Koran Jakarta | July 19 2019
No Comments

9 Rusa Mati di Jepang Setelah Konsumsi Plastik

9 Rusa Mati di Jepang Setelah Konsumsi Plastik

Foto : AFP/Behrouz MEHRI
Rusa Nara l Turis sedang memberi makan rusa yang ada di Taman Nasional Nara, Jepang, pada awal Desember tahun lalu. Pada Rabu (10/7), Nara Deer Preservation Foundation melaporkan kematian 9 ekor rusa di taman nasional itu diakibatkan karena hewan itu mengkonsumsi plastik yang ditinggalkan para turis.
A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO – Kelompok pelindung satwa liar Jepang pa­da Rabu (10/7) mengatakan bahwa sembilan rusa yang dilepasliarkan di Taman Nasional Nara, Jepang, telah mati setelah mereka menelan kantong plastik. Kelompok itu me­nyalahkan bahwa lonjakan wisatawan mungkin menjadi penyebab kematian hewan-hewan itu.

Dalam keterangan persnya, Nara Deer Preservation Foundation mengatakan bahwa sejumlah besar kantong dan bungkusan makanan ringan yang terbuat dari plastik telah ditemukan di perut rusa yang mati antara Maret dan Juni sepanjang tahun ini.

“Sampah terberat yang ditemukan di salah satu dari sembilan rusa itu memiliki berat hingga 4,3 kilogram,” ka­ta Yoshitaka Ashimura, pejabat dari yayasan pelindung sat­wa liar itu. “Kami amat terkejut. (Jumlah) itu sangat besar,” imbuh dia.

Taman Nasional Nara merupakan tempat tinggal bagi lebih dari 1.000 ekor rusa, yang bahkan dapat ditemukan berkeliaran di jalan-jalan untuk mencari camilan lezat yang ditawarkan oleh para wisatawan.

Rusa di taman ini dilindungi sebagai warisan nasional. Berdasarkan aturan, wisatawan dilarang memberi makan rusa selain makanan alami dari hewan itu.  AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment