Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | January 21 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Segera Bangun Industri Substitusi Impor

Selasa 21/1/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
>> Guna mengurangi impor bahan baku perlu bangun substitusi impornya. >> Ekspor dan impor Indonesia hanya terkonsentrasi pada beberapa negara. JAKARTA –...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Segera Bangun Industri Substitusi Impor

Selasa 21/1/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

>> Guna mengurangi impor bahan baku perlu bangun substitusi impornya.

>> Ekspor dan impor Indonesia hanya terkonsentrasi pada beberapa negara.

JAKARTA – Upaya pembatasan atau pengendalian impor dinilai membutuh­kan waktu karena harus mempersiap­kan industri substitusi impornya. Oleh karena itu, kebijakan pengendalian im­por mesti dijalankan sekarang juga agar Indonesia tidak kembali tertinggal de­ngan negara tetangga.

Pemerintah diminta segera mengek­sekusi apa yang bisa dijalankan saat ini, dan para menteri serta pejabat negara le­bih fokus membela industri nasional dari­pada memajukan industri negara ekspor­tir dengan berbagai kemudahan impor.

Peneliti ekonomi Indef, Andry Satrio Nugroho, mengatakan impor 2019 diban­dingkan tahun sebelumnya memang me­nurun, tetapi yang penurunannya terkecil berada pada sektor barang konsumsi.

Meskipun impor terbesar ada pada impor bahan baku dan barang modal, tetapi impor konsumsi perlu diantisipa­si. “Cara menekan impor tentu dengan meningkatkan produksi dan proses hi­lirisasi lebih besar lagi di dalam negeri. Melalui cara tersebut produk siap kon­sumsi dapat meningkat kembali,” papar dia, di Jakarta, Senin (20/1).

Sepanjang 2019, defisit neraca perda­gangan Indonesia mencapai 3,2 miliar dollar AS. Defisit itu terjadi dalam tren pe­nyusutan ekspor serta penurunan impor.

Andry pun menilai sebenarnya su­dah banyak insentif maupun fasilitas yang diberikan pemerintah, tetapi ku­rang efektif karena tidak spesifik. Sebab, tidak semua industri berharap insentif apalagi insentif fiskal yang serupa.

“Jadi, Kementerian Perindustrian bisa punya peta permasalahan subsek­tor industri manufaktur dari hulu, an­tara dan hilir,” tambah dia.

Selain masalah fasilitas yang kurang efektif, persoalan lain ketersediaan bahan baku atau mahalnya harga energi. “Ini ha­rus diselesaikan karena mengganggu pro­duktivitas industri,” tukas Andry.

Sedangkan ekonom senior, Ferry Latuhihin, menyatakan ada tiga hal yang bisa dikejar untuk mengurangi impor se­cara signifikan, yakni pertama, kesadaran bahwa tidak akan terjadi semalam, na­mun perlu perencanaan yang ditaati ek­sekusinya. Kedua, memasukkan industri manufaktur Tiongkok agar landscape industri di Tanah Air berubah. Ketiga, memulai sendiri dengan yang bisa kita kerjakan secepatnya dan kompetitif.

“Tiongkok pun mengundang inves­tor dari seluruh dunia untuk masuk ke sana dengan segala kemudahan. Tentu­nya, dengan kerja sama dengan partner lokal sehingga ada transfer knowledge, ada serapan tenaga kerja, ada pajak, dan kurangi defisit,” papar Ferry.

Untuk memulai industri manufaktur Indonesia mesti mulai dari yang Indo­nesia punya dan bisa menang. Misalnya, pertanian. Sangat lucu Indonesia masih impor beras, bawang merah, hingga ga­ram, padahal semuanya berlimpah.

“Jadi seperti tidak ada pembuat ke­bijakan. Itu masalahnya, tidak ada kebi­jakan yang jelas untuk masa depan pro­duksi nasional,” kata Ferry.

Konsentrasi Pasar

Ekonom Lembaga Penyelidikan dan Ekonomi Masyarakat Universitas Indo­nesia (LPEM-UI), Mohamad D Revindo, mengatakan ekspor dan impor Indone­sia yang terkonsentrasi pada beberapa negara menjadi salah satu penyebab neraca perdagangan sering defisit.

“Negara tujuan ekspor Indonesia ha­nya lima negara, antara lain Tiongkok, Singapura, dan Amerika Serikat dengan pangsa pada 2001 sekitar 58 persen. Kini sudah membaik menjadi 50 persen,” kata dia, belum lama ini.

Demikian pula impor juga terkon­sentasi dari beberapa negara. Jika negara tersebut mengalami gangguan ekonomi, otomatis berpengaruh ke Indonesia. “Jadi, volume ekspor sebenarnya tumbuh, tetapi nilainya turun. Sedangkan impor tetap, namun nilainya cenderung naik sehingga menyumbang defisit,” jelas Revindo.

Apalagi, impor Indonesia saat ini se­kitar 74 persen adalah bahan baku. Un­tuk mengurangi impor bahan baku ter­sebut perlu membangun industri dalam negeri yang bisa menjadi substitusi ba­han baku impor.

Sementara itu, pengamat Kebijak­an Publik dari Universitas Brawijaya, Malang, Imam Hanafi, mengatakan impor terutama pangan, harus meme­nuhi kaidah kebijakan impor sebagai kebutuhan, bukan keinginan.

“Jika tidak ada situasi dan atau kon­disi yang dipersyaratkan impor pangan dilakukan untuk mengatasi dan sebagai antisipasi kegawat-daruratan pangan, maka impor pangan itu murni untuk me­menuhi keinginan para pemburu rente,” tegas dia. YK/SB/ers/WP

Tampilkan Semua

Presiden Ingin Turis Tinggal Lama di Labuan Bajo

Selasa 21/1/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
MANGGARAI BARAT – Presiden Joko Widodo meng­inginkan agar para wisatawan yang datang ke kawasan wisata premium Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Teng­gara Timur (NTT), dapat tinggal lebih lama. “Kawasan wisata...
Selengkapnya

Oknum OJK Diduga Terlibat

Selasa 21/1/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Kejaksaan Agung tengah menelusuri oknum Otoritas Jasa Keuangan yang diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi di Jiwasraya.   JAKARTA – Jaksa Agung ST Burhanuddin menduga ada oknum di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang...
Selengkapnya

SEKOLAH RUSAK DI BEKASI

Selasa 21/1/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
SEKOLAH RUSAK DI BEKASI - Siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Samudrajaya 04 mengikuti kegiatan belajar mengajar di ruang kelas yang bagian atapnya rusak, di daerah Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat Senin (20/1). Menurut pihak...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Kembali Lima WNI Diculik di Perairan Malaysia

Sabtu 18/1/2020 | 11:05
A   A   A   Pengaturan Font

NUNUKAN - Penculikan warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Sabah Malaysia di perairan Tambisan, Tungku Lahad Datu, Sabah, Malaysia, kembali terjadi. Dari delapan kru kapal semuanya WNI, lima orang diculik dan tiga lainnya dibebaskan bersama kapalnya.

Informasi yang diperoleh melalui siaran tertulis aparat kepolisian Tambisan, Sabtu (18/1) menyebutkan lokasi penculikan tidak jauh dari kasus yang menimpa Muhammad Farhan Cs pada 23 September 2020 tepatnya di perairan Tambisan Tungku Lahad Datu.

Kali ini kejadiannya berlangsung pada Kamis (16/1) sekira pukul 20.00 waktu setempat saat kedelapan WNI ini menangkap ikan menggunakan kapal kayu dengan izin terdaftar Nomor SSK 00543/F.

Musibah terhadap kedelapan WNI yang menggunakan kapal yang terdaftar atas nama majikan di Sandakan ini diterima laporannya oleh aparat kepolisian maritim Lahad Datu pada Jumat (17/1) sekira pukul 13.17 waktu setempat.

Setelah mendapatkan laporan itu, aparat kepolisian negara itu bergerak melajukan pencarian akhirnya melihat kapal bergerak dari arah Filipina memasuki perairan Malaysia. Keberadaan kapal yang digunakan WNI tersebut terpantau radar Pos ATM Tambisan pada Jumat sekira pukul 21.10 waktu setempat.

Aparat kepolisian maritim Lahad Datu menahan kapal tersebut sambil melakukan penggeledahan dan ditemukan tiga kru semuanya WNI. Ketiga WNI yang ditemukan bersama kapalnya adalah Abdul Latif, 37 tahun, Daeng Akbal, 20 tahun, dan Pian bin Janiru, 36 tahun.

Sedangkan lima rekannya yakni Arsyad bin Dahlan, 42 tahun, selaku juragan, Arizal Kastamiran, 29 tahun, La Baa, 32 tahun, Riswanto bin Hayono, 27 tahun, dan Edi bin Lawalopo, 53 tahun, dipastikan disandera.           

“Hasil interogasi terhadap ketiga WNI yang dilepaskan menceritakan bahwa pada saat sedang menangkap ikan didatangi enam orang bertopeng menggunakan kapal cepat,” demikian bunyi siaran tertulis aparat kepolisian maritim Lahad Datu.

“Setelah itu, langsung dibawa bersama kapalnya ke wilayah perairan Filipina. Namun hanya lima rekannya yang disandera sedangkan tiga orang dibiarkan pulang untuk membawa kapalnya kembali ke Tambisan,” imbuh mereka.

Aparat kepolisian Lahad Datu berjanji akan melakukan penyelidikan setelah menerima laporan dari korban.

Sebelumnya, Konsul RI Tawau, Sulistijo Djati Ismoyo pernah menyatakan, agar tidak ada lagi kasus penculikan terhadap WNI pasca penyelamatan Muhammad Farhan, 27 tahun, dari sandera Kelompok Abu Sayyaf. Pada kesempatan itu, Djati sapaan Konsul RI Tawau ini mengingatkan WNI yang beraktifitas di laut agar menjaga keselamatan dan waspada terhadap segala kemungkinan yang mencurigakan. Ant/ils

Tampilkan Semua

Uji Materi UU KPK

Kamis 9/1/2020 | 08:17
A   A   A   Pengaturan Font
Pemohon uji materi UU KPK, Erry Riyana Hardjapamekas (kanan) bersama pemohon lainnya meninggalkan ruangan seusai mengikuti uji materi, di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Rabu (8/1). Sidang uji materi perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002...
Selengkapnya

KPUD Diminta Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Selasa 7/1/2020 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
Semua pihak harus sinergis membantu KPU melakukan sosialisasi Pilkada 2020 ke masyarakat agar partisipasi pemilih dapat meningkat.   METRO – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid Tanthowi meminta KPU provinsi...
Selengkapnya

Sidang Paripurna DPD

Selasa 7/1/2020 | 08:28
A   A   A   Pengaturan Font
Senator asal Kepulauan Riau, Ria Saptarika (kanan) menyampaikan laporan hasil reses saat sidang paripurna ke-7 DPD, di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (6/1). Sidang di antaranya mengagendakan Pembukaan Masa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Kesepakatan Dagang dengan Tiongkok Untungkan Petani AS

Selasa 21/1/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font

AUSTIN – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyatakan kesepakatan da­gang dengan Tiongkok akan menguntungkan petani dan pe­milik peternakan. Sebab, Tiong­kok akan membeli besar-be­saran produk pertanian AS.

Hal itu disampaikan Trump pada pertemuan tahunan Ame­rican Farm Bureau Federation di Austin, Texas, Minggu (19/1).

Trump juga melambaikan salinan survei Farm Journal dengan mengatakan telah mendapatkan dukungan luas dari para petani dan peternak.

“Kalian tetap bertarung. Anda semua selalu bersama saya. Kalian tidak pernah ber­pikir untuk menyerah dan kita menyelesaikannya,” kata Trump di negara bagian yang menjadi basis suara pendukung pada Pemilihan Presiden 2016.

Pemimpin dari Partai Repu­blik itu mengatakan perjanjian dagang fase pertama dengan Tiongkok menjadi awal penda­patan besar bagi para petani. Dia juga berterima kasih para petani dan peternak yang te­tap mendukungnya setelah dia menggelontorkan dana talang­an puluhan triliun kepada para produser yang terkena tarif im­por oleh Tiongkok.

Trump juga bercerita soal sidang pemakzulan dirinya di Senat yang akan dimulai pada Selasa (22/1).

“Saya dimakzulkan oleh orang-orang gila radikal kiri ini. Tapi tidak apa-apa. Para petani mendukung Trump,” kata dia.

Pada bagian lain, Trump mengungkapkan telah meng­ambil kebijakan melindungi hak air para petani dan peter­nak dengan mengarahkan Ko­rps Insinyur Angkatan Darat untuk segera menarik aturan pasokan air baru. Kebijakan ini juga akan membuat negara ba­gian dapat mengelola sumber daya air berdasarkan kebutuh­annya sendiri dan sesuai ke­butuhan komunitas pertanian.

“Air adalah sumber ke­hidupan pertanian dan kami akan selalu melindungi pa­sokan air Anda,” kata Trump.

Rabu lalu, Trump menan­datangani kesepakatan perda­gangan fase satu dengan Tiong­kok di Gedung Putih. Dengan kesepakatan itu, mulai tahun ini Beijing akan meningkat­kan impor produk manufaktur, energi, dan pertanian AS sebe­sar 200 miliar AS.

Kesepakatan itu termasuk pembelian kedelai yang lebih besar dan produk pertanian lain yang nilainya mencapai sekitar 40 miliar dollar AS per tahun, meskipun para kritik­us meragukan kemampuan Tiongkok mencapai target itu.

Trump juga menyinggung keputusan Senat AS yang men­dukung Perjanjian AS-Mek­siko-Kanada (USMCA), yang merupakan kelanjutan dari Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara 1994 atau NAF­TA. Pemerintahannya meran­cang perjanjian baru untuk me­ngembalikan beberapa pabrik ke Amerika Serikat, sebagian besar industri kendaraan.

Trump mengatakan petani AS juga akan mendapat man­faat di bawah USMCA, karena akan meningkatkan ekspor se­cara besar-besaran bagi petani, peternak, petani dari belahan utara sampai selatan AS. “Dan dari laut ke laut yang bersinar,” ujarnya. AFP/SB/AR-2

Tampilkan Semua

Lima Anggota Abu Sayyaf Tewas

Selasa 21/1/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
MANILA – Angkatan ber­senjata Filipina menembak mati lima anggota kelompok bersenjata Abu Sayyaf di ka­wasan Barangay Lakit-Lakit, Tawi-Tawi dan Pulau Sulare pada akhir pekan lalu. Diduga kuat mereka adalah orang-orang yang...
Selengkapnya

Tiongkok Minta Kanada Bebaskan Petinggi Huawei

Senin 20/1/2020 | 18:10
A   A   A   Pengaturan Font
BEIJING - Tiongkok kembali meminta Kanada untuk membebaskan Chief Financial Officer Huawei, Meng Wanzhou, yang ditahan sejak tahun lalu. "Tekad pemerintah Tiongkok untuk melindungi warga negara adalah tegas dan tidak tergoyahkan," kata...
Selengkapnya

Tiongkok akan Pangkas Penggunaan Plastik pada 2025

Senin 20/1/2020 | 17:58
A   A   A   Pengaturan Font
BEIJING – Pemerintah Tiongkok dalam keterangan pers yang dipublikasikan pada Minggu (19/1) menyatakan akan memangkas penggunaan atau melarang produksi plastik yang tak ramah lingkungan dalam kurun waktu lima tahun ke depan demi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Kantor Capem Syariah BTN

Selasa 21/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Produksi Tempe

Selasa 21/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Harga Jual Turun

Selasa 21/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Belanja Modal MIND ID Capai Rp24 Triliun

Selasa 21/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Direktur Utama MIND ID (holding tambang) Orias Petrus Moedak mengatakan total investasi yang dikeluarkan untuk tahun 2020 mencapai sebesar 24 triliun rupiah. “Itu total untuk proyek tahun ini, yang diinvestasikan, dari...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

PLN: Sistem Kelistrikan Kalselteng Telah Pulih 100 Persen

Senin 20/1/2020 | 18:19
A   A   A   Pengaturan Font

BANJARBARU- PT PLN (Persero) pada Senin (20/1) memastikan sistem kelistrikan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah telah pulih 100 persen setelah mengalami gangguan pada Minggu (19/1) sore akibat faktor alam yakni tersambar petir.

“145 feeder telah normal pukul 15.50 Wita, sehingga suplai listrik ke pelanggan juga telah kembali normal,” kata Syamsu Noor, Manajer Komunikasi PLN Kalselteng di Banjarbaru "Saat ini, sistem kelistrikan yang sebelumnya mengalami gangguan sudah dapat kami pastikan pulih 100 persen. Suplai listrik telah dapat dinikmati pelanggan kembali setelah sebelumnya padam," imbuh dia.

Syamsu mengatakan, PLN bersyukur karena proses penormalan jaringan transmisi yang mengalami gangguan akibat sambaran petir dapat berjalan aman dan lancar tanpa ada kendala yang berarti di lapangan. Ditekankannya, dengan telah normalnya sistem kelistrikan yang melayani dua provinsi itu, PLN memastikan segala informasi yang mengatakan proses penormalan membutuhkan waktu berhari-hari adalah tidak benar.

"Kami pastikan seluruh proses penormalan jaringan transmisi telah selesai dan sudah tidak ada lagi daerah yang terdampak gangguan berupa pemadaman listrik baik di Kalsel maupun Kalteng," ungkap dia.

Dikatakannya pula bahwa PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan akibat gangguan. Selain itu PLN berterima kasih kepada pelanggan atas kesabaran maupun dukungan semua pihak selama proses penormalan sistem kelistrikan.

Sistem kelistrikan Kalselteng mengalami gangguan akibat jalur transmisi saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) antara Gardu Induk (GI) Cempaka dan GI Pelaihari disambar petir. Gangguan alam itu menyebabkan sistem kelistrikan interkoneksi Kalselteng dengan Kaltim terlepas. Dampaknya beberapa pembangkit besar seperti PLTU Asam Asam, PLTU Pulang Pisau dan PLTA PM Noor keluar dari sistem kelistrikan.

Dampak lainnya, 22 gardu induk yang tersebar di beberapa wilayah baik Kalsel maupun Kalteng padam, sehingga suplai listrik ke pelanggan yang tersebar pada dua provinsi bertetangga itu terhenti. Ant/ils

Tampilkan Semua

Dua Bunga Rafflesia Mekar di Kawasan Hutan Danau Maninjau

Senin 20/1/2020 | 12:36
A   A   A   Pengaturan Font
LUBUKBASUNG - Dua Bunga Raflesia jenis Arnoldii mekar hampir bersamaan di kawasan hutan Danau Maninjau di Jorong Data Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pengendali Ekosistem Hutan...
Selengkapnya

10 Korban Jembatan Putus di Bengkulu Ditemukan

Senin 20/1/2020 | 12:16
A   A   A   Pengaturan Font
BENGKULU - Tim pencari dan penyelamat (SAR) telah menemukan seluruh korban hanyut dan meninggal dunia dalam insiden jembatan putus di Desa Bungin Tambun III Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, berjumlah 10...
Selengkapnya

Jembatan Gantung Putus di Bengkulu, 4 Warga Tewas

Senin 20/1/2020 | 11:21
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Jembatan gantung putus diterjang banjir bandang di wilayah Desa Manau Sembilan II, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Bengkulu, Minggu (19/1), pukul 15.00 WIB menyebabkan empat meninggal dunia sementara enam lainnya...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Pemenang Lomba Nippon Paint

Senin 20/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Senior Sales Manager Project Nippon Paint Indonesia, Ramadhan Effendi (kiri) bersama Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, Linda Kam (kanan) berbincang dengan penerima gold winner Asia Young Designer Awards (AYDA) Indonesia 2019/20 kategori Desain Interior dan arsitektur, Jakarta, Sabtu (18/1).Melalui AYDA, Nippon Paint akan terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan industri kreatif Arsitektur dan Desain Interior di Indonesia. Dengan harapan ke depannya para peserta AYDA dapat memberikan kontribusi nyata terhadap Negara Republik Indonesia.

Tampilkan Semua

Bangunan Perlu Perlindungan Asuransi

Senin 20/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Properti tidak sekedar menjadi investasi. Yang tidak kalah penting, properti perlu mendapat perlindungan asuransi. Pasalnya asuransi properti dapat mengurangi kerugian bila terjadi kerusakan-kerusakan. Upaya perlindungan tersebut bukan...
Selengkapnya

Tandatangani Kerja Sama

Jumat 17/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kepala Divisi EPC PT PP (Persero) Tbk, Nurlistyo Hadi (keempat kiri) disaksikan Direktur Operasi 3 PT PP (Persero) Tbk, Abdul Haris Tatang (kiri) saat penandatanganan kontrak Pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery bersama China...
Selengkapnya

Hunian Premium sebagai Gaya Hidup

Jumat 17/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk kalangan menengah atas, hunian tidak lagi sebatas tempat tinggal maupun tempat berteduh. Hunian telah bergeser sebagai gaya hidup yang mampu memberikan sisi pembeda. Bagaikan barang branded, hunianpun telah mengakomodasi kebutuhan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Lepas Peserta Lomba

Selasa 21/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Direktur Digital Business Telkom Faizal R. Djoemadi (keempat dari kanan) bersama CEO PT Sarana Usaha Sejahtera InsanPalapa (TelkoMedika) Bambang Lusmiadi (keempat dari kanan), Ketua Yayasan Kesehatan Telkom Aris Hartoni (ketiga dari kanan), CEO PT Administrasi Medika (AdMedika) Budi Setyawan Wijaya (kedua dari kanan), dan Direktur Operasional & Marketing TelkoMedika dr. Monica M. Sihombing (paling kanan) bersiap melakukan flag off acara “Fun Run The Ramp” HUT ke-6 TelkoMedika di kawasan The Telkom Hub Jakarta, Sabtu (18/1)

Tampilkan Semua

Portal Informasi Lengkap Bencana Banjir

Selasa 21/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Curah hujan yang tinggi pada 1 Januari 2020 telah menyebabkan bencana banjir di beberapa tempat di wilayah Jabodetabek. Banjir awal tahun ini Sungai Ciliwung dan Cisadane meluap, serta sejumlah pintu air diberi status darurat. Sebanyak...
Selengkapnya

Validasi Identitas untuk Cegah Kejahatan

Selasa 21/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tengah maraknya uang elektronik dalam bentuk dompet digital, salah satu yang perlu dipastikan adalah dari sisi keamanan. Jangan sampai dompet digital tersebut digunakan untuk tindak kejahatan, seperti pencucian uang, pendanaan...
Selengkapnya

Google Segera Rilis Dua Ponsel Seri Menengah

Sabtu 18/1/2020 | 08:50
A   A   A   Pengaturan Font
MENLO PARK - Google memperkenalkan jajaran ponsel seri menengah atau mid-range untuk pertama kalinya pada 2019, dan bocoran laporan penerus perangkat tersebut dilaporkan telah hadir. “Ponsel tahun 2020 yang seharusnya disebut...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

All New Kia Seltos Siap Meluncur di Jalanan Indonesia

Senin 20/1/2020 | 12:46
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Produsen kendaraan asal Korea Selatan, KIA di bawah PT Kereta Indo Artha (KIA) sebagai agen pemegang merek di Indonesia resmi meluncurkan kendaraan All New Kia Seltos seharga 295 juta rupiah on the road untuk varian E. Sedangkan untuk varian tertinggi EX+ KIA Seltos dibanderol 320 juta rupiah on the road.

“All New Kia Seltos adalah sebuah kendaraan yang penting untuk perluasan jejak global KIA. Kia Seltos sendiri hadir dengan mengadopsi desain, kualitas dan teknologi yang memang dibutuhkan konsumen di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT KIA, Andrew Nasuri dalam sambutannya saat peluncuran di Jakarta, Senin (20/1).

"Dengan All New Kia Seltos, kami membidik konsumen muda yang dekat dan sangat paham dengan teknologi, karena mobil ini sarat dengan teknologi dan perangkat keselamatan yang juga sangat mutakhir," imbuh Andrew.

Pertama kali diluncurkan di India, All New Kia Seltos menghadirkan terobosan terbaru di segmen itu. Mobil ini membawa nilai lebih dengan desain yang menarik dan menghadirkan banyak teknologi mutakhir di dalamnya. Mobil ini juga didesain memiliki kepraktisan yang tinggi untuk membawa lima orang penumpang dengan nyaman, ditambah fitur keselamatan yang lengkap.

Mobil berjenis SUV ini diyakini memiliki jelajah yang mewarisi dasar SUV Kia, dengan memiliki kapabilitas untuk diajak ke beragam medan melalui ground clearance tinggi. Bagian dapur pacu, mobil SUV ini didukung dengan mesin berkapasitas 1,4 liter turbo serta kedinamisan transmisi DCT.

Mobil ini hadir dengan tiga varian, E, EX dan EX+. All new Kia Seltos juga hadir dalam enam pilihan warna, yaitu Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange. Ant/ils

Tampilkan Semua

BMW akan Tutup Sementara Pabrik Utama di Munich

Senin 20/1/2020 | 11:13
A   A   A   Pengaturan Font
MUNICH - BMW akan menutup sementara pabrik utamanya di Munich, Jerman pada musim panas ini selama enam pekan. Penutupan itu dimaksudkan agar BMW bisa melengkapi dan memodifikasi lebih dari seribu robot sebagai persiapan untuk memproduksi...
Selengkapnya

Nissan Sematkan Teknologi e-4ORCE di Mobil Listrik

Jumat 17/1/2020 | 10:31
A   A   A   Pengaturan Font
LAS VEGAS - Nissan meningkatkan kemampuan kinerja kendaraan listrik dengan teknologi all-wheel-control twin-motor baru yang disebut e-4ORCE. Teknologi ini memberikan torsi instan ke keempat roda untuk menghasilkan tenaga yang seimbang...
Selengkapnya

Hyundai Genesis Luncurkan SUV Pertama

Rabu 15/1/2020 | 14:45
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL - Hyundai meluncurkan Genesis GV80 guna menyongsong lonjakan permintaan kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV). GV80 adalah SUV pertama di bawah merek Genesis, namun menjadi model keempat dalam jajaran mobil Genesis yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Djokovic dan Para Unggulan Lewati Putaran Pertama

Selasa 21/1/2020 | 05:12
A   A   A   Pengaturan Font

MELBOURNE - Novak Djokovic melewati halangan yang berat pada putaran pertama untuk bergabung dengan Roger Federer dan Serena Williams di putaran kedua Australia Open, di mana hujan deras menyebabkan kekacauan pada Senin malam waktu setempat atau Seasa (21/1) dini hari WIB, yang memaksa penyelenggara untuk menunda sejumlah pertandingan.

Juara bertahan Australia Open asal Serbia itu harus berkeringat sebelum mengalahkan Jan-Lennard Struff dari Jerman dalam empat set 7-6 (7/5), 6-2, 2-6, 6-1 pada hari pertama, ketika kekhawatiran akan polusi udara digantikan oleh gangguan yang disebabkan oleh hujan.

Sementara permainan berlanjut di tiga stadion dengan atap yang bisa dibuka, setengah dari 64 pertandingan yang dijadwalkan Senin ditunda, sehingga dipastikan akan banyak pertandingan untuk hari Selasa.

Kondisi basah tidak biasa dalam Australia Open tahun ini, yang semula lebih banyak menghadapi gangguan cuaca panas ekstrem dan kabut asap dari kebakaran hutan sejak babak kualifikasi, yang mengakibatkan sejumlah pemain menderita batuk dan masalah pernapasan.

Kualitas udara dinilai 'baik' saat putaran pertama dimulai pada Senin, tetapi sekitar empat jam kemudian permainan di lapangan terbuka harus ditunda karena hujan deras di Melbourne.

Petenis nomor tiga dunia Federer sempat keluar lapangan sementara atap Rod Laver Arena ditutup sebelum kembali untuk menyelesaikan kemenangan 6-3, 6-2, 6-2 atas petenis Amerika Steve Johnson.

Serena Williams, yang sedang mengejar gelar Grand Slam ke-24, memenangi set pertama melawan Anastasia Potapova hanya dalam 19 menit saat ia meraih kemenangan 6-0, 6-3 dalam waktu kurang dari satu jam.

"Saya merasa saya masih bisa meningkatkan dan menjadi lebih baik sepanjang turnamen ini, pasti. Ini adalah batu loncatan yang baik untuk saat ini," kata Williams.

Namun, kakak tertua Williams, Venus, tersisih setelah dikalahkan Coco Gauff yang berusia 15 tahun, yang menang 7-6 (7/5), 6-3.

Hasil itu mengulang kekalahan Venus pada putaran pertama di Wimbledon tahun lalu.

Sementara itu Djokovic usai kemenangan itu mengakui ada banyak tekanan dan emosi yang berbeda dalam dirinya.

Di akhir pertandingan, juara bertahan Djokovic menjatuhkan set pertamanya sejak 2006 di babak pembukaan sebelum pulih untuk mengalahkan Jan-Lennard Struff 7-6 (7/5), 6-2, 2-6, 6-1.

"Ada banyak tekanan dan banyak emosi berbeda yang terlibat. Saya berusaha mengingatkan diri sendiri untuk tetap hadir dan benar-benar menikmati pertandingan ini," kata pemenang Australia Open tujuh kali ini, juga mencatat kemenangan ke-900 dalam turnamen level tour.

Di kelompok putri kejutan terbesar terjadi ketika mantan juara US Open Sloane Stephens tersingkir pada putaran putaran pertama setelah dikalahkan dalam tiga set oleh Zhang Shuai dari Tiongkok. Kekalahan di putaran pertemna di Melbourne merupakan yang keempat kalinya dialami Stephens.Ant/S-1

Tampilkan Semua

Madrid Kontrak Talenta Muda Asal Brasil

Selasa 21/1/2020 | 05:03
A   A   A   Pengaturan Font
MADRID- Real Madrid menuntaskan penandatanganan kesepakatan dengan pemain muda berbakat Brasil Reinier dari Flamengo dengan kontrak berdurasi enam setengah tahun, kata klub raksasa Spanyol itu pada Senin waktu setempat atau selasa...
Selengkapnya

Ingin Hengkang ke Atletico Madrid

Selasa 21/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Edinson Cavani mengatakan kepada Paris Saint-Germain (PSG) bahwa dia ingin pergi dan bergabung ke Atletico Madrid. Demikian diungkap kata direktur olahraga PSG, Leonardo, Minggu (19/1) waktu setempat. “Memang benar bahwa hari ini...
Selengkapnya

Langkah Besar “The Reds” Menuju Gelar

Selasa 21/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kemenangan atas Manchester United di Anfield membuat suporter Liverpool yakin mereka bakal juara musim ini.  LIVERPOOL - Penggemar Liverpool kini bisa berharap untuk mewujudkan mimpi tim kesayangan mereka meraih gelar untuk kali...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Memupuk Loyalitas Karyawan

Senin 20/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, perusahaan kami baru merekrut karyawan-karyawan baru fresh graduate dari universitas negeri ternama. Mereka cerdas, penuh semangat, kompetitif dan juga abisius. Merekrut mereka tidak mudah dan perusahaan juga memberi gaji tinggi. Mohon advis Ibu cara agar mereka loyal terhadap perusahaan?

Jawaban:

Karyawan adalah aset terbesar perusahaan. Karena itu, wajar jika banyak bos yang tidak ingin kehilangan karyawannya yang berkualitas. Tetapi kesempatan berkarir yang semakin luas belakangan tidak mampu menahan karyawan untuk mengejar karir yang lebih baik. Apalagi jika mereka tidak mendapat kepuasan di tempat kerja terakhir.

Begitu kesempatan baik datang, mereka tidak akan menunda-nunda lagi untuk resign dan pindah kerja. Nah, sebagai bos, jika Bapak/ Ibu tidak ingin kehilangan karyawan yang potensial perlu menerapkan beberapa taktik agar mereka loyal terhadap perusahaan. Perlu dicatat, gaji besar tidak menjamin loyalitas karyawan.

Ada hal lain yang saling terkait membuat seseorang memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan. Silakan disimak kiat-kiat berikut: – Ketahuilah minat dan keterampilan serta kemampuan tiap-tiap karyawan.

Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka, Bapak/Ibu jadi lebih mudah untuk memberi tugas yang sesuai dengan keterampilan dan minat masing-masing. – Tanamkan kepercayaan diri pada karyawan. Bila karyawan gagal mengerjakan sesuatu, luangkan sedikit waktu untuk membahas masalah yang mereka hadapi.

Beri kesempatan mereka untuk mencobanya lagi saat sudah mengetahui letak kesalahannya. Hal ini akan mengembalikan kepercayaan diri mereka untuk menghasilkan yang terbaik. – Jika mereka berhasil mengerjakan tugas, berikan pujian dengan tulus. Walau terkesan sepele, pujian membuat karyawan merasa dihargai dan diakui.

Hal ini dapat membangkitkan semangat mereka dalam mengerjakan tugas sehari-hari. – Berikan mereka kepercayaan dalam mengerjakan tugas. Mengontrol pekerjaan mereka boleh aja, tetapi jangan terlalu mengatur ataupun mencampuri pekerjaan karyawan. Berikan mereka kebebasan sekaligus tanggung jawab.

Berikan tenggat yang jelas waktu tugas-tugas tersebut harus selesai, tanpa perlu mengetahui setiap langkah mereka. – Beri mereka tantangan. Cara terbaik untuk mempertahankan karyawan adalah dengan memastikan bahwa mereka terus belajar. Hindari pekerjaan yang monoton. Berikan sedikit variasi pada pekerjaan mereka.

Sesekali coba beri mereka tugas yang belum pernah mereka kerjakan. Tetapi tentu saja sejauh masih sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas mereka. – Libatkan mereka dalam membuat keputusan.

Dengarkan saran, pendapat dan kritik dari mereka. Dengan demikian mereka pun merasa lebih dihargai dan akan merasa lebih memiliki perusahaan. Selain itu mereka akan merasakan kebersamaan di kantor.

Cara ini terbukti dapat menumbuhkan loyalitas. Dengan demikian, mereka pun akan lebih betah dan merasa memiliki perusahaan (sense of belonging) sehingga mereka akan merasa sangat keberatan bila meninggalkan kantor dan pekerjaannya saat ini. Tapi jika tawaran di luar sangat menarik dan mereka tetap memilih pindah, apa boleh buat.

Sebagai atasan yang bijaksana Bapak/Ibu tetap harus mendukung keputusannya. Yang penting sebagai atasan terus memotivasi dan menumbuhkan semangat loyalitas karyawan.

Tampilkan Semua

Prolegnas Ambisius

Sabtu 18/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setiap akhir tahun, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selalu mengeluarkan daftar Rancangan Undang-undang (RUU) prioritas yang akan dibahas pada tahun berikutnya. Daftar itu menjadi acuan kinerja Dewan Perwakilan Rakyat bersama pemerintah...
Selengkapnya

Mengapa Harus Impor Garam?

Jumat 17/1/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Garam merupakan bahan baku dan bahan penolong bagi industri. Untuk industri makanan dan minu­man, misalnya, minimal kadar NaCl sebesar 97 persen, sementara kebanyakan garam lokal diklaim tak memenuhi spesifikasi untuk kebutuhan...
Selengkapnya

Babak Baru Kasus Jiwasraya

Kamis 16/1/2020 | 09:09
A   A   A   Pengaturan Font
Kasus demi kasus terkuak di tubuh perusahaan milik Pemerintah, mulai kasus Garuda Indonesia, kasus Jiwasraya, dan juga Asabri. Kemenierain yang dipimpin Erick Tohir ini benar-benar harus bekerja ektra keras untuk mengungkap dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Benarkah Ganja Mampu Hilangkan Nyeri Kronis?

Selasa 21/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Laporan media di Selandia Baru tentang nyeri kronis yang fokus pada perawatan melibatkan opioid dan ganja, mengubah paradigma terkait praktik terbaik yakni pengobatan non-obat.

Nyeri kronis, didefinisikan sebagai nyeri persisten atau berulang yang muncul selama lebih dari tiga bulan, adalah penyebab utama kecacatan di seluruh dunia dan memengaruhi satu dari lima warga Selandia Baru.

Para peneliti menganalisis 240 artikel berita tentang nyeri kronis yang dipublikasikan di media berita Selandia Baru antara Januari 2015 - Juni 2019. Laporan mereka dipublikasikan dalam edisi terbaru New Zealand Medical Journal. Hemakumar Devan, profesor di Pusat Penelitian Kesehatan, Aktivitas dan Rehabilitasi di University of Otago, Sekolah Fisioterapi Wellington, New Zealand, mengatakan beberapa berita yang memuat informasi tentang perawatan non-farmasi untuk nyeri kronis, meskipun ini adalah pilihan yang lebih disukai untuk sebagian besar kondisi nyeri kronis.

“Strategi farmakologis hanya direkomendasikan untuk beberapa kondisi nyeri kronis, seperti nyeri kanker dan nyeri neuropatik. Untuk kondisi nyeri lainnya, perawatan obat dianjurkan untuk digunakan dengan hati-hati, karena efek samping potensial dan efektivitas jangka panjang yang terbatas,” ungkapnya 

Dia mengatakan liputan media tentang perawatan farmasi untuk nyeri kronis berfokus hampir seluruhnya pada obat penghilang rasa sakit dan ganja berbasis opioid.

Cerita tentang opioid menyebutkan ketidakefektifan mereka dalam mengobati nyeri kronis dan potensi mereka untuk ketergantungan dan kecanduan, sementara laporan tentang ganja obat menggambarkannya sebagai pengobatan yang efektif dan aman dengan efek samping minimal. Ini terlepas dari kurangnya bukti ilmiah guna mendukung penggunaan jangka panjang untuk nyeri kronis.

“Kisah-kisah pengalaman pribadi tentang ganja berfokus pada efek positif dan lebih sedikit efek samping dibandingkan dengan analgesik berbasis opioid. Namun, ada bukti terbatas yang menunjukkan ganja sebagai pengganti opioid dan kurangnya bukti berkualitas tinggi untuk mendukung penggunaannya, misalnya ganja untuk sakit kronis.

Tidak ada pelaporan tentang efek samping potensial dari penggunaan ganja obat, seperti defisit kognitif, ketergantungan dan perubahan suasana hati, yang khususnya dapat mempengaruhi orang muda,” urainya. Para peneliti juga menemukan liputan media didominasi oleh perjuangan yang terkait dengan hidup dalam rasa sakit kronis, dengan sedikit perhatian diberikan pada sumber daya yang tersedia guna mendukung orang untuk mengelola rasa sakit dan menjalani kehidupan yang bermakna.

“Strategi manajemen diri berbasis non-obat, yang meliputi olahraga, relaksasi dan perawatan perilaku kognitif, merupakan komponen kunci dalam mengelola nyeri kronis dan terbukti efektif dalam jangka panjang,” tambahnya.

Devan mengatakan kesulitan yang dihadapi pasien dalam mengakses layanan nyeri karena kurangnya profesional kesehatan multidisiplin terlatih, dan ketidakadilan dalam hal akses untuk kelompok Mori dan Pasifika, secara akurat tercermin oleh liputan media. Para peneliti menemukan tingkat minat media terhadap nyeri kronis telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.  

Jalur Nonadiktif untuk Penghilang Rasa Sakit

Penelitian Oregon Health & Science University (OHSU), AS, menunjukkan cara mengembangkan pengobatan untuk nyeri kronis yang memanfaatkan sifat obat ganja sambil meminimalkan ancaman kecanduan.

Penelitian, yang dilakukan dalam model hewan pengerat, memberikan alasan tambahan untuk pengembangan terapi menggunakan reseptor cannabinoid untuk mengobati rasa sakit kronis, yang menimpa sekitar 30 persen dari populasi AS. Peneliti OHSU mempelajari fungsi dua bentuk reseptor membran sel yang mengikat kanabinoid yang terjadi secara alami di dalam tubuh, yang disebut endocannabinoid.

“Ini mungkin merupakan jalan di mana kita bisa mendapatkan obat penghilang rasa sakit yang lebih baik yang tidak membuat ketagihan,” kata Susan Ingram, profesor bedah saraf di OHSU School of Medicine. Ingram dan rekannya melaporkan pengobatan nyeri kronis telah menantang sistem medis, dengan obat-obatan yang tidak efektif atau menciptakan efek samping yang serius.

“Namun, data yang muncul menunjukkan bahwa obat yang menargetkan sistem endocannabinoid dapat menghasilkan analgesia dengan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan opioid,” ungkapnya. Sistem endocannabinoid tubuh terdiri dari reseptor, molekul dan enzim endocannabinoid yang membuat dan menurunkan endocannabinoid yang terletak di otak dan di seluruh sistem saraf pusat dan perifer.

Tim peneliti fokus pada dua reseptor kanabinoid, yang dikenal sebagai CB1 dan CB2, di medulla ventromedial rostral - sekelompok neuron yang terletak di batang otak yang dikenal memodulasi nyeri. Penelitian ini adalah yang pertama untuk memeriksa fungsi reseptor CB1 dan CB2 pada tingkat membran pada neuron remaja dan dewasa akhir.

Para peneliti mengamati bahwa nyeri inflamasi kronis meningkatkan aktivitas reseptor CB2 dan menurunkan aktivitas CB1. Ganja mengaktifkan reseptor CB1 dan CB2 secara merata.

Studi ini menunjukkan aktivasi selektif reseptor CB2 berkontribusi pada manfaat obat kanabis sambil meminimalkan kecenderungan reseptor kanabinoid lainnya, CB1, untuk menginduksi toleransi dan penarikan.

Ingram mengatakan fase selanjutnya dari penelitian ini akan mengeksplorasi lebih jauh area sirkuit otak ini, yang pada akhirnya dapat mengarah pada pengembangan kelas baru dari obat penghilang rasa sakit. 

Memengaruhi Nafsu Makan

Penelitian baru tentang penggunaan ganja mampu mengubah perilaku makan, terutama bagi pasien yang tengah menjalani perawatan untuk penyakit kronis.

“Kita semua tahu bahwa penggunaan ganja memengaruhi nafsu makan, tetapi sampai saat ini kita sebenarnya hanya memahami sedikit tentang bagaimana atau mengapa,” jelas Jon Davis, peneliti di Departemen Fisiologi Integratif dan Ilmu Saraf di Washington State University, AS. Gelombang legalisasi ganja baru-baru ini untuk keperluan medis dan rekreasi telah merangsang penelitian tentang potensi terapeutiknya.

Keluarga senyawa yang disebut cannabinoid, khususnya delta-9 tetrahydrocannabinol (THC), bertanggung jawab atas efek psikologisnya. Kemampuan THC untuk merangsang nafsu makan sangat berharga karena banyak penyakit menyebabkan kehilangan nafsu makan ekstrem yang mengurangi kualitas hidup dan memperlambat pemulihan.

“Kami menemukan bahwa paparan ganja menyebabkan lebih sering, makan kecil. Tapi ada penundaan sebelum diberlakukan,” kata Davis. Penundaan itu memberikan petunjuk tentang bagaimana obat itu dapat bertindak. Biasanya, ketika perut kosong itu mengeluarkan hormon yang disebut ghrelin, pesan ke otak bahwa sudah waktunya untuk mencari makanan. pur/R-1

Tampilkan Semua

Potensi Teh di Era Kuliner Kekinian

Selasa 21/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tahun 2020 minuman beserta makanan olahan teh diprediksi kian menunjukan tajinya. Sama halnya dengan kopi, minuman beraroma khas ini pun bakal menjadi bagian tren minuman kekinian yang belakangan semakin digandrungi masyarakat...
Selengkapnya

Sensor Gas Serbaguna untuk Memantau Lingkungan dan Kesehatan

Selasa 21/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Para ilmuan di Penn State University kini tengah mengembangkan sebuah teknologi Sensor Gas serbaguna yang sangat sensitif. Sensor gas ini dapat digunakan dalam berbagai kondisi mulai dari pemantauan lingkungan hingga pemantauan kesehatan...
Selengkapnya

Inspirasi Sang Kakek

Selasa 21/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Film "1917" merupakan sajian perang yang ditulis dan disutradarai Sam Mendes. Dia terinspirasi kisah yang diceritakan sang kakek, Alfred Mendes. Mengambil latar cerita Perang Dunia I, film berfokus pada dua tentara muda Inggris, William...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Pengelola Monas Sebut Pohon Tidak Ditebang Tapi Hanya Direlokasi

Senin 20/1/2020 | 15:57
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monumen Nasional (Monas), Isa Sanuri, mengatakan bahwa pohon-pohon yang diisukan ditebang oleh pengelola sebenarnya direlokasi atau dipindahkan ke area lain.

"Itu sebenarnya bukan ditebang begitu saja, jadi pohon-pohon itu akan dipindahkan. Kalau tidak bisa dipindahkan akan kita buat baru (pohon-pohon)," ujar Isa saat dihubungi, Senin (20/1).

Lebih lanjut Isa mengatakan pohon-pohon yang berukuran besar dan berjumlah sebanyak 150 batang dipindahkan ke pelataran Selatan, sedangkan untuk pohon-pohon kecil di pindahkan ke bagian timur dan barat Monas.

Pohon-pohon yang dipindahkan itu pun berasal dari kawasan Utara Monas yang nantinya akan masuk dalam rencana revitalisasi Monas. Nantinya pohon-pohon itu akan disusun pada jalur hijau memastikan pengunjung Monas merasa sejuk saat melewati kawasan bersejarah yang telah ada sejak 1975 itu.

"Yang jelas tidak sekedar dipindahkan, tapi kita jadikan ruang terbuka hijau," kata Isa Sanuri.

Sebelumnya, akun resmi instagram komunitas @koalisipejalankaki menyayangkan dan mempertanyakan sikap Provinsi DKI Jakarta terkait penebangan pohon-pohon di Monas bagian utara sehingga terlihat gundul untuk revitalisasi Monas dan pembangunan MRT fase II.

"Kami tidak antipembangunan, yang kami sayangkan adalah bagaimana cara membangunnya. Pohon memiliki manfaat besar, tidak seharusnya ditebang," kata akun koalisi pejalan kaki. Ant/ils

 

 

Tampilkan Semua

Kali Meluap

Senin 20/1/2020 | 10:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Sambut Imlek

Senin 20/1/2020 | 10:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

JPO Pasar Minggu

Senin 20/1/2020 | 10:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Rehabilitasi Psikologi untuk Siswa Perlu Digencarkan

Selasa 21/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Rehabilitasi psikologi di sekolah perlu digencarkan untuk mengatasi peserta didik yang mengalami trauma. Salah satu bukti perlunya rehabilitasi sekolah adalah peristiwa bunuh diri siswa SMP di salah satu sekolah di Jakarta yang berinisial SN.

 

Harus ada upaya pencegahan yang dilakukan agar peristiwa tersebut tidak semakin meluas dan berdampak pada proses pem­belajaran siswa-siswi lain di seko­lah. Untuk mengupas seputar kasus tersebut, Koran Jakarta mewawancarai Komisioner Bidang Pendi­dikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti. Berikut petikan wawancaranya.

Terkait peristiwa SN, apa saja temuan yang didapat KPAI?

Berdasarkan rapat koordinasi yang telah kami lakukan dengan Di­nas Pendidikan dan pihak sekolah, lebih banyak membahas tentang kronologi sebelum kejadian. Selain itu, rapat koordinasi tersebut juga membahas langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan agar dam­pak kejadian tersebut tidak meluas.

Untuk penyelidikan dan pengawasan guna mencari motif, sekarang dilakukan oleh pihak ke­polisian. KPAI sendiri tidak memiliki kuasa melakukan hal tersebut kare­na kami lebih kepada pencegahan agar kasus tersebut tidak terulang dengan skala yang lebih besar.

Bisa disebutkan langkah-langkah ke depan dari hasil rapat koordinasi tersebut?

Salah satunya adalah perlunya pemberian reha­bilitasi psikolo­gi bagi para siswa di seko­lah tersebut. Khususnya bagi 30 anak yang meli­hat langsung kejadian bunuh diri ananda SN. Selain itu, siswa-siswa lain akan diasesmen untuk melihat mereka trauma atau tidak. Untuk ini, kami dari KPAI akan berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DKI Jakarta karena mereka punya fasilitas psikologi di pusat pelayanan ter­padu pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A).

Untuk gurunya sendiri seperti apa?

Berdasarkan kejadian terse­but, kami mendapat infor­masi bahwa ananda SN ini memiliki trauma yang cukup besar karena pertama, orang tua ananda bercerai. Kedua, ibu ananda yang meru­pakan orang terdekatnya baru meninggal. Pada masa-masa trauma, kepekaan guru bisa dibilang kurang dan mereka menganggap penurunan proses belajar SN adalah hal biasa.

Adapun para guru ini tidak memberikan rehabilitasi sosial karena mereka juga tidak menguasai proses tersebut. Padahal di posisi tersebut, empati harus muncul dari lingkungannya. Ada­pun dari hasil koordinasi tadi, Dinas Pendidikan akan mengumpulkan kepala sekolah-kepala sekolah agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi.

Ada fungsi pengawasan guru yang tidak berjalan?

Kecenderungannya ananda SN ini kerap curhat melalui media sosial yang tidak digunakan guru. Itu jadi penyebab juga fungsi pengawasan terjadi, padahal dari sana bisa dilihat ada kecenderungan ananda SN dalam kondisi trauma.

Berarti guru perlu menguasai cara rehabilitasi psikologi untuk siswa?

Tentu. Itu harusnya di pendi­dikan guru ada dan nanti kami akan usulkan itu ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Banyak masalah yang tidak diketahui guru dan mereka butuh ilmunya. Jadi, itu ke depan dibekali dari calon-calon guru punya ilmu psikologi anak. Begitu juga mereka harus paham undang-undang per­lindungan anak.

Selain itu, lebih penting adalah guru harus bisa menjadi tempat-tempat muridnya bercerita. Kecen­derungan karakter anak hari ini lebih terbuka termasuk dalam cara bersosialisasi. Nah, ketika ada suatu masalah, guru juga harus mem­berikan solusi atas permasalahan tersebut sehingga peristiwa yang tidak diinginkan bisa dicegah. aden marup/AR-3

Tampilkan Semua

Kemenhub dan Kepolisian Lakukan Penyelidikan Komprehensif

Senin 20/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Musibah di jalan raya yang memakan korban jiwa kembali terjadi. Kali ini kecelakaan yang menimpa sebuah bus pariwisata dari Perusahaan Otobus (PO) Purnama Sari pada Sabtu (18/1) kemarin. Kecelakaan tunggal ini terjadi di jalan raya...
Selengkapnya

Harus Ada Keseimbangan Produksi Garam dengan Rencana Impor

Jumat 17/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah berencana untuk menambah kuota impor garam tahun ini hingga mencapai 2,92 juta ton. Jumlah tersebut lebih besar dari kuota tahun 2019 lalu yang masih sebanyak 2,75 juta ton   Oleh berbagai kalangan, rencana ini mengancam...
Selengkapnya

Dengan Struktur Baru, Pelayanan Bidang Kebudayaan Akan Lebih Fokus

Kamis 16/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) banyak melakukan perubahan, baik dari segi kebijakan maupun struktur kelembagaan. Salah satu perubahan yang terjadi adalah penggantian di tubuh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Delapan Seniman Bali Pamer Karya di Kawasan Borobudur

Sabtu 18/1/2020 | 10:36
A   A   A   Pengaturan Font

MAGELANG - Delapan seniman asal Bali menggelar pameran bersama seni rupa bertajuk "Special Perception" di Limanjawi Art House di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, mulai 19 Januari hingga 12 Februari 2020.

Di galeri yang berada sekitar 600 meter timur Taman Wisata Candi Borobudur itu, menyuguhkan 37 karya seni rupa berupa patung dan lukisan karya dari seniman Dewa Made Mustika, Dewa Made Johana, Ida Bagus Komang Sindu Putra, I Gusti Agung Bagus Ari Marutha, Made Gede Putra, I Nyoman Arisana, Putu Sastra Wibawa, dan Widhi Kertiya Semadi.

"Karya-karya yang mereka pamerkan sebagai cara masing-masing secara kreatif memandang realitas dengan tetap bertumpu pada nilai-nilai tradisi," kata pemilik Limanjawi Art House Borobudur Kabupaten Magelang, Umar Chusaeni, di sela persiapan pameran tersebut di Borobudur, Sabtu (18/1).

Pameran Special Perception antara lain menampilkan karya berjudul Jejak-Jejak Elemen dari Dewa Made Johana, Melodi Senja karya Dewa Made Mustika, The Journey of Spirituality karya Gusti Agung Bagus Ari Marutha, dan Myth of Beauty dari Ida Bagus Komang Sindu Putra.

Selain itu ada karya Made Gede Putra yang berjudul Home and Body Series, Bermain Naga dari I Nyoman Arisana, A Glimmer of Hope karya Putu Sastra Wibawa, dan Face karya Widhi Kertiya Semadi.

Umar menyebut seniman-seniman itu secara konsisten mengembangkan kreativitas dalam menuangkan berbagai isu ke dalam karya seni rupa. "Kreativitas yang tidak pernah berhenti," ujar Umar, yang juga Koordinator Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) 15.

Ia berharap karya-karya seni rupa mereka bisa memberikan inspirasi kepada masyarakat luas untuk terus menerus mengembangkan kreativitas. Pengajar Program Pendidikan Seni Rupa Universitas Pendidikan Ganesha Bali Made Susanta Dwitanaya dalam tulisannya mengenai pameran tersebut mengemukakan bahwa para seniman menggunakan beragam medium dan mengangkat fokus tema beragam pula dalam karya-karya mereka.

Made Susanta mengemukakan bahwa keanekaragaman menghadirkan persepsi spesial. "Keanekaragaman tersebut hadir, karena tentu saja, karena tiap-tiap seniman memiliki persepsi-persepsinya yang spesial," kata kurator muda itu.

Berbagai persepsi spesial itu, ia mengatakan, kemudian secara sadar maupun bawah sadar berpengaruh terhadap metode penciptaan, pilihan medium, hingga cara memperlakukan medium sesuai dengan kebutuhan gagasan yang hendak dihadirkan masing-masing perupa. Ant/ils

Tampilkan Semua

Promosi Kuliner Jadi Kekuatan Jaring Wisatawan Belanda

Sabtu 18/1/2020 | 09:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAARBEURS - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan tim Wonderful Indonesia yang mempromosikan kekayaan kuliner dan kopi serta minuman tradisional di bursa promosi wisata Vakantiebeurs yang berlangsung di...
Selengkapnya

Indonesia Destinasi Favorit Liburan Warga Luksemburg

Sabtu 18/1/2020 | 08:20
A   A   A   Pengaturan Font
LONDON - Indonesia khususnya Bali, ternyata masih menjadi negara dengan destinasi favorit masyarakat Luksemburg yang berkunjung ke pameran pariwisata Vakanz di Luksemburg yang berlangsung selama tiga hari mulai 17-19...
Selengkapnya

Waspadai Potensi Hujan Disertai Petir di Jaksel dan Jaktim

Sabtu 18/1/2020 | 07:35
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Sabtu...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta