Koran Jakarta | February 18 2019
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Jokowi Akan Konsisten Terus Bangun Infrastruktur

Senin 18/2/2019 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
>> Konektivitas antarprovinsi maupun pulau untuk meningkatkan daya saing.

>> Prabowo akui miliki ratusan ribu hektare tanah di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah.

>> Konektivitas antarprovinsi maupun pulau untuk meningkatkan daya saing.>> Prabowo akui miliki ratusan ribu hektare tanah di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah. JAKARTA - Calon...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Jokowi Akan Konsisten Terus Bangun Infrastruktur

Senin 18/2/2019 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
>> Konektivitas antarprovinsi maupun pulau untuk meningkatkan daya saing.

>> Prabowo akui miliki ratusan ribu hektare tanah di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah.

JAKARTA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur yang dilakukan pada masa pemerintahannya bertujuan untuk memperkuat konektivitas antarpulau sehingga meningkatkan akses dan mobilisasi massa yang dapat meningkatkan kegiatan ekonomi.

“Saya akan konsisten terus bangun infrastruktur agar betul-betul konektivitas tersambungkan,” ujar Jokowi saat debat capres Pemilu 2019 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Minggu (17/2). Debat antara capres nomor 01 Jokowi dan capres nomor 02 Prabowo Subianto tersebut mengambil tema energi, pangan, infrastruktur, lingkungan hidup, dan sumberdaya alam.

Menurut Jokowi, konektivitas, baik antarprovinsi maupun pulau, diperlukan untuk mempermudah logistik dan transportasi barang. Hal itu akan berimbas pada peningkatan daya saing ekonomi. “Bukan hanya urusan jalan tol. Bukan hanya pelabuhan. Bukan hanya urusan bandara. Bukan hanya pembangkit listrik, tetapi juga yang berkaitan dengan digitalisasi kami telah membangun Palapa Ring,” papar Jokowi.

Dia pun kemudian memamerkan kinerjanya di bidang infrastruktur. Dalam empat tahun pemerintahannya, pemerintah telah membangun jalan, jalan tol, pelabuhan baru maupun pengembangan, bandara baru maupun pengembangan, hingga di konektivitas jaringan melalui Palapa Ring.

Selain infrastruktur, ke depan jika terpilih kembali, Jokowi akan mengoptimalkan pembangunan sumber daya manusia agar bangsa Indonesia siap menghadapi revolusi industri 4.0. “Misalnya, petani kita kenalkan marketplace, sehingga mereka bisa berjualan secara online. Jadi, kita akan menyeimbangkan penjualan offline dan online,” imbuh dia.

Menanggapi paparan pembangungan infrastruktur itu, capres Prabowo menilai pembangunan infrastruktur yang dilakukan pada era pemerintahan Presiden Jokowi dilakukan secara serampangan. Akibatnya, infrastruktur yang dibangun banyak yang tidak menguntungkan, misalnya proyek LRT Palembang. “Infrastruktur juga bukan untuk rakyat,” kata Prabowo.

Tapi, tuduhan tersebut dibantah Jokowi. Menurut dia, semua infrastruktur yang dikerjakan di eranya sudah direncanakan secara matang. Mengenai tuduhan kerugian proyek LRT, Jokowi menjelaskan saat ini sejumlah proyek infrastruktur belum banyak digunakan. Pasalnya, sampai saat ini budaya masyarakat masih lebih suka bepergian menggunakan mobil.

 

Kepemilikan Tanah

 

Sementara itu, terkait dengan lahan negara, Jokowi menjelaskan bahwa program reforma agraria yang dilakukan pemerintah dalam bentuk Program Perhutanan Sosial ditargetkan bisa terealisir sebanyak 12 juta hektare dan kini baru terdistribusi sekitar 2,5 hektare dalam rangka keadilan bagi masyarakat kecil yang selama ini tidak memiliki aset atau akses untuk menikmati hasil hutan.

Namun Prabowo tidak setuju, sebab lahan itu nantinya akan habis dan ketika masyarakat menuntut hak hutan untuk dikelola, negara tidak punya lagi. “Menurut saya lebih baik seluruh aset dikuasai negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, sebagaimana amanah Pasal 33 UUD 1945,” jelas dia.

Kemudian Jokowi menyebutkan bahwa Pabowo memiliki ratusan ribu hektare tanah di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah. “Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare, juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya,” kata Jokowi.

Menanggapi hal itu, Prabowo baru membenarkan soal data yang disebutkan Jokowi ketika menyampaikan pernyataan penutup. “Kemudian, saya juga minta izin tadi disinggung tentang tanah yang saya kuasai di beberapa tempat itu benar, tapi itu adalah HGU (Hak Guna Usaha), itu adalah milik negara.

Setiap saat negara bisa ambil kembali dan untuk negara saya rela. Tapi daripada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang kelola karena saya nasionalis dan patriot,” ujar Prabowo.

Saat pernyataan penutup, capres nomor 01, Jokowi, mengatakan dirinya tidak takut terhadap siapa pun demi kepentingan negara. “Saya akan pergunakan seluruh tenaga yang saya miliki, kewenangan yang saya miliki, untuk memperbaiki negara ini,” tegas dia. 

 

ags/jon/tri/fdl/rag/WP

Tampilkan Semua

Tegakkan Kedaulatan Negara yang Pro Rakyat

Senin 18/2/2019 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tanwir Muhammadiyah meminta pemerintah agar benar-benar menjaga kedaulatan negara dari penetrasi asing. Bengkulu - Sidang Tanwir Muhammadiyah 2019, yang berlangsung di Kota Bengkulu, yang dibuka oleh Presiden Jokowi pada Jumat (15/2) lalu...
Selengkapnya

Ledakan di Dekat Nobar Debat Capres

Senin 18/2/2019 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ketika sedang asyik minum kopi, tak jauh dari penjual minuman, sekitar pukul 20.16 tiba-tiba, “Bluarrr,” terdengar ledakan. Bunyi ledakan cukup keras. Menggelegar tepat di depan Koran Jakarta yang sedang duduk (ngopi) di...
Selengkapnya

Lestarikan Budaya Bali

Sabtu 16/2/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Warga melakukan persembahyangan di dekat lelakut atau orang-orangan sawah yang dilombakan dalam rangkaian HUT ke-231 Kota Denpasar, di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, Jumat (15/2). Kegiatan tersebut untuk...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Perang Narasi Harus Diakhiri

Jumat 15/2/2019 | 04:53
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Sejak tahapan kampanye pemilihan digulirkan, dua kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden terjabak pada perang diksi dan narasi. Padahal itu tidak produktif. Perilaku komunikasi politik semacam ini sangat tidak mendidik masyarakat. Harusnya komunikasi politik yang mengedepankan adab yang dipertontonkan.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan itu di Jakarta, Kamis (14/2). Menurut Emrus, diksi dan narasi yang muncul dalam tahapan kampanye, telah memposisikan dua kubu yang bersaing saling berhadapan dengan sengit.

Muncul ungkapan dan narasi tentang ekonomi kebodohan, menteri pencetak utang, anggaran negara bocor 500 triliun rupiah dan negara punah. Padahal, narasi itu sangat abstrak. Muncul juga ungkapan politik sontoloyo, genderuwo dan propaganda Rusia. Pada akhirnya, lontaran diksi dan narasi dari kedua kubu yang bersaing berpotensi menimbulkan polarisasi “sempit” di tengah masyarakat. ags/AR-3

Tampilkan Semua

Temu Tokoh Kebangsaan

Jumat 15/2/2019 | 04:50
A   A   A   Pengaturan Font
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (kedua dari kiri) didampingi Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR TB Soenmanjaya (kedua dari kanan) menjadi Narasumber pada acara Temu Tokoh Kebangsaan dan Sosialisasi Empat Pilar di Kompleks Parlemen...
Selengkapnya

DPD Setujui Draf RUU Perlindungan Pasien

Jumat 15/2/2019 | 04:44
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akhirnya menyelesaikan penyusunan Rancangan Undang- Undang (RUU) tentang Perlindungan Pasien. Draf RUU tersebut akhirnya disetujui rapat paripurna DPD RI sebagai usul inisiatif...
Selengkapnya

Hadiri Harlah, Ma’ruf Sebut NU Tetap Solid dan Kuat

Jumat 15/2/2019 | 04:35
A   A   A   Pengaturan Font
CIANJUR – Ribuan warga Kabupaten Cianjur, khususnya dari kalangan Nahdliyin menyambut kehadiran Cawapres Nomor Urut 01 Ma’ruf Amin dalam peringatan Harlah ke-93 Nahdlatul Ulama di Lapangan Prawata Sari, Cianjur, Jawa Barat,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Demo di Barcelona

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Mencalonkan Kembali

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

AS Minta Abe Usulkan Trump Jadi Peraih Nobel Perdamaian

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tokokyo - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengajukan nama Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump sebagai peraih Penghargaan Perdamaian Nobel musim gugur lalu pemerintah AS, atas permintaan dari lapor harian Asahi, Minggu (17/2)....
Selengkapnya

Putra Mahkota Arab Saudi Tunda Kunjungan ke Indonesia

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia ditunda. Berdasarkan keterangan yang dirilis Kementerian Luar Negeri RI melalui situs resminya disebutkan bahwa selain...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Harga BBM Pesawat Turun

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Harga jual avtur di sejumlah bandara di Indonesia, terutama di Soekarno-Hatta, Cengkareng, kini kompetitif dibandingkan di Changi, Singapura, sehingga tak ada alasan bagi maskapai menjual tiket mahal.

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menurunkan harga jual avtur yang berlaku pada 16 Februari 2019 mulai jam 00.00 WIB. Penyesuaian tersebut diharapkan diikuti dengan penurunan harga tiket pesawat. Sebab, selama ini, mahalnya avtur menjadi alasan maskapai menaikkan harga tiket pesawat.

Media Communication Manager Pertamina, Arya Dwi Paramita, mengungkapkan penyesuaian harga bahan bakar pesawat tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan rata-rata harga minyak dunia, nilai tukar rupiah dan sejumlah faktor lainnya.

Dia menjelaskan harga baru avtur ini sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No 17/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Avtur yang Disalurkan melalui Depot Pengisian Pesawat Udara.

Menurutnya, Pertamina secara rutin mengevaluasi dan menyesuaikan harga avtur secara periodik, yaitu sebanyak dua kali dalam sebulan. “Untuk periode kali ini (16 Februari 2019), harga avtur turun dibandingkan periode sebelumnya,” ungkapnya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia mencontohkan harga avtur (published rate) untuk Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Cengkareng turun menjadi 7.960 rupiah per liter dari sebelumnya 8.210 rupiah per liter. Harga ini lebih rendah sekitar 26 persen dibandingkan harga avtur (published rate) di Bandara Changi Singapura yang terpantau per 15 Februari 2019 sebesar 10.769 rupiah per liter.

“Pertamina berharap penurunan harga avtur ini juga merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap industri penerbangan nasional, yang diharapkan juga berdampak pada industri lainnya termasuk pariwisata,” ujar Arya.

Arya menambahkan, harga jual avtur untuk setiap maskapai ditetapkan berdasarkan kesepakatan para pihak yakni antara Pertamina sebagai penyedia dan maskapai penerbangan sebagai konsumen. Lebih lanjut, Arya menegaskan, Pertamina terus berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk masyarakat dengan menyediakan bahan bakar pesawat udara di 67 bandara di Indonesia.

Pihak maskapai penerbangan mangapresiasi langkah Pertamina yang telah menurunkan harga Avtur. Menurut mereka langkah ini akan memberi efek domino ke sektor pariwisata. “Ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina terhadap kondisi industri penerbangan di Tanah Air,” ungkap Ketua Umum Indonesia National Air Carries Association (INACA), I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

Turunkan Tarif

Seperti diketahui, lonjakan harga tiket pesawat sejak akhir tahun lalu memicu polemik. Pihak maskapai menuding hal ini dipicu oleh mahalnya harga avtur yang dijual Pertamina. Padahal, Avtur menyumbang sekitar 40 persen terhadap biaya operasi pesawat.

Sebelum Pertamina menurunkan harga avtur, Garuda Indonesia Group melalui lini layanan full service Garuda Indonesia dan Low Cost Carrier (LCC) Citilink Indonesia serta Sriwijaya Air-NAM Air Group menurunkan harga tiket di seluruh rute penerbangan sebesar 20 persen mulai 14 Februasi lalu. Penurunan tarif tiket pesawat ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi awal INACA yang sebelumnya baru berlaku di beberapa rute penerbangan.

Garuda Indonesia Group berharap akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara dapat semakin terbuka luas, sehingga Garuda Indonesia Group dapat mengakomodir aspirasi masyarakat dalam memberikan pelayanan berkualitas yang dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat.

“Penurunan harga tiket tersebut kami pastikan akan menjadi komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia Group dalam memberikan layanan penerbangan yang berkualitas dengan tarif tiket penerbangan yang kompetitif,” tutup Dirut Garuda Indonesia, Ari Askhara. ers/E-10

Tampilkan Semua

Pameran Industri Kecantikan

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Revitalisasi Pasar

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Penggunaan Aspal Plastik Masih Minim

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Penggunaan aspal plastik diharapkan diperluas. Saat ini, penggunaannya masih sangat minim, padahal kekuatan aspal plastik hampir sama dengan aspal dengan campuran karet. Kekuatannya meningkat 30-40 persen dibandingkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Tingkatkan Daya Saing untuk Kikis Kemiskinan di Sumut

Senin 11/2/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk memacu kesejahteraan dan mengurangi angka kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pemerintah setempat terus gencar melaksanakan pembangunan. Supaya arah pembangunan tepat sasaran dan sesuai dengan yang dibutuhkan warga, digelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) RPJMD Provinsi Sumut 2018–2023.

Dalam acara yang dibuka Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, ini segenap jajaran fokus membahas dan merencanakan aneka program prioritas yang langsung menyentuh hidup rakyat. Dengan konsep besar membangun desa menata kota, paling tidak ada lima prioritas yang diyakini akan mampu meningkatkan kesejahteraan warga.

Untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan jajaran Pemerintah Provinsi Sumut hingga tahun 2023 mendatang, wartawan Koran Jakarta, Agus Supriyatna berkesempatan mewawancarai Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, di Medan, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Apa makna penting dari Musrenbang RPJMD Provinsi Sumut?

Musrenbang RPJMD Provinsi Sumut ini merupakan momentum penting bagi pembangunan di Sumut untuk lima tahun ke depan. Melalui Musrenbang diharapkan bisa dijadikan satu dokumen RPJMD yang berkualitas sebagai penjabaran visi kami sebagai gubernur dan wakil gubernur yaitu mewujudkan Sumut yang maju, aman, dan bermartabat.

Ini yang selanjutnya akan diterjemahkan kedalam tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program prioritas pembangunan daerah. Musrenbang RPJMD ini juga merupakan wadah untuk menghimpun berbagai masukan dan saran terhadap penajaman rancangan RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2018–2023.

Kami minta seluruh pemangku kepentingan dan perangkat dapat berperan aktif serta bersungguh-sungguh dalam memberikan masukan. Dengan begitu, proses penyusunan RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2018–2023 dapat berjalan baik. Pada akhirnya dihasilkan rencana pembangunan Provinsi Sumut yang lebih berkualitas.

Ada berapa program prioritas dari pembangunan di Sumut yang hendak diwujudkan?

Tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program prioritas pembangunan daerah yakni dengan sasaran membangun desa menata kota ini harus ditempatkan sebagai upaya pencapaian visi misi kami. Kami telah menetapkan lima skala prioritas pembangunan di Sumut

Apa saja lima program skala prioritas itu?

Lima skala prioritas pembangunan Sumut akan kami arahkan pada beberapa hal. Pertama, peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan pekerjaan. Kedua, peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan. Ketiga, pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan. Keempat, penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas. Kelima, peningkatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata.

Harapan Anda sendiri sebagai pemimpin Sumut?

Ya, kami berharap melalui penetapan program prioritas pembangunan yang saya sebutkan tadi, akan meningkat daya saing Sumut. Dengan begitu, Sumut bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yang bukan saja mampu bersaing di tingkat nasional tapi juga mampu bersaing di tingkat internasional. Itu harapan saya dan Pak Gubernur. Yang tentunya ini akan kami wujudkan sekuat tenaga.

Harapan Anda kepada pemerintah pusat untuk pembangunan di Sumut bagaimana?

Ya, terwujudnya Sumut yang maju, aman, dan bermartabat tidak dapat dilakukan hanya oleh Pemerintah Provinsi Sumut sendiri. Ini kan memerlukan kerja sama bersama atau kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan tentunya dukungan serta kerja sama dengan pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah kabupaten dan kota.

Sejauh mana dukungan dari pergurusn tinggi?

Tidak hanya itu, kami juga butuh dukungan dari kalangan perguruan tinggi, swasta, dan masyarakat. Jadi ada kemitraan strategis yang melibatkan semua pihak. Kemitraan strategis inilah yang akan kami jalankan lima tahun ke depan melalui pengimplementasian program-program pembangunan ke dalam berbagai kegiatan pembangunan di Sumut.

Dari sisi anggaran daerah bagaimana?

Ya, kami menyadari bahwa ketersediaan alokasi anggaran tentunya tidaklah memadai untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan pembangunan di Sumut. Oleh karena itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat atas komitmen terhadap percepatan penyelesaian proyek-proyek prioritas di Sumut.

Proyek strategis di Sumut apa saja?

Kami berharap dukungan terhadap perwujudan beberapa rencana proyek strategis, seperti pembangunan sport center bertaraf internasional yang akan dibangun pada kawasan bekas HGU perkebunan. Kami mohon dukungannya terhadap peningkatan konektivitas perkotaan kawasan Mebidangro melalui pembangunan light rail transit (LRT), pembangunan jalan akses pariwisata seperti menuju kawasan Berastagi, Danau Tiga, dan Bahorok. n

N-3

Tampilkan Semua

Pemkab Halmahera Utara Gencar Bangun Infrastruktur

Senin 4/2/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pariwisata tidak akan bisa berkembang tanpa dukungan dari infrastruktur. Kedua sek­tor ini memiliki hubungan yang sangat erat dan saling bergantung antara satu dan yang lainnya. Hal inilah yang dilakukan oleh Kabupaten Halmahera...
Selengkapnya

Pemkab Banyuwangi Terus Kembangkan Pariwisata

Senin 21/1/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Memasuki tahun 2019, Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Banyuwangi kembali meng­gelar event tahunan Banyu­wangi Festival (B-Fest). B-Fest merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Pemkab Banyuwangi pada rentang waktu Oktober...
Selengkapnya

Salatiga Langganan Menjadi Juara Kota Toleran

Senin 14/1/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Salatiga, kota kecil yang berada tepat di te­ngah-tengah antara Semarang dan Solo, memiliki kondisi geografis dataran tinggi dan bentang alam yang indah. Kondisi ini membuat Pemerin­tah Hindia Belanda menyebut Salatiga sebagai...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Jelang Cap Go Meh 2570

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Unik, Ornamen Natural untuk Desain Modern

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Rumah yang memasang material natural cukup banyak di minati karena gayanya yang terlihat klasik dan unik. Rumah bergaya natural biasanya sering dikaitkan dengan konsep yang dekat dengan alam karena biasanya furnitur pada ruangan sengaja...
Selengkapnya

Material Kayu, Sisi Klasik Interior Rumah

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Material interior yang terbuat dari kayu menampilkan kesan indah dan natural. Bahkan, material dari kayu terasa sangat unik dan menarik karena mampu menampilkan sisi klasik pada rumah. Tidak hanya tampilan indahnya saja yang harus...
Selengkapnya

Pembiayaan Properti

Jumat 15/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Iman Nugroho Soeko (tengah) bersama Ketua Dewan Pengawas Syariah BTN, Quraish Shihab (kanan) dan Kepala Divisi Syariah BTN, Joni Prasetiyanto menyentuh layar dalam acara peluncuran...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Perkenalkan Aplikasi OY

Kamis 14/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

CEO OY Indonesia, Jesayas (kanan) bersama CFO OY Indonesia, Jan Kristanto (kiri) menunjukkan aplikasi OY disela perkenalannya di Jakarta, Rabu (13/2). OY Indonesia merupakan aplikasi fintech yang memudahkan pengguna melakukan transfer uang dalam satu platform aplikasi yang didukung dengan teknologi DOKU ini mampu untuk mengirimkan uang secara real time ke rekening bank pengguna.

Tampilkan Semua

Layar Transparan untuk Display Produk

Kamis 14/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
LG mengembangkan panel TV OLED yang dikhususkan untuk dunia usaha. Melalui layar transparan, dunia usaha dapat menunjukkan aneka produknya kepada publik, melalui layar unik yang dapat dilihat dari beragam sisi. Layar transparan LG...
Selengkapnya

Ponsel Pertama dengan Kamera Pop Up

Kamis 14/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Vivo15 yang segera dilucurkan di pasar tanah air, akan menjadi ponsel dengan kamera pop up pertama. Kamera ini menjadikan layar penuh yang ada tampil bersih tanpa gangguan kamera depan. Apa itu kamera pop up? Kamera pop adala kamea yang...
Selengkapnya

Vendor Anti Virus Fokus Lindungi Web

Kamis 14/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keamanan menjadi isu penting dalam dunia internet. Pada 2019 virus APT (Advance Persistent Threat) menciptakan efek malware yang berbahaya. Era 2018 disebut sebagai tahun menantang bagi keamanan siber, termasuk Indonesia. Maraknya...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Serahkan Bantuan

Rabu 13/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Wapres sekaligus Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla (kiri) didampingi Pelaksana Harian Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita (kedua dari kanan), berbincang bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto (kedua dari kiri) dan Chief of Corporate Affairs, Pongki Pamungkas, usai penyerahan 10 unit truk tangki air dari Astra untuk PMI, di Jakarta, Jumat (8/2). PT Astra International Tbk kembali menyerahkan bantuan berupa 10 unit truk tangki air kepada PMI sebagai bagian dari program kontribusi sosial berkelanjutan Astra dalam bidang Kesehatan, yakni Astra Untuk Indonesia Sehat.

Tampilkan Semua

Moge Berkonsep “Neo Sport Cafe”

Rabu 13/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PT Astra Honda Motor (AHM) menjawab kebutuhan pecinta motor big bike (motor gede/ moge) dengan menghadirkan Honda CB650R. pertama kali dihadirkan di Indonesia, CB650R memiliki revolusi desain Compact Neo Sport Café yang menawarkan...
Selengkapnya

2019, Era Mobil Cerdas

Rabu 13/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi informasi dan komunikasi akan menciptakan revolusi pada dunia otomotif. Mobil yang pintar, yang lebih aman, yang menawarkan pengalaman lebih baik dalam hal telematika, hiburan, dan konektivitas. Qualcomm, misalnya, telah...
Selengkapnya

Desain “Coupe” SUV Baru

Rabu 13/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setiap merek memiliki bahasa desain sendiri untuk model SUV premium. Merek Eropa menghadirkan bahasa desain coupe, yang sporty dan elegan. Menambah pilihan pada model SUV (sport Utility vehicle) , BMW meluncurkan all new BMW X4. Mobil...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Indonesia Sudah Antisipasi Myanmar

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

PHNOM PENH – Tim nasional U-22 menggelar latihan di lapangan American University Phnom Penh, Kamboja, untuk mematangkan strategi yang telah disiapkan guna mengantisipasi kelebihan dan keku­rangan Myanmar, Minggu (17/2).

Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri memasti­kan ia telah menyiapkan strategi untuk men­gantisipasi Myanmar dalam laga pertama kedua tim di penyisihan Grup B Piala AFF U-22 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Se­nin (18/2).

“Ini persiapan terakhir kami untuk mela­wan Myanmar. Kami sudah menganalisa pertandingan-pertandingan Myanmar, kami siapkan bagaimana merespons kelebihan dan kekurangan mereka,” kata Indra.

Di sisi lain, ia juga memastikan seluruh pe­main berada dalam kondisi fisik terbaik dan siap untuk tampil dengan kekuatan penuh saat menghadapi Myanmar. Kendati demi­kian, dalam sesi latihan Minggu pagi, Marinus sempat terlihat berpisah dari rekan-rekannya.

“Tidak ada masalah. Tadi memang dia ada sedikit sakit perut mendadak saja, tapi seka­rang sudah sehat,” ujar Indra.

Selain Myanmar, Indonesia juga ter­gabung dengan Malaysia dan tuan rumah Kamboja di Grup B. Sementara itu, Grup A yang berisikan Filipina, Thailand, Timor Leste dan Vietnam akan menjalani rangkaian laga pertama pada Minggu (17/2) sore.

Indra menilai, kekuatan seluruh kon­testan merata pada kejuaraan ini. “Hampir sepakbola di Asia Tenggara berkembang, pembinaan usia muda mulai menampakkan hasil, dan merekamembangun tim untuk bisa melewati tim di atas,” urainya.

“Myanmar tim yang bagus, tapi kalau kami lebih bagus dari mereka, maka kami menang. Alhamdulillah saya beberapa kali menghadapi Myanmar, dan masih bisa men­gatasi,” pungkas Indra. Ant/S-1

Tampilkan Semua

Milan Tetap di Jalur Liga Champions

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
ROMA – Krzysztof Piatek men­cetak gol yang menakjubkan ketika AC Milan bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Atalanta 3-1. Hasil pertandingan yang berlang­sung Minggu (17/2) dini hari WIB itu membuat mereka tetap...
Selengkapnya

Gol Penalti Messi Menangkan Barca

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MADRID – Lionel Messi mencetak gol dari titik penalti saat pemimpin klasemen La Liga Barcelo­na mengalahkan Real Val­ladolid 1-0, Minggu (17/2) dini hari WIB. Kondisi Messi kembali men­jadi sorotan setelah mengalami...
Selengkapnya

Laga Pertaruhan Sarri

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tersingkir dari Piala FA akan membuat Maurizio Sarri kian dekat untuk didepak dari kursi pelatih Chelsea. LONDON – Maurizio Sarri akan berjuang untuk menyela­matkan pekerjaannya ketika Chelsea yang dilanda krisis menghadapi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Menghadapi Rekan Kerja yang Pasif

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, dalam tim kerja kami ada salah satu rekan yang pasif sekali. Kinerjanya selalu di bawah rata-rata dan sering kali melewati deadline. Bagaimana cara mengubah­nya Bu?

Jawaban:

Dalam kerja tim, setiap anggota dituntut untuk aktif memberikan kontri­busi terbaik bagi timnya. Karena dalam satu tim tidak ada istilah keberhasilan individu melainkan keber­hasilan kelompok. Sehingga masing-masing individu yang tergabung di dalamnya diharapkan dapat mengerah­kan segenap kemampuannya demi kemajuan bersama.

Tapi bagaimana jika da­lam satu tim itu terdapat re­kan yang pasif? Saat yang lain sudah ‘berlari’, sementara re­kan yang pasif hanya diam di tempat. Tentu rekan macam ini sangat tidak mendukung tim Anda bukan? Lalu bagai­mana menghadapinya?

Memiliki rekan kerja yang pasif, untuk sebagian orang mungkin tak masalah. Malah si pasif bisa menjadi ‘senjata tersembunyi’ yang mampu menampilkan Anda sebagai karyawan teladan, karena potensi si pasif jauh di bawah Anda. Tapi sesungguhnya, bagi sebuah teamwork, rekan yang pasif cukup melelahkan dan merepotkan rekan-rekan lainnya. Karena apa yang menjadi tugasnya dalam tim seringkali menjadi beban rekan-rekannya yang lain.

Mengeluarkan si pasif dari kelompok tentu bukan cara bijak. Tetapi membiarkannya dalam kepasifan juga bukan langkah yang bijak. Untuk mengatasinya tips di bawah ini mungkin bisa menolong Anda:

Lebih tegas

Kadang sikap pasif rekan yang pasif dipengaruhi oleh banyaknya toleransi dan sikap penuh pemakluman di dalam tim. Misalnya setiap kali ia belum siap dengan pekerjaannya, Anda maklum. Dia tidak bisa hadir dalam rapat Anda no problem. Ka­lau begini terus ia tidak akan belajar aktif. Maka tak perlu sungkan bersikap tegas demi kebaikan bersama.

Jangan ragu menegur

Jika menyadari kesalahan­nya, jangan diam saja. Setiap kali ia lalai, lupa, atau malas tegurlah dengan tegas. Kalau perlu buat daftar teguran yang bisa Anda ungkapkan tiap hari. Tentu saja komu­nikasikan dalam bahasa yang santun, agar tidak ada salah paham.

Cerdas dalam pembagian kerja

Banyak kesalahan dilaku­kan terhadap si karyawan pasif. Karena dia sulit bekerja cepat, maka dia diberikan pekerjaan yang mudah. Ini akan memperparah keada­an. Biarkan Anda dan dia mengerjakan tugas yang rata. Jangan lupa tekankan pa­danya jika dia malas-malasan mengerjakan tugasnya akan mempengaruhi hasil kerja yang lain.

Jangan sering menghandle pekerjaannya

Jangan keseringan meng’cover’ pekerjaannya yang terabaikan. Jika ingin membantu, lebih baik ajar­kan dia cara mengerjakan tugas lebih cepat.

Jangan ikut-ikutan pasif

Kadang gaya dan ritme rekan kerja mempengaruhi rekannya yang lain. Was­pada, jangan sampai Anda terbawa-bawa pasif. Justru Andalah yang harus mem­pengaruhinya untuk lebih sigap, smart, kreatif, sekali­gus disiplin.

Pada dasarnya masa­lah yang dihadapi oleh tiap individu adalah tanggung jawab bersama. Jika Anda dan rekan-rekan lain peduli dan saling menyemangati tentu tim Anda akan lebih solid dan berhasil menca­pai sukses. Nah lebih bijak jika Anda dan rekan-rekan membantunya untuk men­jadi aktif bukan..? Selamat bekerja..!

Tampilkan Semua

Kunci Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Ikigai Penulis : Hector Garcia & Francesc Miralles Penerbit : Renebook Cetakan : 1, Juli 2018 Tebal : 232 halaman ISBN : 978-602-1201-41-1 Kata Ikigai berasal dari konsep Jepang yang bisa diterjemahkan kira-kira sebagai...
Selengkapnya

Caleg Berkualitas

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemilu tahun 2019 sangat penting dan strategis karena baru kali ini dilaksanakan bersamaan atau serentak dengan pemilihan presiden atau pilpres. Perhatian masyarakat pun agak terbelah dan lebih banyak berkonsentrasi pada pilpres yang...
Selengkapnya

Teror Rentenir “Online”

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh R Wulandari Belum lama ini tersiar kabar penemuan seorang sopir taksi tewas gantung diri di kontrakan daerah Tegal Parang, Jakarta Selatan, diduga karena terlilit pinjaman online. Pihak berwajib menemukan sepucuk surat dekat korban...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Olahan Empuk dan Nikmat Daging Panggang

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak cara untuk memanggang daging, baik daging ayam, sapi, ikan, maupun buah dan sayur. Teknik yang paling umum dalam memanggang adalah grill dan roast.

Banyak orang yang menyangka bahwa kedua teknik memanggang ini sama saja, tapi padahal sangat berbeda. Baik dari cara memanggang, alat panggang, maupun hasil akhir dari makanan yang dipanggang.

Perbedaan hasil panggangan ini bisa dilihat dari olahan ayam yang diproses menggunakan dua teknik ini secara terpisah. Apa Bedanya?

Dilansir dari food.ndtv.com, seorang chef selebriti dari India, Sadaf Hussain menjelaskan bahwa grill atau grilling adalah sebuah metode memasak yang menggunakan gas sebagai sumber api.

Cara ini merupakan cara memanggang paling kuno yang masih dilakukan hingga sekarang.

Memanggang dengan cara grill juga merupakan cara masak cepat, di mana bahan-bahan bersentuhan langsung dengan sumber panas sehingga makanan cepat matang.

Selain cepat, memasak dengan cara grill juga dinilai lebih ekonomis karena tidak memerlukan alat tertentu seperti oven. Hasil masakannya juga lebih empuk dengan oven.

Berbeda dengan grill, roast justru memerlukan alat seperti oven untuk memproses makanan.

Menurut Chef Sadaf, roast adalah cara memasak makanan di api yang terbuka.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, kini roast dilakukan menggunakan oven yang tertutup dan dengan suhu yang sudah diatur sebelumnya.

Roast merupakan teknik masak yang tergolong lambat karena daging atau ayam dipanaskan hingga matang. Tidak seperti grill yang membuat bahan makanan dan api bersentuhan secara langsung.

Lebih Sehat Mana? Grill atau Roast?

Perbedaan cara memanggang ini ternyata mempengaruhi kualitas makanan. Hal ini berhubungan dengan bahan-bahan yang dipakai, alat, dan cara memasak itu sendiri.

Menurut Ayon, salah satu pemilik ayam panggang metode roast khas Timur Tengah mengatakan bahwa hasil panggangan dengan metode roast lebih sehat dibanding dengan metode grill.

“Roast itu kan ayamnya muter terus, ya. Jadi, lemak-lemak jahatnya langsung turun sehingga daging jadi lebih kering dan tentunya tidak mengandung lemak jahat yang dapat menimbulkan kolesterol,” kata Ayon.

Menurut Ayon, metode roast ini tentu memiliki hasil yang berbeda dari metode grill. “Kalau grill kan lemaknya tetap ada di loyang atau teflon yang dipakai untuk memanggang sehingga ayam tetap mengandung lemak jahat,” lanjutnya.

Perbedaan kualitas ayam yang dipanggang dengan cara di grill dan roast, pun berbeda.

Roast menghasilkan daging ayam yang lebih padat dan kering sehingga ketika di makan, orang akan cepat merasa kenyang.

Sedangkan untuk metode grill, daging ayam yang dihasilkan akan basah karena mengandung lemak. Selain itu, rasa gurih dari lemak ayam bisa membuat orang yang mengonsumsi ayam tersebut ketagihan. yun/berbagai sumber/E-6

Grill Chicken Bbq dengan Mozarela

Bahan :

- 1/2 kg sayap ayam, potong bagi dua tanpa ujung sayap

- 1 buah jeruk nipis, peras airnya

- Secukupnya garam

- Secukupnya merica

- 3 siung bawang putih, haluskan

- Saus delmonte BBQ (barbeque)

- Keju mozarella, potong dadu

Langkah:

1. Bersihkan ayam yang telah dipotong, lumuri perasan jeruk, diamkan 10menit, lalu bilas.

2. Kemudian marinasi dgn garam, merica, dan bawang putih, selama 30menit.

3. Setelah dimarinasi selama 30menit, baluri ayam dengan saus BBQ, susun dalam nampan, lalu panggang dalam suhu 180 dercel, panggang selama 30 menit.

4. Keluarkan ayam dari oven, oleskan lagi menggunakan saus BBQ, lalu balikkan posisinya, panggang lagi selama 30menit atau sampai matang merata.

5. Angkat dan taruh dalam wadah.

6. Siapkan wajan anti lengket, taruh keju mozarella, lalu panaskan hingga meleleh.

7. Setelah keju mozarella meleleh, lilitkan keju pada ayam yang telah dipanggang. yun/E-6

Roasted chicken

Hasil gambar untuk Roasted chicken

Bahan :

- 1 buah ayam

- Minyak zaitun secukupnya

- 1 sendok makan mentega tawar

- 2 tangkai besar thyme

- 2 siung bawang putih, kupas

- 1/4 cangkir kaldu

Tahapan:

1. Panaskan oven 250 derajat celcius.

Agar kulit ayam lebih renyah, diamkan ayam dalam kulkas, biarkan kulitnya kering.

2. Balur ayam dengan olive oil dan garam, pastikan bumbu meresap hingga bagian dalam juga.

3. Panggang ayam 45 menit hingga matang sempurna. Boleh ditusuk bagian pahanya untuk memeriksa kematangan ayam.

4. Jika sudah matang, sisihkan ayam dan biarkan ayam dalam sesaat.

5. Masak sisa minyak ayam, tambahkan mentega, setelah meleleh tambahkan daun thyme dan bawang. masak selama 1 menit.

6. Tambahkan kaldu ayam ke dalam panci dan biarkan menguap hingga kental, kira2 5-7 menit.

7. Sajikan ayam dengan saus gravy, sajikan dengan nasi merah dan sayuran. yun/E-6

Ayam Filet Lada Hitam

Hasil gambar untuk Ayam Fillet Lada Hitam

Bahan-bahan :

- 250 gr daging ayam filet

- ½ buah bawang bombay

- ½ buah paprika hijau

- 2 buah bawang merah

- 2 sdt merica hitam atau lada hitam

- 3 sdm kecap manis

- ¼ sdt gula pasir

- ¼ sdt garam

- Penyedap rasa (tambahan)

- Nasi putih (pelengkap)

- Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :

- Bersihkan daging ayam filet. Potong sesuai selera, umumnya potongan berbentuk dadu.

- Iris halus bawang bombay dan bawang merah.

- Potong segitiga paprika hijau.

- Tuangkan satu sendok kecap manis ke atas potongan ayam filet. Diamkan selama beberapa saat.

- Panaskan minyak secukupnya dalam penggorengan.

- Masukkan bawang bombay dan bawang merah. Masak hingga harum.

- Masukkan paprika dan masak kurang lebih 3 menit.

- Masukkan potongan ayam, tambahkan merica atau lada hitam, kecap manis, gula, garam, dan penyedap rasa jika diperlukan.

- Masak hingga matang dan bumbu meresap.

- Angkat dan sajikan bersama nasi putih. yun/E-6

Daging Sapi Lada Hitam

Hasil gambar untuk Daging Sapi Lada Hitam

Bahan-Bahan :

- 250 gram daging sapi Has, kemudian diiris tipis-tipis. Cara mengiris yang benar adalah dengan melawan serat.

- 1 sendok the kecap manis

- 1 sendok the saus tiram

- 1 sendok the merica hitam bubuk

- ½ buah bawang Bombay, kemudian dipotong berbentuk panjang dan besar.

- ¼ sendok the garam

- 3 siung bawang putih, kemudian dicincang kasar

- ½ sendok makan merica hitam butiran, kemudian ditumbuk kasar.

- ¼ sendok the gula pasir

- 3 buah paprika hijau dan merah, kemudian potong-potong dengan ukuran sebesar dadu

- 1 batang daun bawang, kemudian dipotong-potong bentuk miring.

- 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

Cara Membuat :

- Lumuri daging sapi dengan saus tiram dan saus tiram, kemudian remas-remas dan diamkan selama kurang lebih 1 jam di dalam kulkas.

- Panaskan 2 sendok makan minyak goreng, kemudian masukkan daging dan tumis hingga matang. Setelah matang sisihkan.

- Panaskan 1 sendok makan minyak goreng, kemudian tumis bawang putih hingga tercium bau harus. Setelah itu masukkan potongan bawang Bombay, tumis hingga harum. Langkah selanjutnya adalah campur paprika ke dalam tumisan bumbu-bumbu tersebut.

- Masukkan daging yang sebelumnya telah digoreng beserta dengan kecap manis, saus tiram, merica hitam, gula pasir, dan garam, kemudian aduk hingga merata.

- Tambahkan daun bawang, kemudian aduk kembali sampai merata.

Sajikan dalam keadaan hangat. yun/E-6

Tampilkan Semua

Lantunan Jazz Orchestra Karya Mahasiswa

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perkembangan musik jazz dalam industri musik Indonesia se­makin menggeliat. Melihat fenomena tersebut Batavia Chamber Orchestra (BCO), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar malam Jazz bertajuk ‘Jivin’ in Jazz’...
Selengkapnya

Acara Akan Disiarkan Tanpa Diedit

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
The Academy Awards me­narik keputusan mereka membuang penayan­gan pemberian penghargaan untuk empat kategori yakni Cinematography, Film Edi­ting, Makeup and Hairstyling, dan Best Live-Action Short, dari siaran langsung pada...
Selengkapnya

Raih Gelar Miss Indonesia

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perhelatan Malam Grand Final Miss Indone­sia 2019 telah usai. Miss Jambi, Princess Mikhaelia Audrey Megonondo didapuk sebagai Miss Indonesia 2019, Jumat (15/2) malam lalu, di MNC Studio, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Princess Mikhaelia...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Maret, Kereta Bandara Terhubung dengan Stasiun Manggarai

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto, berharap adanya kenaikan jumlah penumpang setelah membuka akses dari Stasiun Manggarai, pada Maret nanti.

“Setidaknya dengan buka akses ini ada peningkatan, walaupun enggak sampai 50 persen karena kita nanti yang dari Bogor bisa naik KA Bandara dari Manggarai,” katanya di Jakarta, Sabtu (16/2).

Dia menjelaskan dari segi frekuensi tidak ada perubahan, namun dari sisi layanan membuka satu akses di mana Manggarai adalah hub stasiun di Jabodetabek.

Untuk Maret ini, lanjut Heru, integrasi dengan kereta rel listrik (KRL), kemudian pada Mei KRL dan Bus Transjakarta dan September KRL, Bus Transjakarta dan kereta jarak jauh.

“Semua KA bertemu di sini, karena ini adalah hub. Sekarang kami juga punya hubungan di Stasiun Duri, Tangerang, cuma hanya bisa integrasi dengan KRL saja,” katanya.

Heru mengatakan tingkat keterisian penumpang KA Bandara saat ini, hanya sekitar 20 persen disebabkan akses yang tidak ramah calon penumpang, belum lagi terhalang dengan aturan ganjil-genap.

“Desain awal memang KA Bandara mulai Manggarai, karena waktu itu masih adanya pekerjaan double-double track, kita belum bisa dan sementara dari Stasiun Sudirman,” katanya.  Ant-5

Tampilkan Semua

Landasan Pacu III Soekarno-Hatta Beroperasi Juni

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Perkembangan pembangun landasan pacu (runway) III Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, telah mencapai 70 persen. Pembangunan tersebut ditargetkan selesai dan dioperasionalkan Juni 2019. “Kami mengucapkan...
Selengkapnya

22 Lapangan Olahraga di Jakarta Pusat Akan Direnovasi

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Suku Dinas Pemuda dan Olahraga (Sudinpora) Jakarta Pusat pada tahun ini akan memperbaiki 22 titik lapangan olahraga di wilayahnya.“Tahun ini, ada 22 titik. Ini sesuai dengan aspirasi masyarakat dari enam kecamatan di...
Selengkapnya

DKI Integrasikan KRL dengan Bus Transjakarta

Senin 18/2/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengintegrasikan moda angkutan bus dengan kereta listrik (KRL) commuter line. “Ini bukti bahwa integrasi antarmoda, kereta dan bus bisa dilakukan. Perjalanan Menhub (Menteri...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Dukungan Alumni dan Purnawirawan Jadi Motor Penggerak Baru Jokowi-Ma’ruf

Jumat 15/2/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Dukungan kepada pasangan calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, terus mengalir. Terbaru, dukungan diberikan oleh para alumni perguruan tinggi/universitas, sekolah menengah atas (SMA) hingga purnawirawan TNI dan Polri.

 

Deklarasi dukungan dari alumni PT/uni­versitas ini ada dari Universitas Indone­sia, ITB, ITS, Trisakti, hingga Pangudi Luhur. Sementara itu, alumni SMA se-Jakarta juga memberikan dukun­gannya kepada pasangan nomor 01 ini.

Seperti apa efek deklara­si yang telah diberikan kepada pasangan ini, Koran Jakarta mewawancarai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemenangan Jokowi-Kiai Maruf, Moeldoko. Berikut petikannya.

Tanggapan Anda terkait banyaknya deklarasi dari kaum intelektual dan purnawirawan ke Jokowi?

Deklarasi adalah keinginan semangat bersama yang dibangun kesamaan visi, kesamaan misi, kesa­maan semangat untuk mendapatkan pemimpin yang menurut mereka terbaik.

Seberapa besar pengaruhnya?

Pasti besar. Kalau kemarin itu di deklarasikan, mungkin selama ini silent, mungkin bagian dari mereka adalah silent majority, tapi mungkin sekarang sudah saatnya mereka memunculkan dirinya mengaktualisasikan keinginannya, itu saya pikir sangat mempengaruhi ya. Sudah kita kalkulasi.

Kira-kira berapa persen kenai­kannya?

Ada kenaikan ya. Ada untuk itu. Keliatan dalam traffic (pantauan internal) kita.

Apa yang diharapkan dari deklarasi ini?

Pertama, kaum intelektual me­mang kita pahami situasi itu, karena itu mereka adalah silent major­ity yang selama ini diam sehingga dalam survei itu tidak begitu kelihatan maka sekarang muncul­kan dirinya diharapan kita mereka sebagai motor penggerak, sebagai engine (mesin) baru yang bisa digerakkan yang selama ini belum begerak dan belum memunculkan dirinya.

Artinya, mesin dari parpol be­lum bergerak?

Dari awal kita sudah men­empatkan komponen utamanya partai politik, cadangannya adalah relawan, komponen pendukungnya adalah organisasi-organisasi yang bisa dimobilisasi. Tapi, kita juga me­mitigasi pada titik tertentu, parpol itu fokus kepada pilegnya, untuk itu sudah mulai tempatkan relawan itu terdepan, sehingga nanti ada kes­inambungan pasukan bertempurnya itu. Kita sudah susun semuanya.

Parpol harus ikut membantu pasangan capres-cawapres nomor urut 01?

Parpol tetap bekerja, tapi ada hal-hal yang mungkin tertentu yang me­mikirkan calegnya dikedepankan. Ada yang bersama-sama, ada yang capresnya dikedepankan. Kita sudah antisipasi semuanya itu.

Jadi, komponen pemenangan sudah jalan semua?

Sekarang ini parpol bekerja, relawan juga bekerja, tapi ada titik tertentu yang nanti akan terjadi kevakuman semuanya sudah pada posisi yang siap menggantikan, nah ini tetap berjalan terus. Ini sudah bagian dari strategi, karena relawan kita cukup solid di bawah dan punya semangat luar biasa. muhammad umar fadloli/AR-3

Tampilkan Semua

Negara dan Rakyat Tak Boleh Kalah oleh Teror

Kamis 14/2/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kasus pembakaran kendaraan bermotor yang dilakukan orang tak dikenal di Jawa Tengah telah meresahkan warga. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menengarai aksi pembakaran dilakukan oleh orang-orang terlatih.   Ganjar juga menduga,...
Selengkapnya

Harus Diantisipasi Munculnya Debat Kusir pada Segmen 10 Menit Tanpa Batasan

Selasa 12/2/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Debat Pertama Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2019 yang dilaksanakan pada 17 Januari lalu, jauh dari yang diharapkan oleh publik. Hal tersebut yang membuat proses perkembangan demokrasi, khususnya dalam kampanye, masih belum berubah...
Selengkapnya

Tidak Ada Ketentuan Nilai TOEFL untuk Ikut Seleksi Bersama Masuk PTN

Senin 11/2/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) kerap membingungkan sekolah maupun siswa yang menjadi peserta. Hal tersebut disebabkan seringnya terjadi perubahan, baik...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Doa Nasional

Sabtu 16/2/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
CATATAN ARSWENDO

 

Sakitnya Ibu Ani Yudhoyono disampaikan sendiri oleh Presiden RI ke-6, Bapak Susilo Bam­bang Yudjoyono, suaminya, ketika menemani berobat di Singapura. Dalam nada penuh emosi namun terkuasai, diutara­kan melalui pers konperensi.

“Saat ini saya sedang berada di Singapura, mendampingi Ibu Ani dalam mengatasi pengobatan dan perawatan.” Dijelaskan pula bahwa Ibu Ani menderita blood cancer, kanker darah. Angin keprihati­nan berembus menguat melalui medsos, yang sebelumnya masih dugaan dan perkiraan mengenai penyakit Ibu Ani.

Serentak dengan itu yang terus bersambut adalah keprihatinan bersama, doa bersama agar Ibu Ani segera disembuhkan penyakitnya, dan keluarga diberi ketabahan. Atau dengan tema dasar yang sama, yang biasanya memenuhi ruang di WA.

Seramai kalau ada yang ulang tahun, semua anggota saling mengucapkan, saling berbalas terima kasih. Namun kali ini beda. Ajakan berdoa bersama justru terasa menyentuh, ajakan damai yang menenteramkan.

Berbeda jauh dengan ajakan yang bersifat agitatoris, atau ajakan keras lainnya. Saya terbawa rasa damai, tulus, dan kebersamaan dalam harap yang sama kepada Sang Maha Kasih, Sang Segalanya, di mana umat manusia hanya bisa berserah. Pasrah—walau bukan menyerah.

Episode “Doa Nasional” untuk kesembuhan Ibu Ani mempunyai arti penting. Pertama: manakala media sosial terus mengobarkan “kebakaran” dengan kebencian, kecurigaan, kini berhembus kesejukan bersama, dan bisa terasakan aksi dan reaksi.

Kalau masih ada yang sempat bernyinyir sinis soal bantuan tenaga kedokteran yang dikirim, segera tertiup dalam kekhusyukan doa bersama. Untuk sementara yang “receh ngajak berantem”, tak berhasil memancing jawaban atau reaksi. Sekali ini ini suatu keadaan, penyampaian kepada keadaan, di mana ada saat teduh, sejuk menjadi prioritas bersama.

Kedua: masyarakat kita se­bagian besar sadar bahayanya CA—sebutan untuk kanker, karena dalam keluarga besarnya ada yang terkena, dan banyak yang kembali pulih. Dalam hal ini mengajarkan bahwa bukan hanya pasien saja yang sakit melainkan juga yang dekat dengannya.

Maka kebersamaan menjadi penting, seperti disampaikan Humas BNPB,yang dalam perawatan dan masih memakai infus, Sutopo Nugroho, mendoakan dan berb­agai pengalaman sebagai penyintas. Kini dalam per­awatan kemo ke-8 di RSPAD Jakarta menganjurkan apa yang dilakukan: menghindari makanan berpengawet atau yang dibakar, perbanyak buah dan sayur. Dan yang penting berpikir positif.

Yang terakhir inilah yang terus tergemakan, baik secara langsung tersuarakan maupun yang ter­panjatkan. Tulisan ini ingin dalam bagian itu: bagian turut berdoa, bagian turut mengembangkan pikiran positif.

Yang terakhir ini mudah dikatakan, namun tak mu­dah dilakukan. Ketika perasaan tak mau menerima kenyataan, atau tak menemukan sebab akibat penya­kitnya. Ibu Ani dalam kondisi itu, sekaligus memberi semangat dan pikiran positif, untuk pasien-pasien yang lain.

Inilah yang saya anggap oase indah, episode yang lembut me­nyentuhi kesadaraan akan kebersa­maan kita bersama. Yang membuat merasa sejuk, aman, dan tidak sendirian. Kita selalu menemu­kan sesama dalam berdoa, dalam semangat.

Doa Nasional itu membisikkan: doa kesembuhan buat Ibu Ani Yud­hoyono dan ketabahan keluarga besar, yang akhirnya memberi semangat kepada keluarga dan pasien lain.

Berpikir positif.

Semangat.

Tampilkan Semua

Khofifah Indar Parawansa

Sabtu 16/2/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (13/2) melantik pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) periode 2019–2024, di Istana Negara Jakarta. Pelantikan...
Selengkapnya

Memanen Energi dari Detak Jantung

Sabtu 16/2/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selama ini ada jutaan orang bergantung pada alat pacu jantung, defibrillator, dan perangkat implan hidup yang ditenagai oleh baterai. Para Insinyur dari Dartmouth College, Hanover, Amerika Serikat, mengembangkan perangkat mini yang...
Selengkapnya

Zat pada Jahe untuk Mengurangi Bau Mulut

Sabtu 16/2/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah penelitian melaporkan bahwa senyawa 6-gingerol pada Jahe menawarkan penawar yang baik untuk bau mulut. Senyawa ini bekerja dengan memecah zat-zat penyebab bau tidak sedap pada mulut. Senyawa pedas 6-gingerol, merupakan sebuah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta