Koran Jakarta | December 16 2018
No Comments

8T Untuk Berdayakan Karyawan

8T Untuk Berdayakan Karyawan
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, bagaimana cara memotivasi dan memberdaya­kan karyawan yang efektif?

Jawaban:

Sampai saat ini masih ba­nyak supervisor, manajer, dan para pimpinan di perusahaan yang bingung memberdayakan dan memotivasi karyawannya. Tapi kini, agaknya kebingung­an itu nggak perlu lagi. Karena ada satu ‘formula’ yang cukup membantu dalam member­dayakan karyawan. Formula tersebut adalah 8 T. Apa sih 8 T itu? Untuk lebih jelasnya simak deh di bawah ini:

Target (tujuan)

Mulailah dari tujuan. Tekankan tujuan anda dan perusahaan pada karyawan. Pastikan apakah karyawan anda mengerti dan menerima tujuan yang anda maksudkan.

Tools (alat)

Alat atau fasilitas merupa­kan hal penting penunjang kelancaran kerja karyawan. Tanpa alat dan fasilitas karya­wan tidak bisa bekerja secara maksimal. Karena itu pastikan apakah karyawan anda telah dilengkapi dengan fasilitas, perlengkapan atau informasi yang diperlukan untuk menu­naikan pekerjaannya?

Training (pelatihan)

Training dan pelatihan yang memadai akan meleng­kapi kinerja karyawan. So, ada baiknya anda berikan pelatihan pada karyawan untuk meningkatkan keahlian dan ketrampilannya. Dengan demikian mereka dapat mem­berikan kontribusi maksimal bagi divisi dan organisasi perusahaan.

Time (waktu)

Apapun yang akan dikerja­kan karyawan, mereka mem­butuhkan waktu. Pastikan mereka memiliki waktu yang cukup, efektif dan efisien un­tuk menyelesaikan tugasnya masing-masing.

Truth (kebenaran)

Apapun yang dilakukan oleh karyawan hendaknya mengandung kebenaran, bu­kan rekayasa atau manipulasi.

Tracking (pemantauan)

Lakukan pemantauan terhadap karyawan anda sekaligus berikan umpan balik yang diperlukan oleh karyawan agar mereka tetap berada di jalur yang benar.

Touch (sentuhan)

Berikan dukungan dan dorongan atau sentuhan manusiawi lainnya agar kar­yawan semakin bersemangat dalam berkarya. Misalnya dengan memberikan pujian dan perhatian atas pekerjaan mereka.

Trust (kepercayaan)

Berikan kepercayaan penuh pada mereka untuk berkarya. Jika mereka memi­liki ketrampilan dan keahlian yang mumpuni, bukankah mereka layak dipercayai?

Sekarang, coba identi­fikasi apakah anda telah melakukan 8 T bagi para staf dan karyawan anda? Jika ada salah satu ‘T’ yang kurang, maka lakukanlah segera. Se­lamat mencoba..!

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment