Koran Jakarta | August 18 2017
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Bunga Utang Kian Gerogoti APBN

Jumat 18/8/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Pasar SPN bakal makin ketat, pemerintah tawarkan suku bunga riil lebih tinggi. Target pertumbuhan ekonomi 2017 bisa tak tercapai, target 2018 dinilai ambisius. Pasar SPN bakal makin ketat, pemerintah tawarkan suku bunga riil lebih tinggi. Target pertumbuhan ekonomi 2017 bisa tak tercapai, target 2018 dinilai ambisius.   JAKARTA -...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Unik, Perindo Menggelar Upacara HUT ke-72 RI Mengapung di Atas Danau

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-72 Republik Indonesia, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menggelar upacara serentak di 34 provinsi. Berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan acara peringatan hari kemerdekaan.

Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo memimpin langsung sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-72 RI di kantor sekretariat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Perindo, Jalan Pangeran Diponegoro 29, Menteng, Jakarta Pusat.

Upacara dimulai tepat pada pukul 09.30 WIB. Dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pengibaran bendera Merah Putih. Hary Tanoe kemudian membacakan teks proklamasi dan memimpin peserta upacara untuk mengheningkan cipta.

Dalam sambutannya, Hary Tanoe berpesan bahwa peringatan hari kemerdekaan hendaknya dijadikan semangat bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk meneruskan perjuangan sesuai dengan cita-cita kemerdekaan, yakni mencapai bangsa yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Kemerdekaan adalah awal, tujuan akhirnya adalah  persatuan dan kesatuan, keadilan sosial, keadilan hukum, dan kemakmuran.

Untuk itulah, sambungnya, ada Partai Perindo yang hadir dengan tujuan untuk mengawal tujuan NKRI mewujudkan cita-cita kemerdekaan. “Kita berjuang bagi masyarakat menengah ke bawah. Mereka harus menjadi produktif ikut membangun bangsa, agar cita-cita kemerdekaan Indonesia dapat terwujud,” ungkapnya di DPP Partai Perindo, Jakarta (17/8).

Dia menjelaskan, sebagai anak bangsa memiliki kewajiban untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

Hary Tanoe mengatakan untuk menjadi negara maju, pendapatan per kapita minimal US$ 12.000. “Kita harus berjuang naik 3 kali lipat," kata dia.

Pria yang akrab disapa HT tersebut menambahkan, pentingnya persatuan dan kesatuan untuk mencapai tujuan akhir kemerdekaan. Seluruh komponen bangsa, kata dia, harus bekerja bersama untuk meningkatkan pendidikan, kesejahteraan masyarakat ekonomi lemah, agar semakin banyak yang produktif dalam membangun bangsa.

Pada kesempatan tersebut HT mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama membangun Indonesia. “17 Agustus ini momen introspeksi, mari kita bekerja bersama mewujudkan cita-cita kemerdekaan. Saya mengajak kita semua, saudara-saudara, bangsa Indonesia, mari bersatu padu. Tanpa persatuan sulit mewujudkan Indonesia kuat dan kokoh," tegasnya.

Sementara itu, seluruh pengurus dan kader Partai Perindo dan organisasi sayap Perindo menggelar upacara peringatan HUT ke-72 RI di masing-masing wilayah secara serentak. Kegiatan-kegiatan positif seperti lomba-lomba dan bakti sosial juga turut digelar di seluruh DPW, DPD, hingga DPC Partai Perindo.
Upacara Mengapung

DPD Rescue Perindo Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar upacara perayaan kemerdekaan RI ke-72 di atas Situ 7 Muara, Jalan Raya Siliwangi, Pondok Benda, Pamulang, Tangsel.

Kegiatan berlangsung unik, lantaran seluruh peserta upacara berada di atas Situ atau danau. Mereka lengkap mengenakan rompi pelampung, dan membawa bendera merah putih untuk dikibarkan pada tiang yang terpancang di tengah-tengah Situ.

Ketua DPD Rescue Perindo Tangsel, Dian Wiryawan menuturkan, upacara di atas Situ 7 Muara merupakan bentuk kesadaran nasionalisme, sekaligus mengkampanyekan agar masyarakat luas dapat bersatu menjaga kelestarian Situ yang ada.

"Upacara mengapung di hari kemerdekan RI ini adalah wujud kepedulian kami agar Pemerintah dapat memerdekakan Situ dari segala kepentingan pihak-pihak yang ingin merusak alam lingkungan Situ," katanya.

Terpisah, kader Perindo di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) melangsungkan upacara bendera. Upacara berlangsung di Sekretariat DPW Perindo Sumsel di Palembang.

Ketua DPW Perindo Sumsel, Febuar Rahman, mengatakan, upacara tidak hanya berlangsung di Palembang, tapi juga sekretariat DPD Perindo lainnya di Sumatera Selatan. Ada 17 DPD Perindo di wilayah Sumatera Selatan.

"Ini kami lakukan bahwa Partai Perindo memaknai begitu pentingnya kemerdekaan dan meneguhkan cita-cita kemerdekaan yang menjadi tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara serta menumbuhkan jiwa nasionalisme," tutur Febuar Rahman. Fan

Tampilkan Semua

Bunga Utang Kian Gerogoti APBN

Jumat 18/8/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Pasar SPN bakal makin ketat, pemerintah tawarkan suku bunga riil lebih tinggi. Target pertumbuhan ekonomi 2017 bisa tak tercapai, target 2018 dinilai ambisius.   JAKARTA - Utang pemerintah yang terus meningkat hingga mencapai 3.706...
Selengkapnya

Simpang Susun Semanggi untuk Mengurai Kemacetan

Jumat 18/8/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
Simpang susun Semanggi dibangun dengan dana sebesar Rp360 miliar.   JAKARTA-Presiden Joko Widodo meresmikan simpang susun Semanggi, di Jakarta, Kamis (17/8) malam. Kepala Negara mengatakan kawasan Semanggi bukan hanya jantungnya...
Selengkapnya

Yasonna, Pebusana Daerah Terbaik

Jumat 18/8/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA — Presiden Joko Widodo memilih lima orang sebagai pemakai busana daerah terbaik dalam upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati kemerdekaan ke-72 RI di Istana Presiden, Kamis (17/8). Mereka diberi hadiah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Generasi Muda Harus Peduli Pada Bangsa

Rabu 16/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Ketua DPD RI, Oesman Sapta, mendorong seluruh generasi muda untuk mulai peduli dan berjuang untuk masa depan bangsa Indonesia. Setiap generasi muda dituntut untuk memiliki komitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kebinnekaan serta NKRI dalam membangun bangsa Indonesia.

Saat menerima audiensi dari Kelompok Cipayung Plus di ruang delegasi Ketua DPD RI hari Selasa (15/8), Oesman Sapta menyampaikan kelompok generasi muda yang memiliki inisiatif dalam membangun nilai-nilai bangsa harus sepenuhnya didukung. Adanya kelompok generasi muda yang peduli dengan bangsa dapat berperan dalam menjaga persatuan dan keutuhan bangsa dan negara.

Oleh karena itu, Oesman Sapta mengapresiasi visi Kelompok Cipayung Plus yang terdiri dari beberapa organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan karena dianggap peduli terhadap pembangunan dan persatuan bangsa. “Saya senang karena spontanitas dari mereka untuk mempersatukan anak-anak bangsa dengan menganut paham Pancasila, UUD45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.” ujar Oesman sambil menyambut baik, karena kelompok ini telah menggerakkan organisasinya untuk melihat situasi yang berkembang.

Sumpah Pemuda 28 Oktober itu merupakan statement yang harus terus menerus disosialisasikan,” ujarnya. Senator dari Kalimantan Barat ini merasa Kelompok Cipayung Plus mampu merepresentasikan konsep ideal dari generasi muda yang peduli terhadap bangsa dan negara. Oleh karena itu, setiap generasi muda harus mampu terlibat dalam mewujudkan ketahanan nasional dan semangat kebangsaan.

Dan karena peran dari kelompok tersebut, Oesman Sapta akan mengundang Kelompok Cipayung Plus dalam Sidang Bersama DPR RI – DPD RI. “Kita harus terus mendukung Kelompok Cipayung ini, karena mereka generasi yang terbuka untuk menjaga keutuhan negara. Mereka peka terhadap situasi ini dan harus didukung oleh semua pihak.

Dan mereka akan diundang DPD untuk hadir besok,” ungkapnya. Menurut Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PBHMI) yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus, Mulyadi Tamsir, kehadiran mereka ke DPD RI bertujuan untuk melakukan konsultasi kepada Ketua DPD RI.

Oesman Sapta diangap sebagai sosok yang mampu memberikan pandangan serta saran terkait kepemudaan. Selain itu kata Mulyadi, Oesman Sapta diminta untuk menjadi pembicara dalam Jambore Pemuda dan Wirausaha yang akan diselenggarakan tanggal 13-17 September 2017 di Cibodas yang dihadiri sekitar 16 organisasi mahasiswa dan pemuda.

Rencananya acara tersebut turut mengundang Presiden RI, Joko Widodo. “Kami datang kesini untuk konsultasi dan mengundang Ketua DPD untuk bisa memberikan semangat dan menyampaikan gagasan kepada seluruh pemuda dalam jambore. Kita meminta para petinggi negara menyampaikan pemikiran sehingga generasi muda mendapat pencerahan dan membangun kebersamaan generasi muda, serta membangun semangat patriotisme pemuda,” ucapnya. sur/AR-3

Tampilkan Semua

Delapan Tokoh Dapat Tanda Kehormatan

Rabu 16/8/2017 | 06:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanda kehormatan kepada delapan tokoh yang dinilai sudah banyak berjasa kepada bangsa dan negara. Pemberian tanda kehormatan tersebut dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Tanda...
Selengkapnya

3 Mantan Presiden Bicara Kebangsaan

Rabu 16/8/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sukses menggelar dialog tentang kebangsaan, sebab tiga mantan presiden yang diundang, hadir menyampaikan pemikirannya. Jakarta – Tiga mantan presiden yakni Megawati Soekarnoputeri, Bacharuddin...
Selengkapnya

TNI Gelar Doa Bersama 171717

Selasa 15/8/2017 | 07:40
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersamasama masyarakat seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke akan menggelar ‘Doa Bersama Tanggal 17 Agustus, Pukul 17.00 WIB, tahun 2017 (17 17 17) dengan tema...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Bunga Bangkai Siap Mekar di Kebun Raya Washington DC

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC – Tiga tanaman langka asal Pulau Sumatera, Indonesia, yaitu Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum) yang ditanam di Kebun Raya Amerika Serikat (USBG) yang berada di Ibu Kota Washington DC, Amerika Serikat, diwartakan pada Rabu (16/8) telah siap mekar.

“Ini merupakan sebuah kejadian untuk pertama kalinya tiga tanaman raksasa mekar dalam waktu tak berjauhan di wilayah Amerika Utara,” kata juru bicara USBG, Ray Mims.

Diwartakan bahwa Bunga Bangkai di USBG telah memiliki ketinggian mencapai 2,13 meter dan diperkirakan akan mekar pada Kamis (17/8) hingga Selasa (22/8) pekan mendatang. Mekarnya Bunga Bangkai ini akan jadi atraksi sensasional yang sanggup menyedot ribuan pengunjung berdatangan ke kebun raya yang ada di Ibu Kota AS ini. USBG sendiri mengklaim saat ini mereka memiliki 15 hingga 16 tunas Bunga Bangkai.

Mekarnya Bunga Bangkai di USBG ini bukan yang pertama kali terjadi sepanjang tahun ini karena sebelumnya diwartakan bahwa sepanjang musim panas dilaporkan sudah tujuh Bunga Bangkai mekar di seluruh wilayah AS. Rtr/I-1

Tampilkan Semua

Satu Politisi Australia Lagi Miliki Dwi Kewarganegaraan

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MELBOURNE – Seorang senator Australia kembali dilaporkan pada Kamis (17/8) telah memiliki kewarganegaraan ganda dan keanggotaannya di parlemen bisa ditarik. Dengan terungkapnya isu kewarganegaraan terbaru, berarti sudah enam...
Selengkapnya

Hewan di Kebun Binatang Venezuela Dicuri untuk Disantap

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MARACAIBO – Pihak kepolisian Venezuela pada Rabu (16/8) diwartakan tengah menyelidiki pencurian hewan di kebun binatang yang ada di wilayah Zulia. Kabarnya pencuri mengambil hewan-hewan itu untuk disantap dan jika itu benar...
Selengkapnya

Arab Saudi Buka Perbatasan dengan Qatar

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
DUBAI – Pemerintah Arab Saudi dilaporkan telah membuka pintu perbatasan dengan Qatar untuk memberi aksi bagi para jamaah haji dari Qatar yang hendak melakukan ibadah haji pada tahun ini. Keputusan itu diambil di tengah-tengah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Proses Privatisasi BUMN Mesti Dipermudah

Jumat 18/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dengan membawa BUMN menuju IPO hingga melantai di bursa berdampak positif bagi kinerja perusahaan

JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku terus mengupayakan untuk memangkas tahapan proses privatisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau penjualan sebagian saham ke masyarakat. Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, mengatakan upaya pemangkasan proses privatisasi BUMN masih terganjal pada sejumlah ketentuan di tingkat Parlemen.

“Kami sudah sampaikan ke DPR agar 25 tahap proses privatisasi BUMN bisa dipangkas,” ujarnya dalam peluncuran buku Pasar Modal di Ujung Pena: Serpihan Kenangan tentang Bursa Kita, di Jakarta, Selasa (15/8). Tito meyakini bahwa privatisasi BUMN akan memicu pemerataan kepemilikan saham perusahaan BUMN di masyarakat.

“Privatisasi juga dapat meningkatkan aspek transparansi dan akuntabel,” jelasnya. Menurut Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN), privatisasi adalah penjualan saham Perseroan, baik sebagian maupun seluruhnya, kepada pihak lain dalam rangka meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan, memperbesar manfaat bagi negara dan masyarakat, serta memperluas pemilikan saham oleh masyarakat.

Dalam undang-undang itu disebutkan juga Persero adalah BUMN yang berbentuk perseroan terbatas yang modalnya terbagi dalam saham yang seluruh atau paling sedikit 51 persen sahamnya dimiliki oleh negara Republik Indonesia yang tujuan utamanya mengejar keuntungan. Sementara itu, dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 59 Tahun 2009 menyebutkan privatisasi dilakukan dengan cara, penjualan saham berdasarkan ketentuan pasar modal, penjualan saham secara langsung kepada investor, dan penjualan saham kepada manajemen dan/atau karyawan Persero yang bersangkutan.

 

Memperbaiki Kinerja

 

Kepala Bapepam periode 1993–1995, Bacelius Ruru, mengatakan upaya BUMN didorong masuk ke pasar modal sudah sejak lama, terutama ketika masa transformasi BEJ ke BEI. Hal ini dilakukan lantaran mampu memberikan banyak manfaat bagi perusahaan BUMN tersebut. “Karena BUMN, dan kalau dibawa ke pasar modal ada dua fungsi tercapai, yakni memperbaiki kinerja dan demokratisasi,” tutur Ruru.

Ruru menjelaskan dengan membawa perusahaan BUMN menuju penawaran umum perdana saham (IPO) hingga melantai di bursa akan memperbesar kepemilikan saham di perusahaan itu, yang berdampak positif bagi kinerja perusahaan, apalagi para perusahaan BUMN itu kerap menjadi saham blue chip.

“Kepemilikan saham jadi bagian publik ini berlangsung terus, karena bagaimanan pun privatisasi penting,” imbuhnya. Selain itu, lanjut dia, dalam perjalanan 40 tahun pasar modal Indonesia masih terdapat banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi oleh pejabat pasar modal saat ini, di antaranya terkait pertumbuhan investor ritel yang diharapkan mampu semakin berkembang.

“Barang kali jumlahnya masih kurang investor ritel, serta catatan lainnya adalah yang harus dilakukan serta dipersiapkan dari sekarang kalau mau jadi naik level di ASEAN,” tandasnya. Saat menjabat, Ruru menceritakan pada November 1995 lalu, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melakukan privatisasi, sampai saat ini pada akhirnya kinerja perseroan positif secara berkelanjutan.

“Waktu saya Ketua Bapepam- LK, saya yang memegang privatisasi Telkom. Saya yakin privatisasi akan menyehatkan kinerja perusahaan,” katanya. 

 

Ant/AR-2

Tampilkan Semua

TPIA Incar Dana “Rights Issue” Rp5,03 Triliun

Jumat 18/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) akan melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) untuk penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue sebesar 5,03 triliun rupiah atau sekitar 378 juta...
Selengkapnya

Perusahaan Sekuritas Ekspansi ke Malaysia

Jumat 18/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT MNC Sekuritas terus melebarkan sayap bisnisnya di tingkatan regional dengan ekspansi ke negeri Jiran, Malaysia. Langkah ini dilakukan seiring dengan pesatnya perkembangan pasar modal syariah di kawasan Asean. MNC...
Selengkapnya

Pendapatan Pertamina Jadi 20,5 Miliar Dollar AS

Jumat 18/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Pertamina meraih pendapatan pada semester I 2017 sebesar 20,5 miliar dolar AS. Pendapatan ini tumbuh sebesar 19 persen dibandingkan semester pertama tahun 2016 sebesar 17,2 miliar dolar AS. Direktur Utama Pertamina,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Bantu Petani dan Nelayan untuk Kikis Kemiskinan di Gorontalo

Senin 14/8/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pembangunan infrastruktur seperti bendungan hingga jalan penghubung terus dilakukan di Provinsi Gorontalo. Pembangunan tersebut dilakukan agar roda perekonomian di provinsi ini berjalan baik. Pemerintah Provinsi Gorontalo juga fokus pembangunan di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan agar dapat mengentaskan kemiskinan yang saat ini masih mencapai kurang lebih 17 persen.

Gorontalo terbagi menjadi lima kabupaten dan satu kota. Tiap-tiap wilayah administrasi tersebut terbagi lagi menjadi beberapa wilayah administrasi di bawahnya, yaitu kecamatan dan desa/kelurahan. Pada tahun 2011, Provinsi Gorontalo terdiri dari 70 kecamatan dan 723 desa/kelurahan.
Untuk memajukan wilayah ini telah ditetapkan visinya, yaitu terwujudnya percepatan pembangunan berbagai bidang serta peningkatan ekonomi masyarakat yang berkeadilan di Provinsi Gorontalo. Untuk mewujudkannya, dibentuklah misinya. Untuk pencapaian visi pembangunan tersebut ditetapkan lima misi pembangunan Gorontalo 2012–2016.

Pertama, memfokuskan peningkatan ekonomi atas dasar optimalisasi potensi kewilayahan, mendorong laju investasi, percepatan pembangunan infrastruktur pedesaan, sekaligus mengembangkan potensi unggulan dengan mengakselerasi secara cerdas terhadap pencapaian kesejahteraan rakyat. Kedua, meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendekatan kesesuaian keahlian serta pemenuhan mutu kualitas penyelenggaraan pendidikan dan kesehatan.

Ketiga, mengembangkan manajemen pengelolaan potensi sumber daya kelautan, pertanian, peternakan, kehutanan, Danau Limboto, dan potensi lingkungan lainnya yang lebih baik, saling terintegrasi serta lestari demi kepentingan kemakmuran masyarakat. Keempat, mengembangkan nilai-nilai religi, dalam kehidupan beragama yang rukun penuh kesejukan sekaligus memelihara keragaman budaya serta memperkuat peran pemberdayaan perempuan, perlindungan terhadap anak, termasuk isu kesetaraan gender dalam pembangunan.

Kelima, menciptakan sinergitas di antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota di Gorontalo dalam kaidah otonomi daerah sekaligus untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik, menurunkan angka kemiskinan, serta menjalankan sistem tata pemerintahan yang baik dalam rangka reformasi birokrasi.

Untuk mengetahui apa saja langkah ke depan secara nyata yang akan dilakukan Provinsi Gorontalo, wartawan Koran Jakarta, Muhammad Umar Fadloli, berhasil mewawancarai Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, seusai mengikuti rapat terbatas evaluasi pelaksanaan program strategis nasional dan program prioritas Provinsi Gorontalo, di Kantor Presiden, Jakarta, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Apa saja yang sudah Anda kerjakan dalam memimpin Gorontalo?

Ada pembangunan Bendungan Bone Hulu, Bolang Hulu, dan jalan penghubung Gorontalo–Manado.

Progresnya seperti apa?

Alhamdulillah, tiga-tiganya tidak ada masalah. Namun, satu sempat tertunda yaitu pekerjaan Bendungan Bone Hulu. Tertunda karena ada miskomunikasi antara masyarakat dan pemerintah sana tentang lokasi karena di situ ada taman nasional. Mereka berkeinginam agar pembangunan tidak merusak lingkungan, terutama ada hewan dan burung maleo di sana agar jangan terganggu.

Maka itu, kami melakukan sosialisasi dan kami jelaskan kepada masyarakat bahwa pembangunan Bendungan Bone Hulu tidak akan mengganggu taman nasional dan menjaga kelestariannya. Alhamdulillah, mereka setuju membuat surat pernyataan dan pemerintah juga.

Lalu, yang pembangunan Bendungan Bolang Hulu?

Bolang Hulu itu ground breaking tahun 2018, serta pengerjaan jalan penghubung Gorontalo–Manado dilakukan tahun anggaran 2017 dan tahun 2018 kurang lebih 60 miliar rupiah untuk pengerjaan jalan 10 kilometer untuk pelebaran jalan.

Ada kendala terkait pembebasan lahannya?

Selama itu ganti untung bukan ganti rugi, masyarakat Gorontalo sangat mendukung. Insya Allah untuk pembangunan di sana persoalan lahan tidak ada masalah. Pada tahun 2018, kami mengusulkan pembangunan Bandara Pohuwato, Pelabuhan Anggrek, dan penghijauan Polonia.

Presiden Joko Widodo mengingatkan agar dapat nengentaskan kemiskinan, tanggapan Anda?

Iya, kami memang terkait kemiskinan masih tinggi, tercatat ada sebesar 17,16 persen. Setelah kami lihat bahwa dalam memberikan bantuan kurang pas sasarannya. Nah, itu nanti yang kami ubah.

Bantuan apa saja?

Bantuan perikanan ada perahu nelayan, lalu petanian, dan peternakan. Ada sapi, kambing, itik, serta pemberian kredit usaha rakyat (KUR). Ini ke depan yang harus tepat sasaran.

Apa yang akan ditonjolkan di Gorontalo?

Masyarakat kami kulturnya itu 65 persen ada di desa yang fokus sebagai petani makanya pertanian, peternakan, dan perikanan akan kami kembangkan. Untuk pertanian, ada jagung sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Kami berharap para pengumpul jagung tidak hanya melakukan aktivitas pembelian, akan tetapi turut serta membina dan memfasilitasi petani dalam mengusahakan pengembangan tanamannya di daerah itu. N-3

Tampilkan Semua

Musi Banyuasin Masuki Era Pendidikan Modern

Senin 7/8/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) 2017. Penghargaan diberikan kepada daerah yang memenuhi capaian di 31 indikator yang dirangkum dalam lima klaster pemenuhan...
Selengkapnya

Membangun dengan Keberagaman di Kabupaten Alor

Senin 31/7/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, mendapat anugerah Harmony Award Tingkat Nasional dari pemerintah pusat pada Februari 2017 lalu. Alor menjadi contoh bagaimana hidup beragama yang berbeda-beda justru menjadi kekuatan dari sebuah...
Selengkapnya

Berpihak pada Rakyat Kunci Hadapi Persaingan

Senin 24/7/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kulon Progo selalu menjadi berita istimewa dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam lima tahun terakhir seiring dengan rencana dan proses pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta pengganti Bandara Adisutjipto. Entah kebetulan atau...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Rumah di Bogor Andalkan Nuansa Asri

Senin 14/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bogor menjadi salah satu kota favorit ‎untuk pengembangan hunian dengan beragan segmen, vertikal maupun landed house. Kawasan Bogor yang sejuk membuat masyarakat menjatuhkan pilihan pada Bogor sebagai tempat tinggal. 

Kota megapollitan Jakarta, saat ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa. Jumlah penduduk yang cukup padat dibandingkan dengan luas kota Jakarta seluas 661,5 km2. Kondisi kepadatan ini telah membawa kota Jakarta menjadi salah satu kota terpadat di dunia. 

World Bank memprediksi jumlah penduduk ibu kota pada 2020 mendatang mencapai 16 juta jiwa. Prediksi ini berdasarkan tingkat pertumbuhan di Jakarta sebanyak 3,7 persen per tahun Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk Jakarta, Kawasan penyangga ibu kota semakin digandrungi masyarakat. 

Tingginya harga rumah di pusat kota membuat daerah penyangga kerap dijadikan alternatif tempat tinggal. Berdasarkan survei Rumah123.com, Bogor unggul dengan persentase 37 persen, disusul Tangerang 30 persen, Bekasi 17 persen, dan Depok 16 persen.  

 Bogor selain sebagai kota hujan, kota kuliner, maupun kota wisata, telah menjadi kota yang menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat tinggal. Memiliki keunggulan akan udara yang sejuk dan nyaman serta letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta menjadi faktor penting Bogor untuk selalu diminati oleh masyarakat. 

Melihat potensi Bogor sebagai kawasan yang nyaman untuk dihuni,  PT Adhi Persada Properti yang merupakan anak perusahaan BUMN dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk, menghadirkan sebuah perumahan esklusif berlokasi tepat dekat kaki Gunung Salak, Bogor. 

Taman Dhika Batu Tulis hadir sebagai sebuah pilihan hunian di lokasi yang sangat strategis dengan view pegunungan yang hijau. Taman Dhika Batu Tulis cocok bagi keluarga yang menginginkan hadirnya suasana segar hawa pegunungan di dalam hunian.

 Sukarjono, Project Manager Property Taman Dhika Batu Tulis mengatakan, Taman Dhika Batu Tulis memiliki lokasi yang strategis karena posisi perumahan hanya berjarak 6 kilometer dari pintu tol Bogor-Jagorawi, 3 km dari Bogor Inner Ring Road (BIRR) dan 2 km dari tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) yang akan beroperasi di 2017.

” Taman Dhika Batu Tulis dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 10 hektare dengan total unit kurang lebih 400 unit," terangnya. 

 Adapun perumahan tersebut dibagi menjadi tiga tipe unit, yaitu tipe 36/72, 45/112, 54/112, dan semua hadir dalam bentuk perumahan kluster. 

 Sebagai kelengkapan fasilitas di kawasan ini, PT Adhi Persada Property juga membangun sports club, kolam renang, playground, komersial area (ruko), mushola dan Taman Rusa. 

Hunian yang mulai dipasarkan sejak Agustus 2016 ini memiliki kisaran harga  450 juta rupiah, kemudian telah mengalami kenaikan 485 juta rupiah  atau hampir 10 persen. 

 Silvia Rahmi, Marketing Manger Taman Dhika Batu Tulis menambahkan, pada 2017 ini, harga unit rumah di Taman Dhika Batu Tulis dimulai dengan kisaran harga 600 jutaan rupiah. 

Untuk pembangunannya sendiri, pada Juli – Agustus 2017 ini total progres pembangunannya kini sudah hampir mencapai 75 persen.” 

Secara umum, investasi disektor properti khususnya segmen hunian di kawasan Bogor sangat potensial. Hingga saat ini pertumbuhan properti di kawasan Bogor memang tak sepadat wilayah penyangga lainnya, seperti Serpong maupun Bekasi.

 Hal tersebut disebabkan akses transportasi dan infrastrukturnya yang masih harus diperbaiki. Namun, kawasan Bogor masih memiliki daya saing cukup besar dengan rencana jaringan jalan Bogor Inner Ring Road (BIRR), Bogor Outer Ring Road (BORR), jalan Poros Tengah Timur (jalur Puncak Dua), dan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). 

 Dari agenda tiga seksi fase pembangunan BORR, dua diantaranya sudah selesai. Begitu pula pada pembangunan infrastruktur kereta ringan (light rail transit/LRT) yang akan hingga ke Bogor. ‎yun/E-6

Tampilkan Semua

Integrasi TOD, Peradaban Baru Kawasan Hunian

Senin 14/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pembangunan sistem transportasi massal diharapkan akan mampu mengubah kehidupan masyarakat Jakarta, dimana yang selama ini menggunakan sarana transportasi pribadi, berubah menggunakan sarana transportasi umum. Layaknya sebuah kota...
Selengkapnya

IPEX 2017, Komitmen untuk Sejuta Rumah

Senin 14/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
IPEX 2017 digelar sebagai salah satu langkah Bank BTN untuk memudahkan masyarakat memiliki rumah dalam rangka Program Satu Juta Rumah, peningkatan pangsa pasar KPR, sekaligus untuk memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI   Jakarta, 11...
Selengkapnya

Atur Interior di Ruang Minim

Jumat 11/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Samakin hari, manusia “diajak” untuk beradaptasi tinggal di ruangan dengan ukuran minim. Meski begitu, penghuni harusnya tidak kehilangan sisi kenyamanannya. Rochadi, Sekretaris Jendral Himpunan Desainer Interior Indonesia...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Akses Global Aman via Komputasi Awan

Kamis 10/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tingginya adopsi komputasi awan (cloud) secara masif baik oleh perusahaan perusahaan besar ataupun sekala UKM tidak lain karena kepercayaan pada keamanan dan juga kemampuan menghadirkan efisiensi biaya.

Berdasarkan penelitian Frost & Sullivan, Indonesia diperkirakan akan mengalami Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan (Compound Annual Growth Rate /CAGR) sebesar 38,6 persen dari pertumbuhan pembelanjaan layanan cloud dari tahun 2016 hingga 2022. 

Beberapa layanan cloud yang menawarkan keamanan kelas tinggi adalah private cloud dan hybrid cloud.  “Cloud ini memungkinkan perusahaan melalui interkoneksi private untuk mengontrol infrastruktur, sambil memanfaatkan kemudahan dan fleksibilitas dari layanan cloud,’ ujar  CEO DCI Indonesia Toto Sugiri, dalam peluncuran kerjasama Equinix dengan DCI di Jakarta Senin (7/8).

Pelanggan cloud lokal kini dapat terhubung dengan cloud global melalui jaringan private. Melalui hasil kerjasama dengan DCI dan Equinix, pelanggan mendapatkan akses ke cloud global melalui sistem pertukaran (cloud exchange) yang aman dan handal secara cepat dan efisien. 

Cloud and Enterprise Business Group Lead for Microsoft Indonesia Yos Vincenzo, mengatakan, “Kerja sama Equinix dengan PT DCI Indonesia memberikan akses ke layanan cloud kami secara aman dan langsung, memungkinkan pelanggan enterprise kami untuk meraih manfaat dari layanan cloud, namun tetap menjaga data mereka tetap berada di Indonesia dan aman,” ujar dia.

Layanan DCI CloudConnect sendiri memiliki tiga tipe berbeda yakni CloudConnect Platinum, Gold dan Silver. Layanan ini dirancang untuk menyasar segmen pasar perusahaan kelas menengah  ke bawah, seperti para start up dan sejenisnya.  hay/E-6

Tampilkan Semua

Nonton Video Nyaman dengan Layar 6 Inci

Kamis 10/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Nonton video berisi film, musik, dan konten lainnya kini telah menjadi kebiasaan pengguna perangkat mobile. Apalagi saat ini operator menyediakan bonus kuota untuk menonton konten aplikasi. Indosat misalnya menyediakan bonus data untuk...
Selengkapnya

Integrasi Digital untuk Layanan Logistik

Kamis 10/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sektor logistik saat ini tumbuh sangat pesat. Daya beli yang meningkat dan maraknya belanja online, menjadi faktor pendorong utama meningkatkan sektor logistik. Di tengah meningkatnya arus logistik, kompetisi antar penyedia layanan juga...
Selengkapnya

Mesin Pintar untuk Pencari Kerja

Selasa 8/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dengan aplikasi berbasis algoritma, pelamar kerja tidak perlu aktif mencari informasi lowongan pekerjaan secara manual. Sebaliknya, pencari tenaga kerja kini juga bisa menemukan kandidat terbaik sesuai dengan kualifikasi. Dengan jumlah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Kembalinya “Si Anak Hilang”

Selasa 15/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Merek Volvo pernah begitu terlihat di jalanan negeri ini. Apalagi pada masa kekuasanaan “Orde Baru,” kendaraan para menteri jaman itu  dikenal karena seri Volvo 264 GL. Namun Volvo nyaris tidak pernah terdengar beberapa tahun ini.

Merek dengan symbol kimia untuk besi ini kini hadir kembali melalui APM, PT Garansindo Distributor Indonesia (GDI). Perusahaan ini berjanji membangkitkan merek asal Swedia yang lama tenggelam.

Chief Executive Officer Volvo Cars Indonesia Satya Saptaputra mengatakan, untuk kehadiran kembali di pasar tanah air Volvo menghadirkan model premium.

“Volvo sebagai ikon kendaraan premium di Indonesia masih melekat kuat dalam benak berbagai lapisan konsumen kendaraan nasional,” ujar dia pada cara Gaikindo International Motor Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Menurut Satya, meski sudah lama absen dari hingar binger industri otomotif nasional, namun Volvo masih meninggalkan goresan tinta emas sebagai merek kendaraan premium di Indonesia. “Garansindo menyambung sejarah itu," kata dia.

Pada GIIAS 2017 Volvo Cars mengusung rancang bangun dan teknologi kendaraan terkini, dengan menghadirkan empat model , yaitu New XC90, New S90,  New S60, dan New V40 Cross Country. Empat model ini diharapkan dapat mengusir kerinduan para pecinta mobil premium di Tanah Air terhadap kendaraan berkeselamatan tinggi ini.

Beberapa tahun terakhir Volvo Cars Group telah melakukan transformasi global. “Prestasi itu kini tak lagi sekadar jadi tontonan bagi konsumen Indonesia namun juga harus merasakan hasil tranformasi yang dilakukan,” ujar Wakil Presiden Volvo Car Group wilayah Asia Pasifik Jari Kohonen.

Menurut Khonen, model Volvo Cars yang dihadirkan merupakan definisi baru dalam kelas kemewahan serta kecantikan sempurna dalam tata desain mobil premium. Sebuah konsep baru berbagi platform yang disebut sebagai Scalable Product Architecture (SPA) juga telah dikembangkan dalam rangkaian produknya, di mana salah satu contohnya dapat dilihat pada penampilan S90 dan XC90 yang tampak bersaudara. 

Karena itu, baik S90 maupun XC90 terbaru muncul bagaikan sebuah maha karya pahatan. Ini bukan sebuah pernyataan yang dibuat sendiri, namun penghargaan dari berbagai institusi dan media internasional yang telah diraihnya.

Di sisi lain, performa tanpa kompromi juga menjadi keistimewaan baru yang sulit dikesampingkan dari Volvo Cars. Teknologi Drive-E yang dikembangkan Volvo Cars telah menghasilkan efek performa tinggi tanpa perlu mengonsumsi bahan bakar tinggi. Dan, itulah yang menjadikan alasan majalah Ward's Autoworld untuk memasukkan mesin T6 Drive-E sebagai salah satu dari 10 Mesin Terbaik 2016.

"Tentu saja peningkatan gengsi dan segala teknologi terbaru yang kini dimiliki pada keluarga Volvo Cars akan kami imbangi dalam bentuk pelayanan jual dan purnajual sempurna, tanpa kompromi," tegas Satya.

Garansindo telah menyiapkan showroom respresentatif berstatus 3S (Sales, Service, Spare Part) telah disiapkan di Jakarta dan akan dikembangkan ke kota-kota lain di Indonesia. 

Fasilitas layanan ini akan dibangun sesuai standard Volvo Cars Retail Experience (VRE) guna memberikan pengalaman premium Skandanavia yang otentik untuk para konsumen.  ‎hay/E-6

Tampilkan Semua

GIIAS 2017 Saatnya APM Kebut Penjualan

Selasa 15/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gelaran world class auto show series, G aikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 kembali digelar selama 10 hari mulai tanggal 10-20 Agustus 2017. Mengusung tema “Rise of the Future Mobility”. Pameran otomotif...
Selengkapnya

Moge AS Adopsi Mesin Baru

Selasa 15/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 bukan hanya pemeran kendaraan roda empat. Kendaraan roda dua juga menampilkan produk premiumnya pada ajang bertema “Rise of the FutureMobility.”   Salah satu...
Selengkapnya

Mobil Konsep Listrik Futuristik

Rabu 9/8/2017 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dengan tema 'Rise of the Future Mobility', pameran GIIAS 2017 yang berlangsung 10-20 Agustus 2017 di ICE BSD City Tangerang Selatan, akan menampilkan mobil konsep masa depan. Mobil ini menarik dicermati karena biasanya akan menjelma...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Pique: “Ini Pertamakalinya Kami Merasa Rendah”

Jumat 18/8/2017 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font

MADRID – Kekalahan Barcelona dari seteru tradisional mereka, Real Madrid, da­lam dua leg Piala Super Spanyol dengan skor cukup telak, agregat 5-1, menyisakan luka pada seluruh pendukung klub maupun para pemainnya. Bahkan bagi palang pintu an­dalan Barcelona, Gerard Pique, kekalahan ini seakan menjadi mimpinya yang paling buruk.

Pique mengaku untuk pertama kalinya sejak dia bergabung dengan Barcelona, dia merasa inferior terhadap Real Madrid sete­lah tim asuhan Zinedine Zidane itu menjua­rai Piala Super Spanyol, Kamis (17/8) dini hari WIB.

Pique yang terpaksa ke luar lapangan ka­rena cedera pada babak kedua dan akan di­periksa kondisi cederanya. mengakui bahwa Barca kesulitan di lapangan. “Selama sem­bilan tahun saya di Barca, ini pertama kali saya merasa inferior di hadapan Madrid,” kata Pique kepada wartawan setelah timnya takluk di Santiago Bernabeu.

“Itu benar, ketika mereka merebut Liga Champions tahun lalu, tapi kami bisa datang ke sini dan tetap meraih kemenangan. Tapi sekarang itu tidak terjadi,” lanjutnya.

“Kami tidak berada pada penampilan ter­baik sebagai tim maupun klub. Kami harus semakin mendekatkan diri satu sama lain dan menatap ke depan,” kata Pique dalam laman ESPN.

Pique mengatakan, saatnya bagi Barca untuk fokus pada persaingan La Liga mu­sim ini. “Kami harus melupakan kekalahan ini dan menerima Madrid memang saat ini lebih baik ketimbang kami, namun musim masih sangat panjang dan masih ada ruang untuk peningkatan.”

Barcelona akan memulai persaingan La Liga musim ini saat menjamu Real Betis, di Camp Nou, Minggu (20/8).  Rtr/drb/S-1

Tampilkan Semua

Timnas Polo Air Raih Kemenangan Kedua

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BUKIT JALIL - Timnas polo air putra Indonesia meraih kemenangan kedua dan hasil tersebut akan dijadikan modal untuk menghadapi juara bertahan Singapura pada SEA Games 2017 di National Aquatic Centre, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia,...
Selengkapnya

Timnas Basket Optimistis Raih Emas

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Timnas Basket Indonesia diharapkan dapat meraih medali emas di SEA Games Kuala Lumpur. Pada SEA Games Singapura 2015, timnas putra dan putri berhasil meraih medali perak. Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Basket Seluruh...
Selengkapnya

Timnas Bulu Tangkis Beregu Putri ke Semifinal

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BUKIT JALIL - Tim Bulu tangkis Beregu Putri Indonesia dipastikan melaju ke semifinal SEA Games 2017. Kepastian itu diraih Tim Beregu Indonesia setelah Tim Beregu Putri Laos sudah menyatakan mundur. "Ya, Tim Bulutangkis Beregu Putri...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Elite Harus Menjaga Ucapan

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Bagong Suyanto

Saling kritik dalam kehidupan politik itu biasa. Tetapi, ketika kritik verbal yang dilontarkan para elite politik sudah menjurus pada ujaran kebencian dan penghinaan yang lebih banyak didasari syakwasangka, . Hal ini berpotensi memperkeruh suasana dan mendorong konflik sosial.

Contoh menuding partai politik lain sama dengan Partai Komunisi Indonesia atau parpol tertentu mendukung paham intoleran dan anti-Pancasila. Ini contoh praktik kekerasan verbal dalam kehidupan politik. Walaupun ini tidak menimbulkan bekas luka fisik, dampaknya justru sering kali lebih dalam. Ini bisa menyebabkan luka psikologis, dendam, rasa terhina, dan sebagainya. Semua itu tidak mudah hilang dalam hitungan hari.

Dalam suasana kampanye menjelang pilkada atau pemilu, memang “wajar” jika dalam sejumlah pidato kemudian muncul ujaran-ujaran memojokkan lawan, dan bahkan ujaran bermuatan kebencian. Di media sosial, yang di dalamnya banyak terlibat masyarakat awam, ujaran kebencian semakin biasa. Tetapi, ketika sebuah pernyataan dilontarkan elite politik yang terhormat, tentu bisa berkembang liar.

Meski pernyataan atau kritik keras yang dikemukakan seorang tokoh politik mungkin lebih untuk menarik simpati para pendukung dan disampaikan dalam forum internal terbatas, tetapi menuding pihak lain tanpa data sah berbahaya. Apalagi kalau kemudian terekspose dengan cepat di media massa dan media sosial, hal itu berpotensi memantik reaksi kontra-produktif bagi kehidupan berdemokrasi.

Dalam kehidupan politik, posisi elite dengan banyak pengikut, tak ubahnya selebritas yang menjadi idola. Alih-alih mengkritisi jika bintang pujaannya bertindak salah, apa pun yang dilakukan dan dikatakan bukan tidak mungkin dipercaya. Hal itu kemudian diamini dan diinternalisasi dalam pikiran para penggemar atau pendukung.

Seorang elite politik yang tidak menjaga ucapan dan gemar mengeluarkan syakwasangka atau ujaran tanpa dasar, dewasa ini bisa saja berkembang menjadi sangat berbahaya karena sejumlah faktot, di antaranya ujaran kebencian yang dilontarkan bisa memantik api kebencian di kalangan pengikut terhadap pihak yang dikritik.

Mereka tanpa mempertanyakan sedikit pun dasar kebenarannya. Pada titik ini, jika ujaran kebencian itu berkali-kali dikemukakan, cepat atau lambat akan dianggap sebagai kebenaran.

Semu

Kemudian, tuduhan tanpa dasar tersebut dalam kehidupan politik bisa saja berpotensi menimbulkan drama, bahkan menjadi kebenaran semu yang dibenarkan masyarakat. Padahal, dalam realitas tidak ada rujukan asli yang menjadi acuan. Menuding pihak lawan intoleran, anti-Pancasila, PKI, dan sebagainya, ketika dilontarkan tanpa dasar, sesungguhnya telah berubah menjadi alat menjatuhkan moral lawan.

Tudingan yang tanpa dasar sesungguhnya hanya berbeda tipis dengan fitnah yang bisa melahirkan kebencian. Yang tidak benar, bila terus diulang dan disirkulasikan ke masyarakat. Yang disasar kritik atau ujaran kebencian akan membalas. Ujung-ujungnya menjadi bibit konflik yang tidak berkesudahan.

Seperti selebritas, elite politik era postmodern seperti sekarang bertanggung jawab sangat besar. Mereka harus berhati-hati dalam berperilaku dan berucap. Sebab, apa pun yang mereka lontarkan dengan cepat menjadi viral. Kehadiran media sosial dan internet, mau tidak mau akan membuat setiap momen dengan cepat tersebar menjadi konsumsi masyarakat. Seorang elite yang tidak berhati-hati dalam berujar, jangan kaget jika kemudian selip lidah. Sebab ucapan kontroversional yang mereka sampaikan bisa menjadi pemberitaan yang dalam hitungan detik menyebar ke seluruh dunia.

Maka, mereka harus berhati-hati dalam berucap. Jangan mudah melontarkan tudingan tanpa dasar Kalau ada demikian harus diselesaikan melalui jalur hukum sebagai bagian dari proses pendidikan politik. Para elite agar terbiasa mempertangungjawabkan perilaku dan ucapan. Yang tak kalah penting, mendidik masyarakat agar membekali diri dengan sikap kritis. Ini penting untuk selalu lebih dulu mencerna ujaran-ujaran bermuatan politik yang kini makin banyak bermunculan di media sosial.

Di era digital, penting mencegah agar praktik-praktik kekerasan verbal tidak memicu konflik dan berbagai permasalahan sosial yang lain. Ini tidak bisa lagi hanya mengandalkan kesadaran dan kebesaran hati elite politik. Dalam kehidupan politik yang makin kompetitif dan terbiasa saling menghujat, cepat atau lambat telah membuat sebagian elite pelan-pelan kehilangan nurani.

Untuk mencegah agar dunia politik tidak makin keruh dan tidak pula diwarnai ujaran-ujaran kebencian, benteng terakhir kini tinggal pada kesiapan dan kedewasaan sikap masyarakat. Tanpa dilandasi sikap kedewasaan dan tingkat literasi memadai, masa depan kehidupan politik nasional makin mengkhawatirkan. 

Penulis Dosen FISIP Universitas Airlangga

Tampilkan Semua

Merawat Kebinekaan

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini dirayakan dengan gempita di seluruh penjuru negeri. Berbagai kegiatan, seperti upacara pengibaran bendera Merah Putih yang berjalan hikmat hingga pesta rakyat yang berlangsung...
Selengkapnya

Tidak Ada yang Sia-sia dalam Hidup Ini

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Pelajaran Sederhana Luar Biasa Penulis : Yudisrizal Penerbit : Gramedia Cetakan : Pertama, Agustus 2017 Tebal : 268 Halaman ISBN : 978-602-03-5532-0 Jauh berjalan banyak dilihat. Lama hidup banyak dirasa. Begitulah buku...
Selengkapnya

Merdeka Spirit Berkeadilan

Rabu 16/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh Dr Agus Riewanto Untuk memperingati 72 tahun kemerdekaan, saatnya bangsa Indonesia memaknai dari berbagai bidang. Salah satu yang menonjol untuk dikritisi adalah masalah keadilan. Benarkah saat ini bangsa telah mampu mewujudkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Daniel Craig Kembali Perankan James Bond

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Aktor Inggris, Daniel Craig, sudah mengonfirmasi dirinya akan kembali berperan sebagai James Bond untuk terakhir kalinya, mengakhirnya spekulasi yang sudah terjadi berbulan-bulan.

Craig mengungkapkannya saat tampil di acara The Late Show di AS. Saat ditanya oleh pembawa acara Stephen Colbert apakah dia akan kembali jadi James Bond, Craig merespons "Iya", yang disambut meriah oleh penonton.

Craig sudah empat kali berakting jadi agen rahasia itu: di fim "Casino Royale", "Quantum of Solace", "Skyfall" dan "Spectre".

Eon Productions, perusahaan yang mengurus franchise film itu, mengatakan dalam laman resmi bahwa film Bond ke-25 itu akan dirilis di AS pada 8 November 2019 dan akan tayang lebih awal di Inggris dan penjuru dunia lain. Saat ditanya Colbert apakah Craig akan kembali dalam film Bond setelah film 2019, Craig mengatakan tidak. “Saya kira cukup ini saja," katanya.  Rtr/S-2

Tampilkan Semua

Emma Stone Aktris dengan Honor Tertinggi

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setelah memenangi Oscar pertamanya, aktris Emma Stone akhirnya berhasil menggeser Jennifer Lawrence dari posisi teratas daftar Forbes untuk aktris dengan bayaran tertinggi di dunia pada 2017. Menurut prehitungan Forbes selama jangka...
Selengkapnya

Nadine Chandrawinata: Bangsa Ini Harus Lebih Solid

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Manisnya kemerdekaan tentunya kini telah dirasakan oleh seluruh warga negara Indonesia. Di momen Hari Kemerdekaan ini, Nadine Chandrawinata, berharap bangsa Indonesia ke depannya bakal lebih solid, dan terhindar dari perpecahan. Bangsa...
Selengkapnya

Tina Toon Maknai Kemerdekaan dengan Berkarya

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kemerdekaan itu kebebasan yang bertanggung jawab. Begitulah menu­rut Tina Toon mengenai arti kemer­dekaan bagi rakyat Indonesia. Penyanyi dan aktris ini mengatakan kemerdekaan merupakan hak bagi setiap orang. “Merdeka itu...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

72 Tahun Indonesia Kerja Bersama

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gotong royong adalah akar kebudayaan Indonesia yang merupakan wujud harmoni kebersamaan. Gotong royong sudah menjadi perekat sosial paling efektif tanpa memandang ras, suku, dan agama untuk mencapai tujuan yang luhur. Kebersamaan itu pulalah yang diangkat menjadi tema “72 Tahun Indonesia Kerja Bersama”. Sebagai semangat pada perayaan 72 tahun Indonesia Merdeka tahun ini.

Pendekatan tersebut, kata Pratikno, menjadi esensi sekaligus ajakan kepada segenap masyarakat Indonesia. Semangat ini untuk merangkul dan mengedepankan asas kebersamaan. Masyarakat diingatkan untuk kembali bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan menjadi bangsa yang terhormat.

Rakyat bersama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) mengibarkan bendera merah putih setelah berhasil mengalahkan tentara sekutu dalam sosiodrama pertempuran Palagan Ambarawa, pada peringatan HUT Ke-72 RI di Lapangan Pancasila Semarang, Jawa Tengah, Kamis (17/8). ANTARA/R Rekotomo

Seorang warga berlomba panjat pinang di Pantai Ancol, Jakarta Utara, Kamis (17/8). KORAN JAKARTA/Muhaimin A Untung

Perahu hias turut meramaikan peringatan HUT ke-72 RI di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (17/8). ANTARA/M Rusman

Sejumlah anak mengikuti pertandingan sepak bola sarung dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Republik Idonesia (RI) di Dusun Dawung, Desa Sandik, Batulayar, Lombok Barat, NTB, Kamis (17/8). ANTARA/Ahmad Subaidi

Tampilkan Semua

Sebanyak 3.904 Napi Dapat Remisi

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyerahkan surat remisi kepada narapidana di Jakarta. Sedikitnya, ada 3.904 narapidana yang tersebar di beberapa lembaga pemasyarakatan di Ibu Kota yang mendapat remisi atau...
Selengkapnya

Djarot: Waspada Terhadap Infiltrasi Budaya

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kemerdekaan bukanlah kebebasan tanpa batas, melainkan jembatan untuk menuju masyarakat dan bangsa yang lebih beradab. JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengimbau bangsa Indonesia agar dapat waspada terhadap infiltrasi...
Selengkapnya

Green Pramuka dan Acho Berdamai

Jumat 18/8/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pengembang Apartemen Green Pramuka dan komika Muhadkly alias Acho dengan didasari niat baik dan bantuan mediasi dari pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya akhirnya bersepakat untuk berdamai. “Kepolisian Daerah Metro Jaya...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

“Perangkat Pencegahan Sudah Komplit”

Jumat 18/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi di Kabupaten Pamekasan dalam kasus dugaan suap dana desa memang cukup menyita perhatian publik. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, sendiri merasa masygul dengan kasus yang terjadi di Pamekasan.

 

Padahal, ia sudah berkali-kali mengingatkan agar kepala daerah itu memahami area rawan korupsi. Tapi, kalau sudah banyak pihak yang terlibat dalam kongkalikong, artinya memang itu sudah parah.
Untuk mengupas itu lebih jauh, Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Menteri Tjahjo di Jakarta. Berikut petikan wawancaranya.


Para pegiat antikorupsi menilai korupsi dana desa itu bagai puncak gunung es. Ada yang salah dengan pengawasan dana desa?


Skenario dan strategi pengawasan dana desa dalam UU Nomor 6/2014 dan peraturan pelaksanaannya sudah jelas diatur mulai dari pusat hingga desa.

Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri melakukan pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa, sedangkan penyaluran dana desa oleh Kementerian Keuangan dan penggunaannya oleh Kementerian Desa.

Sedangkan Pemda diatur pembinaan dan pengawasannya dalam Pasal 114 untuk provinsi, Pasal 115 utuk kabupaten atau kota dan Pasal 154 PP 43/2014 untuk kecamatan.


Selanjutnya, untuk desa pengawasan dilakukan oleh BPD melalui laporan keterangan yang disampaikan oleh kepala desa serta pengawasan oleh masyarakat dalam forum musyawarah desa.

Dari hal ini sudah jelas bahwa pengawasan dana desa sudah sangat komprehensif berdasarkan regulasi yang ada.


Tapi, kenapa masih ada penyelewengan?


Perlu diingat bahwa dari 74.910 desa yang menerima dana desa yang menghadapi permasalahan kurang dari 500 desa. Artinya, pengawasan sudah efektif dan tinggal ditingkatkan intensitasnya mulai dari penyaluran, alokasi, dan distribusi atau dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban.


Kasus di Pamekasan puncak gunung es?


Dari sisi regulasi sudah dijelaskan di atas, mengenai pembinaan dan pengawasan sudah di atur berjenjang, persoalannya sekarang jumlah desa yang ada sangat banyak dengan kondisi dan situasi yang beragam, baik kondisi SDM di pemda maupun di pemdesnya.

Permasalahan ini harus dilihat harus lebih proporsional dan dimaknai sebagai sebuah proses. Apa iya kita sekarang akan menafikkan berpuluh-puluh ribu desa yang berhasil membangun desanya hanya karena beberapa desa bermasalah? Tentu saja tidak, ini harus dimaknai sebagai sebuah proses untuk menuju kepada sebuah kemajuan yang harus dilalui.


Apa saja perangkat untuk menanggulangi penyelewengan dana desa selama ini?


Perangkat yang digunakan untuk menanggulangi penyelewengan dana desa saat ini sudah sangat komplit mulai dari regulasi yang komprehensif, SDM untuk pengawasan mulai dari tingkat pusat (BPK, Itjen, BPKP, dan sebagainya). Di daerah (Bawasda). Di desa (BPD, masyarakat dan musyawarah desa) serta teknologi informasi, seperti Sikeudes dan sebagainya.


Bagaimana proses distribusi dana desa dari tingkat kementerian sampai desa?


Dana desa disalurkan oleh Menteri Keuangan setelah mendapatkan data jumlah desa yang pasti dari Kementerian Dalam Negeri. Dana desa langsung disalurkan dari KPKN ke RKUD dan setelah tujuh hari disalurkan ke RKU desa.

Penyaluran selalu memperhatikan laporan dari desa, sedangkan penggunaan dana desa ditentukan untuk empat bidang, yaitu untuk penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. agus supriyatna/AR-3

Tampilkan Semua

KPU Siapkan Beberapa Opsi untuk Kotak Suara Pemilu

Rabu 16/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pada 2019, untuk pertama kalinya bangsa Indonesia akan menggelar pesta demokrasi serentak yang menggabungkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden satu waktu. Tentu itu membutuhkan persiapan matang.   Salah satu yang ramai...
Selengkapnya

“Kita Maunya Tidak Perlu Impor Garam Lagi”

Jumat 11/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Melalui koordinasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan BUMN, PT Garam, pemerintah memutuskan untuk mengimpor garam guna industri makanan sejumlah 75 ribu ton.   Garam tersebut akan...
Selengkapnya

“Menurut Kami, Acho Tidak Melakukan Pelanggaran"

Kamis 10/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Komika Muhadkly MT alias Acho dilaporkan PT Duta Paramindo Sejahtera selaku pengembang Apartemen Green Pramuka City atas kasus dugaan pencemaran nama baik. Pelaporan dilakukan setelah Acho menuliskan keluhannya terkait pengelolaan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Mata Najwa Mengkedip, dan…

Sabtu 12/8/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Mata Najwa yang dituan rumahi Najwa Shibab, akhir bulan ini berhenti tayang. Program temu bincang, talkshow, dari Metro TV ini mencapai episode ke 511 dari sudah 7 tahun mengudara.

Nana, nama akrab Najwa, mengarungi perjalanan jurnalistik yang mempesona, memberi inspiratif, serta melegenda sebagaimana ikon pembawa acara ikonik sejak Toeti Adhitama, dan Desi Anwar.

Tak banyak anchorwoman, atau broadcaster yang mampu terus menginspirasi, berani, dan masyarakat penonton mengikuti dengan cermat. Mata Najwa menjawab itu dengan lugas, walau dengan kata – kata puitis dan bersanjak, menukik ke pokok topik utama, dan merumuskan jawaban yang ada.

Ini semua akumulasi pengalaman yang penuh tekad dan rasa terlibat, sejak menjadi wartawati dan menangis dan berteriak ketika bertugas melaporkan bencana tsunami di Aceh—dan kelambatan.

Selama berlangsungnya acara, narsum yang ditampilkan adalah nomor satu pada saatnya, termasuk BJ Habibie, Megawati, atau Jokowi—semasa belum menjabat sebagai presiden.

Di sinilah Najwa mengukuhkan legitimasinya : mampu memposisikan dirinya setara dengan nara sumbernya. Saya merasakan karena pernah menjadi salah satu narsum. Saya sebelumnya menuliskan di awal peluncuran Mata Najwa , bersamaan dengan hut Metro, bisa menjadi alternatif yang ada.

Waktu itu saya mengritik narsum yang “tua-tua umurnya”, juga dekor, termasuk bagian bawah meja jangan dibiarkan terbuka. Dengan keunggulan, dengan kepopularan ini—dan memenangkan beberapa penghargaan utama di negeri ini, kenapa “mendadak” berhenti?

Banyak spekulasi, termasuk penampilan live dengan Novel Baswedan., yang belum diketahui siapa penyiram air keras ke wajahnya. Jawabannya bisa iya bisa tidak.

Yang jelas, dalam banyak hal kasus semacam ini bukan karena alasan tunggal. Sebagai perbanmdingan, urung siaran beberapa kali dari ILC di TV One, juga terbukti karena faktor tunggal.

Ada berbagai alasan, ada berbagai peristiwa , yang menumpuk , yang membuat Najwa mengambil keputusan final. Dengan segala risiko yang masuk dalam perhitungannya. Dan sejak awal Najwa sadar itu—ketika di awal-awal kariernya dipersoalkan kenapa tidak memakai jilbab.

Unsur lain adalah dunia pertelevisian— dibedakan dengan media cetak, putaran kerja sangat besar. Kita tahu tokoh di stasiun tv tertentu, pindah ke stasiun tv lain sangat besar, dan kadang juga berombongan.

Artinya kemungkinan itu juga bisa terjadi, meskipun untuk Najwa rasa-rasanya bukan itu. Artinya untuk nama-nama yang selama ini menyatu dengan stasiun tv, seperti Andy F. Noya sekali pun, bisa menjadi berbeda.

Yang agak merepotkan karena keberadaan Najwa bukan hanya sebagai pemandu acara, melainkan bagian yang selama ikut menentukan arah redaksional. Yang pastilah memerlukan waktu dan penyesuaian.

Pada akhirnya, kebebasan dan dalam menentukan pilihan menjadi yang utama Najwa Shibab bebas menentukan berkarier di mana dengan cara apa. Penglaman selama 17 tahun di satu tempat, sangat mempen garuhi, namun juga bukan segalanya.

Profisionalismenya juga lobi-lobi selama ini—bisa berhubungan dengan tokoh-tokoh utama negeri ini, membuka banyak kemungkinan. Bahwa mata Najwa tak benar-benar tertutup. Hanya berkedip.

Tampilkan Semua

Kadarsah Suryadi

Sabtu 12/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Institut Teknologi Bandung (ITB) bukan merupakan satu-satunya perguran tinggi teknik di Indonesia. Sebagai perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia, ITB diharapkan banyak menghasilkan lulusan untuk ikut membangun bangsa, khususnya...
Selengkapnya

Antisipasi Risiko Kanker pada Daging Panggang

Sabtu 12/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah hasil penelitian yang diterbitkan ACS ‘Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukan bahwa, perendaman daging dengan menggunakan bir mampu membantu mengurangi pembentukan zat yang berpotensi berbahaya pada daging...
Selengkapnya

Riset Lada Hitam untuk Kurangi Zat Penyebab Kanker

Sabtu 12/8/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bumbu yang biasa digunakan di dapur merupakan penangkal untuk mengurangi senyawa karsinogenik yang ada pada daging panggang. Studi ini menemukan bahwa lada hitam menghilangkan pembentukan heterocyclic amines atau HCA, yang terbentuk pada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta