanduk. Mereka tidak bisa menempatkan diri. Mereka tidak bisa melihat kehormatan yang disandang dengan posisi tertentu yang dia pegang. Contoh, Fadli Zon, yang merupakan...
Selengkapnya

Mengungkap Rahasia Tanaman Lavender

Sabtu 13/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah tim peneliti berhasil mengidentifikasi susunan genetik lengkap dari tanaman lavender, Lavandula angustifolia. Temuan ini membuka peluang untuk mengekplorasi lebih lanjut potensi dari tanaman lavender termasuk kegunaanya di masa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta