500 Ribu Spesies Serangga Terancam Punah | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 20 2020
No Comments
Ancaman Keanekaragaman Hayati

500 Ribu Spesies Serangga Terancam Punah

500 Ribu Spesies Serangga Terancam Punah

Foto : AFP/TONY KARUMBA
Hama Belalang l Hama belalang beterbangan di sebuah jalan raya di Kenya pada 22 Januari lalu. Selain kenya, serangan hama belalang juga terjadi di sejumlah negara di Afrika timur seperti Ethiopia, Somalia, dan Uganda.
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS - Seorang pakar il­mu biologi di Finnish Museum of Natural History di Helsin­ki, Finlandia pada Senin (10/2) mengatakan bahwa setengah juta spesies serangga di dun­ia terancam kepunahan dan kepunahan mereka bisa jadi malapetaka besar dan peringa­tan bagi umat manusia.

“Krisis kepunah­an serangga saat ini amat mengkhawatirkan,”kata Pe­dro Cardoso dalam makalah tulisan mengenai isu terse­but yang diterbitkan pada jur­nal Conservation Biology yang terbit awal pekan ini. “Yang ki­ta ketahui, kepunahan (serang­ga) itu hanya bagian puncak dari gunung es,” imbuh ilmu­wan itu.

Menurut Cardoso, kepunah­an serangga yang bisa terbang, merangkak, membuat liang di tanah, melompat dan berjalan di atas air merupakan kepu­nahan massal bersama dan merupakan kepunahan ke-6 dalam setengah miliar tahun. Pada kepunahan serangga ini, pihak manusia yang bertang­gung jawab. “Aktivitas manusia bertanggung jawab atas ham­pir sebagian besar penurunan populasi serangga dan kepu­nahan mereka,” kata dia.

Penyebab utama dari kepu­nahan serangga yaitu akibat polusi terutama insektisida dan juga spesies lain yang amat ga­nas. Selain itu ekploitasi secara berlebihan terhadap serang­ga dimana ada lebih dari 2.000 spesies serangga jadi bagian dari makanan manusia, serta perubahan iklim pun turut me­nyebabkan turunnya populasi spesies serangga.

Musnahnya kupu-kupu, kumbang, semut, tawon, nya­muk, jangkrik dan capung ternyata memiliki konsekuensi yang tak pernah terbayangkan umat manusia. “Saat serang­ga mengalami kepunahan, kita akan lebih banyak kehilangan banyak spesies lainnya. Banyak serangga memiliki tugas tu­gas yang tak tergantikan dalam proses penyerbukan (polenisa­si), siklus nutrisi dan pengen­dalian hama.

“Peran serangga terhadap ekosistem yang tak kita sadari bernilai sekitar 57 miliar dollar AS per tahunnya untuk wilayah Amerika Serikat (AS) saja,” de­mikian laporan temuan riset dari panel ilmu kekayaan haya­ti PBB (IPBES) terkini. “Secara global panen membutuhkan serangga untuk polenisasi dan proses itu membutuhkan biaya 235 hingga 577 miliar dollar AS per tahunnya.

Seruan PBB

Pada saat bersamaan wakil Sekjen Perserikatan Bang­sa-Bangsa (PBB) untuk urusan kemanusiaan, Mark Lowcock, menyerukan komunitas inter­nasional untuk membantu neg­ara-negara di Afrika timur da­lam memberantas serangan hama belalang yang jumlah­nya amat besar. “Ada 13 juta warga dari negara-negara yang mendapat serangan hama be­lalang saat ini terancam akibat kelangkaan pangan parah,” ka­ta Lowcock. “10 juta warga yang terancam sediaan pangan itu tinggal di wilayah yang diserang hama belalang,” imbuh dia.

Dalam penjelasannya, Low­cock menjelaskan dibutuhkan dana sekitar 10 juta dollar AS un­tuk menghadapi krisis ini dan ji­ka tak ada penyelesaian atas kri­sis ini, maka akan ada krisis yang lebih besar pada pengujung tahun ini.  ang/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment