Koran Jakarta | August 18 2017
No Comments

7 Tips yang Harus Dilakukan demi Bisa Jadi Pengusaha Sukses

7 Tips yang Harus Dilakukan demi Bisa Jadi Pengusaha Sukses

Foto : KORAN JAKARTA
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, saya baru membuka bisnis kecil-kecilan. Bagaimana agar bisa cepat maju dan sukses? Andri, Jakarta

Jawaban :

Apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat bisnis kecil anda sukses? Karena itu, inilah 7 tip yang harus Anda ketahui untuk menjadi pengusaha sukses.

  1. Cintai usaha yang Anda jalankan

Jalan menuju kesuksesan memang tidak semudah membalik telapak tangan. Tapi, menurut Lisa Raja, pemilik Brownie Points Inc, itu jauh lebih mudah jika paham tentang tujuan bisnis Anda. "Jika tidak mencintai apa yang Anda lakukan, sulit untuk menjadi sukses" katanya. Ia menambahkan bahwa ini membantu Anda tetap positif dalam mengembangkan usaha.

  1. Membangun tim dalam visi Anda

Bagi saya, itu lebih dari sekadar mempekerjakan orang yang berpengalaman. Sangat penting untuk menunjukkan jenis organisasi kita inginkan," kata Mike Mondello, presiden SeaBear, yang memasok ikan salmon asap dan ikan segar langsung ke konsumen. Untuk menghidupkan visi membangun merek seafood berdasarkan kelas dunia, Mondello menggunakan pertemuan tim untuk menampilkan nelayan yang memiliki cara penangkapan ikan yang menghasilkan produk lebih baik.

  1. Datang dengan cara-cara inovatif untuk memecahkan masalah

Kebutuhan merupakan prioritas utama. Bisa kita lihat kisah Robin Brocklesby dari Creative Coverings, yang menyewakan linen khusus untuk acara formal. Ketika pelanggan mengalami kesulitan untuk mengembalikan linen yang telah mereka sewa, Brocklesby beralih ke usaha UPS untuk solusi kreatif. Alhasil, inilah inovasi terbaiknya: Kembalikan linen di tas yang dirancang khusus (diperkirakan untuk 300 kali pemakaian) daripada mengembalikan dengan peti kotak yang lebih besar dan tidak fleksibel.

  1. Buat pengalaman pelanggan yang menyenangkan

Beberapa komponen datang bersama-sama untuk memenangkan pelanggan, dan semua orang di perusahaan perlu tahu peran mereka sendiri dalam mempertahankan pelanggan. "Ini misi kritis yang semua orang harus mengerti. Bagaimana mereka memperkenalkan merek dan apa yang mereka bawa untuk mengangkat nama perusahaan sehingga dapat sukses dalam memberikan pengalaman pelanggan," kata Mondello.

      5. Cepat belajar dari kesalahan Anda

Kesalahan yang tak terelakkan. Kuncinya adalah belajar dari mereka. Satu dekade yang lalu selama liburan, SeaBear memeriksa outsourcing call center-nya. Pesanan pelanggan penuh dengan kesalahan. "Ketika pelanggan merasa sangat butuh, namun call center tidak bisa menanganinya sehingga tenaga profesional kami sendiri yang akan mengatasinya," kenang Mondello. Solusi? SeaBear segera menghentikan outsourcing dan ia menghubungi semua pelanggan yang terkena dampak negatif. Perusahaan juga telah belajar untuk menguji proses baru selama beberapa waktu.

  1. Mengandalkan orang yang lebih pintar dari Anda

Anda tidak dapat melakukan segala sesuatu sendiri. Anda perlu bantuan orang lain. "Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki pengetahuan lebih dari Anda," saran King. "Saya adalah seorang guru [sebelum masuk ke dunia bisnis] dan ada banyak hal yang harus saya pelajari," kenangnya. Untuk mengisi waktu, King dipilih sebagai vendor dan telah mempekerjakan orang-orang yang memiliki pengetahuan atau keterampilan yang tidak ia miliki.

  1. Jangan pernah mengorbankan kualitas

"Kunci keberhasilan setiap bisnis adalah dengan  membangun filsafat dan memiliki semua orang yang dibutuhkan dalam bisnis," kata Larry Manis, pendiri dan presiden Save-A-Load Inc. Pabrik berdiri di belakang kualitas produk dengan memberikan garansi seumur hidup dan mengandalkan UPS untuk memberikan produk yang terbaik di kelas untuk pelanggan di seluruh dunia.

             

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment