Koran Jakarta | October 16 2018
No Comments

679 Mahasiswa Asing Ikuti Program Darmasiswa

679 Mahasiswa Asing Ikuti Program Darmasiswa

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Sebanyak 679 mahasiswa dari 94 negara sahabat menjadi peserta Program Darmasiswa tahun akademik 2018/2019. Mereka akan disebar dan tinggal selama setahun di daerah-daerah di Indonesia yang ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Mereka akan diperkenalkan budaya dan kearifan lokal Indonesia sebelum disebar. Mayoritas akan ditempatkan di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, ada juga yang di Sulawesi,” kata Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi, di Jakarta, Jumat (31/8).

Didik mengatakan, tahun ini, ada seribu peserta yang mendaftar Program Darmasiswa, tetapi hanya 679 yang terpilih. Dalam program ini, pemerintah Indonesia hanya membiayai kuliahnya saja, sedangkan tiket ke Jakarta mereka beli sendiri.

Program Darmasiswa merupakan bentuk soft diplomacy dengan harapan mereka dapat mengenal Indonesia dan warisan budayanya.

“Hasil programnya sendiri sudah banyak, mulai dari terbentuknya perkumpulan bahasa, perkumpulan seni, bahkan ada perkumpulan gamelan, dan yang menarik ada juga yang mengganti nama dari Pieter menjadi Parto,” ujar Didik. eko/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment